Pengertian Asuransi Dwiguna

Pengertian asuransi dwiguna adalah asuransi yang memberikan manfaat asuransi jiwa dengan tambahan manfaat tabungan. Jadi, asuransi akan memberikan dua manfaat, yaitu uang pertanggungan dan dana tabungan.

Cara kerjanya pun sederhana, premi disetor nasabah akan dibagi ke dua tempat; sebagian untuk membeli asuransi jiwa dan sebagian lagi tabungan.

Karena memiliki manfaat ganda, preminya juga lebih besar daripada asuransi jiwa biasa. Uang pertanggungan yang diberikan juga relatif lebih sedikit dari asuransi jiwa biasa.

Biasanya, manfaat tabungan tersebut digunakan untuk tujuan tertentu seperti biaya pendidikan anak. Sehingga, anak bisa melanjutkan sekolah meskipun orang tua meninggal.

Nah, jika tertarik untuk memiliki asuransi dwiguna, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu pilihan polis dari perusahaan asuransi lainnya. Caranya mudah, tinggal isi formulir di bawah dan lihat detail polis dari berbagai perusahaan asuransi!
Bandingkan 500+ asuransi dwiguna UP hingga Rp10 miliar!
+62

Perbedaan Asuransi Dwiguna vs Unit Link

Polis asuransi dwiguna hampir mirip dengan unit link. Namun, terdapat sejumlah perbedaan signifikan, berikut penjelasannya:

1. Nilai tunai dan uang pertanggungan

Sebagian besar premi dalam polis dwiguna dialokasikan pada pos tabungan dan sisanya untuk membayar proteksi. Itulah sebabnya uang pertanggungan (UP) yang ditawarkan dwiguna relatif kecil namun preminya tinggi.

Oleh karena itu, tujuan produk ini adalah mengumpulkan dana, sementara unit link fokus pada mencari imbal hasil investasi.

2. Premi yang dibayarkan

Umumnya, premi dwiguna lebih besar karena target tabungan yang sudah ditentukan sejak awal. Sementara itu, unit link tidak menetapkan target tertentu dan ada potensi nilai tunai bertambah dari hasil investasi. Sehingga, minimum premi yang ditawarkan relatif lebih rendah.

3. Asuransi tambahan (rider)

Jumlah rider dalam unit link umumnya lebih beragam daripada dwiguna. Jika membeli asuransi dwiguna, sebaiknya tidak perlu menambahkan rider karena tujuan utamanya adalah untuk menabung.

Manfaat dan Pertanggungannya

Demikian penjelasan tentang pengertian asuransi dwiguna. Ketahui lebih lanjut tentang manfaat asuransi dwiguna, atau temukan pilihan produk asuransi dwiguna terbaik di Lifepal!
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan