Asuransi Kesehatan CAR

3.5 / 5.0 (5.836 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Kesehatan CAR

Asuransi Kesehatan CAR adalah produk asuransi yang menjamin biaya perawatan di rumah sakit dari PT AJ Central Asia Raya (CAR Life). Selain biaya perawatan rumah sakit, terdapat pula manfaat biaya tindakan pembedahan hingga Rp60 juta. 

Terdapat lima pilihan polis, pertama ada CAR Prevensia Pro Ultimate, CAR Prevensia Care Ultimate, CAR Prevensia, CAR Prevensia CARina, dan CAR Family Prevensia CARe yang cocok untuk keluarga. 

Ringkasan

  • Produk didukung aplikasi digital i-CARe yang dapat membantu nasabah mendapatkan informasi, seperti status polis, informasi produk, rincian pembayaran premi, dan sebagainya.
  • Pembayaran premi bisa dilakukan dengan cara transfer ATM, bayar di supermarket, atau menggunakan aplikasi LinkAja.
  • Bisa mendapatkan layanan perawatan di rumah sakit hanya dengan menunjukkan kartu polis CAR. 
  • Pertanggungan biaya konsultasi ke dokter spesialis hingga Rp500 ribu per hari. 
  • Cara klaim terbilang cukup mudah dilakukan dan tersedia secara lengkap di situs resmi asuransi CAR.
  • Daftar rekanan rumah sakit yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan CAR

Secara umum, Asuransi CAR lebih fokus dalam menyediakan asuransi jiwa dan unit link atau asuransi jiwa plus investasi. Namun, tersedia lima polis asuransi kesehatan bagi nasabah individu.

Selain memiliki pilihan produk asuransi kesehatan yang beragam, Asuransi CAR juga menghadirkan layanan nasabah berbasis aplikasi, yakni i-CARe. Melalui aplikasi i-CARe, para pemegang polis bisa mengakses informasi terkait polis, mulai dari status pengajuan polis, informasi produk asuransi, tanggal jatuh tempo premi, dan masih banyak lagi.

Asuransi CAR atau PT AJ Central Asia Raya didirikan pada 30 April 1975 oleh Anthoni Salim yang merupakan pemilik Salim Group. Hingga saat ini, perusahaan asuransi CAR telah memiliki 8 kantor regional, 82 kantor pemasaran, dan 53 kantor pelayanan nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia.

 
 

Polis & Manfaat

Asuransi Kesehatan CAR Life memberikan pertanggungan lengkap bagi nasabah individu. Tersedia lima pilihan polis asuransi kesehatan bagi nasabah individu maupun keluarga. Berikut penjelasan mengenai masing-masing polis sebagai pertimbangan memilih asuransi kesehatan terbaik.

Asuransi Kesehatan

CAR Prevensia Pro Ultimate

Polis asuransi kesehatan individu dengan manfaat pertanggungan kesehatan maksimal Rp1,5 miliar per tahun yang memberikan manfaat utama rawat inap dan pembedahan.

  • Perlindungan kesehatan selama satu tahun dan dapat diperpanjang hingga usia 75 tahun.
  • Apabila tertanggung sembuh lebih cepat dari waktu rawat inap normal, maka akan tetap dibayarkan santunan harian sebesar hari tertanggung di rumah sakit.
  • Apabila tertanggung tidak melakukan pengajuan klaim dalam satu tahun polis maka akan diberikan manfaat medical check up.
  • Batas maksimal manfaat tahunan adalah Rp1,5 miliar.
Asuransi Kesehatan

CAR Prevensia Care Ultimate

Polis asuransi kesehatan individu dengan manfaat pertanggungan tanpa batas maksimal tahunan manfaat utamanya adalah biaya rawat inap dan pembedahan hingga tertanggung berusia 75 tahun.

  • Jaminan perawatan kesehatan selama satu tahun dan dapat diperpanjang hingga usia 75 tahun.
  • Apabila tertanggung sembuh lebih cepat dari waktu rawat inap normal, maka akan tetap dibayarkan santunan harian sebesar hari tertanggung di rumah sakit.
  • Apabila tertanggung tidak melakukan pengajuan klaim dalam satu tahun polis maka akan diberikan manfaat medical check up.
  • Batas maksimal manfaat tahunan tidak terbatas.
Asuransi Kesehatan

CAR PREVENSIA CARina

Polis asuransi kesehatan individu dengan perlindungan optimal saat harus rawat inap di rumah sakit serta pemberian santunan meninggal dunia.

  • Manfaat biaya kamar per hari maksimal Rp500 ribu.
  • Biaya kamar ICU maksimal Rp1 juta.
  • Biaya kunjungan dokter per hari maksimal Rp300 ribu.
  • Biaya konsultasi dokter spesialis per hari Rp500 ribu.
  • Biaya pembedahan maksimal Rp60 juta.
  • Biaya perawatan sebelum dan sesudah di rawat inap maksimal Rp2 juta.
  • Santunan meninggal dunia maksimal Rp5 juta.
Asuransi Kesehatan

CAR Family Prevensia CARe

Polis asuransi kesehatan individu dengan jaminan biaya rawat inap, pembedahan, dan rawat jalan bagi Anda dan keluarga ketika dirawat di rumah sakit.

  • No Claim Bonus. Bila tidak ada klaim selama 12 bulan berturut-turut, maka Anda akan mendapatkan no claim bonus sebesar 20 persen dari premi tahun berikutnya. Dengan syarat no claim bonus berlaku jika polis diperpanjang.
  • Perlindungan berlaku di seluruh dunia selama 24 jam sehari dan 365 hari setahun, baik akibat sakit atau kecelakaan.
Asuransi Kesehatan

CAR (Prevensia)

Polis asuransi kesehatan kumpulan untuk karyawan perusahaan dengan manfaat pertanggungan utama berupa biaya perawatan kesehatan karyawan.

  • Santunan rawat inap di rumah sakit dan bedah.
  • Santunan rawat jalan seperti biaya konsultasi dokter umum, dokter spesialis, obat-obatan, dan laboratorium.
  • Perluasan santunan rawat jalan mencakup, medical check up, keluarga berencana (KB), dan imunisasi.
  • Pemberian santunan atas biaya persalinan.
  • Santunan gigi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Santunan kaca mata.
  • Fasilitas evakuasi medis dengan batas minimal perjalanan lebih dari 150 kilometer dari kota tempat tinggal.
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Kesehatan CAR Life, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Kesehatan 3i adalah produk Asuransi Kesehatan CAR Life yang ditawarkan melalui sistem pemasaran atau jaringan keagenan CAR Life yaitu 3i-Networks. 3i-Networks bertujuan mengajak pemegang polis untuk memiliki perlindungan (proteksi), investasi (unit link), dan juga penghasilan sebagai agen asuransi jiwa (mengikuti peraturan keagenan yang berlaku).

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi kesehatan CAR, antara lain:

  • Usia tertanggung.
  • Jenis kelamin tertanggung.
  • Jenis pekerjaan tertanggung.
  • Jumlah peserta tertanggung.
  • Riwayat kesehatan.
  • Gaya hidup (merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan pola hidup).
  • Plafon atau limit pertanggungan.
  • Jangka waktu pertanggungan.
  • Manfaat tambahan (rider).

Untuk informasi lebih jelas mengenai harga premi asuransi kesehatan CAR, sebaiknya cek situs resmi asuransi CAR atau hubungi agen maupun broker asuransi yang bekerja sama.

Membeli asuransi kesehatan CAR secara online akan sangat praktis. Sebab, calon nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang CAR terdekat. Hubungi call center asuransi CAR Life untuk mendapatkan informasi mengenai pembelian polis asuransi secara online.

Atau, jika ingin lebih berimbang, nasabah dapat membandingkan produk dan polis asuransi kesehatan terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, nasabah mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Terdapat beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran premi. Berikut adalah fasilitas pembayaran yang bisa digunakan.

  • Pembayaran premi melalui virtual account di ATM BCA, Bank Mandiri, BRI, Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, Bank Bukopin, dan Bank Maybank.
  • Autodebet rekening BCA, Bank Mandiri, dan Bank BRI.
  • Autodebet kartu kredit, seperti BCA Card, Visa Card, Master Card dan JCB Card.
  • Gerai Indomaret/Alfamart/Alfamidi/Lawson/Dan+Dan
  • Aplikasi LinkAja.

Ketahui lebih lanjut mengenai cara pembayaran premi asuransi CAR dengan cara menghubungi call center CAR (021) 56961929.

Cara klaim terbagi menjadi dua jenis klaim, yaitu klaim rawat inap di rumah sakit dan klaim karena penyakit kritis. Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk setiap jenis klaim.

Klaim rawat inap di rumah sakit

  • Siapkan fotokopi polis asuransi.
  • Siapkan fotokopi identitas diri (KTP/Paspor) pemegang polis dan tertanggung.
  • Siapkan fotokopi kartu keluarga.
  • Lengkapi formulir pemberitahuan klaim kesehatan/santunan tunai harian.
  • Surat kuasa.
  • Surat keterangan dokter mengenai cidera tubuh atau keterangan suatu penyakit.
  • Kuitansi asli dan rincian biaya perawatan rumah sakit.
  • Dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan perusahaan asuransi CAR.
  • Untuk produk dengan manfaat hanya santunan rawat inap dapat hanya melampirkan fotokopi yang telah dilegalisasi kuitansi dan rincian biaya RS.

Klaim penyakit kritis

  • Siapkan fotokopi polis asuransi.
  • Siapkan fotokopi identitas diri (KTP/Paspor) pemegang polis dan tertanggung.
  • Lengkapi formulir pemberitahuan klaim penyakit kritis.
  • Surat kuasa.
  • Surat keterangan dokter mengenai penyakit yang diderita.
  • Hasil pemeriksaan yang diperlukan sesuai penyakit kritis yang diderita tertanggung.
  • Kuitansi asli dan rincian biaya perawatan rumah sakit.
  • Dokumen lainnya yang dianggap perlu oleh penanggung.

Cara klaim asuransi kesehatan

  • Apabila seluruh dokumen telah dilengkapi maka segera lakukan klaim paling lambat 30 hari sejak tanggal perawatan berakhir.
  • Kirim dokumen-dokumen tersebut dengan alamat tujuan Layanan Nasabah CAR terdekat di kota Anda.
  • Minta tanda terima penyerahan berkas klaim.
  • Selanjutnya pihak CAR akan mengecek kelengkapan data, jika dianggap lengkap maka pembayaran akan dilakukan dengan cara transfer ke rekening pemegang polis.

PT A.J. Central Asia Raya berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik untuk setiap nasabahnya. Sebagai bentuk komitmen tersebut, asuransi CAR menghadirkan 48 Kantor Cabang [email protected] (Layanan Nasabah CAR).

Fasilitas yang dikembangkan pada layanan nasabah [email protected], antara lain:

  • i-CARe: Aplikasi mobile yang dirancang untuk memudahkan pemegang polis dalam mendapatkan informasi, seperti status polis, informasi produk, rincian pembayaran premi, rincian investasi terakhir, dan kemudahan untuk mendapatkan formulir klaim.
  • 48 Kantor Cabang Lancar
  • Call center: (021) 56961929
  • SMS: 0855-999-1000
  • Email: [email protected]
  • Fitur Auto Reply SMS – Panduan Akses

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif, sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui ketentuan mengenai ada atau tidaknya pengembalian premi.

Jika ingin berhenti menggunakan asuransi kesehatan CAR, ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti, antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi kesehatan melalui agen CAR yang menawarkan pada Anda.
  • Datang langsung ke kantor cabang CAR dan ajukan penutupan.
  • Datang langsung ke kantor pusat CAR.
  • Hubungi call center CAR untuk mengajukan penutupan polis.

Setelah Anda memilih salah satu cara di atas, maka tahapan berikutnya adalah lengkapi dokumen polis penutupan. Umumnya, dokumen yang diperlukan mencakup poin-poin berikut.

  • Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
  • Mengisi formulir dengan lengkap.
  • Mengembalikan buku polis asuransi kesehatan.
  • Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan.
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
  • Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap terkait penutupan polis asuransi, Anda dapat menghubungi call center CAR melalui nomor (021) 56961929.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.car.co.id/id
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis