Asuransi Kesehatan BRI Life

5.0 / 5.0 (5.771 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Kesehatan BRI Life

Asuransi kesehatan BRI atau BRI Life (Bringin Life) adalah asuransi kesehatan yang dinaungi oleh PT Asuransi BRI Life, anak perusahaan dari bank pelat merah BRI. Asuransi kesehatan ini cukup banyak dicari orang sebab memberikan manfaat lengkap dengan premi murah, yaitu mulai dari Rp50 ribu per bulan. 

Ringkasan

  • BRI Life memiliki rangkaian produk asuransi yang lengkap yang dapat meng-cover berbagai lapisan masyarakat, baik masyarakat umum dan karyawan perusahaan, seperti asuransi jiwa, asuransi mikro, asuransi kesehatan+jiwa untuk karyawan, asuransi jiwa syariah, dan jaminan hari tua untuk pensiunan.
  • BRI Life memiliki lebih dari 50 kantor cabang di kota-kota besar di seluruh Indonesia dan ditunjang oleh lebih dari 3.000 tenaga pemasar untuk memudahkan nasabah mendapatkan layanan.
  • BRI Life telah memiliki aplikasi “BRI Life My Medical” yang bisa diunduh secara gratis melalui ponsel untuk memudahkan akses kepada informasi yang dibutuhkan oleh nasabah.

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan BRI

Beberapa produk unggulan yang ditawarkan BRI Life seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan individu maupun karyawan, asuransi kecelakaan hingga asuransi jiwa kredit. Produk asuransi BRI Life juga ditawarkan secara mikro sehingga harga preminya menjadi lebih terjangkau untuk semua kalangan.

Khusus mengenai asuransi kesehatan, BRI menawarkan 2 jenis produk kesehatan untuk individu maupun kumpulan, yaitu Produk Bancassurance dengan polisnya Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal (AMKKM) dan Produk Karyawan Perusahaan dengan Polis Employee Benefit Program. Polis ini menawarkan pertanggungan menyeluruh untuk berbagai biaya perawatan medis nasabah, pasangan serta pegawai perusahaan.

Asuransi BRI Life adalah perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan BRI. Asuransi BRI Life sudah berdiri sejak tahun 1988 sesuai dengan SK Menteri Keuangan RI pada tanggal 10 Oktober 1988 dan akta pendirian dari notaris Ny Poerbaningsih Adi Warsito No.166 dengan nama PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera.

 
 

Pilihan Polis Asuransi Kesehatan BRI Life

Asuransi Kesehatan BRI memiliki 2 produk yang bisa dipilih oleh nasabah yakni produk Bancassurance serta produk karyawan perusahaan. Kedua produk ini khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan nasabah perorangan maupun kumpulan.

Asuransi Bancassurance

Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM)

Polis asuransi yang menawarkan perlindungan finansial terhadap diri nasabah serta pasangannya dari kecelakaan, risiko kesehatan dan meninggal dunia. Beberapa manfaat, syarat dan ketentuan berlakunya antara lain adalah:

  • Menggunakan mata uang rupiah
  • Premi mulai dari Rp50 ribu
  • Usia masuk: 18-60 tahun
  • Pembayaran premi sekaligus
  • Masa asuransi selama 1 tahun.

  • Pertanggungan biaya operasi akibat sakit atau kecelakaan hingga Rp2,5 juta
  • Santunan cacat total atau sebagian hingga sebesar Rp5 juta
  • Manfaat rawat inap karena kecelakaan atau sakit sebesar Rp 100 ribu per hari
  • Manfaat meninggal dunia karena sakit mencapai Rp 2,5 juta
  • Manfaat meninggal dunia karena kecelakaan mencapai Rp 19,5 juta.
Produk Karyawan

Employee Benefit Program

Polis asuransi yang menawarkan perlindungan bagi pelaku usaha yang ingin melindungi pegawainya dari berbagai macam risiko kesehatan maupun kecelakaan. Polis ini cocok digunakan untuk bisnis berskala besar hingga kecil. Beberapa manfaat, syarat dan ketentuan berlakunya antara lain adalah:

  • Manfaat perlindungan rawat inap dan rawat jalan
  • Manfaat perlindungan melahirkan
  • Manfaat perlindungan rawat gigi dan kacamata
  • Manfaat perlindungan menggunakan prinsip konvensional atau syariah.

  • Menggunakan mata uang Rupiah
  • Premi terjangkau dan kompetitif.
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi kesehatan dari BRI Life, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Bagus atau tidaknya sebuah asuransi tergantung kepada kebutuhan dan kepentingan nasabah dalam menggunakan polis yang dipilih. Asuransi kesehatan BRI memiliki berbagai macam produk yang bisa digunakan nasabah mulai dari kepentingan diri sendiri hingga para pegawai.

Pihak manajemen perusahaan juga memiliki komitmen yang tinggi untuk melayani setiap nasabah serta memenuhi kewajibannya yang tertuang pada masing-masing polis asuransi kesehatan.

Perusahaan ini juga relatif jarang diterpa oleh isu negatif di media cetak maupun digital Tanah Air. Dengan begitu, Asuransi Kesehatan BRI bisa masuk dalam kategori asuransi yang baik digunakan oleh nasabah sekarang ini.

Setiap produk asuransi pasti memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing untuk dipasarkan. Begitupun yang dihadirkan oleh Asuransi Kesehatan BRI, beberapa keunggulan dari asuransi ini antara lain adalah premi ringan mulai dari Rp 50 ribu, manfaat perlindungan biaya operasi akibat sakit atau kecelakaan dengan nominal mencapai Rp 2,5 juta hingga perlindungan meninggal dunia mencapai Rp 19,5 juta.

Sedangkan dari sisi layanan, asuransi Kesehatan BRI memiliki kayanan call center yang sigap membantu nasabah dalam menjawab setiap pertanyaan serta memproses klaim secara profesional. Rekanan Rumah Sakit yang dimiliki oleh Asuransi Kesehatan BRI juga terbilang luas di Indonesia.

Bagi nasabah yang beragama Muslim dan ingin menggunakan produk yang berprinsip Syariah, Asuransi BRI Life juga menyediakannya disamping dengan prinsip konvensional. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa menghubungi call center di nomor 021 1500-087.

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016), ketentuan mengenai standar rasio solvabilitas perusahaan asuransi berada pada angka minimal 120 persen.

Selain itu, ekuitas perusahaan asuransi berada pada angka minimal Rp100 miliar dan ekuitas perusahaan reasuransi adalah minimal Rp200 miliar. Sebuah perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila memiliki aset minimal Rp150 miliar. Seluruh poin ini akan dinyatakan ke dalam sebuah laporan keuangan perusahaan pada tiap tahun.

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2018 yang telah diaudit pada situs resmi BRI Life, ditemukan data-data berikut yang dapat digunakan sebagai rujukan kepada kondisi keuangan perusahaan ini.

  • Rasio solvabilitas: 302,5 persen.
  • Jumlah aset: Rp8,980 triliun.
  • Jumlah ekuitas: Rp2,190 triliun.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan keuangan perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran klaim asuransi yang dibebankan dari seluruh nasabahnya. Dalam hal ini, BRI Life memiliki rasio solvabilitas yang berada di atas ketentuan standar minimal OJK, yaitu 120 persen.

Dengan demikian, seluruh nasabah BRI Life terjamin untuk mendapatkan pertanggungan atas klaim yang diajukan kepada pihak penanggung, yaitu BRI Life.

BRI Life atau Asuransi Bringin Life telah terdaftar di dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sesuai ketentuan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia sejak tanggal 10 Oktober 1988. Izin usaha BRI Life diatur dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor Kep-181/KM.13/1988.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai premi asuransi kesehatan BRI, silakan mengunjungi situs resmi bringinlife.co.id atau menghubungi call center BRI Life melalui sambungan 1500087.

Asuransi kesehatan BRI Life bisa diraih secara online dengan menghubungi melalui nomor 021 1500 – 087 atau melalui situs resmi http://www.bringinlife.co.id.

Atau, jika ingin lebih berimbang, didapat membandingkan produk dan polis asuransi asuransi jiwa terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, calon nasabah mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Terdapat dua jenis penggantian biaya asuransi kesehatan BRI, yaitu reimbursement dan cashless. Pembayaran secara cashless dengan menggunakan kartu nasabah asuransi yang akan digesek di mesin EDC kasir rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan rekanan. 

  • Reimbursement adalah metode penggantian yang mengharuskan tertanggung membayarkan tagihan perawatan kesehatannya. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut.
  • Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan dengan menggunakan kartu saja. Untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit atau klinik, biasanya tertanggung dapat menggesekkan kartu (swipe card) atau cukup menunjukkan kartu (show card).

Premi asuransi kesehatan BRI Life bisa dibayar secara tahunan. Nasabah juga bisa melakukan pembayaran yang diangsur setiap semester (enam bulan), kuartal (tiga bulan), atau sebulan dan akan langsung diakui pada saat premi diterima di rekening penanggung.

Adapun kanal pembayaran yang disediakan sebagai berikut:

  • ATM BRI
  • Mass Debet Bank BRI
  • Auto Debet Bank Mandiri
  • EDC Bank BRI
  • BRI Virtual Account
  • ATM Bank Lain dengan tujuan BRI
  • SMS dan Mobile Banking BRI
  • SMA atau Mobile Banking Lainnya
  • Internet Banking Bank BRI
  • Internet Banking Bank Lainnya
  • Teller Bank BRI
  • Teller Bank Lainnya dengan Metode Transfer
  • Pembayaran premi online melalui kartu kredit (VISA/MasterCard)
  • Pembayaran premi online melalui e-pay BRI.
  • Pembayaran premi online melalui DOKU Wallet.

Informasi tentang premi asuransi kesehatan BRI Life bisa ditanyakan melalui:

Kantor Pusat

Asuransi Jiwa BRINGIN JIWA SEJAHTERA

Gedung Graha Irama Lantai 5, 7, 11 & 15

Jalan HR Rasuna Said Blok X – 1 Kav. 1 & 2

Jakarta Selatan 12950

Telepon: (021) 526 1260-61

Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, yang penting adalah mengetahui nomor polis yang dibayarkan. Setelah itu informasikan atau input nomor polis yang sesuai. Kemudian bayar premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. 

Jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk arsip. Setiap transaksi pembayaran yang berhasil akan dikirimkan melalui SMS ataupun email di hari yang sama.

Berikut tahapan klaim cashless asuransi kesehatan BRI di rumah sakit rekanan.

  • Tertanggung datang ke tempat layanan kesehatan rekanan.
  • Tunjukkan kartu identitas diri dan kartu anggota BRI Life .
  • Tempat layanan kesehatan melakukan penggesekan kartu di mesin EDC.
  • Tertanggung mendapatkan tindakan di Rumah Sakit.
  • Setelah mendapatkan tindakan, tertanggung bisa langsung pulang.
  • Jika ada kelebihan biaya akan dilakukan penagihan kepada tertanggung.
  • Tertanggung membayar tagihan agar kartu asuransinya bisa digunakan kembali.

Berikut ini tahapan klaim reimbursement asuransi kesehatan BRI.

  • Tertanggung datang ke rumah sakit rekanan dan mendapatkan layanan kesehatan.
  • Tertanggung membayar tagihan biaya perawatan medis menggunakan dana pribadi.
  • Tertanggung mengajukan klaim ke BRI dengan waktu maksimum 60 hari (rawat inap dan bersalin) atau 30 hari (rawat jalan, rawat gigi, kacamata).
  • BRI akan membayar uang penggantian sesuai dengan ketentuan polis.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika penutupan polis dilakukan saat manfaat pertanggungan telah aktif, sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui ketentuan mengenai ada atau tidaknya pengembalian premi.

Memberhentikan atau menutup polis asuransi BRI umumnya dilakukan hampir sama dengan cara pengajuan klaim. Keputusan untuk berhenti menjadi nasabah asuransi BRI sebaiknya jangan dilakukan dengan cara tidak membayar polis lagi karena akan dianggap menunggak pembayaran premi. Berikut tahapan menutup polis BRI Life:

  • Menghubungi kantor cabang BRI Life terdekat di kota, kemudian jelaskan keinginan untuk memproses penutupan polis.
  • Mengisi dokumen pernyataan yang menerangkan penutupan polis tanpa paksaan dan berdasarkan inisiatif sendiri secara sadar. Sebaiknya, pahami juga isi dokumen dan minta penjelasan untuk denda dan hal lain yang ditimbulkan dari penutupan polis.
  • Lengkapi persyaratan seperti, surat pengajuan klaim, fotokopi sertifikat asuransi dan kuitansi pembayaran premi, kartu identitas diri, dan lain sebagainya.
  • Menunggu sisa dana jika ada dana investasi atau lainnya yang tersisa.
  • Informasi lainnya terkait asuransi BRI, dapat menghubungi call center melalui nomor 1500087.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://www.bringinlife.co.id/
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis