Asuransi AIG

3.5 / 5.0 (4.402 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi AIG

American International Group (AIG) adalah perusahaan asuransi multinasional yang didirikan tahun 1919 di Amerika Serikat. Nasabah AIG meliputi individu, perusahaan besar, dan multinasional. Perusahaan asuransi yang berkantor pusat di New York tersebut telah melayani 90 juta nasabah di lebih dari 80 negara. 

AIG kemudian memperluas jaringannya dengan masuk ke Indonesia melalui PT AIG Insurance Indonesia. Saat ini AIG Indonesia fokus menyediakan produk asuransi untuk korporasi, seperti asuransi properti, asuransi marine, hingga asuransi liability. Disokong oleh grup multinasional yang kokoh, AIG bisa dikatakan memiliki integritas perusahaan yang baik, apalagi ditambah dengan laporan keuangannya yang positif.

Ringkasan

  • (+) Perusahaan asuransi AIG adalah salah satu perusahaan asuransi global dengan pengalaman melayani nasabah di dunia lebih dari 100 tahun.
  • (+) Telah memenangkan berbagai penghargaan, misalnya Best Insurance Awards 2019 untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum dengan Ekuitas Rp300-500 miliar dari Media Asuransi dan Infobank Insurance Award 2018, peringkat Sangat Bagus untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum dengan Premi Bruto Rp250 miliar sampai Rp1 triliun.
  • (-) Kantor cabang AIG hanya tersedia di pulau Jawa. Jadi, nasabah yang berada di luar pulau Jawa bisa saja merasa kesulitan untuk mengurus keperluan asuransi. 
  • (-) AIG pernah memiliki produk asuransi jiwa, tetapi dihapuskan. Selain itu, AIG juga pernah memiliki izin usaha syariah yang izinnya dicabut oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 
  • (-) Perusahaan holding, American International Group Inc., sempat collapse pada tahun 2008 akibat pengajuan klaim besar-besaran sebagai dampak krisis ekonomi. Perusahaan tersebut diselamatkan pemerintah Amerika Serikat hingga bangkit kembali.

Sejarah AIG

PT AIG Insurance Indonesia atau asuransi AIG telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1970. Perusahaan tersebut adalah anak dari grup global bernama American International Group yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1919 dan kini didukung oleh 97 ribu pekerja di seluruh dunia. 

Asuransi AIG Indonesia cocok bagi yang memiliki bisnis dan ingin mengasuransikan aktivitas bisnisnya. Asuransi AIG tersedia untuk berbagai sektor bisnis, mulai dari energi, kelautan, properti, hingga sektor finansial.

Misalnya, terdapat produk asuransi Crime untuk bisnis di sektor keuangan. Asuransi tersebut akan memberikan biaya penggantian apabila terjadi kehilangan/kerugian uang atau aset lain perusahaan akibat penipuan atau ketidakjujuran karyawannya. Selain itu, ada juga produk Cyber Insurance yang akan melindungi bisnis dari kerugian akibat gugatan hukum atas penggunaan data pribadi untuk operasional perusahaan.

Apabila bergerak di bidang marine, asuransi AIG menyediakan produk Marine Loss Control Engineering yang bakal memberikan ganti rugi atas kerugian atas risiko pengiriman, misalnya pengiriman yang tertunda. Untuk aset properti, dapat juga dilindungi dengan asuransi Property All Risk yang menjamin penggantian biaya apabila aset properti perusahaan mengalami kerusakan.

AIG tergabung dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP251A/KM.13/1991 pada tanggal 3 Agustus 1991. Pada tanggal 27 Desember 2012, izin tersebut diperbarui berdasarkan Surat Menteri Keuangan Nomor: KEP-760/KM.10/2012.

AIG telah meraih berbagai penghargaan bergengsi. Berikut prestasi dan penghargaan yang ditorehkan oleh AIG, antara lain:

  • 2019: Gold Awards on HR Excellence Awards 2019 for category Excellence for working life balance.
  • 2019: The Best Performing General Insurance 2019 by Top 20 Financial Institutions Awards berdasarkan performa keuangan periode 2017 – 2019 dengan kategori perusahaan umum berpremi bruto Rp 250 miliar hingga Rp 1 triliun.
  • 2019: Bisnis Indonesia Financial Awards 2019 sebagai Perusahaan Asuransi Umum Terbaik untuk kategori premi bruto Rp 500 miliar hingga Rp 1,5 triliun.
  • 2019: Indonesia Best Insurance Awards 2019 (Warta Ekonomi) sebagai Top 5 Perusahaan Asuransi untuk kategori aset antara Rp 1 – 2 Triliun
  • 2019: Best General Insurance Awards 2019 untuk kategori perusahaan asuransi umum dengan ekuitas antara Rp 300 miliar hingga Rp 500 miliar.
  • 2019: The 20th Insurance Awards 2019 (Infobank) dengan rating “Sangat Bagus” untuk perusahaan asuransi umum berpremi bruto Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun.
  • 2019: Best Insurance Awards untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum dengan Ekuitas Rp300-500 miliar dari Media Asuransi.
  • 2018: Bisnis Indonesia Finance Awards (BIFA) 2018 sebagai Perusahaan Asuransi Umum Terbaik untuk kategori premi bruto Rp 450 miliar hingga Rp 1 triliun.
  • 2018: The Finance Top 20 Financial Institutions Award 2018 sebagai Top 20 Perusahaan Asuransi Umum untuk kategori berpremi bruto di atas Rp 250 miliar hingga Rp 1 Triliun.
  • 2018: Infobank Insurance Award, peringkat Sangat Bagus untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum dengan Premi Bruto Rp250 miliar sampai Rp1 triliun.
  • 2018: Best Insurance Awards untuk kategori perusahaan asuransi umum dengan ekuitas antara Rp 250 miliar hingga Rp 500 miliar.
  • 2015: Gold Awards untuk Best Contact Center Operations dari Indonesia Contact Center Association (ICCA).

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi asuransi AIG. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 397 persen.
  • Jumlah aset: Rp1,192 triliun.
  • Ekuitas: Rp421,187 miliar.

Asuransi AIG memiliki rasio kesehatan yang baik jika dilihat dari rasio solvabilitasnya sebesar 397 persen di tahun 2018. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban maupun membayar utang jangka panjangnya.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen dan ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi.

 
 

Daftar Produk Asuransi AIG

Asuransi AIG memiliki lima macam macam produk yang ditawarkan, yaitu:

1.Asuransi Casualty

Asuransi casualty AIG adalah produk yang akan mengganti kerugian nasabah apabila nasabah harus membayar biaya tanggung jawab karena menimbulkan cedera seseorang atau kerugian harga benda pihak ketiga. Tanggung jawab tersebut muncul dari kegiatan usaha nasabah. 

Untuk varian asuransi casualty yang ditawarkan AIG sangat beragam, mulai dari tanggung jawab terhadap karyawan, tanggung jawab atas dipasarkannya produk, hingga tanggung jawab lingkungan.  Selain itu terdapat juga polis untuk usaha yang bergerak di bidang minyak dan gas serta pariwisata. 

2. Asuransi Energy

Asuransi energy dari AIG menyasar segmen korporasi yang bergerak di bidang energi, misalnya pembangkit tenaga, kimia, konstruksi, dan lain-lain. AIG unggul dalam produk ini karena menawarkan one stop solution dalam hal perlindungan usaha di sektor energi. 

Produk yang tersedia adalah All Risk and Business Interruption yang akan melindungi perusahaan dari perusakan  untuk industri kimia, minyak, utilitas dan pertambangan. AIG juga mengakomodasi keperluan asuransi selama proses konstruksi, yaitu lewat produk Contractor’s All Risks and Erection All Risks.

3. Asuransi Financial Lines

Asuransi AIG memberikan pertanggungan untuk lini finansial dalam bisnis. Artinya, produk ini menanggung segala risiko yang timbul dari aktivitas keuangan dalam usaha. Misalnya seperti penggantian terhadap kerugian akibat penipuan, perlindungan terhadap profesi direksi, perlindungan tuntutan terhadap penyalahgunaan data pribadi, hingga proteksi untuk lembaga keuangan. Produk ini cocok untuk perusahaan yang banyak berkaitan dengan pengelolaan data dan rentan terhadap risiko keuangan.

4. Asuransi Marine

Asuransi Marine memberikan proteksi terhadap pengiriman kargo dalam operasional usaha. Menariknya, produk ini memiliki fasilitas sistem berbasis internet, yaitu e-Marine yang mampu memberikan akses terhadap sertifikat marine di mana saja. 

Adapun proteksi yang ditawarkan adalah kompensasi kerugian barang selama perjalanan, risiko tanggung gugat hukum, hingga risiko perdagangan seperti penundaan pengiriman.

5. Asuransi Global Property

Asuransi AIG juga memiliki produk untuk perlindungan aset properti dan risiko bisnis lainnya dengan kapasitas penggantian sampai USD1,5 miliar! Selain itu, global property juga didukung dengan tim klaim dengan jaringan global sehingga memudahkan proses klaim nasabah. 

Produk ini cocok bagi perusahaan yang bergerak di industri medis, manufaktur, pendidikan, dan properti komersial. Pasalnya, industri tersebut rentan terhadap kejadian tak terduga seperti banjir, gempa bumi, tindak kejahatan, dan lain-lain.

 

Daftar Polis Asuransi AIG

Dilansir dari situs resmi aig.co.id, berikut daftar polis yang dimiliki oleh PT AIG Insurance Indonesia beserta manfaat pertanggungannya.

Asuransi Casualty

Employers Liability

Produk asuransi yang menjamin biaya atas gugatan hukum terhadap perusahaan apabila karyawan mengalami cedera atau sakit karena pekerjaan.

  • Pertanggungan biaya pengacara dan biaya hukum.
  • Jangkauan seluruh dunia.
  • Occurrence wording: pelaporan klaim bisa dilakukan setelah polis berakhir.
Asuransi Casualty

Products Liability

Produk asuransi yang melindungi perusahaan dari potensi kerugian cedera atau kerusakan barang milik pihak ketiga akibat produk yang dihasilkan oleh tertanggung.

  • Sektor manufaktur, grosil, ritel, energi, listrik dan transportasi.
  • Jangkauan seluruh dunia, ekspor sampai Amerika dan Kanada.
  • Occurrence wording: pelaporan klaim bisa dilakukan setelah polis berakhir.
  • Kapasitas batas pertanggungan besar.
Asuransi Casualty

Public Liability

Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari gugatan akibat operasi bisnis yang dijalankan tertanggung.

  • Jangkauan seluruh dunia.
  • Occurrence wording: pelaporan klaim bisa dilakukan setelah polis berakhir.
  • Kapasitas batas pertanggungan besar.
Asuransi Casualty

Oil and Gas Service Contractors in the ASEAN Region (OSCAR)

Produk asuransi yang menjamin biaya kompensasi bila pihak ketiga mengalami cedera ketika kontraktor bekerja di darat atau laut.

  • Jangkauan seluruh dunia.
  • Occurrence wording: pelaporan klaim bisa dilakukan setelah polis berakhir.
  • Kapasitas batas pertanggungan besar.
Asuransi Casualty

Public and Product Liability Insurance For Hotel/Villa/Resort Business

Produk asuransi yang melindungi tertanggung sebagai pemilik hotel dari risiko tuntutan pihak ketiga.

 

Asuransi Casualty

Workmen Compensation

Produk asuransi yang menjamin biaya kompensasi dan biaya hukum apabila karyawan mengalami cedera, sakit, termasuk meninggal dunia karena pekerjaan.

  • Menanggung biaya pengobatan, santunan cacat tetap total atau sebagian, santunan meninggal dunia, serta segala biaya hukum yang terkait kejadian klaim.
  • Jangkauan seluruh dunia dan kapasitas batas pertanggungan besar.
  • Occurrence wording: pelaporan klaim bisa dilakukan setelah polis berakhir.
Asuransi Energy

All Risks and Business Interruption

Produk asuransi yang menjamin biaya kerugian fisik yang tidak secara tidak sengaja, misalnya kerusakan aset dan kerugian bisnis. 

  • AIG menyediakan tim global untuk membantu nasabah mengelola bisnis dari aspek asuransi.
  • Konsultan pengendali risiko yang berpengalaman dari AIG, di bidang minyak dan petrokimia, pembangkit tenaga, kimia dan farmasi, serta pertambangan.
Asuransi Energy

Contractor’s All Risks and Erection All Risks

Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari seluruh risiko yang terjadi selama konstruksi berjalan.

  • Pertanggungan tuntutan pihak ketiga, kerusakan bangunan, masalah perjanjian.
  • Cocok untuk industri migas, pembangkit tenaga, farmasi, perumahan, pemerintahan, pekerjaan berat.
Asuransi Financial Lines

Crime

Produk asuransi yang menjamin biaya kerugian yang terjadi akibat kasus penipuan dan atau ketidakjujuran karyawan.

  • Menjamin ganti rugi atas kehilangan uang, surat berharga, dan properti.
  • Cocok untuk perusahaan dengan banyak karyawan.
Asuransi Financial Lines

Directors and Officers Liability

Produk asuransi yang menjamin risiko atas tanggung jawab yang dipegang oleh direktur dan manajer perusahaan.

  • Biaya pembelaan hukum.
  • Jaminan individu dalam kasus pelanggaran hukum praktek kerja.
  • Perluasan jaminan untuk anak perusahaan dari pemegang polis.
Asuransi Financial Lines

Professional Indemnity

Produk asuransi yang menjamin penggantian kerugian profesional ketika melakukan kelalaian dalam memberikan jasa profesional. 

  • Kelalaian kerja yang menimbulkan kerusakan properti.
  • Gangguan usaha pihak ketiga dan pencemaran nama baik atau fitnah.
  • Perlindungan otomatis untuk anak usaha dan pertanggungan biaya kehadiran dalam penyelidikan.
Asuransi Financial Lines

Cyber Insurance

Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena risiko gugatan akibat perlindungan dan pengelolaan data pribadi serta hilangnya informasi perusahaan.

  • Tanggung gugat pribadi dan peruasahaan.
  • Pelanggaran data oleh karyawan atau perusahaan outsourcing serta perlindungan data perusahaan.
  • Perluasan jaminan untuk pencurian ide konten, pemerasan akibat security threat, dan network interruption.
Asuransi Financial Lines

Financial Institutions

Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena risiko atas kegiatan keuangan perusahaan.

  • Perlindungan terhadap tanggung gugat sipil.
  • Proteksi terhadap kerugian akibat penipuan dari karyawan.
  • Perlindungan terhadap tuntutan yang diajukan kepada direksi, pejabat, dan karyawan senior karena kelalaian dalam bertugas.
Asuransi Marine

Asuransi Pengangkutan Barang

Produk asuransi yang menjamin keamanan kargo atau pengangkutan barang. 

  • Perlindungan dalam pengiriman kargo.
  • Pertanggungan kerugian jika proyek mengalami keterlambatan.
  • Perlindungan ketika kargo berada di dalam tempat penyimpanan, dalam proses perakitan, dan pengepakan.
Asuransi Marine

Inland Marine

Produk asuransi yang menjamin keamanan aset yang berpindah; dalam penyimpanan atau perjalanan.

  • Cakupan pertanggungan luas mulai dari berbagai pekerjaan, peralatan bergerak, hingga wilayah geografis.
  • Jaminan comprehensive dan total loss only dengan tambahan risiko tanggung jawab pihak ketiga.
Asuransi Marine

Asuransi Tanggung Gugat Marine

Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian karena rusaknya aset akibat pihak ketiga. 

  • Perlindungan terhadap tanggung jawab dalam pengiriman, kesalahan dalam operasi pengangkutan.
  • Pertanggungan ganti rugi terhadap kapal yang rusak selama perbaikan.
  • Pertanggungan tanggung jawab pihak ketiga karena cedera atau meninggal dunia.
Asuransi Marine

Marine Loss Control Engineering

Produk asuransi yang tertanggung dari kerugian karena risiko perdagangan dan transportasi, misalnya pengiriman yang tertunda.

  • Tim dari AIG akan membantu nasabah untuk menghindari kerugian dengan analisis potensi eksposur dan memberikan rekomendasi.
Asuransi Global Property

Property All Risk

Produk asuransi yang melindungi tertanggung dari kerugian akibat kerusakan harta komersial karena segala penyebab.

  • Manfaat yang diberikan AIG sampai dengan USD1,5 miliar.
  • Perlindungan terhadap risiko kerugian akibat bencana alam, interupsi bisnis.
  • Perluasan pertanggungan
Asuransi Global Property

Business Interruption

Produk asuransi yang melindungi tertanggung atas hilangnya keuntungan akibat kerusakan aset.

  • Pertanggungan risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, asap, banjir, gempa bumi, dan lain-lain.
Asuransi Global Property

Machinery Breakdown

Produk asuransi yang menjamin biaya penggantian kerusakan mesin.

  • Contoh risiko yang dijamin adalah korsleting, kesalahan operasi, masuknya benda asing, dan malfungsi.
Asuransi Global Property

Terrorism and Sabotage

Produk asuransi yang menjamin biaya penggantian harta benda yang rusak akibat terorisme.

  • Penggantian kerugian harta benda akibat terorisme dan sabotase.
Asuransi Global Property

Contractor All Risk and Erection All Risk

Produk asuransi yang melindungi tertanggung sebagai pemilik bisnis dari kerugian pada saat pemasangan mesin.

  • Penggantian bencana alam, tanggung jawab pihak ketiga, kebakaran, pencurian, kerusakan properti, dan lain-lain.
 

Berita Terbaru

Oktober 2019 - PT AIG Insurance Indonesia (AIG Insurance) saat ini fokus menggarap pasar asuransi komersial dan kumpulan. Pasalnya, segmen tersebut sedang berada pada iklim kondusif. Sektor yang berada pada kondisi positif adalah asuransi liabilitas dan asuransi finansial. Kendati begitu, masih ada sektor yang perkembangannya cenderung datar, yaitu asuransi properti dan asuransi kargo.

Oktober 2019 - AIG menawarkan produk asuransi Tanggung Gugat Lingkungan atau Environmental Liability (EIL). Produk tersebut ditujukan untuk perusahaan yang kegiatan operasionalnya berisiko memberikan dampak terhadap lingkungan sekitar, misalnya kebocoran pipa, polusi di sekitar kawasan pabrik, atau kelalaian dalam pengolahan limbah.

Dampak lingkungan tersebut dapat mempengaruhi masyarakat sekitar, juga mengurangi kualitas lingkungan hidup. Apabila risiko tersebut terjadi, perusahaan harus menanggung biaya pembersihan lingkungan, mendapat reputasi negatif, hingga mendapat tuntutan hukum.

EIL akan memberikan pertanggungan terhadap risiko tersebut. Adapun produk EIL terdiri dari Contractors Pollution Liability dan Polution Legal Liability. Manfaat yang diberikan di antaranya tanggung jawab pihak ketiga terhadap cedera badan dan kerusakan harta benda, pembersihan lingkungan, dan biaya pembelaan hukum.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi AIG, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi AIG adalah sebuah brand asuransi yang dikelola oleh PT AIG Insurance Indonesia. Perusahaan asal Amerika Serikat ini menawarkan berbagai jenis produk untuk segmen korporasi, mulai dari asuransi liabilitas, asuransi marine, asuransi kerugian, asuransi untuk sektor finansial, hingga asuransi properti.  

Bahasan mengenai asuransi AIG terbagi menjadi dua, yaitu grup global AIG dan AIG di Indonesia. Berikut ulasannya.

Dilansir dari CNBC Indonesia, AIG sempat berada di peringkat 13 di jajaran perusahaan publik terbesar versi Forbes. Namun, perusahaan jatuh pada September 2008 dan peringkatnya turun ke urutan 245.

AIG kemudian mengeluarkan produk asuransi KPR dengan nilai belasan miliar dolar AS dan menerbitkan garansi terhadap gagal bayar investasi, utamanya  terhadap produk Collateral Debt Obligation (CDO). Selain itu, perusahaan juga menjamin produk jaminan gagal bayar yang laris di pasaran.

Pada tahun 2008 terjadi bubble KPR, maksudnya melambungnya harga properti karena kondisi ekonomi tertentu. Akhirnya, banyak nasabah AIG yang gagal bayar KPR, kemudian mengajukan klaim besar-besaran. Hal itu menyebabkan AIG harus menanggung kerugian sebesar US$ 25 miliar. 

Jika dibiarkan, kerugian AIG tersebut akan berdampak negatif pada berbagai sektor, akhirnya pemerintah AS memutuskan untuk menyelamatkan AIG dengan dana US$ 180 miliar. Kemudian, perusahaan perlahan bangkit kembali.

Pada tahun 1970, AIG masuk ke Indonesia dengan nama PT AIG Insurance Indonesia. Bermodalkan pengalaman global dan pengetahuan lokal, perusahaan asuransi AIG berhasil eksis hingga saat ini.  AIG Insurance Indonesia adalah perusahaan asuransi umum dengan produk asuransi yang lebih ditujukan bagi korporasi.

Awalnya, PT AIG Insurance Indonesia memiliki produk asuransi yang menyasar segmen individu atau ritel, yaitu melalui produk asuransi perjalanan AIG (AIG Travel Insurance) dan asuransi kecelakaan diri AIG. 

Namun, pada paruh pertama tahun 2014 bisnis komersial tersebut merugi sampai Rp14,61 miliar. Alasannya kerugian tersebut disebabkan oleh perusahaan yang sedang berinvestasi di bidang teknologi,sistem operasi, dan meningkatkan tenaga pemasaran.

Namun, tenaga pemasaran AIG pada saat itu malah pindah massal ke perusahaan lain karena kabarnya operasional AIG akan berhenti.

Sejak tanggal 1 Desember 2016, PT AIG Insurance Indonesia tidak lagi menyediakan produk asuransi ritel atau individual, tetapi lebih fokus pada asuransi yang menyasar segmen komersil. Adapun produk yang tidak lagi tersedia adalah asuransi perjalanan AIG (AIG Travel Insurance, kecuali bisnis maskapai penerbangan), asuransi kecelakaan diri, PLUS, dan extend warranty. 

Namun, apabila nasabah produk asuransi individual masih memiliki sisa masa asuransi, AIG tetap akan melayani sampai sisa masa berlaku polis habis.

Asuransi AIG dapat dikatakan bagus karena memiliki tim yang besar dengan jaringan global. Selain itu, reputasi AIG sebagai perusahaan multinasional tidak perlu dipertanyakan lagi. 

Kesehatan keuangan cabang perusahaan AIG di Indonesia pun sangat positif dengan rasio solvabilitas 397 persen, di atas ketentuan pemerintah (120 persen). Artinya, asuransi AIG mampu membayar utang jangka panjangnya sebanyak hampir tiga kali lipat dari yang seharusnya. Angka tersebut juga didukung dengan jumlah aset yang cukup besar yaitu Rp1,192 triliun. 

Selain itu, varian produk AIG juga sangat cocok untuk bisnis dengan kuantitas besar dan skala industri, misalnya pabrik, pengiriman kargo, manufaktur, dan lain-lain. Produk yang tersedia bisa meng-cover kerugian harta benda juga risiko tanggung gugat hukum akibat aktivitas bisnis.

Meskipun pada tahun 2016 sektor individual AIG sempat tutup dan kini hanya berfokus pada produk untuk segmen korporasi saja, AIG tetap mencatatkan rekam jejak yang positif. 

Dari perspektif kesehatan keuangan tahun 2018, AIG mencatatkan kinerja positif dengan rasio solvabilitas jauh di atas batas minimal pemerintah. Sementara itu, reputasi AIG di media nasional pun baik-baik saja. Sehingga dapat disimpulkan asuransi AIG tidak bermasalah.

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris: Scott Matthew Spaven

Komisaris Independen: Natalia PP Soebagjo

Komisaris Independen: Franciskus Antonius Alijoyo

Dewan Direksi

Presiden Direktur: Robert E Logie

Direktur: Gevi Q Wulandari

Direktur: Michael John Morris

Cari tahu premi asuransi AIG dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi AIG dapat dikirim ke rekening BCA dan Citibank berikut:

Untuk mata uang Rupiah
BCA: 458 300 985 2
Nama Rekening: PT AIG Insurance Indonesia

Citibank: 010 265 001 8
Nama Rekening: PT AIG Insurance Indonesia

Untuk mata uang US Dollar
BCA: 458 370 089 0
Kode SWIFT: CENAIDJA
Nama Rekening: PT AIG Insurance Indonesia

Citibank: 010 265 051 4
Kode SWIFT: CITIIDJX
Nama Rekening: PT AIG Insurance Indonesia

Setelah melakukan pembayaran, kirimkan detailnya serta bukti transfer ke email [email protected] Subjek email: “[Nama Produsen atau Tertanggung] – detail pembayaran polis tanggal  [DD/MM/YYYY]”.

Berikut informasi pembayaran premi yang harus dilampirkan.

  • Insured Name
  • AIG Policy Number
  • AIG Certificate Number
  • Placing Slip Number
  • Currency
  • Amount
  • Policy Effective Date
  • Policy Expired Date
  • Line of Business 

Tiga hari sejak pembayaran premi diterima, maka AIG Indonesia akan membukukan pembayaran (pada hari yang sama, atau 2-3 hari untuk transfer dari bank berbeda). 

Hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Apabila tidak membayar dengan mata uang sesuai polis, maka konversikan dengan kurs jual harian Bank Indonesia. 
  • AIG Indonesia akan mengirimkan surat pengingat untuk membayar premi serta surat pembatalan untuk polis jika premi yang sudah melewati periode jatuh tempo pembayaran yang telah disepakati dalam polis. 
  • Supaya tidak mendapat surat pengingat pembayaran premi dan surat pembatalan polis, nasabah segera merujuk ke Statement of Account bulanan serta melunasi premi sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi [email protected] atau telepon ke 0800 124 8888.

Metode penggantian biaya Allianz  terdiri dari dua, yaitu reimbursement dan uang santunan.  Berikut penjelasannya.

 

  • Reimbursement adalah metode penggantian biaya di mana nasabah harus membayar terlebih dahulu biaya kerugian rumah sakit, kemudian pihak asuransi akan mengganti biaya yang sudah dibayarkan. Biasanya metode ini digunakan untuk klaim biaya perawatan medis.
  • Uang santunan adalah metode pencairan sejumlah uang pertanggungan apabila terjadi klaim asuransi. Umumnya digunakan pada klaim kematian atau kecelakaan terhadap asuransi yang menjanjikan uang santunan. 

 

 

Jika muncul kejadian klaim, segera menghubungi agen, pialang, atau asuransi AIG dengan mempersiapkan dokumen berikut:

  • Nomor polis
  • Tanggal kejadian klaim
  • Lokasi kejadian klaim
  • Penjelasan tentang kerugian yang dialami.
  • Penjelasan soal pihak ketiga yang terkena dampak.
  • Kronologi kejadian klain.
  • Estimasi jumlah kerugian.
  • Data kontak yang bisa dihubungi untuk proses klaim selanjutnya (nama, nomor telepon, alamat email, dan lain-lain).

Untuk berhenti dari asuransi AIG, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Menghubungi agen asuransi atau perusahaan langsung untuk menyatakan keinginan untuk berhenti asuransi. 
  • Datang langsung ke kantor AIG untuk mengajukan penutupan polis.
  • Menghubungi lewat call center AIG.

Persiapkan juga dokumen terkait seperti polis asuransi dan identitas perusahaan. Umumnya pihak asuransi akan mengenakan biaya penutupan polis sesuai dengan ketentuan.

Informasi mengenai daftar bengkel rekanan asuransi AIG tidak tersedia pada situs resminya. Namun, informasi tersebut bisa didapatkan dengan menghubungi call center AIG. 

Layanan nasabah atau call center AIG dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim AIG dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

    • Customer Care Centre: Indonesia Stock Exchange (IDX) Lt.3, Jalan Jend. Sudirman, Senayan, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
    • AIG Call Center: 0800 124 8888
    • Email: [email protected]
    • Website: aig.co.id

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini AIG. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara AIG dengan calon nasabah.

Tidak ada informasi terkait sistem keagenan asuransi AIG dalam situs resminya. Untuk mendapatkan produk asuransi AIG, dapat menghubungi call center AIG.

AIG tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini adalah daftar alamat dan kontak kantor pusat dan cabang AIG.

Kantor Pusat AIG Indonesia:

Indonesia Stock Exchange (IDX) Lt.3, Jalan Jend. Sudirman, Senayan, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190 | Telepon: (021) 52914888.

Kantor Cabang AIG Indonesia:

  • Surabaya: Jalan Diponegoro 75, Surabaya 60264, Telepon 62 31 5620 433
  • Semarang: Jalan Depok No. 42B, Semarang 50133, Telepon  62 24 3517 331
  • Bali: Komplek Pertokoan Griya Alamanda No. 12A Jalan Cok Agung Tresna, Renon, Denpasar 80235, Bali, Telepon 62 361 8424 178
  • Bandung: Jalan Sunda No. 7B, Bandung 40261, Telepon 62 22 4233 005.
  • Medan: Uniplaza Building, Stock Exchange Fl – Lantai 2, Jalan MT Haryono No. A1, Medan 20231, Telepon 62 61 4155 299.
  • Yogyakarta: Komplek Inna Garuda Kavling 12, Jalan Malioboro No. 60, Yogyakarta 55213, Telepon: 62 274 558 427.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • Situs resmi AIG https://www.aig.co.id/bisnis/
  • https://www.cnbcindonesia.com/market/20191223134822-17-125233/skandal-jiwasraya-jangan-sampai-seperti-aig-bank-century/2
  • https://finansial.bisnis.com/read/20191001/215/1154399/bisnis-aig-insurance-ditopang-oleh-segmen-komersial
  • https://finansial.bisnis.com/read/20191018/215/1160570/aig-indonesia-lindungi-bisnis-dari-interupsi-pencemaran-lingkungan
Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis