PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)
PT Reasuransi Indonesia Utama atau Indonesia Re adalah perusahaan reasuransi milik pemerintah Indonesia dalam wujud Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan reasuransi berfungsi untuk memberikan pertanggungan ulang atas risiko pailit yang mungkin dihadapi oleh perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum.
PT Reasuransi Indonesia Utama didirikan pada tanggal 30 November 1985. Perusahaan ini melayani risiko klaim asuransi jiwa maupun asuransi umum dan terpilih menjadi Perusahaan Reasuransi Nasional (PRN) oleh pemerintah RI.
Pada awal berdiri, perusahaan yang biasa disebut Indonesia Re ini memiliki nama PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero). Indonesia Re hadir untuk mendorong pengembangan ekspor non migas.
Pada tahun 2014, PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) mengubah nama menjadi PT Asei Reasuransi Indonesia (Persero) yang memiliki anak perusahaan PT Asuransi Asei Indonesia. Setahun kemudian, perusahaan kembali mengubah namanya menjadi PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero).
Pada tahun 2014, PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) mengubah nama menjadi PT Asei Reasuransi Indonesia (Persero) yang memiliki anak perusahaan PT Asuransi Asei Indonesia. Setahun kemudian, perusahaan kembali mengubah namanya menjadi PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero).
Sebagai bukti unit usaha yang legal, PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) telah mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-108/D.05/2015. Tak hanya mengantongi izin dari OJK, perusahaan ini juga sudah tergabung dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).
Sebagai bukti unit usaha yang legal, PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) telah mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-108/D.05/2015. Tak hanya mengantongi izin dari OJK, perusahaan ini juga sudah tergabung dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).
Selama beroperasi, Indonesia Re telah berhasil merengkuh beragam penghargaan sebagai bentuk apresiasi dari berbagai pihak, baik terkait produk maupun pelayanan yang diberikan perusahaan kepada khalayak. Berikut sejumlah penghargaan yang pernah diraih perusahaan tersebut, di antaranya:
Selama beroperasi, Indonesia Re telah berhasil merengkuh beragam penghargaan sebagai bentuk apresiasi dari berbagai pihak, baik terkait produk maupun pelayanan yang diberikan perusahaan kepada khalayak. Berikut sejumlah penghargaan yang pernah diraih perusahaan tersebut, di antaranya:
- 2020: The Most Innovative Reinsurance Companies In Indonesia versi Iconomics
- 2020: Gold Winner – Market Domination and Brand Strength versi Iconomics
- 2019: Peringkat 2 – Big Corporate untuk kategori Hubungan dengan Stakeholder Terbaik
- 2019: Reasuransi Terbaik versi Majalah Investor
- 2019: Best Insurance versi Media Asuransi
- 2019: Best Reinsurance Company for Financial Performance versi Warta Ekonomi
- 2018: Best Reinsurance Company Indonesia
- 2018: Best Reinsurance Company
- 2018: Top Reasuransi versi Business News
- 2018: Innovative Company in Digital Services category Reinsurance versi Warta Ekonomi
Sebagai perusahaan reasuransi, PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) juga membagikan laporan keuangan tahunannya (annual report) sebagai bahan pertimbangan bagi para nasabah yang ingin menggunakan produk mereka. Berikut rincian laporan keuangan tahun 2020 Indonesia Re: Dari laporan keuangan di atas, PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) memiliki angka rasio solvabilitas yang cukup baik sebesar 214,90 persen. Yang mana, rasio tersebut telah berada di atas ketentuan yang sudah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu 120 persen. Dengan tingginya rasio solvabilitas ini, kemungkinan perusahaan mengalami gagal bayar akan semakin kecil. Sementara, jumlah ekuitas dan aset yang dimiliki perusahaan juga mampu melebihi ketentuan regulator, yakni di atas Rp200 miliar untuk ekuitas dan di atas Rp150 miliar untuk aset. Yang artinya, perusahaan memiliki kondisi finansial yang terbilang sehat.
Sebagai perusahaan reasuransi, PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) juga membagikan laporan keuangan tahunannya (annual report) sebagai bahan pertimbangan bagi para nasabah yang ingin menggunakan produk mereka. Berikut rincian laporan keuangan tahun 2020 Indonesia Re:
- Rasio solvabilitas: 214,90%
- Jumlah ekuitas: Rp3.429 triliun
- Jumlah aset: Rp10.491 triliun
Dari laporan keuangan di atas, PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) memiliki angka rasio solvabilitas yang cukup baik sebesar 214,90 persen. Yang mana, rasio tersebut telah berada di atas ketentuan yang sudah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu 120 persen. Dengan tingginya rasio solvabilitas ini, kemungkinan perusahaan mengalami gagal bayar akan semakin kecil.
Sementara, jumlah ekuitas dan aset yang dimiliki perusahaan juga mampu melebihi ketentuan regulator, yakni di atas Rp200 miliar untuk ekuitas dan di atas Rp150 miliar untuk aset. Yang artinya, perusahaan memiliki kondisi finansial yang terbilang sehat.
PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re)
Sebagai salah satu perusahaan reasuransi milik pemerintah Indonesia dalam wujud Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Indonesia Re menawarkan beberapa produk. Berikut produk Indonesia Re selengkapnya:
Reasuransi Jiwa
- Asuransi Jiwa
- Asuransi Kecelakaan Diri
- Asuransi Penyakit Kritis
- Asuransi Biaya Rumah Sakit
- Asuransi Kesehatan
- Asuransi Jiwa Kredit
- Asuransi Tabungan
- Asuransi Cacat Tetap Total
- Asuransi Pembebasan Premi
- Non Proportional Reinsurance
Reasuransi Umum
- Harta Benda
- Rekayasa
- Asuransi Pengangkutan
- Asuransi Rangka Kapal
- Asuransi Pesawat Udara
- Asuransi Motor
- Asuransi Aneka
- Asuransi Kredit
- Kontra Bank Garansi
- Surety Bond
Layanan Nasabah & Call Center PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re)
Layanan nasabah PT Reasuransi Indonesia Utama bisa diakses melalui berbagai media, seperti telepon, fax, dan email. Selain itu, perusahaan juga telah menempatkan kantor pusat untuk nasabah yang ingin mendapatkan pelayanan langsung (offline). Berikut informasi lengkapnya:
Alamat Kantor Pusat PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) Jl. Salemba Raya No. 30, Jakarta Pusat 10430, DKI Jakarta, Indonesia Call Center Indonesia Re: 62-21 3920101 Email: [email protected] Website: www.indonesiare.co.id Linkedin: id.linkedin.com/company/pt.-reasuransi-indonesia-utama-persero/ Twitter: twitter.com/indonesia_re/ |
Berita Terbaru Indonesia Re (PT Reasuransi Indonesia Utama)
September 2021 – PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) menjalin kerja sama (Memorandum of Understanding) dengan Kejaksaan Agung (Kejagung). Hasil kerja sama ini akan memperkuat posisi Indonesia Re sebagai perusahaan Reasuransi Nasional milik negara.
Selain memperkuat posisi Indonesia Re, penandatangan MoU ini juga akan mengantisipasi permasalahan hukum yang sedang dan akan terjadi kepada perusahaan, khususnya di mata hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.
April 2020 – PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) memprediksi bahwa jumlah klaim reasuransi akan meningkat. Sementara itu, pendapatan premi cenderung akan menurun karena adanya perlambatan di sejumlah sektor ekonomi. Direktur Pengembangan, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan Indonesia Re Eka Sjarief menjelaskan efek penyebaran virus Corona sudah mulai dialami oleh sejumlah sektor bisnis turut mengerek tingkat klaim reasuransi selama masa pandemi.
Menurutnya, potensi peningkatan klaim, utamanya pada lini bisnis asuransi kredit dan penjaminan, asuransi kesehatan, serta asuransi rangka kapal (marine hull). Pasalnya, sektor-sektor ini sangat terpengaruh oleh penyebaran virus Corona yang membuat operasionalnya jadi lebih terbatas.
April 2020 – PT Reasuransi Indonesia Utama berkontribusi untuk memerangi wabah virus Corona dengan menyumbangkan 500 unit Alat Pelindung Diri (APD) serta empat unit Bilik Disinfektan Cepat (BDC) kepada beberapa rumah sakit di Jakarta dan Bogor pada tanggal 16 April sampai 25 April 2020.
Sebanyak 250 unit APD disumbangkan kepada RS Fatmawati, 100 unit untuk RS Islam Pondok Kopi dan masing-masing 50 unit untuk RSPG Cisarua, RSU Matraman, RS Islam Pondok Kopi dan RS Rawa Lumbu. Sementara itu, 4 unit BDC disumbangkan untuk RS Islam Pondok Kopi, RSUD Tebet, dan RSUD Matraman.
Upaya ini bertujuan untuk membantu rumah sakit yang kekurangan APD dan BDC untuk memfasilitasi tenaga medis dalam merawat pasien terjangkit virus Corona.
Sementara itu, Indonesia Re juga turut memberantas Covid-19 dari dalam perusahaan. Untuk menjamin perlindungan dan keselamatan segenap karyawan Indonesia Re dari paparan Covid-19, perusahaan telah menerapkan protokol Covid-19, yang di antaranya meliputi pemeriksaan suhu tubuh bagi seluruh karyawan/tamu, penyediaan hand sanitizer di sepenjuru lingkungan kantor, penyemprotan cairan disinfektan secara rutin, hingga penerapan kebijakan kerja dari rumah (work from home).
Apabila ada karyawan atau keluarga karyawan yang statusnya jadi ODP, PDP, atau pasien terkonfirmasi, karyawan akan segera diminta untuk mengontak hotline COVID-19 (119 ext 9) dan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan rujukan.
Januari 2020 – Ketua MPR meminta BPK mengaudit seluruh yayasan dana pensiun dan perusahaan asuransi milik pemerintah, termasuk PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero). Audit BUMN perlu dilakukan agar publik mendapat gambaran jelas tentang skema dan investasi yang dilakukan.
Januari 2020 – Direktur Data Indonesia Herry Gunawan mengatakan kisruh keuangan yang melanda PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sangat mungkin memberikan dampak sistemik bagi lembaga jasa keuangan lain di Indonesia. Indonesia Re menjadi salah satu perusahaan reasuransi yang terkena dampak karena menempatkan dana Jiwasraya sebesar 52,28 persen.
Desember 2019 – Bank Syariah Mandiri (BSM) menandatangani kerja sama dengan PT Indonesia Reasuransi Utama (Indonesia Re). Bentuk kesepakatan tersebut adalah berupa penyediaan berbagai layanan baik pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja maupun cash management dengan prinsip syariah untuk Indonesia Re Group, perusahaan anak dan lingkungannya.
Oktober 2019 – Indonesia Re meluncurkan unit pelatihan dan pendidikan Re Institute untuk mendukung kemajuan asuransi nasional. Sebagai perusahaan yang diamanahkan pemerintah untuk menjadi Perusahaan Reasuransi Nasional (PRN), Indonesia Re menjadi garda terdepan dalam industri reasuransi yang terus bertumbuh.
Pertanyaan Seputar PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)
Berikut pertanyaan yang sering diajukan terkait PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero).
PT Reasuransi Indonesia Utama atau Indonesia Re adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang reasuransi yang berhubungan dengan jiwa dan kerugian. Indonesia Re sendiri didirikan pada tahun 1996 dan berkantor pusat di Jakarta.
Iya! PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) adalah bagian dari BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang 100 persen sahamnya oleh pemerintah Indonesia.
Perusahaan reasuransi adalah perusahaan yang memberikan pertanggungan ulang terhadap risiko finansial yang dihadapi oleh perusahaan asuransi. Sama seperti perusahaan asuransi, perusahaan reasuransi juga harus mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Adanya perusahaan reasuransi ini akan membantu perusahaan asuransi dalam hal:
- Memperbesar kapasitas penerimaan risiko-risiko oleh perusahaan asuransi.
- Stabilisasi keuntungan perusahaan asuransi.
- Meminimalkan cadangan teknis yang dibutuhkan perusahaan asuransi.
- Penyebaran risiko yang ditanggungnya.
- Mengembangkan kegiatan perusahaan asuransi.
Indonesia Re adalah perusahaan reasuransi terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar 31 persen berdasarkan premi kotor tahun 2018. Pasar yang luas tersebut adalah hasil dari luasnya program reasuransi yang ditawarkan Indonesia Re, mulai dari reasuransi jiwa hingga reasuransi umum. Selain itu, PT Reasuransi Indonesia Utama sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mendapat dukungan dari pemerintah yang pada akhirnya meningkatkan kapabilitas mereka dalam mengelola reasuransi.
Indonesia Re memiliki anak perusahaan PT Reasuransi Internasional Indonesia (ReINDO) yang berhasil mendapatkan peringkat AA (double A atau Stable Outlook) dari fitch rating. Selain itu, perusahaan juga berhasil meningkatkan peringkat perusahaan menjadi IdA+ (single A Plus; Stable Outlook) dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) pada periode 2014 – 2015.
Menurut lembaga pemeringkatan Fitch Ratings, Indonesia Re masih bisa mengelola sumber permodalan untuk mendukung risiko underwriting-nya, karena luasan bisnisnya yang berada di Indonesia, negara dengan risiko bencana yang tinggi. Jika diukur berdasarkan rasio solvabilitas, kapitalisasi Indonesia Re berada di 240 persen pada akhir Juni 2019.
PT Reasuransi Indonesia Utama mengelola dana lewat investasi secara konservatif. Indonesia Re memiliki strategi investasi campuran yang bijaksana dan likuid. Arus kas lancar dan pendapatan tetap menjadi sumber dari setengah aset yang diinvestasikan oleh perusahaan.
Semakin berkembangnya perusahaan, underwriting, investasi, dan operasional Indonesia Re juga semakin kompleks. Sehingga, risiko yang dihadapi juga semakin rumit. Di sisi lain, regulasi dari pemerintah juga lebih menekankan pada pengawasan berbasis risiko yang akhirnya meningkatkan tekanan kepada perusahaan supaya mulai melaksanakan manajemen risiko dengan lebih baik.
Manajemen risiko adalah suatu strategi dengan tujuan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengidentifikasi, menganalisis, serta mengelola risiko secara terpadu untuk menjamin kelangsungan hidup serta pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan pada tingkat yang diinginkan. Berikut komponen risiko yang dikelola:
- Risiko underwriting, yaitu risiko yang diterima perusahaan melalui kegiatan usaha reasuransi (reasuransi jiwa dan reasuransi umum).
- Risiko investasi, yaitu risiko yang berkaitan dengan pengelolaan dana perusahaan.
- Risiko non-financial, yaitu risiko yang ada pada setiap aspek perusahaan dan tidak berasal dari kegiatan bisnis, tetapi berpotensi untuk mengancam kelangsungan hidup perusahaan, misalnya risiko potensial, risiko legal, dan risiko terkait dengan strategi, dan sebagainya.
Manajemen yang dilakukan perusahaan terbagi menjadi dua aspek: hard side (kebijakan dan prosedur, sistem dan model, limit, pengukuran dan pelaporan, pengawasan) serta soft side (orang, organisasi, keahlian, budaya, nilai, insentif).
Kursi dirut PT Reasuransi Nasional Indonesia (Indonesia Re) diisi oleh Benny Waworuntu. Tentunya, beliau memiliki segudang pengalaman yang membuatnya ditunjuk sebagai dirut Indonesia Re.
Benny sendiri memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri asuransi jiwa, asuransi umum, dan reasuransi dengan beberapa jabatan yang beragam, seperti Presiden Komisaris PT AXA Financial Indonesia, Presiden Komisaris PT Asuransi AXA Indonesia, Komisaris PT AXA Asset Manajemen Indonesia, Director & Head Indonesia di Swiss Re, dan masih banyak lagi.
Berikut adalah daftar komisaris dan direksi PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re):
Dewan Komisaris Indonesia Re
- Komisaris Utama: Julian Noor
- Komisaris: Dadang Iskandar
- Komisaris: Dwi Pudjiastuti Handayani
- Komisaris: Muhammad Tonas
Dewan Direksi Indonesia Re
- Direktur Utama: Benny Waworuntu
- Direktur Pengembangan dan Teknologi Informasi: Putri Eka Sukmawati
- Direktur Teknik Operasi: Erickson Mangunsong
- Direktur Keuangan, Aktuaria, dan SDM: Maria Elvida Rita Dewi
- Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, dan Corporate Secretary: Robbi Yanuar Walid
Kepala Divisi Indonesia Re
- General Reinsurance Treaty Division Head: Amir Muda Lumbantobing
- Life Reinsurance Claim Administration Division Head: Radix Yunanto
- Chief Actuary and Actuarial & Portfolio Management Life Reinsurance Division Head: Nico Demus
- Corporate Secretary Division Head: Mardian Adhitya
- Chief Internal Audit: Rita Sari
- Accounting Division Head: Rudy Tjahjono
- Finance Division Head: Novis Asria
- Compliance and Risk Management Division Head: Robert Tampubolon
- Information Technology and Strategic Planning Division Head: Jesa Ariawan
- General Reinsurance Facultative Division Head: Gadis Purwanti
- Portfolio Management and Claim Division Head: Adhi Saptoto
Cari tahu premi reasuransi Indonesia Re dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan.
Pada umumnya, premi reasuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.
- Total uang pertanggungan pada produk asuransi yang dijamin.
- Waktu pengembalian uang pertanggungan.
- Hal-hal yang menimbulkan klaim terhadap uang pertanggungan tersebut.
Pembayaran premi reasuransi Indonesia Re bergantung pada ketentuan yang tertera dalam polis. Sila menghubungi call center Indonesia Re atau perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.
Untuk mendapatkan informasi seputar cara klaim PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re), sila menghubungi call center perusahaan terkait.
Alamat Indonesia Re atau PT Reasuransi Indonesia Utama berada di Jalan Salemba Raya No.30 Jakarta Pusat 10430 – Indonesia.
Berikut perusahaan reasuransi yang beroperasi di Indonesia:
Nama Perusahaan |
Nomor Izin Usaha |
PT. Tugu Reasuransi Indonesia (Tugu Re) | KEP-5270/MD/1987 |
PT Reasuransi Maipark Indonesia (Maipark) | KEP-5633/MD/1986 |
PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein Reasuransi) | KEP-4440/MD/1986 |
PT. Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional Re) | KEP-27/KMK.017/1995 |
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://indonesiare.co.id
- https://www.medcom.id/nasional/politik/gNQGADok-bpk-didesak-audit-seluruh-bumn-asuransi-dan-dana-pensiun
- https://www.tagar.id/jiwasraya-berpotensi-sistemik-karena-ada-ini
- https://keuangan.kontan.co.id/news/transformasi-perusahaan-reasuransi-nasional-indonesia-re-dan-kejagung-teken-mou
- https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/regulasi/asuransi/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-tentang-Kesehatan-Keuangan-Perusahaan-Asuransi-dan-Perusahaan-Reasuransi/SAL%20-%20POJK%20Kesehatan%20Keu%20PA%20PR%20-.pdf
Review PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)

Bagus

Salah satu pilihan Asuransi dengan layanan profesional.

Security ramah, personil ramah, tempat nyaman dan sejuk, parkir luas dan mudah dicapai