Asuransi Pendidikan BCA

4.4 / 5.0 (5.968 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cicilan 0%
Diskon 10%
  • Promo_Page_jiwa1 (FIX)
40 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Pendidikan BCA 2022: Daftar Produk & Premi

Asuransi Pendidikan BCA adalah produk asuransi pendidikan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi PT AIA Financial (AIA) melalui PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Artinya, BCA hanya bertindak sebagai pihak yang memasarkan produk asuransi saja. 

Asuransi Pendidikan Anak BCA memberikan manfaat uang pertanggungan atas dana pendidikan sebesar 200 persen atau minimal Rp100 juta dengan masa asuransi hingga anak berusia 21 tahun. Tersedia juga manfaat tambahan (rider) berupa pembebasan premi apabila Pemegang Polis terdiagnosis salah satu dari 58 penyakit kritis yang dijamin.

Ingin mendapatkan manfaat seperti Asuransi Pendidikan Anak BCA? Yuk temukan asuransi pendidikan terbaik di Lifepal dengan mengisi formulir di atas dan nikmati hemat biaya premi sebesar 10 persen + cicilan 0 persen!

Polis Terbaik Asuransi Pendidikan BCA

Asuransi Pendidikan BCA memiliki nama Proteksi Edukasi Maksima atau Eduplan. Polis ini tergolong kategori asuransi jiwa karena memberikan manfaat dana pendidikan melalui proteksi jiwa atau santunan atas risiko meninggal dunia.

Berikut adalah penjelasan dan rincian manfaat pertanggungan dari Eduplan:

Produk Asuransi Pendidikan AIA yang bekerjasama dengan BCA ini memberikan jaminan proteksi dana pendidikan apabila tertanggung mengalami risiko meninggal dunia.

Manfaat Pertanggungan
  • Manfaat uang pertanggungan (UP) dana pendidikan hingga 200 persen.
  • Manfaat santunan meninggal dunia berupa nilai tunai atau 110 persen dari total premi dasar yang telah dibayarkan.
  • Masa asuransi hingga Tertanggung mencapai usia 21 tahun.
  • Manfaat uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia akibat kecelakaan hingga 100 persen (rider).
  • Manfaat polis akan dibayarkan jika tertanggung masih hidup hingga akhir masa asuransi. 
  • Manfaat tambahan (rider) Payor Waiver Edu Comprehensive Critical Cover atau pembebasan premi apabila tertanggung didiagnosis menderita salah satu dari 58 penyakit kritis yang dijamin.
  • Manfaat masa mempelajari polis hingga 14 hari.
  • Usia tertanggung anak mulai 15 hari hingga 10 tahun.
  • Usia pemegang polis: 18-60 tahun.

Rangkuman Manfaat Polis Asuransi Pendidikan BCA

Berikut adalah rangkuman manfaat polis dari Asuransi Pendidikan Bank BCA (EduPlan) yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan:

ProdukManfaat yang Diberikan
Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan)Santunan meninggal dunia berupa dana pendidikan hingga anak berusia 21 tahun + manfaat tambahan (rider) bila mengidap salah satu dari 58 penyakit kritis yang ditanggung.

Premi Asuransi Pendidikan BCA

Biaya Asuransi Pendidikan Anak BCA hanya dikenakan berupa premi pada produk EduPlan. Besaran biaya Asuransi Pendidikan BCA ditentukan dari usia masuk Tertanggung, masa pembayaran premi, dan Uang Pertanggungan yang dipilih.

Berikut rincian masa pembayaran premi Asuransi Pendidikan Bank BCA berdasarkan usia masuk Tertanggung:

  • 15 hari – 10 tahun: masa pembayaran premi 5 tahun
  • 15 hari – 6 tahun: masa pembayaran premi 10 tahun
  • 15 hari – 1 tahun: masa pembayaran premi 15 tahun

Simulasi Asuransi Pendidikan BCA

Sebagai gambaran, di bawah ini merupakan contoh ilustrasi atau simulasi Asuransi Pendidikan BCA dan manfaat Asuransi EduPlan: 

Bapak Agus membeli Asuransi Pendidikan AIA BCA EduPlan untuk Cahyadi, anak laki-lakinya yang baru berusia satu tahun dengan masa asuransi hingga ia berusia 21 tahun. Estimasi Cahyadi sarjana di usia 20 tahun dengan manfaat yang dipilih, maka total premi yang perlu dibayarkan oleh Bapak Agus adalah sebagai berikut:

Tabel Premi EduPlan Bapak Agus 
Uang Pertanggungan Bapak AgusRp250 juta
Premi DasarRp64 juta/tahun
Payor Waiver Edu Comprehensive Cover – RiderRp800 ribu/tahun
Total biaya premi Bapak AgusRp64,8 juta/tahun 

Menurut simulasi Asuransi Pendidikan BCA di atas, dari total premi yang dibayarkan Bapak Agus akan mendapatkan uang pertanggungan secara berkala sesuai usia Cahyadi, seperti: 

  • Usia 18 tahun: 80 persen dari UP. 
  • Usia 19 tahun: 40 persen dari UP. 
  • Usia 20 tahun: 40 persen dari UP. 
  • Usia 21 tahun: 40 persen dari UP + manfaat rider. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait besaran premi Asuransi Pendidikan AIA BCA dapat menghubungi customer care AIA melalui nomor (021) 1500980 atau (021) 30001980.

Cara Klaim Asuransi Pendidikan BCA

Cara klaim Asuransi Pendidikan BCA atau polis EduPlan dapat dilakukan secara manual. Berikut langkah-langkah untuk melakukan prosedur atau cara klaim Asuransi Pendidikan BCA:

  • Hubungi customer care AIA di nomor (021) 1500980 atau (021) 30001980. 
  • Kirimkan formulir klaim dan dokumen pendukung ke kantor AIA Financial atau kantor cabang BCA terdekat.
  • Staf AIA akan mengirimkan pesan melalui SMS untuk menginformasikan bahwa dokumen telah diterima.
  • Tunggu proses analisis dan keputusan klaim untuk Asuransi Pendidikan Anak BCA dari staf AIA.  
  • Jika pengajuan klaim diterima, maka pembayaran klaim akan dikirim via transfer ke dalam rekening nasabah. 

Adapun dokumen-dokumen pendukung yang perlu disiapkan, di antaranya adalah formulir klaim asuransi, kuitansi asli dari rumah sakit, dan surat-surat lainnya yang diminta oleh pihak BCA Asuransi Pendidikan. 

Review Asuransi Pendidikan BCA

BCA Asuransi Pendidikan menghadirkan manfaat pertanggungan yang sangat menarik untuk jaminan masa depan anak Anda. Jika Anda membutuhkan bahan pertimbangan sebelum membeli produknya, bisa simak review Asuransi Pendidikan BCA dari Lifepal berikut ini:

1. Manfaat UP tinggi

Dana pendidikan yang akan dibayarkan oleh Asuransi Pendidikan Anak BCA cukup tinggi, yakni hingga sebesar 200 persen UP plus 100 persen UP apabila Tertanggung mengalami risiko meninggal dunia selama masa pertanggungan asuransi.

2. Jaminan pembebasan premi

Asuransi Pendidikan Anak BCA memberikan jaminan pembebasan premi, sehingga meski premi tidak dibayar karena orangtua atau Tertanggung telah meninggal dunia selama masa pertanggungan asuransi, dana pendidikan anak akan tetap dijamin.

3. Tersedia manfaat tambahan (rider)

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat tambahan untuk polis Asuransi Pendidikan Anak BCA, tersedia asuransi tambahan Payor Waiver Edu Comprehensive Critical Cover (C3). Rider ini memberikan jaminan pembebasan premi jika Tertanggung mengidap salah satu dari 58 penyakit kritis mayor yang ditanggung polis.

Pertanyaan Seputar Asuransi Pendidikan BCA

Di bawah ini merupakan pertanyaan yang sering diajukan mengenai Asuransi Pendidikan BCA baik oleh nasabah maupun calon nasabah.

Apa itu Asuransi Pendidikan BCA?

Asuransi Pendidikan BCA adalah produk asuransi yang menyediakan manfaat dana pendidikan anak melalui proteksi jiwa. Produk asuransi ini merupakan kerjasama antara Asuransi AIA dengan Bank BCA dengan nama Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan).

Bank BCA sendiri memiliki perusahaan asuransinya sendiri, yakni BCAinsurance (PT Asuransi Umum BCA) yang menyediakan produk asuransi umum (kerugian) dan juga BCA Life yang berfokus pada asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi plus tabungan atau dwiguna. Hanya saja, kedua perusahaan Asuransi BCA tersebut belum menyediakan produk asuransi pendidikan seperti EduPlan. 

Apakah tersedia produk Asuransi Pendidikan BCA Life?

BCA Life merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa dari Bank BCA. Sayangnya, perusahaan tersebut tidak menawarkan produk Asuransi Pendidikan BCA Life. Asuransi BCA pendidikan hanya tersedia polis EduPlan yang merupakan kerjasama antara Asuransi AIA dengan Bank BCA.

Apakah tersedia produk asuransi pendidikan BCA syariah?

Produk Asuransi Pendidikan BCA Syariah tidak tersedia, namun Bank BCA Syariah sebagai unit bisnis bank syariah dari Grup BCA menghadirkan Tahapan Rencana iB untuk sarana investasi dan menabung, yang juga memberikan manfaat asuransi jiwa dengan penyebab sakit maupun kecelakaan.

Bagaimana Cara Membeli Asuransi Pendidikan AIA BCA secara Online?

Asuransi Pendidikan Anak AIA BCA ini bisa didapatkan secara online dengan menghubungi customer care AIA melalui nomor (021) 1500980 atau (021) 30001980. 

Membeli asuransi secara online memang lebih mudah. Anda juga bisa membeli asuransi melalui situs marketplace seperti Lifepal dengan cara mengisi formulir di atas dan dapatkan diskon hingga 10 persen.

Berapa Harga Premi Asuransi Pendidikan BCA?

Harga premi Asuransi Pendidikan BCA bergantung pada usia tertanggung, masa pembayaran premi Asuransi Pendidikan di BCA dan besarnya manfaat uang pertanggungan yang dipilih. Cek simulasi Asuransi Pendidikan BCA di tab Premi.

Bagaimana Cara Melakukan Pembayaran Asuransi Pendidikan Anak BCA?

Pembayaran premi Asuransi Pendidikan di BCA ini dapat dilakukan melalui bank BCA. Adapun metode pembayaran yang umumnya digunakan oleh asuransi pendidikan di Indonesia, seperti berikut: 

  • Autodebet rekening bank
  • Autodebet rekening kredit
  • Mobile banking
  • Internet banking
  • Teller bank/loket

Tidak tercantum metode pembayaran dari Asuransi Pendidikan AIA BCA ini pada situs resminya. Jadi, sila hubungi pihak BCA atau AIA, agen, maupun broker yang bekerja sama untuk mengetahui lebih lanjut terkait pembayaran Asuransi BCA Pendidikan EduPlan.

Seperti Apa Metode Penggantian Biaya Asuransi Pendidikan BCA?

Asuransi Pendidikan Anak BCA menerapkan metode penggantian berupa uang pertanggungan (UP) sesuai dengan perjanjian yang tertulis dalam polis. Metode klaim uang pertanggungan diberikan ketika tertanggung mengalami risiko meninggal dunia, cacat total, dan risiko lainnya yang tercantum dalam polis. Penggantian biaya Asuransi Pendidikan Anak BCA diberikan dalam bentuk santunan secara berkala.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Pendidikan BCA?

Pengajuan klaim asuransi pendidikan EduPlan dapat dilakukan secara manual, cek prosedur cara klaim Asuransi Pendidikan BCA di tab Klaim.

Bagaimana Cara Cek Polis Asuransi Pendidikan BCA?

Mengetahui prosedur ataupun cara cek polis Asuransi Pendidikan BCA dapat membantu Anda mengatahui apakah polis yang dimiliki masih aktif atau tidak. Cara cek polis Asuransi Pendidikan BCA bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Hubungi customer care AIA di nomor (021) 1500980 atau (021) 30001980
  • Mengirimkan email permohonan cek polis ke [email protected]
  • Mendatangi kantor pusat atau kantor cabang PT AIA Financial terdekat
  • Menghubungi agen asuransi atau tenaga pemasar di Bank BCA
Bagaimana Cara Berhenti Menjadi Nasabah Asuransi Pendidikan BCA?

Asuransi Pendidikan Bank BCA (EduPlan) memberikan manfaat mempelajari polis selama 14 hari. Artinya, jika mengajukan penutupan polis sebelum masa mempelajari polis berakhir, maka premi asuransi yang telah dibayarkan dapat kembali. 

Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengajukan penutupan polis.

  • Mengunjungi kantor pusat atau cabang Asuransi AIA atau BCA terdekat. 
  • Menghubungi customer service Asuransi AIA.
Apakah Bank BCA ada program asuransi?

Asuransi BCA Life adalah satu-satunya anak usaha BCA Group yang berfokus pada bidang layanan asuransi jiwa. Terdapat tiga macam jenis perlindungan yang ditawarkan, yakni asuransi jiwa, asuransi jiwa plus investasi (unit link), dan juga asuransi kesehatan.

Apa saja asuransi dari bank BCA?

Bank BCA atau dikenal juga memiliki sejumlah asuransi berupa bancassurance dari kerjasama dengan beberapa brand asuransi swasta lainnya ataupun dari rekanan grup perusahaannya, yakni BCA Life dan BCAinsurance.

Selain Asuransi Pendidikan Anak BCA, beberapa kategori yang terdapat pada Asuransi Bank BCA antara lain:

  • Asuransi Kesehatan (kerjasama dengan Cigna, Prudential & Asuransi AIA)
  • Asuransi Jiwa (kerjasama dengan BCA Life & Asuransi AIA)
  • Asuransi Mobil (kerjasama dengan BCAinsurance)
  • Asuransi Harta Benda (kerjasama dengan BCAinsurance)
  • Asuransi Kecelakaan Diri (kerjasama dengan Prudential & Asuransi AIA)
  • Dana Pensiun (kerjasama dengan Asuransi AIA)
  • Asuransi Perjalanan (kerjasama dengan BCAinsurance)
  • Dana Warisan (kerjasama dengan BCA Life)
Apa itu asuransi pendidikan anak?

Asuransi pendidikan anak adalah produk asuransi jiwa dengan manfaat pertanggungan biaya pendidikan anak di masa depan jika orangtua meninggal dunia. Tak hanya memberikan manfaat asuransi jiwa, produk ini juga memberikan fasilitas tabungan. Jadi, meskipun tidak terjadi risiko meninggal dunia, nasabah tetap bisa mendapatkan manfaat dana pendidikannya.

Asuransi pendidikan untuk anak yang bagus apa ya?

Asuransi Pendidikan Anak BCA adalah salah satu produk asuransi dengan manfaat dana pendidikan terbaik di Indonesia. Ada juga beberapa produk asuransi pendidikan anak terbaik lainnya, seperti:

  • Asuransi Pendidikan AXA Mandiri – Mandiri Sejahtera Cerdas
  • Asuransi Pendidikan Manulife Education Protector
  • Asuransi Pendidikan Prudential PRULink Edu Protection
  • Asuransi Pendidikan Allianz

Lihat manfaat pertanggungan asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia selengkapnya!

Perusahaan Lain yang Menyediakan Asuransi Pendidikan Seperti BCA

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi pendidikan seperti BCA, di adalah: