Asuransi All Risk Terbaik Sesuai Anggaranmu

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62

Pengertian Asuransi All Risk

Asuransi all risk atau disebut juga asuransi comprehensive adalah jenis asuransi kendaraan yang menjamin seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan mulai dari kerusakan sebagian atau kerusakan total lebih dari 75% ataupun kehilangan dengan kekerasan atau tanpa kekerasan sesuai dengan harga pertanggungan yang berlaku dalam polis asuransi.

Cakupan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi all risk mencakup seluruh risiko kerugian seperti lecet, baret, tertabrak atau menabrak sehingga menimbulkan kerusakan sebagian per kejadian pada kendaraan.

Selain menanggung risiko tersebut, asuransi all risk juga menanggung jika terjadi risiko kehilangan baik dikarenakan terjadi pencurian di rumah atau di luar rumah termasuk diakibatkan karena kekerasan ataupun tanpa kekerasan.

Pada dasarnya asuransi all risk akan mengganti seluruh kerugian mulai dari kerugian paling kecil hingga kerugian paling besar dengan uang pertanggungan yang sudah disepakati sesuai dengan premi yang dibayarkan.

Perlu diketahui bahwa nasabah wajib membayarkan biaya risiko sendiri. Biaya risiko sendiri biasanya Rp300 ribu per kejadian. Biaya risiko sendiri yang dibebankan kepada nasabah punya alasan agar nasabah bisa berhati-hati dalam berkendara.

Asuransi all risk umumnya diberikan kepada pemilik kendaraan baru sehingga pembayaran cicilannya atau pembelian kendaraannya sudah termasuk premi asuransi all risk yang dibayarkan.

Premi asuransi all risk dapat dibayarkan secara tahunan atau bulanan sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Harga premi asuransi all risk sudah ditentukan oleh OJK berdasarkan persentase yang sudah ditetapkan dikalikan dengan harga pasar kendaraan yang akan dijadikan objek perlindungan.

Selain harga pasar dan persentase harga premi yang sudah ditetapkan, wilayah pertanggungan pun berpengaruh terhadap harga premi.

Dalam asuransi kendaraan terdapat pembagian wilayah menjadi tiga bagian, antara lain: wilayah 1 mencakup Sumatera dan kepulauan di sekitarnya, wilayah 2 mencakup DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, serta wilayah 3 mencakup Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2. Dengan demikian akan semakin mudah untuk mengetahui berapa harga premi all risk yang harus dibayarkan berdasarkan uang pertanggungan/harga pasar kendaraan dan wilayahnya.

Asuransi all risk sangat bermanfaat bagi pemilik kendaraan baru agar terhindar dari kerugian yang lebih besar jika terjadi kecelakaan ataupun kehilangan. Asuransi all risk berfungsi untuk mengalihkan risiko yang mungkin terjadi pada perusahaan asuransi dengan konsekuensi kewajiban membayar premi sesuai dengan pertanggungan yang dijamin perusahaan.

Kenapa Harus Pilih Asuransi All Risk?

Berikut ini adalah fungsi dan manfaat asuransi all risk yang memberikan rasa aman serta dapat menjadi salah satu pertimbangan sebelum memilih asuransi all risk sebagai proteksi kendaraan Anda.

  • Mengurangi risiko kerugian finansial yang lebih besar lagi jika kendaraan mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan kerusakan atau kehilangan. Dengan adanya asuransi all risk, nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan atau biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga mengurangi biaya perbaikan yang harus dibayarkan.
  • Premi asuransi all risk memang lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. Tetapi perlindungan yang diberikan pun sebanding dengan premi yang harus dibayarkan. Jumlahnya masih lebih ringan jika terjadi risiko yang tidak diharapkan seperti kecelakaan hingga kehilangan kendaraan akibat pencurian maupun perampokan di jalan.
  • Perusahaan akan membantu nasabah dalam kondisi darurat di jalan seperti ban kempis atau kendaraan mogok dengan mengirimkan petugas. Layanan yang diberikan pun lebih maksimal seperti layanan derek gratis ke bengkel rekanan hingga layanan mobil pengganti saat kendaraan diperbaiki sehingga Anda tetap dapat beraktivitas seperti biasa.
  • Proteksi yang diberikan asuransi all risk akan membantu Anda ketika dalam kondisi darurat termasuk jika terjadi risiko yang sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk perawatan maupun perbaikan yang sudah menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Cakupan Pertanggungan Asuransi All Risk

Asuransi All Risk memberikan perlindungan untuk segala risiko kerugian yang mungkin terjadi. Hal ini selaras dengan pertanggungan yang diberikan berupa perlindungan secara menyeluruh atau secara komprehensif.

Pada dasarnya pertanggungan yang diberikan oleh asuransi all risk mencakup pada kerusakan kecil atau kerusakan sebagian dan kerusakan total sama dengan 75% atau lebih.

Penyebab kerusakan pun bisa berbagai macam sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi. Jika tidak membeli asuransi tambahan, maka terdapat pengecualian yang tidak akan diberikan penggantian oleh perusahaan asuransi.

Asuransi all risk pun memberikan penggantian jika kendaraan rusak total karena kecelakaan sehingga tidak bisa digunakan kembali. Penggantian yang diberikan berupa uang pertanggungan sejumlah harga pasar kendaraan pada saat terjadi kecelakaan atau kerusakan.

Selain memberikan penggantian uang pertanggungan karena rusak yang diakibatkan kecelakaan, asuransi all risk juga akan menanggung atau mengganti sejumlah biaya jika kendaraan hilang karena pencurian maupun perampokan tanpa atau dengan kekerasan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi All Risk

Kelebihan asuransi all risk memang memberikan proteksi menyeluruh, tetapi ada kekurangan dari jenis asuransi kendaraan ini, yaitu:

Kelebihan memiliki asuransi all risk

  • Memberikan jaminan perlindungan dari risiko kerugian kerusakan hingga kehilangan.
  • Membantu pengaturan keuangan.
  • Benefit yang ditawarkan sangat bermanfaat, terutama bagi pemilik kendaraan di kota-kota padat penduduk seperti Jakarta. Kemungkinan kendaraan mengalami kerusakan pada body jauh lebih besar.
  • Menghemat uang karena Anda bisa mengurangi pengeluaran besar ketika terjadi kerusakan atau bahkan kehilangan kendaraan.

Kekurangan memiliki asuransi all risk

  • Dana hangus jika tidak melakukan klaim. Artinya, Anda tidak bisa meminta premi yang telah dibayarkan untuk dikembalikan jika tidak melakukan klaim selama masa pertanggungan.
  • Harga premi yang dibayarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO.

Cara Memilih Asuransi All Risk Terbaik

Agar tak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih asuransi all risk yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan serta cocok dengan kondisi finansial.

1. Pilih asuransi all risk yang bagus

Asuransi all risk yang bagus adalah yang menyediakan layanan gawat darurat 24 jam seperti kendaraan mogok hingga jika mengalami kecelakaan kecil ataupun kecelakaan besar. Asuransi all risk yang bagus memberikan perluasan jaminan terhadap segala risiko kerugian yang mungkin terjadi serta memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas di beberapa kota-kota besar di Indonesia.

2. Beli asuransi all risk murah namun sesuai kebutuhan

Memilih asuransi all risk yang cocok juga harus mempertimbangkan tarif preminya. Jika memang ada asuransi kendaraan yang lebih murah dan sesuai dengan kemampuan, pastikan manfaat atau benefitnya sesuai dengan yang diharapkan.

3. Bandingkan produk asuransi all risk terbaik untuk Anda

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi all risk yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi umum. Ada beragam produk asuransi kendaraan dari pilihan beberapa perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.

Berikut beberapa pilihan asuransi kesehatan terbaik yang bisa dipertimbangkan. Simak mengenai pertanggungan manfaat, premi, pilihan polis, dan ulasan kelebihan dan kekurangan dari tiap produk tersebut.

Asuransi Mobil ABDA
4.3
Asuransi Mobil ACA
3.4
Asuransi Mobil Adira
4.0
Asuransi Mobil Aswata
Asuransi Mobil Autocillin
Asuransi Mobil Avrist
Asuransi Mobil BESS
3.5
Asuransi Mobil Bintang
Asuransi Mobil Chubb

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Nah, dalam asuransi all risk hanya terdapat satu metode penggantian biaya berdasarkan klaim yang diajukan pada perusahaan asuransi.

Metode penggantian biaya asuransi all risk menggunakan metode cashless. Dengan begitu nasabah tidak perlu pusing lagi saat terjadi kecelakaan atau kerusakan. Nasabah hanya perlu mengajukan klaim sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada kendaraan, kemudian membayarkan biaya risiko sendiri sebelum dilakukan perbaikan oleh perusahaan asuransi.

Adapun cara klaim asuransi all risk dibedakan sesuai dengan kejadian atau kerugian yang terjadi pada kendaraan.

1. Klaim asuransi kerusakan sebagian

  • Laporkan kejadian kepada perusahaan asuransi.
  • Siapkan dokumen klaim.
  • Mengisi formulir klaim secara online atau kanal yang disediakan perusahaan asuransi.
  • Mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi terdekat dengan membawa kendaraan Anda.
  • Perusahaan asuransi akan menganalisa kerusakan kendaraan.
  • Jika kerusakan dijamin oleh polis asuransi, petugas akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) di bengkel rekanan.
  • Mobil akan dibawa oleh perusahaan ke bengkel rekanan dengan menyertakan SPK.
  • Setelah perbaikan selesai, nasabah membayar biaya risiko sendiri per kejadian sebesar Rp300.000.

2. Klaim asuransi kerusakan lebih dari 75% atau kerusakan total

  • Laporkan kejadian kepada perusahaan asuransi.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  • Mengirimkan berkas dokumen beserta dengan klaim survei.
  • Investigasi kendaraan hilang dilakukan lembaga independen.
  • Estimasi kendaraan rusak parah dilakukan oleh bengkel rekanan atau loss adjuster.
  • Jika klaim disetujui, nasabah akan diminta mengirimkan dokumen tambahan.
  • Pembayaran klaim akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja sejak dokumen tambahan dinyatakan lengkap dan diterima oleh perusahaan.

Perhitungan asuransi all risk atau comprehensive ditentukan sesuai dengan aturan berikut ini:

1. Kendaraan roda empat non bus/truk

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

2. Kendaraan bus/truk

  • Truk dan pick up: 1,33 persen hingga 1,46 persen tergantung wilayah.
  • Bus: 0,71 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.

3. Kendaraan roda dua (motor)

  • Biaya premi motor berkisar 2,11 persen hingga 2,32 persen tergantung wilayah.

Pembayaran premi asuransi kendaraan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Umumnya perusahaan asuransi menyediakan kanal pembayaran premi seperti berikut ini:

  • Transfer bank.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening atau kartu kredit.

Sementara itu, adapun frekuensi pembayaran asuransi kendaraan all risk disesuaikan dengan kesepakatan polis yaitu minimal satu tahun.

Dasar hukum asuransi kendaraan all risk mengacu pada undang-undang dan peraturan pemerintah berikut ini:

  • Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Bab 9.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 1999.

Asuransi all risk yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Memiliki layanan gawat darurat selama 24 jam penuh

Asuransi all risk layak diandalkan jika memiliki layanan 24 jam penuh jika nasabah mengalami masalah gawat darurat seperti terperosok, mogok di jalan, ban kempis, hingga bantuan layanan ambulan gratis jika terjadi kecelakaan.

2. Menanggung risiko tertentu yang tidak ditanggung produk lain

Setiap perusahaan asuransi memiliki produk yang menawarkan pertanggungan dasar namun tidak memberikan seluruh proteksi atas risiko yang mungkin terjadi misalnya tidak menanggung jika kendaraan rusak karena huru-hara atau kerusuhan.

Oleh karena itu, asuransi yang bagus seharusnya sudah memberikan jaminan perluasan yang sifatnya dapat diprediksi akan terjadi seperti di wilayah ibukota yang memiliki risiko kerusuhan atau huru-hara yang bisa disebabkan oleh berbagai latar belakang.

3. Jaringan bengkel rekanan luas

Asuransi yang bagus, salah satu cirinya adalah memiliki rekanan bengkel yang luas. Beberapa asuransi all risk hanya memiliki rekanan bengkel di Jabodetabek. Di sinilah perlunya nasabah mengenal perusahaan asuransi kendaraan yang tepat untuk mengetahui jaringan rekanan bengkel yang dimiliki sehingga ketika kendaraan digunakan untuk  mudik ke luar kota pun tetap merasa tenang karena tersedia rekanan bengkel di kota lainnya minimal sudah mengcover wilayah pulau Jawa dan Bali.

4. Memberikan proteksi lebih tanpa penambahan biaya premi

Pilih asuransi all risk tanpa syarat dan pengecualian untuk beberapa pertanggungan tertentu yang sudah sering terjadi di wilayah domisili masing-masing kendaraan. Misalnya jika berada di dekat gunung merapi, asuransi all risk sudah memberikan proteksi termasuk jika terjadi gunung meletus. Dengan demikian, kendaraan tetap akan mendapatkan proteksi jika rusak akibat letusan gunung berapi.

Jika Anda ingin mendapatkan harga premi terbaik untuk produk Asuransi All Risk yang dibutuhkan, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebagai berikut ini.

1. Beli asuransi all risk tanpa proteksi tambahan

Asuransi all risk memiliki produk tambahan atau rider. Hal ini amat bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Misalnya tidak semua asuransi all risk menanggung kerusakan akibat huru-hara atau kerusuhan. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami manfaat dan benefit yang diberikan bukan hanya terpaku pada harga premi yang murah saja .

2. Bandingkan terlebih dahulu

Agar mendapatkan asuransi all risk yang terjangkau, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu produk asuransi kendaraan yang ada di pasaran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah gunakan situs agregator seperti Lifepal.  Lifepal dapat memberikan perbandingan lebih dari 100 polis asuransi kendaraan sehingga Anda tidak hanya bisa membandingkan harga yang ditawarkan tetapi juga manfaat yang didapatkan.

3. Usia kendaraan berpengaruh

Pada prinsipnya Anda bisa mendapatkan penawaran untuk asuransi all risk dengan harga yang murah. Salah satu catatannya adalah asuransikan kendaraan Anda pada saat usianya makin beranjak tua. Semakin tua usia kendaraan semakin rendah pula uang pertanggungan yang didapatkan sehingga mempengaruhi harga premi yang harus dibayarkan.

Membeli asuransi all risk secara online sangat memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga bisa lebih leluasa memilih asuransi all risk sesuai dengan kemampuan finansial dengan cara membandingkan produk asuransi dari perusahaan yang berbeda.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus sesuai dengan ketentuan yang disepakati.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang secara khusus menyediakan produk asuransi kendaraan baik asuransi all risk maupun asuransi TLO. Berbagai pilihan asuransi kendaraan terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi all risk gratis untuk beberapa proteksi, seperti proteksi terhadap kecelakaan diri dan promo proteksi lainnya.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi.

Sementara itu, broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi kendaraan terbaik bagi kendaraan yang dimilikinya, termasuk dalam memilih asuransi kendaraan all risk terbaik.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Sedangkan broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi.

Lifepal merupakan broker asuransi all risk terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi kendaraan terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Ada beberapa istilah dalam asuransi all risk yang perlu diketahui agar benar-benar memahami makna dan artinya seperti beberapa daftar istilah berikut ini:

  • Polis adalah perjanjian secara tertulis antara nasabah atau peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Perjanjian inilah yang disebut dengan polis asuransi yang memuat butir-butir kewajiban kedua belah pihak.
  • Premi adalah biaya yang harus dibayarkan peserta asuransi sebagai bukti kepesertaan peserta asuransi sehingga bisa mendapatkan perlindungan sesuai dengan perlindungan dalam polis. Besarannya ditentukan sesuai dengan usia kendaraan, jenis kendaraan, wilayah, dan uang pertanggungan. Metode pembayarannya bisa dilakukan sekaligus per tahun atau dilakukan bertahap setiap bulan sekali sesuai dengan periode masa pertanggungan.
  • Asuransi total loss only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan bermotor yang menanggung risiko kerugian bila kendaraan mengalami kerusakan sama dengan 75% atau lebih atau sudah tidak bisa digunakan sama sekali baik diakibatkan karena kecelakaan ataupun kehilangan, termasuk risiko kebakaran dan juga korban perampokan. Jenis asuransi TLO tidak akan memberikan penggantian jika mobil mengalami kerusakan kecil atau sebagian seperti penyok, baret ataupun terperosok ke selokan.
  • All Risk (Comprehensive) adalah jenis asuransi kendaraan bermotor yang menanggung segala risiko kerugian yang mungkin terjadi mulai dari kerusakan paling ringan hingga kerusakan paling berat ataupun kehilangan. Itulah sebabnya harga premi asuransi all risk lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. 
  • Harga sebenarnya adalah harga penjualan yang didapatkan pada saat kendaraan mengalami kerugian atau kerusakan. Harga kendaraan sebenarnya akan disesuaikan dengan jenis, tipe, model, dan tahun produksinya sehingga menjadi salah satu standar penggantian uang pertanggungan yang akan diberikan perusahaan asuransi kepada peserta asuransi jika kendaraannya mengalami kerusakan atau kerugian yang ditanggung dalam ketentuan polis asuransi.
  • Harga pertanggungan adalah nilai beli kendaraan saat sebelum polis diterbitkan oleh perusahaan asuransi. Nilai tersebut menjadi dasar penentuan premi serta batas maksimum yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi jika terjadi kerugian yang tidak diharapkan.
  • Biaya risiko sendiri (own risk) adalah biaya yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi sebagai tanggungan peserta asuransi untuk setiap kejadian. Biaya risiko sendiri dibebankan kepada peserta asuransi dengan maksud agar peserta bisa tetap berhati-hati dalam berkendara dengan mengikuti segala peraturan yang sudah ditetapkan oleh undang-undang. 
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah penggantian biaya atau jaminan dari perusahaan asuransi jika terjadi tuntutan dari pihak ketiga yang berkaitan dengan obyek pertanggungan dalam hal ini adalah kendaraan yang diasuransikan. Sebagai contoh jika kendaraan yang diasuransikan menabrak kendaraan lain. Biaya kerugian yang ditimbulkan akan diganti oleh perusahaan asuransi. Hanya saja pertanggungan untuk tanggung jawab pihak ketiga merupakan asuransi tambahan atau perluasan jaminan sehingga Anda harus membayarkan tambahan biaya pada premi yang akan dibayarkan. 
  • Penggunaan komersial adalah jenis penggunaan kendaraan bermotor. Perusahaan asuransi membedakan antara penggunaan kendaraan untuk pribadi dan komersial. Komersial artinya digunakan untuk usaha seperti jasa taksi online. Hal ini berkaitan dengan risiko yang dihadapi akan semakin besar sehingga perusahaan asuransi pun akan menyesuaikan premi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Hindari penipuan mengatasnamakan perusahaan maupun broker asuransi all risk. Caranya, pastikan perusahaan asuransi maupun broker asuransi sudah terdaftar di OJK dan asosiasi asuransi resmi yang terkait.

Begitu juga dengan agen asuransi. Agen asuransi yang resmi terdaftar di Asosiasi Agen Asuransi Indonesia dan perusahaan asuransi all risk juga terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

Berikut cara menghindari penipuan terhadap penawaran asuransi all risk:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih asuransi polis dasar atau utama yang memberikan jaminan perlindungan yang lengkap. Adapun jika ada pengecualian biasanya sudah disediakan asuransi tambahannya atau ridernya.
  • Ada beberapa jenis asuransi kendaraan termasuk salah satunya asuransi all risk. Oleh karena itu, pahami dulu perbedaan mendasar antara asuransi all risk dan asuransi total loss only sehingga Anda bisa memilih jenis asuransi yang memang cocok dengan kemampuan finansial serta kebutuhan Anda.
  • Bandingkan produk asuransi yang ditawarkan mulai dari layanan yang diberikan serta tarif premi yang ditetapkan. Perusahaan asuransi biasanya memiliki perbedaan batas atas dan batas bawah dalam menentukan harga premi sesuai dengan ketetapan yang sudah ditentukan oleh OJK.
  • Pastikan memilih perusahaan asuransi dengan polis kendaraan yang sudah dikenal reputasinya dalam melayani nasabah. Hal tersebut erat kaitannya dalam layanan yang diberikan perusahaan kepada nasabah dalam kondisi gawat darurat di jalan terutama yang memiliki layanan 24 jam dalam 7 hari.
  • Jika masih bingung dalam memilih asuransi all risk yang cocok, Lifepal memberikan layanan konsultasi gratis tentang produk asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda. Lifepal adalah marketplace asuransi tepercaya yang akan memberikan produk asuransi terbaik untuk kebutuhan Anda. Lifepal adalah pialang asuransi yang berada di pihak nasabah (tertanggung) sehingga akan mewakili semua kepentingan calon tertanggung termasuk membantu saat proses klaim. Lifepal akan menjadi teman andalan Anda dalam memilih produk asuransi terbaik sehingga Anda terhindar dari segala bentuk penipuan asuransi kendaraan comprehensive atau all risk.
  • Ada cukup banyak pialang atau broker asuransi. Penting untuk memilih pialang atau broker asuransi yang tepercaya. Lifepal termasuk pialang atau broker asuransi yang bekerja sama dengan pialang lain yang sudah terdaftar di OJK.
  • Mintalah dummy polis asuransi untuk mempelajari manfaat yang diberikan dari perusahaan sebelum memutuskan membeli polis asuransi all risk yang dibutuhkan.
  • Jangan menitipkan pembayaran premi asuransi kepada agen secara tunai. Bayarkan premi asuransi all risk Anda melalui metode yang dipercaya seperti bank transfer langsung ke nomor rekening perusahaan asuransi, broker tepercaya atau dengan berbagai metode aman lain yang disediakan seperti kartu kredit atau dompet digital seperti yang disediakan oleh Lifepal. Pembayaran premi melalui Lifepal terjamin aman dan mudah untuk dilakukan.
  • Selalu minta bukti pembayaran dan menyimpannya dengan baik agar bisa dijadikan bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti human error atau kesalahan sistem.
  • Selalu diskusan dengan Lifepal jika ada agen asuransi yang meminta biaya tambahan atau premi tambahan terhadap produk asuransi jiwa yang dibeli. Lifepal akan senantiasa membantu Anda menyelesaikan berbagai persoalan dan menjawab berbagai pertanyaan seputar asuransi kendaraan secara komprehensif.
Informasi Umum

Pengertian Asuransi All Risk

Asuransi all risk atau disebut juga asuransi comprehensive adalah jenis asuransi kendaraan yang menjamin seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan mulai dari kerusakan sebagian atau kerusakan total lebih dari 75% ataupun kehilangan dengan kekerasan atau tanpa kekerasan sesuai dengan harga pertanggungan yang berlaku dalam polis asuransi.

Cakupan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi all risk mencakup seluruh risiko kerugian seperti lecet, baret, tertabrak atau menabrak sehingga menimbulkan kerusakan sebagian per kejadian pada kendaraan.

Selain menanggung risiko tersebut, asuransi all risk juga menanggung jika terjadi risiko kehilangan baik dikarenakan terjadi pencurian di rumah atau di luar rumah termasuk diakibatkan karena kekerasan ataupun tanpa kekerasan.

Pada dasarnya asuransi all risk akan mengganti seluruh kerugian mulai dari kerugian paling kecil hingga kerugian paling besar dengan uang pertanggungan yang sudah disepakati sesuai dengan premi yang dibayarkan.

Perlu diketahui bahwa nasabah wajib membayarkan biaya risiko sendiri. Biaya risiko sendiri biasanya Rp300 ribu per kejadian. Biaya risiko sendiri yang dibebankan kepada nasabah punya alasan agar nasabah bisa berhati-hati dalam berkendara.

Asuransi all risk umumnya diberikan kepada pemilik kendaraan baru sehingga pembayaran cicilannya atau pembelian kendaraannya sudah termasuk premi asuransi all risk yang dibayarkan.

Premi asuransi all risk dapat dibayarkan secara tahunan atau bulanan sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Harga premi asuransi all risk sudah ditentukan oleh OJK berdasarkan persentase yang sudah ditetapkan dikalikan dengan harga pasar kendaraan yang akan dijadikan objek perlindungan.

Selain harga pasar dan persentase harga premi yang sudah ditetapkan, wilayah pertanggungan pun berpengaruh terhadap harga premi.

Dalam asuransi kendaraan terdapat pembagian wilayah menjadi tiga bagian, antara lain: wilayah 1 mencakup Sumatera dan kepulauan di sekitarnya, wilayah 2 mencakup DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, serta wilayah 3 mencakup Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2. Dengan demikian akan semakin mudah untuk mengetahui berapa harga premi all risk yang harus dibayarkan berdasarkan uang pertanggungan/harga pasar kendaraan dan wilayahnya.

Asuransi all risk sangat bermanfaat bagi pemilik kendaraan baru agar terhindar dari kerugian yang lebih besar jika terjadi kecelakaan ataupun kehilangan. Asuransi all risk berfungsi untuk mengalihkan risiko yang mungkin terjadi pada perusahaan asuransi dengan konsekuensi kewajiban membayar premi sesuai dengan pertanggungan yang dijamin perusahaan.

Kenapa Harus Pilih Asuransi All Risk?

Berikut ini adalah fungsi dan manfaat asuransi all risk yang memberikan rasa aman serta dapat menjadi salah satu pertimbangan sebelum memilih asuransi all risk sebagai proteksi kendaraan Anda.

  • Mengurangi risiko kerugian finansial yang lebih besar lagi jika kendaraan mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan kerusakan atau kehilangan. Dengan adanya asuransi all risk, nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan atau biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga mengurangi biaya perbaikan yang harus dibayarkan.
  • Premi asuransi all risk memang lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. Tetapi perlindungan yang diberikan pun sebanding dengan premi yang harus dibayarkan. Jumlahnya masih lebih ringan jika terjadi risiko yang tidak diharapkan seperti kecelakaan hingga kehilangan kendaraan akibat pencurian maupun perampokan di jalan.
  • Perusahaan akan membantu nasabah dalam kondisi darurat di jalan seperti ban kempis atau kendaraan mogok dengan mengirimkan petugas. Layanan yang diberikan pun lebih maksimal seperti layanan derek gratis ke bengkel rekanan hingga layanan mobil pengganti saat kendaraan diperbaiki sehingga Anda tetap dapat beraktivitas seperti biasa.
  • Proteksi yang diberikan asuransi all risk akan membantu Anda ketika dalam kondisi darurat termasuk jika terjadi risiko yang sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk perawatan maupun perbaikan yang sudah menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Cakupan Pertanggungan Asuransi All Risk

Asuransi All Risk memberikan perlindungan untuk segala risiko kerugian yang mungkin terjadi. Hal ini selaras dengan pertanggungan yang diberikan berupa perlindungan secara menyeluruh atau secara komprehensif.

Pada dasarnya pertanggungan yang diberikan oleh asuransi all risk mencakup pada kerusakan kecil atau kerusakan sebagian dan kerusakan total sama dengan 75% atau lebih.

Penyebab kerusakan pun bisa berbagai macam sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi. Jika tidak membeli asuransi tambahan, maka terdapat pengecualian yang tidak akan diberikan penggantian oleh perusahaan asuransi.

Asuransi all risk pun memberikan penggantian jika kendaraan rusak total karena kecelakaan sehingga tidak bisa digunakan kembali. Penggantian yang diberikan berupa uang pertanggungan sejumlah harga pasar kendaraan pada saat terjadi kecelakaan atau kerusakan.

Selain memberikan penggantian uang pertanggungan karena rusak yang diakibatkan kecelakaan, asuransi all risk juga akan menanggung atau mengganti sejumlah biaya jika kendaraan hilang karena pencurian maupun perampokan tanpa atau dengan kekerasan.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi All Risk

Kelebihan asuransi all risk memang memberikan proteksi menyeluruh, tetapi ada kekurangan dari jenis asuransi kendaraan ini, yaitu:

Kelebihan memiliki asuransi all risk

  • Memberikan jaminan perlindungan dari risiko kerugian kerusakan hingga kehilangan.
  • Membantu pengaturan keuangan.
  • Benefit yang ditawarkan sangat bermanfaat, terutama bagi pemilik kendaraan di kota-kota padat penduduk seperti Jakarta. Kemungkinan kendaraan mengalami kerusakan pada body jauh lebih besar.
  • Menghemat uang karena Anda bisa mengurangi pengeluaran besar ketika terjadi kerusakan atau bahkan kehilangan kendaraan.

Kekurangan memiliki asuransi all risk

  • Dana hangus jika tidak melakukan klaim. Artinya, Anda tidak bisa meminta premi yang telah dibayarkan untuk dikembalikan jika tidak melakukan klaim selama masa pertanggungan.
  • Harga premi yang dibayarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO.

Cara Memilih Asuransi All Risk Terbaik

Agar tak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih asuransi all risk yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan serta cocok dengan kondisi finansial.

1. Pilih asuransi all risk yang bagus

Asuransi all risk yang bagus adalah yang menyediakan layanan gawat darurat 24 jam seperti kendaraan mogok hingga jika mengalami kecelakaan kecil ataupun kecelakaan besar. Asuransi all risk yang bagus memberikan perluasan jaminan terhadap segala risiko kerugian yang mungkin terjadi serta memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas di beberapa kota-kota besar di Indonesia.

2. Beli asuransi all risk murah namun sesuai kebutuhan

Memilih asuransi all risk yang cocok juga harus mempertimbangkan tarif preminya. Jika memang ada asuransi kendaraan yang lebih murah dan sesuai dengan kemampuan, pastikan manfaat atau benefitnya sesuai dengan yang diharapkan.

3. Bandingkan produk asuransi all risk terbaik untuk Anda

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi all risk yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi umum. Ada beragam produk asuransi kendaraan dari pilihan beberapa perusahaan asuransi terbaik di Indonesia.

Pilihan Terbaik

Berikut beberapa pilihan asuransi kesehatan terbaik yang bisa dipertimbangkan. Simak mengenai pertanggungan manfaat, premi, pilihan polis, dan ulasan kelebihan dan kekurangan dari tiap produk tersebut.

Asuransi Mobil ABDA
4.3
Asuransi Mobil ACA
3.4
Asuransi Mobil Adira
4.0
Asuransi Mobil Aswata
Asuransi Mobil Autocillin
Asuransi Mobil Avrist
Asuransi Mobil BESS
3.5
Asuransi Mobil Bintang
Asuransi Mobil Chubb
Tips & Pertanyaan

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Nah, dalam asuransi all risk hanya terdapat satu metode penggantian biaya berdasarkan klaim yang diajukan pada perusahaan asuransi.

Metode penggantian biaya asuransi all risk menggunakan metode cashless. Dengan begitu nasabah tidak perlu pusing lagi saat terjadi kecelakaan atau kerusakan. Nasabah hanya perlu mengajukan klaim sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada kendaraan, kemudian membayarkan biaya risiko sendiri sebelum dilakukan perbaikan oleh perusahaan asuransi.

Adapun cara klaim asuransi all risk dibedakan sesuai dengan kejadian atau kerugian yang terjadi pada kendaraan.

1. Klaim asuransi kerusakan sebagian

  • Laporkan kejadian kepada perusahaan asuransi.
  • Siapkan dokumen klaim.
  • Mengisi formulir klaim secara online atau kanal yang disediakan perusahaan asuransi.
  • Mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi terdekat dengan membawa kendaraan Anda.
  • Perusahaan asuransi akan menganalisa kerusakan kendaraan.
  • Jika kerusakan dijamin oleh polis asuransi, petugas akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) di bengkel rekanan.
  • Mobil akan dibawa oleh perusahaan ke bengkel rekanan dengan menyertakan SPK.
  • Setelah perbaikan selesai, nasabah membayar biaya risiko sendiri per kejadian sebesar Rp300.000.

2. Klaim asuransi kerusakan lebih dari 75% atau kerusakan total

  • Laporkan kejadian kepada perusahaan asuransi.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  • Mengirimkan berkas dokumen beserta dengan klaim survei.
  • Investigasi kendaraan hilang dilakukan lembaga independen.
  • Estimasi kendaraan rusak parah dilakukan oleh bengkel rekanan atau loss adjuster.
  • Jika klaim disetujui, nasabah akan diminta mengirimkan dokumen tambahan.
  • Pembayaran klaim akan dilakukan dalam waktu 14 hari kerja sejak dokumen tambahan dinyatakan lengkap dan diterima oleh perusahaan.

Perhitungan asuransi all risk atau comprehensive ditentukan sesuai dengan aturan berikut ini:

1. Kendaraan roda empat non bus/truk

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

2. Kendaraan bus/truk

  • Truk dan pick up: 1,33 persen hingga 1,46 persen tergantung wilayah.
  • Bus: 0,71 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.

3. Kendaraan roda dua (motor)

  • Biaya premi motor berkisar 2,11 persen hingga 2,32 persen tergantung wilayah.

Pembayaran premi asuransi kendaraan dapat dilakukan melalui berbagai cara. Umumnya perusahaan asuransi menyediakan kanal pembayaran premi seperti berikut ini:

  • Transfer bank.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening atau kartu kredit.

Sementara itu, adapun frekuensi pembayaran asuransi kendaraan all risk disesuaikan dengan kesepakatan polis yaitu minimal satu tahun.

Dasar hukum asuransi kendaraan all risk mengacu pada undang-undang dan peraturan pemerintah berikut ini:

  • Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Bab 9.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 1999.

Asuransi all risk yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Memiliki layanan gawat darurat selama 24 jam penuh

Asuransi all risk layak diandalkan jika memiliki layanan 24 jam penuh jika nasabah mengalami masalah gawat darurat seperti terperosok, mogok di jalan, ban kempis, hingga bantuan layanan ambulan gratis jika terjadi kecelakaan.

2. Menanggung risiko tertentu yang tidak ditanggung produk lain

Setiap perusahaan asuransi memiliki produk yang menawarkan pertanggungan dasar namun tidak memberikan seluruh proteksi atas risiko yang mungkin terjadi misalnya tidak menanggung jika kendaraan rusak karena huru-hara atau kerusuhan.

Oleh karena itu, asuransi yang bagus seharusnya sudah memberikan jaminan perluasan yang sifatnya dapat diprediksi akan terjadi seperti di wilayah ibukota yang memiliki risiko kerusuhan atau huru-hara yang bisa disebabkan oleh berbagai latar belakang.

3. Jaringan bengkel rekanan luas

Asuransi yang bagus, salah satu cirinya adalah memiliki rekanan bengkel yang luas. Beberapa asuransi all risk hanya memiliki rekanan bengkel di Jabodetabek. Di sinilah perlunya nasabah mengenal perusahaan asuransi kendaraan yang tepat untuk mengetahui jaringan rekanan bengkel yang dimiliki sehingga ketika kendaraan digunakan untuk  mudik ke luar kota pun tetap merasa tenang karena tersedia rekanan bengkel di kota lainnya minimal sudah mengcover wilayah pulau Jawa dan Bali.

4. Memberikan proteksi lebih tanpa penambahan biaya premi

Pilih asuransi all risk tanpa syarat dan pengecualian untuk beberapa pertanggungan tertentu yang sudah sering terjadi di wilayah domisili masing-masing kendaraan. Misalnya jika berada di dekat gunung merapi, asuransi all risk sudah memberikan proteksi termasuk jika terjadi gunung meletus. Dengan demikian, kendaraan tetap akan mendapatkan proteksi jika rusak akibat letusan gunung berapi.

Jika Anda ingin mendapatkan harga premi terbaik untuk produk Asuransi All Risk yang dibutuhkan, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebagai berikut ini.

1. Beli asuransi all risk tanpa proteksi tambahan

Asuransi all risk memiliki produk tambahan atau rider. Hal ini amat bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Misalnya tidak semua asuransi all risk menanggung kerusakan akibat huru-hara atau kerusuhan. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami manfaat dan benefit yang diberikan bukan hanya terpaku pada harga premi yang murah saja .

2. Bandingkan terlebih dahulu

Agar mendapatkan asuransi all risk yang terjangkau, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu produk asuransi kendaraan yang ada di pasaran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah gunakan situs agregator seperti Lifepal.  Lifepal dapat memberikan perbandingan lebih dari 100 polis asuransi kendaraan sehingga Anda tidak hanya bisa membandingkan harga yang ditawarkan tetapi juga manfaat yang didapatkan.

3. Usia kendaraan berpengaruh

Pada prinsipnya Anda bisa mendapatkan penawaran untuk asuransi all risk dengan harga yang murah. Salah satu catatannya adalah asuransikan kendaraan Anda pada saat usianya makin beranjak tua. Semakin tua usia kendaraan semakin rendah pula uang pertanggungan yang didapatkan sehingga mempengaruhi harga premi yang harus dibayarkan.

Membeli asuransi all risk secara online sangat memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga bisa lebih leluasa memilih asuransi all risk sesuai dengan kemampuan finansial dengan cara membandingkan produk asuransi dari perusahaan yang berbeda.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus sesuai dengan ketentuan yang disepakati.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang secara khusus menyediakan produk asuransi kendaraan baik asuransi all risk maupun asuransi TLO. Berbagai pilihan asuransi kendaraan terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi all risk gratis untuk beberapa proteksi, seperti proteksi terhadap kecelakaan diri dan promo proteksi lainnya.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi.

Sementara itu, broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi kendaraan terbaik bagi kendaraan yang dimilikinya, termasuk dalam memilih asuransi kendaraan all risk terbaik.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Sedangkan broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi.

Lifepal merupakan broker asuransi all risk terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi kendaraan terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Ada beberapa istilah dalam asuransi all risk yang perlu diketahui agar benar-benar memahami makna dan artinya seperti beberapa daftar istilah berikut ini:

  • Polis adalah perjanjian secara tertulis antara nasabah atau peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Perjanjian inilah yang disebut dengan polis asuransi yang memuat butir-butir kewajiban kedua belah pihak.
  • Premi adalah biaya yang harus dibayarkan peserta asuransi sebagai bukti kepesertaan peserta asuransi sehingga bisa mendapatkan perlindungan sesuai dengan perlindungan dalam polis. Besarannya ditentukan sesuai dengan usia kendaraan, jenis kendaraan, wilayah, dan uang pertanggungan. Metode pembayarannya bisa dilakukan sekaligus per tahun atau dilakukan bertahap setiap bulan sekali sesuai dengan periode masa pertanggungan.
  • Asuransi total loss only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan bermotor yang menanggung risiko kerugian bila kendaraan mengalami kerusakan sama dengan 75% atau lebih atau sudah tidak bisa digunakan sama sekali baik diakibatkan karena kecelakaan ataupun kehilangan, termasuk risiko kebakaran dan juga korban perampokan. Jenis asuransi TLO tidak akan memberikan penggantian jika mobil mengalami kerusakan kecil atau sebagian seperti penyok, baret ataupun terperosok ke selokan.
  • All Risk (Comprehensive) adalah jenis asuransi kendaraan bermotor yang menanggung segala risiko kerugian yang mungkin terjadi mulai dari kerusakan paling ringan hingga kerusakan paling berat ataupun kehilangan. Itulah sebabnya harga premi asuransi all risk lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. 
  • Harga sebenarnya adalah harga penjualan yang didapatkan pada saat kendaraan mengalami kerugian atau kerusakan. Harga kendaraan sebenarnya akan disesuaikan dengan jenis, tipe, model, dan tahun produksinya sehingga menjadi salah satu standar penggantian uang pertanggungan yang akan diberikan perusahaan asuransi kepada peserta asuransi jika kendaraannya mengalami kerusakan atau kerugian yang ditanggung dalam ketentuan polis asuransi.
  • Harga pertanggungan adalah nilai beli kendaraan saat sebelum polis diterbitkan oleh perusahaan asuransi. Nilai tersebut menjadi dasar penentuan premi serta batas maksimum yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi jika terjadi kerugian yang tidak diharapkan.
  • Biaya risiko sendiri (own risk) adalah biaya yang harus dibayarkan kepada perusahaan asuransi sebagai tanggungan peserta asuransi untuk setiap kejadian. Biaya risiko sendiri dibebankan kepada peserta asuransi dengan maksud agar peserta bisa tetap berhati-hati dalam berkendara dengan mengikuti segala peraturan yang sudah ditetapkan oleh undang-undang. 
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah penggantian biaya atau jaminan dari perusahaan asuransi jika terjadi tuntutan dari pihak ketiga yang berkaitan dengan obyek pertanggungan dalam hal ini adalah kendaraan yang diasuransikan. Sebagai contoh jika kendaraan yang diasuransikan menabrak kendaraan lain. Biaya kerugian yang ditimbulkan akan diganti oleh perusahaan asuransi. Hanya saja pertanggungan untuk tanggung jawab pihak ketiga merupakan asuransi tambahan atau perluasan jaminan sehingga Anda harus membayarkan tambahan biaya pada premi yang akan dibayarkan. 
  • Penggunaan komersial adalah jenis penggunaan kendaraan bermotor. Perusahaan asuransi membedakan antara penggunaan kendaraan untuk pribadi dan komersial. Komersial artinya digunakan untuk usaha seperti jasa taksi online. Hal ini berkaitan dengan risiko yang dihadapi akan semakin besar sehingga perusahaan asuransi pun akan menyesuaikan premi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Hindari penipuan mengatasnamakan perusahaan maupun broker asuransi all risk. Caranya, pastikan perusahaan asuransi maupun broker asuransi sudah terdaftar di OJK dan asosiasi asuransi resmi yang terkait.

Begitu juga dengan agen asuransi. Agen asuransi yang resmi terdaftar di Asosiasi Agen Asuransi Indonesia dan perusahaan asuransi all risk juga terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

Berikut cara menghindari penipuan terhadap penawaran asuransi all risk:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih asuransi polis dasar atau utama yang memberikan jaminan perlindungan yang lengkap. Adapun jika ada pengecualian biasanya sudah disediakan asuransi tambahannya atau ridernya.
  • Ada beberapa jenis asuransi kendaraan termasuk salah satunya asuransi all risk. Oleh karena itu, pahami dulu perbedaan mendasar antara asuransi all risk dan asuransi total loss only sehingga Anda bisa memilih jenis asuransi yang memang cocok dengan kemampuan finansial serta kebutuhan Anda.
  • Bandingkan produk asuransi yang ditawarkan mulai dari layanan yang diberikan serta tarif premi yang ditetapkan. Perusahaan asuransi biasanya memiliki perbedaan batas atas dan batas bawah dalam menentukan harga premi sesuai dengan ketetapan yang sudah ditentukan oleh OJK.
  • Pastikan memilih perusahaan asuransi dengan polis kendaraan yang sudah dikenal reputasinya dalam melayani nasabah. Hal tersebut erat kaitannya dalam layanan yang diberikan perusahaan kepada nasabah dalam kondisi gawat darurat di jalan terutama yang memiliki layanan 24 jam dalam 7 hari.
  • Jika masih bingung dalam memilih asuransi all risk yang cocok, Lifepal memberikan layanan konsultasi gratis tentang produk asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda. Lifepal adalah marketplace asuransi tepercaya yang akan memberikan produk asuransi terbaik untuk kebutuhan Anda. Lifepal adalah pialang asuransi yang berada di pihak nasabah (tertanggung) sehingga akan mewakili semua kepentingan calon tertanggung termasuk membantu saat proses klaim. Lifepal akan menjadi teman andalan Anda dalam memilih produk asuransi terbaik sehingga Anda terhindar dari segala bentuk penipuan asuransi kendaraan comprehensive atau all risk.
  • Ada cukup banyak pialang atau broker asuransi. Penting untuk memilih pialang atau broker asuransi yang tepercaya. Lifepal termasuk pialang atau broker asuransi yang bekerja sama dengan pialang lain yang sudah terdaftar di OJK.
  • Mintalah dummy polis asuransi untuk mempelajari manfaat yang diberikan dari perusahaan sebelum memutuskan membeli polis asuransi all risk yang dibutuhkan.
  • Jangan menitipkan pembayaran premi asuransi kepada agen secara tunai. Bayarkan premi asuransi all risk Anda melalui metode yang dipercaya seperti bank transfer langsung ke nomor rekening perusahaan asuransi, broker tepercaya atau dengan berbagai metode aman lain yang disediakan seperti kartu kredit atau dompet digital seperti yang disediakan oleh Lifepal. Pembayaran premi melalui Lifepal terjamin aman dan mudah untuk dilakukan.
  • Selalu minta bukti pembayaran dan menyimpannya dengan baik agar bisa dijadikan bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti human error atau kesalahan sistem.
  • Selalu diskusan dengan Lifepal jika ada agen asuransi yang meminta biaya tambahan atau premi tambahan terhadap produk asuransi jiwa yang dibeli. Lifepal akan senantiasa membantu Anda menyelesaikan berbagai persoalan dan menjawab berbagai pertanyaan seputar asuransi kendaraan secara komprehensif.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal