Asuransi Tokopedia

Asuransi Tokopedia adalah proteksi pengiriman barang yang dihadirkan oleh perusahaan e-commerce Tokopedia bekerja sama dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Asuransi pengiriman ini memiliki manfaat berupa ganti rugi jika terjadi kerusakan, kehilangan, atau penipuan ketika nasabah berbelanja online di Tokopedia. 

Kerugian yang ditanggung meliputi: 

  • Barang hilang sebagian / keseluruhan
  • Barang rusak sebagian / keseluruhan
  • Barang yang diterima pembeli (buyer) tidak sesuai

Selain barang, jangan lupa proteksi juga kesehatan. Pasalnya, biaya rumah sakit dari tahun ke tahun makin mahal! Yuk bandingkan asuransi kesehatan di Lifepal!

Bandingkan 500+ pilihan polis terbaik mulai Rp100 ribu/bulan!
+62

Barang yang Dapat Diasuransikan Tokopedia

Berbeda dengan asuransi pengiriman logistik, Tokopedia memberikan layanan asuransi untuk segala barang tanpa terkecuali. Jadi, asuransi tidak hanya berlaku untuk barang dengan nilai jutaan rupiah saja. Jika barang dirasa rentan rusak, seperti barang mudah pecah atau mudah rusak jika terbentur, sangat dianjurkan untuk nasabah mengasuransikannya. 

Syarat & Ketentuan

Perlu dipahami bahwa asuransi pengiriman yang dihadirkan merupakan produk dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia. Artinya, proses ganti rugi akan dilakukan sepenuhnya oleh perusahaan asuransi Tokio Marine Indonesia, melalui Tokopedia. 

Berikut ini adalah syarat dan ketentuan klaim yang penting untuk diperhatikan: 

  • Pengajuan klaim maksimal 2×24 jam sejak status “Pesanan Tiba”.
  • Klaim tidak dapat diajukan jika status barang “Pesanan Selesai”.
  • Nilai ganti rugi yang diberikan adalah senilai harga barang + ongkos kirim awal + ongkos return + ongkos re-shipment .
  • Nilai ganti rugi maksimal Rp100 juta per invoice.
  • Manfaat asuransi tidak berlaku jika: 
    • Dokumen klaim tidak lengkap.
    • Pengiriman menggunakan kurir instant/ same day (Gojek dan Grab) yang dipesan secara pribadi atau tidak tercatat dalam sistem Tokopedia.
    • Keterangan produk dalam invoice tidak sesuai
    • Produk berupa makanan, minuman, dan obat-obatan yang tidak terdaftar BPOM.

Biaya Asuransi Tokopedia

Biaya asuransi Tokopedia disesuaikan dengan nilai barang dan ongkos kirim saat pembelian. Namun, untuk toko official store, premi akan ditanggung sepenuhnya oleh Tokopedia Official Store. Berikut ini adalah perhitungan yang digunakan untuk menentukan preminya:

0,40% x nilai barang + ongkos kirim (dibulatkan ke nominal ratusan terdekat)

Contoh Perhitungannya

Nasabah beli barang elektronik sebesar Rp800 ribu dengan ongkos kirim Rp28.700. Maka, biaya asuransi yang harus dibayarkan adalah Rp32.200.

0,40% x Rp800 ribu + Rp29 ribu = Rp32.200

Cara Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia

Cara klaim asuransi pengiriman Tokopedia sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Perlu diketahui juga bahwa pengguna yang dapat mengajukan klaim asuransi adalah pengguna atau nasabah yang namanya terdaftar dalam Polis. Berikut ini langkah-langkah pengajuan klaimnya: 

  • Laporkan pada Tokopedia Care → www.tokopedia.com/help 
  • Tokopedia akan meneruskan ke partner dalam jangka waktu 1×24 jam 
  • Partner melakukan pemeriksaan dokumen dalam jangka waktu 3×24 jam
  • Jika dokumen dinyatakan belum lengkap, maka nasabah harus melakukan upload ulang dokumen yang disyaratkan
  • Partner berhak membatalkan pengajuan klaim apabila terbukti ada tindak penipuan atau manipulasi data
  • Nasabah akan mendapatkan notifikasi yang memberikan informasi apakah pengajuan klaim diterima atau ditolak
  • Jika disetujui maka ganti rugi akan diberikan dalam Saldo Penghasilan Pengguna
Penulis Lifepal Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan