• MAG_44_2_PD
FLASHSALE
Diskon 10%

Asuransi Kecelakaan

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Kecelakaan Terbaik di Indonesia 2021

Asuransi kecelakaan atau personal accident adalah proteksi yang memberikan uang pertanggungan berupa santunan meninggal dunia, cacat tetap, hinga perawatan di rumah sakit jika tertanggung mengalami kecelakaan. Jenis-jenis asuransi kecelakaan dikategorikan berdasarkan manfaatnya, yakni:

  1. Asuransi Kecelakaan Diri
  2. Asuransi Kecelakaan Kerja
  3. Asuransi Kecelakaan Pesawat
  4. Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Saat ini ada cukup banyak pilihan polis asuransi kecelakaan yang bagus di Indonesia. Untuk memudahkan calon nasabah dalam memilih, yuk simak 10 rangkuman polis terbaik dengan premi bersahabat dari Lifepal!

Adira Proteku Basic


Simas Jiwa SIJI Secure 1


Asuransi Personal Accident Supreme


Takaful Asuransi Kecelakaan Diri dan Hospital


BRI Life Acci Care


ACA AsuransiKu


Allianz Personal Care


BCA Life b-SAVE Accident Protection


Cigna Proteksi Diri Ekstra

AIA Group Personal Accident


Rangkuman Manfaat Produk Asuransi Kecelakaan

Jenis-Jenis Asuransi Kecelakaan

Apa saja jenis-jenis asuransi kecelakaan yang tersedia? Secara umum, jenis yang ditawarkan adalah berikut ini:

1. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri adalah asuransi memberikan uang pertanggungan kepada nasabah individu apabila mengalami kecelakaan. Asuransi ini akan menanggung risiko meninggal dunia, cacat tetap, dan cedera akibat kecelakaan.

Nah, jika berbicara soal manfaatnya, sebenarnya memiliki standar nasional, yaitu berdasarkan Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia (PSAKDI).

Namun, perlu dicatat bahwa ada beberapa pengecualian dalam pertanggungan asuransi  ini. Beberapa hal yang tidak ditanggung asuransi di antaranya kecelakaan karena kesengajaan atau mengikuti hal-hal ekstrem yang tidak ditanggung dalam polis.

2. Asuransi Kecelakaan Kerja

Asuransi kecelakaan kerja adalah asuransi yang memberikan uang santunan jika peserta mengalami kecelakaan saat bekerja atau dalam perjalanan untuk bekerja. Santunan diberikan apabila peserta mengalami cacat tetap atau meninggal dunia akibat kecelakaan.

Sesuai dengan namanya, asuransi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan dengan bidang pekerjaan yang mempunyai risiko kecelakaan yang tinggi, misalnya konstruksi alat berat, pabrik, atau pengelola gedung tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan karyawan swasta biasa pun membutuhkan asuransi ini.

Asuransi ini wajib dimiliki oleh tiap perusahaan. Seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang, seluruh pekerja seharusnya sudah terlindungi oleh asuransi ini, minimal dari BPJS Ketenagakerjaan. Karena BPJS Ketenagakerjaan punya program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja).

3. Asuransi Kecelakaan Pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat adalah asuransi yang memberikan uang santunan jika penumpang pesawat mengalami kecelakaan. Risiko kecelakaan pesawat memang rendah tetapi jika terjadi maka kemungkinan selamat lebih kecil daripada transportasi darat.

Oleh sebab itu, ada tiga pihak yang wajib memberikan asuransi kecelakaan penumpang, yaitu maskapai pesawat, PT Jasa Raharja, dan pemerintah. Namun, kini penumpang juga bisa membeli polis langsung melalui perusahaan asuransi atau marketplace asuransi seperti Lifepal.

4. Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Asuransi kecelakaan lalu lintas atau lebih dikenal dengan istilah asuransi sosial kecelakaan penumpang adalah asuransi yang akan memberikan uang santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Risiko yang ditanggung oleh asuransi ini adalah risiko meninggal dunia, cacat tetap, atau cedera akibat kecelakaan.

Wajar saja, produk ini memang salah satu produk asuransi sosial kecelakaan penumpang milik negara yang dikelola oleh Asuransi Jasa Raharja yang menanggung kerugian akibat kecelakaan motor, kecelakaan mobil, dan kendaraan umum lainnya.

Sistem dari asuransi ini bukan berupa keanggotaan asuransi dengan premi, karena siapapun yang mengalami kecelakaan akan mendapat santunan. Orang yang masuk ke dalam tertanggung di antaranya pengguna jalan, penumpang angkutan umum, penumpang kendaraan pribadi, dan pejalan kaki.

Nah, uang premi dari asuransi ini sebenarnya dibayarkan oleh pemilik kendaraan melalui Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) setiap tahunnya saat perpanjangan atau pembuatan STNK.

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan

Pengajuan klaim asuransi kecelakaan dibedakan untuk tiap jenisnya. Berikut penjelasan cara klaim asuransi kecelakaan selengkapnya:

Apakah Saya Membutuhkan Asuransi Kecelakaan?

Penting atau tidaknya memiliki asuransi kecelakaan tergantung dari kondisi hidup masing-masing. Meskipun semua orang punya risiko kecelakaan, ada beberapa golongan yang paling rentan sehingga sangat membutuhkan asuransi kecelakaan, misalnya:

Nah, beli asuransi sekarang mudah dan cepat lewat Lifepal! Bahkan, santunan kecelakaan lalu lintas bisa didapat dengan premi mulai Rp50 ribu/ bulan! Yuk, bandingkan polisnyadi sini:

Pertanyaan & Tips Seputar Asuransi Kecelakaan

Di bawah ini adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah maupun calon nasabah dari asuransi kecelakaan.

Chat Bantuan