Asuransi Pendidikan Bumiputera

Asuransi Pendidikan Bumiputera

1.8 / 5.0 (462 Ulasan)
FLASHSALE
Diskon 10%
  • Promo_Page_jiwa1 (FIX)

Cari Perlindungan Terbaik dengan Harga Murah

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Pendidikan Bumiputera: Review Produk 2022

Asuransi Pendidikan Bumiputera adalah produk asuransi yang dimiliki oleh AJB Bumiputera 1912. AJB Bumiputera 1912 sendiri memang terkenal dengan produk asuransi pendidikannya. Hanya saja, perusahaan saat ini sedang tersandung serangkaian isu penundaan  pembayaran polis nasabah. Baca berita selengkapnya di bawah ini:

Berita Terbaru Asuransi Bumiputera

Mei 2022 – Korban gagal bayar AJB Bumiputera terus mendesak agar klaim dana yang menjadi hak mereka untuk segera dibayarkan. Pasalnya, sudah sejak empat tahun lalu persoalan pencairan dana klaim ini tersendat.

Hingga saat ini, ada sekitar 4.000 nasabah yang dana asuransinya tak kunjung dicairkan dan totalnya mencapai Rp70 miliar. Di wilayah Batam, ada sekitar 80 nasabah AJB Bumiputera yang melakukan unjuk rasa di depan kantor DPRD Kota Batam untuk menyampaikan keluh kesahnya.

Untuk membantu menyelesaikan masalah itu, anggota DPRD Kota Batam akan membantu menfasilitasi pertemuan antara AJB Bumiputera, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan instansi terkait lainnya untuk menyelessaikan masalah tersebut. Sebelumnya, DPRD Kota Batam telah dua kali melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak-pihak tadi.

Oktober 2021 – Skandal AJB Bumiputera masih belum mencapai titik terang. Hal tersebut pun berdampak pula pada proses pencairan dana klaim nasabah. Menurut Kordinator Kelompok Korban Gagal Bayar Bumiputera, Fien Mangiri menyatakan sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai proses pencairan klaim dari perusahaan.

September 2021 – Ratusan pemegang polis Asuransi Bumiputera memutuskan untuk membawa kasus gagal bayar Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera ke ranah hukum dengan melakukan somasi massal ke pihak AJB.

Menurut Jofial Mecca Alwis, selaku kuasa hukum Tim Biru (sebutan untuk nasabah korban gagal bayar AJB Bumiputera), apabila somasi ini tidak ditanggapi dengan itikad baik dan solusi konkret dari manajemen AJB, maka pihaknya akan mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) kepada Pengadilan Niaga.

Pilihan Polis Asuransi Pendidikan Bumiputera

AJB Bumiputera menawarkan tiga pilihan polis asuransi pendidikan. Masing-masing memberikan jaminan santunan meninggal dunia bagi tertanggung utama (orangtua) dan dana pendidikan anak.

Berikut pilihan polis asuransi pendidikan yang disediakan AJB Bumiputera:

Mitra Cerdas

Polis asuransi pendidikan yang dirancang untuk meningkatkan dana pendidikan anak seiring hasil investasinya dengan jaminan utama santunan meninggal dunia 100 persen.

  • Dana Kelangsungan Belajar (DKB) yang dibayarkan secara bertahap sesuai dengan tingkat usia anak (ahli waris)
  • Jaminan perolehan hasil investasi sebesar 4,5 persen per tahun dari akumulasi premi tabungan
  • Santunan meninggal dunia 100 persen dari uang pertanggungan
  • Terdapat pembebasan pembayaran premi bagi ahli waris apabila tertanggung yang meninggal dunia
Mitra Beasiswa

Polis yang memberikan perlindungan anak dan biaya pendidikan, mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi sesuai ketentuan polis.

  • Dana Kelangsungan Belajar (DKB) yang dibayarkan secara bertahap, sesuai dengan tingkat usia anak
  • Dana beasiswa anak, dibayarkan pada saat periode asuransi berakhir
  • Santunan meninggal dunia sebesar 100 persen dari uang pertanggungan
  • Bebas premi dan pengembalian simpanan premi bagi ahli waris jika tertanggung meninggal dunia
  • Pengembalian simpanan premi bagi ahli waris saat tertanggung meninggal dunia
  • Hak untuk mendapatkan reversionary bonus atau uang bonus yang dibayarkan kepada pemegang polis di luar manfaat asuransi, jika tertanggung meninggal dunia, penebusan polis, atau habis kontrak
Asuransi Idaman

Polis asuransi yang memberikan santunan dan uang tunai secara bersama apabila tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi.

  • Santunan meninggal dunia dengan uang pertanggungan yang meningkat setiap tahun sebesar 50 persen dari nilai pertanggungan awal, dimulai pada tahun kedua
  • Manfaat nilai tunai sesuai dengan tabel alokasi premi

Rangkuman Manfaat Asuransi Pendidikan Bumiputera

Untuk memudahkan Anda dalam memahami manfaat dari ketiga polis Asuransi Pendidikan Bumiputera tadi, berikut akan disajikan rangkumannya:

Produk

Manfaat

Mitra CerdasManfaat Dana Kelangsungan Belajar + manfaat hasil investasi sebesar 4,5% + santunan meninggal dunia 100% + manfaat pembebasan premi bagi ahli waris
Mitra BeasiswaManfaat Dana Kelangsungan Belajar + manfaat  dana beasiswa anak + santunan meninggal dunia 100% + pengembalian simpanan premi bagi ahli waris + manfaat uang bonus (reversionary)
Asuransi IdamanSantunan meninggal dunia sebesar 50% + manfaat nilai tunai

Harga Premi Asuransi Pendidikan Bumiputera

Dilansir dari situs resmi AJB Bumiputera 1912, berikut besaran premi untuk Asuransi Pendidikan Bumiputera:

Produk

Premi

Mitra Cerdasminimum premi Rp100 juta yang bisa dibayarkan secara tahunan, setengah tahun, atau triwulan (per tiga bulan)
Mitra Beasiswa

N/A

Asuransi Idaman

N/A

Cara Klaim Asuransi Pendidikan Bumiputera

Pada prinsipnya klaim asuransi pendidikan dapat dilakukan jika tertanggung meninggal dunia. Dalam kondisi tersebut yang akan mengurus klaim adalah ahli waris yang sah. Berikut dokumen-dokumen yang pada umumnya dibutuhkan untuk melakukan klaim asuransi pendidikan, dalam hal ini cara klaim Asuransi Pendidikan Bumiputera:

  • Siapkan polis asli atau fotokopi
  • Tanda terima pembayaran asli dari premi terakhir
  • Surat Keterangan Kematian dari lurah atau kepala desa yang dilegalisir oleh camat, atau sertifikat kematian
  • Surat Keterangan dari Kepolisian atau pihak berwenang jika penerima manfaat meninggal dunia karena kecelakaan
  • Pengajuan klaim atas kematian
  • Kuesioner klaim
  • Surat Keterangan Kesehatan dari dokter atau rumah sakit jika penerima manfaat meninggal dunia ketika dalam perawatan
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat kuasa dari penerima pengalihan hak jika terdapat beberapa penerima pengalihan hak
  • Surat keputusan mengenai perwalian dari pengadilan negeri jika penerima pengalihan hak usianya belum memenuhi syarat
  • Surat keputusan mengenai ahli waris dari pengadilan negeri jika pemegang polis yang ditunjuk untuk menerima manfaat telah meninggal dunia

Review Asuransi Pendidikan Bumiputera

Asuransi Pendidikan Bumiputera adalah produk Asuransi yang dimiliki oleh AJB Bumiputera. Jenis asuransi ini menanggung biaya pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi apabila orang tua meninggal dunia, mengalami cacat tetap total, atau tidak bisa mencari nafkah akibat kecelakaan atau disebabkan kehilangan pekerjaan.

Tapi, bila Anda masih ragu dengan produknya, berikut akan disajikan review mengenai Asuransi Pendidikan Bumiputera yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Review Asuransi Pendidikan Anak Bumiputera

Kelebihan 

Kekurangan

  • (+) Memiliki produk yang menjanjikan kepastian pembayaran pendidikan anak bahkan setelah tertanggung meninggal dunia. Dana tabungan pendidikan juga bisa ditarik sekaligus pasca tertanggung meninggal. Selain manfaat tersebut, nasabah juga bisa menginvestasikan uangnya dengan bunga 4,5 persen per tahun.
  • (+) Tersedia produk yang membantu nasabah mempersiapkan pendidikan anak sejak dini hingga perguruan tinggi.
  • (-) Pilihan produk Asuransi Pendidikan Bumiputera terbatas.
  • (-) Perusahaan terlibat kasus gagal bayar, sehingga riskan jika membeli produk asuransi pendidikan yang merupakan produk jangka panjang.

Pertanyaan Seputar Asuransi Pendidikan Bumiputera

Berikut pertanyaan yang sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait Asuransi Pendidikan Bumiputera.

Apa itu Asuransi Pendidikan Bumiputera?

Asuransi Pendidikan Bumiputera adalah produk asuransi milik AJB Bumiputera 1912 yang memberikan dana pendidikan bagi anak tertanggung utama (orangtua) ketika orangtua meninggal dunia.

Perbedaan asuransi jiwa dengan asuransi pendidikan terletak pada pemberian santunan meninggal dunia atau uang pertanggungan (UP) jiwa. Pada asuransi jiwa, UP diberikan sekaligus kepada ahli waris. Sementara pada asuransi pendidikan, UP diberikan bertahap sesuai dengan jenjang pendidikan anak yang ditinggalkan.

Apakah Asuransi Bumiputera bangkrut?

Asuransi Bumiputera telah beberapa kali mengalami permasalahan gagal bayar, khususnya sejak tahun 2020. Menanggapi isu tersebut, perusahaan pun dikabarkan mulai melakukan pembayaran klaim nasabah dengan sistem antrean. Hanya saja, perusahaan tidak dapat menjanjikan kapan klaim nasabah turun. Pernyataan tersebut terangkum dalam Peraturan Direksi AJB Bumiputera 1912 No.PE.1/DIR/I/2020 terkait Petunjuk Pelaksanaan Mekanisme Pengelolaan Sistem Antrean Klaim.

Apa itu Asuransi Beasiswa?

Perusahaan Asuransi Bumiputera menghadirkan pilihan polis Asuransi Beasiswa, di mana dana kelangsungan belajar akan diberikan kepada anak nasabah atau pemegang polis. Dana tersebut akan disesuaikan dengan jenjang pendidikan anak hingga tingkat perguruan tinggi. Dana beasiswa atau pendidikan anak ini akan diberikan ketika masa asuransi telah berakhir.

Apa itu Asuransi Pendidikan Bumiputera Mitra Cerdas?

Asuransi Pendidikan Bumiputera Mitra Cerdas adalah nama salah satu produk asuransi pendidikan yang dimiliki AJB Bumiputera. Asuransi Mitra Cerdas memberikan manfaat berupa pemberian Dana Kelangsungan Belajar (DKB) yang dibayarkan secara bertahap sesuai dengan tingkat usia anak tertanggung.

Seperti apa metode penggantian biaya Asuransi Pendidikan Bumiputera?

Biasanya, tertanggung akan mendapatkan uang pertanggungan yang sudah dijanjikan di dalam polis berdasarkan periode yang sudah disepakati, baik secara bertahap maupun sekaligus.

Namun, jika tertanggung meninggal dunia, maka ada tiga metode penggantian biaya klaim oleh perusahaan asuransi. Berikut metode pencairan dana yang akan diperoleh nasabah atau ahli waris:

  • Pembayaran sekaligus (lump sum). Pada saat klaim, ahli waris tertanggung akan mendapatkan pembayaran sebesar nilai uang pertanggungan.
  • Pembayaran bulanan. Pada saat klaim, ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan dalam jangka waktu tertentu. Periode pembayaran bisa berbeda antara satu produk asuransi dengan yang lainnya, yaitu sesuai dengan kesepakatan dalam polis.
  • Pembayaran gabungan atau campuran antara pembayaran sekaligus dan bulanan. Pada saat klaim, ahli waris akan mendapatkan 50 persen dari uang pertanggungan. Sisanya akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi sebesar sisa uang pertanggungan untuk beberapa bulan ke depan atau periode dan nilai yang sudah disepakati dalam polis asuransi. 

Oleh karena itu, sebelum memilih asuransi pendidikan, pastikan cara perusahaan asuransi memberikan uang pertanggungan memang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Berapa harga premi Asuransi Pendidikan Bumiputera?

Informasi mengenai besaran premi Asuransi Pendidikan Bumiputera, sila cek pada tab Premi.

Bagaimana cara membeli Asuransi Pendidikan Bumiputera online?

Membeli Asuransi Pendidikan Bumiputera online tentunya akan sangat memudahkan. Sebab, calon nasabah tidak perlu lagi mendatangi kantor pusat atau cabang AJB Bumiputera 1912 terdekat. Dengan agen asuransi yang tersebar di seluruh Indonesia, jadi cukup mudah untuk membeli Asuransi Bumiputera.

Selain membeli melalui situs resmi, calon nasabah juga dapat membandingkan asuransi pendidikan terbaik melalui situs agregator atau marketplace asuransi semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi pendidikan Bumiputera saja tetapi juga asuransi pendidikan dari perusahaan lain. Dengan begitu, nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dan premi paling ringan pula.

Bagaimana cara pembayaran Asuransi Pendidikan Bumiputera?

Pembayaran premi Asuransi Pendidikan Bumiputera dapat dilakukan secara bulanan, triwulan (per tiga bulan), semesteran (per enam bulan) dan tahunan. Adapun kanal pembayaran yang disediakan Asuransi Pendidikan Bumiputera meliputi:

  • Autodebet: Pembayaran dilakukan dengan mendebetkan langsung pembayaran dari kartu kredit maupun debit yang telah didaftarkan.
  • Virtual Account: Pembayaran dilakukandengan memasukkan nomor rekening virtual account Asuransi Bumiputera pada mesin ATM, internet banking, maupun setoran tunai di teller bank.
  • Setor tunai: Nasabah datang ke kantor pusat atau cabang Asuransi Bumiputera terdekat dan jelaskan maksud serta tujuan untuk membayarkan premi asuransi.
Bagaimana cara mengajukan klaim Asuransi Pendidikan Bumiputera?

Penjelasan mengenai prosedur klaim Asuransi Pendidikan Bumiputera, sila cek pada tab Klaim.

Bagaimana cara cek polis Asuransi Pendidikan Bumiputera?

Mengecek polis Asuransi Pendidikan Bumiputera bisa dilakukan dengan mudah dan praktis dengan menggunakan layanan Halo Bumiputera. Melalui “Halo Bumiputera” akan ada staff Bumiputera yang siap menjawab semua pertanyaan para nasabahnya, termasuk polis, saldo, dan cek antrean. Layanan Halo Bumiputera bisa dihubungi di nomor 0804 100 1912 dan beroperasi mulai dari pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.

Bagaimana cara berhenti Asuransi Pendidikan Bumiputera?

Jika tidak ingin melanjutkan Asuransi Pendidikan Bumiputera, maka nasabah harus segera melaporkan pengajuan pemberhentian asuransi tersebut kepada pihak Bumiputera. Berikut ini adalah tahapan umum untuk berhenti Asuransi Pendidikan Bumiputera.

  • Menghubungi kantor pusat/wilayah/pemasaran Asuransi Bumiputera terdekat dan jelaskan alasan keinginan menutup polis.
  • Siapkan polis asli atau duplikat.
  • Tanda terima asli dari pembayaran premi terakhir.
  • Fotokopi identitas pemegang polis.
  • Untuk informasi lebih lengkap seputar penutupan polis, nasabah dapat menghubungi call center Halo Bumiputera melalui 08041001912.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif, sila menghubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui ketentuan mengenai ada atau tidaknya pengembalian premi.

Sekilas tentang Asuransi Pendidikan Bumiputera

Asuransi pendidikan yang dimiliki AJB Bumiputera 1912 terdiri atas tiga polis, yaitu Mitra Cerdas, Mitra Beasiswa, dan Asuransi Idaman. Beberapa contoh manfaat yang dihadirkan meliputi jaminan hasil investasi, santunan meninggal dunia, dan pembayaran Dana Kelangsungan Belajar (DKB).

Dalam menjalankan usahanya, Asuransi Bumiputera telah terdaftar sebagai perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Izin usahanya telah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-070/KM.13/1988 tanggal 15 Juni 1988.

Perusahaan lain yang menyediakan asuransi pendidikan seperti AJB Bumiputera 1912

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi pendidikan seperti AJB Bumiputera 1912, di antaranya:

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://ajb.bumiputera.com/
  • https://batam.tribunnews.com/2022/05/24/terkait-persoalan-gagal-bayar-dprd-batam-bakal-fasilitasi-pertemuan-nasabah-dengan-bumiputera
  • https://finance.detik.com/moneter/d-5774941/klaim-korban-tak-kunjung-cair-polemik-bumiputera-jauh-dari-titik-terang
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%
Dapatkan Promo