asuransi mobil Lifepal

Asuransi Mobil Terbaik 2021

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
2021/03/31 23:59:59FLASHSALEDiskon 25%
Perusahaan Anda Sudah Didaftarkan!
Konsultan kami akan mengirim penawaran untuk Anda segera
2021/03/31 23:59:59FLASHSALEDiskon 25%
 

Daftar Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia 2021

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, dan hilang. Selain itu, terdapat manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Dengan proteksi ini, perusahaan asuransi akan meng-cover kendaraan apabila mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun. Oleh karena itu, pilih asuransi mobil terbaik agar mendapatkan benefit sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau.

Berikut ini adalah daftar asuransi mobil yang bagus 2021 versi Lifepal:

  • Tugu Insurance
  • Asuransi Sinar Mas
  • Asuransi ACA
  • Adira Autocillin
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi Simas Insurtech
  • Asuransi Tokio Marine
  • Asuransi ABDA
  • Asuransi Allianz
  • Asuransi Sompo

  • All Risk hingga mobil usia 10 tahun
  • Cover perbaikan di bengkel mana pun dengan sistem reimbursement
  • GRATIS Bensin Pertamina
  • Cover kerusakan sebagian, total dan kehilangan
  • 300+ rekanan bengkel di seluruh Indonesia
  • Klaim instan 1×24 jam melalui mobile apps
  • Gratis derek & ambulans
  • Garansi perbaikan & spare-part

  • Menanggung kerugian total dan sebagian pada mobil akibat tabrakan, benturan, tergelincir, pencurian, kebakaran, dan kecelakaan saat pengiriman dengan kapal feri
  • Batas usia kendaraan: 5 tahun, lebih dari  5 tahun wajib dikenakan loading premi minimal 5% per tahun
  • Perbaikan di bengkel rekanan (authorized) maupun non rekanan (non-authorized)
  • Garansi perbaikan, yaitu jika setelah perbaikan di bengkel, mobil masih tetap rusak maka perusahaan akan menanggung biaya tersebut
  • Lihat bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas selengkapnya!

  • Menanggung kerugian total pada mobil
  • Batas usia kendaraan: 10 tahun, lebih dari 10 tahun dikenakan loading premi minimal 5% per tahun
  • Garansi perbaikan apabila pekerjaan bengkel kurang bagus
  • Fasilitas bengkel di bengkel resmi (authorized) dan non resmi (non-authorized).
  • Asuransi tanggung jawab hukum, kecelakaan diri, dan bencana alam dengan jaminan perluasan

Lihat ulasan dan daftar Sinar Mas Asuransi Mobil selengkapnya!

  • Manfaat jaminan kerugian mobil akibat kerusuhan (huru-hara), terorisme, dan sabotase
  • Manfaat jaminan kerugian mobil akibat banjir, huru-hara, banjir, angin topan, dan gempa bumi hingga 10 persen dari Uang Pertanggungan (UP)
  • Manfaat jaminan kecelakaan diri untuk maksimal 5 orang hingga Rp10 juta
  • Asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability/TPL) maksimal Rp50 juta
  • Jika terjadi kerugian dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah pembelian mobil, polis akan memberi ganti rugi sesuai harga mobil baru
  • Fasilitas gratis derek dan ambulans
  • Fasilitas mobil pengganti 5×24 jam
  • Survei klaim langsung di tempat nasabah
  • Layanan pengantaran mobil sebelum dan setelah diperbaiki di bengkel
  • Ada garansi jika perbaikan di bengkel tidak memenuhi standar

  • Pertanggungan menyeluruh terhadap kerugian pada mobil
  • Jika terjadi kerugian dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah pembelian mobil, polis akan memberi ganti rugi sesuai harga mobil baru
  • Asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability/TPL) maksimal Rp25 juta
  • Fasilitas mobil pengganti 5×24 jam
  • Layanan pengantaran mobil sebelum dan setelah diperbaiki di bengkel
  • Ada garansi jika perbaikan di bengkel tidak memenuhi standar
  • Lihat cara klaim Asuransi Mobil ACA selengkapnya!

  • Autocillin merupakan salah satu produk asuransi mobil all risk terbaik sebab memberikan manfaat polis yang sangat lengkap
  • Perlindungan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya
  • Batas usia kendaraan: maksimal 8 tahun
  • Fasilitas derek gratis
  • ERA (Emergency Road Assistance)
  • New for old, untuk mobil usia maksimal 6 bulan
  • Mobile claim melalui Autocillin mobile app
  • Gratis biaya layanan perpanjang STNK

  • Pertanggungan kerusakan parah dan kehilangan mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya
  • Batas usia maksimal kendaraan: 15 tahun
  • Gratis fasilitas derek
  • Garansi perbaikan selama 6 bulan
  • Mobile claim melalui Autocillin mobile app

  • Pertanggungan kerugian total dan sebagian
  • New for old, untuk mobil usia maksimal 6 bulan
  • Gratis biaya ambulans
  • Asuransi tanggung jawab hukum hingga Rp25 juta
  • Penggantian kehilangan kunci kendaraan hingga Rp25 juta
  • Bekerja sama dengan 350 bengkel rekanan di seluruh Indonesia
  • Klaim tanpa survei

  • Pertanggungan kerugian total
  • New for old, untuk mobil usia maksimal 6 bulan
  • Gratis biaya ambulans
  • Asuransi tanggung jawab hukum
  • Memiliki 350 bengkel rekanan di seluruh Indonesia
  • Klaim tanpa survei

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian, hingga kehilangan mobil
  • Garansi perbaikan bengkel
  • Call center 24 jam
  • Manfaat tambahan tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, bencana alam, dan kerusuhan

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan mobil
  • Garansi perbaikan bengkel
  • Call center 24 jam
  • Manfaat tambahan tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, bencana alam, dan kerusuhan

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian, hingga kehilangan mobil
  • Pertanggungan terorisme, sabotase, dan kerusuhan
  • Menanggung biaya derek maksimal 0,5% dari UP
  • Menanggung biaya ambulans maksimal Rp1 juta
  • Perluasan manfaat tanggung jawab pihak ketiga, kecelakaan diri, dan bencana alam
  • Garansi perbaikan bengkel
  • Call center 24 jam

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan mobil
  • Pertanggungan terorisme, sabotase, dan kerusuhan
  • Menanggung biaya derek maksimal 0,5% dari UP
  • Menanggung biaya ambulans maksimal Rp1 juta
  • Perluasan manfaat tanggung jawab pihak ketiga, kecelakaan diri, dan bencana alam
  • Garansi perbaikan bengkel
  • Call center 24 jam

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian serta pencurian
  • Perluasan manfaat pencurian oleh supir pribadi, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, bencana alam, dan kerusuhan
  • Garansi perbaikan bengkel
  • Call center 24 jam

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan mobil
  • Perluasan manfaat pencurian oleh supir pribadi, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri, bencana alam, dan kerusuhan
  • Garansi perbaikan bengkel
  • Call center 24 jam

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian, hingga kehilangan mobil
  • Opsi perluasan perlindungan banjir
  • Layanan roadside assistance (RSA) 24 jam

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan mobil
  • Opsi perluasan perlindungan banjir
  • Layanan roadside assistance (RSA) 24 jam

  • Menanggung kerusakan total dan sebagian, hingga kehilangan
  • Menanggung pencurian mobil oleh supir pribadi
  • Menanggung tanggung jawab hukum pihak ketiga
  • Bantuan darurat 24 jam dan akomodasi taksi
  • Perlindungan banjir
  • Santunan meninggal dunia hingga Rp10 juta
  • Santunan biaya taksi selama masa perbaikan
  • Ganti rugi kehilangan akibat pencurian oleh supir pribadi

  • Menanggung kerusakan total dan kehilangan
  • Menanggung pencurian mobil oleh supir pribadi
  • Menanggung tanggung jawab hukum pihak ketiga
  • Bantuan darurat 24 jam dan akomodasi taksi
  • Perlindungan banjir
  • Santunan kecelakaan diri per orang hingga Rp10 juta
  • Asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga Rp55 juta

  • Perlindungan komprehensif terhadap kerusakan kendaraan dari yang kecil sampai parah, serta penggantian kehilangan kendaraan
  • Fasilitas mobil derek, bantuan darurat, dan klaim tanpa survei
  • Pertanggungan kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri

  • Menjamin risiko kehilangan mobil
  • Perlindungan total terhadap kerusakan minimal 75% kendaraan
  • Asuransi tambahan untuk tanggung jawab pihak ketiga, risiko bencana alam, serta kecelakaan penumpang dan pengemudi

 
 

Jenis Asuransi Mobil

Jenis asuransi mobil terdiri atas asuransi all risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Asuransi all risk menanggung semua risiko, sementara asuransi TLO hanya meng-cover kerusakan parah saja. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan maupun besaran premi.

Karena itu, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mobil. Misalnya saja, memilih asuransi mobil KIAasuransi mobil Nissan, dan lain sejenisnya.

Bicara soal premi, harganya pun disesuaikan dengan jenis asuransi mobil yang dipilih. Secara garis besar kisarannya mulai dari Rp600 ribuan per tahun atau sekitar Rp50 ribuan per bulan!

Agar tak salah pilih, Anda perlu tahu dulu jenis-jenis asuransi mobil yang harus dipilih. Sebab, premi bergantung pada jenis asuransi dan kondisi mobil yang dimiliki.

1. Asuransi Mobil TLO

Asuransi TLO memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika mobil hilang akibat pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75 persen dari harga mobil pada saat itu. Artinya, mobil harus benar-benar tidak bisa dipakai, baru Anda bisa mengajukan klaim. Jadi, kalau mobil hanya lecet satu sentimeter, jangan berharap klaim akan disetujui.

Karena baru bisa mengajukan klaim ketika mobil rusak parah tentunya besaran preminya pun lebih ringan dibandingkan dengan asuransi all risk. Bahkan, besaran preminya bisa tiga kali lipat lebih kecil dari all risk. Untuk premi minimal wilayah Jakarta adalah 0,44 persen dari harga mobil.

2. Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi ini akan terima apa pun klaim kerusakan mobil dari yang ringan sampai yang rusak parah. Asuransi all risk cocok buat Anda yang baru membeli mobil agar ketika mengalami lecet bisa langsung mengajukan klaim.

Karena menanggung segala kerusakan, tentunya premi asuransi all risk akan jauh lebih besar. Misalnya saja, besaran premi all risk wilayah Jakarta adalah 3,26 persen dari harga mobil. Persentase premi tersebut lebih besar ketimbang premi termahal TLO yang berada di angka 0,78 persen saja!

3. Asuransi Mobil Gabungan

Sebenarnya, ada lagi asuransi mobil gabungan. Pada dasarnya, asuransi ini menggabungkan antara all risk dan TLO, tetapi hanya bisa diperoleh saat kredit mobil. Cara kerjanya adalah di tahun pertama mobil akan ditanggung secara all risk, kemudian di tahun berikutnya hanya TLO saja.

4. Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Dari ketiga jenis asuransi mobil di atas, Anda masih bisa menambahkan jaminan perluasan. Jaminan perluasan adalah manfaat/benefit tambahan selain pertanggungan karena kecelakaan atau hilang. Jaminan perluasan dengan premi tambahan:

  • Jaminan perluasan banjir dan angin topan
  • Jaminan perluasan gempa bumi dan tsunami
  • Jaminan perluasan huru-hara atau kerusuhan
  • Jaminan perluasan terorisme dan sabotase
  • Jaminan perluasan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
  • Jaminan perluasan kecelakaan diri penumpang
  • Jaminan perluasan tanggung jawab hukum terhadap penumpang

Pilih Mana, All Risk atau TLO?

Perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO dijabarkan pada tabel berikut:

Jenis All Risk TLO
Usia mobil Maks. 12 Tahun Maks. 15 tahun – 20 tahun
Cocok untuk Mobil baru & sering berkendara di kota yang padat Mobil tua atau mobil bekas
Biaya premi Lebih mahal. Mulai dari 3,26 persen dari harga mobil Lebih murah. Mulai dari 0,44 persen dari harga mobil
Manfaat Semua kerusakan, bahkan lecet, dan hilang Min. kerusakan 75 persen atau hilang
 

Premi Asuransi Mobil

Untuk memberikan gambaran premi asuransi mobil all risk di Lifepal berkisar mulai dari Rp175 ribuan per bulan dan premi asuransi mobil TLO mulai Rp35 ribuan per bulan. Perlu dipahami juga bahwa besaran premi atau biaya asuransi mobil sudah diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK membuat Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Rumus perhitungan rate asuransi mobil secara sederhana adalah sebagai berikut:

Persentase premi (sesuai dengan jenis asuransi mobil, wilayah, dan kategori harga mobil) x harga mobil = biaya premi

Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan kalkulator premi asuransi mobil.

Wilayah dan Harga Mobil Menentukan Premi

Hal pertama yang perlu diingat adalah mobil yang Anda miliki berasal dari wilayah mana dan berapa harganya. Karena, kedua hal tersebut akan menentukan besaran persentase premi asuransi mobil.

Untuk bisa menghitung premi asuansi mobil, Anda perlu melihat kategori wilayah mobil tersebut. Adapun tiga kategori wilayah penentu premi, yaitu:

  • Wilayah I (Sumatera dan Kepualuan di sekitarnya)
  • Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten)
  • Wilayah III (Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah I dan II)

Harga mobil juga akan menentukan besaran premi. Berikut pembagian kategori premi berdasarkan harga mobil:

  • Kategori 1, yaitu Rp0 – 125 juta
  • Kategori 2, yaitu lebih dari Rp125 – 200 juta
  • Kategor 3, yaitu lebih dari Rp200 – 400 juta
  • Kategori 4, yaitu lebih dari Rp400 – 800 juta
  • Kategori 5, yaitu lebih dari Rp800 juta

Biaya Asuransi Mobil dan Simulasi Preminya 2021

Berikut contoh simulasi premi berdasarkan pertanggungan asuransi yang diambil.

1. Biaya dan simulasi asuransi all risk (comprehensive)

Kat. Wilayah & Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Kat. 1, maks. Rp125 juta 3,82% – 4,20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%
Kat. 2, Rp125-200 juta 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%
Kat. 3, Rp200-400 juta 2,18% – 2,40%   2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%
Kat. 4, Rp400-800 juta 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%
Kat. 5, Lebih dari Rp800 juta 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%

Dari tabel di atas, Anda bisa menghitung biaya asuransi yang perlu dibayarkan jika mengambil asuransi all risk.

Sebagai contoh, mobil Agya seharga Rp150 juta dan berplat B Jakarta maka kategori premi adalah wilayah II dan kategori 2. Berikut simulasi premi asuransi all risk yang harus dibayarkan setiap tahun selama mengikuti asuransi:

Persentase premi all risk x harga mobil = biaya premi 2,47% x Rp150.000.000 = Rp3.705.000 per tahun

Cara praktis lainnya dapat membandingkan ratusan polis dari berbagai perusahaan asuransi secara online. Dengan begitu, calon nasabah bisa mendapatkan polis terbaik dengan premi paling murah pula!

2. Biaya dan simulasi asuransi TLO

Kat. Wilayah & Harga Mobil Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Kat. 1, maks. Rp125 juta 0,47% – 0,56% 0,65% – 0,78% 0,51% – 0,56%
Kat. 2, Rp125-200 juta 0,63% – 0,69% 0,44% – 0,53% 0,44% – 0,48%
Kat. 3, Rp200-400 juta 0,41% – 0,46% 0,38% – 0,42% 0,29% – 0,35%
Kat. 4, Rp400-800 juta 0,25% – 0,30% 0,25% – 0,30% 0,23% – 0,27%
Kat. 5, Lebih dari Rp800 juta 0,20% – 0,24% 0,20% – 0,24% 0,20% – 0,24%

Jika dilihat dari tabel di atas, Anda bisa lihat asuransi TLO bakal lebih murah daripada all risk. Dengan menggunakan contoh yang sama sebelumnya, mari bandingkan premi TLO.

Contoh, mobil Agya Rp150 juta dan berplat B Jakarta. Maka premi yang harus dibayarkan dihitung berdasarkan wilayah II kategori 2. Berikut perhitungannya.

Persentase premi TLO x harga mobil = biaya premi 0,44% x Rp150.000.000 = Rp660.000 per tahun

3. Biaya dan Simulasi Premi dengan Jaminan Perluasan

Jaminan Tarif Premi Risiko Sendiri
Banjir termasuk angin topan Mulai dari 0,50% (tergantung wilayah) 10% dari nilai klaim yang disetujui, paling sedikit Rp500.000,00 per kejadian
Gempa bumi dan tsunami Mulai dari 0,05% (tergantung wilayah)
Huru-hara atau kerusuhan (SRCC) 0,05% (All Risk) dan 0,035% (TLO)
Terorisme dan sabotase 0,05% (All Risk) dan 0,035% (TLO)
Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga (Kendaraan Penumpang dan Sepeda Motor) a. UP hingga Rp25 juta : 1% dari UP
b. UP > Rp25 juta s.d. Rp50 juta : 0,5% dari UP
c. UP > Rp50 juta s.d. Rp100 juta : 0,25% dari UP
d. UP > Rp100 juta : ditentukan oleh underwriter perusahaan
Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga (Kendaraan Niaga, Truk, dan Bus) a. UP hingga Rp25 juta : 1,50% dari UP
b. UP > Rp25 juta s.d. Rp50 juta : 0,75% dari UP
c. UP > Rp50 juta s.d. Rp100 juta : 0,375% dari UP
d. UP > Rp100 juta : ditentukan oleh underwriter perusahaan
Kecelakaan Diri untuk Penumpang a. Untuk Pengemudi : 0,50% dari Uang Pertanggungan (UP) kecelakaan diri
b. Untuk Penumpang : 0,10% dari UP kecelakaan diri untuk setiap tempat duduk penumpang
Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang a. UP hingga Rp25 juta : 0,50% dari UP
b. UP > Rp25 juta s.d. Rp50 juta : 0,25% dari UP
c. UP > Rp50 juta s.d. Rp100 juta : 0,125% dari UP
d. UP > Rp100 juta : ditentukan oleh underwriter perusahaan

Dapatkan premi asuransi mobil mulai dari Rp35 ribu per bulan + diskon hingga 25% hanya di Lifepal!

Bandingkan 500+ pilihan polis terbaik mulai Rp50 ribu/bulan!
+62

 

Klaim Asuransi Mobil

Cara klaim asuransi mobil harus memperhatikan prosedur dan dokumen. Adapun yang harus diperhatikan pertama kali saat terjadi kecelakaan atau hilang, segera foto kejadian sebagai bukti klaim dan segera buat laporan klaim maksimal 5×24 jam.

Nah, selain mengajukan klaim langsung ke perusahaan asuransi, cara lainnya dapat memanfaatkan layanan bantuan klaim dari broker asuransi seperti Lifepal. Dijamin lebih praktis dan mudah!

  • Melaporkan klaim: Bisa dengan datang langsung ke kantor cabang, telepon, SMS, atau aplikasi klaim yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Biasanya, laporan klaim harus dilakukan maksimal 5×24 jam setelah kejadian, tergantung kebijakan perusahaan.
  • Menyiapkan dokumen klaim: Dokumen kendaraan (SIM dan STNK), dokumen polis , formulir klaim yang telah diisi, foto-foto sebagai bukti kecelakaan/kerugian lainnya yang akan diklaim. Dokumen yang perlu disiapkan tergantung pada jenis kerugian yang dialami. Sila perhatikan kelengkapan dokumen pada penjelasan berikutnya.
  • Tim asuransi melakukan survei dan analisis: Proses ini bertujuan untuk menghitung estimasi kerugian yang terjadi.
  • Tunggu hasil survei dan analisis: Tim dari perusahaan asuransi akan menilai klaim yang dapat disetujui.
  • Penggantian klaim: Nasabah mendapatkan penggantian klaim atas kerugian yang terjadi.

Klaim asuransi mobil Total Loss Only (TLO) hanya akan dipenuhi jika biaya kerusakan mobil mencapai 75 persen dari harga mobil yang dijual dipasaran saat itu. Berikut ini cara klaim asuransi mobil TLO:

  • Jika kerugian berupa kehilangan mobil akibat dicuri, buat laporan kehilangan di kantor polisi terdekat.
  • Tulis dengan jelas kronologis pencurian.
  • Bawa dokumen persayaratan klaim, seperti KTP, SIM, STNK, dan BPKB (jika ada).
  • Sertakan polis asuransi.
  • Ajukan klaim ke perusahaan asuransi terkait.

Klaim asuransi mobil All Risk menanggung segala jenis kerugian yang terjadi akibat hal yang tidak disengaja. Berikut ini cara klaim asuransi mobil lecet, penyok, baret, dan risiko yang ditanggung polis All Risk lainnya:

  • Buat laporan kecelakaan di kantor polisi (jika perlu).
  • Sertakan foto kerusakan dan buat kronologis kerugian secara jelas dan tertulis.
  • Kunjungi bengkel rekanan asuransi terdekat.
  • Jika kerugian terjadi saat berada di luar kota, hubungi agen asuranis yang dulu mendaftarkan Anda sebagai nasabah.
  • Sertakan dokumen persyaratan klaim, seperti SIM, STNK, formulir klaim, dan polis asuransi.
  • Pihak bengkel rekanan akan melakukan konfirmasi kepada pihak asuransi.
  • Jika disetujui, maka perbaikan mobil akan segera dilakukan oleh bengkel.

Dokumen yang diperlukan untuk klaim tergantung pada jenis kerusakan atau kerugian yang dialami. Namun, secara umum berikut beberapa dokumen yang perlu disiapkan:

  • Dokumen polis asuransi, lampiran/endorsement
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) milik Pengemudi
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • BPKB kendaraan mobil
  • Kartu identitas (KTP) tertanggung
  • LKKB (Laporan Kecelakaan Kendaraan Bermotor)
  • Laporan kerugian termasuk kronologi kecelakaan
  • Surat keterangan hilang apabila terjadi pencurian
  • Surat tuntutan pihak ketiga apabila melibatkan pihak ketiga

Trik Klaim Asuransi Mobil Tidak Ditolak

Agar klaim asuransi mobil dapat berjalan lancar, ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko klaim asuransi mobil ditolak. Berikut ini beberapa caranya:

Laporkan kerugian sesegera mungkin

Biasanya pengajuan klaim akan ditolak jika kerugian terjadi lebih dari 2x 24 jam.

Pastikan dokumen klaim lengkap

Mulai dari laporan polisi, kronologis kerugian, STNK, SIM, bukti kerugian, dan lain sebagainya.

Pastikan polis aktif

Ini bisa dilakukan dengan menghubungi pihak agen atau call center perusahaan asurans terkait.

Polis dalam masa tunggu

Ketika mendaftarkan diri dalam polis asuransi, biasanya akan ada masa tunggu selama beberapa hari hingga polis aktif.

 

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Memilih asuransi mobil terbaik dan termurah harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis asuransinya, produk, dan perbandingan tepat antara premi dan layanan.

Nah, perhatikan beberapa poin berikut ini:

1. Pilih jenis asuransi yang sesuai (all risk / TLO)

Kenali kebutuhan dan medan yang sering dilewati oleh kendaraan mobil, apakah di kawasan kota yang padat atau jalan yang rusak. Biasanya, asuransi all risk cocok untuk pengendara mobil dalam kota karena berisiko tinggi terkena lecet. Sementara, asuransi TLO cocok untuk mobil yang berada di daerah rawan kriminalitas.

2. Bandingkan polis dari berbagai perusahaan asuransi

Agar bisa mendapatkan polis asuransi dengan premi murah dan manfaat lengkap, calon nasabah disarankan untuk membandingkan polis dari berbagai perusahaan asuransi di Indonesia secara online. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur perbandingan polis dari Lifepal! Lengkapi daftar isi berikut untuk membandingkan polis terbaiknya.

3. Pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas terpercaya

Kredibilitas bukan cuma brand-nya terkenal saja, tetapi juga terpercaya soal pelayanannya dan sebisa mungkin minim komplain.

4. Pilih asuransi yang punya bengkel rekanan luas

Asuransi biasanya kerja sama dengan bengkel resmi (authorized) dari si brand mobil Anda. Akan tetapi, ada juga yang bekerja sama dengan bengkel non-authorized. Nah, cuma sedikit brand asuransi yang mengizinkan Anda untuk bisa melakukan perbaikan ke bengkel mana saja. Sejauh ini, produk yang punya benefit ini adalah ACA Otomate Solitaire dari ACA.

Biasanya, benefit seperti ini sangat berguna bila mobil Anda rusak di daerah yang kurang Anda kenal.

5. Bandingkan harga premi versus fitur layanannya

Premi asuransi memang sudah diatur oleh OJK. Tapi, fitur dan layanannya antara satu produk dengan lainnya bisa beda-beda meski preminya sama. Ada asuransi yang cuma cover kerusakan mobilnya saja, tetapi ada juga yang menanggung pengemudi dan penumpangnya juga. Bahkan, tanpa additional fee.

Jadi, saat terima polis asuransi, sebaiknya telaah terlebih dahulu apa saja perlindungan, fitur, dan benefit ekstra yang diberikan, baru tanda tangan.

 

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan atau dicari mengenai asuransi untuk kendaraan mobil.

Asuransi kendaraan mobil terdiri atas asuransi all risk yang menanggung segala jenis risiko kerusakan dan Total Loss Only (TLO) yang memberikan perlindungan atau jaminan kerusakan parah saja atau kehilangan.

Asuransi mobil All Risk adalah salah satu jenis polis asuransi mobil yang menanggung segala jenis kerugian yang terjadi pada kendaraan mobil yang diasuransikan. Baik kerusakan kecil seperti lecet, penyok, maupun kerusakan total sepeti terperosok, hingga hilang dicuri.

Kita mungkin saja sudah berkendara dengan sangat aman dan mematuhi aturan lalu lintas. Namun, jangan lupakan faktor eksternal seperti keteledoran orang lain yang menyebabkan kecelakaan, terkena banjir, atau bahkan pencurian.

Secara garis besar, ada tiga alasan paling penting yang perlu kita ketahui. Pertama, jumlah kendaraan di Indonesia meningkat sekitar 6 persen setiap tahun. Kedua, tingkat kecelakaan pun turut meningkat setiap tahun, dan ketiga adalah biaya ke bengkel ternyata lebih mahal jika tanpa asuransi.

Nasabah perlu mendaftarkan kendaraannya dan kemudian mendapatkan polis asuransi yang biasanya akan berlaku selama satu tahun. Di awal, nasabah harus membayarkan premi asuransi yang mana dana tersebut akan dikelola oleh perusahaan asuransi untuk menanggung berbagai klaim dari nasabah.

Khusus untuk biaya perbaikan mobil ke bengkel dengan dan tanpa asuransi, Lifepal telah membuat perbandingannya.

perbandingan asuransi di bengkel

Kita bisa lihat bahwa biaya ke bengkel dengan asuransi bisa lebih murah lebih dari dua kali lipat.

Selama perbaikan, kita hanya mengeluarkan biaya own risk saja. Biaya own risk adalah biaya yang diwajibkan pada nasabah bila mobil harus ke bengkel.

Asuransi TLO atau total loss only menanggung kerusakan parah di atas 75 persen atau kehilangan saja. Jadi, klaim yang bisa diajukan apabila kendaraan sudah rusak total hingga tidak bisa dipakai.

Cara klaim sangatlah mudah, selama berkas yang kita siapkan lengkap dan sesuai dengan syarat ketentuannya. Pada dasarnya ada tiga tahap yang harus dilakukan untuk klaim yaitu melaporkan kejadian, melakukan tindakan yang perlu dilakukan, dan mengajukan klaim dengan menyiapkan berkas-berkas. Selengkapnya lihat pada tab Klaim!

Jika berkas sudah disetujui, biasanya pencairan dana klaim akan memakan waktu 14 hari kerja.

Biaya klaim asuransi mobil atau own risk umumnya berkisar Rp300 ribuan per klaim. Sementara untuk biaya klaim asuransi mobil lecet sedikit umumnya mulai dari Rp150 ribuan.

Premi bisa refund tetapi dengan persyaratan tertentu. Hal ini telah diatur oleh Surat Edaran OJK melalui Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia Pasal 27 Ayat 2.

Yang paling mudah adalah saat belum pernah melakukan klaim. Jika belum pernah klaim, maka perhitungannya dilakukan secara proporsional berdasarkan periode asuransi yang belum terpakai. Rumusnya adalah jumlah premi yang sudah dibayarkan dikurangi dengan biaya administrasi dan biaya bulan yang sudah terlewati (prorata).

Jika sudah pernah melakukan klaim, maka perhitungan refund-nya akan dikurangi dengan biaya perbaikan mobil.

Sebagai contoh, kita membeli asuransi dengan masa pertanggungan setahun atau 12 bulan. Kemudian, kita mau menarik premi tersebut pada bulan ketiga. Dana yang bisa di-refund atau ditarik adalah premi dari bulan keempat hingga ke-12 dikurangi dengan biaya administrasi dan biaya lainnya (tergantung perusahaan). Jika pernah melakukan klaim, maka dana tersebut dikurangi lagi dengan biaya perbaikan mobil.

Refund premi asuransi biasanya digunakan saat mobil berpindah tangan atau pengajuan asuransi ditolak oleh pihak asuransi.

Adapun cara melakukan pencairan atau refund adalah dengan menghubungi pihak perusahaan asuransi terkait. Perlu dicatat, tidak semua perusahaan asuransi mengizinkan penutupan polis asuransi. Kemudian, isi formulir SPPAKB (Surat Permintaan Penutupan Asuransi Kendaraan Bermotor). Formulir tersebut bisa diperoleh melalui laman situs resmi perusahaan asuransi ataupun datang ke kantor cabang mereka.

Produk asuransi dengan fasilitas mobil pengganti bisa termasuk sebagai benefit utama atau benefit ekstra, tergantung perusahaan asuransi terkait. Fasilitas ini diberikan untuk membantu nasabah yang mobilnya sedang diperbaiki. Biasanya masa pemakaian sekitar 5×24 jam.

Adapun, beberapa polis yang memiliki fitur fasilitas mobil pengganti ini, antara lain ACA Otomate Smart, MSIG Mobil Comprehensive (Basic), dan KB Comprehensive (Basic).

Setelah mendaftarkan asuransi, polis akan keluar dalam waktu 7-14 hari kerja, sesuai peraturan perusahaan. Kemudian, terdapat masa tunggu sekitar 30 hari untuk melakukan klaim setelah polis terbit.

Loading fee atau loading premi dalam asuransi kendaraan mobil adalah biaya kenaikan premi yang dihitung berdasarkan usia mobil. Besaran biaya loading fee adalah minimal 5 persen dari rate premi per tahun untuk usia mobil di atas 5 tahun. Namun, angkanya bisa di atas persentase tersebut, bergantung pada kebijakan perusahaan.

OJK telah mengatur besaran biaya loading fee dengan rincian sebagai berikut:

  • Asuransi all risk: biaya loading fee adalah minimal 5 persen per tahun dan dikenakan pada mobil di atas usia 5 tahun.
  • Asuransi TLO: biaya loading fee adalah minimal 5 persen per tahun dan dikenakan pada mobil yang berusia, bisa di atas 5 tahun, 10 tahun, atau 15 tahun, tergantung kebijakan perusahaan.

Sebagai contoh, mobil Agya seharga Rp150 juta dan berplat B Jakarta dengan usia mobil di atas 7 tahun. Maka premi yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

Rumus loading fee

([Selisih tahun kendaraan x Loading fee x rate premi asuransi] + rate premi) x harga mobil = biaya premi.

([2 tahun x 5% x 2,47%] + 2,47%) x Rp150.000.000 = Rp4.075.500 per tahun

Saat melakukan klaim, biasanya tertanggung harus membayar biaya own risk atau risiko sendiri. Secara sederhana biaya own risk adalah sejumlah biaya yang harus dibayar pemilik polis asuransi jika dia mengajukan klaim. Biasanya ini ada jika mengambil asuransi All Risk. 

Untuk besaran biayanya tentu saja bervariasi karena besarnya tergantung premi yang dibayarkan.Tapi, rata-rata biaya own risk berada di kisaran Rp300 ribu. Adanya biaya ini bukan tanpa sebab, melainkan sebagai pengingat biar ke depannya lebih hati-hati ketika membawa mobil.

Asuransi untuk mobil bekas tentu bisa dibeli. Namun, perlindungan yang bisa dipilih tentu berbeda dengan asuransi untuk kendaraan mobil baru. Pada mobil baru, kita bisa memilih antara asuransi all-risk (komprehensif) atau asuransi TLO. Sedangkan mobil bekas biasanya hanya asuransi TLO saja. Namun ini tergantung merek dan usia mobil serta kebijakan penyedia asuransi.

Tentu saja bisa, asalkan mobil yang dimiliki memiliki usia maksimal 10 tahun jika ingin mengajukan asuransi all risk dan maksimal 15 tahun jika ingin mengajukan asuransi TLO.

Akan tetapi, ada juga perusahaan asuransi yang menyediakan pertanggungan khusus mobil antik, dengan usia lebih dari 40 Tahun dan syarat kondisi mobil dan aksesoris sesuai bawaan awal.

Tersedia juga asuransi yang menanggung mobil klasik dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat boleh mengalami perbaikan dan perawatan tetapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal.

Berdasarkan fatwa MUI No.21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Asuransi Syariah, asuransi untuk kendaraan mobil diperbolehkan karena asuransi dianggap sebagai bentuk perlindungan, mengandung unsur tolong menolong, dan memiliki unsur kebaikan (akad tabarru).

Pada dasarnya setiap produk asuransi memiliki dasar hukum. Dasar hukum asuransi dilindungi oleh Undang-undang, antara lain:

  • Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774 tentang pertanggungan dan perjanjian dua belah pihak serta persetujuan tentang perkara suatu kejadian yang belum pasti.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian.
  • Surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 yang mengatur tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermobil tahun 2017.

Ada tiga hal pokok yang menjadi ukuran dan patokan, yaitu:

  • Menawarkan harga premi sesuai dengan tabel batas atas dan batas bawah yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Memberikan jaminan perlindungan dasar dengan jangkauan yang lebih luas di seluruh Indonesia.
  • Menawarkan premi sepadan dengan layanan dan pertanggungan yang diberikan.

Membeli asuransi khususnya untuk mobil secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Kita juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi yang sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan pembelian secara online adalah sebagai berikut ini:

  • Menyiapkan info dan identitas kendaraan.
  • Menyiapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan baik secara online maupun offline.

Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital dapat dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kendaraan. Berbagai pilihan asuransi kendaraan baik itu mobil dan motor terbaik dapat kamu temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi dengan tawaran paling menarik.

Salah satu rahasia mengapa asuransi secara online menjadi lebih untung karena harganya bisa lebih murah daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Pahami lebih dalam mengenai istilah-istilah yang sering disebutkan dalam polis asuransi kendaraan mobil ataupun saat melakukan klaim. Berikut daftar istilah yang bisa kita ingat.

  • Tertanggung adalah orang atau badan hukum yang punya kepentingan finansial atas Kendaraan Bermotor yang ditanggung oleh Penanggung (perusahaan asuransi).
  • Penanggung adalah perusahaan asuransi memberikan ganti rugi terhadap kerugian dan/atau kerusakan pada Kendaraan Bermotor.
  • Comprehensive/All Risk adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi untuk semua risiko kerugian yang mungkin terjadi.
  • Total Loss Only adalah istilah jenis asuransi yang memberikan proteksi atau jaminan pertanggungan jika terjadi kehilangan total atau kerusakan lebih dari 75 persen.
  • Deductible/Own Risk adalah biaya yang harus dibayarkan oleh tertanggung atau peserta asuransi dari setiap kejadian yang dialami. Besarannya adalah Rp300 ribu per kejadian.
  • Endorsement  adalah perjanjian asuransi yang dikeluarkan oleh peserta asuransi atas persetujuan perusahaan asuransi untuk mengubah polis asuransi.
  • Indemnity atau jumlah ganti rugi adalah jumlah penggantian oleh pihak asuransi atas kerugian yang dialami oleh nasabah yang dihitung berdasarkan harga pasar yang berlaku.
  • Harga pertanggungan adalah nilai kendaraan sepeda mobil saat didaftarkan menjadi obyek asuransi. Harga di dalam polis asuransi menjadi acuan untuk harga maksimal yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Umumnya harga pertanggungan disesuaikan dengan harga pasar sepeda mobil pada periode tersebut.
  • Harga pasar adalah nilai jual pasar sepeda mobil yang menjadi objek jaminan.
  • Klausul 41B (Riot Strike Malcious Damage and Civil Commition) adalah pemberian ganti rugi akibat huru-hara, kerusuhan, terorisme, dan lain sebagainya.
  • Premi adalah nilai uang yang harus dibayarkan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan layanan yang diberikan. Premi dapat dibayarkan sesuai dengan cara dan periode yang disepakati oleh kedua belah pihak. 
  • Polis asuransi adalah kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dengan peserta asuransi yang berisi pengalihan risiko dan syarat-syarat yang harus dipatuhi kedua belah pihak. Polis umumnya mencantumkan informasi jumlah pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung, pengecualian, jangka waktu perjanjian dan lain sebagainya.
  • Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) adalah surat tertulis yang harus diajukan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi untuk menanggung risiko yang terjadi sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. 
  • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH III) adalah  jaminan penggantian kepada pihak ketiga akibat kendaraan pihak ketiga mengalami masalah karena kecelakaan dengan kendaraan nasabah.
Penulis Helda Sihombing Berpengalaman di industri FinTech dan jurnalis media finansial selama 5 tahun. Bercita-cita meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia lewat digital. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan