Asuransi Pendidikan BCA

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
+62
 

Asuransi Pendidikan BCA

Asuransi pendidikan BCA adalah produk asuransi pendidikan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi PT AIA Financial (AIA) melalui PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Artinya, BCA hanya bertindak sebagai pihak yang memasarkan produk asuransi saja. 

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan BCA

(+) Terdapat manfaat mempelajari poli selama 14 hari. 

(+) Manfaat Uang Pertanggungan (UP) atas dana pendidikan hingga 200 persen. 

Sekilas tentang Asuransi BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) adalah perusahaan perbankan swasta terbesar di Indonesia yang didirikan pada tanggal 21 Februari 1957. Ketika pertama kali berdiri dengan nama Bank Central Asia NV, BCA merupakan salah satu anak perusahaan dari Salim Group. Saat ini, BCA dimiliki oleh Djarum yang adalah grup produsen rokok.

Tidak hanya berfokus dalam pasar perbankan, BCA juga melebarkan sayap di industri asuransi Indonesia. Asuransi BCA didirikan pada tahun 1988 dengan nama PT Asuransi Ganesha Ciptadanamas dan berganti nama di tahun 2006 menjadi PT Transpacific General Insurance. 

Pada tahun 2013, kepemilikan saham PT Transpacific General Insurance Ciptadanamas diambil alih oleh PT Bank Central Asia Tbk dan PT BCA Finance, sehingga kembali berganti nama menjadi PT Asuransi Umum BCA (BCAinsurance) yang berfokus pada layanan asuransi umum.

Pada tahun 2014, BCA kembali mendirikan perusahaan asuransi PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Tidak hanya menyediakan produk asuransi jiwa, BCA Life juga menawarkan berbagai layanan asuransi lainnya seperti asuransi kesehatan BCA Life, asuransi jiwa BCA Life, dan asuransi plus tabungan. 

Asuransi pendidikan BCA atau dikenal juga dengan nama Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) merupakan produk asuransi jiwa yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak apabila tertanggung meninggal dunia.

PT Bank Central Asia Tbk sebenarnya memiliki perusahaan asuransinya sendiri, yaitu BCA Life yang berfokus pada asuransi jiwa dan BCAinsurance memberikan proteksi umum. Hanya saja, kedua perusahaan asuransi BCA tersebut belum menyediakan produk asuransi pendidikan seperti EduPlan. 

 

Produk asuransi pendidikan BCA dan AIA ini disebut dengan EduPlan. EduPlan terdiri atas berbagai manfaat yang dapat disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Berikut plan asuransi pendidikan EduPlan yang dapat dipertimbangkan. 

 

 

 

Asuransi Pendidikan
Asuransi Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan)
Produk asuransi pendidikan AIA dan dipasarkan oleh BCA dengan pertanggungan dana pendidikan anak apabila tertanggung meninggal dunia. 
 

Asuransi pendidikan EduPlan memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi pendidikan EduPlan bergantung pada manfaat asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi pendidikan EduPlan yang dapat dipertimbangkan. 

Asuransi Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan)

Produk asuransi pendidikan AIA yang direkomendasikan oleh BCA ini memberikan jaminan proteksi dana pendidikan apabila tertanggung mengalami risiko meninggal dunia. Adapun manfaat yang diberikan adalah sebagai berikut. 

  • Manfaat uang pertanggungan (UP) dana pendidikan hingga 200 persen. 
  • Manfaat santunan meninggal dunia berupa nilai tunai atau 110 persen dari total premi dasar yang telah dibayarkan. 
  • Masa asuransi mulai dari 18 hingga 21 tahun. 
  • Manfaat uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia akibat kecelakaan hingga 100 persen (rider). 
  • Manfaat polis akan dibayarkan jika tertanggung masih hidup hingga akhir masa asuransi. 
  • Manfaat Payor Waiver Edu (Death/TPD) atau pembebasan premi apabila terjadi risiko meninggal dunia atau cacat tetap total (rider). 
  • Manfaat Payor Waiver Edu Comprehensive Cover atau pembebasan premi apabila tertanggung didiagnosis menderita salah satu dari 58 penyakit kritis yang dijamin (rider). 
  • Manfaat masa mempelajari polis hingga 14 hari. 
  • Usia tertanggung anak mulai dari 18 hingga 21 tahun. 

Harga premi asuransi pendidikan EduPlan bergantung pada usia tertanggung, masa pembayaran premi dan besarnya manfaat uang pertanggungan yang dipilih. Besaran premi asuransi EduPlan tidak dicantumkan dalam situs resmi AIA ataupun BCA. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait besaran premi asuransi EduPlan dapat menghubungi customer care AIA melalui nomor (021) 1500980 atau (021) 30001980.

Asuransi pendidikan BCA dan AIA ini bisa didapatkan secara online dengan menghubungi customer care AIA melalui nomor (021) 1500980 atau (021) 30001980.

Asuransi pendidikan EduPlan menerapkan metode penggantian berupa uang pertanggungan (UP) sesuai dengan perjanjian yang tertulis dalam polis. Metode klaim uang pertanggungan diberikan ketika tertanggung mengalami risiko meninggal dunia, cacat total, dan risiko lainnya yang tercantum dalam polis. Penggantiannya diberikan dalam bentuk santunan secara berkala. Berikut contoh ilustrasi manfaat asuransi EduPlan: 

Bapak Agus membeli asuransi pendidikan BCA dan AIA EduPlan untuk Cahyadi anaknya yang baru berusia satu tahun dengan masa asuransi hingga Cahyadi berusia 21 tahun. Estimasi Cahyadi sarjana di usia 20 tahun dengan manfaat yang dipilih sebagai berikut. 

Tabel Premi EduPlan Bapak Agus 
Uang Pertanggungan Bapak Agus Rp250 juta 
Premi Dasar Rp64 juta/tahun
Payor Waiver Edu (Death/TPD) – Rider Rp800 ribu/tahun
Payor Waiver Edu Comprehensive Cover – Rider Rp800 ribu/tahun
Total biaya premi Bapak Agus Rp65,6 juta/tahun 

Dari total premi yang dibayarkan Bapak Agus akan mendapatkan uang pertanggungan secara berkala sesuai usia Cahyadi, seperti: 

  • Usia 18 tahun: 80 persen dari UP. 
  • Usia 19 tahun: 40 persen dari UP. 
  • Usia 20 tahun: 40 persen dari UP. 
  • Usia 21 tahun: 40 persen dari UP + manfaat rider. 

Pembayaran asuransi EduPlan ini dapat dilakukan melalui bank BCA. Adapun metode pembayaran yang umumnya digunakan oleh asuransi pendidikan di Indonesia, seperti berikut: 

  • Autodebet rekening bank
  • Autodebet rekening kredit
  • Mobile banking
  • Internet banking
  • Teller bank/loket

Tidak tercantum metode pembayaran dari asuransi pendidikan BCA dan AIA ini pada situs resminya. Jadi, sila hubungi pihak BCA atau AIA, agen, maupun broker yang bekerja sama untuk mengetahui lebih lanjut terkait pembayaran asuransi pendidikan EduPlan.

Pengajuan klaim asuransi pendidikan EduPlan dapat dilakukan secara manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

  • Hubungi customer care AIA di nomor (021) 1500980 atau (021) 30001980. 
  • Kirimkan formulir klaim dan dokumen pendukung ke kantor AIA Financial atau kantor cabang BCA terdekat.
  • Staf AIA akan mengirimkan pesan melalui SMS untuk menginformasikan bahwa dokumen telah diterima.
  • Tunggu proses analisis dan keputusan klaim dari staf AIA.  
  • Jika pengajuan klaim diterima, maka pembayaran klaim akan dikirim via transfer ke dalam rekening nasabah. 

Adapun dokumen-dokumen pendukung yang perlu disiapkan, di antaranya adalah formulir klaim asuransi, kuitansi asli dari rumah sakit, dan surat-surat lainnya yang diminta oleh pihak BCA. 

Asuransi pendidikan EduPlan memberikan manfaat mempelajari polis selama 14 hari. Artinya, jika mengajukan penutupan polis sebelum masa mempelajari polis berakhir, maka premi asuransi yang telah dibayarkan dapat kembali. 

Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengajukan penutupan polis.

  • Mengunjungi kantor pusat atau cabang asuransi AIA atau BCA terdekat. 
  • Menghubungi customer service asuransi AIA.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal