Asuransi Mobil Sompo

3.5 / 5.0 (4.904 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
80 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Diskon 20%
 

Asuransi Mobil Sompo Proses Mudah & Harga Murah

Perlindungan terbaik untukmu dari asuransi mobil Sompo dengan pilihan pertanggungan all risk, TLO, dan kombinasi. Temukan di sini!

 
 

Pilihan Polis Asuransi Mobil Sompo Terbaik 2021

Asuransi Mobil Sompo memberikan jaminan ganti rugi berdasarkan polis yang dimiliki nasabah. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai dua polis yang Asuransi Mobil Sompo.

Asuransi Mobil
Comprehensive (All Risk)

Polis asuransi mobil yang memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan kecil hingga besar atas mobil yang dijaminkan.

  • Penggantian biaya atas kerusakan pada mobil akibat kecelakaan seperti tabrakan, benturan, jatuh, meluncur, atau jatuh.
  • Penggantian biaya atas kerusakan pada mobil akibat tindakan jahat seperti pencurian, kekerasan, atau ancaman dari pihak lain.
  • Penggantian biaya atas kerusakan mobil akibat api dari petir dan kemasukan air karena upaya memadamkan api.
  • Penggantian biaya atas kerusakan mobil selama proses penyeberangan kendaraan menggunakan kapal.
  • Manfaat penggantian all risk atau comprehensive atau kerusakan total dan kerusakan sebagian pada kendaraan mobil.
  • Jaminan pertanggungan biaya atas tanggung jawab hukum pihak ketiga (rider).
  • Penggantian biaya kerugian atas risiko bencana alam seperti angin topan, badai, hujan es, banjir, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami (rider).
  • Penggantian biaya atas risiko pemogokan, kerusuhan, terorisme & sabotase, dan huru-hara (rider).
  • Pertanggungan biaya atas risiko kecelakaan diri penumpang dan pengemudi (rider).
Asuransi Mobil
Total Loss Only (TLO)

Polis asuransi mobil yang memberikan jaminan ganti rugi lebih terbatas yaitu kerusakan minimal 75% atau kehilangan mobil atas tindakan kejahatan dan risiko lain yang dijaminkan dalam polis.

  • Ganti rugi atas kerusakan minimal 75% dari nilai aktual mobil yang dijaminkan atau kehilangan.
  • Pertanggungan biaya atas Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (rider).
  • Penggantian biaya kerugian atas risiko bencana alam seperti angin topan, badai, hujan es, banjir, tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami (rider).
  • Penggantian biaya atas risiko pemogokan, kerusuhan, terorisme & sabotase, dan huru-hara (rider).
  • Pertanggungan biaya atas risiko kecelakaan diri penumpang dan pengemudi (rider).
 

Tabel Manfaat Asuransi Mobil Sompo

Asuransi mobil yang dihadirkan perusahaan terbagi menjadi dua kategori yang dibedakan berdasarkan luas pertanggungan risikonya. 

Produk Manfaat
Asuransi Mobil All Risk Jaminan ganti rugi atas kerusakan mobil sedang hingga total.
Asuransi Mobil TLO Jaminan ganti rugi atas kerusakan mobil total atau biaya perbaikannya di atas 75% dari harga mobil saat itu.
 

Premi Asuransi Mobil Sompo

Premi Asuransi Mobil Sompo dipengaruhi beberapa faktor. Berikut faktor yang menentukan harga premi asuransi mobil:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

Harga Mobil Persentase Premi Keterangan
Rp125 juta 2,83-4,20 Tergantung wilayah
Rp125-200 juta 2,07-2,94 Tergantung wilayah
Rp200-400 juta 1,40-1,88 Tergantung wilayah
Rp400-800 juta 1,20-1,32 Tergantung wilayah
>Rp800 juta 1,05-1,16 Tergantung wilayah

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

Harga Mobil Persentase Premi Keterangan
Rp125 juta 0,36-0,78 Tergantung wilayah
Rp125-200 juta 0,31-0,53 Tergantung wilayah
Rp200-400 juta 0,29-0,35 Tergantung wilayah
Rp400-800 juta 0,25-0,30 Tergantung wilayah
>Rp800 juta 0,20-0,24 Tergantung wilayah

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

 

Prosedur Klaim Asuransi Mobil Sompo

Asuransi Sompo menyediakan layanan e-claim (elektronik klaim) yang memungkinkan nasabah untuk mengajukan klaim secara online melalui situs resmi Sompo. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan e-claim: 

  • Unggah dokumen dan formulir klaim mobil Sompo melalui situs resminya. 
  • Tunggu persetujuan klaim dari pihak perusahaan asuransi Sompo. 
  • Apabila klaim diterima, nasabah akan mendapatkan penggantian klaim sesuai dengan jenis pertanggungan.

  • Menghubungi layanan klaim mobil Sompo paling lama 3×24 jam setelah terjadi kerugian. 
  • Unduh formulir klaim yang tersedia di situs resmi Sompo.co.id. 
  • Mengisi dengan lengkap formulir klaim dan sertakan dokumen penting lainnya. 
  • Mengikuti proses survei yang diminta oleh perusahaan asuransi Sompo. 
  • Tunggu persetujuan klaim dari pihak perusahaan asuransi Sompo. 
  • Apabila klaim diterima, nasabah akan mendapatkan penggantian klaim sesuai dengan jenis pertanggungan.

  • Polis asuransi mobil Sompo. 
  • Formulir klaim asuransi mobil Sompo. 
  • Bukti kerusakaan kendaraan berupa foto. 
  • Fotokopi Kartu Identitas Diri (KTP) tertanggung atau pemegang polis. 
  • Surat izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 
  • Untuk perusakan mobil berat perlu mencantumkan surat laporan kronologis dari kepolisian. 
  • Dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak asuransi Sompo.

Umumnya, nasabah akan dikenakan biaya pengajuan klaim untuk asuransi all risk atau comprehensive. Biasanya untuk penggantian kerugian fisik seperti lecet, penyok, dan sejenisnya.

 

Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sompo

Perusahaan asuransi Sompo telah bekerjasama dengan sejumlah bengkel yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Berikut ini beberapa di antaranya: 

  • PT Wahana Senjaya Jakarta (Nissan Warung Buncit). Jalan Warung Buncit Barat No. 34, Jatipadang. Telepon: (021) 78833788.
  • PT Arista Sukses Mandiri Jakarta (Mitsubishi). Jalan Raya Kalimalang No. 19 Duren Sawit, Jakarta Timur. Telepon: (021) 86608609.
  • PT Astra International, TBK (Auto 2000) Bogor Yasmin B/P. Jalan Soleh Iskandar No. 9 Yasmin, Bogor Jawa Barat. Telepon: (0251) 8362000 (Hunting).
  • PT Mandiri Perwira Raya Motor (Honda Bogor). Jalan Pakuan No. 23, Bogor. Telepon: (0251) 8350127/37.
  • PT Kreasi Auto Kencana (Nissan Tangerang). Jalan Jend Sudirman No. 74 Babakan Tangerang. Telepon: (021) 55701819.
  • Karawaci Indah Motor, Jalan Raya Imam Bonjol no.1 Tangerang, Telepon: 021-5517369

Lihat daftar bengkel rekanan Sompo selengkapnya!

 

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil Sompo

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Mobil Sompo, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Apa Itu Asuransi Mobil Sompo?

Asuransi Mobil Sompo adalah salah satu produk dari perusahaan asuransi umum PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) yang didirikan pada April 2016. Asuransi Mobil Sompo terdiri atas dua polis yaitu Asuransi Mobil Comprehensive (All Risk) dan Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO).

Masing-masing polis memiliki jaminan ganti rugi berbeda. Namun, calon nasabah bisa membeli manfaat tambahan untuk mendapatkan jaminan lebih lengkap seperti tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL).

Berapa Lama Asuransi Mobil?

Lama proteksi asuransi mobil rata-rata adalah 1 tahun. Calon nasabah bisa mencari tahu informasi masa asuransi lebih lanjut ke perusahaan asuransi yang dipilih.

Metode Penggantian Asuransi Mobil Sompo

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Sompo, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Sompo.

Membeli asuransi mobil Sompo bisa dilakukan secara online. Sehingga, calon nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang terdekat. Untuk mengetahui penawaran produk asuransi mobil Sompo, silakan menghubungi call center perusahaan 14051 atau WhatsApp melalui nomor 08111314051.

Atau, jika ingin lebih berimbang dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi mobil Sompo saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil Sompo bergantung pada polis asuransi yang dibeli. Terdapat beberapa kanal pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah. Jika membeli polis asuransi secara online, umumnya diberikan pilihan pembayaran melalui transfer bank melalui rekening yang dimiliki oleh asuransi Sompo.

Untuk mendapatkan informasi detail mengenai cara pembayaran premi asuransi mobil Sompo, silakan menghubungi call center Sompo melalui nomor (021) 2500 890.

Biaya klaim Asuransi Mobil Sompo adalah biaya yang harus dikeluarkan nasabah saat melakukan klaim asuransi mobilnya. Biaya klaim dikenal sebagai risiko sendiri (owned risk) yang disesuaikan dengan ketentuan OJK. Rata-rata perusahaan asuransi mobil mengenakan biaya klaim Rp250-300 ribu per klaim per kejadian.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika penutupan polis dilakukan saat manfaat pertanggungan telah aktif, maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Sompo.

Penutupan polis asuransi mobil Sompo dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis pada polis, atau melalui cara umum seperti berikut: 

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Sompo akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.sompo.co.id/products/motor-vehicle
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan