Pengertian Asuransi Pendidikan

Pengertian asuransi pendidikan adalah produk asuransi jiwa dengan manfaat biaya pendidikan anak di masa depan jika orangtua meninggal dunia. Selain manfaat asuransi, produk ini juga memberikan fasilitas tabungan. Jadi, meskipun tidak terjadi risiko meninggal dunia, nasabah tetap bisa mencairkan dana pendidikannya.

Jika membeli produk ini, nasabah perlu menyetorkan premi kepada perusahaan asuransi. Nah, sebagian premi tersebut akan dipakai untuk membayar biaya asuransi dan sisanya dipakai untuk menabung dana pendidikan.

Lifepal menyediakan asuransi pendidikan dengan premi yang terjangkau, mulai dari Rp200 ribuan saja per bulan. Cari tahu di sini!

Temukan asuransi pendidikan dengan premi ringan, mulai Rp200 ribu/bulan!
+62

Ada dua jenis produk ini, yaitu dwiguna dan unit link. Pada asuransi dwiguna, dana premi yang disetor hanya akan ditabung. Sementara itu, pada unit link, dana tersebut bakal diinvestasikan. Namun, memang asuransi dwiguna lebih populer digunakan sebagai asuransi pendidikan.

Jangan khawatir bagi yang takut riba. Pasalnya, sudah banyak perusahaan asuransi syariah yang menyediakan produk ini. Contohnya AXA Mandiri, Prudential, dan Takaful Keluarga.

Cara Kerja Asuransi Pendidikan

Pada dasarnya, cara kerja asuransi pendidikan sama saja dengan asuransi jiwa unit link dan dwiguna. Hanya saja, tujuan keuangan dari produk ini adalah untuk mengumpulkan dana pendidikan anak.

Cara kerja asuransi pendidikan kurang lebih begini: asuransi menjanjikan pembayaran premi hanya pada beberapa tahun pertama, misalnya lima tahun.

Premi yang kita setorkan tersebut dibagi ke dalam dua pos, yaitu pos biaya asuransi dan pos tabungan atau investasi. Nah, pos tabungan dan investasi tu disebut dengan nilai tunai.

Sebagian premi yang masuk ke pos biaya asuransi dibayarkan untuk mengaktivasi manfaat perlindungan jiwa. Sehingga, kalau tertanggung (orang tua) meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total, ahli warisnya (anak) bisa mencairkan uang pertanggungan untuk dana pendidikan.

Jika orang tua masih hidup hingga masa pembayaran premi berakhir, dana pendidikan anak tetap bisa cair dari nilai tunai.

Uang pertanggungan dan nilai tunai umumnya dicairkan secara bertahap sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedang ditempuh. Adapun porsi dan waktu pencairannya beragam berdasarkan dengan perjanjian dalam polis.

Beberapa perusahaan juga menyediakan fasilitas pembebasan premi, jadi meskipun premi tidak dibayarkan pasca meninggalnya orang tua, dana pendidikan anak tetap dijamin.

Premi  yang masuk ke saldo nilai tunai akan diinvestasikan pada asuransi pendidikan unit link, atau ditabung pada asuransi pendidikan dwiguna. 

Asuransi Pendidikan Dwiguna vs Asuransi Pendidikan Unit Link

Nilai TunaiDwigunaUnit Link
Proyeksi PastiTergantung hasil investasi
Nominal Relatif tidak besarBerpotensi untung besar tapi bisa juga merugi

Jika kita memilih asuransi pendidikan unit link, premi yang masuk ke nilai tunai tadi bakal ditaruh di instrumen investasi. Keuntungan dari investasi tersebut masuk ke dalam dompet nilai tunai yang akan dipakai untuk membayarkan untuk biaya-biaya asuransi selanjutnya. Namun perlu dicatat, instrumen investasi memiliki risiko. Sehingga ada kemungkinan nilai tunai berkurang dan tidak sesuai dengan proyeksi di awal.

Sementara itu, pada asuransi pendidikan dwiguna, jumlah nilai tunai yang akan diberikan nantinya sudah ditentukan di awal. 

Sebaiknya kita menghindari manfaat investasi yang ditawarkan unit link karena manfaat yang didapatkan tidak akan maksimal. Pasalnya,  tujuan investasi berbeda dengan tujuan proteksi.  Dalam investasi, ada risiko kerugian yang menimbulkan kerugian finansial. Padahal, tujuan utama kita adalah untuk memastikan anak menyelesaikan pendidikannya

Oleh karena itu, asuransi pendidikan dwiguna kami nilai lebih efektif dibandingkan asuransi pendidikan unit link karena memberi kepastian dana yang akan diterima, meskipun nominalnya terlihat lebih kecil.

Pelajari Simulasi Asuransi untuk Pendidikan Anak

Demikian penjelasan tentang pengertian asuransi pendidikan. Untuk memahami lebih lanjut tentang mekanisme perhitungan dari produk ini, baca simulasi asuransi pendidikan. Jika tertarik membeli produk asuransi pendidikan terbaik, Anda bisa menemukannya di Lifepal!

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan