Polis Asuransi Jiwa Syariah

Polis asuransi jiwa syariah terdiri atas beberapa jenis, yaitu jiwa syariah murni, jiwa syariah berjangka (term life), jiwa syariah seumur hidup (whole life), serta asuransi jiwa dwiguna (endowment) dan asuransi jiwa investasi syariah (unit link).

Berikut ulasan singkat masing-masing produk asuransi jiwa syariah!

1. Asuransi jiwa syariah berjangka (term life)

Asuransi jiwa syariah berjangka atau populer dengan istilah term life adalah produk asuransi yang memberikan santunan meninggal dunia atau UP jiwa kepada ahli waris. Bedanya, pengelolaan dana pemegang polis dilakukan sesuai syariat Islam.

Selain itu, periode proteksi atau masa asuransi tidak lama. Biasanya tersedia pilihan 1 tahun, 5 tahun, hingga 10 tahun. Masa asuransi disesuaikan dengan kesepakatan pada akad dan premi yang sanggup dibayar calon tertanggung.

2. Asuransi jiwa syariah seumur hidup (whole life)

Asuransi jiwa syariah seumur hidup yang populer dengan nama whole life adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat utama santunan meninggal atau UP jiwa kepada ahli waris. Dikelola secara syariat, bedanya dengan term life terletak pada masa proteksi.

Asuransi jiwa syariah seumur hidup memberikan masa asuransi seumur hidup atau hingga usia tertanggung 100 tahun. Pada asuransi konvensional, jika tertanggung hidup hingga 100 tahun, maka premi yang dibayarkan selama itu akan hangus. Pada asuransi jiwa syariah tidak demikian, ada pengembalian sesuai perhitungan yang adil.

3. Asuransi jiwa syariah dwiguna (endowment)

Asuransi jiwa syariah dwiguna adalah produk asuransi jiwa yang memberikan dua manfaat utama yaitu santunan meninggal dunia dan tabungan berjangka. Jika tidak ada klaim, maka tertanggung akan mendapatkan nilai tunai berupa tabungan. Jika terjadi risiko tutup usia, maka ahli waris mendapatkan santunan UP jiwa dan tabungan.

Salah satu contoh dari asuransi jiwa syariah dwiguna adalah asuransi pendidikan. Pada asuransi pendidikan, tabungan berjangka akan diberikan sesuai tahapan pendidikan anak. Namun, ada juga asuransi pendidikan yang manfaatnya adalah investasi bukan tabungan, disebut unit link.

4. Asuransi jiwa syariah plus investasi (unit link)

Asuransi jiwa syariah plus investasi atau unit link adalah produk asuransi yang memberikan dua manfaat yaitu santunan meninggal dunia dan investasi. Kontribusi (premi) yang dibayarkan akan disisihkan ke dua kantong berbeda yaitu untuk asuransi jiwa dan untuk investasi.

Bedanya dengan unit link konvensional adalah unit link syariah memastikan dana investasi dari pemegang polis digunakan untuk investasi yang halal dan sesuai syariat Islam.

Jenis polis ini sangat cocok untuk Anda yang khawatir risiko riba namun dapat tetap terproteksi secara finansial dengan asuransi jiwa. Yuk, bandingkan polis terbaiknya dengan premi murah!
Santunan Hingga Rp3,4 M, Premi Mulai Rp120 Ribu/Bulan!

Contoh Polis Asuransi Jiwa Syariah

Dari empat jenis asuransi jiwa syariah di atas,berikut contoh polis asuransi jiwa syariah yang tersedia di beberapa perusahaan asuransi syariah dan perusahaan asuransi yang memiliki unit syariah.

Asuransi Jiwa Syariah Al Amin

Asuransi jiwa syariah Al Amin adalah perusahaan asuransi khusus syariah yang hanya menyediakan produk asuransi syariah. Didirikan pada 2009, terdapat 8 polis asuransi jiwa yaitu:

  • Al Amin Term Insurance, produk asuransi ini melindungi nasabah terhadap risiko meninggal dunia.
  • Al Amin Badal Arafah, produk asuransi ini cocok bagi nasabah untuk merencanakan ibadah haji atau umrah di Tanah Suci. Asuransi ini khususnya meng-cover nasabah apabila mengalami kecelakaan atau meninggal dunia selama menjalani ibadah suci.
  • Al Amin Personal Accident, produk asuransi ini memberikan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan dan sakit kepada nasabah dari semua golongan masyarakat seperti wisatawan, jamaah haji  atau umrah, atau para pekerja.
  • At Ta’min Siswa Dinar ditujukan bagi siswa atau mahasiswa yang mengalami risiko meninggal dunia, kecelakaan diri, dan perawatan inap di rumah sakit.
  • At Ta’min Siswa Dirham, produk asuransi ini memberikan perlindungan kepada siswa atau mahasiswa terhadap kecelakaan diri dan rawat inap.
  • Syariah Pembiayaan Al Amin, produk asuransi asuransi ini memberikan perlindungan finansial akibat kesulitan melunasi pinjaman yang telah dilakukan nasabah.
  • At Ta’min Joint Life, produk asuransi ini memberikan perlindungan finansial kepada nasabah ketika mengalami kesulitan untuk melunasi pembiayaan Joint Income yang disebabkan oleh kejadian meninggal dunia.
  • At Ta’min Pembiayaan Mikro, produk asuransi ini memberikan perlindungan berupa jaminan finansial kepada nasabah yang bisa menyelesaikan cicilan pinjaman UMKM atau usaha mikro karena meninggal dunia.

Takaful Keluarga

Takaful adalah perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia. Produk asuransi jiwa syariah yang tersedia cukup beragam dan diperuntukkan bagi nasabah individu, keluarga, dan perusahaan atau lembaga.

Berikut contoh polis asuransi jiwa syariah Takaful Keluarga:

  • Takaful Personal untuk individu, terdiri dari Takafulink Salam, Takafulink Salam Community, dan Takafulink Al-Khairat Individu
  • Takaful Korporat untuk perusahaan atau lembaga, salah satu produknya Takaful Al-Khairat Kumpulan
  • Takaful Bancassurance, kerja sama Takaful dengan perbankan
  • Asuransi Haji.

PRUSyariah

Prudential Syariah atau PRUSyariah adalah salah satu unit usaha dari perusahaan asuransi asal Inggris ini. Contoh polis asuransi jiwa syariah yang paling populer dari Prudential adalah PRULink Syariah Assurance Account.

Polis unit link ini bisa dibeli mulai Rp400 ribu per bulan. Proteksi jiwa yang diberikan adalah seumur hidup atau hingga usia 99 tahun. Kontribusi (premi) yang dibayarkan setiap bulan akan dikelola perusahaan untuk memberikan manfaat santunan meninggal dan nilai investasi.

Selain itu, terdapat beberapa polis tambahan seperti:

  • PRULink Term Syariah
  • PRUEarly Stage Crisis Cover Plus Syariah
  • PRUPersonal Accident Death Syariah.

Allianz Syariah

Asuransi Allianz juga memiliki unit syariah. Salah satu contoh polis asuransi jiwa syariah Allianz adalah AlliSya Maxi Fund Plus.

Polis ini memberikan dua manfaat utama yaitu manfaat santunan meninggal dunia dan manfaat investasi. Masa proteksi asuransi jiwanya seumur hidup atau hingga usia tertanggung 100 tahun.

Contoh Polis Asuransi Jiwa Syariah Perbankan

Selain contoh polis asuransi jiwa syariah dari beberapa perusahaan asuransi, terdapat beberapa polis dari perbankan. Berikut ini contoh polis asuransi jiwa syariah perbankan yang bisa dipertimbangkan:

Asuransi Jiwa BNI Syariah

BNI Tapenas iB Hasanah adalah tabungan BNI Syariah yang langsung tercover asuransi jiwa. Ketika tergabung dalam tabungan BNI Syariah ini, nasabah otomatis akan langsung mendapatkan manfaat asuransi jiwa.

BNI Tapenas iB Hasanah cocok untuk nasabah BNI Syariah yang membutuhkan proteksi jiwa. Berikut rangkuman manfaatnya:

  • Pilihan jangka waktu tabungan berjangka 1 hingga 18 tahun
  • Setoran tetap setiap bulannya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp5 juta
  • Asuransi jiwa otomatis tanpa dikenakan biaya premi
  • Setoran dana tabungan awal minimal Rp100 ribu.
  • Produk ini khusus untuk nasabah bank BNI Syariah

Asuransi Jiwa Bank Syariah Mandiri

Tabungan Investa Cendirika adalah tabungan berjangka dari Mandiri Syariah yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak nasabah. Dengan mendaftarkan diri dalam tabungan Mandiri syariah ini, nasabah juga akan otomatis mendapatkan manfaat asuransi sekaligus.

Tabungan Investa Cendirika cocok untuk nasabah Bank Mandiri yang membutuhkan proteksi jiwa. Berikut rangkuman manfaatnya:

  • Pilihan jangka waktu tabungan berjangka 1 hingga 20 tahun
  • Setoran tetap setiap bulannya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp10 juta
  • Usia nasabah minimal 17 hingga 60 tahun
  • Asuransi  otomatis tanpa dikenakan biaya premi.
  • Setoran dana tabungan awal minimal Rp100 ribu.
  • Produk ini khusus untuk nasabah bank Mandiri.
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan