Asuransi Mobil Aswata

5.0 / 5.0 (6.088 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 15%
 

Asuransi Mobil Aswata

Asuransi mobil Aswata adalah produk asuransi mobil yang dimiliki Aswata dengan perlindungan terhadap risiko kerusakan yang dapat terjadi pada mobil nasabah. Asuransi Aswata berada di bawah naungan perusahaan asuransi PT Asuransi Wahana Tata telah hadir melayani nasabah sejak tahun 1964.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Wahana Tata

  • (+) Jaminan dasar dari asuransi mobil Aswata sangat luas, yaitu komprehensif, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, huru-hara, banjir, dan gempa bumi. Pada asuransi lain, tanggung jawab hukum pihak ketiga, huru-hara, banjir, dan gempa biasanya masuk ke dalam asuransi tambahan, di mana nasabah harus membayar premi tambahan untuk mendapatkannya.
  • (+) Salah satu produk yang menjadi pembeda Wahana Tata dengan asuransi umum lainnya adalah adanya asuransi kendaraan khusus wanita. Produk ini memberikan perlindungan kendaraan, barang pribadi, dan tempat duduk khusus anak.
  • (+) Memiliki fasilitas menarik, yaitu Emergency Roadside Assistance (ERA) atau layanan darurat perbaikan kendaraan untuk wilayah yang terjangkau layanan ERA.
  • (+) Asuransi Wahana Tata memiliki layanan nasabah Vania, layanan tersebut dapat diakses melalui berbagai platform, seperti Whatsapp, Line, Facebook Messenger, dan Telegram.
  • (-) Asuransi Wahana Tata tidak memiliki layanan pembelian online. Hal ini tentunya membuat calon nasabah yang tertarik dengan produk harus menghubungi agen atau call center untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Aswata

Asuransi Aswata memiliki dua varian produk asuransi mobil, yakni Aswata Ladies Car Protection A+ dan Aswata Oto A+. Kedua produk asuransi tersebut mampu memberikan jaminan perbaikan akibat terjadinya tabrakan, pencurian, dan hal apapun yang bisa menimbulkan kerusakan atau kerugian pada mobil yang dimiliki nasabah.

Berbeda dengan asuransi mobil lainnya, perusahaan asuransi Aswata terbilang cukup unik. Karena menghadirkan pilihan produk asuransi mobil yang dikhususkan bagi wanita. Salah satu manfaat produk asuransi ini adalah menanggung kerusakan akibat kecelakaan dan pencurian pada tempat duduk anak yang ada dalam kendaraan.

Produk asuransi mobil Aswata belum tersedia di Lifepal. Namun, bagi yang sedang mencari asuransi untuk kendaraan, baik mobil dan motor, sila bandingkan asuransi terbaik melalui marketplace asuransi Lifepal. Caranya dengan mengisi formulir yang tersedia di bagian atas laman ini.

 

Asuransi mobil Aswata terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Berikut pilihan polis asuransi mobil Aswata yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil Aswata
Aswata Ladies Car Protection A+
Produk asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan ekstra khusus untuk kendaraan dengan pemilik wanita.
Asuransi Mobil Aswata
Aswata Oto A+
Produk asuransi kendaraan yang memberikan jaminan manfaat ekstra khusus untuk mobil penumpang pribadi.
 

Simak ulasan pertanggungan, premi, cara klaim, layanan nasabah, dan rekanan. Informasi berikut disadur dari situs resmi aswata.co.id sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi Aswata.

Pertanggungan asuransi mobil Aswata sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Aswata berdasarkan jenis produknya.

Aswata Ladies Car Protection A+

Produk asuransi mobil ini mampu memberikan perlindungan ekstra untuk kendaraan dengan pemilik wanita dari berbagai kerugian atau kerusakan yang diakibatkan oleh hal sebagai berikut:

  • Tabrakan, benturan, terbalik, atau terperosok.
  • Perbuatan orang jahat.
  • Pencurian dengan kekerasan.
  • Kebakaran.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga.

 

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan dari produk Aswata Ladies Car Protection A+ meliputi hal-hal berikut:

  • Emergency Roadside Assistance (ERA) atau layanan darurat perbaikan kendaraan untuk wilayah yang terjangkau layanan ERA.
  • Manfaat maksimal Rp500 ribu untuk wilayah yang tidak terjangkau ERA.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dengan batasan maksimal Rp2 juta per tahun.
  • Perlindungan terhadap barang pribadi maksimal Rp2 juta per tahun.
  • Perlindungan terhadap tempat duduk khusus anak maksimal Rp1 juta per tahun.
  • Jaminan penggantian atas kerugian perlengkapan non standard maksimal Rp5 juta per tahun.

Manfaat pertanggungan yang didapatkan dapat diperluas dengan manfaat berikut ini:

  • Manfaat kecelakaan diri pengemudi dan penumpang Rp25 juta atau Rp10 juta dengan biaya pengobatan 10 persen dari pertanggungan.
  • Jaminan kerusakan akibat huru hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaminan kerugian akibat gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Aswata OTO A+

Produk asuransi mobil ini mampu memberikan perlindungan ekstra khusus untuk mobil penumpang pribadi dengan jaminan dasar komprehensif, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, huru-hara, banjir, dan gempa bumi. 

 

Manfaat yang didapatkan untuk produk Aswata OTO A+ bergantung pada jenis paket yang dipilih. Berikut adalah jenis paket dan manfaat yang diberikan.

Paket Signature (untuk harga mobil di atas Rp200 juta)

  • Jaminan komprehensif.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga Rp25 juta per kejadian.
  • Manfaat kecelakaan diri pengemudi maksimal Rp25 juta.
  • Kecelakaan diri penumpang Rp10 juta, maksimal 4 orang.
  • Jaminan atas huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaminan atas angin topan, badai, hujan es, banjir, dan tanah longsor.
  • Jaminan atas gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.
  • Jaminan manfaat ekstra, antara lain:
    • Penggantian biaya transportasi.
    • Jaminan perlengkapan non standar.
    • Layanan polis yang cepat.
    • Cek status klaim online.
    • Perbaikan klaim di bengkel rekanan.
    • Layanan perbaikan darurat dan mobil derek 24 jam.
    • Layanan antar-jemput kendaraan yang diklaimkan.
    • Layanan perpanjangan STNK.
    • Evakuasi atau repatriasi medis dan pemulangan jenazah.

Paket Platinum

  • Jaminan komprehensif.
  • Tanggung jawab hukup terhadap pihak ketiga Rp10 juta per kejadian.
  • Manfaat kecelakaan diri pengemudi maksimal Rp10 juta.
  • Kecelakaan diri penumpang Rp10 juta, maksimal 4 orang.
  • Jaminan atas huru-hara, terorisme dan sabotase.
  • Jaminan atas angin topan, badai, hujan es, banjir, dan tanah longsor.
  • Jaminan manfaat ekstra, antara lain:
    • Penggantian biaya transportasi.
    • Jaminan perlengkapan nonstandar.
    • Layanan polis yang cepat.
    • Cek status klaim online.
    • Perbaikan klaim di bengkel rekanan.
    • Evakuasi atau repatriasi medis dan pemulangan jenazah.

Paket Premium

  • Jaminan komprehensif.
  • Tanggung jawab hukup terhadap pihak ketiga Rp10 juta per kejadian.
  • Manfaat kecelakaan diri pengemudi maksimal Rp10 juta.
  • Kecelakaan diri penumpang Rp10 juta, maksimal 4 orang.
  • Jaminan manfaat ekstra, antara lain:
    • Penggantian biaya transportasi.
    • Jaminan perlengkapan nonstandar.
    • Layanan polis yang cepat.
    • Cek status klaim online.
    • Perbaikan klaim di bengkel rekanan.
    • Evakuasi atau repatriasi medis dan pemulangan jenazah.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Aswata, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar penggantian biaya, nasabah bisa menghubungi Tanya Aswata yang bisa diakses 24 jam melalui nomor (021) 1500298.

Terdapat tujuh metode pembayaran asuransi mobil Aswata yang . Berikut adalah cara membayar yang dapat dilakukan.

  • Collector: Hubungi kantor Aswata terdekat agar petugas collector mendatangi tempat nasabah untuk mengambil pembayaran premi.
  • Setor tunai ke kantor Aswata: Lakukan setor tunai pada petugas kasir di kantor Aswata terdekat dengan menunjukkan nomor polis asuransi mobil yang akan dibayar.
  • Setor tunai di bank: Lakukan setor tunai di bank dengan menunjuk nomor rekening asuransi Aswata seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi mobil.
  • Transfer: Lakukan transfer bank atau antar bank dengan menunjuk nomor rekening asuransi Aswata seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi mobil.
  • ATM/Internet Banking/Mobile Banking: Lakukan pembayaran melalui mesin ATM atau internet banking atau mobile banking dengan menunjukkan nomor rekening asuransi Aswata seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi.
  • Kartu kredit (Visa, MasterCard, BCA Card): Dilakukan dengan cara memberikan informasi melalui telepon atau mengisi formulir pembayaran kartu kredit di kantor Aswata agar pembayaran premi dapat dikreditkan pada kartu kredit.
  • Virtual Account BCA: Lakukan pembayaran melalui fasilitas virtual account BCA dengan menunjuk nomor rekening virtual account asuransi Aswata seperti yang tertera pada nota tagihan polis asuransi.

Cara klaim asuransi mobil Aswata terbagi berdasarkan kondisi yang dialami, mulai dari kerusakan sebagian (partial loss),  kerusakan total (total loss), dan kehilangan kendaraan (theft). Berikut adalah cara klaim dan persyaratan yang harus disiapkan berdasarkan kondisinya.

Cara klaim asuransi mobil atas kerusakan sebagian (partial loss)

  • Siapkan dokumen, seperti:
    • Kartu anggota ASWATA atau polis asuransi.
    • Fotokopi SIM pengemudi.
    • Fotokopi KTP tertanggung.
    • Fotokopi STNK kendaraan.
  • Laporkan klaim melalui call center atau cabang terdekat atau Jakarta claim center.
  • Kemudian petugas akan melakukan survei dan menganalisis untuk menyetujui atau menolak klaim.
  • Jika klaim telah diterima, maka bengkel rekanan akan melakukan perbaikan.

Cara klaim asuransi mobil atas kerusakan total (total loss)

  • Siapkan dokumen, seperti:
    • Kartu anggota ASWATA atau polis asuransi.
    • Fotokopi SIM pengemudi.
    • Fotokopi KTP tertanggung.
    • Fotokopi STNK kendaraan.
    • BPKB dan faktur kendaraan yang asli.
  • Laporkan klaim melalui call center atau cabang terdekat atau Jakarta claim center.
  • Kemudian petugas akan melakukan survei dan menganalisa untuk menyetujui atau menolak klaim.
  • Jika klaim diterima, pihak Aswata akan melakukan penggantian dengan cara transfer.

Cara klaim asuransi mobil atas kehilangan kendaraan (theft)

  • Siapkan dokumen, seperti:
    • Kartu anggota ASWATA atau polis asuransi.
    • Fotokopi SIM pengemudi.
    • Fotokopi KTP tertanggung.
    • Fotokopi STNK kendaraan.
    • BPKB dan faktur kendaraan yang asli.
    • Kronologi kejadian yang dilampirkan dengan materai.
    • Laporan kepolisian.
  • Laporkan klaim melalui call center atau cabang terdekat atau Jakarta claim center.
  • Kemudian petugas akan melakukan survei.
  • Jika klaim diterima, pihak Aswata akan melakukan penggantian dengan cara transfer.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Aswata.

Cara berhenti asuransi mobil Aswata secara umum dapat dilakukan dengan prosedur berikut.

  • Menghubungi kantor pemasaran Asuransi Aswata terdekat dan jelaskan alasan keinginan menutup polis asuransi mobil.
  • Mengisi formulir penutupan polis asuransi mobil Aswata. Jangan lupa untuk pahami isi dokumen dan minta penjelasan untuk denda dan hal lain yang ditimbulkan oleh penutupan polis.
  • Lengkapi persyaratan yang diminta, seperti fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kendaraan yang akan diasuransikan, kartu identitas diri, dan buku polis asuransi.
  • Untuk informasi lebih lengkap seputar cara berhenti asuransi mobil Aswata, nasabah dapat menghubungi Layanan Tanya Aswata melalui nomor 1500 298. 

Pada situs resmi Asuransi Wahana Tata (Aswata) tidak tercantum daftar bengkel rekanan yang dimiliki. Apabila nasabah ingin mengetahui daftar rekanan bengkel, maka dapat menghubungi Layanan Tanya Aswata melalui nomor 1500 298.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

 

  • https://www.aswata.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor

 

 

Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis