Asuransi Sinar Mas

4.8 / 5.0 (4.549 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
FLASHSALE
Diskon 10%
  • 2021-09-10-15.47.32
78 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Sinar Mas: Review Produk & Premi 2021

Asuransi Sinar Mas adalah perusahaan asuransi umum yang dikelola PT Asuransi Sinar Mas. Produk yang dihadirkan Asuransi Sinar Mas mencakup asuransi mobil, asuransi kesehatan, asuransi karyawan, dan masih banyak lagi. Saat ini Lifepal telah bekerjasama dengan Asuransi Mobil Sinar Mas melalui polis:

  • Total Loss Only (TLO): menanggung kerusakan total saja seperti hilang atau tidak bisa digunakan sama sekali.
  • All Risk (Comprehensive): menanggung segala jenis kerusakan seperti baret, penyok, hilang, dll.

Lihat dan bandingkan Asuransi Mobil Sinar Mas secara online di Lifepal sekarang!

Daftar Polis Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas atau ASM adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan Grup Sinar Mas. Perusahaan sendiri menyediakan beragam produk asuransi umum dan juga asuransi kesehatan. Adapun produknya juga tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah.

Berikut daftar polis dan rangkuman manfaatnya yang dimiliki oleh Asuransi Sinar Mas:

Rangkuman Produk Asuransi Sinar Mas

Meski berfokus pada produk asuransi umum, perusahaan juga ikut menyertakan pilihan produk asuransi kesehatan. Adapun rangkuman produk dan manfaatnya sebagai berikut:

ProdukManfaat Diberikan
Asuransi KesehatanPertanggungan biaya rawat inap + rawat jalan untuk tertanggung individu dan kumpulan
Asuransi MobilGanti rugi atas kerusakan total + sebagian pada kendaraan mobil. Tersedia pilihan polis all risk dan total loss only (TLO)
Asuransi Kecelakaan Diri Santunan meninggal dunia + biaya perawatan kesehatan akibat kecelakaan
Asuransi PerjalananGanti rugi finansial atas risiko ketidaknyamanan selama melakukan perjalanan
Asuransi PenjaminanGanti rugi finansial atas risiko proyek 
Asuransi Tanggung GugatGanti rugi finansial atas risiko tuntutan pihak ketiga jika dirugikan selama proyek berlangsung
Asuransi RekayasaGanti rugi finansial atas kerusakan atau kehilangan alat + mesin proyek
Asuransi KebakaranGanti rugi risiko kebakaran pada bangungan + harta benda
Asuransi PengangkutanGanti rugi atas risiko selama pengiriman barang
Asuransi AnekaPolis asuransi uang hingga hewan peliharaan
Asuransi Mikro Dikhususkan untuk nasabah berpenghasilan rendah
Asuransi SyariahPerlindungan asuransi yang mengikuti prinsip syariat Islam

Sekilas Tentang PT Asuransi Sinar Mas (ASM)

Asuransi Sinar Mas didirikan pada tanggal 27 Mei 1985 dengan nama PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Pada tahun 1991, perusahaan berubah nama menjadi PT Asuransi Sinar Mas (ASM).

Berpengalaman lebih dari 30 tahun dan membawa nama besar Sinar Mas Group, Asuransi Sinar Mas (berbeda dengan Asuransi Sinarmas MSIG LIfe) menjadi salah satu pilihan terbaik dalam berasuransi di Indonesia. Ini dibuktikan dengan pelayanan dan kemudahan yang kian ditingkatkan perusahaan seperti layanan klaim asuransi kendaraan bermotor yang bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Asuransi Sinar Mas.

Hukum dan Legalitas

PT Asuransi Sinar Mas adalah perusahaan asuransi yang sudah terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Legalitas lain yang dimiliki Sinar Mas yaitu terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki izin usaha berdasarkan surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia (KEP) Nomor 2562/MD/1986 tanggal 21 April 1986.

Sementara, untuk unit bisnis syariah juga telah mendapat izin dari otoritas terkait melalui surat keputusan nomor KEP-253/KM.6/2004 tertanggal 21 Juni 2004.

Penghargaan

Beroperasi lebih dari 30 tahun, Sinar Mas meraih berbagai penghargaan dan prestasi atas kinerja cemerlangnya dalam bidang asuransi yang terus konsisten. Beberapa di antaranya adalah:

  • Peringkat Nasional Insurer Financial Strength 2021 dengan Outlook Stabil AA+ versi Fitch Ratings
  • Peringkat Pertama Terbaik Kategori Asuransi Umum beraset di atas Rp5 triliun Indonesia GCG Award 2021
  • Howen Widjaja as Top Leader on CSR Commitment 2021 versi TopBusiness
Laporan Keuangan Asuransi Sinar Mas (ASM)

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Konvensional Tahunan 2020 yang dirilis pada situs resmi Asuransi Sinar Mas. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk melihat kesehatan keuangan perusahaan asuransi.

  • Rasio solvabilitas: 449,61 persen.
  • Jumlah aset: Rp8,760 triliun
  • Ekuitas: Rp4.622 triliun

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Asuransi Sinar Mas mencapai 431,63 persen di tahun 2019. Dan mengalami kenaikan 1,20% di tahun 2020. Angka tersebut terbilang sangat bagus karena berada di atas ketentuan pemerintah. Secara sederhana, rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

Berita Terbaru Asuransi Sinar Mas (ASM)

Asuransi Sinar Mas Buktikan Bayar Klaim Banjir Senilai Rp. 3,5 M

Maret 2021 – Asuransi Sinar Mas terus membuktikan komitmen pelayanan kepada para nasabahnya, salah satunya melalui pembayaran klaim asuransi akibat banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya pada bulan Februari 2021 lalu.

Kerusakan akibat bencana alam tersebut membuat Asuransi Sinar Mas mendapatkan estimasi total nilai klaim sebesar Rp22 miliar. Dengan mempercepat proses penanganan klaim, pada Maret 2021 dilakukan seremonial pembayaran klaim untuk para nasabah dengan total klaim yang dibayarkan sebesar Rp3,5 miliar.

Kinerja Cemerlang Berlanjut Asuransi Sinar Mas Kembali Peringkat Satu

Juli 2021 – Asuransi Sinar Mas (ASM) kembali meraih peringkat satu dari tiga perusahaan yang mendapatkan predikat “Sangat Bagus” dalam penyelenggaraan rating asuransi oleh Infobank. Mereka mencatat bahwa ASM selalu mendapat predikat tersebut dalam rating versi Infobank sejak tahun 2015 hingga 2020.

Situasi dan kondisi pandemi Covid-19 tidak menghilangkan semangat Asuransi Sinar Mas untuk tetap berkarya, berinvoasi, dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk nasabah, rekanan, maupun para pemangku kepentingan lainnya.

Layanan Call Center Asuransi Sinar Mas

Untuk mendapatkan informasi lengkap, pembayaran premi, maupun cara klaim Anda bisa menghubungi PT Asuransi Sinar Mas melalui berbagai media. Yakni menghubungi Customer Care atau CS, call center, email, situs resmi, hingga mengunjungi kantor pusat maupun cabang Asuransi Sinar Mas yang terdekat dengan lokasi Anda.

Berikut adalah informasi alamat Asuransi Sinar Mas lengkapnya:

Kantor Pusat Asuransi Sinar Mas Jakarta

Plaza Simas Gedung I, Jalan KH Fachrudin No.18 Jakarta 10250, Indonesia.

Customer care 24 jam: (021) 23567888/50507888

No. Telp Asuransi Sinar Mas: (021) 3902141/50509888

Faks: (021) 3902159/60

WhatsApp: 08811070888

Email: [email protected]

Website: www.sinarmas.co.id

Alamat Asuransi Sinar Mas Syariah

Asuransi Sinar Mas Unit Usaha Syariah merupakan bagian dari PT. Asuransi Sinar Mas yang menjalankan usaha asuransi umum berdasarkan prinsip syariah. Alamat kantor Asuransi Sinar Mas Syariah terletak di:

Jalan Tebah III No. 36, Mayestik, Jakarta Selatan, 12120

Telp: (021) 270 2884

Email: [email protected]

Kantor Cabang Asuransi Sinar Mas
  • Asuransi Sinar Mas Balikpapan: Jalan MT Haryono 79C Kelurahan Kampung Damai, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur. Telp: (0542) 415682
  • Asuransi Sinar Mas Lampung: Jalan Ahmad Yani 17C Bandar Lampung. Telp: (0721) 242875
  • Asuransi Sinar Mas Bandung: Wisma Eka Life, Jalan Abdul Rivai No.2 Bandung Sari. Telp: (022) 4207272
  • Asuransi Sinar Mas Banjarmasin: Jalan MT Haryono 40 Banjarmasin Timur, Kalimantan Selatan. Telp: (0511) 3352517
  • Asuransi Sinar Mas Batam: Jalan Raden Patah Komplek Naga Sakti No.02 Lubuk Baja, Batam. Telp: (0778) 455489
  • Asuransi Sinar Mas Cirebon: Gedung Bank Sinar Mas Lt 3, Jalan Dr Wahidin 29 Kejaksan. Telp : (0231) 8300880
  • Asuransi Sinar Mas Denpasar: Gedung Bank Sinar Mas Lt 1, Jalan Tantular No.8 Renon. Telp : (0361) 255266
  • Asuransi Sinar Mas Jambi: Jalan Hayam Wuruk 28D Jelutung. Telp : (0741) 22232
  • Asuransi Sinar Mas Makassar: Jalan Gunung Bawakaraeng No. 67-69 Bontoala. Telp : (0411) 3616752
  • Asuransi Sinar Mas Manado: Komplek Wanea Plaza Blok I/1, Jalan Sam Ratulangi. Telp : (0431) 844365
  • Asuransi Sinar Mas Medan: Jalan Sisingamangaraja No 1 Km 6,7 Simpang Marindal. Telp : (061) 41002388
  • Asuransi Sinar Mas Samarinda: Jalan KH Ahmad Dahlan RT 03 No 45 Samarinda Hilir. Telp : (0541) 735497
Kantor Pemasaran Asuransi Sinar Mas
  • Asuransi Sinar Mas Ambon: Gedung Bank Sinar Mas, Jalan Ahmad Yani RT 001/06 Kelurahan Batu Meja. Telp: (0911) 343985
  • Asuransi Sinar Mas Aceh: Jalan Sri Ratu Safiatuddin No 49 Kelurahan Peunayong, Kecamatan Kuta Alam. Telp: (0651) 34498
  • Asuransi Sinar Mas Banjarmasin: Jalan MT. Haryono No. 40 RT. 06, Kel. Kertak Ilir, Kec. Banjarmasin Tengah. Telp: (0511) 3367704
  • Asuransi Sinar Mas Banyuwangi: Gedung BSM Lt.2, Jalan Basuki Rachmat No.61. Telp: (0333) 410905
  • Asuransi Sinar Mas Bali: Gedung Bank Sinarmas Lt.1, Jalan Tantular No.8 Renon, Denpasar. Telp: (0361) 255266
  • Asuransi Sinar Mas Papua: Kompleks Ruko Pasific Permai Blok F No 7 Dok 2, Kelurahan Bhayangkara Kecamatan Jayapura Utara. Telp: (0967) 550455
  • Asuransi Sinar Mas Jember: Jalan Ruko Gajah Mada Square No A 7 Kaliwates. Telp: (0331) 427222
  • Asuransi Sinar Mas Yogyakarta: Gedung Bank Sinarmas Multifinance Lantai 3, Jalan Wates Km.2. Telp: 08812728899
Layanan Derek Sinar Mas

Apabila kendaraan Anda mengalami mogok ataupun kecelakaan di tengah jalan, Anda dapat menghubungi layanan bantuan derek khusus Pemegang Polis Asuransi Sinar Mas PT pada nomor berikut:

(021) 390 – 2141 ext. 1801 – 1805 (selama jam kerja)

Asuransi Sinar Mas PT akan menanggung biaya wajar atas penderekan mobil yang mengalami kecelakaan dengan biaya maksimal 0,5% dari harga pertanggungan mobil tersebut.

Harga Premi Asuransi Sinar Mas

Premi Asuransi Sinar Mas bergantung pada produk yang dipilih. Untuk memberikan gambaran kisaran biaya premi asuransi mobil Sinar Mas dapat menggunakan kalkulator premi berikut ini: 

Cara Klaim Asuransi Sinar Mas

Adapun cara klaim Asuransi Sinar Mas dibedakan menjadi tiga metode berdasarkan produk yang dibeli yaitu klaim asuransi kendaraan bermotor, klaim asuransi kesehatan, dan klaim asuransi lainnya (properti, kecelakaan diri, dan lain-lain).

Berikut penjelasan cara klaim dari masing-masing jenis produk Asuransi Sinar Mas.

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

Berikut ini prosedur pengajuan klaim kendaraan bermotor:

  • Melaporkan klaim ke customer care Sinar Mas melalui telepon, email, mendatangi kantor pusat atau cabang, maksimal lima hari setelah kejadian.
  • Mengajukan klaim dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan yaitu formulir klaim terisi lengkap, STNK, SIM pengemudi, KTP asli dan fotokopi, dan dokumen pendukung lain jika dibutuhkan.
  • Kendaraan AKAN disurvei oleh pihak Asuransi Kendaraan Sinar Mas.
  • Anda akan disarankan ke bengkel rekanan terdekat.

Khusus klaim kehilangan kendaraan, dokumen yang dibutuhkan hampir sama. Tetapi, ada beberapa tambahan, yaitu:

  • Kunci kendaraan asli dan cadangan.
  • Surat Penyitaan dari kepolisian.
  • Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kantor kepolisian setempat..

Klaim CTLO (Constructive Total Loss) atau kendaraan mengalami kerusakan parah, kelengkapan dokumen antara lain:

  • BPKB asli
  • STNK asli
  • Surat Blokir STNK asli
  • Kunci kendaraan asli dan cadangan
  • Buku KIR (untuk kendaraan sejenis pick up)
  • 2 Lembar Kwitansi kosong yang sudah di tanda tangani oleh Tertanggung (salah satunya bermeterai Rp. 6.000)
  • Faktur asli
  • Surat pernyataan Subrogasi yang sudah di tanda tangani diatas materai Rp. 6.000
  • Surat pelepasan hak (jika a/n perusahan atau badan hukum)
Klaim Asuransi Sinar Mas Kesehatan Rawat Jalan

Untuk cara pengajuan klaim asuransi kesehatan Sinar Mas bisa menggunakan metode cashless maupun reimbursement. Prosedur pengajuan klaim Simas Sehat berbeda-beda untuk jenis klaim, namun umumnya Anda harus mempersiapkan dokumen persyaratan secara lengkap, antara lain:

Rawat Jalan

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Umum / Dokter Spesialis (Untuk kunjungan ke Dokter Spesialis tidak memerlukan Rujukan / Pengantar dari Dokter Umum)
  • Diagnosa Medis
  • Kwitansi asli pembelian obat dari Apotik
  • Copy Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pemeriksaan Laboratorium
  • Fotocopy hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnostik lain seperti Foto Rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, dll.
  • Kwitansi asli pemeriksaan Fisiotherapy
  • Informasi Data Kepesertaan
  • Formulir Rawat jalan di isi dan dilengkapi

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Gigi

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Gigi
  • Diagnosa Medis dan Kode Regio Gigi
  • Jenis Tindakan yang dilakukan Dokter Gigi
  • Copy Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pemerikasaan Laboratorium
  • Fotocopy hasil pemeriksaan Laboratorium dan Hasil Foto Rontgen Gigi
  • Informasi Data Kepesertaan
  • Formulir Rawat jalan di isi dan dilengkapi

Catatan :
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen
Untuk perawatan satu gigi yang dilakukan dalam beberapa kali kunjungan, mintalah kwitansi setiap kali ke Dokter gigi, jangan memakai Kwitansi gabungan.

Imunisasi dan Periksa Hamil

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Umum / Dokter Spesialis
  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Bidan untuk Imunisasi Balita dan Periksa Hamil
  • Diagnosa Medis dan Usia Kehamilan
  • Jenis Imunisasi
  • Kwitansi asli pembelian obat dari Apotik
  • Copy Resep obat- obatan
  • Kwitansi asli pemeriksaan Laboratorim
  • Fotocopy hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnistik lain seperti Foto Rontgen, USG, CTG, dll
  • Formulir Rawat jalan di isi dan dilengkapi

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Kacamata

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Spesialis Mata (untuk klaim pertama)
  • Hasil pemeriksaan Refraksi Mata dari Dokter Spesialis Mata atau Kartu ukuran Lensa dari Optik
  • Kwitansi asli pembelian Frame dan Lensa dari Optik
  • Copy Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pembelian obat dari Apotik
  • Formulir Rawat jalan di isi dan dilengkapi

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Kecelakaan atau Trauma

  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi Dokter Umum / Dokter Spesialis
  • Diagnosa Medis dana tindakan yang dilakukan Dokter
  • Kronologis Kejadian Kecelakaan
  • Fotocopy SIM yang masih berlaku untuk Kecelakaan Lalu Lintas dan bila pasien adalah pengemudi
  • Kwitansi asli pembelian obat dari Apotik
  • Salinan Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pemeriksaan Laboratorim
  • Fotokopi hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnostik lain seperti Foto Rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, dll
  • Formulir Rawat jalan di isi dan dilengkapi

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Rawat Inap

  • Formulir Rawat Inap di isi dan dilengkapo oleh Peserta dan Dokter yang merawat
  • Kwitansi asli untuk biaya Perawatan Inap
  • Perincian asli untuk biaya Perawatan Inap
  • Perincian asli untuk biaya penggunaan obat – obatan dan laboratorium
  • Salinan Resep obat – obatan
  • Fotokopi hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnostik lain seperti Foto Rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, Patologi Anatomi / Histopatologi, Sitologi dll
  • Resume Medis dari Rumah Sakit

Melahirkan dan Keguguran

  • Formulir Rawat Inap di isi dan dilengkapi oleh Peserta dan Dokter yang merawat
  • Kwitansi asli untuk biaya Melahirkan / Keguguran
  • Perincian asli untuk biaya Melahirkan / Keguguran
  • Fotokopi Surat Keterangan Lahir
  • Perincian asli untuk biaya penggunaan obat – obatan dan Laboratorium
  • Salinan Resep obat – obatan
  • Fotokopi hasil pemeriksaan Laboratorium dan interpretasi pemeriksaan Diagnostik lain seperti Foto Rontgen, USG, CTG, Patologi Anatomi / Histopatologi, Sitologi, dll
  • Resume Medis dari Rumah Sakit

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Pencabutan Gigi Bungsu / Odontectommy

  • Formulir Rawat Inap di isi dan dilengkapi oleh Peserta dan Dokter Gigi yang merawat
  • Kwitansi asli untuk biaya Konsultasi dan Tindakan Dokter Gigi
  • Diagnosa Medis dan Kode Regio gigi
  • Jenis Tindakan yang dilakukan Dokter Gigi
  • Copy Resep obat – obatan
  • Kwitansi asli pembelian obat di Apotik
  • Foto Rontgen Panoramik asli

Catatan:
Harap mencantumkan alamat email pegawai pada formulir klaim (email kantor / email pribadi)
Pastikan pada setiap kwitansi tidak ada coretan / penebalan tulisan
Pastikan pada setiap dokumen tercantum tanggal pengobatan
Pastikan terdapat alamat lengkap dan nomor telpon dari setiap lokasi PPK tercantum di dokumen

Santunan Duka

  • Identitas peserta (Kartu Kepesertaan Asuransi asli dan Fotocopy KTP)
  • Surat keterangan kematian dari instansi yang berwenang
  • Surat keterangan dokter mengenai penyebab kematian
  • Surat keterangan ahli waris (bila yang meninggal dunia karyawan / karyawati serta Nomor Rekening lengkap ahli waris)
  • Bila meninggal dunia akibat Trauma / Kecelakaan, diperlukan dokumen tambahan :
  • Pengisian form kronologis trauma / kecelakaan
  • Fotokopi SIM tertanggung yang masih berlaku (bila sebagai pengendara dalam kasus Kecelakaan Lalu Lintas)
  • Laporan kejadian kecelakaan oleh kepolisian (bila ada)

Selisih dari Asuransi Lain / Double Cover

  • Formulir Rawat Inap di isi dan dilengkapi oleh Peserta dan Dokter yang merawat
  • Surat Pengantar dari Penjamin Pertama / Asuransi pertama yang berisikan antara lain tentang jumlah klaim yang dijaminkan dan selisih yang tidak dijaminkan
  • Fotokopi semua dokumen, seperti kwitansi, copy Resep, hasil laboratorium, Resume Medis dll yang telah dilegalisir oleh Penjamin Pertama / Asuransi Pertama
Cara Klaim Asuransi Sinar Mas Kecelakaan

Untuk melakukan klaim kecelakaan, kamu harus memenuhi dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  • Kuitansi asli untuk biaya konsultasi dokter umum/dokter spesialis.
  • Hasil diagnosis medis dan tindakan yang dilakukan dokter.
  • Kronologi kejadian kecelakaan.
  • Fotokopi SIM yang masih berlaku untuk kecelakaan lalu lintas dan bila pasien adalah pengemudi.
  • Kwitansi asli pembelian obat dari apotek.
  • Fotokopi resep obat-obatan.
  • Kuitansi asli pemeriksaan laboratorium.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium dan interpretasi pemeriksaan diagnostik lain seperti foto rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, dll.
Klaim Asuransi Sinar Mas Kesehatan Rawat Inap

Untuk melakukan klaim rawat inap, kamu harus memenuhi dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  • Formulir rawat inap di isi dan dilengkapi oleh peserta dan dokter yang merawat.
  • Informasi data kepesertaan.
  • Kuitansi asli untuk biaya perawatan inap.
  • Perincian asli untuk biaya perawatan inap.
  • Perincian asli untuk biaya penggunaan obat-obatan dan laboratorium.
  • Fotokopi resep obat-obatan.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium dan interpretasi pemeriksaan diagnostik lain seperti foto rontgen, USG, MRI, CT Scan. EKG, EEG, Patologi Anatomi/Histopatologi, Sitologi, dll.
  • Resume medis dari rumah sakit.
Klaim Asuransi Properti Sinar Mas

Berikut prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi properti Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada Asuransi Sinar Mas.
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor Asuransi Sinar Mas.
  • Foto-foto kerugian dari surveyor Asuransi Sinar Mas.
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Surat keterangan kejadian dari pihak berwenang seperti kelurahan atau polisi.
  • Polis asli dalam kondisi total loss.
  • Laporan polisi untuk kasus kriminal.
  • Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk kejadian bencana alam, seperti petir, angin topan, badai dan lain-lain.
  • Kliping kejadian dari media massa jika ada.
  • Kuitansi asli jika penggantian secara reinstatement.
Klaim Asuransi Cargo Sinar Mas

Berikut prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi cargo Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada ASM.
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor ASM.
  • Foto-foto kerugian dari surveyor ASM.
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Polis asli.
  • Surat jalan.asli.
  • Invoice asli.
  • Packing list.
  • Berita acara serah terima barang yang ditandatangani oleh pihak pengangkut dan penerima.
  • Laporan polisi untuk kecelakaan lalu lintas dan kasus kriminal.
  • Surat tuntutan kepada pihak-pihak yang terkait dengan pengangkutan beserta tanggapannya.
Klaim Asuransi Marine Sinar Mas

Berikut prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi marine Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada ASM.
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor ASM.
  • Foto-foto kerugian dari surveyor ASM.
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Polis asli.
  • Surat jalan.asli.
  • Invoice asli.
  • Packing list.
  • Berita acara serah terima barang yang ditandatangani oleh pihak pengangkut dan penerima.
  • Bill of Lading asli.
  • SP2K (Surat Penyerahan Peti Kemas).
  • Surat keterangan dari kapten kapal yang disahkan oleh syahbandar terdekat jika terjadi kecelakaan atas kapal.
  • Laporan polisi untuk kasus kriminal.
  • Surat tuntutan kepada pihak-pihak yang terkait dengan pengangkutan beserta tanggapannya.
Klaim Asuransi Mesin Atau Elektronik Sinar Mas

Berikut dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi mesin atau elektronik Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada ASM.
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor ASM.
  • Foto-foto kerugian dari surveyor ASM.
  • Polis asli dalam kondisi total loss.
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Surat keterangan kejadian dari pihak berwenang seperti kelurahan atau polisi.
  • Maintenance record.
  • Kartu atau sertifikat garansi.
  • Kuitansi pada saat pembelian mesin dulu untuk mengetahui usia mesin.
  • Laporan teknisi mengenai penyebab kerusakan mesin.
  • Penawaran biaya perbaikan dari repairer.
  • Penawaran harga baru atas unit yang diklaim pada saat kejadian.
  • Laporan polisi untuk kasus kriminal.
  • Kuitansi asli jika penggantian secara replacement.
Klaim Asuransi Uang Sinar Mas

Berikut dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi uang dari Sinar Mas:

  • Surat pengajuan klaim kepada ASM.
  • Formulir klaim yang telah diisi dan ditandatangani oleh tertanggung.
  • Laporan survei dari surveyor ASM.
  • Foto-foto kerugian dari surveyor ASM.
  • Berita acara atau laporan kronologi kejadian dari tertanggung.
  • Laporan polisi asli.

Bodily injury melengkapi dokumen: surat keterangan dokter yang menjelaskan luka fisik yang dialami tertanggung, keterangan laboratorium, foto rontgen, dan kwitansi asli biaya pengobatan.

Bengkel Rekanan Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas jtelah bekerjasama dengan sejumlah bengkel rekanan yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini adalah daftar Bengkel Rekanan Asuransi Sinar Mas di berbagai daerah.

Bengkel Sinar Mas di DKI Jakarta

  • APC Motor: JL. LAPANGAN BOLA SRENGSENG NO. 51B, KEL. SRENGSENG KEC. KEMBANGAN (088808093482)
  • Auto 2000 ( Daan Mogot ): Jl. Daan Mogot No. 146-147 (021-5686295)
  • Auto 2000 ( Puri Kembangan ): Jl. Arteri Lingkar Luar Barat (021-5822000)
  • Auto Prima Makmur: Jl. Raya Srengseng No. 133 (021-58900800 / 5844229)
  • Pro Jaya Motor: Jl. Kembangan Raya No. 29, Puri Media (021-5835572)
  • Inti Duco: Jl. Tomang Raya Kepa (717-718 5601946 / 5664202)
  • Layanan Prima: Jl Jelambar Barat III No 12A, Jakarta Barat 11460 (021-5665930-31)
  • Adi Sejahtera Santosa, PT: Jl. Fatmawati Raya No. 25, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan 12420 (021-7662002)
  • Astra International Daihatsu ( Ciputat ), PT: Jl. Raya Ciputat No.22 (021-7651641 / 7651644)
  • Astra International Daihatsu ( Sultan Iskandar Muda ), PT: Jl. Sultan Iskandar Muda No.15, Arteri Pondok Indah (021-7291011)
  • Auto 2000 ( Cilandak ): Jl. Raya Jagorawi Lebak Bulus (021-7652000)
  • Auto 2000 ( Radio Dalam ): Jl. Radio Dalam No.124A-B (021-7252000)
  • Auto 2000 ( Tebet Sahardjo ): Jl. Dr. Sahardjo No. 246 A (021-83705870)
  • Auto 2000 ( Tebet Supomo ): Jl. Prof. DR. Supomo, SH No. 46 (021-8302000)
  • Adi Sejahtera Santosa, PT: Jl. Fatmawati Raya No. 25, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan 12420 (021-7662002)
  • Astra International Daihatsu ( Ciputat ), PT: Jl. Raya Ciputat No.22 (021-7651641 / 7651644)
  • Astra International Daihatsu ( Sultan Iskandar Muda ), PT: Jl. Sultan Iskandar Muda No.15, Arteri Pondok Indah (021-7291011)
  • Auto 2000 ( Cilandak ): Jl. Raya Jagorawi Lebak Bulus (021-7652000)
  • Auto 2000 ( Radio Dalam ): Jl. Radio Dalam No.124A-B (021-7252000)
  • Auto 2000 ( Tebet Sahardjo ): Jl. Dr. Sahardjo No. 246 A (021-83705870)
  • Auto 2000 ( Tebet Supomo ): Jl. Prof. DR. Supomo, SH No. 46 (021-8302000)
  • Astra International Daihatsu ( Balikpapan ), PT: Jl. Balikpapan No.8 (021-63864386-87)
  • Astra International Daihatsu ( Balikpapan ), PT: Jl. Balikpapan No.8 (021-63864386-87)
  • Astra International Daihatsu ( Pangeran Jayakarta ), PT: Jl. Pangeran Jayakarta No.28 (21-6590606 / 6590500 )
  • Auto 2000 ( Salemba ): Jl. Salemba Raya No. 67 (021-3152000)
  • Auto 2000 ( Cempaka Putih ): Jl. Letjen Suprapto No. 63 (021-4262000)
  • Auto 2000 ( Garuda ): Jl. Garuda No. 84 (021-4252000)
  • Auto 2000 ( Kramat Jati ): Jl. Raya Bogor Km. 20 (021-8402000)
  • Auto 2000 ( Kalimalang ): Jl Tarum Barat No. 45 (021-8652000)
  • Auto 2000 ( Pramuka ): Jl. Raya Pramuka No. 146 Kav. 29-30 (021-8582000)
  • Honda Cakra Pangukir: Jl. Salemba Raya No. 23 (3906848 / 9)
  • Jakarta Teknologi Utama Motor, PT: Jl. Rawabali I No. 25 Pulogadung, Jakarta Timur (021-46826242)
  • Procare: Jl. D.I. Panjaitan No. 5 Jakarta Timur 13350 (021-8190026 / 8570111 / 08561218233 / 95297992 / 081310608992)
  • PT SEJAHTERA BUANA TRADA: Jl. Raya Bekasi Km 19 Pulo Gadung Jakarta Timur 13920 (021-4611489 / 4618401)
  • Raperind Motor: Jl. Kalimalang Blok Q No.2E Jakarta Timur (021-8642456 / 71233688 / 84993984 / 33334168)
  • Astra International Daihatsu ( Yos Sudarso ), PT: Jl. Yos Sudarso Kav.24 Sunter II, Jakarta 14330 (021-6507000 / 6511002)
  • Astra International Daihatsu ( Pluit ), PT: Jl. Raya Pluit Selatan No.4 (021-6690755 / 6612341)
  • Auto 2000 ( Pluit ): Jl. Raya Pluit Selatan No. 6 (021-6672000)
  • Auto 2000 ( Sunter ): Jl. Gaya Motor III No. 3 (021-6502000)
  • Ayun Jaya Motor, PT: Jl. Danau Sunter Selatan Blok 03 No. 43-44 Sunter Jaya Tanjung Priok, Jakarta Utara (021-65835555)-
  • Kencana Auto Mandiri, PT: Jl. Kramat Jaya No. 24, Semper – Jakarta Utara (021-4354035)
  • Srikandi Diamond Motor ( Sunter ), PT: Jl. Danau Sunter Utara Blok B No.14 Jakarta Utara (021-6506825 / 6511500)
  • Agung Auto Mall ( Jambi ): Jl. Prof. Dr. S. Brojonegoro No. 135, Jambi 36129 (0741-64800)

Bengkel Rekanan Sinar Mas di Jawa Timur

  • Auto 2000 ( Jember ): Jl. Hayam Wuruk No. 34 (0331-422000)
  • TR Motor: Jl. Sunan Ampel No.69, Jember (0331-7707077 / 7715069)
  • Absolute: Jl. Urip Sumoharjo No. 138-A Kediri (0354-685294)
  • Astra International Daihatsu ( Kediri ), PT: Jl. Soekarno Hatta No. 152 Kediri (0354-684412 / 688501-2)
  • Honda Kediri ( Honda Pacific Motor ): Jl. Mayor Bismo 90 Kediri (0354-682479)
  • Auto 2000 ( Madiun ): Jl. HOS Cokroaminoto No. 47 (0351-492000)
  • Absolute Body Repair: Jl. Panglima Sudirman No.82B, Madiun – Jawa Timur (0351-499031)
  • Astra International Daihatsu ( Malang ), PT: Jl Ahmad Yani 175 Malang (0341-491743 / 496786)
  • Auto 2000 (Malang): Jl. LetJend Sutoyo No. 25(0341-472000)
  • Astra International Daihatsu ( Sidoarjo ), PT: Jl. Sawo Tratap KM.15 Waru – Sidoarjo (031-8533777 / 8535526)
  • Astra International Daihatsu ( Surabaya ), PT: Jl. Panglima Sudirman No.63 (031-5346601)
  • Auto 2000 ( Surabaya Waru ): Jl. Raya Waru Km. 15 (031-8532000)
  • Bahtera Motors ( Kusuma Bahtera Jaya, PT ): Jl. Dukuh Kupang Utara I/1, Surabaya (031-5614603)
  • Citra Cakra Persada, PT ( Honda Jemursari ): Jl. Jemursari No. 213 Surabaya (031-8412222)

Bengkel Sinar Mas di Jawa Tengah

  • Astra International Daihatsu ( Solo ), PT: Jl. Raya Solo Permai – Solo Baru (0271-620973 / 620977)
  • Sekawan Jadi: Jl. Tanjung anom No. 7 Solo Baru, Sukoharjo (0271-7000777)
  • Honda Solo Baru: Jl. Raya Solo Baru Grogol Sukoharjo Solo (0271-626059 / 58)
  • Astra International Daihatsu ( Tegal ), PT: Jl. Kolonel Sugiono No 104, Tegal (0283-359674 / 359676 / 359677)
  • Autoprima: Jl. DR. Cipto Mangunkusumo No. 202 (0283-310300)
  • Astra International Daihatsu (Semarang), PT: Jl. Majapahit No.111-117 (024-6717111 / 6718111)
  • Auto Fix – Santosa Motor Service: Jl. Majapahit 129B, Semarang (024-6720720 / 024-6701701)
  • Armada International Motor, PT: Jl. Gerilya Timur No.28 Purwokerto (0281-625111)
  • Andalan Mobil Indo: Jl. Karang Anyar – Kedung Waru, Ds. Karang Anyar Rt. 01/Rw. 01 Demak (0291-5740667)
  • Best Auto: Jl.Hos Cokroaminoto 1A Kudus (0291-432427)
  • Honda Kudus Jaya: Jl. Lingkar Selatan Timur Terminal No. 168 (0291-445666)

Bengkel Sinar Mas Sinar Mas di Jawa Barat

  • Perfect Auto Zone: Jl. RE. Martadinata 133 / Jl. Dr. Sukarjo 76-78 Tasikmalaya (0265-314888)
  • Pratama Motor: JL. HZ. Mustofa No. 374 Tasikmalaya 46116 (0265-321863)
  • Astra International Daihatsu ( Bogor ) ,PT: Jl. Pajajaran No.22 (0251-8325737)
  • Auto 2000 ( Bogor ): Jl. Siliwangi No. 76 (0251-8342005)
  • Auto Sinar Makmur: Jl. KH. Soleh Iskandar RT. 004/RW. 005 (0251-7540868)
  • Dwi Perkasa Mobiltama ( Authorized Suzuki ): Jl. Raya Ciawi Km. 8, Bogor (0251-8241123 / 8241124 / 8240815)
  • Eka Motor: Jl. Mayor Oking No. 51 Citeureup Bogor 16810 (021-8752419 / 87941215)
  • Mandiri Perwira Raya Motor, PT: Jl. Raya Pajajaran No.27 Bogor (0251-8327916 / 8324326)
  • Brayat Kretya Andaru: Jl. KH. Soleh Iskandar RT001/RW001 Kota Bogor (0251-7544373)
  • Plaza Auto Prima: Jl. Karanggan Tua Rt. 004 Rw. 007, Karanggan Gunung Putri, Bogor (021-87929410)
  • Handy Jaya Motor: Jl. Kartini Raya No. 50 Pancoran Mas, Depok (021-77204060)
  • Hyuandai Mobil Indonesia: Jl. Margonda Raya No. 356 Depok (021-7755999)
  • Proton Edar Depok: Jl. Kartini Raya No. 47 – Depok (021-29097505)
  • Anugerah Perkasa Motor: Jl. Cideng Jaya No.87-88, Cirebon 45153 (0231-486607)Astra
  • International Daihatsu (Cirebon), PT: Jl. Tuparev No. 76, Cirebon (0231-206691 / 0231-205557)
  • Auto 2000 (Cirebon): Jl. Brigjen Dharsono No. 14 Cirebon (0231-232000)
  • Auto Rep: JL. DUKUH DUWUR NO. 38 PEGAMBIRAN , CIREBON (0231-8305720)
  • Cinta Damai Putra Bahagia: Jl. Kalijaga No.117,Cirebon 45113 (0231-230506)
  • Garuda Rajawali Motor: Jl. Brigjen Dharsono No. 104 ((0231) 486370 )
  • Lambang Putra Perkasa Motor (Autorized Honda), PT: Jl. Kalijaga No. 29 Cirebon (0231-202353)

Daftar Rumah Sakit Rekanan Asuransi Sinar Mas

Rumah sakit rekanan Asuransi Sinar Mas tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Berikut beberapa daftar RS rekanan berserta alamat selengkapnya:

RS Rekanan Sinar Mas DKI Jakarta
  • RS Agung Jakarta, Jalan Sultan Agung No.67, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 8312790
  • RSIA Asih Jakarta Selatan, Jalan Panglima Polim I No. 34 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 2700610
  • RS Asri Siloam, Jalan Duren Tiga No.20, Jakarta Selatan 12760. Telepon: (021) 7992211
  • RS Avisena, Jalan H. Rohimin No.30 Ulujami Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 5853916
  • Bidakara Medical Center, Binasentra Building, Ground Floor Kompleks Bidakara Pancoran, Jakarta Selatan
  • RS Brawijaya Women & Children, Jalan Taman Brawijaya No.1 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 7211337
  • RSU Bunda Jakarta, Jalan Teuku Cik Ditiro No.21 Menteng, Jakarta Pusat. Telepon: (021) 31923344
  • RS Mayapada, Jalan Lebak Bulus No.1 Kav. 29, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 29217777
  • Klinik Miracle Grand Indonesia, Menara BCA Lt. P9, Jalan Mh. Thamrin, Jakarta Pusat. Telepon: (021) 23587188
  • RS Pondok Indah, Jalan Metro Indah Kav. Ue, Jakarta Selatan. Telepon: (021) 7657525
RS Rekanan Sinar Mas Jawa Barat
  • RS Kartika Cibadak Sukabumi, Jalan Siliwangi No.139 Cibadak, Sukabumi. Telepon: (0266) 7160071
  • RSIA Khalisah Cirebon, Jalan Dr. Setiabudi No.8, Pegagan, Palimanan, Cirebon. Telepon: (0231) 342440
  • RS Citra Medika Depok, Jalan Raya Kalimulya No.86 Kota Kembang, Cilodong, Depok. Telepon: (021) 29671000
  • RS Borromeus Bandung, Jalan Ir. H. Juanda No.100, Bandung. Telepon: (022) 2504041
  • RS Karya Medika I Cibitung, Jalan Raya Imam Bonjol No.9b, Cikarang Barat. Telepon: (021) 8900190
RS Rekanan Sinar Mas Yogyakarta
  • RS Mata Dr. Yap Yogyakarta, Jalan Cik Ditiro No.5, Yogyakarta. Telepon: (0274) 562054
  • Happyland Medical Center, Jalan Ipda Tut Harsono No 53 Timoho, Yogyakarta. Telepon: (0274) 550060
  • RS Hermina Yogya, Jalan Mataraman Hermina, Desa Maguwoharjo, Kec Depok, Kab Sleman, Yogyakarta. Telepon: (0274) 2800808
  • RS Siloam Yogyakarta, Jalan Laksda Adi Sucipto No.32-34, Yogyakarta. Telepon: (0274) 4600900
  • RS St. Elisabeth Yogyakarta, Jalan Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta, 55764. Telepon: (0274) 6460566
RS Rekanan Sinar Mas Jawa Timur
  • RS Airlangga Jombang, Jalan Airlangga 50C, Jalakembo, Jombang, Jawa Timur. Telepon: (0321) 861577
  • RSU Aminah Blitar, Jalan Veteran No.39, Blitar. Telepon: (0342) 816304, 816305
  • RS Bunda Sidoarjo, Jalan Kundi No.70 Kepuh Kiriman, Waru, Sidoarjo.
  • RS Mitra Keluarga Waru, Jalan Raya Waru No.8, Sidoarjo. Telepon: (031) 8545543
  • RS Premier Surabaya, Jalan Nginden Intan Barat Blok B, Surabaya. Telepon: (031) 33003211/ 5993211
  • RS Siloam Jember, Jalan Gajah Mada No.104, Kaliwates, Jember, Jawa Timur. Telepon: (0331) 2861900
RS Rekanan Sinar Mas Kalimantan
  • RS Siloam Balikpapan, Jalan MT Haryono No.23 RT. 30, Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114. Telepon: (0542) 8862999
  • RS Santo Vincentius Singkawang: Jalan P. Diponegoro No.5, Pasiran, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79123. Telepon: (0562) 636768
  • RSIA Borneo Citra Medika, Jalan A. Yani, Angsau, Pelaihari, Angsau, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan 70812. Telepon: (0512) 2021002
  • RS Citra Husada Pangkalan Bun Alamat: Jalan Malijo No.RT.14, Madurejo, Kec. Arut Sel., Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 74181. Telepon: (0532) 2070777
  • RS Pertamedika Tarakan (PHT), Jalan Mulawarman No.14, Karang Anyar Pantai, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Telepon: (0551) 31403
RS Rekanan Sinar Mas Maluku
  • RSU Bhakti Rahayu, Jalan Jend. A Yani, Kota Ambon, Maluku 97114. Telepon: (0911) 342746
  • RS Sumber Hidup, Jalan Anthony Rebok No.11, Kel Honipopu, Sirimau, Kota Ambon, Maluku. Telepon: (0911) 352373
RS Rekanan Sinar Mas Sulawesi
  • RS Siloam Makassar, Jalan Metro Tj. Bunga Kav. 9, Tj. Merdeka, Sulawesi Selatan 90112. Telepon: (0411) 3662900
  • RS Bhayangkara Palu, Jalan DR. Suharso Lrg III, No.02, Besusu Barat, Palu Timur, Besusu Bar., Kec. Palu Tim., Kota Palu, Sulawesi Tengah 94118. Telepon: (0451) 429714
  • RS Dewi Sartika, Jalan Kapten Piere Tendean, Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93116
RS Rekanan Sinar Mas Sumatera
  • RS Semen Padang, Jalan By Pass No.KM, RW.7, Pisang, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat 25161. Telepon: (0751) 777888
  • RS Siloam Sriwijaya Palembang, Jalan POM IX, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30137. Telepon: (0711) 5229100
  • RS Advent Medan, Jalan Gatot Subroto, Sei Sikambing D, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20118. Telepon: (061) 4524875
Rekanan Internasional
  • Singapura: General Hospital Singapore Outram Road Singapore 169608 Tel: +656223322
  • Malaysia: HSC Medical Center (KL) SDN BHD 5-1 Menara HSC, 187 Jalan Ampang, 50450, Kuala Lumpur Tel: +6042227200
  • Malaysia: Penang Adventist Hospital No.465, Burma Road, 10350 Penang Tel: +6042227200
  • Thailand: Bumrungrad International Hospital 33 Soi Sukhumvit Road, Khiong Toei Nua, Vadhana, Bangkok 10110
  • Tiongkok: ST. Stamford Guangzhou Modern Hospital No. 42, Lianquan Rd Tianhe District, Guangzhou Tel: 020-22221111

Pertanyaan Seputar Asuransi Sinar Mas

Di bawah ini merupakan daftar pertanyaan yang sering diajukan terkait Asuransi Sinar Mas:

Apa itu Asuransi Sinar Mas? 

PT Asuransi Sinar Mas adalah salah satu perusahaan raksasa di Indonesia yang memiliki enam lini bisnis di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan pangan, layanan keuangan, pengembang dan real estate, telekomunikasi, serta sektor energi dan infrastruktur.

Pada lini bisnis layanan keuangan, Sinar Mas memiliki beberapa perusahaan asuransi. Salah satunya adalah Asuransi Sinar Mas yang disingkat ASM yang bergerak di bidang asuransi umum (kerugian).

Apa perbedaan asuransi Sinar Mas dengan Sinarmas MSIG Life?

Asuransi Sinar Mas dan asuransi Sinarmas MSIG Life sama-sama bagian dari Sinar Mas Group di sektor jasa keuangan. Hanya saja, ASM khusus bergerak di bidang asuransi umum atau kerugian, sedangkan Sinarmas MSIG Life adalah asuransi jiwa yang melayani kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan baik individu maupun kumpulan, dan tentunya berbeda lagi dengan PT Simas Jiwa.

Pada Asuransi Sinarmas MSIG Life, Mitsui Sumitomo Insurance Co Ltd kini memiliki 80% saham PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) atau bertambah dari semula 50% saham. Adapun kepemilikan publik pada emiten baru tersebut sebanyak 7,5% saham. Hal tersebut terungkap dalam prospektus rencana pembagian saham bonus asuransi Sinarmas MSIG. Seperti diketahui, induk perseroan, yakni PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) melakukan divestasi sebanyak 37,5% saham melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham Sinarmas MSIG pada 9 Juli 2019.

Pilihan biaya melahirkan dengan asuransi Sinar Mas?

Pilihan polis asuransi melahirkan dari Sinar Mas Asuransi juga cukup banyak dicari orang. Sebab, manfaat dan premi yang ditawarkan cukup menarik. Untuk cara klaim melahirkan dengan Asuransi Sinar Mas lebih lengkap sila cek tab Klaim.

Berapa biaya premi asuransi Sinar Mas?

Cari tahu premi Asuransi Sinar Mas dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait. Untuk mengetahui faktor yang menentukan harga premi Asuransi Sinar Mas, silakan tab premi.

Bagaimana cara daftar asuransi Sinar Mas?

Asuransi Sinar Mas Online yang sebelumnya bernama Asmobi adalah aplikasi mobile dari PT Asuransi Sinar Mas yang ditujukan bagi nasabah Asuransi Sinar Mas, rekanan serta masyarakat umum. Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk mengakses informasi mengenai produk asuransi, termasuk melakukan simulasi perhitungan premi dan pembelian asuransi secara online.

Pilihan lainnya dapat memanfaatkan broker asuransi tepercaya seperti Lifepal yang menawarkan kemudahan dalam membandingkan polis asuransi dari perusahaan asuransi lainnya di Indonesia. 

Bagaimana cara membeli Asuransi Sinar Mas secara online?

Calon nasabah dapat menghubungi agen atau perusahaan asuransi melalui telepon, situs resmi, email, atau bahkan mengunjungi kantor cabang atau pusat secara langsung.

Jika ingin lebih berimbang, kamu dapat membeli Asuransi Sinar Mas secara online melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, kamu tidak hanya dapat membandingkan produk Asuransi Sinar Mas saja tetapi juga dari produk asuransi terbaik dari perusahaan lain. Andapun bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai profil dan kebutuhan dengan premi terjangkau pula.

Bagaimana cara cek asuransi Sinar Mas?

Cara cek Asuransi Sinar Mas bisa melalui Asuransi Sinar Mas Online yang  memberikan informasi umum mengenai layanan Asuransi Sinar Mas berupa informasi Kantor Cabang/Pemasaran/Marketing Point, Layanan Hubungi Kami (Info, Customer Service, Pengaduan, Saran dan GCG), Daftar Rumah sakit Provider, Konsultasi dengan Dokter Simas Sehat (Gratis), Info Seminar Kesehatan Gratis, Tips Kesehatan, Aplikasi Asuransi Sinar Mas Online, dan lain-lain.

Berapa lama klaim Asuransi Sinar Mas?

Klaim Asuransi Sinar Mas tergantung pada nasabah dalam memenuhi dokumen yang dibutuhkan untuk klaim. Jika dokumen lengkap, dalam 7 hari kerja klaim sudah cair. Namun, klaim bisa lebih lama jika terdapat hal-hal mencurigakan atau dokumen tak lengkap.

Rumah sakit dan bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas

Rumah sakit dan bengkel Asuransi Sinar Mas tersebar luas bahkan hingga pelosok wilayah Indonesia. Khususnya untuk rekanan rumah sakit menjangkau hingga luar negeri. Lihat daftar rekanan Sinar Mas selengkapnya pada tab Rekanan.

Apa itu agen dan broker Asuransi Sinar Mas?

Terdapat perbedaan antara agen dan broker Asuransi Sinar Mas. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Sinar Mas. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Sinar Mas dengan calon peserta asuransi.

Sinar Mas memiliki sistem keagenan di mana nasabah bisa mendaftar secara perorangan. Untuk mendaftarkan diri menjadi agen Asuransi Sinar Mas, kamu dapat mengakses halaman situs sinarmas.co.id. Atau, mendatangi kantor pusat atau kantor cabang/pemasaran yang ada di kota kamu.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan Asuransi Sinar Mas secara langsung bisa melalui agen maupun broker. 

Beberapa broker di Indonesia menawarkan produk asuransi secara online, salah satunya adalah Lifepal.co.id. Situs agregator Lifepal membantu kamu membandingkan produk asuransi terbaik yang ada di seluruh Indonesia. Pastikan bahwa broker yang dipilih sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan RI secara resmi agar data dan dana aman.

Apa saja produk Asuransi Kesehatan Sinar Mas?

Selain asuransi mobil, Sinar Mas juga unggul dalam produk asuransi kesehatan. Untuk pilihan produk Asuransi Kesehatan Sinar Mas, misalnya saja Simas Sehat Gold, Simas Sehat Executive, Simas Sehat Income, dan lain-lain. Silakan tab laman Asuransi Kesehatan Sinar Mas untuk informasi detail produk selengkapnya.

Apakah BTN bekerjasama dengan Sinar Mas?

Menurut berita situs resmi perusahaan PT. Asuransi Sinar Mas (ASM) menjalin kerjasama dengan BTN. Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara PT. Asuransi Sinar Mas dengan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN), sudah dilaksanakan pada tanggal 04 september 2013 di Menara BTN.

Call center Asuransi Sinar Mas

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi seputar cara klaim maupun kendala seputar polis maka bisa menghubungi layanan call center Sinar Mas. Untuk call center Asuransi Sinar Mas adalah (021) 3902141/50509888.

Berapa biaya akuisisi Asuransi Sinar Mas?

Biaya akuisisi adalah biaya untuk mendapatkan dan melayani nasabah. Biaya akuisisi yang paling mendasar adalah komisi agen, dan biaya operasional perusahaan asuransi. Biaya akuisisi ini dibayarkan oleh nasabah.

Dari premi dasar yang dibayar, biasanya akan dipotong untuk biaya akuisisi. Pada tahun pertama, 100 persen uang premi untuk biaya akuisisi, pada tahun kedua 60 persen, dan makin sedikit di tahun-tahun berikutnya.

Biaya akuisisi juga terkait dengan produk unit link atau asuransi jiwa Sinar Mas terkait investasi. Pada Asuransi Sinar Mas, terutama situs resmi tidak ditemukan informasi mengenai biaya akuisisi tersebut. Kamu bisa mencari tahu dengan menghubungi call center perusahaan.

Namun, jika tidak ingin dikenakan biaya akuisisi, kamu bisa membeli asuransi di broker atau secara online karena tidak melalui agen. Salah satu pilihan broker terpercaya adalah Lifepal.

Perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Sinar Mas
Sumber dan referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.sinarmas.co.id