asuransi mobil Lifepal

Asuransi All Risk

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
2021/03/31 23:59:59Diskon HEBOHDiskon 25%
Perusahaan Anda Sudah Didaftarkan!
Konsultan kami akan mengirim penawaran untuk Anda segera
2021/03/31 23:59:59Diskon HEBOHDiskon 25%
 

Asuransi Mobil All Risk Terbaik 2021

Asuransi mobil all risk (comprehensive) adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan nasabah mengalami kerusakan ringan hingga parah. Selain itu, produk ini juga menanggung risiko kehilangan kendaraan.

Ada cukup banyak pilihan asuransi mobil all risk terbaik di Indonesia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kita. Berikut beberapa pilihan asuransi mobil terbaik rekomendasi Lifepal:

ACA Otomate

  • Usia kendaraan: maksimal 7 tahun
  • Masa pertanggungan: 1 tahun
  • Pertanggungan kerugian sangat lengkap, yaitu kerusakan akibat benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, atau terperosok; kerugian akibat perbuatan jahat dan pencurian; serta kebakaran
  • Menanggung biaya tanggung jawab pihak ketiga maksimum Rp50 juta
  • Fasilitas seperti mobil pengganti
  • Layanan perbaikan darurat
  • Jasa pengantaran kendaraan yang sudah diperbaiki
  • Garansi perbaikan selama 6 bulan

Adira Autocillin

  • Tersedia asuransi konvensional dan syariah
  • Usia kendaraan: maksimal 8 tahun
  • Masa pertanggungan: 1 tahun
  • Perlindungan ganti rugi atas kerugian terhadap kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya (mengacu pada PSAKBI)
  • Asuransi tambahan untuk perlindungan tanggung jawab hukum pihak ketiga dan kerusakan akibat bencana alam
  • Apabila mobil baru hilang dalam waktu 6 bulan setelah pembelian, Autocillin akan menggantinya dengan mobil baru yang lain
  • Layanan mobil derek dan bantuan darurat di jalanan

Simas Mobil Online

  • Menanggung berbagai jenis mobil; sedan, Jeep, Station Wagon, hingga Minibus yang digunakan untuk keperluan pribadi (bukan bisnis)
  • Usia kendaraan: maksimal 10 tahun
  • Masa pertanggungan: 1 tahun
  • Pertanggungan kerugian mobil total dan sebagian
  • Manfaat pertanggungan kecelakaan diri maksimal Rp50 juta
  • Layanan bengkel Sinar Mas di 473 bengkel rekanan di seluruh Indonesia

Allianz Mobilku Comprehensive

  • Usia kendaraan: maksimal 10 tahun
  • Masa pertanggungan: 1 tahun
  • Perlindungan komprehensif terhadap kerusakan kendaraan dari yang kecil sampai parah, serta penggantian kehilangan kendaraan
  • Pertanggungan kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri

Tokio Marine – Comprehensive (Basic)

  • Usia kendaraan: maksimal 10 tahun
  • Masa pertanggungan: 1 tahun
  • Perlindungan komprehensif terhadap kerusakan kendaraan dari yang kecil sampai parah, serta penggantian kehilangan kendaraan
  • Pertanggungan kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri

MSIG Ladies Car All Risk

  • Usia kendaraan: maksimal 10 tahun
  • Masa pertanggungan: 1 tahun
  • Perlindungan komprehensif terhadap kerusakan kendaraan dari yang kecil sampai parah, serta penggantian kehilangan kendaraan
  • Pertanggungan kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan feri

Sompo – Comprehensive

  • Perlindungan komprehensif terhadap kerusakan kendaraan dari yang kecil sampai parah, serta penggantian kehilangan kendaraan
  • Fasilitas mobil derek, bantuan darurat, klaim tanpa survei
  • Pertanggungan kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan feri

Jasindo Oto Plus

  • Perlindungan terhadap kerugian pada mobil
  • Jasindo Oto Plus memberikan pertanggungan kerusakan mobil akibat kecelakaan dan bencana alam, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dengan manfaat tambahan kecelakaan diri untuk penumpang dan pengemudi

AXA Mandiri Mobil

  • Dapat melindungi kendaraan pribadi maupun komersial
  • Jaminan komprehensif terhadap kerugian sebagian maupun total pada mobil
  • Fasilitas mobil derek, bantuan darurat, klaim tanpa survei

Aswata Oto+

  • Tersedia asuransi konvensional dan syariah
  • Ada tiga jenis varian produk asuransi all risk mobil; Paket Signature (untuk harga mobil > Rp200 juta), Paket Platinum, dan Paket Premium.
  • Layanan perbaikan darurat 24 jam, antar jemput kendaraan, hingga pemberian biaya transport
  • Jaminan komprehensif, penggantian biaya tanggung jawab pihak ketiga, kecelakaan diri, hingga bencana alam. Pertanggungan ini tergolong sangat luas jika dibandingkan dengan asuransi all risk pada umumnya

 

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Asuransi mobil all risk (comprehensive) adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan nasabah mengalami kerusakan ringan hingga parah. Selain itu, produk ini juga menanggung risiko kehilangan kendaraan.

Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO

Masih banyak yang kesulitan membedakan asuransi mobil all risk dan asuransi TLO. Sederhananya, calon nasabah dalam melihat tabel perbandingan berikut:

All Risk TLO
Menanggung segala jenis kerusakan kecil hingga total. Premi lebih mahal dibandingkan TLO.
Contoh: penyok, baret, pencurian, terperosok, dll.
Menanggung risiko rusak total atau nilai perbaikan mobil/ motor mencapai 75% atau lebih dari harga kendaraan saat itu.
Contoh: pencurian, terperosok, kemasukan air hingga tidak bisa digunakan, dll
Cocok untuk jenis mobil baru dan nasabah yang memiliki anggaran lebih. Cocok untuk yang memiliki anggaran terbatas & berdomisili di wilayah rawan pencurian serta banjir.
 

Premi Asuransi Mobil All Risk

Besaran premi asuransi mobil all risk (comperhensive)mengacu pada ketentuan OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang “Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor” tahun 2017.

Untuk memberikan gambaran, polis asuransi mobil yang menanggung segala jenis kerugian, mulai dari banjir, baret, hingga hilang, kisaran preminya bisa didapat dengan harga hanya Rp180 ribuan per bulan!

Bandingkan 500+ pilihan polis terbaik mulai Rp50 ribu/bulan!
+62

Tabel Premi Asuransi All Risk

Berikut besaran premi asuransi mobil Comperhensive yang ditentukan berdasarkan wilayah domisili, harga, serta jenis kendaraan.

Kat. Wilayah & Harga Mobil Wilayah 1 (Sumatera dan Sekitarnya) Wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) Wilayah 3 (Di luar wilayah 1 dan 2)
1. Maks. Rp125 juta 3,82% – 4,20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%
2. Rp125-200 juta 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%
3. Rp200-400 juta 2,18% – 2,40% 2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%
4. Rp400-800 juta 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%
5. lebih dari Rp800 juta 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%

Contoh Perhitungan Biaya Asuransi Mobil All Risk

Dari tabel di atas, Anda bisa menghitung biaya asuransi yang perlu dibayarkan jika mengambil asuransi tersebut.

Sebagai contoh, mobil Agya seharga Rp150 juta dan berplat B (Jakarta) maka kategori preminya adalah wilayah II dan kategori 2. Berikut simulasi premi asuransi all risk yang harus dibayarkan setiap tahunnya selama mengikuti asuransi:

Persentase premi all risk x harga mobil = biaya premi 2,47% x Rp150.000.000 = Rp3.705.000 per tahun

Bisa disimpulkan, biaya asuransi all risk yang perlu dikeluarkan per bulan adalah sekitar Rp300 ribuan per bulan.

Contoh lainnya, mobil Toyota Fortuner seharga Rp490 juta dan berplat BB (Sumatera Utara) maka kategori preminya adalah wilayah I dan kategori 4. Berikut simulasi perhitungan asuransi all risk yang harus dibayarkan setiap tahunnya:

Persentase premi all risk x harga mobil = biaya premi 1,20% x Rp490.000.000 = Rp5.880.000 per tahun

Dari perhitungan di atas diketahui premi asuransi all risk yang harus dikeluarkan setiap bulan berkisar Rp400 ribuan per bulan. Besaran premi tersebut belum termasuk biaya administrasi, biaya polis dan lain sebagainya. Di Lifepal, tersedia fasilitas cicilan 0% untuk produk asuransi all risk ini menggunakan kartu kredit.

 

Cara Klaim Asuransi All Risk

Mengetahui cara klaim asuransi mobil all risk di awal sangat penting agar tidak repot saat benar-benar dibutuhkan. Berikut adalah langkah-langkah pengajuan klaimnya.

Klaim Kerugian Sebagian

Apabila kendaraan mengalami rusak sebagian dan kita ingin mengajukan klaim ke asuransi mobil all risk, berikut ini prosedur umumnya.

  • Foto bagian yang rusak. Hal pertama yang perlu kita lakukan saat mengajukan klaim adalah mendokumentasikan bagian kendaraan yang rusak. Pasalnya, dokumen ini pasti akan diminta pihak asuransi untuk membuktikan klaim kita.
  • Lapor ke penyedia asuransi. Segera mengabari pihak asuransi bahwa kita akan mengajukan klaim; baik melalui telepon maupun email.
  • Siapkan dokumen yang diperlukan. Pihak asuransi akan memberikan informasi soal dokumen apa yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim, misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM) , dan lain-lain.
  • Mendatangi bengkel rekanan. Setelah itu, sampaikan kepada pihak bengkel bahwa kita ingin memperbaiki kendaraan dengan asuransi.
  • Mengisi formulir klaim. Pihak bengkel akan memberikan formulir yang perlu diisi, sesuai dengan data yang ada di dalam dokumen.
  • Menunggu kabar dari bengkel. Pihak bengkel akan mengkonfirmasi klaim ke penyedia asuransi dan segera memperbaiki kendaraan dalam waktu 2-3 hari. Pihak bengkel akan mengabari kita jika sudah selesai.

Dokumen Klaim Kerugian Sebagian

  • Laporan kronologi kejadian
  • Fotokopi polis, sertifikat, dan laporan atau endorsemen.
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) milik pengemudi saat kejadian, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tertanggung.
  • Foto kerusakan, estimasi biaya perbaikan
  • Surat Laporan Kepolisian setempat
  • Surat Tuntutan Pihak Ketiga jika ada kerugian yang melibatkan pihak ketiga.
  • Dokumen relevan lain yang terkait dengan pengajuan klaim.

Klaim Kerugian Total atau Hilang

Jika mengalami musibah kendaraan hilang, atau rusak total (di atas 75 persen), berikut langkahnya.

  • Laporkan ke pihak asuransi. Segera laporkan kehilangan pada pihak asuransi; semakin cepat semakin bagus.
  • Siapkan dokumen. Siapkan dokumen yang diminta, seperti KTP, SIM, STNK, surat kehilangan, dan kunci kendaraan.
  • Buat berita acara (BAP) di kantor polisi. Segara ke kantor polisi yang bertanggung jawab atas daerah tempat motor hilang untuk membuat berita acara. Ingat, pembuatan berita acara maksimal 24 jam dari waktu kejadian.
  • Blokir STNK di Polda. Kita juga harus mengajukan pemblokiran STNK ke Kepolisian Daerah (Polda). Langkah ini penting dalam mengajukan klaim hilang.
  • Urus surat keterangan Direktorat Reserse di Polda. Kita lalu perlu mengurus surat di Direktorat Reserse. Surat tersebut harus dilengkapi dengan nomor polis asuransi kita. Kita akan dimintai beberapa dokumen pelengkap, seperti salinan KTP, salinan BPKB, salinan faktur pembelian kendaraan, salinan laporan kehilangan, salinan polis asuransi, BAP, dan surat asli Lapju.
  • Ajukan semua berkas ke pihak asuransi. Jika berkas yang dibutuhkan sudah lengkap segera ajukan ke pihak asuransi.

Dokumen Klaim Kerugian Total

  • Laporan kronologi kejadian
  • Fotokopi polis, sertifikat, dan laporan atau endorsemen.
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKP), faktur pembelian, blanko kuitansi, dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani.
  • Buku kir khusus kendaraan yang wajib kir.
  • Surat keterangan kepolisian daerah
  • Surat pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) pengemudi pada saat kejadian.
  • Foto kerusakan, estimasi biaya perbaikan
  • Surat Laporan Kepolisian setempat
  • Surat Tuntutan Pihak Ketiga jika ada kerugian yang melibatkan pihak ketiga.
  • Dokumen relevan lain yang terkait dengan pengajuan klaim.

Apabila kendaraan mengalami rusak sebagian dan Anda ingin mengajukan klaim ke asuransi mobil all risk, berikut ini prosedur umumnya.

  • Foto bagian yang rusak. Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat mengajukan klaim adalah mendokumentasikan bagian kendaraan yang rusak. Pasalnya, dokumentasi ini pasti akan diminta oleh pihak asuransi untuk membuktikan klaim Anda.
  • Lapor ke penyedia asuransi. Segera mengabari pihak asuransi bahwa Anda akan mengajukan klaim, baik melalui telepon maupun email.
  • Siapkan dokumen yang diperlukan. Pihak asuransi akan memberikan informasi soal dokumen apa yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim. Misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM) , dan lain-lain.
  • Mendatangi bengkel rekanan. Setelah itu, sampaikan kepada pihak bengkel bahwa kita ingin memperbaiki kendaraan dengan asuransi.
  • Mengisi formulir klaim. Pihak bengkel akan memberikan formulir yang perlu diisi, sesuai dengan data yang ada di dalam dokumen.
  • Menunggu kabar dari bengkel. Pihak bengkel akan mengkonfirmasi klaim ke penyedia asuransi dan segera memperbaiki kendaraan dalam waktu 2-3 hari. Pihak bengkel akan mengabari Anda jika sudah selesai.
  • Laporan ronologi kejadian
  • Fotokopi polis, sertifikat, dan laporan atau endorsement
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) milik pengemudi saat kejadian, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tertanggung
  • Foto kerusakan dan estimasi biaya perbaikan
  • Surat Laporan Kepolisian setempat
  • Surat Tuntutan Pihak Ketiga jika ada kerugian yang melibatkan pihak ketiga
  • Dokumen relevan lain yang terkait dengan pengajuan klaim

2. Klaim Kerugian Total atau Hilang

Jika mengalami musibah kendaraan hilang atau rusak total (di atas 75 persen), berikut langkah-langkah mengajukan klaimnya.

  • Laporkan ke pihak asuransi. Segera laporkan kehilangan pada pihak asuransi, semakin cepat semakin bagus
  • Siapkan dokumen. Siapkan dokumen yang diminta, seperti KTP, SIM, STNK, surat kehilangan, dan kunci kendaraan
  • Buat Berita Acara (BAP) di kantor polisi. Segara ke kantor polisi yang bertanggung jawab atas daerah tempat kendaraan hilang untuk membuat BAP. Ingat, pembuatan BAP maksimal 24 jam dari waktu kejadian
  • Blokir STNK di Polda. Anda juga harus mengajukan pemblokiran STNK ke Kepolisian Daerah (Polda). Langkah ini penting dalam mengajukan klaim hilang
  • Urus surat keterangan di Direktorat Reserse Polda. Anda juga perlu mengurus surat di Direktorat Reserse. Surat tersebut harus dilengkapi dengan nomor polis asuransi Anda. Anda akan dimintai beberapa dokumen pelengkap, seperti salinan KTP, salinan BPKB, salinan faktur pembelian kendaraan, salinan laporan kehilangan, salinan polis asuransi, BAP, dan surat asli laporan kemajuan (Lapju)
  • Ajukan semua berkas ke pihak asuransi. Jika berkas yang dibutuhkan sudah lengkap segera ajukan ke pihak asuransi
  • Laporan kronologi kejadian
  • Fotokopi polis, sertifikat, dan laporan atau endorsement
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKP), faktur pembelian, blanko kwitansi, dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani
  • Buku kir khusus kendaraan yang wajib kir
  • Surat keterangan kepolisian daerah
  • Surat pemblokiran STNK
  • SIM pengemudi pada saat kejadian
  • Foto kerusakan dan estimasi biaya perbaikan
  • Surat Laporan Kepolisian setempat
  • Surat Tuntutan Pihak Ketiga jika ada kerugian yang melibatkan pihak ketiga
  • Dokumen relevan lain yang terkait dengan pengajuan klaim
Temukan produk asuransi all risk terbaik hanya melalui marketplace asuransi Lifepal. Lifepal senantiasa merekomendasikan produk asuransi terbaik sesuai kebutuhanmu!
 

Pertanyaan & Tips Seputar Asuransi Mobil All Risk

Asuransi all risk mobil meliputi penggantian biaya kerusakan kecil hingga parah dan kehilangan mobil. Kita bisa mengajukan klaim jika penyebab kerugian tersebut adalah akibat tabrakan, benturan, tergelincir, terperosok, pencurian, hingga perbuatan jahat orang lain.

Cakupan pertanggungan asuransi all risk telah diatur pada laporan  Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Berikut penjelasannya.

Ketika membeli asuransi all risk, tentu kita harus mengetahui hal apa saja yang akan kita dapatkan. Berikut ini hal-hal yang ditanggung asuransi mobil.

  • Pemberian ganti rugi atau biaya perbaikan apabila terjadi risiko kerusakan yang disebabkan oleh:
    • Tabrakan, benturan, tergelincir, dan terperosok.
    • Perbuatan jahat dan pencurian yang diikuti dengan kekerasan atau ancaman.
    • Kebakaran akibat terbakarnya benda lain yang berdekatan dengan tempat disimpannya motor dan kebakaran akibat sambaran petir.
    • Kerusakan karena air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran.
    • Dimusnahkannya motor atas perintah pihak berwenang dalam upaya pencegahan kebakaran.
  • Kendaraan bermotor yang berada di atas kapal yang mengalami kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga, akibat terjadinya kecelakaan yang menyebabkan kematian, cedera, dan kerusakan properti.

Pengecualian dalam asuransi all risk adalah sebagai berikut.

  • Kecelakaan kendaraan yang melibatkan pengemudi di bawah umur.
  • Kerusakan kendaraan tidak ditanggung jika digunakan untuk:
    • Memberi pelajaran mengemudi.
    • Mengikuti perlombaan, kampanye, atau unjuk rasa.
    • Dijadikan transportasi dalam aksi penggelapan, penipuan, dan hipnotis.
  • Hilangnya kendaraan akibat kejahatan yang dilakukan keluarga atau kerabat sendiri.
  • Membawa muatan yang melebihi kapasitas.
  • Kerusakan akibat zat kimia atau benda cair lainnya yang berada di dalam kendaraan.
  • Kendaraan dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.
  • Kendaraan dikemudikan oleh seseorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras dan obat terlarang.
  • Pengemudi melanggar rambu lalu lintas.

Biasanya cara klaim asuransi all risk dilakukan dengan cara cashless artinya tertanggung tidak perlu mengeluarkan biaya selama melakukan perbaikan di bengkel.

Tapi perlu diingat, penggantian yang dilakukan tidak 100 persen, melainkan tertanggung perlu membayar biaya risiko sendiri atau own risk per kejadian sebesar Rp300 ribu.

Saat melakukan klaim, biasanya tertanggung harus membayar biaya own risk atau risiko sendiri. Secara sederhana biaya own risk adalah sejumlah biaya yang harus dibayar pemilik polis asuransi jika dia mengajukan klaim. Tujuan ditetapkan biaya OR adalah sebagai pengingat biar ke depannya lebih hati-hati ketika membawa kendaraan.

Untuk besaran biayanya tentu saja bervariasi karena besarnya tergantung premi yang dibayarkan.Tapi, rata-rata biaya own risk berada di kisaran Rp300 ribu.

Umumnya batas usia untuk mobil adalah 10 tahun dan 2 tahun untuk motor. 

Cara klaim asuransi all risk mudah untuk dilakukan. Pada dasarnya ada tiga tahap yang harus dilakukan untuk klaim asuransi mobil yaitu melaporkan kejadian, melakukan tindakan yang perlu dilakukan, dan mengajukan klaim dengan menyiapkan berkas-berkas. 

Jika berkas sudah disetujui, biasanya pencairan dana klaim akan memakan waktu 14 hari kerja.

Asuransi all risk menanggung seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan baik ringan maupun berat. Sedangkan asuransi TLO hanya memberikan pertanggungan apabila nilai kerusakan sama atau lebih dari 75 persen dari harga motor pada saat itu alias kendaraan sudah rusak total.

Asuransi all risk menanggung seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan baik ringan maupun berat. Sedangkan asuransi TLO hanya memberikan pertanggungan apabila nilai kerusakan sama atau lebih dari 75 persen dari harga motor pada saat itu alias kendaraan sudah rusak total.

Asuransi all risk memang menanggung semua risiko tapi ada beberapa risiko yang dikecualikan dan poin ini biasanya sudah dijelaskan di dalam polis. Risiko yang dikecualikan tersebut seperti kecelakaan dengan pengemudi dibawah umur, tidak memiliki SIM, dan di bawah pengaruh minuman keras.

Selain itu, kendaraan yang hilang akibat perbuatan jahat keluarga dan kerusakan akibat memberikan pelajaran mengemudi juga dikecualikan dalam polis.

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan