Asuransi AXA Mandiri

4.5 / 5.0 (2.229 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

AXA Mandiri

AXA Mandiri  merupakan perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan AXA Group. Perusahaan asuransi patungan ini berada di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services. Produk yang ditawarkan sangat cocok baik bagi nasabah individu yang mencari proteksi asuransi jiwa dan asuransi kendaraan. 

Untuk pilihan asuransi jiwa, AXA Mandiri unggul dengan polis Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera sebab memberikan proteksi hingga nasabah berusia 100 tahun. Sementara pilihan asuransi kendaraan, terdapat pilihan AXA Mandiri mobil yang memiliki sekitar 350 bengkel rekanan yang tersebar luas di wilayah Indonesia. 

Ringkasan 

  • (+) AXA Mandiri memiliki daftar kantor cabang yang tersebar luas di Indonesia.
  • (+) AXA Mandiri pernah mendapatkan predikat Top Agent Telemarketing pada acara Top Agent Awards AAJI.
  • (+) Pilihan produk asuransi sangat lengkap 
  • (+) Keuangan perusahaan sehat dan mampu melampaui ketetapan POJK

Sejarah Asuransi AXA Mandiri

Dilansir dalam situs resminya, AXA Mandiri merupakan perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan AXA Group. AXA Mandiri memiliki dua anak perusahaan PT AXA Mandiri Financial Services yang berfokus pada asuransi jiwa dan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) berfokus pada asuransi umum. Produk asuransi yang dihadirkan tersedia untuk nasabah individu dan kumpulan, serta pilihan  asuransi unit link atau investasi sekaligus. 

Saat ini AXA Mandiri hadir dengan layanan financial advisor yang berperan penting dalam merencanakan dan memasarkan produk asuransi sesuai dengan kebutuhan nasabah. Financial advisor AXA Mandiri ini juga akan memberikan solusi pelayanan klaim ataupun komplain dari nasabah. 

Jika dilihat dari sejarahnya, asuransi AXA Mandiri telah berdiri sejak tahun 2004 dan berfokus pada produk asuransi jiwa saja. Melihat kesuksesan atas proteksi jiwa, AXA Mandiri kemudian melebarkan sayap pada pasar asuransi umum di tahun 2011.

Pada bulan Desember 2019, PT Asuransi AXA Indonesia (AGI) resmi bergabung atau merger dengan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Artinya, seluruh pembayaran klaim hingga kewajiban dari polis asuransi yang sebelumnya diterbitkan oleh AGI, kini menjadi tanggung jawab MAGI.

Hingga kini, perusahaan patungan antara Bank Mandiri dan AXA Group ini menghadirkan pilihan produk asuransi yang lengkap, mulai dari proteksi jiwa, kesehatan, aset, hingga layanan keuangan dan investasi.

PT AXA Mandiri Financial Services dalam hal ini adalah AXA Mandiri terdaftar sebagai perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Selain itu, PT AXA Mandiri Financial Services juga telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasar Surat Izin Usaha no. S-071/MK.6/2004 tanggal 11 Februari 2004.

PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) merupakan anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP-825/KM.10/2011 dan tanggal izin usaha 8 November 2011.

Pelayanan dan jasa yang diberikan dalam melindungi nasabahnya mengantarkan AXA Mandiri menerima berbagai penghargaan. Berikut ini deretan prestasi dan penghargaan yang diterima oleh AXA Mandiri: Best Bancassurance di Indonesia 2013; Top Ten Producer Asuransi Gempa Bumi (MAIPARK Award 2013); Best Insurance Companies 2014; Contact Center Service Excellence Award (CCSEA); Excellent Service Experience Award (ESEAward) 2015; Excellent Service Experience Award (ESEAward) 2016; Top 5 Financial Performances for Insurance Company with Assets Between 1-2 T (Indonesia Best Insurance Award 2019 – Warta Ekonomi); Top Agent in Telemarketing di Top Agent Awards Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (TAA-AAJI) ke-32 2019.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standarisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Melihat laporan keuangan triwulan IV 2019, performa perusahaan PT AXA Mandiri Financial Services adalah sebagai berikut:

  • Rasio solvabilitas: 591 persen
  • Jumlah aset: Rp30,831 triliun
  • Ekuitas: Rp2,646 triliun

Mengacu pada laporan keuangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa AXA Mandiri Financial Services memiliki keuangan perusahaan yang sangat sehat. Bahkan rasio solvabilitas (RBC) perusahaan mengalami peningkatan sekitar 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Artinya, AXA Mandiri Financial Services mampu memenuhi kebutuhan klaim nasabah hingga tuntas.

Mengikuti ketentuan Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 71/POJK.05/2016) minimal rasio solvabilitas perusahaan asuransi adalah 120 persen, ekuitas Rp100 miliar, dan aset Rp150 miliar.

Jika mengacu pada laporan keuangan perusahaan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) (Audited) per 30 September 2019 adalah sebagai berikut:

  • Rasio solvabilitas: 287 persen
  • Jumlah aset: Rp1,314 triliun
  • Ekuitas: Rp519 miliar

Dari laporan keuangan perusahaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa MAGI memiliki kesehatan keuangan perusahaan yang cukup baik atau sesuai dengan standar OJK. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, rasio solvabilitas MAGI mengalami peningkatan sekitar 20 persen. Artinya, dapat dilihat bahwa keuangan perusahaan membaik di tahun 2019.

 
 

Produk AXA Mandiri

Produk asuransi AXA Mandiri dikelola oleh dua anak perusahaannya, yaitu PT AXA Mandiri Financial Services dan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). AXA Mandiri menghadirkan pilihan proteksi untuk nasabah individu dan karyawan perusahaan (corporate solution). 

Berikut pilihan produk yang dimiliki AXA Mandiri: 

Asuransi Kesehatan 

Produk asuransi kesehatan AXA Mandiryang memberikan jaminan solusi finansial jika nasabah mengalami risiko kesehatan. Asuransi kesehatan AXA Mandiri terbagi menjadi enam pilihan polis yang berbeda. Selain itu, premi asuransi kesehatannya juga cukup terjangkau yaitu mulai dari sekitar Rp100 ribu. Namun, untuk besaran premi akan disesuaikan dengan profil nasabah, ya. 

Asuransi Jiwa

Produk asuransi yang memberikan santunan meninggal dunia sebagai solusi finansial untuk keluarga yang ditinggalkan. Asuransi jiwa AXA Mandiri terbagi menjadi delapan pilihan polis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Adapun masa pertanggungan polis asuransi jiwa menanggung hingga nasabah berusia 100 tahun. 

Asuransi Umum

Produk asuransi yang memberikan solusi finansial atas risiko kerugian kendaraan, selama melakukan perjalanan atau AXA Mandiri travel insurance , kecelakaan diri, dan tanggung jawab hukum ketiga. Asuransi umum AXA Mandiri terbagi menjadi delapan polis yang berbeda. 

Asuransi Penyakit Kritis

Produk asuransi yang memberikan pertanggungan finansial ketika nasabah terdiagnosa salah satu dari jenis penyakit kritis yang ditanggung. Keunggulan dari produk asuransi penyakit kritis AXA Mandiri ini adalah salah satu polisnya, yaitu Asuransi Mandiri Proteksi Kanker memberikan manfaat pengembalian premi hingga 25 persen jika selama tiga tahun polis berjalan tidak ada klaim. 

Asuransi Aset

Produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas risiko kerugian aset seperti peralatan elektronik, alat berat, hingga alat-alat industri. Jenis asuransi ini sangat cocok khususnya untuk nasabah yang memiliki perkantoran atau pabrik, sebab risiko terjadinya kerugian lebih besar. 

Asuransi Pendidikan

Produk asuransi yang memberikan santunan meninggal dunia berupa dana pendidikan untuk anak yang ditinggalkan. Umumnya dana pendidikan ini diberikan secara berkala, sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak. Adapun asuransi pendidikan AXA Mandiri terbagi menjadi lima polis yang berbeda. Di antaranya dapat digabungkan dengan manfaat unit link atau investasi sekaligus. 

Asuransi Pensiun 

Produk asuransi yang memberikan santunan tunai sebagai jaminan hari tua. Cara kerjanya serupa dengan tabungan berjangka, di mana nasabah melakukan setoran rutin setiap bulannya hingga jangka waktu yang ditentukan. Tabungan DPLK AXA Mandiri tidak dapat ditarik hingga masa jangka waktu yang ditentukan telah habis. Jenis asuransi pensiun ini sangat cocok khususnya untuk nasabah yang ingin merencanakan dana pernikahan, perjalanan ibadah, dan lain sejenisnya. 

Corporate Solution

Produk asuransi yang memberikan proteksi asuransi untuk tertanggung karyawan perusahaan. Adapun corporate solution atau asuransi karyawan AXA Mandiri ini terbagi menjadi 15 pilihan polis yang berbeda. Mulai dari proteksi asuransi kesehatan karyawan, asuransi jiwa karyawan, asuransi properti, dan lain sejenisnya. 

 

Daftar Polis AXA Mandiri

Produk yang dihadirkan oleh AXA Mandiri terbagi menjadi delapan kategori yang berbeda, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi umum, asuransi penyakit kritis, asuransi aset, asuransi pendidikan, asuransi pensiun atau DPLK AXA Mandiri, dan corporate solution. 

Berikut pilihan polis asuransi AXA Mandiri yang bisa dipertimbangkan:

Asuransi Kesehatan

Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi kesehatan dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga usia 100 tahun. 

  • Santunan meninggal dunia hingga usia nasabah berusia 100 tahun
  • Tambahan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga nasabah berusia 77 tahun
  • Manfaat pertanggungan rawat inap di seluruh negara ASEAN
  • Pertanggungan biaya rawat jalan
  • Manfaat santunan harian atas risiko rawta inap di rumah sakit
  • Pertanggungan biaya sesudah dan sebelum rawat inap
Asuransi Kesehatan 

Asuransi Mandiri Solusi Kesehatan

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi kesehatan mulai dari pertanggungan rawat inap rumah sakit, santunan meninggal dunia karena kecelakaan hingga nasabah berusia 65 tahun.

  • Penggantian biaya kamar rawat inap di rumah sakit maksimal 90 hari dalam setahun
  • Penggantian biaya kamar ICU di rumah sakit maksimal 30 hari dalam setahun
  • Pertanggungan biaya pembedahan
  • Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan
  • Manfaat pengembalian premi 50% jika tidak ada klaim hingga 5 tahun berturut-turut polis berjalan
Asuransi Kesehatan

Asuransi Mandiri Kesehatan Prima 

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi kesehatan keluarga tanpa harus melakukan medical check up terlebih dahulu.

  • Santunan harian atas risiko rawat inap di rumah sakit
  • Tidak perlu melakukan medical check-up, hanya perlu menjawab 3 pertanyaan kesehatan
  • Menanggung kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition)
  • Asuransi kesehatan berlaku hingga di seluruh dunia
  • Polis asuransi dapat diperpanjang hingga nasabah berusia 99 tahun
Asuransi Kesehatan

Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi kesehatan atas risiko penyakit disebabkan oleh nyamuk, lalat, dan lain-lain.

  • Pertanggungan biaya rumah sakit
  • Manfaat pengembalian premi 30% jika tidak ada klaim hingga polis berakhir
  • Asuransi berlaku untuk negara-negara ASEAN
Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan SmartCare Executive 

Polis asuransi di bawah naungan PT Mandiri AXA General Insurance yang memberikan manfaat asuransi kesehatan, rawat jalan, dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.

  • Santuan harian atas rawat inap sesuai tagihan rumah sakit.
  • Pertanggungan biaya sebelum dan sesudah rawat inap
  • Manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan
  • Manfaat pertanggungan biaya rawat jalan
Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan International Exclusive

Polis asuransi di bawah naungan PT Mandiri AXA General Insurance yang memberikan manfaat asuransi kesehatan hingga jangkauan luar negeri.

  • Santuan harian atas rawat inap sesuai tagihan rumah sakit.
  • Pertanggungan biaya sebelum dan sesudah rawat inap
  • Manfaat pertanggungan biaya perawatan gigi disesuaikan dengan plan
  • Manfaat pertanggungan biaya perawatan mata disesuaikan dengan plan
  • Asuransi berlaku hingga jangkauan luar negeri
Asuransi Jiwa 

Asuransi Mandiri Legacy Plan Prestise 

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi jiwa unit link atau investasi sekaligus.

 
Asuransi Jiwa

Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera 

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi jiwa unit link hingga nasabah berusia 100 tahun.

  • Manfaat santunan meninggal dunia
  • Terdapat nilai investasi sekaligus
  • Terdapat 9 pilihan investasi
  • Polis asuransi dapat diperpanjang hingga nasabah berusia 100 tahun
  • Terdapat manfaat loyalty bonus
  • Nilai investasi berkembang sesuai dengan nilai pasar
Asuransi Jiwa

Asuransi Mandiri Investasi Prestise 

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi jiwa unit link dengan pengelolaan dana investasi optimal.

  • Manfaat santunan meninggal dunia
  • Terdapat nilai investasi pasar dalam dan di luar negeri
  • Terdapat pilihan manfaat asuransi tambahan lengkap
Asuransi Jiwa

Asuransi AXA Mandiri Elite plan

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi jiwa unit link dengan alokasi 5 persen dari premi untuk dana investasi.

  • Asuransi jiwa menanggung hingga usia nasabah 100 tahun
  • Nilai investasi berkembang sesuai dengan nilai pasar
  • Manfaat tambahan: asuransi kecelakaan diri, asuransi penyakit kritis, dan asuransi kesehatan
Asuransi Jiwa

Asuransi AXA Mandiri Secure Plan

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services yang memberikan manfaat asuransi jiwa dengan manfaat pengembalian premi hingga 110 persen.

  • Masa polis asuransi berjangka selama 10 tahun dengan pembayaran premi 5 tahun
  • Tidak terdapat masa tunggu untuk pengajuan produk
  • Manfaat pengembalian premi 110% jika tidak ada klaim hingga 10 tahun polis asuransi berjalan
  • Terdapat masa mempelajari polis selama 20 hari
Asuransi Jiwa

Asuransi AXA Mandiri Proteksi Diri

Polis asuransi di bawah naungan PT Mandiri AXA General Insurance yang memberikan manfaat asuransi jiwa lengkap dengan asuransi kecelakaan diri sekaligus.

  • Manfaat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan
  • Manfaat santunan cacat tetap akibat kecelakaan
  • Menanggung nasabah hingga usia 60 tahun
Asuransi Umum

Asuransi AXA Mandiri RTI-GAP

Polis asuransi di bawah naungan PT Mandiri AXA General Insurance adalah asuransi yang memberikan proteksi finansial terhadap kendaraan bermotor.

  • Manfaat perlindungan harga awal kendaraan.
  • Jaminan terhadap selisih antara nilai penggantian yang diterima polis asuransi kendaraan bermotor apabila terjadi kerugian total (baik yang dikarenakan kerusakan, kebakaran, maupun pencurian) dengan harga pembelian awal kendaraan.
Asuransi Umum

Asuransi Mandiri AXA Hospital Plan

Polis asuransi di bawah naungan PT Mandiri AXA General Insurance adalah asuransi hospital cash plan yang memberikan santunan harian atas rawat inap di rumah sakit.

  • Santunan tunai harian untuk rawat inap di rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan
  • Santunan cacat tetap hingga kematian dan pemakaman akibat kecelakaan.
  • Seleksi kesehatan sederhana, yaitu menjawab pertanyaan sederhana terkait kesehatan tanpa perlu melakukan medical check-up.
Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi Mandiri Proteksi Kanker Dini 

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services adalah asuransi yang memberikan proteksi finansial atas risiko penyakit kanker.

  • Manfaat uang pertanggungan atas biaya perawatan kanker
  • Manfaat santunan meninggal dunia
  • Terdapat manfaat pengembalian premi jika tidak ada klaim
  • Pertanggungan biaya rawat inap di rumah sakit
Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi Mandiri Proteksi Kanker Dini 

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services adalah asuransi yang memberikan proteksi finansial atas risiko penyakit kritis.

  • Santunan atas risiko diagnosis penyakit kritis sejak stadium awal.
  • Santunan meninggal dunia
  • Terdapat manfaat investasi sekaligus
  • Terdapat manfaat loyalty bonus, atau mampu bertahan hidup hingga masa polis berakhir
Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi Mandiri Heart Protection

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services adalah asuransi yang memberikan proteksi finansial atas risiko penyakit jantung.

  • Santunan atas risiko diagnosis penyakit jantung
  • Terdapat manfaat pengembalian premi
  • Menanggung hingga nasabah berusia 65 tahun
Asuransi Penyakit Kritis

Asuransi Mandiri Proteksi Jantung

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services adalah asuransi yang memberikan proteksi finansial atas risiko penyakit jantung serta santunan meninggal dunia sekaligus. 

  • Santunan harian rawat inap di rumah sakit akibat sakit jantung
  • Manfaat santunan meninggal dunia akibat jantung
  • Menanggung hingga nasabah berusia 60 tahun
  • Terdapat manfaat pengembalian premi (opsional)
Asuransi Pendidikan

Asuransi Mandiri Tabungan Rencana 

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services adalah  produk asuransi tabungan guna membantu nasabah mempersiapkan rencana masa depan, baik pernikahan, sekolah, ibadah, wisata, dan pensiun.

  • Fleksibilitas dalam menentukan dan mengubah setoran bulanan.
  • Jangka waktu yang fleksibel 1 hingga 20 tahun.
  • Pengajuan asuransi tanpa melalui proses underwriting.
  • Periode sisa angsuran akan dilanjutkan apabila tertanggung meninggal dunia atau menderita cacat tetap total.
Asuransi Pendidikan

Asuransi Mandiri Elite Plan

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services adalah produk asuransi berbalut investasi yang dapat digunakan sebagai jaminan finansial kepada ahli waris.

  • Manfaat santunan meninggal dunia
  • Manfaat dana investasi.
  • Berbagai macam manfaat dari perlindungan asuransi tambahan.
Asuransi Pendidikan

Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera – Solusi Dana Pendidikan

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services adalah produk asuransi jiwa yang memberikan santunan meninggal dunia beruna dana pendidikan.

  • Manfaat santunan meninggal dunia
  • Pembebasan premi jika terjadi risiko meninggal dunia atau cacat tetap
  • Manfaat tambahan: atas risiko cacat tetap dan penyakit kritis
  • Berbagai macam manfaat dari perlindungan asuransi tambahan.
Corporate Solution 

Asuransi Mandiri Corporate Health Plan 

Polis asuransi di bawah naungan PT AXA Mandiri Financial Services adalah produk asuransi karyawan yang memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawan dengan manfaat menyeluruh.

  • Pemberian 100 persen uang pertanggungan apabila terjadi risiko kematian atau cacat total dan sebagian
  • Penggantian biaya untuk perawatan rawat inap atau rawat jalan di rumah sakit.
  • Penggantian biaya perawatan gigi.
  • Penggantian biaya melahirkan.
  • Penggantian biaya kacamata.
Corporate Solution 

Asuransi Mandiri SmartCare Executive SME  

Polis asuransi di bawah naungan PT Mandiri AXA General Insurance adalah produk asuransi karyawan yang memberikan perlindungan pertanggungan finansial atas risiko kesehatan.

  • Penggantian biaya untuk perawatan rawat inap atau rawat jalan di rumah sakit.
  • Pertanggungan atas risiko kecelakaan diri
  • Pertanggungan biaya melahirkan, perawatan gigi, dan perawatan mata
  • Memiliki lebih dari 700 rumah sakit rekanan
 

Testimoni Nasabah AXA Mandiri 

AXA Mandiri memiliki reputasi yang cukup terkenal baik di dalam hingga luar negeri. Hanya saja, beberapa waktu lalu AXA Mandiri sempat tersandung isu yang kurang mengenakan. Pasalnya, beberapa nasabah dari PT AXA Mandiri Financial Services merasa dirugikan akibat penurunan investasi dari perusahaan gabungan Bank Mandiri dan AXA Group ini. 

Beberapa keluhan disampaikan lewat media sosial seperti Facebook dan Twitter, di mana nasabah membagikan keluh kesahnya lantaran kecewa karena tidak mendapatkan keuntungan, justru rugi hingga puluhan juta rupiah. Salah satu testimoni AXA Mandiri adalah sebagai berikut: 

“Saya minta pengembalian dana karena saya sudah dirugikan 5 tahun ikut deposito jangka panjang Rp50 juta tapi malah sisa Rp26 juta. Saya tidak minta keuntungan, balik modal saja sudah syukur,” begitu keluhan salah satu nasabah asal Kalimantan ini yang disampaikan melalui media sosial Twitter. 

Tanggapan AXA Mandiri 

Melihat keluh kesah nasabahnya, Rudy Kamdani selaku Direktur Kepatuhan AXA Mandiri tidak tinggal diam dan langsung memberikan tanggapan terkait keluhan nasabah tersebut. Menurutnya, produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi atau unit link memiliki risiko fluktuasi. Artinya, manfaat investasi tidak dapat dijamin dan bergantung pada jenis investasi yang dipilih. Jika investasi ditempatkan pada pasar modal, maka return atau hasil kinerjanya dan harga unit AXA Mandiri akan mengikuti pergerakan bursa. 

Rudy Kamdani menjelaskan kepada Bisnis.com bahwa setiap aspirasi yang disampaikan nasabah telah ditindaklanjuti secara serius. Bahkan, AXA Mandiri telah membentuk satuan tugas khusus yang berfungsi untuk menangani aspirasi nasabah tersebut. 

 

Klaim AXA Mandiri

Pada umumnya, ada dua cara klaim asuransi kesehatan yang tersedia di Indonesia, yaitu cashless atau non tunai dan reimbursment. 

  • Klaim cahsless: hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi kepada pihak rumah sakit untuk kemudian bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi AXA Mandiri.
  • Klaim reimbursement: nasabah harus membayarkan tagihan rumah sakit dengan dana pribadi terlebih dahulu. Kemudian mengajukan klaim pada pihak perusahaan asuransi untuk kemudian biaya tersebut digantikan.

Sementara untuk klaim asuransi jiwa bergantung pada polis yang dipilih. Umumnya cara klaim asuransi jiwa, ahli waris perlu mengajukan klaim meninggal dunia pada pihak perusahaan asuransi AXA Mandiri dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan. Jika klaim diterima, maka dana asuransi akan diberikan dalam bentuk tunai via transfer sesuai dengan perjanjian polis.

 

Rumah Sakit Rekanan AXA Mandiri

Asuransi AXA Mandiri memiliki rekanan rumah sakit dan klinik yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Mulai dari provinsi Aceh sampai dengan Papua dengan total ribuan rumah sakit. Berikut daftar beberapa rekanan rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan AXA Mandiri.

  • Cempaka Az Zahra: Jl. Pocut Baren No 36-38-40 Banda Aceh. Telepon: 0651-31066.
  • Abby, RSIA: Jl. Tgk Chik Ditiro No.28, Lancang Garam, Kec. Banda Sakti, Lhokseumawe, NAD. Telepon: 0645-6500284.
  • Advent Medan, RS: Jl. Gatot Subroto, Km. 4. Telepon: 061-4524875.
  • Advent Lampung, RS: Jl. Teuku Umar No. 48 Kedaton, Bandar Lampung. Telepon: 0721-703459
  • Ajiwaras, Klinik: Jl.Cilandak KKO No.45 A, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550. Telepon: 021-78836308/78835703.
  • Alvernia Agusta, RSIA: Jl. Pemuda No.80, Kel.Jati, Kec.Pulogadung Jakarta Timur. Telepon: 021-4705266.
  • Azra, RS: Jl. Raya Pajajaran, No.219 Bogor. Telepon: 0251-8318456
  • Advent Bandung, RS: Jl. Cihampelas No. 161 Bandung 40131. Telepon: 022-2038004-6.
  • Adi Husada Undaan Wetan, RS: JL.Undaan Wetan No.40-44 Surabaya. Telepon: 031-5321256/5318000.
  • Aisyiyah Bojonegoro, RS: Jl. Hasyim Asy’Ari, No.17 Bojonegoro Jawa Timur. Telepon: 0353-881748/881628.
  • Advent Manado, RS: Jl. 14 Februari, No.1, Teling Atas. Telepon: 0431-847950/858429.
  • Bali Jimbaran, RS: Jl. Kampus Unud No.52, Jimbaran Kuta Selatan. Telepon: 0361-4725123
  • Balikpapan Baru, RS: Komp. Balikpapan Baru Jl. Mt.Haryono Blok. A-A3. Telepon: 0542-877330.
  • Fatima Ketapang, RS: Jl. Jend Sudirman No. 27 Ketapang, Kalimantan Barat. Telepon: 0534-32814.
  • Biomedika, RS: Jl. Bung Karno No.143 Mataram NTB. Telepon: 0370-645137
  • Kasih Ibu Manado, RSIA: Jl. Wolter Monginsidi 1 Kompleks Bahu Mall Blok C-23 Kel. Bahu Kec. Malalayang Manado, Sulawesi Utara. Telepon: 0431-834780/834667
  • Puri Husada: Jl. Budi Utomo Ujung, Timika Papua. Telepon: 0901-3126661
 

Berita Terbaru AXA Mandiri

April 2020 - Nasabah AXA Mandiri berkeluh kesah melalui media sosial lantaran kecewa karena tidak mendapatkan keuntungan dari nilai investasi atau asuransi unit link mereka. Menanggapi hal tersebut, Direktur Kepatuhan AXA Mandiri menjelaskan bahwa asuransi investasi bersifat fluktuatif, artinya keuntungannya tidak dapat dijamin karena bergantung pada jenis investasi yang dipilih. Meski begitu, AXA Mandiri telah menindaklanjuti aspirasi nasabah tersebut dengan membentuk satuan tugas khusus untuk menangani aspirasi nasabah tersebut.

Maret 2020 - Melalui Surat Keputusan Nomor KEP-5.D.05/2020 tanggal 17 februari 2020 terkait Pencabutan Izin Usaha Perusahaan Asuransi Umum AGI, resmi melakukan penggabungan usaha ke PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Benny Waworuntu selaku Direktur Kepatuhan MAGI menjelaskan bahwa proses penggabungan dua perusahaan asuransi umum ini diharap mampu mengoptimalkan layanan serta menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia. Dengan resminya proses merger ini, pembayaran klaim dan kewajiban dari polis nasabah AGI kini sepenuhnya menjadi tanggung jawab MAGI.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi AXA Mandiri, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

 

AXA Mandiri merupakan perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan AXA Group. AXA Mandiri terbagi menjadi dua anak perusahaan yaitu PT AXA Mandiri Financial Services Services (asuransi jiwa) dan PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI) (asuransi umum). AXA Mandiri unggul dengan produk asuransi unit link nya. Artinya, sebagian besar polis asuransi dari AXA Mandiri dikaitkan dengan nilai investasi sekaligus. 

Financial advisor adalah salah satu layanan dari AXA Mandiri yang berperan penting dalam merencanakan dan memasarkan produk asuransi sesuai dengan kebutuhan nasabah. Financial advisor AXA Mandiri bertugas memberikan solusi pelayanan klaim ataupun komplain dari nasabah. Anda juga bisa menanyakan informasi cek saldo AXA Mandiri atau limit asuransi pada financial advisor ini. 

Bisa, jika polis yang dipilih memberikan masa mempelajari polis. Masa mempelajari polis adalah waktu yang diberikan oleh pihak perusahaan untuk nasabah mempelajari polis, biasanya 14 hari. Jika dalam masa mempelajari polis nasabah ingin melakukan pembatalan, maka tidak akan dikenakan biaya apapun. Namun jika masa mempelajari polis telah berlalu dan polis sudah berjalan, maka polis yang dipilih tidak dapat dibatalkan. 

Apabila ingin mengajukan penutupan polis, maka dapat menghubungi agen asuransi terkait yang sebelumnya membantu Anda dalam aktivasi polis. Atau bisa juga mendatangi langsung kantor AXA Mandiri. Umumnya, ketika melakukan penutupan polis, premi yang telah dibayarkan akan hangus. 

Asuransi AXA Mandiri berfokus pada asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi umum, dan asuransi karyawan. Untuk ulasan lengkap tiap produknya dapat melihat poin Produk AXA Mandiri.

Manfaat asuransi bergantung pada polis yang dipilih. Adapun polis yang dapat dipilih mencakup asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi umum, asuransi pensiun atau DPLK AXA Mandiri, asuransi pendidikan, asuransi karyawan, dan unit link. 

Cari tahu tabel premi asuransi kesehatan AXA Mandiri atau premi asuransi AXA Mandiri lainnya dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran dapat dilakukan dengan mengisi surat kuasa pendebetan yang terlampir pada Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ). Namun perlu diketahui, cara ini hanya bisa dilakukan untuk polis rupiah dan jenis rekening rupiah.

Pembayaran ini hanya ditujukan bagi nasabah AXA Mandiri yang menggunakan polis USD atau dolar Amerika Serikat. Apabila Anda pemegang polis USD, maka pembayaran premi asuransi AXA Mandiri dapat dikirim melalui:

PT AXA Mandiri Financial Services

Bank Mandiri

Cab. Gatot Subroto, Jakarta

070-000-499999-6 (USD)

Keterangan:

  • Pembayaran overbooking via Bank Mandiri harap dituliskan nomor polis dan nama pemegang polis/tertanggung, di kolom berita.
  • Untuk bukti pembayaran dengan metode transfer harus dikirimkan via fax ke: Customer Service Dept. – UP Collection melalui nomor +622130057800.
  • Pernyataan transaksi akan dikirimkan ke alamat nasabah sesuai dengan data alamat nasabah yang ada di PT AXA Mandiri Financial Services, setelah dana efektif di rekening PT AXA Mandiri Financial Services.
  • Sebagai konfirmasi atas penerimaan pembayaran premi, pernyataan transaksi akan diterbitkan berdasarkan permintaan nasabah.

Cara klaim asuransi AXA Mandiri disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Sila cek laman Layanan Nasabah kemudian Pengajuan Klaim pada situs axa-mandiri.co.id untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari AXA Mandiri.

Umumnya, jika pengajuan klaim telah disetujui, uang pertanggungan atau santunan akan cair dalam waktu 14 hari kerja. 

Santunan atau uang pertanggungan AXA Mandiri baru dapat dicairkan jika telah terjadi kerugian yang ditanggung oleh polis asuransi yang dipilih. Sementara untuk asuransi unit link dapat kembali disesuaikan dengan polis yang dipilih. 

Asuransi AXA Mandiri memiliki rekanan rumah sakit dan klinik yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Mulai dari provinsi Aceh sampai dengan Papua dengan total ribuan rumah sakit. Berikut daftar beberapa rekanan rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan AXA Mandiri.

  • Cempaka Az Zahra: Jl. Pocut Baren No 36-38-40 Banda Aceh. Telepon: 0651-31066.
  • Abby, RSIA: Jl. Tgk Chik Ditiro No.28, Lancang Garam, Kec. Banda Sakti, Lhokseumawe, NAD. Telepon: 0645-6500284.
  • Advent Medan, RS: Jl. Gatot Subroto, Km. 4. Telepon: 061-4524875.
  • Advent Lampung, RS: Jl. Teuku Umar No. 48 Kedaton, Bandar Lampung. Telepon: 0721-703459
  • Ajiwaras, Klinik: Jl.Cilandak KKO No.45 A, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550. Telepon: 021-78836308/78835703.
  • Alvernia Agusta, RSIA: Jl. Pemuda No.80, Kel.Jati, Kec.Pulogadung Jakarta Timur. Telepon: 021-4705266.
  • Azra, RS: Jl. Raya Pajajaran, No.219 Bogor. Telepon: 0251-8318456
  • Advent Bandung, RS: Jl. Cihampelas No. 161 Bandung 40131. Telepon: 022-2038004-6.
  • Adi Husada Undaan Wetan, RS: JL.Undaan Wetan No.40-44 Surabaya. Telepon: 031-5321256/5318000.
  • Aisyiyah Bojonegoro, RS: Jl. Hasyim Asy’Ari, No.17 Bojonegoro Jawa Timur. Telepon: 0353-881748/881628.
  • Advent Manado, RS: Jl. 14 Februari, No.1, Teling Atas. Telepon: 0431-847950/858429.
  • Bali Jimbaran, RS: Jl. Kampus Unud No.52, Jimbaran Kuta Selatan. Telepon: 0361-4725123
  • Balikpapan Baru, RS: Komp. Balikpapan Baru Jl. Mt.Haryono Blok. A-A3. Telepon: 0542-877330.
  • Fatima Ketapang, RS: Jl. Jend Sudirman No. 27 Ketapang, Kalimantan Barat. Telepon: 0534-32814.
  • Biomedika, RS: Jl. Bung Karno No.143 Mataram NTB. Telepon: 0370-645137
  • Kasih Ibu Manado, RSIA: Jl. Wolter Monginsidi 1 Kompleks Bahu Mall Blok C-23 Kel. Bahu Kec. Malalayang Manado, Sulawesi Utara. Telepon: 0431-834780/834667
  • Puri Husada: Jl. Budi Utomo Ujung, Timika Papua. Telepon: 0901-3126661

Layanan nasabah atau call center AXA Mandiri dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, cek polis AXA Mandiri, klaim AXA Mandiri, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

  • Contact Center 021 3005 8788 (Senin–Jumat Pukul 08.00 – 17.00 WIB)
  • Alamat Kantor Pusat: Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Kuningan City, Jakarta 12940
  • Nomor Telepon: 021 3005 8788.
  • Faksimile: 021 30057800.
  • Situs Resmi: axa-mandiri.co.id.
  • Email: [email protected]
  • Facebook: facebook.com/axamandiri
  • Twitter: twitter.com/AXA_Mandiri

Asuransi AXA Mandiri memiliki kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Adapun daftar beberapa lokasi kantor AXA Mandiri sebagai berikut.

Alamat Kantor Pusat AXA Mandiri 

AXA Tower Lantai Dasar

Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Kuningan City, Jakarta 12940,

+62 21 3005 8788

Alamat Kantor Cabang AXA Mandiri

 

SUMATERA

  • Jalan Teuku H. Daud Beureuh No. 15 H Keuramat Kuta Alam Kota Banda Aceh, (0651) 23981
  • Jalan Mesjid Lama No. 167-168 Pasar 16 Ilir Kota, Palembang, (0711) 355057
  • Jalan Diponegoro No. 6, Banda Aceh, Aceh, (0651) 22010
  • Jalan Jend. Sudirman, Kel. Aek Kanopan, Kec. Kualuh Hulu, Kab. Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara, (0624) 693340
  • Jalan Jend. Sudirman No. 219, Bagan Sinembah Desa Bagan Batu Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir 2899, Riau, (0765) 51093
  • Jalan Patuan Nagari No.10Pardede OnanBaligeKab. Toba Samosir 22313,  (0632) 322431

KALIMANTAN

  • Jalan Mulawarman RT. 032 No. 122 A-B, Kel. Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, (0542) 771505
  •  Jalan Jend. Ahmad Yani No. 15 Klandasan Ulu Balikpapan Selatan Kota Balikpapan 76112, (0542) 422821
  • Ruko Balikpapan Baru Blok C No. 1 A-B, Jalan M.T. Haryono, Balikpapan, Kalimantan Timur, (0542) 8870125
  • Jalan Syarifudin Yoes Blok AB-6 No. 6, 76114, (0542) 7581428
  • Jalan Lambung Mangkurat No. 16, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, (0511) 3366408

JAWA

  • Pusat Perbelanjaan Pasar Atum Mall Lantai 2, Stand No. BA 25-29, Jalan Stasiun Kota, 60161,  (031) 3531820
  • Jalan Raya Pancasan No. 12, Ajibarang Kab. Banyumas 53163, (0281) 571855
  • Jalan Raya Sempidi No.40 Banjar Pande Sempidi Mengwi Kab. Badung 80351, (0361) 752060
  • Komplek Metro Indah Mall Kav. C-1, Jalan Soekarno Hatta No. 590 A, Sekejati, Margacinta, Bandung, Jawa Barat, (022) 7535657
  • Jalan Otto Iskandardinata No. 293, 40251, (022) 4224728
  • Jalan Siliwangi No. 3, 40132, (022) 2506858
  • Komplek STT Telkom, Jalan Japati No. 1, 40133, (022) 7512480
  • Jalan Ahmad Yani No. 82 Taman Baru Banyuwangi Kab. Banyuwangi 68416

Ada beberapa perusahaan asuransi lain yang telah memiliki izin OJK yang menyediakan asuransi seperti AXA Mandiri di antaranya:

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • axa-mandiri.co.id
  • https://finansial.bisnis.com/read/20200430/215/1234945/nasabah-axa-mandiri-mengeluh-rugi-jutaan-rupiah-ini-penjelasan-manajemen
  • https://finansial.bisnis.com/read/20200429/215/1234378/investasi-amblas-puluhan-juta-nasabah-axa-mandiri-tuntut-duit-dikembalikan
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis