Asuransi Karyawan Terbaik 2021

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Harga PremiTermurah
Perusahaan Anda Sudah Didaftarkan!
Konsultan kami akan mengirim penawaran untuk Anda segera
1970/01/01 00:00:00Harga PremiTermurah

Daftar Asuransi Karyawan Terbaik

Asuransi karyawan adalah produk asuransi yang ditujukan bagi karyawan yang mana biasanya difasilitasi oleh perusahaan. Jenis asuransi yang ditawarkan beragam, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, sampai dana pensiun.

Ada banyak produk asuransi karyawan yang ada di pasaran. Untuk membantu nasabah memilih, kami telah menyusun daftar asuransi karyawan terbaik berikut ini.

Lippo Insurance

  • Nama polis: Medicare
  • Pertanggungan biaya rawat inap, ICU, ICCU, pembedahan, obat-obatan, laboratorium, fisioterapi, ambulans, pembedahan
  • Pertanggungan biaya rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap
  • Pertanggungan biaya rawat jalan konsultasi dokter umum, obat sesuai resep dokter
  • Pertanggungan biaya perawatan gigi
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal maupun sesar
  • Pertanggungan biaya kacamata

Asuransi FWD

  • Nama polis: Bebas Sehat
  • Pertanggungan biaya rawat inap, perawatan mata, perawatan pencegahan prostersis (alat pengganti anggota gerak tubuh).

Astra Aviva

  • Nama polis: WinHealth
  • Usia tertanggung: maksimal 65 tahun dan 50 tahun untuk persalinan.
  • Pertanggungan biaya rawat inap dan operasi di rumah sakit.
  • Pertanggungan rawat jalan, rawat gigi, persalinan, dan kacamata.
  • Santunan meninggal dunia.

Asuransi Manulife

  • Nama polis: Manulife Total Protection
  • Manfaat asuransi jiwa berjangka
  • Manfaat asuransi kecelakaan
  • Manfaat asuransi cacat tetap total
  • Manfaat asuransi perawatan dan pembedahan
  • Manfaat asuransi rawat jalan
  • Manfaat asuransi melahirkan
  • Manfaat asuransi gigi dan kacamata

Great Eastern

  • Nama polis: Great Health Guard
  • Pertanggungan biaya rawat inap
  • Manfaat tambahan asrausni rawat jalan, asuransi melahirkan, asuransi gigi, asuransi kacamata, medical check up.

Takaful Keluarga

  • Nama polis: Fillmedicare Gold
  • Pertanggungan biaya rawat inap dan pembedahan
  • Santunan tunai rawat jalan
  • Santunan biaya persalinan
  • Santunan biaya perawatan gigi dan kacamata

Asuransi Avrist

  • Nama polis: Avrist Group Healtg Care.
  • Tidak ada masa tunggu penyakit.
  • Tidak ada batasan jumlah tanggungan anak.
  • Premi sama untuk semua usia dan jenis kelamin.
  • Masa klaim sampai 90 hari dari tanggal di kuitansi.
  • Pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan.
  • Santunan kematian.
  • Pertanggungan penyakit HIV/AIDS (not isolated incidents), cuci darah, endometriosis, kista, myom (selama tidak berhubungan dengan kehamilan, penyuburan atau congenital) dan penggunaan alat bantu kesehatan.

Asuransi Prudential

  • Nama polis: PRUWorks Medical
  • Pertanggungan biaya rawat jalan
  • Pertanggungan biaya perawatan gigi
  • Pertanggungan biaya persalinan
  • Pertanggungan biaya perawatan pencegahan

Mandiri AXA General Insurance

  • Nama polis: Smartcare Executive
  • Pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan
  • Pertanggungan biaya perawatan akibat kecelakaan

Apa Itu Asuransi Karyawan Lifepal?

Lifepal adalah perusahaan marketplace asuransi di Indonesia yang berfungsi sebagai perantara nasabah (dalam hal ini adalah perusahaan) dan pihak asuransi. Lifepal sendiri telah bekerjasama dengan lebih dari 90 perusahaan dan melindungi kurang lebih 10 ribu karyawan di Indonesia. 

Lifepal juga telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi ternama seperti AXA Mandiri, AIA, Cigna, Manulife, Lippo Insurance, Allianz, Prudential, BNI Life, dan masih banyak lagi.

Saat ini Lifepal telah memberikan proteksi asuransi kepada sejumlah perusahaan ternama seperti Lemonilo, Kumparan, Bibit, Lazada, Lamudi, dan masih banyak lagi.

Manfaat Spesial Asuransi Karyawan dari Lifepal

Guna memberikan proteksi dan layanan terbaik, Lifepal menawarkan cukup banyak manfaat spesial yang dapat menguntungkan baik dari segi finansial dan produktivitas perusahaan. 

01. Support Operasional

Artinya, sebagai pihak ketiga, Lifepal memberikan kemudahan dalam pengajuan klaim dan bantuan pembayaran premi secara online.

02. Kendala Klaim

Sebagai #TemanAndalanmu, Lifepal akan memastikan setiap nasabahnya mendapatkan hak sesuai dengan polis yang disetujui kedua belah pihak.

03. Wellness Services

Lifepal juga memberikan program wellness services gratis seperti:

  • Penyediaan webinar dengan topik terkait kesehatan dan human resources (HR).
  • PCR test dan rapid test screening untuk karyawan.
  • Pemberian suplai vitamin. 
  • Program vaksinasi.

04. Technology Services

Layanan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan: 

  • Human resources (HR) dan payroll software. 
  • Aplikasi untuk melihat manfaat dan informasi asuransi.
Catatan!
1. Asuransi karyawan hanya dapat dibeli oleh perusahaan atau badan usaha yang telah terdaftar dan memiliki legalitas hukum (perseroan terbatas atau PT, perseroan komanditer atau CV, yayasan, dan bentuk badan usaha lain yang memiliki identitas legal).
2. Terdapat syarat total minimum karyawan yang harus didaftarkan, yaitu minimal tiga sampai lima orang. Apabila di bawah jumlah tersebut, maka perusahaan belum bisa membeli produk asuransi karyawan.

Cara Pilih Asuransi Karyawan yang Bagus

Sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi karyawan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara memilih polis terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan. Sebaiknya pilih asuransi yang memiliki empat hal berikut:

1. Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding. Yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan premi yang terjangkau.

2. Masa tunggu penyakit tertentu & penyakit yang sudah ada sebelumnya

Pilih asuransi karyawan terutama produk asuransi kesehatan dengan masa tunggu yang tidak lama. Atau Tanpa masa tunggu Sehingga Anda dapat menggunakan asuransi tersebut apabila penyakit yang sama terjadi dalam waktu dekat.

3.Terdapat pilihan metode penggantian dan pembayaran yang diinginkan

Untuk mendapatkan asuransi karyawan yang bagus, sebaiknya pilih yang menyediakan metode penggantian klaim dan pembayaran yang diinginkan. Yaitu penggantian klaim dengan cara reimbursement dan cashless. Kemudian, untuk pembayaran apakah harus tahunan, atau ada opsi pembayaran lainnya (Semester/Quarter).

4. Kemudahan pelayanan dan fasilitas (after sales service) dari penyedia maupun broker asuransi

Pertimbangan paling penting untuk menentukan asuransi karyawan bagus atau tidak adalah layanan purna jual atau after sales service. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan:

  • Kemudahan untuk mengakses informasi seputar produk dan pelayanan asuransi, seperti rumah sakit rekanan, plafon, dan status klaim. Sebisa mungkin pilih asuransi yang memiliki situs resmi atau aplikasi.
  • Kemudahan proses klaim, yaitu bisa reimbursement atau cashless dengan jaringan rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang menjangkau wilayah domisili karyawan.
  • Tersedia layanan customer service 24 jam yang dapat membantu peserta asuransi apabila membutuhkan bantuan atau informasi terkait produk atau layanan asuransi.
  • Penanganan komplain yang cepat dan tepat. Cari tahu cara dan pengalaman asuransi menangani berbagai komplain ataupun keluhan dari pihak peserta asuransi.

Mengapa Perusahaan Perlu Mengasuransikan Karyawan?

Berikut ini fungsi dan manfaat asuransi karyawan secara umum yang bisa menjadi pertimbangan.

Mengurangi risiko kerugian finansial

Manfaat pertama yang pasti dirasakan pemilik perusahaan dan karyawan adalah risiko kerugian finansial ketika karyawan mengalami musibah kecelakaan, sakit, atau bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan asuransi karyawan, baik perusahaan maupun karyawan dapat meminimalisasi pengeluaran dana atau bahkan tidak perlu mengeluarkan dana untuk biaya-biaya tadi.

Premi asuransi karyawan cukup terjangkau

Sebagai pebisnis, tentu Anda tahu bahwa premi asuransi jauh lebih kecil ketimbang biaya yang harus dikeluarkan perusahaan ketika karyawan mengalami kecelakaan atau sakit.

Asuransi karyawan lebih fleksibel daripada asuransi individu

Produk asuransi karyawan dapat menjamin kondisi yang sering dikecualikan pada asuransi individu, seperti pre-existing condition (penyakit yang sudah ada sebelum bergabung di asuransi), kelainan kongenital (bawaan), dan gangguan jiwa.

Menambah value perusahaan

Tak dipungkiri bahwa asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan menjadi daya tarik tersendiri bagi karyawan maupun calon karyawan. Dengan memiliki asuransi karyawan dengan benefit yang lengkap dapat membuat karyawan loyal kepada perusahaan. Selain itu, perusahaan pun lebih mudah menggaet calon karyawan baru.

Pertanyaan Seputar Asuransi Karyawan

Cakupan manfaat yang diperoleh karyawan tergantung pada pilihan pihak perusahaan. Adapun pertanggungan yang bisa diambil oleh pihak perusahaan bagi karyawan adalah biaya perawatan kesehatan karena sakit atau kecelakaan baik rawat jalan maupun rawat inap di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, santunan untuk cacat total tetap dan meninggal dunia, dan bahkan dana pensiun.

Selain itu, terdapat pula beberapa tambahan manfaat (rider), seperti asuransi kacamata dan perawatan mata, asuransi gigi, melahirkan (maternity), dan pertanggungan lain yang sesuai kebutuhan karyawan perusahaan.

Premi asuransi untuk perusahaan ini biasanya dibayarkan per tahun, semester, atau kuartal. Sila bicarakan dengan broker asuransi terkait mengenai term pembayaran.

Asuransi karyawan hanya ditujukan bagi karyawan aktif, pasangan sah (suami/istri), dan anak. Jaminan tidak dapat diperluas kepada orang tua, mertua, sepupu, atau orang lain di luar keluarga inti.

Pertanggungan asuransi karyawan terdiri atas pelayanan yang diterima dan digunakan karyawan yang terdaftar sebagai peserta asuransi. Berikut sejumlah pertanggungan paling umum yang bisa peserta asuransi karyawan gunakan sesuai ketentuan dalam polis yang dimiliki

Manfaat utama:

  • Rawat inap dan pembedahan: pertanggungan asuransi untuk rawat inap mencakup biaya kamar di rumah sakit, konsultasi/kunjungan dokter dan dokter ahli, obat-obatan, dan tindakan pembedahan akibat sakit ataupun kecelakaan.
  • Rawat jalan: pertanggungan asuransi untuk tindakan medis tanpa rawat inap baik pra-opname atau pasca-opname, termasuk diagnosis dan konsultasi rawat jalan.

Manfaat tambahan:

  • Perawatan gigi: pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan gigi dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, dan pencabutan gigi.
  • Perawatan mata: pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan mata, mulai dari pemeriksaan dan termasuk kacamata.
  • Maternity: pertanggungan asuransi untuk proses persalinan.

Manfaat Asuransi Jiwa, Kecelakaan, dan Dana Pensiun

  • Santunan tunai: pertanggungan asuransi untuk memberikan sejumlah uang ketika peserta/karyawan mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia akibat sakit atau kecelakaan.
  • Santunan pensiun: pertanggungan asuransi untuk memberikan santunan pensiun bagi karyawan yang telah selesai masa kerjanya.

Dasar hukum asuransi karyawan mengacu pada beberapa undang-undang atau peraturan pemerintah. Berikut beberapa dasar hukum asuransi karyawan:

  • Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.
  • Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 152/PMK.010/2012 Tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik Bagi Perusahaan Perasuransian.
  • Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi karyawan:

  • Aktuaris: Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat. Pekerjaannya adalah menghitung besaran premi calon peserta asuransi.
  • Copayment: Copayment adalah biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Premi asuransi: Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan 
  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis antara peserta asuransi (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi: Permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Masa tenggang: Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku. 
  • Masa tunggu: Periode setelah polis diterbitkan namun benefit belum dapat digunakan oleh peserta asuransi. Atau, periode antara satu benefit telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga benefit yang sama bisa dimanfaatkan.
  • Penanggung: Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang membayarkan premi atas polis tersebut.
  • Pemegang Polis : Pihak sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi. Dalam hal Ini adalah perusahaan 
  • Peserta Asuransi: Karyawan beserta pasangan (suami/istri) dan anak yang didaftarkan oleh pemegang polis (dalam hal ini perusahaan) untuk menerima manfaat asuransi.
  • Risiko: Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.
  • Benefit/manfaat: Manfaat atau perlindungan adalah hak baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak peserta asuransi atau peserta asuransi.
  • Secondary Benefit: Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh peserta asuransi. Akan tetapi, peserta asuransi biasanya harus menambahkan nominal premi.
  • Coordination of Benefit (COB): Sering disebut sebagai double claim, COB adalah proses dimana dua perusahaan asuransi menanggung peserta asuransi yang sama agar peserta asuransi bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang digunakan. Namun, total biaya yang akan dibayarkan tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan. 
  • Provider: Rumah sakit rekanan yang bekerja sama dengan asuransi.
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan