Asuransi Ramayana

3.5 / 5.0 (3.258 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Ramayana

PT Asuransi Ramayana Tbk atau dikenal dengan nama asuransi Ramayana merupakan perusahaan asuransi umum yang berdiri sejak tahun 1956. Berbekal pengalaman selama lebih dari 60 tahun, perusahaan asuransi asal Indonesia ini tercatat telah memiliki 28 kantor cabang dan 7 perwakilan dengan jumlah karyawan sebanyak 600 orang serta mendapatkan dukungan reasuransi dari dalam hingga luar negeri. 

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Ramayana

  • (+) Perusahaan asuransi Ramayana menghadirkan pilihan produk asuransi umum yang lengkap. 
  • (+) Jenis kendaraan yang ditanggung oleh produk asuransi kendaraan Ramayana terbilang sangat lengkap. Selain itu, tersedia pula asuransi kendaraan bagi individu, perjalanan dinas, dan bisnis.
  • (+) Perusahaan asuransi Ramayana menghadirkan pilihan produk asuransi syariah. 
  • (+) Terdapat layanan aplikasi Askes Ramayana yang tersedia di Google Play dan App Store. 
  • (-) Perusahan asuransi Ramayana minim prestasi dan penghargaan. 

Sekilas tentang Asuransi Ramayana

Mengenai sejarah perusahaan, asuransi Ramayana mulanya dikenal dengan nama PT Maskapai Asuransi Ramayana yang diciptakan guna memenuhi kebutuhan proteksi atas barang-barang impor dan ekspor. Kemudian, perusahaan tersebut berganti nama menjadi PT Asuransi Ramayana dan disahkan pada tanggal 19 Juli 1986. 

Cukup banyak yang mempertanyakan mengenai status perusahaan asuransi Ramayana apakah BUMN? Sebagai informasi saja, Asuransi Ramayana tidak termasuk perusahaan asuransi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menariknya tidak hanya berfokus pada produk asuransi, pada tanggal 30 Januari 1990, asuransi Ramayana berhasil memperoleh Surat Izin Emisi Saham dari Bapepam untuk melaksanakan penawaran umum saham kepada masyarakat sebanyak dua juta lembar saham.

Di tahun yang sama, PT Asuransi Ramayana mendapatkan persetujuan untuk mencatatkan sahamnya secara parsial pada Bursa Efek Jakarta sebanyak satu juta lembar saham dengan nilai nominal masing-masing Rp1.000 per saham.

Asuransi Ramayana terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dengan Keputusan Menteri Kehakiman No. C.2.5040-HT01.04.TH 86 tanggal 19 Juli 1986. Pada tanggal 30 Januari 1990 Asuransi Ramayana juga memperoleh Surat Izin Emisi Saham dari Bapepam No. SI-078/SHM/MK.01/1990.

Asuransi Ramayana telah meraih beberapa penghargaan di antaranya adalah Infobank Insurance Award 2016 untuk kinerja keuangan dengan predikat Sangat Bagus untuk kinerja keuangan selama tahun 2015.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi asuransi Ramayana. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 151 persen.
  • Jumlah ekuitas: Rp405,785 miliar.
  • Jumlah aset: Rp1,478 triliun.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, serta perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas asuransi Ramayana mencapai 151 persen di tahun 2018. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

Asuransi Ramayana memiliki keuangan perusahaan yang cukup sehat. Meski mampu memenuhi standar rasio solvabilitas OJK, pencapaian tersebut masih terbilang biasa saja dan belum mampu bersaing dengan perusahaan asuransi kerugian pada umumnya yang mampu mencapai rasio sekurangnya 300 persen.

 
 

Pilihan Produk Asuransi Ramayana

Asuransi Ramayana khususnya cocok untuk nasabah yang menginginkan perlindungan lengkap pada kendaraan. Sebab, jenis kendaraan yang dapat dipertanggungkan pada asuransi mobil Ramayana terbilang lengkap, mulai dari sedan, jeep, wagon, double cabin, minibus, pick up, dan bus yang digunakan sebagai kendaraan pribadi, dinas, maupun komersial. 

Asuransi Ramayana memiliki sedikitnya 9 produk yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Berikut ini adalah daftar produknya beserta ulasan singkatnya:

Produk Properti

Produk properti meliputi 2 buah polis yang bisa digunakan oleh nasabah untuk melindungi harta bendanya dari berbagai macam risiko kerugian dan kehilangan. Beberapa keunggulan dari produk ini antara lain adalah Manfaat perlindungan dari kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap yang berasal dari kebakaran dan Opsi perluasan perlindungan dari sabotase, terorisme hingga huru hara.

Produk Kendaraan

Produk kendaraan terdiri dari 2 polis yang bisa digunakan oleh para nasabah sesuai dengan kebutuhannya masing-masing dalam melindungi aset kendaraan pribadinya. Beberapa keunggulan dari produk tersebut antara lain adalah Manfaat perlindungan dari tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok dan Opsi perluasan jaminan sabotase, terorisme hingga huru hara.

Produk Pengangkutan 

Produk pengangkutan sedikitnya memiliki 1 polis yang bisa digunakan oleh nasabah untuk melindungi barang yang sedang dalam pengiriman. Beberapa keunggulan dari produk ini anatra lain adalah Manfaat perlindungan darat, laut hingga udara serta Lingkup jenis perjalanan laut dari ICC A, ICC B hingga ICC C.

Produk Rekayasa 

Produk rekayasa memiliki sedikitnya satu buah polis yang bisa digunakan oleh nasabah yang ingin melindungi proyek yang sedang berjalan. Beberapa keunggulan dari produk ini antara lain adalah manfaat perlindungan terhadap pekerjaan utama, pekerjaan persiapan hingga Bahan-bahan yang di supply oleh pemilik serta Kepentingan yang dapat dilindungi meliputi Mesin-mesin berikut dengan peralatannya, biaya pengangkutan, bea cukai/bea masuk hingga biaya pemasangan.

Produk Hull & Aviation 

Produk Hull and Aviation memiliki sedikitnya 2 buah polis yang bisa digunakan oleh nasabah untuk melindungi pesawat atau kapal dari risiko kerugian yang mungkin terjadi. Beberapa keunggulan dari produk ini antara lain adalah Perlindungan kapal laut dari risiko Tenggelam, Kandas, Tabrakan, Menabrak Dermaga dan manfaat perlindungan terhadap mesin kapal.

Produk Aneka 

Produk aneka sedikitnya memiliki 3 polis yang bisa digunakan oleh nasabah guna melindungi aset yang dimiliki dari risiko kerugian dan kehilangan. Beberapa keunggulan dari produk ini antara lain adalah Manfaat perlindungan risiko ketika berada tempat penyimpanan uang (cash in safe), uang dalam kotak kasir (cash in cashier box) atau saat yang hendak diambil atau disetor ke bank (cash in transit) serta perlindungan selain uang, bisa juga dalam berbentuk cek atau surat berharga lainnya.

Produk Bond 

Produk bond sedikitnya memiliki 2 buah polis yang bisa digunakan oleh nasabah. Beberapa keunggulan dari produk ini antara lain adalah Manfaat perlindungan jaminan pelaksanaan, penawaran, pemeliharaan dan pembayaran uang muka serta manfaat perlindungan KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor).

Produk Syariah

Keunggulan produk asuransi ini adalah sudah pasti produk berdasarkan syariat Islam dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Produk Kesehatan

Produk kesehatan Ramayana memiliki satu polis yang bisa digunakan secara individu maupun kelompok guna melindungi dirinya dari risiko kesehatan. Beberapa keunggulan dari produk ini antara lain adalah manfaat perlindungan rawat inap dan jaminan tambahan yaitu rawat jalan, perawatan gigi, persalinan serta manfaat medical check up untuk tertanggung.

 

Daftar Polis Asuransi Ramayana

Asuransi Ramayana menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi properti, asuransi kendaraan, asuransi pengangkutan, asuransi rekayasa, asuransi hull & aviation, asuransi aneka, asuransi bond, asuransi syariah, dan asuransi kesehatan. 

Berikut pilihan polis asuransi Ramayana yang bisa dipertimbangkan:

Asuransi Properti

Asuransi Kebakaran

Produk asuransi Ramayana yang memberikan pertanggungan finansial atas risiko kerusakan properti akibat kebakaran. 

  • Manfaat perlindungan dari kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap yang berasal dari kebakaran
  • Opsi perluasan perlindungan dari sabotase, terorisme hingga huru hara
  • Opsi Manfaat gabungan polis dengan Jaminan Usaha.
Asuransi Properti

Property/Industrial All Risk

Produk asuransi Ramayana yang memberikan pertanggungan finansial atas risiko kerusakan properti. 

  • Manfaat perlindungan dari Kerusuhan, Pemogokan, Perbuatan Jahat dan Huru Hara
  • Manfaat jaminan perlindungan dari bencana alam seperti Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami.
  • Manfaat biaya arsitek, survei dan konsultan.
Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan Bermotor

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi pada kerusakan kendaraan akibat kecelakaan dan pencurian.

  • Manfaat perlindungan dari tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok
  • Opsi perluasan jaminan sabotase, terorisme hingga huru hara
  • Pilihan paket komprehensif atau TLO.
Asuransi Kendaraan

Asuransi Alat Berat

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi pada kerusakan alat berat.

  • Manfaat perlindungan alat berat Buldozer, Excavator, Grapple Loader hingga Dump Truck
  • Manfaat jaminan dari risiko kesalahan operasi, kelalaian atau perbuatan jahat karyawan
  • Opsi perluasan Gempa Bumi,Letusan Gunung Berapi, Tsunami.
Asuransi Rekayasa

Asuransi Risiko Pembangunan (CAR)

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi terhadap risiko pekerjaan proyek pembangunan.

  • Manfaat perlindungan terhadap Pekerjaan utama, Pekerjaan persiapan hingga Bahan-bahan yang di supply oleh pemilik.
  • Kepentingan yang dapat dilindungi meliputi Mesin-mesin berikut dengan peralatannya, Biaya pengangkutan, bea cukai/bea masuk hingga Biaya pemasangan
Asuransi Rekayasa

Asuransi Peralatan Elektronik (EEI)

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kerusakan peralatan elektronik.

  • Manfaat perlindungan atas Electronics Data Processing (Computer), Alat electris dan penyinaran di bidang kedokteran, Peralatan komunikasi hingga macam peralatan komunikasi
  • Manfaat perlindungan dari risiko Kebakaran, Disambar petir, Peledakan hingga Tertimpa pesawat terbang.
Asuransi Rekayasa

Asuransi Kerusakan Mesin

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kerusakan peralatan mesin.

Asuransi Hull & Aviation

Marine Hull Insurance

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kerusakan kapal laut. 

  • Perlindungan kapal laut dari risiko Tenggelam, Kandas, Tabrakan, Menabrak Dermaga
  • Perlindungan terhadap mesin kapal.
Asuransi Hull & Aviation

Airline Hull & Spares and Liability

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kerusakan pesawat terbang dan tanggung jawab pihak ketiga.

  • Perlindungan pesawat terbang dari pesawat udara (Hull), peralatan dan perlengkapan pesawat (Spares and Equipment), dan tanggung jawab hukum (Liability).
Asuransi Aneka

Money Insurance

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kerusakan atau kehilangan uang dalam penyimpanan. 

  • Manfaat perlindungan risiko ketika berada tempat penyimpanan uang (cash in safe), uang dalam kotak kasir (cash in cashier box) atau saatuang hendak diambil atau disetor ke bank (cash in transit)
  • Selain uang, bisa juga dalam berbentuk cek atau surat berharga lainnya.
Asuransi Aneka

Asuransi Kecelakaan Diri

Produk asuransi Ramayana yang memberikan uang pertanggungan saat mengalami risiko kecelakaan diri.

  • Manfaat perlindungan dari keracunan, mati lemas hingga terkena virus
  • Manfaat perlindungan cacat tetap total dan meninggal dunia
  • Opsi perluasan hingga huru hara.
Asuransi Aneka.

Asuransi Liability

Produk asuransi Ramayana yang memberikan ganti rugi terhadap tanggung jawab pihak ketiga.

  • Manfaat perlindungan dari risiko Comprehensive General Liability, Public Liability, Professional Indemnity, Automobile Liability, Golfer Indemnity, Director and Officer Liability.
Asuransi Bond

Asuransi Surety Bond

Produk asuransi penjamin atau perjanjian Ramayana yang memberikan jaminan terhadap kewajiban tertentu dalam bisnis atau perbankan.

  • Manfaat perlindungan jaminan pelaksanaan, penawaran, pemeliharaan dan pembayaran uang muka.
Asuransi Bond

Asuransi Custom Bond

Produk asuransi penjamin atau perjanjian Ramayana yang serupa dengan surety bond.

  • Manfaat perlindungan KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor).
Asuransi Syariah

Asuransi Syariah

Produk asuransi Ramayana berbasis syariah untuk berbagai jenis pertanggungan asuransi yang tersedia. 

  • Manfaat perlindungan pengelolaan premi sesuai dengan prinsip syariah.
Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Produk asuransi kesehatan Ramayana untuk karyawan/karyawati, termasuk istri/suami, dan anak dari karyawan/karyawati pemegang polis. 

  • Manfaat perlindungan rawat inap dan jaminan tambahan yaitu rawat jalan, perawatan gigi, persalinan.
  • Manfaat medical check up untuk tertanggung
  • Opsi perpanjangan polis setelah satu tahun berlangsung
 

Berita Terbaru

April 2020 - PT Asuransi Ramayana Tbk alami penurunan laba pada tahun 2019 akibat peningkatan klaim di lini bisnis kendaraan pribadi. Berdasarkan laporan keuangan terbaru, Asuransi Ramayana meraih untung senilai Rp 62,86 miliar, turun 17,92% secara periode tahunan atau biasa disebut dengan year on year (yoy) dibandingkan pada tahun 2018 yang menyentuh angka Rp 76,59 miliar.

Penurunan untung terjadi karena kenaikan beban klaim bruto yang tercatat sebesar Rp 853,52 miliar di tahun 2019. Nilai itu meningkat 50,04% secara yoy jika dibandingkan 2018 yang berada di angka Rp 568,86 miliar. Klaim paling tinggi terjadi pada lini bisnis kendaraan pribadi atau bermotor yang meningkat 26,38% menjadi sekitar Rp 351,52 miliar.

Tidak hanya itu, klaim pada lini bisnis produk aneka juga naik 166,61% secara yoy berada di angka Rp 395,54 miliar pada tahun lalu. Padahal pihak manajemen berhasil menekan angka klaim bruto pada bagian bisnis properti yang turun sebesar 48,25% secara yoy di 2019.

Padahal bisnis Asuransi Ramayana mampu tumbuh sebanyak double digit pada tahun lalu, dimana pendapatan bruto mencatatkan angka senilai Rp 1,46 triliun. Angka tersebut meningkat 29,86% secara yoy dibandingkan dengan raihan tahun 2018 sebesar Rp 1,13 triliun.

Memang bisnis Asuransi Ramayana ditopang oleh asuransi kendaraan pribadi atau bermotor yang memberikan kontribusi kepada perusahaan sebesar 63,99% dari total portofolio usaha. Keuntungan premi produk ini meningkat sebesar 28,21% secara yoy dari angka Rp 733,10 miliar ke angka Rp 939,93 miliar pada tahun 2019 yang lalu.

Mei 2018 - Diumumkan melalui laman Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perusahaan asuransi Ramayana akan membagikan dividen tunai dari laba tahun 2017 senilai Rp100 per saham kepada pemegang saham.

Pada Senin Mei 2018, saham PT Asuransi Ramayana Tbk diperdagangkan pada level Rp2,350 per saham. Artinya, jika investor membeli saham pada harga tersebut, maka peluang yield dividen sekitar 4,26 persen.

 

Tanya Jawab

Berikut ini adalah beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah terkait Asuransi Ramayana.

Pengalaman selama kurang lebih 60 tahun di bidang asuransi membuktikan bahwa Asuransi Ramayana memiliki komitmen yang kuat terhadap pelanggan serta mengeluarkan inovasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan nasabah di Tanah Air. Laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan ini juga terbilang cukup baik.

Salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh asuransi Ramayana adalah produk properti yang memberikan Manfaat perlindungan dari kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap yang berasal dari kebakaran dan opsi perluasan perlindungan dari sabotase, terorisme hingga huru hara.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, perusahaan ini bisa dikategorikan sebagai perusahaan asuransi yang baik untuk dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Asuransi Ramayana terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dengan Keputusan Menteri Kehakiman No. C.2.5040-HT01.04.TH 86 tanggal 19 Juli 1986. Pada tanggal 30 Januari 1990 Asuransi Ramayana juga memperoleh Surat Izin Emisi Saham dari Bapepam No. SI-078/SHM/MK.01/1990. 

Asuransi Ramayana memiliki keunggulan di produk kendaraan bermotor yang memiliki rekanan bengkel yang luas serta pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan. Itu bisa dilihat dari jumlah lini usaha perusahaan didominasi oleh produk kendaraan bermotor.

Tidak hanya kendaraan roda dua atau empat, Asuransi Ramayana juga memiliki lini produk untuk kendaraan alat berat.

Cari tahu premi asuransi Ramayana dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Asuransi Ramayana bisa Anda dapatkan secara online, sehingga proses pembeliannya pun lebih praktis tanpa harus mendatangi kantor cabang asuransi Ramayana terdekat sekalipun. Anda hanya perlu menghubungi call center resmi Ramayana. 

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan produk dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, Anda mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Pembayaran premi asuransi Ramayana bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Sila menghubungi call center Ramayana, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Berikut ini adalah cara klaim kendaraan bermotor dan non kendaraan bermotor asuransi Ramayana.

PELAPORAN KLAIM KENDARAAN BERMOTOR

  • Untuk klaim kendaraan bermotor di Jakarta,
    Hubungi langsung Layanan Klaim Kendaraan Bermotor dengan alamat :
    Kantor Pusat
    Jl. Kebon Sirih No. 49
    Jakarta 10340 – P.O. Box 4685
    Phone: (021) 319 37148 (Hunting)
    Fax: (021) 319 34825
  • Untuk klaim kendaraan bermotor di luar Jakarta
  • Hubungi langsung Kantor Cabang Asuransi Ramayana dimana polis Asuransi Anda diterbitkan.
  • Pelaporan klaim tidak lebih 3 x 24 jam sejak kejadian klaim.Dokumen-dokumen pendukung klaim yang diperlukan seperti : Polis, Surat Keterangan Pihak Berwajib dan dokumen-dokumen pendukung klaim lainnya.

PELAPORAN KLAIM NON KENDARAAN BERMOTOR

  • Untuk klaim diluar polis asuransi kendaraan bermotor baik di Jakarta maupun di luar Jakarta, pelaporan awal dengan menghubungi Kantor Cabang Asuransi Ramayana di mana polis diterbitkan.
  • Pelaporan klaim segera setelah kejadian sesuai dengan waktu pelaporan klaim yang tercantum pada polis.
  • Dokumen-dokumen pendukung klaim yang diperlukan.

Untuk formulir sendiri bisa melihat di link berikut ini.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian asuransi kesehatan biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu cashless dan reimbursement. Penggantian asuransi kendaraan dilakukan berdasarkan jenis kerugian yang dialami disesuaikan dengan polis asuransi. Penggantian asuransi umum lain, seperti asuransi perjalanan dan asuransi kerugian lainnya, dilakukan berdasarkan metode penggantian yang sudah disepakati dalam polis dengan syarat tertentu. 

Jika nasabah merasa isi dari perjanjian yang tercatat dalam buku polis tidak sesuai dengan penjelasan sebelumnya ataupun ternyata produk yang telah dimiliki kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan. Adapun beberapa cara yang bisa Anda tempuh, seperti: 

  • Ajukan penutupan polis asuransi melalui agen Ramayana yang dulu menawarkan diri pada Anda.
  • Datang langsung ke kantor cabang asuransi Ramayana dan ajukan penutupan.
  • Datang langsung ke kantor pusat asuransi Ramayana. 
  • Hubungi call center asuransi Ramayana untuk mengajukan penutupan polis.

Untuk memberikan gambaran jelas, Anda bisa mengikuti prosedur umum berikut ini: 

  1. Hubungi call center asuransi Ramayana di nomor 1500049.
  2. Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
  3. Mengisi formulir dengan lengkap.
  4. Mengembalikan buku polis asuransi.
  5. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  6. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
  7. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  8. Cara berhenti asuransi Ramayana juga dapat dilakukan langsung lewat agen asuransi Anda. 

Yang pasti, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Kemudian, biasanya Anda akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo. Informasi lebih lengkap seputar cara penutupan polis, sila hubungi Prudential, agen, atau broker terkait.

Asuransi Ramayana sendiri bekerja sama dengan pihak ketiga yakni AdMedika untuk memudahkan nasabah dalam melakukan proses pengobatan serta klaim asuransi di rekanan rumah sakit seluruh Indonesia.

AdMedika sendiri adalah administrasi pihak ketiga pertama di Tanah Air yang menyediakan layanan kesehatan klaim administrasi yang terintegrasi dengan teknologi sehingga mampu memudahkan nasabah dalam menggunakan asuransi.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini asuransi Ramayana. Ramayana tidak mencantumkan informasi mengenai keagenan perusahaan asuransi dalam situs resminya. 

Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara asuransi Ramayana dengan calon nasabah.

Layanan nasabah atau call center asuransi Ramayana dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim asuransi Ramayana, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut.

Call Center Asuransi Ramayana

  • Customer Care Centre: Asuransi Ramayana Kebon Sirih, Jalan Kebon Sirih No. 49, Jakarta 10340 – 4685
  • Asuransi Ramayana Call Center: 1500049
  • Email: [email protected] 
  • Faksimile: (021) 31934825
  • Situs resmi: ramayanainsurance.com

Layanan Asuransi Ramayana

  • Askes Ramayana: Layanan aplikasi pemegang polis askes Ramayana untuk mengetahui info kepesertaan, manfaat, artikel kesehatan, merchant promo, info produk, ask doctor, helpdesk AdMedika, dan buku manual. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play dan App Store. 

Rumah sakit rekanan Asuransi Ramayana tersebar luas di Indonesia. Berikut adalah daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi Ramayana. 

DKI Jakarta

  • RS Jakarta Eye Center Kedoya, Jalan Terusan Arjuna Utara No. 1, Kedoya, Jakarta Barat, Telepon: +62 21-29221000. 
  • RS Pelni, Jalan Aip II K.S. Tubun, No. 92-94, Pertamburan, Jakarta Barat, Telepon: +62 21-5306901/ 5349475/ 5460608/ 5484809021/ 5484809.
  • RS Hermina Daan Mogot, Jalan Kintamani Raya No. 2, Kaw. Daan Mogot Baru, Jakarta Barat, +62 21-5408989.
  • RS MH Thamrin Internasional, Jalan Salemba Tengah No. 26-28, Jakarta Pusat, Telepon: +62 21-3904422.
  • RS Husada, Jalan Salemba Tengah No. 26-28, Jakarta Pusat, Telepon: +62 21-6260108/ 6490090. 
  • RS Jakarta, Jalan Jendral Sudirman Kav. 49, Jakarta Pusat, Telepon: +62 21-732241/ 5741828/ 5741828. 
  • RS Pondok Indah, Jalan Metro Duta, Kav. UE, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Telepon: +62 21-7657525. 
  • RS Agung, Jalan Sultan Agung No. 67, Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Telepon:+62 21-8294955/ 8305768/ 8282795/ 83794207 208. 
  • RS Jakarta Medical Center, Jalan Buncit Raya, No. 15, Jakarta Selatan, Telepon: +62 21-7980888/ 7985177. 
  • RS Kartika Pulo Mas, Jalan Pulo Mas Timur Blok G-H-C/1, Jakarta Timur, Telepon: +62 21-4703333/ 4703333. 
  • RS Haji Jakarta, Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur, Telepon: +62 21-8000693/ 8000695. 
  • RS Omni Medical Center, Jalan PuloMas Barat VI, No. 20, Jakarta Timur, Telepon: +62 21-4723332/ 4722719. 
  • RS Mitra Kemayoran, Jalan Landas Picu Timur, Kemayoran, Jakarta Utara, Telepon: +62 21-6545555. 
  • RS Puri Medika, Jalan Sungai Bambu Raya, No. 5, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Telepon: +62 21-43903355/ 43931975. 
  • RS Islam,, Jalan Tipar Cakung No. 5, Jakarta Utara, Telepon: +62 21-4400781/ 4400778. 

Jawa Barat

  • RS Hermina Arcamanik, Jalan AH.Nasution, KM 7, No 50, Arcamanik Bandung, Jawa Barat, Telepon: +62 22-87242525. 
  • RS Hosana Medica Bekasi, Jalan Pramuka No.12, Rawa Lumbu, Bekasi, Jawa Barat, Telepon: +62 21-8221570/ 8221573. 
  • RSUD Kota Bogor, Jalan Dr. Sumeru No. 120, Menteng, Bogor Barat, Jawa Barat, Telepon: +62 251-8312292. 
  • RS Simpangan Depok, Jalan Raya Bogor, KM. 36, Telepon: +62 21-8741549. 
  • RS Islam Assyifa, Jalan Jendral Sudirman No. 27, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon: +62 266-222663/ 218672/ 241463/ 223742/ 223742/ 21343. 

Jawa Tengah

  • RS St Elisabeth, Jalan Dr Angka No. 40, Purwokerto, Jawa Tengah, Telepon: +62 281-627384/ 631761/ 635278. 
  • RS Hermina Banyumanik, Jl Jendral Polisi Anton Soedjarwo No. 195 A, Semarang, Jawa Tengah, +61 24-76488989. 
  • RS St Elisabeth, Jalan Kawi No. 1, Semarang, Jawa Tengah, Telepon: +62 24-8310076/8310035. 
  • RS Dr Oen Solo Baru, Komp. Perumahan Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa tengah, Telepon: +62 271-620220. 
  • RS Palang Biru Kutoarjo, Jalan Maditomo 17, Kutoarjo-Purworejo, Jawa Tengah, Telepon: +621 275-641425. 

Jawa Timur 

  • RS Wates  Husada, Jl Raya Wates Utara Kedungpring, Balongpanggang, Gresik, Jawa Timur, Telepon: +62 31-7922351. 
  • RS Bina Sehat, Jalan Jayanegara No. 7, Hember, Jawa Timur, Telepon: +62 331-422701/ 424304/ 421713. 
  • RSIA Melati Husada, Jalan Kawi No. 32, Malang, Jawa Timur, Telepon: +62 341-336271/ 341357. 
  • RS Reksa Waluya, Jalan Mojopahit, No. 422, Mojokerto, Jawa Timur, Telepon: +62 321-322170/ 322171/ 3937. 
  • RS Dharma Husada, Jalan Soekarno Hatta No. 10, Sidoarjo, Jawa Timur, Telepon: +62 335-422176. 
  • RS Mitra Keluarga Waru, Jalan Raya Letjen S. Parman No. 8, Sidoarjo, Jawa Timur, Telepon: +62 8543111/ 8542111. 

Sumatera 

  • RS Hermina Palembang, Jalan Basuki Rahmat No. 897, RT.001/003 Kel. 20, Ilir II Kec. Kemuning, Palembang, Sumatera Selatan, Telepon: +62 711-352525. 
  • RS Bunda Palembang, Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Sumatera Selatan, Telepon: +62 711-312866/ 3118660711/ 311866. 
  • RS Imelda Pekerja Indonesia, Jalan Bilal No. 24 Pulo Brayan Darat I Medan Timur, Sumatera Utara, Telepon: +62 61-6610072/ 6631380. 
  • RS Siloam Dhirga Surya, Jalan Imam Bonjol No. 6 Kel Petisah Medan, Sumatera Utara, Telepon: +621 61-88881900 ext 22601. 
  • RS Mitra Sejati Medan, Jalan AH. Nasution Pangkalan Mahsyur No. 7, medan, Sumatera Utara, Telepon: +62 61-7875967/ 7881682. 

Kalimantan 

  • RSIA Anugerah Bunda Khatulistiwa Jalan Ahmad Yani No. 507, Pontianak, Kalimantan Barat, Telepon: +62 561-581818. 
  • RS Sari Mulia, Jalan Pangeran Antasari No. 139B, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Telepon: +62 511-3274447/ 3261491/ 3252570/ 266960. 
  • RS Balikpapan Baru Komp. Balikpapan Baru, Jalan Mt. Haryono Blok A-A3, Kalimantan Timur, Telepon: +62 542-877330. 
  • RS Siaga Ramania, Jalan Ramania 3 (Jalan Jend Seoparto), Samarinda, Kalimantan Timur, Telepon: +62 541-739772. 
  • RS Santo Vincentius Singkawang, Jl P. Diponegoro No.5, Kalimantan Barat, Telepon: +62 562-631008. 

Sulawesi 

  • RS Awal Bros Makassar, Jalan Jend Urip Sumoharjo No. 43, Makassar, Sulawesi Selatan, Telepon: +62 411-454567/ 45272. 
  • RS Siloam Hospital Makassar, Jalan Metro Tanjung Bungka Kav. 9, Panambungan, Kec. Marisso, Makassar, Sulawesi Selatan, Telepon: +62 411-8117555/ 8117430/ 5290000/ 3662900. 
  • RS Bintang Laut, Jalan K HM Kasyim No. 5 Palopo, Sulawesi Selatan, Telepon: 471-21302/ 21059. 
  • RS Siloam Hospital Manado, Jalan Sam Ratulangi No. 22, Manado, Sulawesi Utara, Telepon: +62 431-8883180/ 8883131/ 8883911. 
  • RS Advent Manado, Jalan 14 Februari No. 1, Teling Atas Sulawesi Utara, Telepon: +62 431-847950/ 8584. 

Maluku 

  • RS Bhakti Rahayu Ambon, Jalan Baru Kerbau, Belakang RRI, Ternate, Maluku, Telepon: +62  911-342746. 
  • RS Medika Harifalm, Jalan Zainal Abidinsyah No. 25, Komplex Pohon Pala, Maluku Utara, Telepon: +62 921-3126087. 

Papua 

  • RS Pertamina Sorong, Jalan Ahmad Yani No. 13, Sorong, Papua Barat, Telepon: +62 951-321362/ 321581. 

Berikut ini adalah nama daftar bengkel rekanan Asuransi Ramayana yang bisa dikunjungi oleh nasabah:

  • ASTRIDO YOS SUDARSO Jl. Yos Sudarso No.19 Jakarta Utara Tel. : 021 43937450 ; 43937451 ; 43930025 ; 4303206 ; 4300777 Fax. : 021 4303213 Email : [email protected] Cecep Tri
  • ASTRA INTERNATIONAL BMW SUNTER Jl. Gaya Motor Selatan No.1 Sunter II Jakarta Utara Tel. : 021 6509595 ext 712 Fax. : 021 6521085 Email : [email protected] Hergha
  • ASTRA INTERNATIONAL ISUZU Jl. Danau Sunter Utara Blok O3 Kav.30 Sunter II Jakarta Utara Tel. : 021 6501000 ext 3601 Fax. : 021 6513616 Email : cahyan[email protected] Cahyandari
  • AYUN JAYA MOTOR Jl. Danau Sunter Selatan Blok O3 Kav.43-44 Tel. : 021 65834555 ; 65835555 Fax. : 021 6507811 ; 6510149 Email : [email protected] Robby Jaya, Sri Mulyati , Dani
  • DINARTI PUTRO Jl. Walang Baru No 7 Plumpang – Semper – Jakarta Utara Tel. : 021 43936105, 70979315 Fax. : 021 4372591 Email : [email protected] Uri, Bela Hedianto
  • AUTO 2000 SUNTER (DEALER TOYOTA) Jl. Gaya Motor III No.3, Rw.8, Sungai Bambu, Tj. Priok, Kota Jakarta Utara Tel. : 021 2602000 
  • ASTRA BMW SIMATUPANGJl. Ra Kartini Kav 203 Cilandak Jl. Sultan Iskandar Muda No. 1 A Tel. : 021 7500335 Fax. : 021 7664733 Email :
  • ASTRIDO PONDOK INDAH Jl. Sultan Iskandar Muda No. 1 A Jl. Mampang Prapatan Raya No. 69-70 Tel. : 021 7269969 Fax. : Email : – ,Endang Nopiana, Khairul Fikri, Nirman
  • PT. MERCINDO AUTORAMA Jl. Mampang Prapatan Raya No. 69-70 Tel. : 021 7982304 Fax. : 021 7989204 Email : [email protected] Yanto, Karnadi/Naomi, Pipit
  • PT. AUTO DAYA KEISINDO (HONDA TENDEAN)Head Officee : Jl. Kapten Tendean No.8 Body & Paint : Jl. Warung Buncit Barat No.16 Tel. : 021 7195240 ; 7182022 ; 78845073 Fax. : 021 7195243 ; 78831502 Email : – ,Donny Prihardono ,Hasmin ,Safrudin
  • PT. SETIANITA MEGAH MOTOR (HONDA TEBET) Jl. Prof. Dr. Soepomo Sh. No. 44 Tebet Tel. : 021 83709202 ; 83709203 Fax. : 021 8281395 Email : –
  • ASTRA ISUZU WR. BUNCIT Jl. Buncit Raya No. 9 – Jakarta Selatan Jl. Arteri Pondok Indah Kav 1 Simprug, Jakarta Selatan Tel. : 021 7944450 ; 08158700825 Fax. : – Email : – ,Dindo Ricky ,Dwi
  • SIMPRUG MOBIL Jl. Arteri Pondok Indah Kav 1 Simprug, Jakarta Selatan Tel. : 021 72799999 ; 72789999 Fax. : 021 720 4309 Email : [email protected] Sri Desni
  • TUNAS TOYOTA CIPUTAT Jl. Dewi Sartika No 187 Ciputat Tel. : 021 7490724-26 Fax. : 021 7401421 Email : [email protected] ,Gebi ,Andi
  • TUNAS TOYOTA BINTARO Jl. R.C. Veteran No 24 Bintaro Jakarta 12330 Tel. : 021 7350555 Fax. : 021 7350314 Email : [email protected], Demmy Korompis, Usup
  • PT. PERMATA HIJAU AUTOMEGAH (HONDA PERMATA HIJAU) Jl. Kebayoran Lama No,10 Tel. : 021 5332566 ; 5326333 Fax. : – Email : – 
  • EM SEMBILAN LIMA Jl. Raya Rs. Fatmawati Lebak Bulus III No. 9 Tel. : 021 7514478 ; 7650892 Fax. : 021 7504238 Email : [email protected] ; [email protected] ,Syaiful Bahri, Dian, Ade
  • PT. GALAKSI TOPAN MEGAH MOTOR [GALAKSI MOTOR] Jl. Rempoa Raya No 100 Tel. : 021 7237694 ; 7354706; 98998250 Fax. : 021 7202524 ; 7503556 Email : – ,Dwi
  • PT. GEMA MITRA ABADI Jl. Tanjung Barat Raya No.145-B (Belakang Univ. Tama Jagakarsa) Tel. : 021 78833906 ; 78834018 Fax. : 021 7812431 Email : [email protected]

Asuransi Ramayana memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di wilayah Indonesia. Hingga tahun 2018, asuransi Ramayana berkantor pusat di Jakarta dan memiliki sejumlah kantor cabang di wilayah Bekasi, Bogor, dan masih banyak lagi. 

Alamat Kantor Pusat Asuransi Ramayana

PT ASURANSI RAMAYANA TBK

Prudential Tower

Jalan Jenderal Sudirman kav. 79

Jakarta 12910, INDONESIA.

Telp: (021) 2995 8888 

Faks: (021) 2995 8800

Email: [email protected]

www.ramayanainsurance.com

Kantor Cabang Asuransi Ramayana

  • Kirana Boutique Office Blok A 2 No 3, Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading, Jakarta 14240, Telepon: +62 21-29375501/ 29375502, Faks: +62 21-29375499.
  • Grand Puri Niaga Blok K6 No 1 I-J, Jalan Puri Kencana, Jakarta Barat 11610, Telepon: +62 21-58351515/ 58351514. 
  • Komp. Pondok Indah Plaza I Blok UA 2-3, Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310, Telepon: +62 21-7658355 – 57/ 75913009, Faks: +62 21-7694725. 
  • Jalan Wolter Monginsidi No. 122-124, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12170, Telepon: +62 21-7225996-98, Faks: +62 21-7227404. 
  • Ruko Sutera Niaga II No. 20, Alam Sutera Serpong, Telepon: +62 21-53122299 Faks: +62 21-53124048. 
  • Ruko Suncity Square Blok A No. 10, Jalan Mayor Hasibuan, Bekasi 17114, Telepon:+62  21-88960210/ 88863637/ 8863668, Faks: +62 21-88863675. 
  • Jalan Raya Pajajaran No. 59E, Baranangsiang, Bogor, Telepon: +62 251-8313969/ 8315606, Faks: +62 251-8351147. 

Semua ulasan di Lifepal.co.id merupakan kumpulan informasi yang dikutip langsung dari laman resmi perusahaan asuransi.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.ramayanainsurance.com/index.php
  • http://ramayanainsurance.com/downloads/Annual_Report_ASRM_2018.pdf
  • https://investasi.kontan.co.id/news/asuransi-ramayana-akan-bagikan-dividen-rp-100-per-saham
  • https://keuangan.kontan.co.id/news/meski-pendapatan-premi-tumbuh-laba-asuransi-ramayana-turun-1792-di-2019
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis