• Promo Page kes 1 5
FLASHSALE
Diskon 10%

Asuransi Kesehatan Keluarga, Cek Premi Sekarang!

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik 2021

Asuransi kesehatan keluarga adalah polis yang memberikan pertanggungan biaya perawatan dan pengobatan untuk seluruh anggota keluarga. Jadi, nama tertanggung dalam polis tidak hanya terdiri atas satu orang tetapi tiap anggota keluarga.

Berikut rekomendasi produk asuransi kesehatan keluarga terbaik berdasarkan premi dan benefit-nya.

Pengertian Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

Asuransi kesehatan untuk keluarga adalah polis yang menanggung biaya perawatan atau pengobatan di rumah sakit maupun klinik dan lain sejenisnya untuk tertanggung keluarga. Artinya, satu polis berlaku untuk seluruh anggota keluarga (maksimal 5 orang) sekaligus.

Cara Kerja Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

Cara kerja polisnya pun cukup sederhana. Meski hanya menggunakan satu polis, besaran premi untuk tiap anggota keluarga berbeda-beda. Misal, besaran premi untuk ayah dan ibu biasanya akan lebih tinggi dibandingkan anak-anak. Berikut adalah ketentuan yang perlu diperhatikan:

  • Maksimum anggota adalah lima orang (ayah, ibu, dan tiga orang anak). Lebih dari lima orang akan dikenakan biaya premi tambahan.
  • Polis asuransi akan berakhir begitu anggota keluarga tertua mencapai usia pertanggungan maksimum asuransi.
  • Polis asuransi tidak menanggung batas usia anak yang ditentukan dalam polis asuransi.

Manfaat yang Diberikan Asuransi

Manfaatnya terbagi menjadi dua kategori, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan (rider)Manfaat dasar adalah pertanggungan utama yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabahnya. Sementara rider adalah benefit tambahan untuk melengkapi manfaat dasar dan akan dikenakan premi tambahan.

Berikut ini adalah masing-masing manfaatnya:

Manfaat DasarManfaat Tambahan (Rider)
Rawat inap, rawat jalan, & pembedahanMelahirkan, gigi dan mata, & medical check-up

Lebih Baik Polis Keluarga atau Individu?

Pada dasarnya, manfaat plan keluarga dan individu sama saja. Bedanya, hanya pada jumlah tertanggung yang ada dalam polis serta premi asuransinya saja.

Banyak yang beranggapan bahwa premi plan keluarga jauh lebih mahal ketimbang individu. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, jika dibandingkan mendaftarkan masing-masing anggota keluarga ke dalam asuransi individu, total preminya justru jauh lebih mahal.

Agar lebih jelas, simak perbandingannya:

tabel asuransi kesehatan keluarga

Cara Klaim Asuransi

Cashless (Non Tunai)
Serahkan kartu asuransi ke RS → gesek kartu → RS akan mengkonfirmasi ke pihak perusahaan asuransi → peserta asuransi bisa langsung mendapatkan pelayanan medis → selesai.
Reimbursement (Tunai)
Membayar tagihan RS dengan dana pribadi → ajukan klaim ke perusahaan asuransi → perusahaan asuransi akan mengecek dokumen dan melakukan analisis  → perusahaan asuransi melakukan pembayaran klaim  → selesai.

Jenis Asuransi Kesehatan Keluarga

Berdasarkan produknya, asuransi kesehatan keluarga terbagi menjadi dua kategori, yaitu konvensional dan syariah. Sementara untuk manfaat asuransinya sendiri nasabah bisa beli manfaat dasar atau melengkapinya dengan manfaat tambahan (rider)

Berdasarkan Jenis Produknya

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, produk asuransi kesehatan keluarga dibedakan menjadi dua kategori, yaitu konvensional dan syariah. Berikut ulasan dari keduanya:

Berdasarkan Jenis Manfaatnya

Sementara berdasarkan manfaatnya, asuransi kesehatan keluarga juga bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu manfaat dasar dan tambahan (rider).
Berikut perbedaannya:

Premi Asuransi Kesehatan Keluarga

Premi asuransi kesehatan keluarga umumnya berkisar mulai dari Rp500 ribu – Rp18 jutaan per bulan. Meski begitu, perlu digarisbawahi bahwa besaran premi yang ditawarkan tiap perusahaan asuransi bisa berbeda-beda. Karena, profil nasabah dijadikan sebagai penentu besaran premi yang akan dibayarkan.

Asuransi plan keluarga bukan berarti selalu mahal. Lihat pilihan polis terbaik dengan premi mulai Rp500 ribu untuk 5 anggota keluarga sekaligus!

Faktor Penentu Besaran Premi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, besaran premi asuransi keluarga akan dipengaruhi profil nasabah yang meliputi usia, jenis kelamin, dan jumlah anggota keluarga (tertanggung). Selain itu, manfaat tambahan (rider) serta polis yang dipilih juga akan memengaruhi besaran premi nantinya. Yuk, simak ulasannya berikut ini

1. Manfaat dan Limit Polis

Semakin lengkap dan semakin tinggi limit polis asuransi yang dipilih, maka akan semakan tinggi pula biaya asuransi kesehatan keluarga. Tak hanya itu itu, jika polis asuransi menanggung hingga jangkauan luar negeri secara umum preminya juga akan lebih mahal. Karenanya, sebaiknya pertimbangkan apakah benar-benar butuh setiap manfaat yang ada di polis.

2. Jumlah Tertanggung

Semakin banyak jumlah tertanggung dalam polis, maka akan semakin tinggi pula preminya. Contoh, polis asuransi kesehatan yang menanggung 3 anggota keluarga tentu akan lebih murah ketimbang 5 anggota keluarga.

3. Usia Nasabah

Perusahaan asuransi juga akan melihat usia anggota keluarga yang paling senior. Ini karena semakin bertambahnya usia, maka semakin tinggi juga risiko terserang penyakit sehingga membuat preminya jauh lebih mahal. Itu sebabnya, sebaiknya daftarkan seluruh anggota keluarga dalam polis asuransi kesehatan sejak usia dini agar preminya lebih murah.

4. Unit Link atau Murni?

Premi asuransi kesehatan keluarga unit link umumnya lebih mahal ketimbang plan asuransi murni. Sebab, nasabah bisa mendapatkan manfaat asuransi dan nilai tunai investasi sekaligus. Nah, jika saat ini sudah memiliki investasi atau memiliki anggaran yang terbatas, sebaiknya pilih asuransi kesehatan keluarga murni saja. Dengan begitu, nasabah bisa mendapatkan manfaat polis dengan manfaat lengkap dengan harga bersahabat pula.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Memilih asuransi kesehatan keluarga perlu memerhatikan kebutuhan setiap anggota keluarga. Setiap nasabah pasti menginginkan polis asuransi kesehatan keluarga dengan limit tinggi dan premi murah.

Nah, hal itu bisa saja didapat jika calon nasabah membandingkan berbagai pilihan polis dari perusahaan asuransi lainnya secara online. Dengan begitu, akan lebih mudah menimbang kelebihan dan kekurangan masing-masing polis yang ingin dipilih. Yuk, bandingkan polisnya secara online!

Selain membandingkan polis yang ada di Indonesia, bisa juga mengikuti tips memilih asuransi kesehatan untuk keluarga terbaik berikut ini:

1. Memilih Sesuai Kebutuhan

Kuncinya adalah mampu menyesuaikan manfaat asuransi dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Agar tidak salah pilih, mari simak beberapa jenis asuransi berdasarkan manfaatnya berikut ini.

Kebutuhan Jenis asuransi yang cocok 
Memiliki anak berusia bayi atau baru lahir.Asuransi kesehatan keluarga yang menanggung usia peserta mulai dari usia 0 dan pertanggungan biaya imunisasi.
Rekanan rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal.Asuransi kesehatan keluarga dengan pilihan klaim cashless dan reimbursement.
Metode klaim tanpa harus mengeluarkan anggaran besar terlebih dahulu.Asuransi kesehatan keluarga cashless. Pastikan rekanan rumah sakit yang menerima klaim cashless memiliki yang reputasi baik.

2. Fleksibilitas Penambahan Anggota Keluarga

Pastikan memilih polis asuransi kesehatan keluarga yang dapat menambahkan anggota keluarga baru dengan mudah. Jika anggota keluarga yang paling senior meninggal dunia, maka anggota keluarga lainnya dapat melanjutkan polis yang sama dengan menambahkan anggota keluarga lainnya tanpa kehilangan manfaat pertanggungan.

3. Manfaat Coordination of Benefit (CoB)

Coordination of Benefit (CoB) adalah manfaat di mana jika BPJS Kesehatan tidak dapat mencakup semua biaya perawatan, maka tertanggung bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi kesehatan swasta. Saat ini ada 11 perusahaan asuransi swasta yang memberikan manfaat CoB dengan BPJS Kesehatan, yaitu  Avrist, Arthagraha General Insurance, Astra Buana, Mega, CAR, Takaful Keluarga, Bina Dana Arta, Sinarmas MSIG, Generali Indonesia, Tugu Pratama, dan Multi Artha Guna (MAG).

4. Menanggung Hingga Usia Lanjut

Sebaiknya, pilih asuransi kesehatan keluarga yang menanggung usia nasabah hingga 100 tahun. Dengan begitu, ketika memasuki usia lanjut, tertanggung tidak perlu ganti polis. Sebab, premi asuransi kesehatan untuk orang tua umumnya cukup mahal.

5. Limit Sebanding dengan Biaya Rumah Sakit

Ingat, jangan hanya berfokus pada premi murah saja, melainkan cari yang limitnya sebanding dengan biaya rumah sakit saat ini. Misal, jika biaya rawat inap berkisar Rp500 ribu semalam, maka cari polis yang memberikan pertanggungan rawat inap di atas nominal tersebut.

Jangan lupa membandingkan produk asuransi kesehatan keluarga terbaik di Lifepal. Tersedia 500+ pilihan polis dengan premi terjangkau dan manfaat lengkap untuk seluruh anggota keluarga.

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan Keluarga

Chat Bantuan