Asuransi Jiwasraya

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Asuransi Jiwasraya adalah perusahaan asuransi jiwa yang didirikan pada 31 Desember 1859. Meski usianya cukup lama, Jiwasraya dalam beberapa tahun mengalami beberapa masalah kewajiban pemenuhan klaim nasabah.

Kelebihan dan Kekurangan Jiwasraya

  • (+) Asuransi Jiwasraya adalah salah satu perusahaan asuransi dengan pengalaman melayani nasabah lebih dari 100 tahun.
  • (+) Asuransi Jiwasraya berhasil meraih penghargaan Product Development Terbaik di ajang BUMN Branding & Marketing Award 2018 yang diselenggarakan Majalah BUMN Track.
  • (+) Asuransi Jiwasraya berhasil meraih penghargaan JS Balanced Fund, Unit Link Terbaik Kategori Campuran Periode Evaluasi 5 Tahun pada ajang Unit Link Award 2018.
  • (-) Asuransi Jiwasraya masih belum menerbitkan laporan keuangan untuk tahun 2018. Mengacu dari situs resmi Jiwasraya, perusahaan asuransi tersebut terakhir merilis laporan keuangannya pada tahun 2017.
  • (-) Pada tahun 2018, Jiwasraya membukukan kerugian sebesar Rp15,3 triliun dan pada November 2019 kerugian meningkat menjadi Rp27,7 triliun.
  • (-) Jiwasraya memiliki kualitas aset investasi dan noninvestasi yang kurang likuid.
  • (-) Jiwasraya menanggung tunggakan pembayaran klaim jatuh tempo kepada 1.286 pemegang polis dengan nilai bunga Rp96,58 miliar.
  • (-) Jiwasraya masih belum  mampu membayarkan klaim polis produk JS Saving Plan yang jatuh tempo kepada nasabahnya pada Oktober-Desember 2019 sebesar Rp12,4 triliun.

Sekilas tentang Jiwasraya

Sejarah pendirian Jiwasraya bermula dari sebuah perusahaan bernama NILLMIJ (Nederlandsch Indiesche Levensverzekering en Liffrente Maatschappij) yang didirikan pada tahun 1859. 

Baru sekitar 100 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1957, perusahaan asuransi jiwa milik Belanda ini direncanakan untuk dinasionalisasi sejalan dengan program Indonesianisasi perekonomian Indonesia. Sejalan dengan perencanaan tersebut, pada tanggal 17 Desember 1960 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 1958, NILLMIJ van 1859 dinasionalisasi dengan mengubah nama menjadi PT Perusahaan Pertanggungan Djiwa Sedjahtera. 

Selanjutnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 1972, perusahaan asuransi tersebut berubah status menjadi PT Asuransi Jiwasraya hingga sekarang.

Sebagai perusahaan asuransi milik negara (persero), Jiwasraya menjadi pilihan berasuransi karena dianggap kredibel. Namun, dalam beberapa tahun terakhir Jiwasraya kerap mengalami masalah penunggakan klaim jatuh tempo. Puncaknya adalah penunggakan klaim atas 1.286 nasabahnya. Terlebih lagi sejumlah pemegang polisnya diketahui ternyata ratusan warga negara asing. Hal ini tentunya menjadi catatan buruk bagi perusahaan. Sehingga, Jiwasraya tidak direkomendasikan untuk dijadikan pilihan prioritas.

Asuransi Jiwasraya adalah anggota Asosiasi Jiwa Indonesia (AAJI) dan telah terdaftar serta diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin usaha KEP-098/KM.11/1986 dengan tanggal izin usaha yaitu 8 September 1986.

Jiwasraya telah meraih berbagai penghargaan bergengsi, Berikut adalah daftar prestasi dan penghargaan yang dimiliki oleh Jiwasraya, antara lain:

  • 2019: JS Balanced Fund sebagai Unit Link Terbaik 2019 kategori Campuran Denominasi Rupiah Periode 7 Tahun.
  • 2019: JS Balanced Fund sebagai Unit Link Terbaik 2019 kategori Campuran Kelompok BUMN Periode 7 Tahun.
  • 2018: Perusahaan Pelat Merah Terbaik Dalam Bidang Informasi dan Komunikasi pada Forum IT Governance Award 2018.
  • 2018: Golden Trophy di BUMN Award 2018.
  • 2018: JS Balanced Fund, Unit Link Terbaik Kategori Campuran Periode Evaluasi 5 Tahun di Unit Link Award 2018.
  • 2018: Product Development Terbaik di BUMN Branding & Marketing Award 2018.
  • 2017: SILVER WINNER untuk Corporate Branding Kategori Marketing Performance di BUMN Branding & Marketing Award 2017.
  • 2017: Top IT Implementation Sektor Industri Asuransi Jiwa pada Top IT & TELCO Award 2017.

Laporan Keuangan Jiwasraya

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan OJK Tahun 2018 yang dirilis di situs resmi OJK. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: -282 persen.
  • Jumlah aset: Rp36,831 triliun.
  • Ekuitas: -Rp10,200 triliun.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen dan ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi.

Dari data di atas, dapat dilihat bahwa rasio solvabilitas Jiwasraya pada tahun 2018 anjlok hingga mencapai minus 282 persen. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa kondisi kesehatan keuangan perusahaan sangat buruk. Karena kondisi keuangan yang buruk tersebut, Jiwasraya tidak mampu membayarkan klaim jatuh tempo kepada 1.286 nasabahnya.

Saat ini, Lifepal tidak bekerja sama dengan PT Asuransi Jiwasraya. Untuk mengetahui informasi terkait produk asuransi Jiwasraya, silakan cek situs resmi jiwasraya.co.id. Jika tertarik untuk mengetahui informasi produk dari asuransi lain yang serupa dengan perlindungan yang ditawarkan Jiwasraya, Lifepal dapat membantu untuk mencarikan asuransi terbaik dan konsultasi gratis.

Berita Terbaru Jiwasraya

Januari 2020

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan PT Jiwasraya dapat mengembalikan dana nasabah mulai bulan depan. Dana untuk membayar klaim pemegang polis akan diperoleh dari sejumlah skema bisnis yang sudah disiapkan, salah satunya pembentukan perusahaan induk atau holding BUMN asuransi.

Januari 2020

Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi menahan lima orang terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kelimanya adalah Benny Tjokrosaputro, Heru Hidayat, Hary Prasetyo, Hendrisman Rahim, dan Syahmirwan.

Benny Tjokrosaputro adalah Dirut PT Hanson International Tbk (MYRX), Heru Hidayat adalah Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), Hary Prasetyo merupakan mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Jiwasraya periode Januari 2013-2018, Hendrisman Rahim mantan Direktur Utama Jiwasraya periode 2008-2018, dan Syahmirwan adalah mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya.

Desember 2019

Mendasarkan penilaian pada Laporan Keuangan 2017, Jiwasraya mendapatkan penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan Product Development Terbaik di sektor financial & hospitality Branding and Marketing Award 2018.

 

Asuransi Jiwasraya memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Jiwasraya berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dapat dipilih.

Asuransi Individu
Js Anuitas
Memberikan manfaat asuransi secara berkala bulanan dimulai 1 bulan berikutnya setelah premi sekaligus dilunasi sampai dengan tertanggung meninggal dunia.
Asuransi Individu
Js Asuransi Demam Berdarah
Memberikan manfaat biaya rawat inap maksimal Rp15 juta dan manfaat santunan meninggal dunia maksimal Rp5 juta.
Asuransi Individu
Js Prestasi
Memberikan manfaat tahapan pada saat anak masuk sekolah hingga perguruan tinggi dengan uang asuransi menaik sebesar 5%.
Asuransi Individu
Personal Accident B
Jaminan penggantian biaya rawat inap akibat kecelakaan sebesar maksimal 40% x UA dijamin 2 kali resiko kecelakaan dalam 1 tahun.
Asuransi Individu
Personal Accident A
Jaminan pembayaran uang asuransi sebesar presentasi tertentu apabila tertanggung mengalami cacat tetap sebagian.
Asuransi Individu
Js Pro Mapan
Memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa dengan berbagai perluasan manfaat.
Asuransi Individu
Js Pro Idaman
Produk unit link dengan cara pembayaran premi sekaligus yang memberikan manfaat proteksi asuransi jiwa dengan berbagai perluasan manfaat.
Asuransi Kumpulan
Asuransi Kesehatan
Produk yang memberikan jaminan santunan rawat inap, santunan rawat jalan, santunan persalinan, santunan rawat gigi dan santunan kacamata bagi pekerja aktif.
Asuransi Kumpulan
Arthadana Eksekutif
Program pengembangan keuangan yang bertujuan untuk penyediaan dana bagi para eksekutif Perusahaan apabila berakhir diberhentikan dengan hormat atau berhenti atas permintaan sendiri.
Asuransi Kumpulan
Siharta Kumpulan
Produk yang memberikan jaminan pembayaran Nilai Tabungan Hari Tua sebesar nilai tunai pada saat akhir masa asuransi atau berhenti dari kepesertaan
Program Manfaat Karyawan
Tunjangan Hari Tua
Program asuransi jiwa yang bertujuan memberikan kepastian dana bagi tertanggung/peserta ketika mencapai usia purna bhakti beserta keluarganya apabila tertanggung/peserta meninggal dunia.
Program Manfaat Karyawan
Anuitas
Memberikan kepastian adanya kesinambungan pendapatan bagi tertanggung ketika menjalani masa purna bhakti beserta keluarganya apabila tertanggung/peserta meninggal dunia.
Program Manfaat Karyawan
Jaminan Hari Tua
Memberkan pembayaran manfaat secara berkala bulanan kepada tertanggung, dimulai sejak tanggal purna bhakti dan berakhir sampai dengan tertanggung meninggal dunia.
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
Program Pensiun untuk Kompensasi Pesangon
Memberikan jaminan penghasilan di hari tua dan memiliki dana yang sudah pasti dari perusahaan
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
Program Pensiun Iuran Pasti
Program investasi yang iurannya ditetapkan lebih dahulu dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta.
 

Tips & Pertanyaan

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi jiwasraya.co.id sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi Jiwasraya.

Jiwasraya menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi individu, asuransi kumpulan, dan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).

Berikut pilihan polis asuransi Jiwasraya yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Individu

  • Js Prestasi: Produk asuransi yang memberikan jaminan manfaat apabila terjadi risiko meninggal dunia dan pemberian manfaat tahapan untuk persiapan pendidikan anak.
  • Js Anuitas: Produk asuransi untuk setiap keluarga untuk menjamin persiapan masa pensiun.
  • Jas Asuransi Demam Berdarah: Produk asuransi yang memberikan manfaat proteksi dari penyakit demam berdarah.
  • Personal Accident B: Produk asuransi yang memberikan jaminan terhadap risiko yang diakibatkan kecelakaan, seperti rawat inap, pemberian uang asuransi apabila terjadi cacat tetap total, cacat tetap sebagian, dan meninggal dunia.
  • Personal Accident A: Produk asuransi yang memberikan jaminan terhadap risiko yang diakibatkan kecelakaan, seperti pemberian uang asuransi apabila terjadi cacat tetap total, cacat tetap sebagian, dan meninggal dunia.
  • Js Pro Mapan: Produk asuransi unit link yang memberikan perlindungan terhadap risiko penyakit kritis, cacat tetap total, penggantian biaya rawat inap, dan pemberian manfaat tambahan (rider).

Asuransi Kumpulan

  • Js Pendanaan Hari Tua (PHT): Produk asuransi yang memberikan kepastian pendapatan bagi tertanggung beserta keluarga ketika memasuki masa pensiun.
  • Js Purna Eksekutif: Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap keluarga dengan manfaat berupa pemberian santunan.
  • Asuransi Kesehatan: Produk asuransi yang memberikan manfaat berupa penggantian biaya ketika tertanggung mengalami risiko sakit.
  • Personal Accident Plan A: Produk asuransi kumpulan yang memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan.

DPLK

  • Program Pensiun untuk Kompensasi Pesangon: Produk asuransi yang memberikan jaminan penghasilan di hari tua terhadap karyawan dan memiliki dana yang sudah pasti dari perusahaan.
  • Program Pensiun Iuran Pasti: Produk asuransi yang memberikan manfaat fasilitas bebas pajak atas hasil investasi selama masa kepesertaan dan penghasilan yang berkesinambungan pada saat pensiun.

Cari tahu premi asuransi Jiwasraya dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi Jiwasraya bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Silakan menghubungi call center Jiwasraya, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Cara klaim asuransi Jiwasraya disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Silakan cek laman Layanan Pelanggan Pengajuan Klaim pada situs jiwasraya.co.id untuk mengetahui panduan klaim asuransi dari Jiwasraya.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Untuk informasi sistem keagenan, Asuransi Jiwasraya tidak menyedikan informasi terkait pada situs resminya. Untuk mendapatkan informasi tersebut, silakan menghubungi call center Jiwasraya.

Lifepal adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini, Lifepal tidak bekerja sama dengan asuransi Jiwasraya.

Bagi nasabah yang membutuhkan informasi lengkap mengenai referensi berbagai perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan serupa dengan Jiwasraya, silakan mengunjungi Lifepal dan sekaligus berkonsultasi secara gratis.

Layanan nasabah atau call center Jiwasraya dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Jiwasraya, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

  • Customer Care Center: Jalan Ir. H. Juanda No. 34 Jakarta – 10120
  • Call Center: (021) 1500151(24 jam)
  • Email: [email protected]
  • Website: jiwasraya.co.id
  • Facebook: facebook.com/asuransi.jiwasraya.1859
  • Twitter: twitter.com/jiwasraya

Layanan Jiwasraya

  • Layanan JS Simple Protection: Layanan aplikasi pemegang polis Jiwasraya untuk mengetahui status polis, klaim, dan daftar kantor cabang.

 

Asuransi Jiwasraya memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar luas di Indonesia. Berikut daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi Jiwasraya.

Jakarta

  • Klinik Divine Dental Clinic, World Trade Center 3 Lantai 2, Retail Podium, Jalan Jend. Sudirman No.Kav 29, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12920, 021 – 29522657
  • Palapa Dentist, Jalan Palapa 1 No.4, RT.1/RW.5, Kel. Pasar Minggu, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12520, 021 – 7806291
  • RS. Anggrek Mas, Jalan Anggrek No.2, RT.9/RW.2, Kecamatan Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530, 021 – 5305720
  • Optik Seis Puri Indah Mall, Ground Floor Unit 41A- 41B Jalan Puri Agung Puri Indah – Jakarta 11610, (021) 5822376
  • RSIA. Tambak, Jalan Tambak No. 18 Menteng , Jakarta, Jakarta Raya, 021-2303444

Yogyakarta

  • Prodia Mangkubumi Yogyakarta, Jalan Pangeran Mangkubumi No. 50 Yogyakarta 55232, Telp : 0274-580675/515818|
  • Lab Prodia Yogyakarta, Jalan Bintaran Kulon No. 28 Yogyakarta 55151, Telp : 0274-373271/375273|
  • RSI Yogyakarta PDHI, Jalan Solo Km. 12,5 Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Telp : (0274) 498000

Bali

  • Klinik Utama Dharma Sidhi, Jalan Serma Kawi No.13-17, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80114, 0361 – 242717
  • RS. Balimed Kabupaten Buleleng, Jalan Gunung Lempuyang No.9X, Banjar Tegal, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81119, 0362 – 3307788
  • RS. Umum Kasih Ibu Kabupaten Tabanan, Jalan Flamboyan No. 9, (Kampung Kodok) Br Tegal Belodan, Desa Dauh Peken, Kabupaten Tabanan , Kabupaten Tabanan, Bali, 0361 – 3005757
  • Optik Seis Mall Bali Galleria, Lantai Dasar Unit No. IB – 49 Jalan Raya By Pass Ngurah Rai , Singaraja, Bali, (0361) 752688
  • Optik Seis Lippo Mall Kuta Icon, Lantai GF No. 35 Jalan Kartika Plaza ? Kuta , Denpasar, Bali, (0361) 8496123

Jawa Barat

  • RS Immanuel Bandung, Jalan Kopo, No.161, Telp : 022-520 1051 / 520 1672 / 522 4216|022-522 4216
  • Klinik & Apotek Kimia Farma 12, Jalan Ir H Juanda No 1 Bandung, Telp : 022 4205421|
  • Klinik Mitrasana Taman Harapan Baru, Jalan Taman Harapan Baru Blok E7 No 9, Pejuang, Medan Satria, Bekasi Barat, Telp : 88870793
  • Klinik Mitrasana Titian Indah, Jalan Perum Titian Indah Blok I No 9 RT 07 RW 10 Kel. Kalibaru Kec Medan Satria Kota Bekasi, Telp : -36822505
  • Rumah Sakit Medika Dramaga, Jalan Raya Dramaga KM 7.3 Margajaya Bogor, Telp : 0251- 8625577
  • Klinik Medistra II, Jalan Raya Cicadas RT 01 / 09 Kp. Pabuaran Kec. Gunung Putri, Kab. Bogor, Telp : 021-867 0130
  • RSIA Melania Jalan Raya Pahlawan No.91 Bondongan – Bogor, Telp : 0251-832 1196 / 021-450 6389

Jawa Timur

  • Optik Seis Malang Town Square, Ground Floor Blok GS-50 Jalan Veteran No. 2 , Malang, Jawa Timur, (0341) 559148
  • Optik Seis Suncity Mall Sidoarjo, Lantai I Blok A No. 35 Jalan Pahlawan (Water Park) , Sidoarjo, Jawa Timur, (031) 8070977
  • Laboratorium Ashari Husada, Ruko Jati Kepuh Indah Blok C 7 Larangan , Sidoarjo, Jawa Timur, 031-8944520
  • Laboratorium Satria Husada, Jalan Raya Mastrip No. 396 , Surabaya, Jawa Timur, 031-7669661
  • RSIA. Husada Bunda Malang, Jalan Pahlawan Trip No. 2 , Malang, Jawa Timur, 0341 – 566972
  • RSIA. Kendangsari Surabaya, Jalan Raya Kendangsari No. 38 , Surabaya, Jawa Timur, 031-8436200 / 8437200
  • RS. Bedah Surabaya, Jalan Raya Manyar No. 9 , Surabaya, Jawa Timur, 031-5999369
  • RS. Bhakti Rahayu Surabaya, Jalan Ketintang Madya I No. 16 , Surabaya, Jawa Timur, 031-8295922/8291799

Nusa Tenggara Barat

  • RSIA Permata Hati Mataram, Jalan Majapahit No. 10 C , Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, 0370 – 631999
  • Lab Prodia Cabang Bima, Jalan Soekarno Hatta No. 39 D Bima – NTB , Bima, Nusa Tenggara Barat, (0374) 646910
  • RSUD. Kota Mataram, Jalan Bung Karno No. 3 , Mataram, Nusa Tenggara Barat, 021-370 660774
  • Quantum Sarana Medik, Jalan Panca Usaha No. 7 D , Mataram, Nusa Tenggara Barat, 0370-649123

Nusa Tenggara Timur

  • Siloam Hospitals Labuan Bajo, Jalan Gabriel Gampur RT 013 RW 005, Dusun V, Labuan Bajo, Kec Komodo , Kab. Manggarai Barat , Nusa Tenggara Timur, +62 385 2381900
  • Klinik Kartini, Jalan Eltari 1 No. 2 , Kupang, Nusa Tenggara Timur, 0380-833010
  • Lab Prodia Cabang Maumere, Jalan El Tari kec. Madawat Kec. Alok Kab. Sikka Maumere , Maumere, Nusa Tenggara Timur, (0382) 21146
  • RS. Kartini Kupang, Jalan Frans Seda No. 17 Walikota , Kupang, Nusa Tenggara Timur, (0380) 831270

Papua Barat

  • RS. Pertamina Sorong, Jalan Ahmad Yani No. 13 , Sorong, Papua Barat, 0951-321362
  • RS. Mutiara Sorong, Jalan Maleo No. 2A Remu Utara , Sorong, Papua Barat, 0951-327433

Jiwasraya tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berikut adalah daftar lokasi kantor Jiwasraya.

Alamat Kantor Pusat Jiwasraya

Jalan Ir. H. Juanda No. 34, Jakarta Pusat

Telp : (021) 3845031

Alamat Kantor Cabang Jiwasraya

  • Bali: Jalan Raya Puputan No. 23 B.Renon , Denpasar, Bali, (0361) 234484, 261049, 262287
  • Banten: Jalan Perintis Kemerdekaan I No. 1 , Tangerang, Banten, (021) 5531895
  • Jambi: Jalan Prof. Dr. Sri Sudewi Masjchum Sofwan Sh. No. 4 , Jambi, Jambi, (0741) 62570, 667590
  • Bandung: Jalan Pajajaran No. 82 , Bandung, Jawa Barat, (022) 6012258, 6043287
  • Cirebon: Jalan Siliwangi No. 115 , Cirebon, Jawa Barat, (0231) 242286
  • Magelang: Jalan Jendral A. Yani No. 340 , Magelang, Jawa Tengah, (0293) 366188, 362291
  • Semarang: Jalan S. Parman No.29 A , Semarang, Jawa Tengah, (024) 8448028
  • Tegal: Jalan Gajah Mada No. 112 , Tegal, Jawa Tengah, (0283) 353725
  • Malang: Jalan Merdeka Barat No. 4-6 , Malang, Jawa Timur, (0341) 363828, 326944, 364568
  • Surabaya: Jalan Arjuna No. 95-99 , Surabaya, Jawa Timur, (031) 5475 – 164, 165, 166, 167
  • Kediri: Jalan Letjen. S. Parman No. 20 , Kediri, Jawa Timur, (0354) 689270, 687969
  • Pontianak: Jalan St. Abdurrachman 132 , Pontianak, Kalimantan Barat, (0561) 732847
  • Barabai, Jalan Murakata No.17b , Barabai, Kalimantan Selatan, (0517) 43506, 43507
  • Palangkaraya: Jalan RTA Milono No.20 Km 1,5 , Palangkaraya, Kalimantan Tengah, (0536) 3222657
  • Balikpapan: Jalan Mt. Haryono No. 39 , Balikpapan, Kalimantan Timur, (0542) 421186, 733579
  • Lampung: Jalan Raden Intan No.67 , Bandar Lampung, Lampung, (0721) 253782
  • Jayapura: Jalan Dr. Sam Ratulangi No.7 Apo , Jayapura, Papua, (0967) 532712

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal