Asuransi Mobil AXA Mandiri

3.5 / 5.0 (5.223 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 15%
 

Asuransi Mobil AXA Mandiri

Asuransi Mobil AXA Mandiri atau AXA Mandiri Mobil adalah salah satu produk asuransi kendaraan bermotor dari PT Mandiri AXA General Insurance atau populernya disebut MAGI. Produk asuransi mobil memberikan jaminan atas risiko kerusakan total atau sebagian dan kehilangan akibat tindak kejahatan atau risiko lain yang dijaminkan.

Manfaat atau pertanggungan Asuransi Mobil AXA Mandiri ditujukan bagi kendaraan pribadi (nasabah individu) dan komersial (milik perusahaan).

Ringkasan

  • Jaminan asuransi mobil tanpa survei, sehingga mobil calon nasabah tidak perlu dicek terlebih dahulu.
  • Tersedia layanan derek.
  • New for old atau penggantian mobil yang hilang.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).
  • Lebih dari 350 bengkel rekanan di berbagai wilayah Indonesia.
  • Tersedia pembayaran premi dengan cicilan kartu kredit.

Sekilas tentang Asuransi Mobil AXA Mandiri

Sesuai dengan namanya, AXA Mandiri Mobil memberikan proteksi terhadap objek tertanggung berupa kendaraan roda empat atau mobil saja. Dengan jenis kendaraan dikhususkan pada mobil pribadi maupun komersial. 

AXA Mandiri Mobil menawarkan dua jenis perlindungan yaitu asuransi comprehensive/all risk dan total loss only (TLO). Selain itu, nasabah juga dapat memperluas pertanggungan dengan manfaat tambahan atau rider tertentu. Namun, tentu saja akan ada tambahan biaya premi untuk perluasan tersebut 

Dikenal sebagai salah satu pionir asuransi mobil di Indonesia, AXA Mandiri telah mengekspansi jaringan bengkel rekanan hingga ke lebih 30 kota di Indonesia.

Selain menyediakan asuransi kendaraan mobil, asuransi AXA Mandiri atau MAGI juga menawarkan jaminan proteksi mencakup asuransi kesehatan AXA Mandiri, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, asuransi pendidikan, asuransi dana pensiun, asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi aset, asuransi umum, dan asuransi syariah.

 
 

Polis Asuransi Mobil AXA Mandiri

Asuransi Mobil AXA Mandiri tersedia dalam dua pilihan polis yaitu Comprehensive (All Risk) dan Total Loss Only (TLO). Masing-masing polis memberikan jaminan ganti rugi atau manfaat berbeda.

Berikut penjelasan lengkap dari polis Asuransi Mobil AXA Mandiri yang tersedia.

Asuransi Mobil AXA Mandiri

AXA Mandiri Mobil Comprehensive

Asuransi mobil yang memberikan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan untuk kerusakan besar maupun kecil atas risiko yang dijaminkan dalam polis.

  • Penggantian biaya atas segala jenis kerusakan mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, perbuatan jahat orang lain, pencurian, dan kebakaran.
  • Jaminan pertanggungan biaya atas Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (third party liability/TPL).
  • Layanan derek selama 24 jam akibat masalah kendaraan, seperti ban kempes, mesin panas, gangguan elektrikal, gangguan sistem transmisi, gangguan mesin, gangguan fungsi rem, gangguan baterai, dan kunci tertinggal.
  • Masa pertanggungan selama satu tahun.
  • Usia kendaraan yang ditanggung adalah maksimal 10 tahun.
  • Perluasan jaminan manfaat asuransi mencakup kerusuhan, mogok, huru-hara, sabotase dan terorisme, bencana alam, dan asuransi kecelakaan diri (rider).
Asuransi Mobil AXA Mandiri

AXA Mandiri Mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil yang memberikan jaminan proteksi mencakup biaya perbaikan hingga biaya penggantian atas kerusakan total akibat risiko yang tercatat dalam polis.

  • Penggantian biaya kerusakan mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok, perbuatan jahat orang lain, pencurian, dan kebakaran.
  • Pertanggungan diberikan apabila biaya perbaikan kerusakan mobil melebihi 75 persen dari harga kendaraan sebelum mengalami kerugian.
  • Jaminan pertanggungan biaya atas Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TPL).
  • Layanan derek selama 24 jam akibat masalah kendaraan seperti ban kempes, mesin panas, gangguan listrik, gangguan sistem transmisi, gangguan mesin, gangguan fungsi rem, gangguan baterai, dan kunci tertinggal.
  • Masa pertanggungan selama satu tahun.
  • Usia kendaraan yang ditanggung adalah maksimal 10 tahun.
  • Perluasan jaminan manfaat mencakup kerusuhan, mogok, huru-hara, sabotase dan terorisme, bencana alam, dan asuransi kecelakaan diri (rider).
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Mobil AXA Mandiri, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Mobil AXA Mandiri adalah salah satu produk asuransi kendaraan bermotor dari Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Produk asuransi mobil MAGI terdiri atas dua polis yaitu asuransi comprehensive (all risk) dan total loss only (TLO).

Polis Asuransi Comprehensive (All Risk) memberikan jaminan menyeluruh atas kerusakan yang terjadi pada mobil yang diasuransikan. Polis TLO memberikan jaminan atas kerusakan mobil minimal 75 persen dari harga mobil atau kehilangan akibat tindakan pencurian dan risiko lain yang dijaminkan dalam polis.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. 

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian AXA Mandiri Mobil, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi AXA Mandiri.

AXA Mandiri juga menawarkan produk asuransinya secara online, yaitu melalui customer care center di nomor (021) 3005 8788 atau dengan mengunjungi situs resmi axa-mandiri.co.id. Sehingga calon nasabah tidak perlu lagi repot-repot mengunjungi kantor pusat atau cabang untuk mengetahui penawaran produk asuransi mobil AXA Mandiri yang sesuai. 

Untuk pilihan asuransi mobil lainnya, dapat mengunjungi situs marketplace asuransi seperti Lifepal. Situs Lifepal.co.id memudahkan calon nasabah untuk bisa mendapatkan produk asuransi mobil terbaik dengan premi yang paling ringan dengan cara  membandingkan produk asuransi mobil AXA Mandiri dengan perusahaan asuransi lainnya. Ada pula layanan konsultasi gratis yang dapat membantu memilih produk asuransi terbaik yang sesuai anggaran.

Pembayaran asuransi mobil AXA Mandiri dapat dilakukan dengan cara transfer ke rekening bank Mandiri atas nama PT Mandiri AXA General Insurance. Nomor rekening tercantum pada setiap premium note nasabah. Premium note akan dilampirkan bersamaan dengan polis asuransi yang dikirimkan. 

Untuk informasi jelas terkait pembayaran asuransi mobil AXA Mandiri, silakan menghubungi layanan nasabah perusahaan AXA Mandiri melalui nomor (021) 3005 8788.

Prosedur klaim AXA Mandiri Mobil terbagi menjadi dua cara yang disesuaikan dengan jenis pertanggungan yang dipilih. Berikut penjelasannya. 

Klaim AXA Mandiri Mobil Comprehensive 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk lakukan klaim AXA Mandiri Mobil Comprehensive: 

  • Laporkan kejadian kerugian ke nomor (021) 30058788 paling lama 5×24 jam. 
  • Unduh dan isi formulir klaim di situs resmi axa-mandiri.co.id. 
  • Lengkapi seluruh dokumen klaim yang dibutuhkan. 
  • AXA Mandiri akan melakukan survei kendaraan. 
  • Apabila pengajuan klaim diterima, pihak perusahaan akan terbitkan surat perintah kerja ke bengkel yang ditunjuk. 
  • Pihak bengkel melakukan proses reparasi mobil. 
  • Bengkel menyerahkan kendaraan pada nasabah. 

Klaim AXA Mandiri Mobil TLO

Ikuti langkah-langkah berikut untuk lakukan klaim AXA Mandiri Mobil TLO:

  • Laporkan kejadian kerugian ke nomor (021) 30058788 paling lama 5×24 jam. 
  • Unduh dan isi formulir klaim di situs resmi axa-mandiri.co.id. 
  • Lengkap seluruh dokumen klaim yang dibutuhkan. 
  • AXA Mandiri akan melakukan survei kendaraan. 
  • Apabila pengajuan klaim diterima, pihak perusahaan akan menyerahkan uang ganti rugi sesuai dengan ketentuan polis. 
  • Masa berlaku polis otomatis akan berakhir. 

Adapun beberapa dokumen penting yang perlu disiapkan untuk mengajukan klaim sebagai berikut. 

  • Polis asuransi mobil AXA Mandiri yang asli. 
  • Formulir klaim asuransi kendaraan. 
  • Kartu Identitas Diri (KTP) pemegang polis. 
  • Surat izin Mengemudi (SIM). 
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 
  • Surat laporan kepolisian, apabila kendaraan rusak berat, merugikan pihak ketiga, atau tindakan kejahatan.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis kurang sesuai dengan kebutuhan, maka setiap nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika penutupan polis dilakukan saat manfaat pertanggungan telah aktif, maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil AXA Mandiri. 

Penutupan polis asuransi mobil AXA Mandiri dapat dilakukan dengan catatan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak AXA Mandiri akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.axa-mandiri.co.id/produk/axa-mandiri-mobil/
  • https://mypage.axa.co.id/drive/quote/step1?utm_source=website&utm_medium=ProductPageMV&utm_campaign=myPageMV&utm_term=AXAMandiriMV&utm_content=AsuransiOnline

 

Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis