• 2021-09-10-15.47.32
Cicilan 0%
Hemat 25%

BPJS Kesehatan

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Pelengkap BPJS Kesehatan Termurah 2021

Jika Anda mengutamakan manfaat asuransi yang lengkap dengan variasi pilihan rumah sakit yang lebih banyak, manfaat yang lebih fleksibel, pelayanan yang lebih cepat, serta proses klaim yang lebih mudah, maka memiliki asuransi kesehatan swasta sebagai pelengkap asuransi BPJS Kesehatan Anda adalah pilihan yang tepat.

Bahkan BPJS sendiri sudah bekerja sama dengan beberapa pihak asuransi swasta dalam program Coordination of Benefit (CoB), di mana jika manfaat BPJS Kesehatan tidak mencakup semua biaya perawatan, pasien bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi swasta tersebut.

Anda bisa menemukan asuransi kesehatan tersebut di Lifepal. Cek di sini untuk dapatkan premi asuransi dengan premi mulai dari Rp99 ribu/bulan dan juga diskon 10 persen!

Lihat pilihan terbaiknya di bawah ini:

Pilihan Asuransi Kesehatan Pelengkap BPJS

Tentang BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah badan hukum publik yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Lembaga ini memberikan kemudahan bagi seluruh warga Indonesia untuk memiliki akses kesehatan yang terjangkau tanpa diskriminasi. Dengan premi yang lebih murah dibandingkan asuransi kesehatan swasta, banyak warga yang berpikir bahwa mereka tidak perlu lagi memiliki asuransi kesehatan swasta.

Akan tetapi, sebenarnya banyak juga alasan mengapa asuransi kesehatan swasta masih dibutuhkan meskipun sudah memiliki BPJS. Sampai saat ini, BPJS Kesehatan masih belum bebas dari tantangan yang menyebabkan banyak pasien merasa kesulitan memanfaatkan program jaminan kesehatan umum ini.

Apa Saja Program BPJS Kesehatan?

Program BPJS Kesehatan terdiri atas berbagai perawatan kesehatan yang bisa dilakukan mulai dari faskes Puskesmas dan bertahap hingga tingkat Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Berikut ini layanan selengkpanya:

Pada dasarnya, program ini hanya dibedakan berdasarkan kelas untuk rawat inap. Adapun jenis kelas yang bisa dipilih disesuaikan dengan jenis kepesertaan berikut ini:

  • Peserta bukan penerima upah dan bukan pekerja dapat memilih salah satu dari jenis kelas yang diberikan, yaitu kelas I, II, atau III.
  • Bagi pekerja penerima upah hanya boleh memilih kelas I dan kelas II disesuaikan dengan upah yang diterima. Bagi peserta yang sudah berkeluarga, BPJS hanya dapat menanggung 5 (lima) anggota inti, yaitu: ayah, ibu, dan 3 anak. Anak ke-4 dan selanjutnya wajib membayar iuran tambahan disesuaikan dengan kelasnya.
  • Peserta bantuan iuran hanya berhak mendapatkan layanan kelas III.

Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan

Program BPJS Kesehatan secara umum memberikan jaminan biaya kesehatan bagi peserta dari tingkat Puskesmas hingga RSUP. Berikut ulasan mengenai manfaat BPJS Kesehatan dari program yang tersedia.

Siapa Saja Peserta BPJS Kesehatan?

Pada dasarnya, siapa pun dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan termasuk orang asing yang bekerja di Indonesia paling singkat selama enam bulan dengan membayar iuran yang sudah ditetapkan.

Dari berbagai program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, tidak semua peserta bisa mendapatkan layanan dan ketentuan yang sama. Hal tersebut berkaitan dengan jenis peserta sebagai berikut ini:

Iuran BPJS Kesehatan

Iuran BPJS Kesehatan sama seperti pembayaran premi kepada perusahaan asuransi. Iuran harus dibayar secara berkala oleh peserta, pemberi kerja, dan atau pemerintah kepada BPJS Kesehatan dengan berbagai cara yang sudah disediakan.

Iuran bagi pekerja penerima upah adalah 5 persen dari upah yang dilaporkan, berikut rinciannya:

Jenis PesertaIuran/Premi
Penerima upahPemberi upah
Pekerja penerima upah1 persen dari upah per bulan4 persen dari upah per bulan

Sementara, iuran bagi peserta bukan penerima upah dan bukan pekerja adalah sebagai berikut:

  • Fasilitas kelas I iurannya sebesar Rp80.000 per orang per bulan.
  • Fasilitas kelas II iurannya sebesar Rp51.000 per orang per bulan.
  • Fasilitas kelas III iurannya sebesar Rp25.500 per orang per bulan.

Namun, mulai 1 Januari 2021, melalui Perpres No.64/2020, iuran BPJS Kesehatan naik menjadi:

  • Fasilitas kelas I iurannya sebesar Rp150 ribu/bulan.
  • Fasilitas kelas II iurannya sebesar Rp100 ribu/bulan.
  • Fasilitas kelas III iurannya sebesar Rp35 ribu/bulan.

Iuran BPJS Kesehatan wajib dibayarkan setiap bulan paling lambat sebelum tanggal 10 (sepuluh) setiap bulannya.  Jika tanggal 10 jatuh pada hari libur, maka dapat dibayarkan pada hari kerja berikutnya. Bagi peserta penerima upah yang terlambat membayar iuran akan dikenakan denda admin sebesar 2 (dua) persen per bulan dari total iuran tertunggak dan ditanggung oleh pemberi kerja.

Cek Iuran BPJS Kesehatan Online

Cek iuran BPJS dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui aplikasi Mobile JKN, SMS, dan via website resmi. Berikut ini langkah-langkah cek BPJS Kesehatan online:

Cara Klaim BPJS Kesehatan

Layanan BPJS Kesehatan pada dasarnya bisa dilakukan di mana saja asalkan memenuhi persyaratan dan kriteria yang sudah ditentukan seperti peserta yang mengalami kegawatdaruratan untuk mencegah kematian, keparahan, dan kecacatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Selain itu, peserta juga dapat mendapatkan layanan jika berada di luar wilayah fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat peserta terdaftar.

Meski begitu, peserta juga harus mengikuti prosedur pelayanan kesehatan yang sudah ditentukan oleh lembaga ini, yaitu:

  • Pelayanan pertama dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama
  • Peserta dapat dilayani di faskes tingkat pertama sesuai dengan faskes yang dipilih atau terdaftar
  • Pelayanan di fasilitas kesehatan lanjutan harus berdasarkan rujukan dan indikasi medis dari dokter di faskes pertama
  • Pelayanan di faskes kesehatan tingkat ketiga harus mendapatkan rujukan dari faskes pertama atau faskes kedua
  • Rujukan harus sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh undang-undang

Layanan Peserta dan Call Center BPJS Kesehatan

Berikut adalah layanan peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, dapat mengunjungi kantor pusat atau menggunakan layanan call center yang tersedia. Selengkapnya simak di bawah ini:

Alamat Kantor Pusat BPJS Kesehatan

Jl. Letjen Suprapto Cempaka Putih
PO BOX 1391 JKT 10510
Telp: 021-4212938
Layanan 24 Jam: 1500 400

Sekilas Tentang BPJS Kesehatan

Kehadiran BPJS Kesehatan sesuai mandat negara yang menyelenggarakan program jaminan sosial nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. Jaminan kesehatan di Indonesia telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Adapun salah satu program terbaru dari BPJS Kesehatan adalah Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang mulai beroperasi sejak 1 Januari 2014 sebagai pengganti PT Asuransi Kesehatan (Askes).

Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS meliputi pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, rawat jalan, rawat inap, pelayanan kesehatan rujukan ke rumah sakit, rawat jalan lanjutan, dan rawat inap lanjutan.

Berita Terbaru BPJS Kesehatan

Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan

Berikut sejumlah pertanyaan yang sering diajukan oleh calon peserta ataupun peserta BPJS Kesehatan, baik terkait informasi tentang profil perusahaan, cara pencairan saldo dan lain sebagainya.

Chat Bantuan