Asuransi Pertanian Jasindo

3.5
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
+62
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Dengan melanjutkan, Saya setuju syarat & ketentuan yang berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Pertanian Jasindo

PT Asuransi Jasa Indonesia atau dikenal dengan Jasindo memiliki salah satu produk khusus yang memberikan perlindungan terhadap usaha pertanian yang disebut dengan Asuransi Pertanian Jasindo.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pertanian Jasindo versi Lifepal:

  • (+) Sangat jarang ditemukan pada brand asuransi lain.
  • (+)Terdapat aplikasi Sistem Informasi Asuransi Pertanian (SIAP) yang akan memudahkan nasabah untuk melakukan pendaftaran online hingga penerbitan polis.
  • (-) Ada limit maksimal pertanggungan, yaitu lahan 2 hektar untuk asuransi usaha tanam padi dan 20 ekor sapi untuk asuransi usaha ternak sapi.

Sekilas tentang Asuransi Pertanian Jasindo

Asuransi Jasindo telah mendapatkan legalitas atau izin resmi dari OJK dengan nomor KEP-587/MD/1987 pada tanggal 2 Februari 1987. Di samping itu dari laporan keuangan tahun 2018 menunjukkan bahwa rasio pencapaian tingkat solvabilitas perusahaan berada di angka 177,60 persen, yaitu di atas minimal ketentuan pemerintah sebesar 120 persen. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kesehatan keuangan perusahaan asuransi Jasindo cukup baik.

Pada perkembangannya, Jasindo tidak hanya menyediakan asuransi pertanian saja, tetapi peternakan juga. Santunan yang diberikan berupa jaminan usaha peternakan dan santunan bagi para nelayan tradisional.

Usaha-usaha kecil inilah yang diupayakan untuk mendapatkan proteksi asuransi pada beberapa risiko yang mungkin terjadi saat beternak atau bertani. Langkah ini menjadi bentuk dukungan terhadap usaha-usaha rakyat yang dibutuhkan untuk ketahanan pangan nasional.

Asuransi Pertanian Jasindo pada dasarnya menawarkan program jaminan apabila terjadi risiko gagal panen akibat berbagai hal sehingga para petani bisa mencegah atau menghindari kerugian yang lebih besar lagi. Produk ini ditujukan untuk nelayan, petani, dan pengusaha pertanian.

 

Asuransi Pertanian Jasindo memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan atau manfaat asuransi Pertanian Jasindo berdasarkan jenis produk, polis, dan plan yang dapat dipilih.

Asuransi Pertanian Jasindo
Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)
Produk asuransi yang memberikan ganti rugi dari risiko gagal panen akibat banjir, kekeringan, penyakit dan serangan organisme pengganggu tanaman.
Asuransi Pertanian Jasindo
Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS)
Produk asuransi yang memberikan jaminan kerugian kepada peternak sapi dari risiko kematian ternak akibat beranak, penyakit, dan kecelakaan serta kehilangan akibat kecurian.
Asuransi Pertanian Jasindo
Asuransi Nelayan
Produk asuransi yang memberikan santunan kepada nelayan dari risiko meninggal dunia pada saat melakukan aktivitas penangkapan ikan maupun di luar aktivitasnya sebagai nelayan.
 

Berbagai produk asuransi Pertanian Jasindo yang telah disebutkan tadi memiliki ketentuan masing-masing. Agar lebih jelas dan semakin memahami berbagai produk asuransi Pertanian Jasindo tersebut, mari perhatikan ulasan berikut terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan kelayakan produk asuransi Pertanian Jasindo. 

Pertanian Jasindo memberikan berbagai pilihan proteksi umum mulai pertanian, peternakan, dan juga bagi nelayan. Berikut adalah ulasannya berdasarkan masing-masing produknya

Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)

  • Maksimal harga pertanggungan Rp6 juta per hektar.
  • Kriteria petani yang memiliki lahan maksimal 2 hektar.
  • Lahan berupa lahan irigasi atau lahan tadah hujan dekat sumber air.
  • Ganti rugi diberikan mengikuti kriteria sesuai dengan ketentuan polis asuransi.

Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS)

  • Maksimal harga pertanggungan Rp10 juta per ekor sapi.
  • Kriteria peternak yaitu peternak pembibitan/pembiakan sapi skala kecil sesuai Undang-Undang.
  • Kriteria sapi yaitu sapi indukan/ betina dengan usia produktif minimal satu tahun dengan identitas yang jelas dan dalam kondisi sehat.
  • Ganti rugi diberikan sesuai dengan harga pertanggungan dikurangi hasil penjualan daging jika diharuskan untuk potong paksa.

Asuransi Nelayan

  • Manfaat berupa santunan kecelakaan akibat aktivitas penangkapan ikan.
  • Manfaat berupa santunan kecelakaan akibat selain aktivitas penangkapan ikan.
  • Kriteria nelayan memiliki kartu nelayan yang masih berlaku, memiliki rekening tabungan atau kesanggupan membuat rekening tabungan, menggunakan kapal maksimal 10 gross tonnage dan berusia maksimal 65 tahun.

Harga premi asuransi Pertanian Jasindo didasarkan pada uang pertanggungan serta produk asuransi yang ditawarkan. Adapun harga premi masing-masing produk asuransi yang telah disebutkan, antara lain:

  • Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP): Premi Rp180.000 (Bantuan pemerintah 80 persen premi menjadi Rp36.000)
  • Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS): Premi Rp200.000 (Bantuan pemerintah 80 persen premi menjadi Rp40.000).
  • Asuransi Nelayan: Premi Rp175.000 (100 persen dibayar pemerintah).

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian biaya atau cara pembayaran manfaat asuransi pertanian Jasindo pada umumnya disesuaikan dengan produk serta plan yang dipilih oleh tertanggung.

Asuransi Jasindo juga memberikan layanan pembelian produk asuransi secara online. Calon nasabah hanya perlu melengkapi data diri serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Setelah itu, Asuransi Jasindo akan menghubungi untuk membantu proses pembelian asuransi yang dipilih.

Atau, jika ingin lebih berimbang, nasabah dapat membandingkan produk dan polis asuransi pertanian terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, nasabah mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran premi Asuransi Pertanian Jasindo bergantung pada jenis produk asuransi yang dibeli. Terdapat beberapa kanal pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah. Jika membeli polis asuransi secara online, umumnya diberikan pilihan pembayaran melalui transfer bank melalui rekening yang dimiliki Pertanian Jasindo.

Jika ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi Pertanian Jasindo, ada beberapa cara yang bisa ditempuh, antara lain:

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen.
  • Datang langsung ke kantor cabang dan ajukan penutupan.
  • Datang langsung ke kantor pusat.
  • Hubungi call center untuk mengajukan penutupan polis.

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi selengkapnya jika ingin berhenti menjadi nasabah asuransi Pertanian Jasindo secara umum berikut ini.

  1. Hubungi call center Asuransi Pertanian Jasindo melalui nomor (021) 7994508, 7987908.
  2. Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
  3. Mengisi formulir dengan lengkap.
  4. Mengembalikan buku polis asuransi.
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  8. Cara berhenti asuransi Pertanian Jasindo juga bisa dilakukan langsung lewat agen asuransi.

Yang pasti, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Kemudian, biasanya akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.jasindo.co.id/product/ritel/agri
  • https://lifepal.co.id/asuransi/jasindo/