Jenis-jenis Asuransi Kredit di Indonesia

Jenis asuransi kredit yang ada di Indonesia di antaranya adalah asuransi kredit konsumtif dan asuransi kredit produktif. Setiap jenis tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Jenis Manfaat
Asuransi Kredit KonsumtifPertanggungan risiko gagal bayar kredit konsumtif.
Asuransi Kredit ProduktifPertanggungan risiko gagal bayar kredit produktif.
  • Asuransi kredit konsumtif umumnya diberikan kepada nasabah individu, dapat berupa asuransi jiwa kredit atau asuransi kredit PHK atau asuransi kredit karyawan.
  • Asuransi jiwa kredit akan memberikan pertanggungan apabila debitur individu yang mendapatkan pinjaman meninggal dunia sehingga tidak dapat melunasi kredit. Sementara itu, asuransi kredit PHK diberikan jika debitur mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Kedua produk di atas memang menyasar segmen debitur individu. Beberapa varian produk ini contohnya asuransi kredit kendaraan, asuransi kredit fintech (untuk pinjaman online), dan asuransi kredit multiguna.

Perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi kredit untuk individu di antaranya Adira, Equity Life, MNC Life, Chubb Life, PFI Mega Life, Zurich Life, Allianz Life, dan Simas Jiwa.

Sementara itu, asuransi kredit produktif umumnya menyasar segmen korporasi atau usaha kecil menengah (UKM).

Produk ini akan menjamin risiko gagal bayar kredit yang diberikan kepada debitur perusahaan dari lembaga pembiayaan. Umumnya, gagal bayar yang ditanggung berhubungan dengan gagalnya usaha milik debitur.

Contoh varian asuransi kredit produktif untuk lembaga atau korporasi adalah asuransi kredit modal kerja, asuransi kredit investasi, dan asuransi kredit mikro untuk usaha kecil menengah (UKM).

Perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi kredit untuk korporasi ini di antaranya Asuransi Sinar Mas (ASM), Askrindo, dan Asei.

Selain asuransi kredit, penting juga untuk mempertimbangkan polis asuransi jiwa. Jadi, jika terjadi risiko meninggal dunia, kredit dapat dibayarkan dengan UP asuransi dan sisanya untuk melanjutkan hidup. Yuk, bandingkan polisnya secara online!

Asuransi jiwa UP hingga Rp2,5 M mulai Rp120 ribu/bulan!
+62
Demikian penjelasan tentang jenis asuransi kredit di Indonesia. Pahami lebih lanjut tentang premi asuransi kredit atau temukan pilihan produk asuransi kredit terbaik di Lifepal!
Penulis Lifepal Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan