Asuransi Kesehatan

HEMAT 30% Bandingkan dan pilih sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
 

Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik 2020 di Indonesia

Asuransi kesehatan menanggung biaya medis yang harus dikeluarkan ketika kita mengalami risiko kesehatan dan harus ke dokter atau rumah sakit. Adapun manfaat utamanya mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Sementara manfaat tambahan (rider) meliputi melahirkan, perawatan gigi, dan mata.

Berikut beberapa rekomendasi asuransi kesehatan terbaik di Indonesia di tahun 2020: 

DAFTAR ASURANSI

Asuransi Kesehatan Individu Terbaik  Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik 
Asuransi Kesehatan Unit Link Terbaik Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik 
Asuransi Kesehatan Cashless Asuransi Kesehatan COVID-19

Asuransi Kesehatan Individu Terbaik 

Dalam mencari asuransi kesehatan perorangan, sebaiknya pilih yang harga preminya rendah dengan plafon atau manfaat asuransi yang tinggi.

Setelah membandingkan ratusan polis asuransi, rekomendasi plan individu terbaik adalah asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, Allianz, Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

Berikut adalah review asuransi kesehatan dan rincian pertanggungan polisnya.

Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Asuransi AXA Mandiri
4.5

Smartcare Executive adalah salah satu polis asuransi kesehatan AXA Mandiri yang memiliki plafon tinggi dengan harga premi terbilang murah, yaitu mulai dari Rp2.013.000 per tahun atau hanya Rp167 ribuan per bulan! 

Dengan harga premi ringan, peserta sudah mendapatkan manfaat rawat inap Rp250 ribu per hari. Uang pertanggungan rawat inap tersebut terbilang cukup tinggi dibandingkan polis asuransi lainnya yang memberikan pertanggungan hanya Rp100 ribuan per hari. Ada juga pertanggungan biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar polis. Jadi nasabah tidak perlu menyiapkan anggaran tambahan untuk manfaat rawat jalan ini. 

Asuransi Kesehatan Cigna

Asuransi Cigna
3.7

Cigna Proteksi Sehat juga bisa menjadi salah satu pilihan asuransi kesehatan terbaik dan murah dengan premi ringan. Hanya dengan membayar iuran premi mulai dari Rp150 ribu per bulan, nasabah sudah bisa mendapatkan pertanggungan rawat inap Rp300 ribu per hari. Belum lagi ada diskon 10 persen untuk polis ini dari Lifepal. Hanya saja, Cigna Proteksi Sehat tidak memberikan manfaat rawat jalan dalam polis dasar. Artinya, akan ada biaya premi tambahan jika ingin mendapatkan manfaat ini. 

Cigna Proteksi Sehat Optima adalah pilihan polis asuransi kesehatan Cigna lainnya dengan manfaat yang lebih menarik. Dengan premi Rp285 ribu per bulan, peserta bisa mendapatkan manfaat no claim bonus setiap tiga tahun. Artinya, bisa mendapatkan pengembalian premi setiap tiga tahun sebesar 50 persen dari yang telah dibayarkan. Untuk manfaat lainnya serupa dengan polis sebelumnya.  

Asuransi Kesehatan Allianz

SmartHealth Maxi Violet adalah salah satu polis asuransi kesehatan unggulan Allianz. Sebab, SmartHealth Maxi Violet memberikan manfaat no claim bonus, yang artinya premi asuransi kesehatan Allianz yang telah dibayarkan akan dikembalikan 20 persen jika tidak ada klaim. 

Menariknya lagi, terdapat delapan pilihan plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon nasabah, mulai dari manfaat rawat inap Rp100 ribu hingga Rp1 juta per hari. 

Asuransi Kesehatan Manulife 

Asuransi Manulife
5.0

MiUltimate HealthCare adalah polis asuransi kesehatan Manulife yang bersifat murni dan memberikan manfaat rawat inap serta rawat jalan hingga usia 80 tahun. Menariknya uang pertanggungan dari polis ini mengikuti tagihan dari rumah sakit (as charged) dengan limit tahunan sesuai plan yang dipilih. 

Contohnya, plan polis yang dipilih memberikan limit tahunan Rp1 miliar. Maka, berapapun biaya obat dan perawatan lainnya akan ditanggung Manulife selama limit tahunan masih tersedia. Untuk mengetahui premi asuransi kesehatan Manulife dapat mengunjungi situs resmi perusahaan terkait. 

Asuransi Kesehatan Prudential 

Asuransi Prudential
4.8

PRUPrime HealthCare juga memberikan manfaat pertanggungan yang mengikuti tagihan rumah sakit (as charged) sesuai dengan limit tahunan yang dipilih. Menariknya lagi, PRUPrime HealthCare juga memberikan manfaat no claim bonus setiap satu tahun sebesar 10 persen dari premi yang telah dibayarkan. 

Jadi, jika dalam setahun tidak ada klaim, nasabah bisa mendapatkan pengembalian 10 persen total premi asuransi kesehatan Prudential yang telah dibayarkan selama setahun. 

Asuransi Kesehatan BNI Life 

Asuransi BNI Life
4.7

Spectra Health Care merupakan polis asuransi kesehatan BNI Life dengan premi ringan, yaitu mulai dari Rp600 ribu per tahun. Keunggulannya, Spectra Health Care juga memberikan manfaat pertanggungan yang mengikuti tagihan rumah sakit (as charged) sesuai dengan limit tahunan plan yang dipilih. 

Adapun manfaat yang diberikan meliputi 100 persen penggantian biaya rawat inap, 80 persen penggantian rawat jalan, dan 100 persen biaya persalinan. Manfaat tersebut terbilang cukup lengkap jika dibandingkan dengan polis lainnya. 

Asuransi Kesehatan BRI Life

Asuransi BRI Life
4.1

BRIngin Life BRIPOTEK adalah asuransi kesehatan murah yang menawarkan premi mulai dari Rp36 ribu saja! Anda bisa mendapatkan uang santunan Rp1 juta dengan jaminan rawat inap sampai 60 hari di 650 rumah sakit rekanan BRI Life. Untuk limit biaya perawatan per hari, Anda mendapatkan limit Rp3,5 juta.

Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Jika dibandingkan dengan plan individu, asuransi kesehatan keluarga memiliki besaran premi yang relatif lebih ringan. Bergantung pada usia anggota keluarga tertua yang diasuransikan, ya. 

Salah satu produk asuransi kesehatan keluarga terbaik adalah dari Cigna. Berikut ini rangkuman dan keunggulan polis-nya: 

Asuransi Kesehatan Keluarga Premi Murah Cigna 

Asuransi Cigna
3.7

Cigna Family Care memberikan proteksi asuransi kesehatan untuk lima anggota keluarga, termasuk kepala keluarga, pasangan, dan tiga orang anak dalam satu polis dengan satu premi yaitu Rp450 ribu per bulan. Adapun manfaat yang diberikan berupa santunan tunai atau hospital cash plan (HCP) mulai dari Rp300 ribu per hari. Artinya, meski biaya kamar tagihan rumah sakit Rp150 ribu per hari, peserta tetap akan mendapatkan santunan tunai Rp300 ribu per hari. 

Cigna Family Care Optima jika ingin manfaat lebih, ada juga pilihan polis Cigna Family Care Optima dengan premi Rp690 ribu per bulan. Manfaat yang diberikan sama dengan polis sebelumnya, ditambah no claim bonus setiap lima tahun sebesar 30 persen dari premi yang telah dibayarkan. 

Untuk rekomendasi proteksi keluarga selengkapnya, silakan mengunjungi laman Asuransi Kesehatan Keluarga

Sesuai dengan namanya, jenis proteksi ini memberikan manfaat asuransi jiwa dan investasi sekaligus. Artinya, premi yang dibayarkan akan dibagi sekian persen sebagai manfaat asuransi dan investasi. Hanya saja, masih jarang asuransi kesehatan yang termasuk investasi atau unit link sekaligus. Biasanya manfaat unit link tersedia di asuransi jiwa

Namun, asuransi kesehatan BCA menawarkan manfaat unit link. Berikut ini rangkuman dan keunggulan polis-nya: 

Asuransi Kesehatan Unit Link BCA

Asuransi BCA Life
3.4

Maxi Infinite Link Assurance merupakan asuransi kesehatan BCA yang juga memberikan manfaat unit link atau investasi sekaligus. Keunggulannya, tidak hanya memberikan pertanggungan atas biaya rawat jalan, rawat inap, cacat tetap, dan penyakit kritis, Maxi Infinite Link Assurance juga memberikan delapan pilihan investasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Sebagai rekomendasi, dapat memilih investasi USD Fixed Income Fund dengan mata uang Dollar Amerika Serikat dengan tingkat risiko menengah dan biaya pengelolaan investasi rendah, hanya 1,45 persen per tahun. 

Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik 

Asuransi syariah memberikan proteksi asuransi yang sesuai dengan syariat Islam, sehingga asuransi kesehatan syariah tidak termasuk riba.

Perbedaannya asuransi syariah menggunakan Akad Hibah (tabarru’) di mana kepemilikan dana dalam polis milik semua nasabah, karena itu disebut dana kontribusi. Sementara asuransi konvensional mengelola dana asuransi nasabah, sesuai dengan pembayaran premi yang dibayar nasabah tersebut. 

Berikut ini beberapa rangkuman rekomendasi asuransi kesehatan syariah terbaik di Indonesia: 

Asuransi Kesehatan Takaful Keluarga 

Asuransi Takaful Keluarga
3.7

Takafulink Salam Community memberikan manfaat asuransi syariah lengkap mulai dari santunan meninggal dunia, kecelakaan diri, cacat tetap total, penyakit kritis, rawat inap, hingga manfaat investasi. Adapun dana kontribusi yang terkumpul dikelola di bawah pengawasan Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. 

Selain itu, manfaat asuransi juga menanggung hingga usia peserta 80 tahun. Usia tersebut terbilang cukup unggul dibandingkan dengan polis asuransi lainnya yang umumnya hanya menanggung hingga usia peserta 60 tahun saja. 

Asuransi Kesehatan Syariah Prudential 

Asuransi Prudential Syariah
4.6

PRUPrime HealthCare Plus Syariah merupakan asuransi kesehatan syariah yang bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider dari asuransi jiwa PRULink Syariah Generasi Baru. Artinya, untuk bisa mendapatkan manfaat Prudential ini, peserta harus terlebih dahulu terdaftar dalam polis asuransi jiwa PRULink Syariah Generasi Baru. 

Asuransi kesehatan syariah Prudential ini memberikan manfaat pertanggungan yang mengikuti tagihan rumah sakit (as charged) sesuai dengan limit plan asuransi yang dipilih. 

Untuk rekomendasi proteksi asuransi syariah selengkapnya, silakan mengunjungi laman Asuransi Syariah Lifepal.

Asuransi Kesehatan Cashless Terbaik

Fasilitas cashless adalah fitur yang dicari-cari oleh banyak orang. Oleh sebab itu, Lifepal telah merangkum rekomendasi beberapa produk yang memiliki fasilitas ini.

Asuransi Kesehatan Cashless Manulife

Asuransi Kesehatan Manulife

MiUltimate Healthcare menawarkan fasilitas cashless baik di dalam maupun luar negeri untuk pertanggungan rawat jalan, rawat inap, melahirkan, bedah, dan santunan tunai. Apabila terkena penyakit kritis, Anda bisa juga mendapatkan tambahan limit pertanggungan. 

Asuransi Kesehatan Cashless Jagadiri

Asuransi JAGADIRI
3.2

Jaga Sehat menawarkan asuransi kesehatan murah dengan fasilitas cashless yang bisa dibeli dengan premi mulai Rp90 ribu per bulan saja. Anda akan mendapatkan pertanggungan santunan rawat inap Rp300-900 ribu per hari, santunan meninggal dunia Rp6-18 juta dengan layanan 24 jam.

Asuransi Kesehatan Cashless Allianz

Asuransi Allianz
4.5

SmartMed Premier adalah salah satu asuransi kesehatan keluarga cashless dengan jaringan rumah sakit luas yang bekerja sama dengan Admedika. Anda juga bisa mengajukan klaim di luar negeri dengan limit maksimal Rp6 miliar setahun!

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Tidak semua asuransi kesehatan dasar menanggung biaya rawat jalan. Oleh sebab itu, perusahaan yang menanggungnya bisa menjadi keunggulan tersendiri. Berikut daftarnya.

Asuransi Kesehatan Cigna

Asuransi Cigna
3.7

Cigna Family Care Optima adalah contoh asuransi kesehatan keluarga yang menawarkan pertanggungan rawat jalan dan rawat inap dengan masing-masing uang pertanggungan Rp300 ribu sampai Rp1,2 juta. Selain itu, polis juga menanggung UP harian ICU sebesar Rp600 ribu sampai Rp2,4 juta. Menariknya, Cigna Family Care Optima akan memberikan 30 persen pengembalian premi pada masa akhir asuransi.

Asuransi Kesehatan AIA

AIA menawarkan polis Medipro, yaitu produk askes untuk karyawan perusahaan dengan manfaat rawat inap, rawat jalan, persalinan, pembedahan, dan perawatan gigi.

Asuransi Kesehatan untuk Orangtua

Apabila sedang mencari asuransi kesehatan untuk orangtua, kami menyarankan untuk membeli asuransi penyakit kritis. Pasalnya, jenis penyakit tersebut rentan menyerang usia lansia dan tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan biasa. Oleh sebab itu, Anda bisa mendapatkan askes penyakit kritis dalam bentuk rider ataupun stand alone. Berikut pilihannya.

Asuransi Penyakit Kritis Simas Jiwa

Asuransi Simas Jiwa
4.0

Siji Critical 5 adalah salah satu produk Simas Jiwa yang menanggung 10 penyakit kritis umum seperti jantung, stroke, paru-paru, dan lain-lain. Sebagai catatan, produk ini berbentuk stand alone, bukan rider yang tersedia dalam lima plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Sebagai asuransi penyakit kritis, polis ini terbilang murah karena preminya mulai dari Rp1,4 jutaan setahun atau Rp116 ribu per bulan. Anda juga bisa mendapatkan uang pertanggungan Rp10-200 juta.

Asuransi Penyakit Kritis AIA 

AIA Critical Protection menanggung 60 jenis penyakit kritis yang berbeda termasuk tindakan bedah angioplasti sampai dengan usia 99 tahun. Untuk mendaftar asuransi stand alone ini, tertanggung maksimal berusia 60 tahun.

Asuransi Penyakit Kritis Prudential

Asuransi Prudential
4.8

PRUtotal Critical Protection (PRUTop) adalah salah satu rider penyakit kritis milik Prudential yang dapat menjadi tambahan pertanggungan dari produk utama PRULink Generasi Baru atau PRULink Assurance Account. Produk ini sangat komprehensif karena tidak membatasi jenis penyakit yang diklaim dengan uang pertanggungan sampai dengan Rp5 miliar. 

Anda bisa mendaftarkan orangtua pada produk ini apabila berumur kurang dari 65 tahun dengan masa perlindungan sampai dengan 55, 60, 65, 70, 75, 80 atau 85 tahun (bisa pilih).

Asuransi Kesehatan Anak

Sebenarnya, asuransi kesehatan anak sama saja dengan asuransi kesehatan murni lainnya. Namun, ada beberapa poin yang perlu kita perhatikan dalam memilih askes untuk anak. Berikut di antaranya.

  • Perlindungan menyeluruh. Selama masih dalam tanggungan kita, kesehatan anak harus direncanakan dengan baik, salah satunya dengan memberikan asuransi kesehatan menyeluruh yang memberikan pertanggungan luas seperti rawat inap, rawat jalan, bedah, dan perawatan medis lainnya.
  • Jaringan rumah sakit luas. Pastikan perusahaan yang kita pilih memiliki jaringan rumah sakit luas dengan dokter spesialis anak terbaik.
  • Premi berkala. Karena hanya menanggung sampai anak dewasa, pilihlah asuransi dengan premi berkala, alih-alih seumur hidup. Selain itu, premi asuransi berkala relatif lebih murah.
  • Asuransi keluarga. Ada beberapa produk yang menawarkan satu polis untuk satu keluarga. Dengan memilih produk seperti ini, kita bisa jauh lebih berhemat daripada membeli polis individu.

Asuransi Kesehatan untuk Covid-19

Kasus pandemi corona atau Covid-19 semakin meningkat di Indonesia. Per 12 Mei 2020, jumlah kasusnya mencapai lebih dari 14 ribu dengan korban meninggal dunia mencapai hampir 1000 orang. 

Lantas, muncul pertanyaan apakah asuransi kesehatan bisa menanggung pandemi ini? Pasalnya, memang situasi pandemi umumnya termasuk ke dalam klausul pengecualian dalam polis. 

Pada April 2020 lalu, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menegaskan bahwa 60 perusahaan anggotanya akan menanggung biaya penyembuhan Covid-19 yang diderita nasabahnya. 

  1. Adisarana Wanaartha
  2. Asuransi Jiwa Advista
  3. AIA Financial
  4. Allianz Life Indonesia
  5. Astra Aviva Life
  6. Avrist Assurance
  7. AXA Financial Indonesia
  8. AXA Mandiri Financial Services
  9. BCA Life
  10. Bhinneka Life Indonesia
  11. BNI Life Insurance
  12. BRI Life
  13. AJB Bumiputera 1912
  14. Capital Life Indonesia
  15. Capital Life Syariah
  16. Central Asia Financial
  17. Central Asia Raya
  18. Chinna Life Insurance
  19. Chubb Life Insurance
  20. Cigna
  21. Ciputra Indonesia
  22. Commonwealth Life
  23. Equity Life Indonesia
  24. FWD Life Indonesia
  25. Generali Indonesia
  26. Great Eastern Life Indonesia
  27. Heksa Eka Life Insurance
  28. Hanwha Life Insurance Indonesia
  29. Indolife Pensiontama
  30. Indosurya Sukses
  31. Inhealth Indonesia
  32. Jiwasraya
  33. Kresna Life
  34. Lippo Life Assurance
  35. Manulife Indonesia
  36. MNC Life Insurance
  37. Asuransi Jiwa Nasional
  38. Pacific Life Insurance
  39. Panin Dai-Ichi Life
  40. Pasaraya Life
  41. PFI Mega Life Insurance
  42. Prudential Life Assurance
  43. Reliance Indonesia
  44. Sequis Financial
  45. Sequis Life
  46. Simas Jiwa
  47. Sinarmas MSIG
  48. Starinvestama
  49. Sun Life Financial Indonesia
  50. Syariah Alamin
  51. Syariah Amanah Jiwa Giri Artha
  52. Syariah Bumiputera
  53. Syariah Jasa Mitra Abadi
  54. Syariah Keluarga Indonesia
  55. Takaful Keluarga
  56. Taspen Life
  57. Tokio Marine Life Insurance Indonesia
  58. Tugu Mandiri
  59. Victoria Alife Indonesia
  60. Zurich Topas Life.

Selain pertanggungan rawat inap biasa, beberapa asuransi Corona juga memberikan manfaat tambahan bagi pasien Covid-19.

  • FWD Life memberikan santunan harian tunai sebesar Rp1 juta per hari dan manfaat tunai Rp10 juta pada nasabah penderita Covid-19.
  • AIA memberikan manfaat tambahan berupa santunan rawat inap Rp1,5 juta per hari (maks. 30 hari) sampai dengan tanggal 31 Mei 2020.
  • Generali memberikan perlindungan tambahan kepada nasabah produk iPLAN yang baru bergabung sejak 16 Maret 2020, yaitu berupa pertambahan uang pertanggungan asuransi jiwa sebesar 10 persen.
  • Manulife memberikan nasabahnya perlindungan kesehatan tanpa menunggu terdiagnosis positif Covid-19. Artinya, hanya dengan gejala nasabah bisa segera melakukan perawatan gejala sehingga terhindar dari penyakit lebih lanjut. Nasabah juga akan diberikan santunan kematian sampai Rp200 juta, santunan rawat inap harian Rp1 juta (maksimal 30 hari) yang berlaku hingga 31 Mei 2020.
  • Sun Life menawarkan manfaat sebesar Rp10 juta untuk nasabah positif Covid-19 di dalam maupun luar negeri khusus untuk nasabah Sun Medical Platinum dan Sun Medical Executive.
  • Tokio Marine Life memiliki program penghapusan masa tunggu klaim bagi nasabah yang positif Covid-19 pada pembelian Januari-Maret 2020. Perusahaan juga memberikan santunan kematian tambahan, yaitu 25 persen dari uang pertanggungan (UP). 
 

Tentang Asuransi Kesehatan

DAFTAR ISI

Pengertian Asuransi Kesehatan

Saat jatuh sakit dan khususnya kalau harus masuk rumah sakit, pasti ada biaya yang harus dikeluarkan. Nah, asuransi kesehatan adalah produk yang menanggung biaya-biaya medis apabila harus ke dokter atau rumah sakit.

Cara kerja asuransi kesehatan sebenarnya sederhana, setiap nasabah mesti membayarkan premi ke pihak perusahaan asuransi. Kemudian, pihak perusahaan akan mengelola dana tersebut sehingga saat ada salah satu nasabah jatuh sakit, perusahaan dapat meng-cover biayanya.

Secara umum, asuransi kesehatan memberikan manfaat dasar berupa pertanggungan biaya rawat inap dan pembedahan, dan rawat jalan pra atau pasca rawat inap. Kemudian, terdapat manfaat tambahan (rider) seperti pada gambar di bawah tetapi ada tambahan biaya premi untuk tiap rider tersebut. 

Adapun penyebab dirawat di rumah sakit atau harus ke dokter bukan selalu karena jatuh sakit, tetapi juga kecelakaan.

kenaikan-biaya-medis

Fasilitas dalam Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan yang bagus akan menawarkan fasilitas yang lengkap, tidak hanya pertanggungan dasar saja. Apabila Anda sedang memilih produk askes, ketersediaan fasilitas di bawah ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

  • Klaim cashless: sistem pembayaran cashless artinya Anda tidak perlu membayar apapun selama menjalani perawatan medis. Saat datang ke rumah sakit, Anda hanya tinggal menunjukkan kartu keanggotan dan pihak rumah sakit akan berkoordinasi langsung dengan penyedia asuransi mengenai biaya perawatan Anda. Hanya saja, sistem pembayaran ini tidak bisa dilakukan jika Anda berobat di rumah sakit bukan rekanan penyedia asuransi.
  • Pertanggungan rawat jalan setelah rawat inap: beberapa produk menanggung biaya rawat jalan yang terkait dengan proses penyembuhan setelah rawat inap. 
  • Biaya ambulans: nasabah bebas biaya transportasi ambulans ke rumah sakit.
  • Bonus tidak ada klaim: bonus berupa potongan premi atau nilai tunai yang diberikan apabila selama menjadi nasabah Anda tidak mengajukan klaim
  • Medical check-up: beberapa askes memberikan fasilitas pemeriksaan medis gratis.
  • Double claim: kebanyakan dari Anda tentu sudah memiliki BPJS Kesehatan sebagai asuransi wajib untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Oleh sebab itu ada asuransi swasta yang menyediakan fasilitas klaim ganda. Artinya, ketika sakit Anda bisa mengajukan klaim ke BPJS dan askes swasta sekaligus.
  • Pertanggungan pre-existing condition: pre-existing condition adalah kondisi di mana Anda sudah menderita penyakit tertentu saat mendaftar asuransi. Sebagian besar produk mengecualikan hal ini dalam klaim, namun ada yang tidak mengecualikannya dengan atau tanpa syarat.

Mengapa Butuh Asuransi Kesehatan? 

Asuransi kesehatan penting, karena kenaikan biaya kesehatan yang sangat cepat! Pada tahun 2018, biaya perawatan kesehatan di Indonesia naik sebesar 11 persen. Artinya, misal pada tahun sebelumnya biaya kesehatan rawat inap di rumah sakit berkisar Rp500 ribuan per hari, maka nominalnya akan naik menjadi Rp555 ribu di tahun 2018. Angka tersebut akan terus meningkat di tahun selanjutnya. 

Selain itu, asuransi kesehatan juga dapat memuat perputaran keuangan kita tetap stabil. Hal ini dikarenakan tabungan, investasi, atau aset yang kita miliki tidak akan terusik ketika terkena risiko sakit karena biaya kesehatan telah ditanggung oleh asuransi. 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Mungkin Anda masih ragu, apa sebenarnya kegunaan asuransi kesehatan. Toh, untuk sakit bisa menggunakan tabungan. Jangan bingung dulu, mari simak penjelasan tentang manfaat asuransi kesehatan berikut.

  • Meminimalisir risiko finansial. Jatuh sakit bisa dibilang merupakan salah satu risiko keuangan yang bisa kita hadapi. Pasalnya, biaya rumah sakit tidak murah, bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan juta! Oleh karena itu memiliki askes sangat membantu Anda dalam menghadapi risiko tersebut. 
  • Memberikan rasa tenang. Memiliki askes artinya kita bisa tenang terhadap risiko yang tidak tahu kapan bisa saja terjadi. 
  • Mengakses fasilitas kesehatan yang layak. Ada beberapa penyakit yang memerlukan alat atau perawatan kesehatan berbiaya tinggi. Alat tersebut umumnya hanya tersedia di rumah sakit besar. Dengan askes, Anda dapat mengakses fasiltias tersebut karena kebanyakan askes telah bekerja sama dengan rumah sakit besar. 
  • Membantu pengelolaan uang. Tiba-tiba memerlukan rawat inap pasti bakal sangat memberatkan keuangan Anda pada bulan tersebut karena tidak terprediksi. Kalau memiliki askes, Anda bisa mengatur budget bulanan untuk pengeluaran premi asuransi alih-alih keluar sekali banyak.
  • Meningkatkan efisiensi. Bayangkan keluarga jatuh sakit di saat Anda tidak memiliki uang. Mau tak mau harus meminjam ke pihak lain dan hal tersebut tidak perlu terjadi jika memiliki askes.
  • Tidak perlu lagi memikirkan biaya rumah sakit. Jatuh sakit pasti menguras banyak pikiran dan energi. Jangan sampai kondisi Anda semakin turun karena pusing memikirkan biaya rumah sakit. 
  • Membantu sesama. Pada asuransi syariah, konsep asuransi adalah tolong menolong. Ketika Anda menyetorkan iuran, maka dana tersebut bisa dipakai untuk menolong orang lain yang sedang memerlukan biaya perawatan medis. Sebaliknya, jika Anda yang jatuh sakit, akan mendapatkan dana kumpulan para nasabah lainnya. Menarik bukan?

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Indonesia? 

Terbagi menjadi empat kategori yang berbeda, antara lain: 

1. Individu dan Kelompok

Asuransi kesehatan individu diperuntukkan untuk tertanggung perseorangan. Di sisi lain proteksi kesehatan kelompok diperuntukkan bagi kelompok, baik perusahaan maupun asuransi keluarga

Biasanya ada ketentuan minimal nasabah. Kemudian, jika dihitung-hitung, premi per orang dari asuransi kelompok ini terbilang lebih murah daripada asuransi individu.

2. Tanggungan Total dan Tanggungan Tinggi

Tanggungan total berarti perusahaan asuransi bersedia menanggung biaya total perawatan, mulai dari biaya rawat inap, pra-rawat inap, pasca-rawat inap, hingga obat-obatan. 

Sedangkan asuransi tanggungan tinggi artinya perusahaan asuransi hanya menanggung biaya tertinggi saja. Contohnya perusahaan asuransi kesehatan hanya menanggung biaya rawat inap atau bedah, namun tidak menanggung biaya diagnosis maupun pra dan pasca-rawat inap. 

3. Murni dan Unit Link

Asuransi kesehatan murni hanya berfokus pada manfaat asuransi kesehatan saja. Sementara unit link menggabungkan manfaat asuransi sebagai proteksi dan investasi. 

Kedua jenis ini memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk asuransi kesehatan murni, umumnya biaya premi relatif lebih murah dengan uang pertanggungan yang tinggi. Ini dikarenakan biaya premi sepenuhnya digunakan untuk manfaat proteksi kesehatan saja. Hanya saja, dana premi yang telah dibayarkan asuransi murni biasanya akan hilang jika tidak ada klaim selama masa kontrak. 

Bagaimana dengan asuransi kesehatan unit link?  Dana premi yang dibayarkan akan dialokasikan dalam dua keranjang, yaitu investasi dan asuransi. Untuk pembagiannya biasanya 60 persen untuk pos investasi dan 40 persen untuk manfaat asuransi kesehatan. Artinya dengan bayar premi, nasabah juga bisa mendapatkan bonus investasi sekaligus. 

4. Pemerintah dan Swasta

Asuransi kesehatan pemerintah dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) dan bersifat wajib. Sementara asuransi kesehatan swasta ditawarkan oleh perusahaan swasta.

Lalu, mana yang lebih baik proteksi dari pemerintah atau swasta?

Asuransi Pemerintah Asuransi Swasta
Tidak ada perbedaan besaran premi untuk usia, perokok dan bukan perokok, serta besaran premi untuk jenis kelamin.  Premi biasanya lebih mahal jika usia semakin tua, berstatus perokok aktif, dan perempuan. 
Manfaat dasar BPJS lebih lengkap, mencakup rawat inap, rawat jalan, optik, gigi, dan kehamilan.  Manfaat dasar asuransi swasta terbatas. Untuk perluasan manfaat akan dikenakan biaya premi tambahan. 
Semua penyakit bawaan atau penyakit baru lainnya ditanggung oleh BPJS.  Penyakit bawaaan umumnya tidak ditanggung asuransi kesehatan swasta. 
BPJS hanya dapat digunakan di rumah sakit rujukan dengan sistem klaim cashless.  Jaringan rumah sakit luas dengan sistem klaim cashless maupun reimbursement. 
Tertanggung harus mendapat rujukan dari fasilitas kesehatan untuk bisa mendapatkan penanganan BPJS.  Hampir semua rumah sakit menerima asuransi kesehatan swasta, sehingga prosesnya lebih sederhana. 
Tidak tersedia layanan double claim.  Terdapat layanan double claim. 

Pilih Cashless atau Reimbursement? 

Sementara untuk metode klaim asuransi kesehatan dibedakan menjadi dua kategori, yaitu cashless dan reimbursement. Cashless adalah metode penggantian asuransi di mana nasabah hanya perlu menunjukkan kartu asuransi agar kemudian bisa mendapatkan pelayanan medis. Sedangkan reimbursement mengharuskan nasabah untuk terlebih dahulu membayarkan tagihan perawatan medis dan kemudian akan diganti sebagian atau seluruh tagihan tersebut sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi. 

Masih banyak yang beranggapan bahwa metode asuransi kesehatan cashless lebih menguntungkan dibandingkan klaim reimbursement. Meski cara klaim cashless terlihat menguntungkan dan prosesnya sangat sederhana, sebenarnya cara klaim reimbursement memiliki keunggulannya sendiri. Pasalnya, pilihan rumah sakit yang menerima klaim reimbursement lebih banyak ketimbang cashless. 

Selain itu, kini sudah banyak asuransi yang menyediakan claim assistant atau layanan bantuan untuk klaim, baik dari pihak perusahaan maupun broker. Lifepal sebagai broker asuransi terbaik di Indonesia menyediakan layanan bantuan klaim untuk asuransi kesehatan. Jika butuh bantuan terkait asuransi kesehatan yang sudah dibeli melalui Lifepal, jangan segan untuk hubungi tim kami!

Kesimpulannya, ketika memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan, pastikan kita telah mengetahui setiap manfaat dan ketentuan asuransi yang diberikan oleh perusahaan. Pastikan manfaat dan ketentuan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kita.

Cara Membeli Asuransi Kesehatan

Saat ini Anda dapat membeli asuransi kesehatan online, seperti melalui Lifepal sebagai marketplace asuransi terbaik di Indonesia. Caranya mudah saja, cukup mengisi formulir di bagian atas halaman ini dan tim kami akan segera menghubungi kamu.

Perlu dicatat bahwa membeli asuransi secara online relatif lebih murah 30 persen dari pembelian lewat jalur lain. Selain itu, kamu juga dapat lebih mudah membandingkan berbagai polis dari merek-merek asuransi ternama di Indonesia.

Perhatikan Ini Saat Mengajukan Klaim 

Sebelum mengajukan klaim, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya prosesnya lancar. Berikut penjelasannya.

  • Pastikan bayar premi tepat waktu. Membayar premi rutin adalah kewajiban nasabah asuransi untuk mendapatkan hak klaimnya. Apabila Anda terus membayar premi tepat waktu, maka polis akan tetap aktif dan mengajukan klaim akan lebih mudah jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.
  • Pastikan polis asuransi sudah aktif. Umumnya, perusahaan asuransi menetapkan waktu masa aktif polis sejak Anda terdaftar asuransi, biasanya selama 30-60 hari. Jadi, nasabah tidak bisa langsung mengajukan klaim dalam rentang waktu tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari pasien yang mendaftar asuransi dalam kondisi mengidap penyakit.
  • Persiapkan dokumen yang diminta secara lengkap. Saat hendak mengajukan klaim, nasabah akan diminta mengajukan beberapa dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), formulir pengajuan klaim, resep dokter, sampai dengan kuitansi perawatan medis. Teliti lagi sebelum menyerahkan karena kelancaran proses klaim Anda bergantung pada kelengkapan dokumen.
  • Cek rumah sakit rekanan asuransi. Proses klaim cashless biasanya hanya tersedia pada fasilitas kesehatan atau rumah sakit rekanan asuransi. Oleh sebab itu, pastikan unit fasiltias kesehatan yang Anda datangi sudah bekerja sama dengan penyedia askes.
  • Pelajari pengecualian pertanggungan. Perlu dicatat bahwa tidak semua kondisi penyakit bisa diklaim oleh asuransi. Hal ini memang sudah dijelaskan di dalam dokumen polis.

Klausul Pengecualian

Dalam setiap polis asuransi, klausul pengecualian sudah pasti ada. Isinya mencakup hal-hal apa saja yang bisa membatalkan klaim nasabah. Jadi, umumnya perusahaan tidak akan membayar kerugian yang terjadi akibat hal-hal berikut:

  • Klaim akibat penyakit yang termasuk ke dalam pre existing condition, yaitu kondisi di mana nasabah sudah mengidap penyakit tertentu pada saat mendaftarkan diri ke asuransi. Ada beberapa perusahaan yang mengizinkan kondisi ini, tetapi dengan syarat khusus, yaitu penambahan masa tunggu kurang lebih satu tahun.
  • Seluruh alat penunjang atau alat bantu yang terikat pada tubuh pasien.
  • Perawatan medis tradisional atau eksperimental seperti akupuntur, dukun, holistik, dan lain-lain.
  • Perawatan terhadap penyakit kritis, misalnya pengobatan kanker atau cuci darah. Oleh sebab itu, beberapa perusahaan menyediakan produk tersendiri untuk pertanggungan ini.
  • Gangguan kejiwaan seperti neurosis, stress, depresi, psikosis, kecanduan obat/alkohol, dan lain-lain.
  • Perawatan medis akibat HIV/AIDS dan penyakit menulari seksual lainnya.
  • Cedera yang timbul dari kegiatan melukai diri sendiri atau percobaan bunuh diri.
  • Perawatan yang bertujuan untuk kepentingan estetika dan kosmetik seperti behel, penurun berat badan, dan lain-lain.
  • Pemeriksaan rutin berkala atau check up.
  • Vitamin tanpa rekomendasi dokter dan tanpa keperluan medis.
  • Perawatan medis akibat cedera yang disebabkan oleh aktivitas fisik ekstrim seperti menyelam, skydiving, panjat tebing, arung jeram, olahraga tinju, dan lain-lain.
  • Perawatan kehamilan, melahirkan, keguguran, dan keluarga berencana.

Perlu dicatat bahwa poin pengecualian di atas umum berlaku pada asuransi kesehatan. Namun, bukan berarti semua produk memiliki ketentuan yang sama. Oleh sebab itu penting memahami isi dokumen polis sebelum Anda membelinya. Bila terlalu panjang, Anda bisa langsung menanyakannya kepada agen asuransi.

Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak?

Banyak terjadi kasus penolakan klaim akibat nasabah kurang memahami isi dokumen polis. Apa saja yang membuat hal tersebut terjadi? Beberapa alasan berikut bisa menyebabkan klaim ditolak.

  • Klaim yang diajukan tidak tertulis di dalam polis. Sebelum mengajukan klaim, pastikan dulu apakah kondisi Anda tercantum ke dalam pertanggungan polis? Pertanggungan dasar yang biasanya ada pada asuransi kesehatan adalah rawat inap. Untuk mengajukan klaim lainnya, Anda perlu memastikan pada agen atau membaca kembali polis dengan teliti.
  • Klaim termasuk ke dalam pengecualian pertanggungan. Ada beberapa kondisi yang termasuk ke dalam pengecualian pertanggungan, misalnya cedera akibat melukai diri sendiri. Penyebab lainnya bisa Anda temukan pada poin sebelumnya.
  • Polis tidak aktif. Polis bisa jadi tidak aktif (biasa disebut dengan istilah lapse) apabila nasabah tidak atau terlambat membayar premi ke penyedia asuransi. Apabila ini terjadi, sebaiknya segera menghubungi agen terkait.
  • Terlambat mengajukan klaim. Pada metode pengajuan klaim reimburse, ada batas waktu pengajuan klaim yang perlu Anda catat. Pasalna, jika melewati masa itu maka klaim menjadi kadaluwarsa.
  • Dokumen tidak lengkap. Penyedia asuransi membutuhkan dokumen yang lengkap untuk mengonfirmasi keabsahan klaim. Oleh sebab itu, jangan lewatkan satu pun dokumen yang diminta. 
  • Sedang dalam masa tunggu polis. Setelah mendaftar asuransi, umumnya nasabah harus menunggu selama beberapa waktu dulu sampai polis benar-benar aktif. Selama periode ini, Anda belum bisa mengajukan klaim.
  • Pengajuan klaim dengan cara curang. Pengajuan klaim dengan cara curang seperti membuat surat keterangan dokter yang palsu tentu saja akan membatalkan klaim Anda. 
  • Pre-existing condition atau kondisi di mana nasabah sudah mengidap penyakit tertentu pada saat mendaftarkan asuransi bisa membatalkan klaim. 
  • Pengajuan klaim berada di luar wilayah pertanggungan. Dalam melindungi nasabah, asuransi memiliki wilayah pertanggungan tertentu. Jika polis Anda hanya meng-cover wilayah Indonesia, tentu tidak bisa diklaim ketika membutuhkan perawatan medis di luar negeri.
  • Sudah melebihi limit yang ditentukan. Sama seperti kartu kredit, askes juga memiliki sistem limit. Jika Anda telah mengajukan klaim sampai melewati batas limit, tentu klaim selanjutnya akan ditolak.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Bagus 

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, calon nasabah perlu lebih cermat memilih manfaat asuransi kesehatan yang dibeli. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

  • Metode klaim cashless. Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit rekanan. Namun, cashless tidak selalu menjadi terbaik. Ingat penjelasan sebelumnya, ya. 

Contohnya adalah rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement

  • Menanggung biaya rawat jalan. Biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih yang menanggung biaya rawat jalan tersebut. 

Dari rekomendasi Lifepal, Asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. Calon nasabah tinggal memilih premi dan plafon yang dapat melengkapi kebutuhan serta anggaran. 

  • Manfaat pengembalian premi asuransi kesehatan. Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

  • Plafon. Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

  • Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji. Meski proteksi kesehatan sangatlah penting, calon nasabah tetap harus memastikan keuangannya tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan mengikuti metode finansial 50/30/20. Di mana 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen investasi, dan 10 persen asuransi. 
  • Beli melalui broker asuransi. Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim akan sangat sulit dilakukan sendiri. Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut. 

Besaran Premi Asuransi Kesehatan

Besaran premi yang dipilih tidak semata-mata bergantung pada uang pertanggungan dan manfaat asuransi yang dipilih saja. Ada juga beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya asuransi kesehatan seperti usia dan jenis kelamin, pekerjaan, riwayat medis, tanggungan keluarga, serta manfaat tambahan (rider). 

Sebagai contohnya, produk polis Cigna Proteksi Sehat Optima memiliki premi mulai dari Rp285 ribu per bulan karena memiliki manfaat no claim bonus. Sementara polis lainnya yang serupa, yaitu Cigna Proteksi Sehat preminya lebih ringan yaitu Rp150 ribu per bulan karena tidak memiliki manfaat no claim bonus.

UU Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah bentuk perjanjian antara dua pihak, yaitu kita sebagai nasabah dan perusahaan asuransi. Oleh sebab itu, tentu saja kesepakatan tersebut diatur dalam payung hukum UU Indonesia. Berikut ini beberapa dasar hukum yang dapat menjadi sumber referensi.

  • Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992
  • Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 1999
  • KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) Pasal 1320 dan Pasal 1774
  • KUHD (Kitab Undang-Undang Hukum Dagang) Bab 9 Pasal 246

Keuntungan Beli Asuransi Secara Online 

Ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dengan beli asuransi secara online. Salah satunya adalah kemudahan transaksi. Sebab, calon nasabah hanya perlu buka situs broker asuransi Lifepal.co.id untuk membandingkan ratusan produk asuransi kesehatan terbaik dan murah. Setelah itu, pilih plafon dan premi yang sesuai kebutuhan serta anggaran. 

Selain itu, marketplace asuransi online juga biasanya menawarkan banyak diskon, sehingga premi yang didapat bisa lebih murah. Seperti Lifepal, yang saat ini menawarkan promo menarik untuk produk asuransi kesehatan. 

Kesimpulan 

Secara garis besar, ada enam perusahaan asuransi kesehatan terbaik yang menawarkan polis menarik yaitu Cigna, Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, dan BNI Life. 

 

Tips dan pertanyaan

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan atau dicari mengenai asuransi kesehatan.

Mengapa asuransi kesehatan dibutuhkan? Karena manfaat asuransi kesehatan akan sangat membantu menggantikan risiko finansial yang diakibatkan oleh sakit maupun kecelakaan. Berikut fungsi dan manfaat asuransi kesehatan secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah:

  • Mengurangi risiko kerugian finansial karena biaya rumah sakit ataupun perawatan rawat jalan. Karena perusahaan asuransi menyediakan penggantian biaya untuk berbagai perawatan tersebut.
  • Tabungan tidak cukup untuk perawatan kesehatan. Dilansir dari pernyataan Direktur Cigna Indonesia Herlin Sutanto, biaya kesehatan di berbagai negara mengalami peningkatan rata-rata 15 persen per tahun. Sementara itu, Presiden Direktur PT Zurich Topas Life (ZTL) Peter Huber dilansir dari Kompas, menyatakan biaya kesehatan di Indonesia meningkat sampai dengan 36 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Angka tersebut tentu berada di atas angka inflasi. Yang berarti kalau hanya mengandalkan tabungan maka tidak akan cukup untuk menutupi biaya perawatan kesehatan.
  • Premi asuransi kesehatan sebenarnya cukup terjangkau. Bahkan, tidak sebanding dengan jumlah yang harus dikeluarkan apabila menggunakan tabungan ataupun investasi sebagai pengganti biaya perawatan kesehatan.
  • Tidak merepotkan orang lain, baik keluarga maupun orang asing. Sebab, kita telah memiliki jaminan dari perusahaan asuransi apabila secara tiba-tiba harus dibawa ke rumah sakit.
  • Membantu Anda mengatur keuangan atau cash-flow menjadi lebih teratur. Karena pengeluaran bulanan yang sudah diatur tidak akan berantakan akibat biaya rumah sakit atau rawat jalan.

Setelah memerhatikan fungsi dan manfaat asuransi kesehatan yang disebutkan di atas, kini ada baiknya perhatikan jenis produk asuransi kesehatan terbaik dan berbagai prosedurnya.

Asuransi kesehatan di Indonesia terdiri dari berbagai jenis asuransi kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya. Terdapat asuransi kesehatan dari pemerintah, yaitu BPJS Kesehatan. Kemudian, ada pula asuransi kesehatan swasta.

Asuransi kesehatan swasta di Indonesia terbilang cukup ramai. Sebab, hampir setiap perusahaan asuransi yang ada di Indonesia menyediakan produk asuransi tersebut. Misalkan, asuransi kesehatan asuransi kesehatan prudential, asuransi kesehatan Allianz, asuransi kesehatan Manulife, asuransi kesehatan Sinarmas, dan asuransi kesehatan AXA.

Tak hanya asuransi kesehatan konvensional, terdapat pula asuransi kesehatan syariah. Apalagi dengan dominasi masyarakat Muslim di Indonesia, asuransi kesehatan syariah tentu menjadi salah satu pilihan terbaik karena berlandaskan syariat Islam. Asuransi kesehatan berbasis syariah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Pertanggungan asuransi kesehatan terdiri dari pelayanan yang diterima dan digunakan oleh peserta asuransi. Berikut sejumlah pertanggungan paling umum yang bisa nasabah asuransi gunakan sesuai dengan ketentuan yang tercantum di polis asuransi.

  1. Rawat inap

Pertanggungan asuransi untuk rawat inap mencakup biaya kamar di rumah sakit.

  1. Pembedahan

Pertanggungan asuransi untuk tindakan pembedahan, seperti pembedahan reseksi, amputasi, atau rekonstruktif.

  1. Rawat jalan

Pertanggungan asuransi untuk tindakan medis yang tidak mengharuskan menginap di rumah sakit. Baik pra-opname atau pasca-opname maupun sekadar diagnosis dan pengobatan rawat jalan.

  1. Medical check-up

Pertanggungan asuransi untuk medical check-up atau pemeriksaan kondisi kesehatan.

  1. Maternity

Pertanggungan asuransi untuk proses melahirkan, mulai dari check-up, proses persalinan secara operasi atau normal, dan perawatan setelahnya.

  1. Perawatan gigi

Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, atau pencabutan gigi.

  1. Perawatan mata

Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan mata, mulai dari pemeriksaan dan termasuk kacamata.

Biaya asuransi kesehatan per bulan berbeda-beda tergantung dari polis yang Anda pilih. Namun, umumnya harga premi askes per bulan berkisar di antara ratusan hingga jutaan ribu rupiah.

Kondisi atau risiko kesehatan yang tidak ditanggung oleh asuransi. Misalnya, penyakit HIV/AIDS atau gangguan mental umumnya tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Sebenarnya tidak dapat dicairkan. Namun, ada beberapa polis asuransi yang memberikan manfaat no claim bonus. Artinya, ika tidak ada klaim selama periode yang ditentukan, maka nasabah bisa mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan senilai perjanjian yang tertulis dana polis. 

Adapun proses klaim  bisa dilakukan dengan prosedur berikut.

  1. Reimbursement

Peserta mengirimkan dokumen klaim → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/Kurir/Lifepal → Perusahaan mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai.

Khusus untuk prosedur klaim reimbursement, beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  • Polis asli
  • Mengunduh dan mengisi formulir klaim
  • Bukti general check-up
  • Surat keterangan dokter
  • Hasil laboratorium dan/atau radiologi
  • Kuitansi rumah sakit asli
  • Surat keterangan polisi apabila dirawat karena kecelakaan.
  1. Cashless

Peserta membawa kartu saat di rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan  → Peserta mendapatkan pelayanan medis.

Pembayaran premi dapat dilakukan melalui media berikut ini. Tergantung pada perusahaan yang Anda pilih. Sila pilih yang paling nyaman dan mudah bagi Anda.

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Sementara itu, adapun frekuensi pembayaran dapat disesuaikan dengan kesepakatan polis. Ada yang per bulan, per tahun, atau bahkan kontrak beberapa tahun.

Memiliki asuransi kesehatan menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yuk, simak kelebihan maupun kekurangan melakukan daftar asuransi kesehatan, khususnya dari perusahaan swasta.

  1. Kelebihan memiliki asuransi kesehatan
  • Premi asuransi kesehatan cukup murah dibandingkan dengan asuransi jiwa dengan benefit tambahan. Selain itu, benefit yang diberikan pun lebih spesifik.
  • Benefit yang diberikan asuransi kesehatan tergolong lengkap, apalagi jika peserta asuransi mengambil paket lengkap. Mulai dari biaya di rumah sakit, rawat jalan, perawatan gigi, kehamilan, penyakit kritis, dan sebagainya.
  • Menghemat uang. Sebab, peserta asuransi akan mendapatkan penggantian biaya perawatan medis. Sehingga tidak perlu menggunakan tabungan atau investasi yang sudah terkumpul.
  1. Kekurangan memiliki asuransi kesehatan
  • Jika tidak mengambil paket lengkap alias rider tertentu, premi asuransi kesehatan memang murah. Akan tetapi, jaminan yang diberikan pun cukup terbatas.
  • Premi akan hangus apabila tidak digunakan. Sehingga, banyak orang awam menganggap rugi apabila mendaftar asuransi kesehatan swasta. Padahal sebenarnya tidak selalu begitu sih.
  • Beberapa prosedur medis ataupun penyakit kritis tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan swasta. Contoh, saat ini asuransi kesehatan swasta tidak menanggung perawatan medis untuk penyakit HIV/AIDS dan penyakit mental.

Pada dasarnya BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan yang dihadirkan oleh pemerintah. BPJS Kesehatan ini bersifat wajib atau harus dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia (WNI).

Terdapat ratusan pilihan asuransi kesehatan yang tersedia di Indonesia. Adapun manfaat yang dihadirkan tiap perusahaan asuransi berbeda-beda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran nasabah. Untuk mengetahui pilihan asuransi kesehatan terbaik versi Lifepal, lihat di sini! 

Manfaat yang diberikan oleh kedua jenis asuransi kesehatan secara garis besar sama. Perbedaannya, asuransi syariah mengikuti prinsip syariah atau sesuai syariat Islam, alias akad tolong menolong. Sementara asuransi konvensional lebih berfokus pada akad jual beli.  

Menurut pandangan Islam, asuransi diperbolehkan asalkan dana yang terkumpul dikelola sesuai dengan syariat Islam. Syariat Islam yang dimaksud adalah sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No: 21/DSN-MUI/X/2001 terkait pedoman asuransi syariah.

  1. Anak muda masih sehat, belum butuh asuransi

Perlu dimengerti bahwa meski telah menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin, faktanya risiko medis  mungkin saja tetap menimpa kita. Oleh sebab itu, memiliki proteksi kesehatan sebenarnya penting untuk semua orang, baik anak muda maupun orang tua. 

Selain itu, proteksi ini juga dapat membantu kaum muda untuk merencanakan finansialnya di masa depan. Misalnya, alokasi anggaran untuk mencicil KTA tidak akan terganggu jika suatu saat jatuh sakit dan harus di rawat di rumah sakit yang membutuhkan biaya hingga jutaan rupiah. 

  1. Perokok tidak boleh membeli asuransi kesehatan

Perusahaan asuransi umumnya akan melakukan tes medis sebelum menentukan besaran premi nasabah. Jika hasil tes tersebut menyebutkan bahwa kondisi medis tertanggung kurang baik karena kebiasaan merokok, tentu besaran premi akan ikut meningkat.

Namun, saat ini sudah banyak perusahaan yang menjual produk polis yang tidak mengharuskan cek medis terlebih dahulu. Sehingga perusahaan tidak akan membebankan premi tambahan kepada nasabah yang memiliki kebiasaan merokok. 

  1. Asuransi kesehatan mahal

Terdapat begitu banyak pilihan polis  dengan besaran premi yang beragam pula. Itu sebabnya, mahal atau tidaknya premi sebenarnya dapat disesuaikan dengan anggaran atau penghasilan kita. 

Contoh, kita bisa menggunakan metode keuangan 50/20/30. Artinya, 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 20 persen untuk investasi/tabungan/asuransi, dan 30 persen untuk dana hiburan. 

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kesehatan:

  • Aktuaris:

Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat. Pekerjaannya adalah menghitung besaran premi calon peserta asuransi.

  • Copayment:

Copayment adalah biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).

  • Premi asuransi:

Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan 

  • Polis asuransi:

Perjanjian tertulis antara Tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.

  • Klaim asuransi:

Permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.

  • Masa tenggang:

Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku. 

  • Masa tunggu:

Periode setelah polis diterbitkan namun benefit belum dapat digunakan oleh peserta asuransi. Atau, periode antara satu benefit telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga benefit yang sama bisa dimanfaatkan.

  • Penanggung:

Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang membayarkan premi atas polis tersebut.

  • Tertanggung:

Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi.

  • Risiko:

Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.

  • Benefit/manfaat:

Manfaat atau perlindungan adalah hak baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak tertanggung atau peserta asuransi.

  • Secondary Benefit:

Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh peserta asuransi. Akan tetapi, peserta asuransi biasanya harus menambahkan nominal premi.

  • Coordination of Benefit (COB):

Sering disebut sebagai double claim, COB adalah proses dimana dua perusahaan asuransi menanggung peserta asuransi yang sama agar peserta asuransi bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang digunakan. Namun, total biaya yang akan dibayarkan tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan. 

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal