Asuransi All Risk

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
2021/01/11 23:59:59Tahun BaruDiskon 30%
 

Pengertian Asuransi All Risk

Asuransi all risk (comprehensive) adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan nasabah mengalami kerusakan ringan hingga parah. Selain itu, produk ini juga menanggung risiko kehilangan kendaraan.

Perbedaan asuransi all risk dengan Total Loss Only (TLO) adalah pada luas pertanggungannya. Pada asuransi TLO, nasabah hanya bisa mengajukan klaim akibat kerusakan parah saja, berbeda dengan asuransi all risk yang memungkinkan nasabah mengajukan klaim mulai dari kerusakan ringan seperti lecet. 

Oleh karena itu, premi all risk relatif lebih tinggi daripada TLO. Produk ini cocok untuk calon nasabah yang memiliki kendaraan baru, harga yang cukup mahal, atau sering dikendarai di jalanan ramai.

 

Rekomendasi Asuransi Mobil All Risk Terbaik 2021

Lifepal merangkum rekomendasi produk terbaik berdasarkan jenis, fitur dan layanan, bengkel rekanan, dan premi termurah.

7 Pilihan Asuransi Mobil All Risk Terpopuler:

Ringkasan Asuransi Sinarmas

  • All Risk hingga mobil usia 12 tahun
  • Cover kerusakan sebagian, total dan kehilangan
  • 500+ rekanan bengkel di seluruh Indonesia
  • Perbaikan mobil di bengkel resmi sesuai merk mobil (ATPM)
  • Klaim praktis 1×24 jam melalui mobile apps Asuransi Sinar Mas Online
  • Gratis derek & ambulans
  • Garansi perbaikan & spare-part selama 6 bulan

Simas Mobil Comprehensive

  • Menanggung kerugian total dan sebagian pada mobil akibat tabrakan, benturan, tergelincir, pencurian, kebakaran, dan kecelakaan saat pengiriman dengan feri.
  • Batas usia kendaraan: 5 tahun, lebih dari  5 tahun wajib dikenakan loading premi minimal 5% per tahun.
  • Perbaikan di bengkel rekanan (authorized) maupun non rekanan (non-authorized).
  • Garansi perbaikan, yaitu jika setelah perbaikan di bengkel, mobil masih tetap rusak maka asuransi akan menanggung biaya tersebut

Simas Mobil TLO

  • Menanggung kerugian total pada mobil.
  • Batas usia kendaraan: 10 tahun, lebih dari 10 tahun dikenakan loading premi minimal 5% per tahun.
  • Garansi perbaikan apabila pekerjaan bengkel kurang bagus.
  • Fasilitas bengkel di bengkel resmi (authorized) dan non resmi (non-authorized).
  • Asuransi tanggung jawab hukum, kecelakaan diri, dan bencana alam dengan jaminan perluasan.

Ringkasan Asuransi Adira Syariah

  • Bebas Riba
  • All Risk hingga usia mobil 10 tahun
  • Cover kerusakan sebagian, total dan kehilangan
  • 300+ rekanan bengkel di Indonesia
  • Perbaikan di bengkel resmi sesuai merk mobil (ATPM)
  • Klaim praktis 1×24 jam melalui mobile apps Autocillin
  • Gratis towing, ambulans & emergency road assitance
  • Gratis jasa perpanjangan STNK
  • Garansi perbaikan & spare-part selama 6 bulan

Ringkasan Asuransi Adira Autocillin

  • All Risk hingga usia mobil 10 tahun
  • Cover kerusakan sebagian, total dan kehilangan
  • 300+ rekanan bengkel di Indonesia
  • Perbaikan di bengkel resmi sesuai merk mobil (ATPM)
  • Klaim praktis 1×24 jam melalui mobile apps Autocillin
  • Gratis towing, ambulans & emergency road assitance
  • Gratis jasa perpanjangan STNK
  • Garansi perbaikan & spare-part selama 6 bulan

Autocilin Comprehensive (Basic)

  • Perlindungan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.
  • Batas usia kendaraan: maksimal 8 tahun.
  • Fasilitas derek gratis
  • ERA (Emergency Road Assistance)
  • New for old, untuk mobil usia maksimal 6 bulan.
  • Mobile claim melalui Autocillin mobile app.
  • Gratis biaya layanan perpanjang STNK

Autocillin TLO (Basic)

  • Pertanggungan kerusakan parah dan kehilangan mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.
  • Batas usia maksimal kendaraan: 15 tahun.
  • Gratis fasilitas derek.
  • Garansi perbaikan selama 6 bulan.
  • Mobile claim melalui Autocillin mobile app.

Ringkasan Asuransi Tugu Pratama

  • All Risk hingga mobil usia 10 tahun
  • Cover perbaikan di bengkel mana pun dengan sistem reimbursement
  • GRATIS Bensin Pertamina
  • Cover kerusakan sebagian, total dan kehilangan
  • 300+ rekanan bengkel di seluruh Indonesia
  • Klaim instan 1×24 jam melalui mobile apps
  • Gratis derek & ambulans
  • Garansi perbaikan & spare-part

Ringkasan Asuransi ACA

  • All Risk hingga usia mobil 7 tahun
  • Cover kerusakan sebagian, total dan kehilangan
  • 300+ rekanan bengkel di Indonesia
  • Perbaikan mobil di bengkel resmi sesuai merk mobil (ATPM)
  • Gratis derek & ambulans
  • Garansi perbaikan & spare-part selama 6 bulan
  • Fasilitas mobil pengganti selama perbaikan
  • Layanan antar-jemput mobil ke bengkel
  • Jaminan kecelakaan s.d Rp 50 Juta
  • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga Max. Rp 50 Juta
  • Mobil Rusak, Diganti Baru (6 Bulan)

ACA Otomate

  • Manfaat jaminan kerugian mobil akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Manfaat jaminan kerugian mobil akibat banjir, huru-hara, banjir, angin topan, dan gempa bumi hingga 10 persen dari Uang Pertanggungan (UP).
  • Manfaat jaminan kecelakaan diri untuk maksimal 5 orang hingga Rp10 juta.
  • Asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability/TPL) maksimal Rp50 juta.
  • Jika terjadi kerugian dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah pembelian mobil, asuransi akan memberi ganti rugi sesuai harga mobil baru.
  • Fasilitas gratis derek dan ambulans.
  • Fasilitas mobil pengganti 5×24 jam.
  • Survei klaim langsung di tempat nasabah.
  • Layanan pengantaran mobil sebelum dan setelah diperbaiki di bengkel.
  • Ada garansi jika perbaikan di bengkel tidak memenuhi standar

ACA Otomate Smart

  • Pertanggungan menyeluruh terhadap kerugian pada mobil.
  • Jika terjadi kerugian dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah pembelian mobil, asuransi akan memberi ganti rugi sesuai harga mobil baru.
  • Asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability/TPL) maksimal Rp25 juta.
  • Fasilitas mobil pengganti 5×24 jam.
  • Layanan pengantaran mobil sebelum dan setelah diperbaiki di bengkel.
  • Ada garansi jika perbaikan di bengkel tidak memenuhi standar.

Ringkasan Asuransi MAG

  • All Risk hingga usia mobil 10 tahun
  • Cover kerusakan sebagian, total dan kehilangan
  • 450+ rekanan bengkel di Indonesia
  • Perbaikan mobil di bengkel resmi sesuai merk mobil (ATPM)
  • Perbaikan di bengkel resmi tanpa premi tambahan (Khusus mobil dibawah 3 tahun)
  • Gratis derek & ambulans
  • Garansi perbaikan & spare-part selama 6 bulan

Magna Mobil – Basic Comprehensive

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian serta pencurian.
  • Perluasan manfaat pencurian oleh supir pribadi, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, bencana alam, dan kerusuhan.
  • Garansi perbaikan bengkel.
  • Call center 24 jam

Magna Mobil – Basic TLO

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan mobil
  • Perluasan manfaat pencurian oleh supir pribadi, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, bencana alam, dan kerusuhan.
  • Garansi perbaikan bengkel.
  • Call center 24 jam.

Ringkasan Asuransi Mega Insurance

  • All Risk hingga usia mobil 10 tahun
  • Cover kerusakan sebagian, total dan kehilangan
  • 200+ rekanan bengkel di Indonesia
  • Perbaikan mobil di bengkel resmi sesuai merk mobil (ATPM)
  • Gratis derek & ambulans
  • Garansi perbaikan & spare-part selama 6 bulan

Pilihan Asuransi Mobil Lainnya:

Ringkasan Asuransi Mobil AXA Mandiri

MAGI Mobil Basic Comprehensive

  • Pertanggungan kerugian total dan sebagian.
  • New for old, untuk mobil usia maksimal 6 bulan.
  • Gratis biaya ambulans.
  • Asuransi tanggung jawab hukum hingga Rp25 juta.
  • Penggantian kehilangan kunci kendaraan hingga Rp25 juta.
  • Kerja sama dengan 350 bengkel rekanan di seluruh Indonesia.
  • Klaim tanpa survei

MAGI Mobil Basic TLO

  • Pertanggungan kerugian total.
  • New for old, untuk mobil usia maksimal 6 bulan.
  • Gratis biaya ambulans.
  • Asuransi tanggung jawab hukum.
  • Kerja sama dengan 350 bengkel rekanan di seluruh Indonesia.
  • Klaim tanpa survei

Ringkasan Mobil Simas Insurtech

Simas Insurtech Basic Comprehensive

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian, hingga kehilangan mobil.
  • Garansi perbaikan bengkel.
  • Call center 24 jam
  • Manfaat tambahan tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, bencana alam, dan kerusuhan

Simas Insurtech Basic TLO

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan mobil
  • Garansi perbaikan bengkel.
  • Call center 24 jam
  • Manfaat tambahan tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, bencana alam, dan kerusuhan.

Ringkasan Tokio Marine

Tokio Marine Basic Comprehensive

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian, hingga kehilangan mobil.
  • Pertanggungan terorisme, sabotase, kerusuhan.
  • Menanggung biaya derek maks. 0,5% dari UP.
  • Menanggung biaya ambulans maks Rp1 juta.
  • Perluasan manfaat tanggung jawab pihak ketiga, kecelakaan diri, dan bencana alam.
  • Garansi perbaikan bengkel.
  • Call center 24 jam.

Tokio Marine Basic TLO

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan mobil
  • Pertanggungan terorisme, sabotase, kerusuhan.
  • Menanggung biaya derek maks. 0,5% dari UP.
  • Menanggung biaya ambulans maks Rp1 juta.
  • Perluasan manfaat tanggung jawab pihak ketiga, kecelakaan diri, dan bencana alam.
  • Garansi perbaikan bengkel.
  • Call center 24 jam.

Ringkasan Mobil ABDA

ABDA Perlindungan Comprehensive

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian, hingga kehilangan mobil.
  • Opsi perluasan perlindungan banjir
  • Layanan roadside assistance (RSA) 24 jam

ABDA Total Loss Only

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan mobil.
  • Opsi perluasan perlindungan banjir
  • Layanan roadside assistance (RSA) 24 jam.

Ringkasan Astra Garda Oto

Astra Garda Oto All Risk

  • Menanggung kerusakan ringan, rusak parah, dan kehilangan.
  • Layanan bantuan darurat.
  • E-policy terbit 1×24 jam setelah persetujuan survei.
  • Tersedia aplikasi Aplikasi Garda Mobile Otocare untuk layanan antar-jemput mobil dan lainnya.
  • Kerja sama dengan 500 lebih bengkel resmi di seluruh Indonesia.
  • Garansi perbaikan hingga 6 bulan untuk pekerjaan bengkel

Astra Garda Oto TLO

  • Menjamin risiko kerusakan total dan kehilangan mobil.
  • Layanan bantuan darurat.
  • E-policy terbit 1×24 jam setelah persetujuan survei.
  • Tersedia aplikasi Aplikasi Garda Mobile Otocare untuk layanan antar-jemput mobil dan lainnya.
  • Kerja sama dengan 500 lebih bengkel resmi di seluruh Indonesia.
  • Garda Oto juga menyediakan garansi perbaikan hingga 6 bulan untuk pekerjaan bengkel.
 

Cara Daftar Asuransi All Risk

Mendaftar asuransi all risk bisa kita lakukan dengan menghubungi agen atau perusahaan asuransi langsung. Namun, jika ingin mendapatkan harga paling murah dan praktis, membeli asuransi all risk secara online melalui situs Lifepal adalah jawabannya.

Selain bisa membandingkan berbagai polis dari brand ternama, harga premi asuransi yang dibeli secara online juga 10 persen lebih murah daripada membeli lewat agen. Potongan itu belum ditambah dengan diskon khusus 20 persen dari Lifepal! Tunggu apalagi, silakan isi formulir di bagian atas halaman ini ya!

 

Cara Klaim Asuransi All Risk

Mengetahui cara klaim asuransi mobil all risk di awal sangat penting agar tidak repot saat benar-benar dibutuhkan. Berikut adalah langkah-langkah pengajuan klaimnya.

Apabila kendaraan mengalami rusak sebagian dan kita ingin mengajukan klaim ke asuransi all risk, berikut ini prosedur umumnya.

  • Foto bagian yang rusak. Hal pertama yang perlu kita lakukan saat mengajukan klaim adalah mendokumentasikan bagian kendaraan yang rusak. Pasalnya, dokumen ini pasti akan diminta pihak asuransi untuk membuktikan klaim kita.
  • Lapor ke penyedia asuransi. Segera mengabari pihak asuransi bahwa kita akan mengajukan klaim; baik melalui telepon maupun email.
  • Siapkan dokumen yang diperlukan. Pihak asuransi akan memberikan informasi soal dokumen apa yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim, misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM) , dan lain-lain.
  • Mendatangi bengkel rekanan. Setelah itu, sampaikan kepada pihak bengkel bahwa kita ingin memperbaiki kendaraan dengan asuransi.
  • Mengisi formulir klaim. Pihak bengkel akan memberikan formulir yang perlu diisi, sesuai dengan data yang ada di dalam dokumen.
  • Menunggu kabar dari bengkel. Pihak bengkel akan mengkonfirmasi klaim ke penyedia asuransi dan segera memperbaiki kendaraan dalam waktu 2-3 hari. Pihak bengkel akan mengabari kita jika sudah selesai.

Jika mengalami musibah kendaraan hilang, atau rusak total (di atas 75 persen), berikut langkahnya.

  • Laporkan ke pihak asuransi. Segera laporkan kehilangan pada pihak asuransi; semakin cepat semakin bagus.
  • Siapkan dokumen. Siapkan dokumen yang diminta, seperti KTP, SIM, STNK, surat kehilangan, dan kunci kendaraan.
  • Buat berita acara (BAP) di kantor polisi. Segara ke kantor polisi yang bertanggung jawab atas daerah tempat motor hilang untuk membuat berita acara. Ingat, pembuatan berita acara maksimal 24 jam dari waktu kejadian.
  • Blokir STNK di Polda. Kita juga harus mengajukan pemblokiran STNK ke Kepolisian Daerah (Polda). Langkah ini penting dalam mengajukan klaim hilang.
  • Urus surat keterangan Direktorat Reserse di Polda. Kita lalu perlu mengurus surat di Direktorat Reserse. Surat tersebut harus dilengkapi dengan nomor polis asuransi kita. Kita akan dimintai beberapa dokumen pelengkap, seperti salinan KTP, salinan BPKB, salinan faktur pembelian kendaraan, salinan laporan kehilangan, salinan polis asuransi, BAP, dan surat asli Lapju.
  • Ajukan semua berkas ke pihak asuransi. Jika berkas yang dibutuhkan sudah lengkap segera ajukan ke pihak asuransi.

Berikut dokumen yang perlu dipersiapkan dalam mengajukan klaim asuransi all risk.

Kerugian sebagian

  • Laporan kronologi kejadian
  • Fotokopi polis, sertifikat, dan laporan atau endorsemen.
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) milik pengemudi saat kejadian, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tertanggung.
  • Foto kerusakan, estimasi biaya perbaikan
  • Surat Laporan Kepolisian setempat
  • Surat Tuntutan Pihak Ketiga jika ada kerugian yang melibatkan pihak ketiga.
  • Dokumen relevan lain yang terkait dengan pengajuan klaim.

Kerugian total

  • Laporan kronologi kejadian
  • Fotokopi polis, sertifikat, dan laporan atau endorsemen.
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKP), faktur pembelian, blanko kuitansi, dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani.
  • Buku kir khusus kendaraan yang wajib kir.
  • Surat keterangan kepolisian daerah
  • Surat pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) pengemudi pada saat kejadian.
  • Foto kerusakan, estimasi biaya perbaikan
  • Surat Laporan Kepolisian setempat
  • Surat Tuntutan Pihak Ketiga jika ada kerugian yang melibatkan pihak ketiga.
  • Dokumen relevan lain yang terkait dengan pengajuan klaim.
 

Tanya Jawab

Asuransi all risk mobil meliputi apa saja?

Asuransi all risk mobil meliputi penggantian biaya kerusakan kecil hingga parah dan kehilangan mobil. Kita bisa mengajukan klaim jika penyebab kerugian tersebut adalah akibat tabrakan, benturan, tergelincir, terperosok, pencurian, hingga perbuatan jahat orang lain.

Apa saja risiko yang dijamin All Risk?

Cakupan pertanggungan asuransi all risk telah diatur pada laporan  Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Berikut penjelasannya.

Ketika membeli asuransi all risk, tentu kita harus mengetahui hal apa saja yang akan kita dapatkan. Berikut ini hal-hal yang ditanggung asuransi mobil.

  • Pemberian ganti rugi atau biaya perbaikan apabila terjadi risiko kerusakan yang disebabkan oleh:
    • Tabrakan, benturan, tergelincir, dan terperosok.
    • Perbuatan jahat dan pencurian yang diikuti dengan kekerasan atau ancaman.
    • Kebakaran akibat terbakarnya benda lain yang berdekatan dengan tempat disimpannya motor dan kebakaran akibat sambaran petir.
    • Kerusakan karena air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran.
    • Dimusnahkannya motor atas perintah pihak berwenang dalam upaya pencegahan kebakaran.
  • Kendaraan bermotor yang berada di atas kapal yang mengalami kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga, akibat terjadinya kecelakaan yang menyebabkan kematian, cedera, dan kerusakan properti.

Apa saja pengecualian dalam asuransi all risk?

Pengecualian dalam asuransi all risk adalah sebagai berikut.

  • Kecelakaan kendaraan yang melibatkan pengemudi di bawah umur.
  • Kerusakan kendaraan tidak ditanggung jika digunakan untuk:
    • Memberi pelajaran mengemudi.
    • Mengikuti perlombaan, kampanye, atau unjuk rasa.
    • Dijadikan transportasi dalam aksi penggelapan, penipuan, dan hipnotis.
  • Hilangnya kendaraan akibat kejahatan yang dilakukan keluarga atau kerabat sendiri.
  • Membawa muatan yang melebihi kapasitas.
  • Kerusakan akibat zat kimia atau benda cair lainnya yang berada di dalam kendaraan.
  • Kendaraan dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.
  • Kendaraan dikemudikan oleh seseorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras dan obat terlarang.
  • Pengemudi melanggar rambu lalu lintas.

Apa Perbedaan All Risk dengan TLO?

Ada dua jenis pertanggungan dalam asuransi kendaraan bermotor; all risk atau comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Berikut perbedaannya.

Asuransi All Risk (Comprehensive) 

Asuransi all risk menanggung segala risiko. Artinya, produk ini akan menanggung seluruh kerugian yang terjadi pada kendaraan kita, mulai dari kerusakan kecil seperti baret sampai dengan rusak parah.

Karena pertanggungannya banyak, maka biaya asuransi all risk jauh lebih mahal daripada asuransi TLO. Makanya produk ini lebih disarankan untuk kendaraan baru atau yang memiliki harga tinggi.

Asuransi Total Loss Only (TLO) 

Asuransi TLO hanya menanggung kerusakan parah atau kehilangan kendaraan saja. Jika ingin mengajukan klaim, kerusakan kendaraan minimal sebesar 75 persen dari harganya. 

Produk ini bisa jadi alternatif jika kita mencari asuransi kendaraan bermotor dengan premi terjangkau. Pasalnya, biaya asuransi TLO hanya berkisar di ratusan ribu saja per tahun.

Bagaimana cara penggantian biaya di asuransi all risk?

Biasanya cara klaim asuransi all risk dilakukan dengan cara cashless artinya tertanggung tidak perlu mengeluarkan biaya selama melakukan perbaikan di bengkel.

Tapi perlu diingat, penggantian yang dilakukan tidak 100 persen, melainkan tertanggung perlu membayar biaya risiko sendiri atau own risk per kejadian sebesar Rp300 ribu.

Apa itu biaya own risk pada asuransi all risk?

Saat melakukan klaim, biasanya tertanggung harus membayar biaya own risk atau risiko sendiri. Secara sederhana biaya own risk adalah sejumlah biaya yang harus dibayar pemilik polis asuransi jika dia mengajukan klaim. Tujuan ditetapkan biaya OR adalah sebagai pengingat biar ke depannya lebih hati-hati ketika membawa kendaraan.

Untuk besaran biayanya tentu saja bervariasi karena besarnya tergantung premi yang dibayarkan.Tapi, rata-rata biaya own risk berada di kisaran Rp300 ribu.

Berapa batas usia kendaraan asuransi all risk?

Umumnya batas usia untuk mobil adalah 10 tahun dan 2 tahun untuk motor. 

Bagaimana cara klaim asuransi all risk?

Cara klaim asuransi all risk mudah untuk dilakukan. Pada dasarnya ada tiga tahap yang harus dilakukan untuk klaim asuransi mobil yaitu melaporkan kejadian, melakukan tindakan yang perlu dilakukan, dan mengajukan klaim dengan menyiapkan berkas-berkas. 

Berapa lama proses klaim asuransi all risk?

Jika berkas sudah disetujui, biasanya pencairan dana klaim akan memakan waktu 14 hari kerja.

Apa perbedaan asuransi all risk dan TLO?

Asuransi all risk menanggung seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan baik ringan maupun berat. Sedangkan asuransi TLO hanya memberikan pertanggungan apabila nilai kerusakan sama atau lebih dari 75 persen dari harga motor pada saat itu alias kendaraan sudah rusak total.

Apa perbedaan asuransi all risk dan gabungan?

Asuransi all risk menanggung seluruh risiko yang terjadi pada kendaraan baik ringan maupun berat. Sedangkan asuransi TLO hanya memberikan pertanggungan apabila nilai kerusakan sama atau lebih dari 75 persen dari harga motor pada saat itu alias kendaraan sudah rusak total.

Mengapa klaim asuransi all risk ditolak?

Asuransi all risk memang menanggung semua risiko tapi ada beberapa risiko yang dikecualikan dan poin ini biasanya sudah dijelaskan di dalam polis. Risiko yang dikecualikan tersebut seperti kecelakaan dengan pengemudi dibawah umur, tidak memiliki SIM, dan di bawah pengaruh minuman keras.

Selain itu, kendaraan yang hilang akibat perbuatan jahat keluarga dan kerusakan akibat memberikan pelajaran mengemudi juga dikecualikan dalam polis.

Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan