• 2021-09-10 15.47.32

Asuransi Kesehatan Terbaik 2021

Dapatkan DISKON 25%+ CASHBACK 10% *
Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Kesehatan Terbaik 2021

Asuransi kesehatan terbaik adalah polis yang memberikan manfaat lengkap dan limit asuransi tinggi dengan premi terjangkau. Saat ini, Lifepal telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan asuransi kesehatan terbaik dengan premi bersahabat, mulai dari Rp50 ribuan per bulan. Yuk, lihat dan bandingkan pilihan polisnya secara online!

  • Asuransi Kesehatan AXA Mandiri
  • Asuransi Kesehatan Astra
  • Lippo Asuransi Kesehatan
  • Asuransi Kesehatan Sinar Mas
  • Asuransi Kesehatan Chubb Life
  • Asuransi Kesehatan Cigna
  • Asuransi Kesehatan BRI Life
  • Asuransi Kesehatan Prudential
  • Asuransi Kesehatan Allianz
  • Asuransi Kesehatan Manulife
  • Asuransi Kesehatan BNI Life
  • Asuransi Kesehatan AIA
  • Asuransi Kesehatan Takaful

Pengertian Asuransi Kesehatan

Pengertian asuransi kesehatanadalah produk asuransi yang menanggung biaya pengobatan hingga perawatan medis lainnya jika tertanggung jatuh sakit. Biaya pengobatan atau manfaat asuransi kesehatan pada umumnya adalah rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan.

Pengertian Asuransi Kesehatan Menurut Ahli dan Undang-Undang

Pengertian asuransi kesehatan menurut para ahli, salah satunya Prof dr Wirjono Prodjodikoro, menyebutkan bahwa asuransi adalah perjanjian yang melibatkan dua pihak, yaitu pihak tertanggung dan penanggung.

Dari pihak penanggung harus mengganti biaya kerugian yang disebabkan oleh risiko tidak terduga.

Sementara, pengertian asuransi kesehatan menurut Undang-Undang No 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk:

  • Memberikan penggantian kepada pemegang polis akibat kerugian kesehatan yang tidak terduga
  • Memberikan pembayaran berdasarkan nilai yang telah ditetapkan pada hasil pengelolaan dana

Manfaat Asuransi Kesehatan

Setelah mengetahui cara kerja dan pengertiannya, penting juga untuk mengetahui manfaatnya. Manfaat asuransi kesehatan adalah pertanggungan biaya pengobatan atau perawatan kesehatan di rumah sakit maupun layanan medis lainnya. Manfaatnya terbagi menjadi dua kategori, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan (rider)

Pengertian Pengecualian Asuransi Kesehatan

Selain manfaat asuransi kesehatan, ada juga klausul pengecualian yang perlu diperhatikan. Artinya, ada beberapa risiko yang tidak ditanggung oleh perusahaan dan tertulis secara lengkap dalam polis.

Perlu dipahami bahwa setiap perusahaan asuransi memiliki klausul pengecualian yang berbeda-beda. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi kesehatan, sebaiknya perhatikan dan pelajari polisnya secara teliti, ya.

Hukum Asuransi Kesehatan di Indonesia

Hukum asuransi kesehatan diciptakan dan diatur secara resmi oleh pemerintah dengan tujuan memastikan kelangsungan industri terkait di Indonesia berjalan lancar.

Adapun rangkumannya dapat dilihat sebagai berikut:

Contoh Polis Asuransi Kesehatan

Contoh polis asuransi kesehatan adalah bukti perjanjian tertulis yang dibuat oleh pihak perusahaan asuransi kepada pemegang polis atau nasabah.

Fungsinya sebagai bukti tertulis yang menjelaskan secara lengkap terkait hak dan kewajiban, baik dari pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung maupun pemegang polis sebagai tertanggung.

Isi Polis Asuransi Kesehatan

Bagian-bagian dalam polis asuransi kesehatan mencakup:

Cara Mempelajarinya

Mempelajari polis sangatlah penting dilakukan agar tertanggung benar-benar memahami manfaat apa saja yang bisa didapat ketika terjadi risiko medis. Dengan ketelitian, nasabah juga bisa menghindari risiko klaim ditolak.

Berikut ini beberapa poin yang perlu diperhatikan saat mempelajari contoh polis asuransi kesehatan:

Premi Asuransi Kesehatan

Premi asuransi kesehatan adalah biaya yang harus dibayarkan secara berkala atau sekaligus oleh pemegang polis (tertanggung) kepada perusahaan asuransi (penanggung). Besaran premi sendiri bervariasi dengan kisaran Rp100 ribuan – Rp2 jutaan (atau lebih) per bulan.

Agar tidak salah pilih, coba lakukan simulasi asuransi kesehatan dengan membandingkan lebih dari 500 polis terbaik secara online!

Faktor Penentu Harga Premi Asuransi Kesehatan

Daftar premi asuransi kesehatan beragam, tergantung pada profil calon nasabah dan luas pertanggungan polis yang dipilih. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menentukan biaya asuransi kesehatan:

Cara Mendapatkan Premi Asuransi Kesehatan Murah

Perlu dipahami bahwa dalam mencari polis sebaiknya tidak hanya fokus pada premi asuransi kesehatan murah dan terbaik saja. Sebab, percuma jika preminya murah tapi limit asuransinya tidak cukup untuk menanggung biaya perawatan ketika jatuh sakit. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk cari asuransi kesehatan terbaik dan mendapatkan premi bersahabat:

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Klaim asuransi kesehatan Indonesia dibedakan menjadi dua kategori, yaitu cashless (non tunai) dan reimbursement (tunai).

Klaim cashless adalah pilihan yang paling praktis, sebab tertanggung hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi ke pihak rumah sakit rekanan. Kemudian bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan.

Sementara, reimbursement mengharuskan tertanggung membayar tagihan rumah sakit dengan dana pribadi terlebih dahulu. Setelah itu, mengajukan klaim ke pihak perusahaan asuransi terkait, barulah dana tagihan rumah sakit tadi akan diganti. Keunggulan metode klaim ini adalah dapat digunakan di rumah sakit non rekanan perusahaan asuransi.

Untuk cara praktis dapat memanfaatkan broker asuransi seperti Lifepal yang dapat membantu proses klaim nasabah secara online. Dijamin praktis dan preminya murah!

Prosedur Klaim Asuransi Kesehatan

Berikut ini adalah langkah-langkah klaim asuransi kesehatan cashless dan reimbursement:

Prosedur Klaim Cashless
Peserta membawa kartu saat di rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan  → Peserta mendapatkan pelayanan medis.
Prosedur Klaim Reimbursement
Peserta mengirimkan dokumen klaim → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/kurir/Lifepal → Perusahaan mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai.

Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak

Klaim asuransi kesehatan juga dapat ditolak oleh perusahaan asuransi. Sebagian besar kasusnya terjadi akibat penyebab klaim tidak sesuai dengan perjanjian yang tertera di dokumen polis. Berikut ini adalah beberapa alasan lainnya yang sering kali menjadi penyebab klaim asuransi kesehatan nasabah ditolak:

1. Klaim Termasuk dalam Pengecualian

Ada beberapa kondisi yang termasuk ke dalam pengecualian pertanggungan, misalnya cedera akibat melukai diri sendiri. Penyebab lainnya bisa Anda temukan pada poin sebelumnya.

2. Polis Tidak Aktif

Polis bisa jadi tidak aktif (biasa disebut dengan istilah lapse) apabila nasabah terlambat membayar premi ke penyedia asuransi. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera hubungi agen terkait.

3. Terlambat Mengajukan Klaim

Pada metode pengajuan klaim reimburse, ada batas waktu pengajuan klaim yang perlu Anda catat. Pasalnya, jika melewati masa itu maka klaim menjadi kadaluwarsa.

4. Dokumen Tidak Lengkap

Penyedia asuransi membutuhkan dokumen yang lengkap untuk mengonfirmasi keabsahan klaim. Oleh sebab itu, jangan lewatkan satu pun dokumen yang diminta.

5. Sedang dalam Masa Tunggu Polis

Setelah mendaftar asuransi, biasanya nasabah harus menunggu selama beberapa waktu dulu sampai polis benar-benar aktif. Selama masa tunggu ini, Anda pun belum bisa mengajukan klaim.

6. Pengajuan Klaim dengan Cara Curang

Pengajuan klaim dengan cara curang seperti membuat surat keterangan dokter palsu tentu saja akan membatalkan klaim.

7. Pre-Existing Condition

Pre-existing condition adalah kondisi di mana nasabah sudah mengidap penyakit tertentu pada saat mendaftarkan asuransi, sehingga bisa membatalkan klaim. Jadi, pastikan apakah asuransi menanggung ini atau tidak.

8. Berada di Luar Wilayah Pertanggungan

Dalam melindungi nasabah, asuransi memiliki wilayah pertanggungan tertentu. Jika polis hanya meng-cover wilayah Indonesia, tentu tidak bisa diklaim ketika membutuhkan perawatan medis di luar negeri.

9. Sudah Melebihi Limit yang Ditentukan

Sama seperti kartu kredit, asuransi kesehatan juga memiliki sistem limit. Jadi, bila Anda telah mengajukan klaim sampai melewati batas limit, tentu klaim selanjutnya akan ditolak.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik dan Termurah

Memilih asuransi kesehatan terbaik di Indonesia memang tidaklah mudah. Dengan ratusan pilihan polis dan brand, calon nasabah dituntut untuk lebih cermat dalam memilih asuransi kesehatan yang murah benar-benar sesuai kebutuhan dengan premi terbaik.

Biar tidak salah pilih, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu polis yang diinginkan dengan perusahaan asuransi lainnya secara online di Lifepal!

Ketahui juga beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan Indonesia berikut ini:

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan

Berikut pertanyaan yang sering diajukan terkait asuransi kesehatan. Mulai dari premi, klaim sampai dengan daftar asuransi kesehatan terbaik di Indonesia.

Rekomendasi Artikel