Mencari Asuransi Terbaik?
Masukkan informasi diri dan sistem kami akan merekomendasikan polis terbaik sesuai dengan profil, kebutuhan, dan anggaranmu.

Asuransi Astra Buana

4.0 / 5.0 (2.621 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Astra Buana

Asuransi Astra Buana adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan PT Asuransi Astra Buana. Astra Buana lebih dikenal dengan nama Asuransi Astra. Adapun produk asuransi yang ditawarkan, antara lain asuransi individu, asuransi bisnis, asuransi syariah, dan asuransi kesehatan.

Produk unggulan Astra adalah asuransi mobilnya dengan polis Garda Oto. Keunggulannya adalah kemudahan klaim dengan empat pilihan, salah satunya lewat aplikasi Garda Mobile Otocare. Selain itu, Garda Oto memberikan garansi hasil kerja (perbaikan) dan suku cadang asli.

Ringkasan

  • Polis Garda Oto menjamin perbaikan di bengkel resmi dengan suku cadang asli.
  • Polis Garda Me mulai Rp50 ribu/tahun memberikan manfaat santunan meninggal dunia atau cacat total tetap, santunan rawat inap, tunjangan kehilangan pendapatan, dan santunan biaya pemakaman.
  • Polis Garda Home mulai Rp98 ribuan/tahun memberikan manfaat santunan kecelakaan diri akibat kebakaran rumah hingga Rp10 juta.
  • Polis Garda Trip mulai Rp33 ribuan memberikan proteksi menyeluruh termasuk kehilangan bagasi hingga kecelakaan.

Sekilas tentang Astra Buana

Asuransi Astra Buana memulai usaha di bidang asuransi umum dengan nama PT Maskapai Asuransi Buana pada 12 September 1956. PT Astra International Indonesia (AI) mengakuisisi sebagian besar saham perusahaan pada 1981.

Pada 1990, nama dan logo perusahaan diganti menjadi PT Asuransi Astra Buana (Astra Buana, kadang dikenal sebagai Astra Asuransi atau Asuransi Astra). Sejak itu, Astra Buana tidak hanya menyediakan produk asuransi umum, tetapi juga produk asuransi kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun di bawah nama besar Astra International, asuransi Astra Buana terbilang sukses dan kredibel. Terbukti, perusahaan mampu membukukan aset (dalam laporan keuangan konsolidasi 2018) mencapai Rp13 triliun. Angka ini jauh di atas ketentuan aset minimal sekitar Rp150 miliar yang harus dipenuhi oleh perusahaan asuransi.

Adapun produk asuransi yang dihadirkan oleh Astra Buana, antara lain asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, dan asuransi untuk bisnis.

Astra Buana terdaftar sebagai anggota AAUI. Astra Buana juga telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan Indonesia bernomor KEP-7221/MD/1986 tertanggal 5 November 1986. Untuk unit syariah, Astra Buana memiliki izin usaha Unit Syariah berdasarkan surat Menteri Keuangan Nomor KEP-085/KM.5/2005 tertanggal 16 Maret 2005.

Astra Buana telah meraih berbagai penghargaan bergengsi selama bertahun-tahun. Berikut ini sejumlah prestasi dan pengakuan yang diperoleh Astra Buana sepanjang tahun: Corporate Image Award dari Majalah Tempo & Frontier pada tahun 2007-2013, 2015-2018; Insurance Consumer Choice Award oleh Majalah Warta Ekonomi tahun 2018; Service Quality Award oleh Majalah Marketing & Carre Ccsl tahun 2007-2013, 2015-2018; Contact Center Award oleh Majalah Service Excellence & Carre Ccsl tahun 2005-2007, 2009-2011, 2013-2018; Top Brand Award oleh Majalah Marketing & Frontier tahun 2007-2018; Mobile Application Best Choice Award oleh Majalah Info Brand tahun 2018; Indonesia Digital Innovation Award oleh Majalah Warta Ekonomi tahun 2018; Marketing Award oleh Majalah Marketing & Frontier tahun 2018; Digital Channel Campaign Of The Year oleh Majalah Marketeers tahun 2018; Marketeer Of The Year oleh Markplus tahun 2018.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Konvensional Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Astra Buana. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk melihat kesehatan keuangan perusahaan asuransi.

  • Rasio solvabilitas: 238,45 persen
  • Jumlah aset: Rp13,207 triliun
  • Ekuitas: Rp4,840 triliun

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Astra Buana pada tahun buku 2018 sebesar 238,45 persen, di atas ketentuan minimum pemerintah. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

Selain rasio solvabilitas, kekuatan asuransi Astra Buana adalah jumlah aset yang dimiliki mencapai Rp13,207 triliun. Bahkan, total aset induk usahanya, PT Astra International Tbk mencapai Rp334,137 triliun pada tahun 2018. Pencapaian tersebut tentunya menjadi salah satu keunggulan Astra Buana sebagai salah satu pilihan terbaik asuransi umum.

 
 

Daftar Produk Asuransi Astra Buana

Astra Buana punya empat kategori produk yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah individu dan kumpulan. Adapun produk yang ditawarkan Astra adalah:

1. Kategori Retail

Pada kategori ini tersedia 8 produk asuransi termasuk asuransi kendaraan bermotor, asuransi mikro, asuransi rumah, dan asuransi perjalanan yang ditujukan bagi nasabah individu.

2. Kategori Commercial

Setidaknya ada 6 produk asuransi termasuk asuransi kendaraan bermotor, asuransi kebakaran dan harta benda, asuransi pengangkutan, serta berbagai polis dalam produk lainnya. Produk ini ditujukan bagi nasabah bisnis atau perusahaan.

3. Kategori Health

Pada kategori ini hanya terdapat satu produk dan polis yaitu asuransi kesehatan karyawan bernama Garda Medika. Keunggulan Garda Medika yaitu aplikasi Garda Mobile HR-Akses yang membantu PIC HR memantau semua benefit dan histori klaim karyawan, mengetahui semua provider, serta claim summary setiap bulannya.

4. Kategori Syariah

Pada kategori ini Asuransi Astra memastikan semua kategori produk asuransi yang disediakan juga tersedia dalam produk syariah. Dengan begitu, Kategori Retail, Kategori Commercial, dan Kategori Health tersedia dalam asuransi syariah yang sesuai dengan syariat Islam.

 

Daftar Polis Asuransi Astra Buana

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransiastra.com, berikut beberapa pilihan polis asuransi berdasarkan kategori produk asuransi yang disediakan oleh PT Asuransi Astra Buana.

Kategori Retail

Garda Oto

Polis unggulan Astra Buana khusus mobil yang memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan sebagian atau menyeluruh serta jaminan suku cadang asli. Tersedia 2 pilihan jaminan yaitu Comprehensive (All Risk) dan Total Loss Only (TLO).

  • Menjamin risiko karena kerugian/kerusakan sebagian (partial loss) dan keseluruhan (total loss) yang diakibatkan oleh semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis.
  • Menjamin risiko karena pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.
  • Garda Mobile Otocare memudahkan klaim online lewat ponsel.
  • Garda Akses 24 Jam yang melayani laporan klaim.
  • Garda Oto Online Claim sebagai akses form klaim online di manapun dan kapan pun untuk mengirimkan laporan klaim melalui website Astra Buana.
  • Garda Center layanan strategis Garda Center di pusat perbelanjaan untuk klaim.
  • Garansi hasil kerja bengkel (perbaikan) dan suku cadang asli.
  • Jaringan bengkel luas.
Kategori Retail

Garda Motor

Polis asuransi motor yang memberikan jaminan utama berupa Total Loss Only (TLO) yaitu kerusakan motor lebih dari 75% nilai motor. Tersedia perluasan jaminan bagi pengendara motor.

  • Biaya perbaikan diperkirakan ≥75% pada tahun selanjutnya.
  • Ganti rugi kehilangan akibat pencurian.
  • Perluasan jaminan yang dapat diambil seperti perluasan jaminan kecelakaan diri pengemudi, perluasan jaminan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang.
  • Jaminan disesuaikan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia.
Kategori Retail

Asuransi Mikro

Polis asuransi kecelakaan diri dengan harga premi Rp30 ribu/tahun yang memberikan jaminan utama santunan meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit serta cacat total tetap akibat sakit.

  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan atau sakit
  • Santunan cacat total tetap akibat kecelakaan.
Kategori Retail

Happy Me

Polis asuransi kecelakaan diri untuk nasabah individu yang terdiri atas 2 pilihan yaitu Garda Me (mulai Rp50 ribu/tahun) dan Garda Me Micro (mulai Rp10 ribu/tahun).

  • Santunan meninggal dunia dan cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan.
  • Santunan rawat inap di rumah sakit akibat kecelakaan selama 5 hari berturut-turut (reimbursement) sesuai limit dalam polis.
  • Tunjangan kehilangan pendapatan jika mengalami kecelakaan.
  • Santunan biaya untuk pemakaman akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.
Kategori Retail

Happy Edu

Polis Garda Edu merupakan asuransi jiwa dengan manfaat utama santunan bagi biaya pendidikan anak ketika tertanggung utama (orangtua) meninggal dunia.

  • Santunan bagi biaya pendidikan anak sesuai nilai manfaat yang diambil apabila tertanggung utama (orang tua) meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Santunan meninggal dunia/cacat tetap keseluruhan karena kecelakaan.
  • Santunan rawat inap di rumah sakit setelah terjadinya kecelakaan bagi tertanggung utama dan anaknya selama 5 hari berturut-turut.
  • Tunjangan kehilangan pendapatan sebagai risiko cacat tetap keseluruhan.
  • Santunan biaya pemakaman bagi tertanggung utama (orang tua) yang meninggal dunia karena kecelakaan.
Kategori Retail

Happy Home

Polis asuransi Garda Home merupakan asuransi rumah dengan premi mulai di bawah Rp100 ribu dengan pertanggungan utama risiko kebakaran sesuai Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

  • Ganti rugi akibat risiko kebakaran (kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap).
  • Manfaat tambahan lain yaitu biaya tempat tinggal sementara, biaya pembersihan puing, biaya pemadam kebakaran, dan santunan pembelian perabotan kembali akibat kebakaran.
  • Santunan untuk kecelakaan diri maksimal 5 orang sebesar Rp10 juta/orang.
Kategori Retail

Happy Trip

Polis Garda Trip tersedia untuk perjalanan dalam negeri dan luar negeri dengan premi mulai Rp33.500 untuk risiko sebelum dan selama perjalanan.

  • Pembatalan perjalanan.
  • Bagasi dan barang pribadi.
  • Biaya medis akibat kecelakaan.
  • Penggantian keterlambatan penerbangan.
  • Evakuasi medis darurat.
Kategori Commercial

Asuransi Kebakaran dan Harta Benda

Polis yang menjamin kerugian/kerusakan pada harta benda dan atau kepentingan pada bangunan dan harta benda bersifat komersial atau bisnis seperti gudang dan ruko. Tersedia pula Asuransi Property/Industrial All Risks (PAR/IAR).

  • Kebakaran termasuk akibat kebakaran (api), petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap sepanjang tidak dikecualikan dalam polis.
  • Kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, perbuatan jahat, huru-hara, dan pembangkitan rakyat (jika diperluas).
  • Angin topan, badai, banjir, dan kerusakan akibat air (jika diperluas).
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami (jika diperluas).
Kategori Commercial

Asuransi Pengangkutan

Polis asuransi ini menjamin kerugian atau kehilangan atas barang-barang selama pengiriman melalui jalur laut, udara, atau darat.

  • Kerugian yang disebabkan oleh kerusakan/kebocoran biasa/susut berat & volume
  • Aus dan usang akibat pemakaian
  • Packing yang kurang baik
  • Akibat sifat barang itu sendiri
  • Bangkrutnya pemilik kapal
  • Kerugian langsung akibat delay
  • Kerusakan akibat senjata perang/ nuklir/radio aktif, perbuatan jahat orang lain (hanya dijamin ICC A).
Kategori Commercial

Asuransi Rangka Kapal

Produk asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan atas kapal laut baik rangka, mesin, dan/atau peralatannya. Jaminan yang diberikan disesuaikan standar Institute Time Clause Hull (Clause 280, 284, atau 289).

  • Menjamin kerugian atau kerusakan kapal yang disebabkan oleh bahaya laut/sungai/danau, kebakaran, ledakan, pencurian, pembuangan ke laut, pembajakan, kerusakan/kecelakaan pada instalasi nuklir/ reaktor, kontak dengan pesawat, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan petir.
  • Kecelakaan akibat bongkar muat kargo, ledakan boiler
  • Kelalaian nahkoda/crew dan jaminan pilihan yaitu tanggung jawab hukum akibat tabrakan kapal dan kontribusi pengorbanan kerugian umum.
Kategori Commercial

Asuransi Kendaraan Bermotor

Polis asuransi kendaraan bermotor yang memberikan jaminan ganti rugi terhadap tertanggung untuk kendaraan perusahaan karena kendaraan mengalami kerusakan dan atau kerugian karena kejadian yang disebabkan oleh risiko yang dijamin seperti kecelakaan.

  • Comprehensive: Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Asuransi Kendaraan Bermotor.
  • Total Loss Only (TLO): Menjamin risiko terhadap kerugian / kerusakan total, yaitu biaya perbaikan unit diperkirakan sama dengan harga unit sesaat sebelum terjadinya kerugian dan akibat hilang karena pencurian.
  • Angin topan dan banjir (perluasan jaminan).
  • Pemogokan, kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase (perluasan jaminan).
  • Gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi (perluasan jaminan).
  • Kecelakaan diri pengemudi dan atau penumpang (perluasan jaminan).
  • Tanggung Jawab Hukum (TJH) pihak ketiga (perluasan jaminan).
Kategori Commercial

Asuransi Alat Berat

Polis yang memberikan jaminan ganti rugi terhadap tertanggung karena alat berat yang dipertanggungkan mengalami kerusakan dan atau kerugian karena kejadian yang disebabkan oleh risiko yang dijamin.

  • Comprehensive: Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Asuransi Alat Berat.
  • Total Loss Only (TLO): Menjamin risiko terhadap kerugian / kerusakan total, yaitu biaya perbaikan unit diperkirakan sama dengan harga unit sesaat sebelum terjadinya kerugian dan akibat hilang karena pencurian.
  • RSMD+CC (Riots, Strikes, Malicious Damages, Civil Commotion): Perluasan jaminan terhadap risiko kerusuhan, pemogokan, penghalangan kerja dan huru-hara (perluasan jaminan).
  • AOG (Act of God): Perluasan jaminan terhadap risiko bencana alam, seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, dan lain-lain (perluasan jaminan).
  • PA (Personal Accident): Perluasan jaminan berupa santunan dan penggantian biaya pengobatan atas meninggal atau cacat atau biaya pengobatan bagi operator unit (perluasan jaminan).
  • TPL (Third Party Liability): Memberikan penggantian atas tuntutan pihak ketiga yang dirugikan oleh unit tertanggung (perluasan jaminan).
Kategori Commercial

Produk Lainnya

Produk asuransi untuk kebutuhan bisnis atau komersial yang terdiri atas beberapa polis yaitu Asuransi Tanggung Gugat, Asuransi Uang, Asuransi Rekayasa, dan Asuransi Tanaman.

  • Asuransi Tanggung Gugat: Memberikan perlindungan bagi tertanggung terhadap tuntutan hukum dari pihak ketiga.
  • Asuransi Uang: Menjamin kerugian atau kerusakan atas uang selama proses pengiriman, atau selama disimpan di dalam brankas/strong-room akibat dibongkarnya lemari besi atau brankas/strong-room secara paksa. jaminan bisa diperluas dengan resiko kerugian pada saat uang disimpan di cashier-box.
  • Asuransi Rekayasa: Memberikan jaminan kerugian atau kerusakan terhadap para pemilik/pelaksana suatu proyek konstruksi maupun proyek instalasi.
  • Asuransi Tanaman: Memberikan perlindungan atas tanaman (kelapa sawit) dari risiko FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Aircraft dan Smoke).
Kategori Health

Garda Medika

Polis asuransi kesehatan dan kecelakaan bagi perusahaan untuk karyawan dengan jaminan utama rawat inap karena sakit atau kecelakaan.

  • Perlindungan kesehatan dan kecelakaan bagi karyawan korporasi.
  • Manfaat cacat tetap total dan meninggal dengan uang pertanggungan yang disesuaikan dengan polis asuransi.
  • Manfaat rawat inap.
Kategori Syariah

Asuransi Retail

Semua produk dan polis pada kategori retail tersedia dalam pilihan syariah dengan pertanggungan dan manfaat sama.

  • Polis dikelola berdasarkan syariah Islam.
  • Menjamin kehalalan pengelolaan dan atau iuran peserta dengan menjamin tidak adanya unsur lain seperti barang haram dan perbuatan maksiat.
Kategori Syariah

Asuransi Commercial

Semua produk dan polis pada kategori commercial tersedia dalam pilihan syariah dengan pertanggungan dan manfaat sama.

  • Polis dikelola berdasarkan syariah Islam.
  • Menjamin kehalalan pengelolaan dan atau iuran peserta dengan menjamin tidak adanya unsur lain seperti barang haram dan perbuatan maksiat.
Kategori Syariah

Asuransi Kesehatan

Polis asuransi kesehatan yaitu Garda Medika tersedia dalam pilihan syariah dengan pertanggungan dan manfaat sama.

  • Polis dikelola berdasarkan syariah Islam.
  • Menjamin kehalalan pengelolaan dan atau iuran peserta dengan menjamin tidak adanya unsur lain seperti barang haram dan perbuatan maksiat.
 

Berita Terbaru Astra Buana

Mei 2020- Lima perusahaan yang tergabung dalam Astra Financial memberikan bantuan kepada masyarakat untuk tangani corona (Covid-19). Lima perusahaan tersebut adalah PT Astra Sedaya Finance (ACC), Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) dan PT Toyota Astra Financial Services (TAF), PT Komatsu Astra Finance (KAF), dan PT Surya Arta Nusantara Finance (SANF).

Salah satu grup raksasa perusahaan di Indonesia ini secara bertahap telah menyerahkan bantuan sembako kepada 12.590 orang terdampak Covid-19 senilai Rp2,51 miliar. Dengan begitu, Astra Financial telah serahkan total 67.890 paket sembako senilai Rp13,57 miliar per 12 Mei 2020.

Oktober 2019- PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) membuka cabang baru di Kediri, Jawa Timur. Pembukaan ini seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan di kota tersebut. Kantor cabang ketiga Asuransi Astra tersebut berlokasi di Jalan Brawijaya nomor 40 A4 Kediri. Chief Executive Officer Asuransi Astra Rudy Chen mengatakan, kantor cabang Asuransi Astra Kediri menggantikan Garda Center Kediri Town Square.

Menurutnya, pelanggan di Garda Center Kediri Town Square tidak hanya masyarakat Kediri, melainkan dari beberapa kota lain seperti Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Blitar, dan Jombang. Kehadiran kantor cabang sekaligus menyediakan layanan darurat mandiri. Pelanggan Garda Oto di Kediri lebih mudah mendapatkan layanan darurat Garda Siaga yang siap membantu setiap hari selama 24 jam secara gratis.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait PT Asuransi Astra Buana, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Astra Buana adalah asuransi umum yang didirikan pada 12 September 1956. Awalnya perusahaan ini bernama PT Maskapai Asuransi Buana. Perusahaan mengawali usaha sebagai perusahaan asuransi kerugian (general insurance).

Asuransi Astra Buana merupakan anak perusahaan Astra Group. Pada 1990 perusahaan berganti nama sebagai Astra Buana hingga kini. Perubahan nama itu juga diiringi dengan perubahan logo yang semakin menguatkan afiliasi pada Astra Group. Serta dikenal sebagai perusahaan yang memiliki posisi keuangan dan manajemen yang baik.

Asuransi Astra Buana memiliki visi memberi rasa aman dan tenteram pada jutaan pelanggan ini secara perlahan membuka cabang di berbagai kota. Pada 1995, sekitar 95 persen saham perusahaan dimiliki PT Astra International.

Di tahun tersebut pula diluncurkan produk asuransi mobil Garda Oto yang populer hingga sekarang. Performa Asuransi Astra cukup menjanjikan, terutama dengan pencapaian sertifikat ISO 9001 sebagai pengakuan karena kinerja dan komitmen yang berkualitas.

Meski menyandang status asuransi umum, Astra Buana terus mengembangkan produknya. Salah satunya adalah asuransi kesehatan yaitu Garda Medika yang memberi pelayanan asuransi bagi karyawan perusahaan.

Garda Medika adalah salah satu produk Asuransi Astra berupa asuransi kesehatan yang berfungsi melindungi karyawan. Premi terjangkau dengan cakupan proteksi rawat inap, rawat jalan, dan layanan bantuan darurat.

Asuransi Astra Buana secara garis besar tidak hanya mencakup asuransi kesehatan saja, tetapi juga ada ada produk lain seperti asuransi retail, asuransi commercial, dan asuransi syariah. Nah, melalui asuransi Garda Medika, Astra memfokuskan diri pada penyediaan proteksi kesehatan.

Salah satu keunggulan Garda Medika adalah menerapkan teknologi digital dalam pelayanan nasabah. Dengan demikian, nasabah bisa mendapatkan informasi tentang manfaat dan catatan klaim melalui aplikasi yang disebut Garda Mobile HR Akses.

Aplikasi tersebut merupakan salah satu terobosan terbaru produk Garda Medika. Nasabah bisa langsung mengetahui jaringan rumah sakit yang menjadi mitra Asuransi Astra Garda Medika. Tentu dengan catatan, klaim masih dalam masa pertanggungan.

Garda Medika memang berada di bawah Perusahaan Asuransi Astra. Akan tetapi, awal berdiri pada tahun 1956, asuransi ini bernama PT Maskapai Asuransi Buana.

Pada akhirnya, kepemilikan saham diambil alih oleh Astra International (AI). Setelah peralihan tersebut terjadi perubahan nama menjadi PT Asuransi Astra Buana. Yang lebih dikenal masyarakat sebagai Asuransi Astra.

Salah satu produk yang paling diunggulkan dari Asuransi Astra adalah asuransi kesehatan Garda Medika yang khusus melayani karyawan perusahaan alias asuransi kumpulan. Jadi, Garda Medika ini hanya bisa dibeli oleh perusahaan untuk karyawannya dengan jumlah minimal 25 orang.

Asuransi kesehatan ini memang diperuntukkan bagi karyawan perusahaan. Sehingga jika pemilik perusahaan tertarik untuk mendaftar, kamu perlu mengetahui beberapa syaratnya termasuk ketersediaan polis yang mencakup asuransi kecelakaan diri dan asuransi kesehatan.

Premi yang dibayarkan pun tidak bisa langsung secara pribadi atau personal, melainkan melalui perusahaan. Sistem kerjanya hampir mirip dengan BPJS Ketenagakerjaan namun memiliki manfaat yang berbeda.

Ada beberapa kelebihan Garda Medika dibandingkan dengan asuransi kesehatan karyawan lainnya yaitu:

  • Aplikasi Garda Medika Mobile HR Akses yang memudahkan peserta bisa langsung mengetahui catatan klaim dan jaringan layanan kesehatan yang mencapai 900 rumah sakit di seluruh Indonesia yang ditunjang dengan sistem pembayaran cashless dengan kartu.
  • Layanan Garda Siaga yaitu layanan gawat darurat 24 jam dengan menggunakan ambulans ataupun sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan peralatan medis standar bagi para nasabah.

Cara menghitung premi asuransi mobil harus kamu ketahui terlebih dahulu untuk mengetahui premi Asuransi Garda Oto mobilmu. Mungkin kamu pernah menemukan kasus biaya premi  untuk mobil yang sama berbeda antara satu orang dengan lainnya. Agar makin paham, berikut ini alasan premi berbeda-beda:

  • Jenis kendaraan.
  • Penggunaan pribadi atau komersial (dinas).
  • Wilayah dibagi menjadi 3 yaitu Wilayah 1 (Sumatera dan Kepulauan sekitar), WIlayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten), serta Wilayah 3 (selain Wilayah 1 dan 2).
  • Usia kendaraan yaitu mobil yang sudah berusia lebih 5 tahun biasanya punya memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi dibanding dengan mobil yang berusia setahun atau dua tahun. Jenis Pertanggungan: comprehensive (all risk) atau total loss only (TLO).

Berikut ini merupakan premi salah satu perusahaan asuransi di Indonesia yaitu Garda Oto yang disadur dari media otomotif nasional:

Harga Mobil Premi Comprehensive (%)* Premi TLO(%)*
Maks Rp125 juta 3,44 1,14
Rp125-200 juta 2,97 1,02
Rp200-400 juta 2,55 0,84
Rp400-800 juta 2,12 0,79
Lebih dari Rp800 juta 1,85 0,73

Keterangan:

*persentase premi yang ditampilkan media online tersebut.

Sebelum mulai mengasuransikan mobil, nasabah sudah seharusnya memahami istilah Refund Asuransi Mobil. Dalam bahasa inggris refund adalah pengembalian sebuah dana atau biaya. Dalam hal ini Refund bisa diartikan pengembalian uang pada asuransi untuk mobil karena sesuatu hal.

Beberapa perusahaan asuransi tidak memiliki pengembalian dana untuk polis yang telah aktif karena akan merugikan perusahaan. Namun, beberapa perusahaan asuransi menyediakan fasilitas ini dengan beberapa syarat yaitu:

  • Biaya refund yang dikembalikan pada nasabah telah dikurangi dengan biaya biaya lain seperti biaya periode yang sedang berjalan, potong pajak, hingga biaya administrasi. Semua biaya-biaya tersebut dipotong dari jumlah premi awal ataupun yang masih tersisa.
  • Refund biasanya tidak bisa dilakukan jika nasabah telah melakukan klaim.

Membeli mobil baik secara tunai maupun kredit sudah menjadi hal yang umum jika asuransi turut menyertai untuk memberikan perlindungan ekstra agar memiliki mobil terasa lebih aman dan nyaman.

Meski masih banyak yang beranggapan beli asuransi rugi jika tidak terpakai, ternyata tidak demikian di Garda Oto. Menurut Head of Communication & Event Asuransi Astra Iwan Pranoto dikutip dari media online nasional mengatakan, anggapan tersebut salah.

Dicontohkan oleh Iwan dalam kasus pemilik mobil hendak menjual mobil yang telah diasuransikan, pemilik mobil tetap bisa mencairkan premi yang sudah dibayarkan dengan beberapa catatan. Yang jelas, saat hendak menjual mobil dan tidak menyertakan asuransi, pemilik harus melaporkan ke perusahaan asuransi untuk menutup asuransi.

Kemudian pihak asuransi akan melakukan penghitungan ulang premi merujuk lamanya asuransi telah berjalan. Setelah dihitung dan disesuaikan dengan tenggang asuransi yang telah dijalani, perusahaan asuransi akan mengembalikan sisa uang premi setelah dipotong biaya administrasi. Semakin sedikit rentang waktu maka pengembalian uang premi akan semakin besar.

Dia menjelaskan bahwa premi yang kembali tidak 100 persen karena ada penghitungan masa asuransi dan biaya admin. Namun setidaknya uang premi tidak akan hilang karena selama mobil dipakai pemilik tetap merasa aman karena tidak terbebani oleh kejadian yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Asuransi Astra Life sebenarnya bukan bagian dari Asuransi Astra Buana. Meski keduanya merupakan anak perusahaan Astra International, Astra Life menyediakan produk asuransi jiwa dan terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bukan seperti Astra Buana yang terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Astra Life sendiri merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dengan kepemilikan saham 50:50 antara PT Astra International Tbk dan Aviva International Holding Limited yang didirikan pada 26 Mei 2014, serta diluncurkan secara resmi kepada publik dan media pada 27 November 2014.

Tentunya cara menggunakannya yaitu klaim tidak dilakukan di Astra Buana, melainkan ke perusahaan Astra Life. Berikut ulasan singkat mengenai cara menggunakan Asuransi Astra Life atau melakukan klaim Astra Life:

  •  Mengisi Formulir Klaim dengan lengkap dan jelas dan menandatangani formulir tersebut yang bisa diunduh di situs resmi Astra Life.
  • Melengkapi dokumen persyaratan klaim seperti yang tertera pada polis dan disesuaikan dengan klaim yang diajukan.
  • Memberikan kelengkapan dokumen klaim dengan benar dan jujur.
  • Mengirimkan formulir dan dokumen persyaratan klaim tersebut ke Kantor Astra Life, secara langsung maupun melalui pos , atau menggunakan fitur e-Claim.

Penggunaan fitur e-Claim adalah sebagai berikut:

  • Scan formulir yang telah diisi dan ditandatangani beserta dokumen yang dibutuhkan
  • Login
  • Unggah formulir dan dokumen tersebut di fitur e-Claim.
  • Catatan Penting : Dokumen scan harus sesuai dengan aslinya dan tidak palsu dan Pastikan menyimpan dokumen asli apabila dibutuhkan di kemudian hari penanggung berhak untuk meminta aslinya.

Harga premi asuransi Astra Buana didasarkan pada profil calon peserta dan produk asuransi yang dibeli untuk asuransi kesehatan atau jiwa. Sementara untuk asuransi umum didasari atas banyak faktor misalnya usia bangunan atau kendaraan, lokasi bangunan, dan lain sebagainya.

Adapun harga premi masing-masing produk asuransi yang telah disebutkan berbeda-beda. Contohnya adalah premi asuransi mikro mulai dari Rp30 ribu per bulan. Untuk asuransi umum seperti kendaraan, tergantung wilayah pertanggungan.

Agar lebih jelas mengenai informasi harga premi asuransi Astra Buana, kamu bisa menghubungi atau mengecek situs Astra Buana atau Lifepal.

Cari tahu premi asuransi Astra Buana dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Terdapat dua metode penggantian biaya asuransi Astra Buana baik asuransi jiwa atau kesehatan serta asuransi umum. Selain itu, metode penggantian biaya asuransi Astra Buana ini tergantung pada produk yang kamu beli. Berikut penjelasan metode penggantian biaya asuransi yang umum tersedia di perusahaan asuransi:

  • Reimbursement yaitu metode penggantian yang dapat dilakukan secara berkala maupun sekaligus, tergantung pada produk asuransi yang kamu miliki. Metode ini secara sederhana dijelaskan sebagai cara membayar tagihan dengan uang nasabah terlebih dahulu. Lalu, pihak perusahaan asuransi akan mengganti sebagian atau seluruh tagihan tersebut sesuai kesepakatan di polis asuransi.
  • Cashless adalah metode penggantian di mana peserta asuransi hanya perlu menunjukkan kartu asuransi untuk perawatan medis atau ke bengkel rekanan untuk asuransi kendaraan tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu.

Membeli asuransi Astra Buana secara online akan sangat praktis. Sebab, kamu tak perlu mendatangi kantor cabang Astra Buana terdekat sekalipun. Nasabah hanya perlu mengunjungi situs resmi Astra Buana dan memilih produk yang diinginkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, kamu dapat membeli asuransi Astra Buana secara online melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, kamu tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Astra Buana saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi Astra Buana bergantung pada jenis produk asuransi yang dibeli. Terdapat beberapa pilihan untuk membayar berbagai jenis produk asuransi Astra Buana yang dibeli. Berikut pilihannya:

  • Kartu kredit full payment.
  • Kartu kredit dengan cara cicilan 0%.
  • BCA KlikPay.
  • Virtual Account Permata Bank.
  • Transfer ATM.
  • Melalui teller bank.

Adapun cara klaim asuransi Astra Buana dibedakan berdasarkan jenis produk yang kamu beli. Berikut penjelasan singkat mengenai cara klaim dari masing-masing produk asuransi Astra Buana.

Klaim asuransi kesehatan Astra Buana

Berikut ini prosedur klaim cashless untuk rawat inap ataupun rawat jalan:

  • Tunjukkan kartu Garda Medika saat hendak melakukan perawatan di rumah sakit atau rekanan Astra Buana.
  • Petugas di rumah sakit atau rekanan Astra Buana akan mengonfirmasi.
  • Tertanggung menjalani proses perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan.
  • Pembayaran yang tidak perlu menambah biaya lagi jika semua biaya perawatan tertanggung sesuai ketentuan di polis, jika ada kelebihan, maka tertanggung harus membayar selisihnya.

Klaim asuransi commercial atau retail Astra Buana

Berikut ini prosedur sederhana mengajukan klaim asuransi commercial (kendaraan atau rumah/kebakaran) atau retail Astra Buana khusus asuransi umum:

  • Melaporkan kejadian ke Garda Akses di nomor 1500112 ext.2 dengan batas waktu yang ditentukan dalam polis.
  • Mengirim dokumen yang menunjang laporan klaim via email ke [email protected] Dokumen yang diperlukan antara lain dokumen utama (formulir laporan klaim, berita acara, rincian perkiraan kerugian, kwitansi atau faktur pembelian, dan lain-lain) dan dokumen tambahan seperti kerugian akibat tindakan kriminal/pencurian, surat asli lapor kepolisian, dan surat lain yang mendukung proses klaim.
  • Pemberian kompensasi setelah tim underwriter Astra Buana memverifikasi data dan memeriksa kembali laporan kejadian jika memang sesuai yang tertera dalam polis, maka kompensasi akan segera diberikan.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Astra Buana. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Astra Buana dengan calon nasabah.

Untuk menjadi agen asuransi Garda Oto Astra Buana hanya membutuhkan proses satu hari kerja setelah data identitas calon agen dikirim. Dilansir dari situs resminya, berikut persyaratan menjadi agen Astra Buana:

  • Fotokopi KTP (identitas diri)
  • Fotokopi NPWP
  • Pas foto 4×6 (2 lembar)
  • Fotokopi buku tabungan bagian depan yang mencantumkan nomor rekening

Setelah berkas diterima dan memenuhi prasyarat, calon agen akan dihubungi dan mendapat jadwal pelatihan. Adapun data-data yang dibutuhkan bisa dikirim ke:

PT Asuransi Astra Buana

Garda Oto Tendean Jakarta

Jl. Kapten Tendean No.26

Jakarta Selatan

Telp: 089630500500

Up. Faizal Rahman

Email: [email protected]

Layanan nasabah atau call center Astra Buana dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

Call Center Astra Buana

  • Astra Buana TB Simatupang Kav. 15, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, 12440.
  • Telepon: 1500112
  • Email: [email protected]

Asuransi Astra Buana memberikan berbagai layanan untuk memudahkan nasabah. Berikut layanan yang diberikan Astra Buana untuk berbagai produk asuransi yang ditawarkan:

  • Garda Mobile yaitu layanan aplikasi perangkat pintar untuk pemilik polis asuransi kendaraan. Saluran layanan terbaru Astra Buana ini berupa kumpulan aplikasi mobile yang mengedepankan konektivitas dan kenyamanan pengguna dalam mengakses berbagai layanan dari Asuransi Astra. Garda Mobile dapat digunakan di sistem operasi Android dan iOS.
  • Garda Center yaitu layanan offline yang terletak di berbagai mal dan pusat perbelanjaan. Layanan ini memberikan informasi seputar produk asuransi Astra Buana, permintaan survei klaim, hingga penutupan polis yang dibuka setiap hari pada pukul 10.00-21.00 WIB.
  • Garda Siaga Emergency Roadside Assistance (ERA) adalah layanan bantuan darurat 24 jam untuk pelanggan Asuransi Astra Garda Oto berupa armada mobil derek (towing) dan mobil gendong (carrier) yang dilengkapi dengan sistem hidrolik terbaru, serta sepeda motor.
  • Garda Akses yaitu layanan 24/7 (24 jam selama tujuh hari) yang siap melayani kebutuhan nasabah mulai dari informasi produk, layanan perpanjangan polis asuransi, layanan laporan klaim, hingga layanan bantuan darurat.

Asuransi Astra Buana memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar luas di dalam negeri. Hingga kini, terdapat lebih dari 900 rumah sakit dan fasilitas kesehatan rekanan lain yang siap melayani nasabah.

Daftar rumah sakit dan rekanan sewaktu-waktu bisa berubah. Sila kunjungi situs resmi perusahaan untuk mengetahui daftar rumah sakit dan rekanan terbaru. Berikut ini daftar sejumlah rumah sakit yang menjadi rekanan asuransi Astra Buana.

DKI Jakarta

  • RS Ciputra Citra Garden City, Jakarta Barat I, Jalan Boulevard Blok G-01/01 5, Citra Garden City, Kalideres, Jakarta Barat 11830. Telepon: (021) 2255 7888
  • RS Jantung Harapan Kita, Jalan Letjen S Parman Kav.87, Slipi, Jakarta Barat. Telepon: (021) 5684093/5684085
  • RS Kanker Dharmais, Jalan Letjen.S. Parman, Kav. 84-86. Slipi, Jakarta Barat. Telepon: (021) 5681570
  • RS Sumber Waras (Grogol), Jalan Kyai Tapa, Jakarta. Telepon: (021) 5682011/5605800
  • RS Pondok Indah-Puri Indah, Jalan Puri Indah Raya Blok S2, Kembangan Selatan. Telepon: (021) 25695222/25695200
  • RS Royal Taruma, Jalan Daan Mogot No.34, Grogol. Telepon: (021) 56958338/56967788
  • RSUD Cengkareng, Jalan N. Kamal Raya, Bumi Cengkareng Indah, Cengkareng Timur. Telepon: (021) 54372874/5/6 / 54372882
  • RS Siloam Kebon Jeruk, Jalan Raya Perjuangan Kav.8, Kebon Jeruk. Telepon: (021) 25677888021/5300889021/5300889

Jawa Barat

  • RS Al Islam Bandung, Jalan Soekarno-hatta No.644. Telepon: (022) 7562046/7563231/7563231
  • RS Karisma Cimareme, Jalan Raya Cimareme No.235 Bandung Barat. Telepon: (022) 6866221
  • RS Mata Bandung Eye Center, Jalan Buah Batu No.147 Rt.007/006 Lengkong, Turangga. Telepon: (022) 7351 4683/84
  • RSIA Grha Bunda, Jalan Terusan Jakarta No. 15-17 Bandung. Telepon: (022) 872 56789
  • RSKIA Harapan Bunda Bandung, Jalan Pluto Raya Blok C Margasari, Buahbatu, Bandung 40286. Telepon: (022) 7506490
  • RS Immanuel Bandung, Jalan Koppo, No.161. Telepon: (022) 5201051/5201672/5224216022-5224216022-5224216
  • RS Khusus Ginjal Ny R.A. Habibie, Jalan Tubagus Ismail No.46. Telepon: (022) 2501985-87

Jawa Tengah

  • RS Islam Sultan Agung, Jalan Kaligawe Km.4 Semarang. Telepon: (024) 6580019
  • RS Ken Saras, Jalan Soekarno Hatta Km.029, Semarang. Telepon: (024) 6922269
  • RS Panti Wilasa Dr. Cipto, Jalan Dr. Cipto, No.50, Semarang. Telepon: (024) 3546040, 3557428
  • RS Islam Harapan Anda, Jalan Ababil No.42, Tegal. Telepon: (0283) 358244
  • RS Dr Oen Kandang Sapi, Jalan Brigjend Katamso No.55 Surakarta
  • RS Islam Yarsis, Jalan A Yani Pabelan Kartasura, Sukoharjo

DI Yogyakarta

  • RS PKU Muhammadiyah Bantul, Jalan Jend. Sudirman 124-126, Bantul. Telepon: (0274) 368587
  • RSU Griya Mahardhika Yogyakarta, Jalan Parangtritis Km.4,5 Bantul. Telepon: (0274) 445020
  • RS At-turots Al-Islami Yogyakarta, Jalan Klaci I Sleman. Telepon: (0274) 6496677
  • RSU Queen Latifa, Jalan Ring Road Barat No.118 Sleman. Telepon: (0274) 581402
  • Jogja International Hospital (JIH), Jalan Ring Road Utara No.160 Condong Catur, Sleman. Telepon: (0274) 4463535/4463190
  • RS Happyland Medical Center, Jalan Ipda Tut Hars. Ono No.53, Timoho. Telepon: (0274) 550060/58
  • RS Siloam Yogyakarta, Jalan Laksda Adisucipto N0. 32-34 Demangan Gondokusuman Yogyakarta. Telepon: (0274) 4600 900

Jawa Timur

  • RS Semen Gresik, Jalan Ra. Kartini, No.280, Gresik. Telepon: (031) 3987840, 3989478, 3975847
  • RSU Hermina Tangkuban Perahu, Jalan Tangkuban Perahu, No.33, Malang. Telepon: (0341) 325082, 354844, 354845
  • RS Kartini Mojokerto, Jalan Erlangga No.137, Mojosari, Mojokerto. Telepon: (0321) 592261
  • RS Mitra Sehat Medika, Jalan By Pass No.6 Pandaan, Pasuruan. Telepon: (0343) 636064
  • RS Elizabeth Ptp Nusantara XI, Jalan WR Supratman 2A, Situbondo. Telepon: (0338) 671174

Sumatera

  • RS Siloam Bangka Belitung, Jalan Soekarno Hatta Km.5. Telepon: (0717) 9190900
  • RS Khusus Bedah Ropanasuri, Jalan Alur No.8 Padang. Telepon: (0751) 31938, 33854
  • RS Semen Padang, Jalan By Pass Km.7 Padang. Telepon: (0751) 777888, 4782999
  • RS Siloam Silampari, Jalan Yos Sudarso Rt.11 Taba Jemekeh. Telepon: (0733) 3035900
  • RS Setio Husodo Sumatera Utara, Jalan S. M. Raja No.67 Kisaran, Asahan, Sumatera Utara. Telepon: (0623) 44999
  • RS Pertamina Pangkalan Brandan, Jalan Wahidin No.01 Pangkalan Brandan, Langkat. Telepon: (0620) 322612, 322455
  • RS Swasta Montella, Jalan Beringin Jaya Samping Masjid Agung, Meulaboh, Aceh Barat. Telepon: (0655) 7551974, 085277358711

Sulawesi

  • Siloam Hospital Buton, Jalan Sultan Hasanuddin No.58 Baubau
  • RS Santa Anna, Jalan Dr Moh Hatta No.65 Kendari
  • RSU Aliyah, Jalan Bunggasi Rahandouna, Poasia, Kendari
  • RS Akademis Jaury Jusuf Putera, Jalan Jend M Jusuf No.57A
  • RS Awal Bros Makassar, Jalan Jend Urip Sumoharjo No.43 Makassar
  • RS Grestelina, Jalan Letjen Hertasning Raya No.51
  • RS Hikmah, Jalan Yosef Latumahina No.1
  • RS Ibnu Sina, Jalan Urip Sumoharjo, Km.5 No.264
  • RS Luramay, Jalan AP Pettarani Blok E 19/11
  • RS Bintang Laut, Jalan KH M Kasim No.5 Kota Palopo, Sulawesi Selatan
  • RS Budi Agung, Jalan Maluku No. 44 Palu.
  • RS Woodward, Jalan LH Woodward No.1 Palu
  • RS Fatima Parepare, Jalan Ilham No.5, Sulawesi Selatan

Kalimantan

  • RS Islam Banjarmasin, Jalan Letjen S Parman Gg.Purnama No.1 Banjarmasin
  • RS Sari Mulia, Jalan Pangeran Antasari No.139
  • RS Suaka Insan, Jalan H Zafri Zam Zam No.60 Kalimantan Selatan
  • RS Balikpapan Baru, Komp. Balikpapan Baru, Jalan Mt. Haryono Blok A-A3
  • RS Pertamina Balikpapan Pertamedika (RSPB), Jalan Jend Sudirman No.1 Balikpapan, Kalimantan Timur
  • RS Restu Ibu, Jalan Jend Ahmad Yani No.12
  • RSIA Permata Hati, Jalan Imam Bonjol No.1
  • Siloam Hospital Balikpapan, Jalan MT Haryono No.9 Ring Road, Balikpapan, Kalimantan Timur
  • RS Anugerah Bunda Khatulistiwa, Jalan Ahmad Yani No.5-7 Pontianak
  • RS Mitra Medika Pontianak, Jalan Sultan Abdurrahman No.25 Pontianak
  • RSU St. Antonius, Jalan KH Wahid Hasyim No.249 Pontianak
  • RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya, Jalan RTA Milono Km.2,5 Menteng, Jekan Raya
  • RS Pertamedika Tarakan, Jalan Mulawarman No.14 Tarakan

Nusa Tenggara dan Indonesia Timur

  • RS Bhakti Rahayu, Jalan Batu Kerbau (belakang RRI) Ambon, Maluku.
  • Siloam Hospital Labuan Bajo, Jalan Gabriel Gampur, Labuan Bajo, Kec.Komodo, Kab. Manggarai Barat, NTT.
  • RS Bhayangkara Kupang, Jalan Nangka No.84 Kupang
  • RS Kartini, Jalan Frans Seda No.17 Kupang, NTT
  • RS Siloam Kupang, Jalan RW Monginsidi, Fatutuli
  • RSIA Dedari, Jalan Rantai Damai No.69D TDM, Oebufu, Kupang, NTT
  • RS Harapan Keluarga Mataram, Jalan Ahmad Yani No.9 Selagalas, Sandubaya, Kota Mataram, NTB
  • RS Mutiara Sorong, Jalan Maleo No.2A Sorong, Papua
  • RS Pertamina Sorong (RSPS), Jalan Ahmad Yani No.13 Sorong, Papua
  • RS Bhayangkara, Jalan Jeruk Nipis, Furia, Kotaraja, Jayapura
  • RS Dian Harapan, Jalan Taruna Bhakti Kel Yabansai Distrik Herang, Jayapura
  • Rs Marthen Indey, Jalan P Diponegoro No.15, Fandoi, Biak Kota, Jayapura

Berikut ini lokasi bengkel di beberapa kota bagi nasabah asuransi kendaraan (Asuransi Astra Garda Oto dan Garda Motor):

DKI Jakarta

  • Astra Isuzu Pramuka Jalan Pramuka Raya No. 8, Jakarta Timur Telp : 021 – 8570555 / 8570666
  • Auto 2000 Kalimalang Jalan Raya Tarum Barat No. 45, Kalimalang, Jakarta Timur Telp : 021 – 8652000 / 8652000
  • Auto 2000 Kramat Jati Jalan Raya Jakarta – Bogor, Ps.Induk – Pasar.Rebo – Jakarta Timur Telp : 021 – 8402000
  • Auto 2000 Pramuka Jalan Raya Pramuka No. 146, Jakarta Timur Telp : 021 – 8582000
  • Auto 2000 Cilandak Jalan TB Simatupang, Lebak Bulus Cilandak, Jakarta Selatan Telp : 021 – 7652000 / 7501025
  • Auto 2000 Ciledug Jalan H. Adam Malik Deplu Raya Petukangan Selatan Jakarta 12270 Telp : 021 – 735 2000
  • Auto 2000 Radio Dalam Jalan Radio Dalam No. 124 AB, Jakarta Selatan Telp : 021 – 7398020 / 7226708
  • Auto 2000 Saharjo Jalan Dr. Saharjo No. 246 A, Jakarta Selatan Telp : 021 – 8370-5870
  • Auto 2000 Soepomo Tebet Jalan Prof. Dr. Soepomo No. 46, Tebet, Jakarta Selatan Telp : 021 – 8302000 / 8300430
  • Astrido Toyota Pd. Indah Jalan Sultan Iskandar Muda No. 1 A, Arteri Pd. Indah , Jakarta Telp : 021 – 726 9969
  • Honda Mugen Jalan Raya Pasar Minggu No. 10, Jakarta Selatan 12520 Telp : 021 – 797 2000 / 7973000

Bandung

  • Astra Daihatsu Cibeureum Jalan Cibeureum No. 42, Bandung Telp : 022 – 631516
  • Astra Daihatsu Asia Afrika Jalan Asia Afrika 127, Bandung Telp : 022 – 4238977
  • Astra Isuzu Soekarno Hatta Jalan Soekarno Hatta 452 Bandung Jawa Barat Telp : 022 – 6032131
  • Auto 2000 Cibiru (body and cat) Jalan Soekarno Hatta No. 751, Bandung 40223 Telp : 022 – 6030450
  • Garuda Motor – Bandung Jalan Garuda No. 2, Bandung Telp : 022 – 6016744
  • Neo Megah Jaya Jalan Laswi No. 59, Bandung 40273 Telp : 022 – 7330760
  • Megah Jaya – Bandung Jalan BKR No. 28, Bandung 40232 Telp : 022 – 7312766
  • Otto Cemerlang – Bandung Jalan KU Supadio 30 – Jatayu, Bandung Telp : 022 – 6075 838
  • Emerald Adhi Pratama Jalan Soekarno Hatta No. 535, Bandung Telp : 022 – 7312309
  • Tunas Toyota Cimindi Bandung Jalan Raya Cilember No. 276, Bandung Telp : 022 – 661 3838
  • Tunas Toyota Gatsu – Bandung Jalan Gatot Subroto 109, Bandung Telp : 022 – 731 2994
  • Karya Prima Anugerah, PT Jalan Peta No 174 Sukaasih, Bojongloa Kaler, Bandung Telp : 022 – 6124041
  • Jaya Perkasa Bandung (Supplier part) Jalan Terusan Pasir Koja No. 245 Komp. Ruko Gyan Plaza B – 12 Bandung Telp : 022 – 6046689
  • Sapphire Body And Paint Jalan Moch Toha Nomor 264 Bandung Telp : 022 – 5220992
  • Astra Daihatsu Soeta Bandung Jalan Soekarno Hatta No.438 D Kav. 1 Bandung 40254 Telp : 022 – 8888 8000
  • Auto 2000 Pasteur Jalan DR Djunjunan Nomor 192 Pasteur Bandung Telp : 022 – 2000 100
  • Auto Glass – Bandung Jalan Peta Nomor 173 Bandung Telp : 022 – 6042758
  • Naripan Motor Jalan BKR Nomor 113 Kel. Cigereleng Kec. Regol Kota Bandung Telp : 022 – 5221123

Depok & Bogor

  • Astra Daihatsu Bogor Jalan Pajajaran No.22, Bogor Telp : 0251 – 8325737
  • Astra Daihatsu Cibinong Jalan Raya Bogor Km. 43, Cibinong- Bogor Telp : 021 – 8757870
  • Astra Isuzu Bogor Jalan Pajajaran No.22, Bogor Telp : 0251 – 8375000
  • Auto 2000 Siliwangi Jalan Siliwangi Nomor 76, Bogor 16720 Telp : 0251 – 742000
  • Otoprima – Bogor Jalan Raya Tajur Nomor 32, Bogor Telp : 0251 – 8330 557
  • Ton’s 2000 – Bogor Jalan Raya Taman Cimanggu No. 3, Bogor Telp : 0251 – 8347517
  • Setiajaya Mobilindo Bogor Jalan Raya Pajajaran Empang Bogor Selatan Telp : 0251 – 316100
  • Astra Daihatsu Yasmin Bogor Jalan KH. Abdullah Bin Nuh 16 Rt/Rw 01/04 Kelurahan Curug Mekar Bogor 16113 Telp : 0251 – 7541000
  • Setiajaya Mobilindo Depok JL Margonda Raya No 348 Kelurahan Kemirimuka Kec Beji Depok Telp : 021 – 7520034
  • Tunas Toyota Cinere Jalan Cinere Raya No. 19 Cinere , Jakarta 16514 Telp : 021 – 754 0108
  • Tirtomoyo Jalan Putri Tunggal No 43 Harjamukti Cimanggis Depok 16954 Telp : 021 – 87753167
  • Astra Daihatsu Cibubur Jalan Raya Alternatif Cibubur KM 1 No. 68 Harjamukti Cimanggis Depok Telp : 021 – 84599678
  • Setiajaya Mobilindo Cimanggis Jalan Raya Jakarta Bogor Km 29 RT 01 RW 01 Mekarsari Cimanggis Depok Jawa Barat Telp : 021 – 87715555

Tangerang & Serang

  • Kreasi Auto Kencana, PT (Ford Tangerang) Jalan Jend Sudirman Nomor 47 Babakan Tangerang Banten Telp : 021 – 55701819
  • Plaza Toyota Gading Serpong Jalan Raya Boulevard M 5/11 Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang Banten Telp : 021 – 2900 1090
  • Auto 2000 Cikokol Area Business Park Tangerang City | Area Business Park Tangerang City Jalan Jend. Sudirman Babakan Serpong Telp : 021 – 55752000
  • Motoreko Mobilindo Ciputat Jalan Ki Hajar Dewantoro Nomor 12 Ciputat Tangerang Selatan-Tangerang Telp : 021 – 7498800
  • Glassindo Mobil Utama, PT Jalan Jend. Sudirman CBD Bintaro Jaya Blok B6/1 Sektor 7 Kel. Pondok Jaya, Kec. Pondok Aren Tangerang Selatan Telp : 021 – 74860333
  • Tunas Toyota – Serang Jalan Jend Sudirman No. 1-A Sumur Pecung Serang Banten Telp : 0254 – 217 010
  • Subur Jaya Motor, CV Jalan Lingkar Luar Selatan Rt 01 Rw 09 Kel. Serang Kec. Serang kota Serang Telp : 0254 – 210920
  • Karya Agung Mandiri (bengkel Karya Agung Otomotif) Jalan Raya Serang Jakarta Km 6 Nomor 168 Serang Telp : 0254 – 280396
  • Auto 2000 Serang Jalan Raya Serang Pandeglang KM.7 Desa Sukajaya Kec. Curug Kota Serang, Banten Telp : 0254-8242000
  • Karawaci Indah Motor Jalan Ayip Usman Nomor 18 Kaligandu Serang Timur Telp : 0254 – 218778

Bekasi & Karawang

  • Dewi Falindo Jalan Legenda Raya No. 6 Kota Legenda (Dpn Grand Wisata) Bekasi Timur Telp : 021 – 82605584
  • Karya Indah Motor, CV Jalan Siliwangi No. 20 Rawa Panjang Bekasi Telp : 021 – 82422689
  • Auto Artha Jalan Sumber Artha Raya No. 22 Samping Kalimalang Residence, Bekasi 17163 Telp : 021 – 8649013
  • Auto 2000 Bekasi Barat Jalan Siliwangi Rt.003/Rw 009 Sepanjang Raya RW, Lumbu Bekasi Telp : 021 – 82422000
  • Ruby Prima Didata, CV Jalan Raya Kranggan Nomor 99 Km 2+250 Kelurahan Jati Raden Kecamatan Jatisampurna Bekasi 17433 Telp : 021 – 84307823
  • Astra Daihatsu Narogong Jalan Siliwangi Rt 04/05 Nomor 180-181A Kel. Sepanjang Jaya Rawalumbu Narogong Bekasi Selatan 17114 Telp : 021 – 82435252
  • Auto 2000 Cikarang Jalan MH. Thamrin Kav. 168 Cikarang – Bekasi Telp : 021 – 89902000
  • Auto 2000 Karawang Jalan Surotokunto No. 80 – Adiarsa, Karawang Telp : 0267 – 412000
  • Sinar Surya Motor, CV Jalan Akses Tol Karawang Barat, Karawang 41361 0267 – 8457554

Jawa Tengah

  • Salatiga Jaya Motor Jalan Diponegoro No. 112 Rt 04 Rw 07 Kel. Sidorejo Lor Kec. Sidorejo Kota Salatiga Telp : 0298 – 328222 / 329000
  • Esa Sagara Autotara Jalan Dr. Sutomo No. 149 Sokorejo Pekalongan Timur Pekalongan Telp : 0285 – 437333 / 435333
  • Nasmoco Abadi Motor Jalan Raya Ring Road Utara Mojosongo Sroyo Jaten Karanganyar Telp : 0271 – 8202303
  • Bandung Bondowoso Jalan Tanjunganom Nomor 7 Rt 001 Rw 005 Kwarasan Grogol Sukoharjo Telp : 0271 – 7000777
  • Delwin Jaya Semarang (Supplier Part) Komp Ruko Mega Peterongan Jaya Jl Kanal Nomor 5 K, RT 01/RW03 Semarang Selatan Telp : 024 – 76585090
  • Motoreko Mobilindo Semarang Jalan Arteri Soekarno Hatta Nomor 18 Semarang (Jalan Sanggrahan Rt 006 Rw 003 Siwalan Gayamsari Semarang) Telp : 024 – 76581111
  • Armada International Magelang Jalan Soekarno Hatta Tidar Selatan Kota Magelang Telp : 0293 – 3276899
  • Auto 168 Surakarta Jalan Ahmad Yani Nomor 383 Kerten Laweyan Solo Telp : 0271 – 716666
  • Astra Daihatsu Pekalongan Jalan Dr Sutomo no 12-14 Pekalongan Telp : 0285 – 431222
  • Astra Daihatsu Semarang Jalan Majapahit No. 111-117 Semarang Telp : 024 – 6717111 / 6718111
  • Astra Isuzu Semarang Jalan Majapahit No. 111-117 Semarang Telp : 024 – 6722000 / 6723000
  • Astra Daihatsu Tegal Jalan Kol. Sugiono No. 104 – Tegal Telp : 0283 – 359676 / 359677
  • Armada International Purwokerto Jalan Gerilya Timur No. 28 Purwokerto Telp : 0281 – 625111
  • Nasmoco Tegal Jalan Martoloyo 113 – 115 – Tegal Telp : 0283 – 353888 / 350866

Graha Astra Buana tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hingga tahun 2018, Astra Buana mendirikan kantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang di berbagai wilayah. Berikut daftar kantor pusat dan cabang Astra Buana:

Kantor Pusat Astra Buana TB Simatupang

Graha Asuransi Astra

Jalan TB Simatupang Kav. 15, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta 12440

Telp: (021) 1500112

Email: [email protected]

Alamat Kantor Cabang Astra Buana

  • Balikpapan: Jalan MT Haryono RT 12 No. 1, Balikpapan Selatan, Balikpapan 76114
  • Bandar Lampung: Jalan P. Diponegoro No. 70, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung 35214
  • Bandung: Jalan Ir. H. Juanda No. 80, Bandung 40243
  • Banjarmasin: Jalan A. Yani Km. 3,5 No. 66, Banjarmasin 70369
  • Bekasi: Ruko Sun City Blok A. Jalan M. Hasibuan, Bekasi 17141
  • Bogor: Jalan Pajajaran No. 39, Bogor 16151
  • Cirebon: Jalan R. A. Kartini No. 63 A, Cirebon 45123
  • Denpasar: Jalan Teuku Umar No. 80, Denpasar 80113
  • Jambi: Jalan Soemantri Brojonegoro Blok. C No. 11 Sipin, Jambi 36135
  • Makassar: Jalan Dr. Ratulangi No. 92, Makassar 90125
  • Malang: Jalan Letjen Sutoyo No. 1, Malang 65141
  • Manado: Ruko Boulevard No. 8 Jalan Piere Tendean, Titiwungen Sario, Manado 95113
  • Medan: Jalan Imam Bonjol No. 15 A, Medan 20112
  • Padang: Jalan Rasuna Said No. 83, Padang Baru 25114
  • Palembang: Jalan Veteran No. 2, Palembang 30113
  • Pekanbaru: Jalan Jend. Sudirman No. 121 D, Pekanbaru 28125
  • Samarinda: Komp. Mall Lembuswana Blok. D 15 Jalan S. Parman, Samarinda 75123
  • Semarang: Jalan Pandanaran No. 92, Semarang 50134
  • Solo: Jalan Ir. Soekarno, Solo Baru, Madegondo Sukoharjo, Solo
  • Surabaya: Jalan Diponegoro 173-175, Surabaya 60264
  • Yogyakarta: Pacific Building Lt.2 Suite 209 Jalan Laksda Adisucipto No. 157, Yogyakarta

Berikut ini daftar beberapa perusahaan asuransi swasta berizin OJK yang menyediakan asuransi seperti Astra Buana sebagai pertimbangan dalam memilih perusahaan asuransi:

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.asuransiastra.com/
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/jumlah-pelanggan-meningkat-asuransi-astra-buka-cabang-baru-di-kediri
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/astra-financial-berikan-bantuan-rp-1357-miliar-untuk-tangani-corona
  • https://www.gridoto.com/read/221001317/mau-tahu-berapa-premi-asuransi-mobil-kamu-ini-hitungannya
  • https://sekuritas.co.id/cara-melakukan-refund-asuransi-mobil/
  • https://www.mobilinanews.com/artikel/7370/Bagaimana-Cara-Mencairkan-Uang-Premi-Asuransi-Jika-Mobil-Hendak-Dijual-/
Hanifah Nurul
Penulis Hanifah Nurul Eks jurnalis bidang moneter, keuangan, dan gaya hidup yang memberikan pencerahan finansial lewat tulisan sederhana. Lihat profile penulis