Pengertian Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

Asuransi kesehatan untuk keluarga adalah polis yang menanggung biaya perawatan atau pengobatan di rumah sakit maupun klinik dan lain sejenisnya untuk tertanggung keluarga.

Artinya, satu polis berlaku untuk seluruh anggota keluarga (maksimal 5 orang) sekaligus. Preminya pun terbilang lebih murah jika dibandingkan mendaftarkan masing-masing anggota keluarga dalam asuransi individu. Yuk, bandingkan pilihan polis terbaiknya secara online!

Menanggung sekeluarga premi mulai Rp500 ribu/bulan!
+62

Cara Kerja Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

Cara kerja polisnya pun cukup sederhana. Meski hanya menggunakan satu polis, besaran premi untuk tiap anggota keluarga berbeda-beda. Misal, besaran premi untuk ayah dan ibu tentu biasanya akan lebih tinggi dibandingkan anak-anak. Berikut adalah ketentuan yang perlu diperhatikan: 

  • Maksimum anggota adalah lima orang (ayah, ibu, dan tiga orang anak). Lebih dari lima orang akan dikenakan biaya premi tambahan. 
  • Polis asuransi akan berakhir begitu anggota keluarga tertua mencapai usia pertanggungan maksimum asuransi. 
  • Polis asuransi tidak menanggung batas usia anak yang ditentukan dalam polis asuransi.

Manfaat yang Diberikan Asuransi

Manfaatnya terbagi menjadi dua kategori, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan (rider). Manfaat dasar adalah pertanggungan utama yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabahnya. Sementara rider adalah pertanggungan tambahan untuk melengkapi manfaat dasar dan akan dikenakan premi tambahan.

 Berikut ini adalah masing-masing manfaatnya:

Manfaat DasarManfaat Tamabahan (Rider)
Rawat InapRawat JalanPembedahanMelahirkanGigi dan MataMedical Check-up

Lebih Baik Polis Keluarga atau Individu?

Pada dasarnya manfaat plan keluarga dan individu sama saja. Jadi, yang membedakan hanya pada jumlah tertanggung dalam polis, beserta premi asuransinya saja. 

Banyak yang beranggapan bahwa premi plan keluarga jauh lebih mahal ketimbang individu. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar, sebab jika dibandingkan mendaftarkan masing-masing anggota keluarga ke dalam asuransi individu, total premi malah menjadi lebih mahal. 

Agar lebih jelas, simak perbandingannya:

tabel asuransi kesehatan keluarga

Cara Klaim Asuransi 

Cashless (Non Tunai)
Serahkan kartu asuransi ke RS → gesek kartu → RS akan mengkonfirmasi ke pihak perusahaan asuransi → peserta asuransi bisa langsung mendapatkan pelayanan medis → selesai. 
Reimbursement (Tunai)
Bayarkan tagihan RS dengan dana pribadi → ajukan klaim ke perusahaan asuransi → perusahaan asuransi akan cek dokumen dan melakukan analisis  → perusahaan asuransi melakukan pembayaran klaim  → selesai.

Jenis Asuransi Kesehatan Keluarga

Setelah mengetahui serba-serbi soal asuransi kesehatan keluarga, penting untuk calon nasabah juga mengetahui jenis-jenisnya. Dengan begitu, nasabah bisa memilih jenis asuransi kesehatan keluarga yang sesuai kebutuhan dengan premi terbaik.
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan