Asuransi Raksa

3.5 / 5.0 (2.278 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Raksa

Asuransi Raksa atau dikenal sebagai Raksa Online adalah perusahaan asuransi di bawah naungan PT Asuransi Raksa Pratikara. Asuransi ini berfokus pada produk asuransi kerugian yang meliputi asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah tinggal, dan asuransi ruko, atau tempat usaha seperti restoran.

Keunggulan dari Asuransi Raksa adalah asuransi kendaraannya dapat dibeli secara online melalui situs resminya, sehingga lebih praktis dan memudahkan calon nasabah. Selain itu, Raksa juga bekerja sama dengan 100 bengkel rekanan di seluruh Indonesia.

Ringkasan

  • Polis asuransi kendaraan menawarkan fitur Raksa Gold Club dan Raksa Silver Club yang memberikan fasilitas khusus untuk nasabah, yaitu asisten pribadi, lounge yang nyaman, layanan derek 24 jam, dan laporan proses klaim.
  • Nasabah dapat membeli asuransi kendaraan secara online melalui situs resmi.
  • Nasabah asuransi mobil bisa mengajukan klaim di beberapa lokasi strategis Raksa Mobile Club, yaitu Kelapa Gading, Meruya, dan Cibubur.
  • Menawarkan layanan Raksa Emergency Quick Service yang akan membantu nasabah apabila mobil mogok di perjalanan.

Sejarah Asuransi Raksa

Telah berdiri sejak tahun 1975, Asuransi Raksa didukung oleh perusahaan reasuransi baik dari dalam dan luar negeri, beberapa di antaranya adalah Swiss Re dan Munich Re. Keduanya merupakan perusahaan reasuransi terbesar di dunia.

Dengan usia perusahaan yang sudah melebihi 40 tahun, Asuransi Raksa menjadi salah satu pilihan asuransi kendaraan yang paling dikenal di tengah masyarakat, khususnya di Jabodetabek. Asuransi kendaraan Raksa dikenal dengan nama Raksa Autocare Insurance yang memberikan manfaat asuransi untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan komersial.

Asuransi Raksa terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). PT Asuransi Raksa Pratikara sudah terdaftar di OJK RI dengan Nomor Izin Usaha KEP-8016/MD/1986 dengan tanggal izin usaha 8 Desember 1996.

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan 2018, PT Asuransi Raksa Pratikara membuktikan performa kinerja finansialnya sebagai berikut.

  • Rasio solvabilitas: 175,67 persen
  • Jumlah ekuitas: Rp199,878 miliar
  • Jumlah aset: Rp1,741 triliun

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa dari segala aspek yang dijadikan indikator penentu kualitas keuangan perusahaan, PT Asuransi Raksa Pratikara termasuk perusahaan dengan kondisi finansial yang layak dijadikan pilihan prioritas bagi calon nasabah. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

 
 

Pilihan Produk Asuransi Raksa

Secara umum, Asuransi Raksa memiliki keunggulan di produk asuransi kendaraan bermotor yang sudah terkenal di Indonesia. Namun ternyata dibalik itu terdapat berbagai macam produk lainnya yang bisa digunakan oleh nasabah mulai dari asuransi Ruko, restoran hingga kendaraan alat berat. Berikut ini adalah berbagai macam produknya

1. Asuransi kendaraan

Produk asuransi kendaraan Raksa menanggung risiko kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor dengan cakupan pertanggungan TLO dan All Risk dengan harga yang terjangkau serta kompetitif sesuai dengan tipe mobil

2. Asuransi rumah

Asuransi rumah Raksa menanggung risiko kerusakan rumah akibat bencana alam dan kebakaran dengan UP lebih dari Rp500 juta. Nasabah juga bisa memperluas pertanggungan kerusakan perabotan rumah.

3. Asuransi toko

Asuransi toko memberikan pertanggungan terhadap risiko kerugian pada usaha akibat kerusakan bangunan. UP yang ditawarkan mencapai Rp1,5 miliar dan mencakup perlindungan interior serta perabot.

4. Asuransi restoran atau cafe

Asuransi restoran atau kafe menanggung kerugian stok pergudangan yang disimpan dalam tempat usaha. Beberapa keuntungan dari produk ini adalah total nilai pertanggungan lebih dari Rp1 miliar dan perlindungan segala jenis bangunan mulai dari di mal hingga bangunan mandiri.

5. Asuransi harta benda

Asuransi harta benda memberikan perlindungan aset yang berada di rumah hingga yang sering orang bawa sehari-hari. Keuntungan antara lain adalah penanggungan biaya rumah sakit apabila terdapat korban luka dan biaya pengobatan akibat cedera mulai dari Rp 2 juta per orang dan Rp 5 juta setiap peristiwa.

6. Asuransi kecelakaan

Asuransi kecelakaan Raksa memberikan santunan biaya pengobatan kecelakaan, cacat tetap sampai meninggal dunia  dan biaya pengobatan karena kecelakaan hingga 10% dari harga pertanggungan kematian.

7. Asuransi logistik

Asuransi logistik Raksa memberikan perlindungan terhadap 3 lingkup pengiriman ICC (A), ICC (B) dan terakhir ICC serta perlindungan dari berbagai bencana seperti kebakaran, kapal kandas hingga tabrakan alat angkut.

8. Asuransi alat berat

Asuransi alat berat Raksa menawarkan perlindungan akibat pencurian, perbuatan jahat orang lain, kebakaran dan terkena tumbukkan dan manfaat perlindungan dari hampir seluruh jenis alat berat bisa diasuransikan.

9. Produk kebakaran

Asuransi kebakaran memberikan perlindungan terhadap bangunan, isi perabotan, mesin, persediaan barang dan gudang atau pabrik. Opsi penentuan harga pertanggungan sesuai harga sebenarnya atau harga perolehan baru.

10. Produk gempa bumi

Asuransi gempa bumi memberikan pertanggungan ganti rugi atas kerugian akibat gempa bumi. Keunggulan dari produk ini adalah penentuan harga pertanggungan berdasarkan harga sebenarnya (Indemnity Basis) dan tarif premi diperhitungkan berdasarkan kelas kontruksi, harga pertanggungan, ancaman lokasi dan okupasi.

 

Daftar Polis dan Manfaat Asuransi Raksa

Pertanggungan asuransi Raksa adalah benefit atau manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja berdasarkan produk asuransi yang disepakati berdasarkan polis tertulis.

Biar lebih jelas, mari simak apa saja pilihan polis dan  manfaat asuransi Raksa berdasarkan daftar polisnya berikut ini:

Asuransi Kendaraan

Raksa Autocare Insurance

Produk asuransi yang memberikan proteksi kendaraan jenis sedan hingga truk dan bus dengan jenis pertanggungan all risk dan TLO. Produk ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Pilihan premi yang terjangkau yakni mulai dari Total Loss Only hingga All Risk sesuai kebutuhan nasabah
  • Opsi perluasan jaminan akibat bencana alam dan huru-hara
  • Biaya pertanggungan sebesar 75% untuk TLO.
Asuransi Kecelakaan

Raksa Accidentcare Insurance

Produk asuransi yang berupa santunan tunai apabila mengalami kecelakaan, cacat sebagian atau total. Produk ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Santunan biaya pengobatan kecelakaan, cacat tetap sampai meninggal dunia
  • Biaya pengobatan karena kecelakaan hingga 10% dari harga pertanggungan kematian.
  • Individu yang berumur 3 bulan hingga 60 tahun bisa menggunakan polis ini

 

Asuransi Rumah

Raksa Estatecare Insurance

Asuransi dengan proteksi terhadap berbagai risiko seperti kebakaran, kebongkaran dengan jaminan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Produk ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Nilai pertanggungan lebih dari Rp 500 juta
  • Perlindungan dari banjir, angin topan, badai hingga kebakaran.
  • Isi rumah juga bisa ikut dilindungi sesuai polis
Asuransi Resto atau Cafe

Raksa Resto Care Insurance

Produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap bangunan yang digunakan untuk usaha restoran dan kafe dengan uang pertanggungan mencapai miliaran Rupiah. Produk ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Total nilai pertanggungan lebih dari Rp 1 miliar
  • Perlindungan segala jenis bangunan mulai dari di mal hingga bangunan mandiri
  • Isi interior juga termasuk dalam perlindungan sesuai polis
Asuransi Toko

Raksa Storecare Insurance

Produk asuransi untuk bangunan ruko yang dipergunakan sebagai tempat usaha. Produk inji memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Nilai pertanggungan lebih dari Rp 1,5 miliar
  • Objek pertanggungan mencangkup interior seperti perabotan dan barang dagangan
  • Terdapat opsi perluasan manfaat untuk tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga
Asuransi Harta Benda

Raksa Becare Insurance

Produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko pencurian rumah serta kerusakan yang ditimbulkan. Produk ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Perlindungan dari segala kerusakan bangunan akibat peristiwa pencurian atau usaha pencurian
  • Penanggungan biaya rumah sakit apabila terdapat korban luka
  • Biaya pengobatan mulai dari Rp 2 juta per orang dan Rp 5 juta setiap peristiwa.
Asuransi Logistik

Raksa Marine Cargo Insurance

Produk asuransi yang memberikan penggantian kerusakan atau kerugian karena kebakaran, kandas, tenggelam, dan lain-lain. Produk ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Perlindungan terhadap 3 lingkup pengiriman ICC (A), ICC (B) dan terakhir ICC ©
  • Jumlah pertanggungan sesuai dengan nilai barang yang diasuransikan dan setelah melalui persetujuan bersama
  • Perlindungan dari berbagai bencana seperti kebakaran, kapal kanddas hingga tabrakan alat angkut.
Asuransi Alat Berat

Raksa Heavy Equipment Insurance

Produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap kerusakan alat berat dengan berbagai sebab. Produk ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Pilihan asuransi Total Loss Only dan All Risk sesuai kebutuhan nasabah
  • Lingkup perlindungan akibat pencurian, perbuatan jahat orang lain, kebakaran dan terkena tumbukkan
  • Hampir seluruh jenis alat berat bisa diasuransikan
Asuransi Kebakaran

Raksa Fire Insurance

Produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap risiko kerusakan pada harta-benda atau properti nasabah. Produk ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Objek yang dapat dijamin berupa bangunan, isi perabotan, mesin, persediaan barang dan gudang atau pabrik
  • Opsi penentuan harga pertanggungan sesuai harga sebenarnya atau harga perolehan baru
  • Manfaat perluasan jaminan hingga huru-hara, kebanjiran, angin topan dan badai
Asuransi Gempa Bumi

Raksa Earthquake Insurance

Produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan terhadap kerugian seperti kerusakan harta benda apabila terjadi gempa bumi. Produk ini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Penentuan harga pertanggungan berdasarkan harga sebenarnya (Indemnity Basis)
  • Tarif premi diperhitungkan berdasarkan kelas kontruksi, harga pertanggungan, ancaman lokasi dan okupasi
  • Opsi perluasan harta benda yang dapat diasuransikan seperti mesin, peralatan dan stok barang.
 

Berita Terbaru Asuransi Raksa

28 Mei 2019 - Berdasarkan penelitian Infobank dan Isentia Research pada Rating 8th Infobank Digital Brand, Asuransi Raksa Pratikara sukses mendapatkan Peringkat I Kategori Asuransi Umum Konvensional Premi Bruto Rp 500 Miliar s.d Di bawah Rp 750 Miliar Corporate Brand Asuransi Raksa Pratikara (Asuransi Raksa) dalam acara Penganugerahan 8th Infobank Digital Brand Awards 2019

Acara penganugerahan Asuransi Raksa berlangsung pada 9 Mei 2019 di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan. Ada sekitar 33 bidang pengukuran yang terdiri dari 13 kategori corporate brand dan 20 bidang produk brand. Hasil parameter, ada 205 institusi (dari total 703 institusi yang diukur) dan 80 produk (dari total 623 produk yang diukur) yang sukses mendapatkan indeks tertinggi (ranking 1-3). Ke-205 institusi tersebut terdiri dari Perbankan, Asuransi, Reasuransi, Multifinance, Perusahaan Sekuritas, dan Badan Usaha Milik Negara.

Dari hasil pemantauan serta analisis media sosial, praktisi di institusi yang diukur dapat mengetahui keunggulan dan kekurangan masing-masing brand di industrinya. Ada 7.276 sub-channel media sosial berbeda yang digunakan untuk pengambilan informasi crawling. Michael Kauw, selaku Country General Manager Indonesia Isentia mengungkapkan bahwa, analisis media informasi tersebut termasuk Twitter, Facebook, Forum, dan Channel berita daring. Hal tersebut dinilai penting untuk perusahaan dalam proses menuju transformasi supaya dapat bertahan dan berkembang di era digital.

4 Juni 2018 - Sebagai wujud nyata komitmen dalam memberikan pelayanan untuk para Nasabahnya, PT. Asuransi Raksa Pratikara melakukan pembayaran klaim Pengangkutan sebesar Rp. 2.700.237.573,- kepada PT. Tusenss Krida Utama. Acara serah terima pembayaran itu diterima pada 19 November 2014 di Kantor Pusat PT. Asuransi Raksa Pratikara Wisma BSG Lantai 3 Jl. Abdul Muis No. 40.

4 Juni 2018 - Infobank news adalah portal media seputar perbankan dan keuangan. Infobank telah hadir sejak 1997 dengan keistimewaan analisis yang didukung oleh data serta informasi akurat. Setiap tahunnya, Infobank menganugerahkan penghargaan terhadap perusahaan asuransi yang memiliki kinerja bagus. Pada tahun 2018, Infobank kembali mengadakan event istimewa“Insurance Awards” yang ke 19 berlokasi di Jakarta.

Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi Infobank terhadap perusahaan asuransi yang sukses mencetak kinerja terbaik di tahun 2017. Penghargaan diberikan langsung Infobank setelah dilakukan rating terhadap 128 perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Penilaian Ini dilakukan oleh Biro Riset Infobank.

Pada tahun ini, Infobank kembali menganugerahkan penghargaan kepada Asuransi Raksa Pratikara sebagai predikat “sangat bagus” atas kinerja keuangan selama tahun 2017 lalu. Prestasi ini layak diapresiasi karena seiring dengan perekonomian global saat ini, Asuransi Raksa dapat mempertahankan kinerja keuangan dengan bagus.

4 Juni 2018 - Dalam tersebut Dipo Motor (Authorized Mercedes-Benz) mengeluarkan produk barunya “C 200 AVA”. Produk itu diperuntukkan bagi mereka yang berjiwa muda dan sporty. Lambang bintang tiga sudutnya sudah lumayan untuk membuat orang tahu kualitas mobil otomotifasal Jerman itu.

Sebagai rekanan usaha, Raksa Gold Club ikut mendukung pameran tersebut dengan hadir dalam Booth dan membagikan souvenir serta gift menarik untuk para pengunjung yang datang ke Booth Raksa. Pameran juga didatangi oleh para tamu member Raksa Gold Club

 

Tanya Jawab

Berikut ini adalah beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah terkait asuransi Raksa.

Asuransi Raksa adalah perusahaan asuransi umum di bawah naungan PT Asuransi Raksa Pratikara. Asuransi ini berfokus pada produk asuransi kerugian yang meliputi asuransi kendaraan bermotor, asuransi rumah tinggal, dan asuransi ruko, atau tempat usaha seperti restoran. 

Cari tahu premi Asuransi Raksa dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait. Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

    • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
    • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
    • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
    • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi Asuransi Raksa bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Ada beberapa kanal pembayaran yang disediakan oleh Asuransi Raksa, yaitu:

  • Transfer melalui Bank Mandiri
  • Transfer melalui BCA
  • Pembayaran menggunakan kartu kredit.

Cara pembayaran asuransi Raksa harus menyertakan nomor polis, nomor nota debit/kredit dalam setiap pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan mata uang asing dengan nomor rekening yang berbeda.

  • Rekening Bank Mandiri (1) A/C No. 103.00.7727613.3 (IDR)
  • Rekening Bank Mandiri (2) A/C No. 103.00.9961087.1 (USD)
  • Rekening BCA A/C No. 2613009833 (IDR)

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dilakukan dengan cara menghubungi layanan pelanggan untuk dilakukan otorisasi kartu kredit atau langsung membayar di loket yang tersedia di kantor pusat Asuransi Raksa.

Pengajuan klaim untuk asuransi kendaraan pada dasarnya hanya dibutuhkan KTP dan mengisi Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA). Kemudian dapat mengikuti prosedur pengajuan klaim berikut ini:

  • Klaim diajukan paling lambat 5 hari setelah kejadian ke nomor 021-3859007 / 08 atau faksimile ke nomor 021-3859004/05/06 atau email ke [email protected]
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti laporan kronologis kejadian, fotokopi polis, sertifikat dan lampiran endorsement, fotokopi SIM pengemudi saat kejadian, STNK, KTP atau kartu identitas lainnya.
  • Jika terjadi kerugian total perlu melampirkan BPKB kendaraan, faktur pembelian, blanko kwitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani, KIR (opsional), surat keterangan dari POLDA, bukti pemblokiran kendaraan.
  • Setelah itu petugas akan menginformasikan langkah selanjutkan dan akan menghubungi jika ada dokumen yang masih harus dilengkapi. 

Prosedur pengajuan klaim asuransi kerugian secara umum, baik Raksa atau perusahaan lain, dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Menginformasikan kepada perusahaan jika sudah terjadi kerusakan atau kerugian melalui layanan telepon yang tersedia.
  • Klaim tidak boleh lebih dari 12 hari sejak kejadian.
  • Melengkapi dokumen pendukung seperti formulir laporan klaim, fotokopi polis asuransi, berita acara dari kepolisian setempat atau dari surat kepala desa atau dari kepala kelurahan yang menjelaskan tentang kejadian sehingga menyebabkan kerugian/kerusakan.
  • Melengkapi keterangan-keterangan berupa bukti foto yang relevan dan pantas sesuai dengan permintaan dari penanggung.
  • Perusahaan akan mencairkan dana dalam waktu 30 hari kerja sejak ada kesepakatan tertulis antara peserta asuransi dengan perusahaan asuransi tentang jumlah ganti rugi.

Ada beberapa metode penggantian biaya asuransi dikategorikan berdasarkan jenisnya sebagai berikut ini.

  • Asuransi kendaraan bermotor dibayarkan sebagian sesuai dengan polis asuransi dikurangi dengan risiko sendiri untuk setiap kejadian. Untuk penggantian asuransi TLO akan dibayarkan tunai sesuai dengan harga pasar dari kendaraan yang mengalami kerusakan/kerugian sesuai dengan nilai maksimum pertanggungan dikurangi dengan biaya risiko sendiri. Untuk perbaikan dilakukan atas persetujuan perusahaan asuransi di bengkel yang ditunjuk atau sudah bermitra dengan perusahaan asuransi.
  • Asuransi rumah dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi ruko dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi restoran dan kafe dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kebongkaran dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kecelakaan diri untuk penggantian biaya perawatan di rumah sakit dengan cara reimbursement, sementara santunan kematian dan cacat total tetap akan dibayarkan secara tunai sesuai dengan nilai maksimal pertanggungan. 
  • Asuransi pengangkutan dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi alat berat dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi kebakaran dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 
  • Asuransi gempa bumi dibayarkan secara cashless sesuai dengan nilai pertanggungan. 

 

Asuransi Raksa menyediakan layanan berbasis online yaitu raksaonline.com, di mana calon nasabah dapat mengakses informasi terkait polis yang ditawarkan dan membelinya secara online. 

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Dalam hal keagenan, Asuransi Raksa memiliki aplikasi berbasis digital yang bernama Raksa Agent untuk memudahkan para agennya memantau perkembangan pengajuan klaim dari awal hingga akhir. Untuk mendapatkan informasi mengenai pendaftaran agen untuk Asuransi Raksa, silakan menghubungi all center Asuransi Raksa.

Calon nasabah juga dapat mengetahui tata cara pembelian produk asuransi secara online dengan mengunjungi raksaonline.com.

Selain melalui agen, calon nasabah bisa mendapatkan proteksi asuransi melalui peran broker asuransi. Lifepal sebagai broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan bantuan mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Namun pada saat ini, Lifepal belum bekerja sama dalam memasarkan produk asuransi dari Asuransi Raksa. Untuk mendapatkan referensi terkait produk perlindungan dari perusahaan asuransi lainnya yang serupa dengan produk dari Asuransi Raksa, calon nasabah dapat mengunjungi Lifepal dan sekaligus berkonsultasi secara gratis.

Langkah mudah untuk berhenti membayarkan premi asuransi raksa adalah sebagai berikut ini:

  1. Siapkan kartu identitas dan nomor polis asuransi.
  2. Hubungi hotline di nomor (021) 3859007, 3859008 (hunting) atau layanan lainnya.
  3. Informasikan kepada layanan pelanggan bahwa Anda ingin berhenti membayarkan premi yang secara otomatis akan berhenti mendapatkan proteksi serta manfaat dalam polis asuransi.
  4. Petugas akan mencatat dan mengirimkan formulir untuk dilengkapi.
  5. Isi dan lengkapi formulir serta data-data yang diminta.
  6. Kirim formulir dan data yang diminta ke layanan pelanggan.
  7. Petugas akan menginformasikan jika ada dokumen yang masih harus dilengkapi.
  8. Tunggu proses penghentian asuransi dengan ketentuan antara 7-14 hari kerja. 

Perluasan Jaminan yang disediakan selain penutupan Comprehensive dan Total Loss adalah sebagai berikut:

  1. Jaminan Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga
  2. Jaminan Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang
  3. Jaminan Kecelakaan Diri Penumpang
  4. Jaminan Kecelakaan Diri Pengemudi
  5. Jaminan HuruHara
  6. Jaminan Gempa Bumi, Tsunami dan Letusan Gunung Berapi
  7. Jaminan Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir dan Tanah Longsor

Pertanggungan di Bawah Harga adalah suatu keadaan dimana Tertanggung mengasuransikan harta bendanya hanya sebagian dari keseluruhan nilai atau harta benda tersebut dengan maksud untuk efisiensi premi. Bagian dari nilai atau harga yang tidak diasuransikan dianggap ditanggung oleh Tertanggung sendiri, sehingga pada saat terjadi klaim, Tertanggung akan menanggung selisih kerugian yang dideritanya berdasarkan perhitungan “Under Insurance” .

Contoh :

Harga pertanggungan Toyota Kijang th 1999 adalah Rp. 80.000.000,00

Harga pasaran (Actual Value) pada saat terjadi klaim adalah Rp. 100.000.000,00 

Risiko sendiri (OR) sebesar Rp. 300.000,00 

Terjadi klaim sebesar Rp. 20.000.000,00

Maka pihak asuransi akan memberikan penggantian sebesar :

(Rp. 80.000.000,00/Rp. 100.000.000,00) X Rp. 20.000.000,00 = Rp. 16.000.000,00

Setelah dikurangi risiko sendiri , penggantian menjadi :

Rp. 16.000.000,00 – Rp. 300.000,00 = Rp. 15.700.000,00

Selisih yang ditanggung Tertanggung :

Rp. 20.000.000,00 – Rp. 15.700.000,00 = Rp. 4.300.000,00

Menjamin kerusakan pada kendaraan bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh salah satu atau lebih dari risiko-risiko berikut :

  1. Kerusuhan
  2. Pemogokan
  3. Penghalangan Bekerja
  4. Perbuatan Jahat
  5. Tawuran
  6. Huruhara
  7. PembangkitanRakyat tanpa penggunaaan senjata api
  8. Revolusi tanpa penggunaan senjata api

Penanggung dan Tertanggung setiap waktu bisa menghentikan pertanggungan dengan memberitahukan alasannya secara tertulis.

Premi akan dikembalikan secara prorata untuk jangka waktu pertanggungan yang belum dijalani, setelah dikurangi biaya akuisisi Penanggung.

Dalam hal penghentian pertanggungan dilakukan oleh Tertanggung dan ada klaim yang jumlahnya lebih besar dari jumlah premi, maka tidak ada pengembalian premi untuk jangka waktu pertanggungan yang belum dijalani.

Perusahaan hanya bisa menutup asuransi pengangkutan bila memakai alat angkut sebagai berikut:

  1. Kapal Besi dengan minimum 100 GRT dan umur tidak lebih dari 30 tahun
  2. LCT dengan konstruksi besi dengan minimum 100 GRT dan umur tidak lebih dari 30 tahun
  3. BG dan TB dengan konstruksi besi, umur tidak lebih dari 30 tahun dan BG minimum 100 GRT.
  4. Truk
  5. Pesawat Udara

 

Layanan nasabah atau call center Asuransi Raksa dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Raksa, dan sebagainya, silakan menghubungi kontak berikut.

Call Center Asuransi Raksa

  • Customer Care Centre: Wisma BSG 3rd Floor, Jl. Abdul Muis No. 40 Jakarta 10160 – Indonesia
  • Asuransi Raksa Call Center: (021) 3859007/ 3859008
  • Email: [email protected]
  • Faksimile: (021) 3859004/ 3859005/ 3859006
  • Situs resmi: araksa.com

Layanan Asuransi Raksa

  • Raksa Emergency Quick Service adalah layanan bagi nasabah yang mengalami masalah darurat di jalan seperti mobil mogok, ban kempis, dan lain-lain. Layanan ini dilakukan dengan armada sepeda motor, mobil derek 24 jam, serta ambulan. Layanan sepeda motor khusus untuk di wilayah asuransi Raksa Jakarta sementara di luar jakarta menggunakan mobil derek 24 jam.
  • Derek 24 jam adalah layanan bagi nasabah yang mengalami mesin mobil rusak atau mengalami kecelakaan tanpa dipungut biaya sama sekali selama 24 jam di wilayah Jabodetabek.
  • Raksa Gold Club mendapatkan layanan Reflexologi dan Manicure-Pedicure untuk nasabah yang memiliki nilai pertanggungan kendaraan di atas US$70 ribu.
  • Raksa Silver Club (RSC) mendapatkan beberapa layanan seperti ruang klaim nyaman dan ekslusif, minuman hangat, undian hadiah, pelayanan nasabah 24 jam, serta perlindungan Raksa Emergency Quick Service 24 jam.

Bengkel rekanan Asuransi Raksa tersebar luas di Indonesia. Berikut adalah daftar bengkel rekanan asuransi Raksa di wilayah Jabodetabek. 

Jakarta Barat

  • B2M Motor Jl. Bojong Raya no. 124 Outer Ring Road Phone : 58304555 Fax : 58304666
  • Fajar Kencana Mandiri (Fajar Jaya Motor) Jl. Tubagus Angke no. 8 Phone : 5664437 Fax : 5677233
  • Fajar Kencana Mandiri (Fajar Jaya Motor)  Jl. Daan Mogot km. 13 no 21 Cengkareng Phone : 5410789 Fax : 5420808
  • JNS Jl. Hadiah no. 15 Daan Mogot Phone: 5659511 Fax: 5663476
  • Padi Mas Motor Jl. Hadiah 18, Jelambar, Daan Mogot Phone: 5640334 Fax: 5660433
  • Primatama Jl. Arjuna Selatan no. 1 Kebon Jeruk Phone: 5349983 Fax: 5349984
  • Putra Wijaya Motor Jl. Daan Mogot km. 14 no. 35 Cengkareng Phone : 54398226-27 Fax : 6196501
  • Carrisma Jl. Outer Ring Road no. 38, Rawa Buaya Phone : 5820397/98 Fax : 5820327
  • Lido Jaya Motor Jl. H. Saaba Raya, no. 2, Meruya Selatan Phone: 58903858-9 Fax: 58902862
  • Chung Service Jl. Duri TSS No. 54-56 Jembatan Lima Phone: 6313255 Fax: 6313254

Jakarta Timur

  • Metro 77 Jl. Jend Basuki Rachmat no. 7A Phone: 8631551, 86608041 Fax: 8605372
  • Suryasakura Indah Motor Jl. Kalimalang no. 1, Jaktim, Phone: 8631334-35 Fax: 8606034
  • IRMC Jl. MT Haryono kav. 29-30, Jaktim Phone:8294830 Fax:8307462
  • PROCARE (FELIX AUTO SERVICE) Jl. DI Panjaitan Kav. 5, Jakarta Timur 13350 Phone:8190026 Fax:8570111   

Jakarta Selatan

  • KARYAKITA PUTRA SEJAHTERA Jl. Gunung Sahari no. 17 Phone: 6253378 Fax: 6253550

Jakarta Utara

  • Nova Motor Jl.Kelapa Gading Elok Utara III Blok FX II No. 17 Phone: 4508718 Fax: 45840866

Tangerang

  • Marga Jaya Jl. MH Thamrin no. 8, Cikokol, Tangerang Phone : 55753357-59 Fax : 55757266-67
  • Metro Auto Care Serpong Kav.Komersil IIIA no.3, Jl. Pahlawan Seribu Phone :5380696 Fax : 5380697  

Bogor

  • Inti Auto Jl. Raya Puncak Ciawi no. 6 Phone: (0251) 8249484 Fax: (0251) 8249485

Bekasi

  • Karya Indah Motor Jl. Siliwangi No. 20 Rawa Panjang Bekasi Phone: (0251) 8249484 Fax: (0251) 8249485.

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti Asuransi Raksa, di antaranya adalah:

  • Asuransi Allianz Utama
  • Asuransi Astra Buana
  • Asuransi AXA Mandiri
  • Asuransi BCA Umum
  • Asuransi Harta
  • Asuransi Mega Insurance
  • Asuransi Raksa
  • Asuransi Takaful Umum
  • Asuransi Tokio Marine Umum
  • Asuransi Tugu
  • Asuransi Zurich Insurance

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.araksa.com/
  • https://raksaonline.com/
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis