Asuransi Kecelakaan Pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat adalah asuransi yang memberikan uang santunan jika penumpang pesawat mengalami kecelakaan. Risiko kecelakaan pesawat memang rendah tetapi jika terjadi maka kemungkinan selamat lebih kecil daripada transportasi darat.

Oleh sebab itu, ada tiga pihak yang wajib memberikan asuransi kecelakaan kepada penumpang, yaitu maskapai pesawat, PT Jasa Raharja, dan pemerintah. Namun, kini penumpang juga bisa membeli polis langsung melalui perusahaan asuransi atau marketplace asuransi seperti Lifepal.

Polis asuransi kecelakaan ini sangatlah penting, khususnya untuk perusahaan yang memiliki pekerja dengan mobilitas tinggi. Yuk, bandingkan polis asuransi kecelakaan diri terbaik dengan premi murah!
Pilihan UP hingga Rp200 juta, premi Rp50 ribu/bulan
+62

Besar uang santunan asuransi kecelakaan pesawat

Bentuk pertanggungan yang diberikan pada asuransi ini adalah santunan meninggal dunia yang akan diberikan pada ahli waris. Selain itu, asuransi ini juga memberikan santunan cacat tetap sesuai dengan manfaat yang tertulis pada polis.

Khusus untuk polis yang bersifat wajib, seperti pemerintah, PT Jasa Raharja, dan maskapai, besaran santunan sudah ditentukan.

Dilansir dari Kompas, pemerintah akan memberikan santunan sebesar Rp1,25 miliar kepada ahli waris, lalu Rp1,25 miliar untuk cacat tetap, dan Rp200 juta untuk pengobatan rawat inap akibat luka-luka. Besar ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara.

Selain itu, penumpang pesawat juga akan mendapatkan uang santunan dari PT Jasa Raharja sebesar Rp25 juta per orang yang cedera dan Rp50 juta per orang yang mengalami cacat tetap.

Setiap maskapai pesawat juga bertanggung jawab untuk memberikan ganti rugi apabila terjadi kecelakaan selama penerbangan. Namun, kita juga bisa menambahkan manfaat pertanggungan dengan membelinya melalui perusahaan asuransi.

Pelajari mengenai Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Dapatkan asuransi kecelakaan terbaik di Lifepal! Ketahui juga jenis asuransi kecelakaan lain, seperti asuransi kecelakaan lalu lintas.

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan