Pengertian Asuransi Jiwa

Pengertian asuransi jiwa adalah produk yang memberikan jaminan uang pertanggungan jika nasabah meninggal dunia. Oleh sebab itu, umumnya tulang punggung keluarga lah yang didaftarkan pada produk ini. 

Pasalnya, keluarga akan kehilangan sumber penghasilan jika pencari nafkah meninggal dunia. Harapannya, uang pertanggungan bisa membiayai hidup keluarga yang ditinggalkan untuk sementara waktu. 

Selain biaya hidup sehari-hari, uang pertanggungan asuransi juga bisa digunakan untuk membayar biaya pendidikan anak dan melunasi cicilan. Karena itu, pilih asuransi dengan uang pertanggungan tinggi atau sesuai kebutuhan.

Dapatkan UP hingga Rp2,5 M mulai Rp120 ribu/bulan
+62

Tidak hanya risiko meninggal dunia, beberapa produknya juga menawarkan pertanggungan terhadap risiko cacat tetap total dan cacat tetap sebagian.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua penyebab meninggal dunia bisa ditanggung oleh asuransi. Perusahaan asuransi menetapkan beberapa pengecualian penyebab kematian, di antaranya; olahraga ekstrim, percobaan bunuh diri dan menyakiti diri sendiri, HIV/AIDS, hukuman mati dari pengadilan, dan profesi berisiko tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat dari produk ini, nasabah harus membayarkan sejumlah premi ke perusahaan asuransi. Besaran premi tersebut ditentukan oleh profil calon nasabah dan uang pertanggungan yang diinginkan.

Demikian penjelasan tentang pengertian asuransi jiwa Untuk memahami lebih lanjut tentang pengertian asuransi jiwa hingga tips memilihnya, silakan tonton video berikut:

Apa Itu Polis Asuransi Jiwa?

Pengertian asuransi jiwa adalah kontrak antara nasabah dan perusahaan asuransi yang berisikan tentang ketentuan-ketentuan dalam menjalankannya. Dokumen polis dapat menjadi pegangan kedua belah pihak apabila terjadi perselisihan di masa depan. 

Contoh Polis Asuransi Jiwa

Sebelum membeli asuransi jiwa, calon nasabah akan diberikan dokumen polis. Untuk memahami lebih dalam tentang isi dokumen polis, simak contoh polis asuransi jiwa berikut ini:

Ringkasan polis

Ringkasan polis adalah lembar yang menunjukkan data-data perjanjian polis, yang terdiri dari:

  • Nama pemegang polis, nama tertanggung, dan nama yang ditunjuk menerima manfaat atau wakil ahli waris.
  • Macam dan manfaat pertanggungan dan tambahannya jika ada.
  • Rincian premi yang harus dibayar oleh pemegang polis dan biaya-biaya lainnya.
  • Daftar nilai tunai yang dijamin (jika ada).

Ketentuan umum dan khusus

Meskipun panjang, bagian ini tidak boleh kita lewatkan dalam mempelajari polis. Alasannya, ketentuan umum dan khusus akan menentukan kelancaran proses klaim di masa depan. Isinya:

  • Tanggal mulai dan akhir berlakunya pertanggungan.
  • Cara pembayaran premi.
  • Tenggang waktu (grace period) pembayaran Premi atau Kontribusi.
  • Manfaat apa saja yang dipertanggungkan.
  • Pengecualian dari manfaat yang dipertanggungkan.
  • Kurs yang digunakan untuk pembayaran premi asuransi dengan mata uang asing dan manfaat yang dikaitkan dengan mata uang rupiah.
  • Waktu diterimanya pembayaran Premi atau Kontribusi.
  • Kebijakan yang ditetapkan perusahaan apabila pembayaran premi dilakukan melewati tenggang waktu yang disepakati. Misalnya denda atau polis lapse.
  • Periode di mana saat perusahaan tidak dapat meninjau ulang keabsahan kontrak asuransi (incontestable period) pada produk asuransi jangka panjang.
  • Tabel nilai tunai, bagi produk asuransi yang dipasarkan oleh perusahaan asuransi jiwa yang mengandung nilai tunai.
  • Perhitungan dividen polis asuransi atau yang sejenis sesuai dengan jenis produknya.
  • Klausula penghentian pertanggungan, baik dari perusahaan maupun dari pemegang polis, tertanggung, atau peserta, termasuk syarat dan penyebabnya.
  • Syarat dan tata cara pengajuan klaim, termasuk bukti pendukung yang relevan dan diperlukan dalam pengajuan klaim.
  • Tata cara penyelesaian dan pembayaran klaim.
  • Klausula penyelesaian perselisihan yang antara lain memuat mekanisme penyelesaian di dalam pengadilan maupun di luar pengadilan dan pemilihan tempat kedudukan penyelesaian perselisihan

Untuk bagian ketentuan khusus, umumnya berbeda-beda setiap perusahaan. Biasanya dapat berupa biaya yang harus dibayar oleh pemegang polis, syarat pengecualian, dan lain-lain.

Salinan formulir pendaftaran

Saat mendaftar asuransi jiwa, tentu kita harus mengisi formulir pendaftaran dulu dan nantinya akan dilampirkan dalam dokumen polis.

Hukum Asuransi Jiwa dalam Islam

Hukum asuransi jiwa dalam Islam berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah adalah halal.

MUI berkesimpulan bahwa asuransi, khususnya asuransi syariah, merupakan upaya saling melindungi dan tolong menolong antara sejumlah orang dalam bentuk aset bersama. Tujuan asuransi syariah adalah memberikan bantuan kepada salah satu peserta asuransi yang mengalami risiko keuangan. Asuransi syariah juga dijalankan sesuai dengan akad dan prinsip syariat.

Beberapa pandangan terkait pengertian asuransi jiwa syariah menurut MUI di antaranya:

  • Memiliki prinsip tolong menolong.
  • Mengandung unsur kebaikan karena menyisihkan sebagian dana untuk dihibahkan.
  • Berbagi risiko dan keuntungan antar umat.
  • Bagian dari muamalah atau hubungan antar manusia berdasarkan syariat Islam.

Kesimpulannya, jika asuransi dijalankan sesuai dengan prinsip syariah, maka hukum asuransi jiwa adalah halal sesuai yang difatwakan oleh para ulama MUI. Sehingga tertanggung bisa memilih asuransi jiwa syariah.

Hukum Asuransi Jiwa Terkait Pajak

Menurut UU Nomor 42 tahun 2009, pengertian asuransi jiwa tergolong Jasa Tidak Kena Pajak. Uang pertanggungan dan nilai tunai yang kita dapatkan tidak akan dikenakan pajak oleh negara. Bahkan jika  kita mendapat nilai tunai (pengembalian premi) 110 persen dari total setoran premi, tambahan 10 persen tersebut tetap tidak kena pajak. 

Uang tersebut tetap harus kita laporkan dalam laporan pajak tahunan, tapi sebagai bagian dari harta yang kita miliki.

Setelah memahami pengertian asuransi jiwa, ketahui juga apa saja manfaat asuransi jiwa untuk nasabahnya. Bagi Anda yang tertarik untuk membeli produk ini, Lifepal juga menyediakan asuransi jiwa terbaik, lho!

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan