Asuransi Melahirkan

HEMAT 30% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
 

Daftar Asuransi Melahirkan Terbaik di Indonesia

Tingginya biaya persalinan di Indonesia menjadikan asuransi melahirkan sebagai salah satu kebutuhan penting yang patut dipertimbangkan. Perlu dipahami bahwa kebanyakan asuransi melahirkan merupakan manfaat tambahan atau rider dari asuransi kesehatan. Artinya, untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi melahirkan, calon nasabah harus terlebih dahulu memiliki asuransi kesehatan sebagai manfaat dasarnya. 

Terdapat ratusan produk asuransi kesehatan di Indonesia, membandingkan satu per satu tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Untuk itu, Lifepal hadir sebagai platform asuransi yang dapat membantu nasabah untuk membandingkan dan beli asuransi melahirkan secara online. 

Setiap polis memiliki keunggulannya masing-masing. Biar tidak bingung membandingkan pilihan polis asuransi melahirkan,mari simak pilihan polis rekomendasi Lifepal berikut. 

1. Cigna Infinite HealthCare

Cigna Infinita HealthCare adalah polis asuransi kesehatan dari Cigna. Selain memberikan manfaat dasar asuransi kesehatan, Cigna juga memberikan manfaat tambahan berupa pertanggungan atas risiko keguguran hingga Rp15 juta. Adapun keunggulan dan kekurangan Cigna Infinite HealthCare sebagai berikut: 

Pro Cons 
  • Terdapat layanan nasabah berbasis aplikasi. 
  • Memiliki pengalaman secara global. 
  • Tersedia fasilitas Speedy Claim atau klaim kilat maksimal 30 menit.
  • Hanya terdapat pertanggungan atas risiko keguguran. 
  • Bersifat sebagai rider, sehingga harus membeli asuransi kesehatan sebagai manfaat dasar terlebih dahulu. 

*s&k berlaku

Asuransi Cigna
3.7

2. International Exclusive AXA 

International Exclusive AXA sangat cocok khususnya untuk nasabah yang sering bepergian ke luar negeri. Sebab, International Exclusive memberikan proteksi asuransi melahirkan yang menjangkau hingga seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat. Untuk besaran pertanggungan biaya kehamilan dan persalinan adalah hingga US$13.800. Adapun keunggulan dan kekurangan International Exclusive AXA:

Pro Cons 
  • Terdapat layanan nasabah berbasis aplikasi. 
  • Dapat digunakan di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat. 
  • Dapat dibeli secara online. 
  • Terdapat layanan klaim 24 jam 
  • Tidak menjamin wilayah Amerika Serikat. 

*s&k berlaku

Asuransi AXA Mandiri
4.5

3. Allianz Smarthealth Maxi Violet

Allianz Smarthealth Maxi Violet adalah polis asuransi kesehatan yang memberikan manfaat tambahan berupa asuransi melahirkan. Allianz Smarthealth Maxi Violet bekerja sama dengan rumah sakit jaringan perusahaan Allianz-Admedika di Indonesia. Artinya, jaringan rumah sakitnya tersebar luas di wilayah Indonesia. Adapun keunggulan dan kekurangan Allianz Smarthealth Maxi Violet: 

Pro Cons 
  • Terdapat manfaat no claim bonus. 
  • Rumah sakit rekanan tersebar luas di wilayah Indonesia. 
  • Terdapat layanan nasabah berbasis aplikasi.
  • Menjamin biaya sebelum dan sesudah persalinan hanya hingga Rp5 juta

*s&k berlaku

Asuransi Allianz
4.5

4. BNI Life Optima Cash Plan

BNI Life Optima Cash Plan adalah asuransi kesehatan karyawan yang memberikan manfaat tambahan asuransi melahirkan. BNI Life memiliki sekitar 721 rumah sakit rekanan yang tersebar luas di wilayah Indonesia, sehingga dapat lebih mudah dijangkau. Adapun keunggulan dan kekurangan BNI Life Optima Cash Plan:

Pro Cons 
  • Rumah sakit rekanan tersebar luas di wilayah Indonesia. 
  • Pencairan dana klaim dapat diterima langsung dalam waktu 24 jam. 
  • Terdapat 5 pilihan plan asuransi melahirkan: Rp2,5 juta; Rp5 juta; Rp7,5 juta; Rp10 juta; Rp15 juta. 
  • Pilihan metode pembayaran premi belum variatif, yaitu hanya melalui kartu kredit, ATM, dan e-banking saja.
Asuransi BNI Life
4.7

Selain rekomendasi produk di atas, beberapa brand lain seperti Manulife, Sinar Mas, AIA, juga menyediakan produk asuransi kesehatan dengan manfaat melahirkan. Baik itu asuransi untuk melahirkan caesar maupun normal. Sila isi formulir yang terdapat di atas laman ini untuk konsultasi asuransi gratis dengan tim Lifepal.

 

Sekilas tentang Asuransi Melahirkan

Ketika dinyatakan positif hamil, ada begitu banyak hal yang perlu disiapkan untuk menyambut kehadiran buah hati di tengah keluarga. Salah satunya adalah menyiapkan biaya persalinan yang bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Nah, salah satu cara menyiapkan biaya tersebut adalah dengan memiliki asuransi melahirkan.

Asuransi melahirkan pada dasarnya tidak berdiri sendiri, melainkan menjadi manfaat tambahan atau rider dari asuransi utama. Jenis asuransi ini akan meng-cover biaya sebelum dan sesudah melahirkan. Mulai dari biaya check up dan konsultasi kehamilan pun juga akan ditanggung asuransi. 

Biaya persalinan di Indonesia capai Rp100 juta 

Di Indonesia rata-rata biaya bersalin adalah sekitar Rp5-17 juta untuk persalinan normal. Sementara untuk kasus persalinan yang rumit bisa memakan biaya sebesar Rp100 jutaan. Hal ini karena ada beberapa biaya tak terduga tetapi kemungkinan besar terjadi. Berikut beberapa contohnya:

  • Placental Abruption: Kondisi ketika plasenta terlepas dari uterus sebelum bayi lahir. Biaya perawatan hingga Rp16,7 juta.*
  • Diabetes Gestasional. Kondisi ketika produksi insulin dalam tubuh ibu hamil kurang. Biaya perawatan hingga Rp18,6 juta.*
  • Operasi Persalinan Kompleks hingga Rp100 juta. Komplikasi akibat kondisi medis tertentu, seperti cacat lahir, posisi janin kurang ideal, dll. Biaya perawatan hingga Rp100 juta.*

*estimasi 

Biaya kehamilan dan persalinan normal 

Biaya persalinan normal biasanya lebih murah daripada pembedahan atau operasi caesar. Namun, tetap saja secara keseluruhan mencapai jutaan rupiah.

Berikut contoh rincian biaya persalinan normal:

Biaya Kehamilan + Persalinan Harga* Total Biaya
Tes TORCH (infeksi pada masa kehamilan)  Rp2 juta  Rp2 juta x 1 pertemuan = Rp2 juta
Check up di dokter Rp200 ribu Rp200 ribu x 12 pertemuan = Rp2,4 juta
USG 2 Dimensi  Rp200 ribu Rp200 ribu x 10 pertemuan = Rp2 juta
USG 3 Dimensi Rp500 ribu Rp500 ribu x 1 pertemuan = Rp500 ribu
Biaya persalinan normal  Rp7 juta Rp7 juta x 1 pertemuan = Rp7 juta
TOTAL Rp13,9 juta

*estimasi

Biaya kehamilan dan persalinan caesar 

Terdapat beberapa kondisi kehamilan yang mengharuskan calon ibu menjalani persalinan operasi caesar. Biayanya biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan persalinan normal. Sebab, terdapat prosedur yang menggunakan alat bantu dan butuh proses pemulihan lebih lama. 

Estimasi biaya persalinan operasi caesar dengan jenis kamar kelas tiga adalah sekitar Rp10 juta hingga Rp18 jutaan. Sementara untuk kelas di atasnya mulai dari Rp20 juta hingga Rp50 jutaan. Berikut contohnya.

Biaya Kehamilan + Persalinan Harga* Total Biaya
Tes TORCH (infeksi pada masa kehamilan)  Rp2 juta  Rp2 juta x 1 pertemuan = Rp2 juta
Check up di dokter Rp200 ribu Rp200 ribu x 12 pertemuan = Rp2,4 juta
USG 2 Dimensi  Rp200 ribu Rp200 ribu x 10 pertemuan = Rp2 juta
USG 3 Dimensi Rp500 ribu Rp500 ribu x 1 pertemuan = Rp500 ribu
Biaya persalinan caesar Rp15 juta Rp15 juta x 1 pertemuan = R15 juta
TOTAL Rp21,9 juta

*estimasi

Biaya-biaya yang disebutkan tadi bukan sedikit. Sebab, kita butuh waktu untuk mengumpulkan dana tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan biaya persalinan tersebut adalah menggunakan asuransi. 

Asuransi untuk proses persalinan terbagi menjadi beberapa kategori. Mari simak penjelasan berikut ini.

Daftar Isi

Jenis-Jenis Asuransi Melahirkan

Terdapat pilihan jenis asuransi melahirkan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

Asuransi Jiwa – Melahirkan 

Tidak hanya asuransi kesehatan saja yang menyediakan pilihan manfaat tambahan atau rider, tetapi juga asuransi jiwa. Biasanya asuransi ini memberikan santunan atau uang pertanggungan (UP) apabila terjadi risiko komplikasi selama persalinan, adanya cacat, hingga bayi meninggal dunia. 

(+) Memberikan santunan atas risiko meninggal dunia.
(+) Memberikan santunan atas risiko cacat pada bayi.
(-) Tidak menanggung biaya persalinan normal maupuncaesar.

BPJS Kesehatan, Kebidanan, dan Neonatal 

Asuransi jenis ini menanggung seluruh biaya persalinan dengan harga premi terjangkau dan dapat dibayarkan secara berkala tiap bulan. Adapun manfaat yang diberikan terbilang lengkap, mulai dari pertanggungan biaya pemeriksaan selama masa kehamilan, persalinan, hingga pemeriksaan pasca persalinan atau postnatal care. 

Hanya saja, BPJS Kesehatan hanya berfokus pada proteksi kesehatan ibu hamil saja. Jadi, tidak menanggung biaya atas risiko kelainan atau cacat pada bayi. Untuk mengantisipasinya, nasabah dapat segera mendaftarkan bayi pada program BPJS Kesehatan, bahkan sebelum ia lahir. Sehingga si kecil juga bisa mendapatkan manfaat asuransi yang sama seperti sang ibu.

(+) Manfaat dasar untuk proteksi kesehatan ibu hamil sangat lengkap.
(+) Menanggung biaya persalinan normal maupun caesar.
(+) Besaran premi lebih terjangkau.
(-) Tidak menanggung risiko cacat atau meninggal dunia pada bayi.
(-) Hanya dapat digunakan di rumah sakit rujukan dengan sistem klaim cashless.

Asuransi Kesehatan Swasta 

Manfaat pertanggungan yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan swasta juga tidak kalah lengkap dengan BPJS Kesehatan. Adapun manfaat asuransi yang diberikan mencakup biaya persalinan normal atau caesar, biaya keguguran, biaya NICU (Neonatal Intensive Care Unit), dan biaya pemeriksaan untuk mencegah risiko komplikasi. 

(+) Manfaat dasar untuk proteksi kesehatan ibu hamil sangat lengkap.
(+) Menanggung biaya persalinan normal maupun caesar.
(+) Menanggung biaya atas risiko kelainan atau cacat pada bayi.
(+) Dapat digunakan di rumah sakit rekanan untuk sistem klaim cashless.
(+) Dapat digunakan di seluruh rumah sakit di Indonesia dengan sistem klaim reimbursement.
(-) Besaran premi asuransi lebih mahal.

Syarat dan Ketentuan Asuransi Melahirkan 

Untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi melahirkan pada umumnya beberapa perusahaan asuransi akan menetapkan syarat dan ketentuan berikut ini: 

  • Peserta asuransi biasanya harus berusia mulai dari 18 hingga 40 tahun. 
  • Usia kehamilan tertanggung 20 hingga 32 minggu. 
  • Masa pertanggungan asuransi akan berakhir secara otomatis setelah tertanggung melakukan persalinan. 
  • Untuk kasus komplikasi kehamilan atau kelahiran, manfaat asuransi akan aktif sampai dengan 30 hari sejak bayi dilahirkan. 
  • Masa pertanggungan untuk bayi adalah 20 minggu dalam kandungan hingga usia 99 tahun. 
  • Proses underwriting akan mengacu pada hasil Ultrasonografi (USD) 2 dimensi pada usia kehamilan, minimal 20 minggu. 

Seperti Apa Asuransi Melahirkan yang Bagus?

Ada begitu banyak pilihan asuransi melahirkan yang menawarkan manfaat serta besaran premi berbeda-beda. Itu sebabnya sangat penting bagi setiap calon nasabah lebih cerdas dalam membandingkan dan memilih produk asuransi melahirkan terbaik 

Lihat pilihan asuransi melahirkan terbaik rekomendasi Lifepal 

Berikut ini adalah beberapa kriteria asuransi melahirkan yang bagus dan menguntungkan nasabah: 

  • Terdapat pilihan klaim cashless dan reimbursement 

Sebaiknya pilih yang menyediakan metode klaim lengkap, yaitu cashless dan reimbursement. Dengan begitu kita dapat menyesuaikan cara klaim dengan kebutuhan kita. 

Misal, jika ingin melakukan persalinan di rumah sakit yang bukan rekanan perusahaan asuransi, maka tersedia metode klaim reimbursement. Namun, jika ingin proses klaim yang lebih sederhana, nasabah dapat melakukan klaim cashless di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. 

  • Menanggung biaya rawat jalan pra dan pasca persalinan 

Biaya yang dikeluarkan untuk konsultasi atau perawatan pra dan pasca persalinan tidaklah murah. Untuk melakukan tes antisipasi infeksi pada Ibu dan janin (TORCH) di rumah sakit biasanya bisa mencapai Rp400 ribu hingga Rp2 juta. 

Oleh karena itu, cari perusahaan asuransi yang bersedia menanggung biaya rawat jalan tersebut. Mulai dari konsultasi kehamilan hingga perawatan setelah persalinan. 

  • Plafon asuransi sebanding dengan biaya persalinan 

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding dengan kebutuhan serta anggaran. Misal, jika memilih untuk melakukan persalinan normal, pilih plafon asuransi melahirkan yang sekitar Rp15 jutaan. Sebab, estimasi biaya kehamilan dan persalinan normal memakan dana hingga Rp13,9 jutaan. 

Sementara jika memilih untuk melakukan persalinan caesar, pilih plafon asuransi melahirkan yang sekitar Rp25 jutaan. Sebab, estimasi biaya kehamilan dan persalinan normal memakan dana hingga Rp21,9 jutaan. 

  • Jaringan rumah sakit luas

Pilih asuransi melahirkan yang memiliki layanan kesehatan atau jaringan rumah sakit yang tersebar luas di wilayah sesuai domisili nasabah. Dengan begitu, nasabah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di mana dan kapan saja. 

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Asuransi melahirkan sangat cocok bagi nasabah yang telah merencanakan kehamilan sejak jauh hari. Sebab, untuk mendaftar asuransi kelahiran, nasabah harus menunggu 9 hingga 12 bulan hingga uang pertanggungan atau manfaat asuransi dapat diproses. Namun, pastikan uang pertanggungan asuransi cukup untuk membiayai masa kehamilan dan persalinan kita. Jika uang pertanggungan terlalu kecil, lebih baik memilih untuk menabung. 

Adapun pertanggungan yang diberikan meliputi biaya persalinan normal, persalinan normal dengan alat bantu, persalinan dengan pembedahan, biaya komplikasi, hingga santunan atas risiko bayi meninggal dunia.

Jenis asuransi melahirkan terbagi menjadi tiga, yaitu asuransi jiwa melahirkan, BPJS Kesehatan, dan asuransi kesehatan swasta melahirkan. Untuk jelasnya, baca informasi selengkapnya di menu-tab Informasi Umum.

Tertanggung haruslah berusia mulai dari 18 hingga 40 tahun. Sementara untuk usia kehamilan tertanggung minimal adalah 20 hingga 32 minggu. 

Tentu ada. Biasanya ada masa pertanggungan untuk bayi mulai dari usia 20 minggu dalam kandungan hingga 99 tahun. Salah satunya adalah PRUmy Child dari asuransi Prudential yang memberikan perlindungan asuransi mulai dari dalam kandungan, dilahirkan, hingga dewasa nanti. 

Metode klaim asuransi melahirkan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu reimbursement dan cashless. Untuk metode klaim cashless hanya dapat dilakukan di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi saja. Sedangkan reimbursement dalam dilakukan di rumah sakit mana saja. 

Frekuensi pembayaran asuransi kesehatan disesuaikan dengan kesepakatan polis. Ada yang per bulan dan per tahun. Sementara untuk metode pembayarannya dapat dilakukan dengan cara transfer bank, hingga auto debit atau kredit, virtual account, di supermarket, dan lain sebagainya. 

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang menggunakan asuransi melahirkan. Mulai dari mengurangi biaya pengeluaran saat melahirkan, mengurangi angka kematian bayi apabila terjadi hal tak terduga juga dapat diminimalisasi karena mendapatkan akses penanganan terbaik, dan membantu mengatur keuangan atau cash flow. 

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi melahirkan:

  • Polis asuransi: perjanjian tertulis antara tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi: permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Premi asuransi: jumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang telah disetujui bersama.
  • Copayment: biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Rider: manfaat tambahan yang bisa disertakan pada program asuransi dasar.
  • Uang pertanggungan: Sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi apabila terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko selama proses melahirkan yang telah dijaminkan.
  • Antepartum: pendarahan yang terjadi pada usia kehamilan minimal 20 minggu.
  • Preterm: persalinan yang terjadi pada masa kehamilan kurang dari 37 minggu atau berat janin kurang dari 2.500 gram.
  • Postmaturity: persalinan yang terjadi pada kehamilan setelah 42 minggu.
  • Caesar atau Section Cesarean: pembedahan yang dilakukan untuk mengeluarkan janin dari dalam perut ibu melalui sayatan pada perut.
  • Neonatal: seorang bayi yang baru dilahirkan.
  • NICU (Neonatal Intensive Care Unit): ruangan khusus di rumah sakit, untuk memberikan perawatan atau pengobatan khusus pada bayi yang baru lahir sampai usia 30 hari.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal