Profil Asuransi Ramayana
Asuransi Ramayana adalah perusahaan asuransi umum yang telah terdaftar secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Mulanya dikenal sebagai perusahaan bernama PT Maskapai Asuransi Ramayana yang diciptakan guna memenuhi kebutuhan proteksi atas barang-barang impor dan ekspor. Kemudian, perusahaan tersebut berganti nama menjadi PT. Asuransi Ramayana Tbk dan disahkan pada tanggal 19 Juli 1986.
Menariknya tidak hanya berfokus pada produk asuransi, pada tanggal 30 Januari 1990, PT Asuransi Ramayana Tbk berhasil memperoleh Surat Izin Emisi Saham dari Bapepam untuk melaksanakan penawaran umum saham kepada masyarakat sebanyak dua juta lembar saham dan telah disetujui untuk mencatatkan sahamnya, ASRM, secara parsial di Bursa Efek Jakarta.
Salah satu produk unggulan PT Asuransi Ramayana Tbk atau Asuransi Ramayana adalah asuransi mobil yang menanggung biaya kerugian atas kerusakan parsial hingga total ataupun hilang akibat pencurian. Bandingkan dengan perusahaan asuransi mobil terbaik lainnya, premi mulai Rp1,9 jutaan di Lifepal! Yuk cek sekarang!
*Syarat dan ketentuan berlaku
Layanan Nasabah Asuransi Ramayana
Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai PT Asuransi Ramayana Tbk, tersedia pilihan pelayanan baik secara offline dengan mendatangi langsung ke lokasi kantor pusat Ramayana Asuransi atau kantor cabang Asuransi Ramayana terdekat maupun secara online dengan menghubungi call center, email, maupun situs resmi.
Berikut informasi alamat Asuransi Ramayana dan layanan nasabah selengkapnya.
Kantor Pusat PT ASURANSI RAMAYANA TBK (PT Asuransi Ramayana Kebon Sirih) Jalan Kebun Sirih No.49, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat Nomor telepon Asuransi Ramayana: (021) 319 371 48 SMS: 085 888888 4949 Website Asuransi Ramayana: www.asuransiramayana.co.id |
Pilihan Polis Asuransi Ramayana
Selain unggul pada jenis polis asuransi mobil, PT Asuransi Ramayana juga menghadirkan produk asuransi kesehatan karyawan, asuransi kebakaran, properti, pengangkutan, rekayasa, sampai asuransi umum berbasis syariah. Yuk, simak pilihan polis dan ulasan manfaat selengkapnya!
Rangkuman Polis Asuransi Ramayana
Asuransi Ramayana berfokus pada produk-produk asuransi umum seperti kesehatan, kendaraan, properti, hingga unit syariah. Berikut penjelasan dari masing-masing produk.
Produk | Manfaat yang Diberikan |
Asuransi Properti | Ganti rugi terhadap risiko kerusakan properti dan harta benda. |
Asuransi Mobil Ramayana | Pilihan polis All Risk + Total Loss Only (TLO) untuk mobil dan juga alat berat. |
Asuransi Pengangkutan | Pertanggungan risiko selama proses pengangkutan, baik laut + udara + air. |
Asuransi Kecelakaan Diri | Pertanggungan biaya perawatan ketika terjadi kecelakaan + santunan meninggal dunia + santunan cacat tetap total. |
Asuransi Rekayasa | Pertanggungan risiko dalam proyek. |
Asuransi Rangka Kapal | Pertanggungan biaya perbaikan atas kerusakan maupun kehilangan terhadap rangka kapal yang diasuransikan. |
Asuransi Uang | Ganti rugi terhadap kehilangan uang saat penyimpanan + saat pengiriman. |
Asuransi Tanggung Gugat | Ganti rugi terhadap risiko tuntutan dari pihak ketiga. |
Asuransi Penjaminan | Proteksi perjanjian dalam proyek. |
Asuransi Syariah | Pertanggungan risiko berbasis syariah. |
Asuransi Kesehatan Karyawan | Pertanggungan biaya perawatan medis bagi karyawan maupun keluarganya. |
Review Asuransi Ramayana
Asuransi Ramayana memiliki produk unggulan asuransi mobil yang tersedia dalam kategori polis all risk dan TLO. Untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Asuransi Ramayana, simak review Asuransi Ramayana dari Lifepal berikut ini:
1. Pertanggungan Asuransi Mobil Ramayana Luas
Asuransi Mobil Ramayana memiliki pertanggungan yang cukup luas, termasuk di dalamnya adalah jaminan komprehensif gabungan (Asuransi Mobil All Risk Ramayana) dan TLO. Bagi Anda yang memiliki mobil dalam kondisi kredit atau menyicil, produk Asuransi Ramayana Mobil cocok untuk Anda karena pertanggungannya juga dapat disesuaikan untuk mobil kredit maupun tidak.
2. Produk Asuransi Bisnis yang Beragam
Asuransi Ramayana menghadirkan produk asuransi bisnis yang sangat beragam, mulai asuransi properti, asuransi pengangkutan, asuransi rangka kapal, hingga asuransi gempa bumi. Sehingga sangat cocok bagi para pengusaha, pemilik atau penyewa tempat usaha, bahkan untuk proyek konstruksi agar tetap berjalan dengan aman dan lancar.
3. Bengkel Rekanan Khusus yang Tersebar Luas
Untuk para pemegang polis Asuransi Ramayana Mobil bisa memperbaiki mobil kesayangan di bengkel rekanan khusus dari PT Asuransi Ramayana. Terdapat lebih dari 1.000 bengkel rekanan Asuransi Ramayana yang tersebar luas tak hanya di kota-kota besar di Indonesia, namun juga beberapa kota lainnya sehingga mempermudah akses para nasabah.
Yuk ketahui jenis asuransi mobil apa sesuai yang Anda butuhkan dengan kuis dari Lifepal di bawah ini!
Cara Klaim Asuransi Ramayana
Pengajuan cara klaim Asuransi Ramayana berbeda-beda sesuai dengan jenis polis yang dimiliki. Berikut ini adalah cara klaim Asuransi Ramayana untuk polis kendaraan bermotor dan non kendaraan bermotor:
Cara Klaim Asuransi Mobil Ramayana Jakarta
Cara klaim Asuransi Mobil Ramayana Jakarta dapat menghubungi langsung Layanan Klaim Kendaraan Bermotor dengan alamat Claim Center Asuransi Ramayana:
Plaza Harmoni (Asuransi Ramayana Harmoni) Komp. Harmoni Plaza Blok A/11, Jl. Suryopranoto No.2-4 Jakarta 10130 Telp: (021) 31905544 – 3913864 (Hunting) Fax: (021)392 1054, 391 1790 Call Center 24 Jam: 15000 49 SMS Center: 085 88888 4949 |
Untuk klaim kendaraan bermotor di luar Jakarta dapat menghubungi langsung Kantor Cabang Asuransi Ramayana terdekat atau di mana polis Asuransi Anda diterbitkan.
Perlu diperhatikan bahwa pelaporan klaim tidak lebih 3 x 24 jam sejak kejadian klaim. Dokumen-dokumen pendukung klaim yang diperlukan seperti:
- Buku polis
- Fotokopi STNK mobil yang diasuransikan
- Fotokopi SIM dan KTP pengemudi
- Surat Keterangan dari pihak yang berwajib, apabila melibatkan pihak ketiga atau kehilangan
Cara Klaim Asuransi Ramayana non Kendaraan Bermotor
Untuk klaim di luar polis asuransi kendaraan bermotor baik di PT Asuransi Ramayana Jakarta maupun di luar Jakarta, pelaporan awal dengan menghubungi Kantor Cabang Asuransi Ramayana terdekat atau di mana polis diterbitkan. Pelaporan klaim segera setelah kejadian sesuai dengan waktu pelaporan klaim yang tercantum pada polis.
Dokumen-dokumen pendukung klaim yang diperlukan, formulir pengajuan klaim dapat diunduh langsung dari website resmi Asuransi Ramayana. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi nomor hotline Customer Service Asuransi Ramayana di (021) 319 371 48.
Tips Agar Klaim Asuransi Mobil Ramayana Tidak Ditolak
Bagi Anda yang mendapatkan pengalaman klaim Asuransi Ramayana ditolak, tentu menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan. Sebenarnya, agar klaim tidak ditolak atau dengan mudah diterima cukup mudah. Anda hanya perlu menghindari terjadinya hal-hal berikut ini:
- Kondisi status polis dalam keadaan lapse atau tidak aktif
- Masih dalam masa tunggu
- Melewati batas waktu pengajuan klaim
- Dokumen klaim yang diajukan tidak lengkap atau memenuhi persyaratan
- Risiko yang terjadi termasuk dalam pengecualian polis
Jika Anda memerhatikan hal-hal di atas, tentunya klaim Anda bisa dengan mudah diverifikasi dan diterima oleh pihak PT Asuransi Ramayana. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari pengalaman klaim Asuransi Ramayana yang tidak menyenangkan karena ditolak.
Rekanan Asuransi Ramayana
PT Asuransi Ramayana memiliki rekanan rumah sakit dan bengkel yang tersebar luas di Indonesia. Berikut adalah daftar rekanan PT Asuransi Ramayana selengkapnya:
Pertanyaan Seputar Asuransi Ramayana
Di bawah ini daftar pertanyaan yang cukup sering diajukan calon nasabah terkait PT Asuransi Ramayana Tbk atau Ramayana Insurance.
Pengalaman selama kurang lebih 60 tahun di bidang asuransi membuktikan bahwa PT Asuransi Ramayana (Ramayana Insurance) memiliki komitmen yang kuat terhadap pelanggan serta mengeluarkan inovasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan nasabah di Tanah Air. Laporan keuangan Asuransi Ramayana juga terbilang cukup baik.
Salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh Asuransi Ramayana adalah produk properti yang memberikan manfaat perlindungan dari kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap yang berasal dari kebakaran dan opsi perluasan perlindungan dari sabotase, terorisme hingga huru hara.
Dengan berbagai pertimbangan tersebut, maka untuk menjawab pertanyaan Asuransi Ramayana bagus tidak, perusahaan patut dikategorikan sebagai perusahaan asuransi yang baik untuk dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.
PT Asuransi Ramayana Tbk adalah perusahaan yang menghadirkan berbagai produk asuransi umum seperti asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan karyawan dan lainnya. Lihat daftar produk Asuransi Ramayana selengkapnya di tab Polis.
PT Asuransi Ramayana Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia produk asuransi umum.
Asuransi Ramayana terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dengan Keputusan Menteri Kehakiman No. C.2.5040-HT01.04.TH 86 tanggal 19 Juli 1986. Pada tanggal 30 Januari 1990 Asuransi Ramayana juga memperoleh Surat Izin Emisi Saham dari Bapepam No. SI-078/SHM/MK.01/1990.
Cukup banyak yang mempertanyakan mengenai status perusahaan apakah Asuransi Ramayana BUMN? Sebagai informasi saja, PT Asuransi Ramayana Tbk adalah perusahaan yang tidak termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) namun perusahaan swasta.
Menurut laporan yang terdapat dalam situs resmi perusahaan, para pemilik atau pemegang saham dari PT Asuransi Ramayana Tbk terbaru adalah:
- Syahril, SE (Direktur Utama dan Pengendali Perusahaan): 31,51%
- Aloysius Winoto Doeriat (Komisaris Utama dan Pengendali Perusahaan): 19,17%
- PT Ragam Venturindo: 10,57%
- Wirastuti Puntaraksma, S.H. (Terafiliasi dengan komisaris): 11,39%
- Korean Reinsurance Company: 10,00%
- Masyarakat lainnya (Public, kurang dari 5%): 17,14%
PT Asuransi Ramayana Tbk dikelola oleh orang-orang yang sangat ahli dalam bidangnya. Berikut adalah struktur direksi Asuransi Ramayana:
Komisaris
- Komisaris Utama: Dr. A. Winoto Doeriat
- Komisaris Independen: Mohamad Rusli, S.IP., M..B.A., CIIB., CFP., QWP., AMRP., APAI., CIIB., ANZIIF (Snr. Assoc) CPI., CACP., CERG., QRGP.
- Komisaris Independen: Dr. Antonius W. Sumarlin, B.A., M.A.
- Komisaris Independen: Ananto Hariokusumo
Direksi
- Direktur Utama dan Umum – SDM: Syahril, S.E., AMRP.
- Direktur Pemasaran: Jiwa Anggara, S.H., CRGP.
- Direktur Teknik: Pristiwanto Bani, S.Si., M.M., AAIK., AAK., CRGP., CRMP., AAAIJ., AIIS.
- Direktur Keuangan: Y. Parlindungan Manurung
- Direktur Kepatuhan: A.M. Andi Primadi, S.E., AMRP.
Produk Asuransi Ramayana berfokus pada jenis asuransi umum (kerugian) dan juga asuransi kesehatan, namun dengan manfaat pertanggungan yang beragam. Berikut jenis-jenis Produk Asuransi Ramayana (Ramayana Insurance):
- Asuransi Properti
- Asuransi Ramayana Mobil
- Asuransi Pengangkutan
- Asuransi Rekayasa
- Asuransi Hull & Aviation
- Asuransi Aneka
- Surety Bond
- Asuransi Syariah
- Asuransi Ramayana Kesehatan
Tak hanya asuransi konvensional, Asuransi Ramayana juga menawarkan produk asuransi syariah. Produk Asuransi Ramayana Syariah tersedia untuk berbagai macam jenis asuransi dari Ramayana, termasuk Asuransi Mobil Ramayana Syariah.
Asuransi Ramayana (Ramayana Insurance) memiliki keunggulan di produk kendaraan bermotor yang memiliki rekanan bengkel yang luas serta pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan. Itu bisa dilihat dari jumlah lini usaha perusahaan didominasi oleh produk kendaraan bermotor.
Tidak hanya kendaraan roda dua atau empat, Asuransi Ramayana juga memiliki lini produk untuk kendaraan alat berat. Penjelasan Asuransi Mobil Ramayana review selengkapnya dapat disimak pada tab Review.
Situs resmi perusahaan tidak mencantumkan penjelasan mengenai makna atua filosofi dari logo Asuransi Ramayana.
Asuransi Ramayana bisa Anda dapatkan secara online, sehingga proses pembeliannya pun lebih praktis tanpa harus mendatangi kantor cabang asuransi Ramayana terdekat sekalipun. Anda hanya perlu menghubungi call center Asuransi Ramayana.
Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan, cek caranya di sini.
Cari tahu premi asuransi Ramayana dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.
Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:
- Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
- Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
- Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
- Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).
Pembayaran premi Asuransi Ramayana bergantung pada ketentuan pada polisnya. Silakan menghubungi call center Ramayana, agen, maupun broker terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.
Pelaporan klaim Asuransi Ramayana sebaiknya dilakukan maksimal 3×24 jam. Setelah persyaratan klaim diterima oleh PT Asuransi Ramayana, secara umum membutuhkan waktu 14 hari kerja hingga pencairan dana atau pembayaran klaim. Untuk mengetahui cara klaim Asuransi Ramayana selengkapnya, silakan cek tab Klaim.
Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.
Penggantian Asuransi Kesehatan Ramayana biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu cashless dan reimbursement. Penggantian asuransi kendaraan dilakukan berdasarkan jenis kerugian yang dialami disesuaikan dengan polis asuransi. Penggantian asuransi umum lain, seperti asuransi perjalanan dan asuransi kerugian lainnya, dilakukan berdasarkan metode penggantian yang sudah disepakati dalam polis dengan syarat tertentu.
Cek polis Asuransi Ramayana dapat dilakukan dengan cara menghubungi layanan atau call center Asuransi Ramayana yang telah disediakan perusahaan. Simak informasi mengenai nomor telepon Asuransi Ramayana selengkapnya di tab Layanan.
Asuransi Ramayana sendiri bekerja sama dengan pihak ketiga yakni AdMedika untuk memudahkan nasabah dalam melakukan proses pengobatan serta klaim di rumah sakit rekanan Asuransi Ramayana AdMedika seluruh Indonesia.
AdMedika sendiri adalah administrasi pihak ketiga pertama di Tanah Air yang menyediakan layanan kesehatan klaim administrasi yang terintegrasi dengan teknologi sehingga mampu memudahkan nasabah dalam menggunakan asuransi.
Kartu Asuransi Ramayana merupakan fasilitas yang diberikan kepada nasabah selain sebagai identitas peserta juga bisa digunakan untuk melakukan klaim secara cashless. Cara menggunakan kartu Asuransi Ramayana untuk klaim ini cukup mudah, Anda cukup menunjukkan kartu tersebut pada saat pendaftaran pada petugas rumah sakit dan setelah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.
Tidak ada kantor cabang Asuransi Ramayana di Jakarta Pusat, namun ada Kantor Pusat Ramayana Asuransi yang berlokasi di daerah tersebut.
Daftar lengkap kantor cabang Asuransi Ramayana terdekat dapat Anda simak di sini.
Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Asuransi Ramayana. Sayangnya, Ramayana Asuransi tidak mencantumkan informasi mengenai keagenan perusahaan asuransi dalam situs resminya.
Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Asuransi Ramayana dengan calon nasabah.
Jika nasabah merasa isi dari perjanjian yang tercatat dalam buku polis tidak sesuai dengan penjelasan sebelumnya ataupun ternyata produk yang telah dimiliki kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan. Adapun beberapa cara yang bisa Anda tempuh, seperti:
- Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen PT Asuransi Ramayana yang dulu menawarkan diri pada Anda.
- Datang langsung ke kantor cabang Asuransi Ramayana terdekat dan ajukan penutupan.
- Datang langsung ke kantor Asuransi Ramayana pusat.
- Hubungi call center Asuransi Ramayana untuk mengajukan penutupan polis.
Untuk memberikan gambaran jelas, Anda bisa mengikuti prosedur umum berikut ini:
- Hubungi call center Asuransi Ramayana di nomor 1500049.
- Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
- Mengisi formulir dengan lengkap.
- Mengembalikan buku polis asuransi.
- Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
- Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
- Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
- Cara berhenti Asuransi Ramayana juga dapat dilakukan langsung lewat agen asuransi Anda.
Yang pasti, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Kemudian, biasanya Anda akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo. Informasi lebih lengkap seputar cara penutupan polis, silakan hubungi call center PT Asuransi Ramayana, agen, atau broker terkait.
Asuransi mobil adalah produk asuransi yang memberikan pertanggungan ganti rugi atas risiko atau kerugian yang dapat terjadi pada mobil yang diasuransikan. Terdapat asuransi mobil yang bagus dan terbaik di Indonesia. Lihat daftarnya di sini!
Mengacu pada Undang-Undang No.2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, asuransi adalah perjanjian antara dua belah pihak atau lebih, di mana pihak penanggung dengan menerima premi asuransi akan memberikan penggantian kepada tertanggung atas terjadinya kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang tidak terduga, timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.
Cek produk-produk asuransi terbaik dan termurah hanya di Lifepal, cari dan bandingkan secara online sekarang!
Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi seperti PT Asuransi Ramayana, di antaranya adalah:
- ABDA
- ACA
- AIG
- Arthagraha General Insurance
- Askrida
- Askrindo
- Aspan
- Asuransi Artarindo
- Asuransi Asei
- Asuransi Binagriya
- Asuransi Buana Independent
- Asuransi Cakrawala Proteksi
- Asuransi Dayin Mitra
- Asuransi Rama
- Asuransi Sinar Mas
- Asuransi Sompo
- Avrist General Insurance
- AXA Mandiri
- Berdikari Insurance
- Bess Central Insurance
- Bintang
- Bosowa Asuransi
- BRINS General Insurance
- BUMIDA
- China Taiping
- Chubb Syariah
- Chubb Umum
- Eka Llyod Jaya
- eTiQa
- FPG Insurance
- Great Eastern General Insurance
- Harta
- Jasaraharja Putera
- Jasindo
- Jastan
- KB Insurance
- Kresna Insurance
- KSK Insurance Indonesia
- Lippo Insurance
- MAG
- Malacca Insurance
- Mega Insurance
- Mega Pratama
- Meritz Korindo Insurance
- MNC Insurance
- MPM Insurance
- MSIG
- Nasionalre
- Pan Pacific
- Parolamas
- Raksa
- Ramayana
- Reliance
- Samsung Tugu
- Simasnet
- SLU
- Sonwelis Takaful
- Staco Mandiri
- Sumit Oto
- Takaful Umum
- Tob insurance
- Tokio Marine (Umum)
- Tri Pakarta
- Tugu Kresna
- Tugu Mandiri
- Victoria Insurance
- Videi
- Wahana Tata
- Zurich Insurance Indonesia
Semua ulasan di Lifepal.co.id merupakan kumpulan informasi yang dikutip langsung dari laman resmi perusahaan asuransi.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://www.ramayanainsurance.com/