Cara Klaim Asuransi Pendidikan

Cara klaim asuransi pendidikan adalah dengan segera menghubungi perusahaan asuransi dan mempersiapkan dokumen yang dipersyaratkan. Apabila klaim nasabah diterima, maka perusahaan asuransi akan mengirimkan uang pertanggungan ke rekening nasabah.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan prosedur klaim berikut ini:

  • Apabila terjadi kerugian, segera hubungi penyedia asuransi. Semakin cepat maka semakin baik. Anda bisa menghubungi agen, mendatangi kantor cabang, atau mengirimkan email pemberitahuan.
  • Mengisi formulir klaim yang disediakan. Tuliskan kronologi kejadian selengkap-lengkapnya; lampirkan lokasi dan waktunya.
  • Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), polis asli, surat keterangan dokter, surat kematian, dan lain-lain.
  • Penyedia asuransi akan menunjuk surveyor untuk mengaudit laporan klaim Anda.
  • Apabila disetujui, uang pertanggungan akan segera dikirimkan ke rekening Anda.

Dalam asuransi pendidikan, ada beberapa poin yang juga perlu diperhatikan, seperti pengecualian klaim. Jangan sampai pengajuanmu ditolak hanya karena kurang teliti mempelajari polis.

Lifepal menyediakan asuransi pendidikan dengan premi yang terjangkau, mulai dari Rp200 ribuan saja per bulan. Yuk, bandinkan polisnya secara online dengan isi formulir berikut!
Temukan asuransi pendidikan dengan premi ringan, mulai Rp200 ribu/bulan!
+62

Pengecualian Klaim

Terdapat beberapa pengecualian penyebab meninggal dunia dalam mengajukan klaim asuransi. Perhatikan poin-poin di bawah ini supaya klaim tidak ditolak:

  • Kecanduan obat-obatan dan alkohol: Jika tertanggung meninggal akibat kecanduan narkoba dan alkohol, maka klaim tidak dapat cair.
  • Menyakiti diri sendiri atau bunuh diri: Kegiatan menyakiti diri sendiri dan bunuh diri tidak akan mendapatkan pencairan klaim.
  • Olahraga ekstrim: Hati-hati jika Anda menyukai olahraga ekstrim. Sebagian besar polis tidak menanggung kematian akibat kegiatan ini. Pastikan dulu kepada agen Anda terkait dengan ketentuan ini.
  • Aktivitas kriminal: Kegiatan kriminal yang menyebabkan kematian tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi.
  • Ada usaha untuk melakukan penipuan terkait klaim, misalnya dengan memalsukan dokumen atau tindakan pembunuhan dengan tujuan untuk mendapat klaim asuransi.

Contoh dan Jenis Asuransinya

Setelah paham tentang tata cara pengajuan klaim, pahami juga jenis asuransi pendidikan yang ada di Indonesia. Jika Anda tertarik membeli produk ini, temukan juga asuransi pendidikan terbaik di Lifepal!
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan