Asuransi Kecelakaan Kerja

Asuransi kecelakaan kerja adalah asuransi yang memberikan uang santunan jika peserta mengalami kecelakaan saat bekerja atau dalam perjalanan untuk bekerja. Santunan diberikan apabila peserta mengalami cacat tetap atau meninggal dunia akibat kecelakaan.

Adapun bentuk santunan yang diberikan terdiri atas:

  • Santunan uang pertanggungan.
  • Santunan biaya perawatan medis, baik penyakit ringan (karena kecelakaan) atau risiko sakit jangka panjang (karena pekerjaan). Misalnya, apabila pegawai pabrik mengalami gangguan paru-paru akibat terlalu sering menghirup polusi.
  • Santunan beasiswa untuk pendidikan ahli waris jika memiliki anak.
  • Tunjangan penggantian istirahat kerja.
Pilihan UP hingga Rp200 juta, premi Rp50 ribu/bulan
+62

Sesuai dengan namanya, asuransi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan dengan bidang pekerjaan yang mempunyai risiko kecelakaan yang tinggi, misalnya konstruksi alat berat, pabrik, atau pengelola gedung tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan karyawan swasta biasa pun membutuhkan asuransi ini.

Asuransi ini wajib dimiliki oleh tiap perusahaan. Seperti yang diamanatkan oleh Undang-undang, seluruh pekerja seharusnya sudah terlindungi oleh asuransi ini, minimal dari BPJS Ketenagakerjaan. Karena BPJS Ketenagakerjaan punya program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja).

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Kerja

Untuk mengajukan klaim program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), berikut langkah yang perlu dilakukan:

  1. Laporkan kejadian klaim ke perusahaan asuransi maksimal 2 x 24 jam atau 2 hari. 
  2. Datang ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Jangan lupa simpan kuitansinya.
  3. Laporkan kembali ke BPJS setelah mendapatkan perawatan dengan menyiapkan dokumen seperti formulir klaim, identitas (KTP), Kartu BPJS Ketenagakerjaan – Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), kuitansi rumah sakit, dan surat keterangan dokter.
  4. BPJS Ketenagakerjaan bakal menghitung jumlah ganti rugi kepada peserta atau ahli waris jika peserta meninggal dunia.

Kenalan dengan Asuransi Kecelakaan Pesawat

Demikian ulasan tentang polis asuransi kecelakaan kerja. Cari tahu tentang jenis lainnya, misal asuransi kecelakaan pesawat.
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan