Asuransi Takaful Umum

3.5 / 5.0 (2.676 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
FLASHSALE
Diskon 10%
  • CORET_32_PD
71 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Takaful Umum: Daftar Produk & Premi 

Takaful Umum adalah perusahaan yang berfokus pada produk asuransi umum atau kerugian, seperti asuransi mobil, asuransi proyek, asuransi harta benda, dan lain sejenisnya. Asuransi Takaful Umum unggul pada produk asuransi mobil dengan manfaat polis lengkap dan premi bersahabat.

Untuk polis Total Loss Only (TLO) bisa didapat di Lifepal dengan premi Asuransi Takaful mulai dari Rp41 ribuan saja per bulan dan All Risk mulai dari Rp231 ribu per bulan!

Beli polis Asuransi Mobil Takaful sekarang dan dapatkan juga diskon 10 persen hanya di Lifepal!

Daftar Polis Asuransi Takaful Umum

Produk yang dihadirkan Asuransi Syariah Takaful juga terbilang sangat lengkap. Berikut beberapa pilihan serta rangkuman pertanggungan masing-masing polis:

Rangkuman Manfaat Produk Asuransi Takaful

Produk asuransinya terbagi menjadi delapan kategori yang berbeda. Masing-masing memiliki fungsi dan keunggulannya tersendiri. Berikut daftar produknya: 

ProdukManfaat
Asuransi KendaraanGanti rugi atas risiko kerugian pada kendaraan yang diasuransikan. Pilihan TLO + All Risk
Asuransi ProyekGanti rugi atas risiko kerugian pada mesin yang dapat mengganggu kelangsungan proyek
Tanggung Jawab Hukum Pihak KetigaGanti rugi jika terjadi kerugian pada pihak ketiga
Asuransi PropertiGanti rugi atas risiko kerugian pada jenis properti yang diasuransikan
Asuransi UangGanti rugi atas risiko kerugian pada uang atau dokumen penting yang diasuranskan
Asuransi PengangkutanGanti rugi atas risiko kerugian pada barang selama proses pengakutan
Asuransi Harta BendaGanti rugi atas risiko kerugian pada aset yang diasuransikan
Asuransi Kecelakaan DiriPertanggungan biaya medis + santunan meninggal + cacat tetap akibat kecelakaan

Premi Asuransi Takaful

Premi di dalam asuransi syariah seperti Takaful disebut dengan kontribusi. Harga kontribusi untuk setiap polis umumnya berbeda-beda, biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu.

Sementara, pembayaran kontribusi Takaful kini sudah dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai autodebet, setor tunai, hingga melalui virtual account.  Berikut penjelasan prosedurnya:

Keuntungan Beli Asuransi Takaful di Lifepal

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila membeli Asuransi Takaful di Lifepal. Apa aja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kontribusi (Premi) Ringan

Jika Anda membeli Asuransi Takaful di Lifepal, Anda akan mendapatkan harga kontribusi paling ringan. Bahkan, Anda bisa langsung mendapatkan flashsale diskon sebesar 10 persen untuk pembelian polis Asuransi Takaful langsung di Lifepal!

2. Bantuan Klaim Secara Online

Tak hanya mendapatkan kontribusi yang ringan, di Lifepal Anda juga akan mendapatkan bantuan jika klaim yang Anda ajukan ditolak oleh perusahaan asuransi. Tim Lifepal akan memastikan Anda mendapatkan manfaat asuransi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati bersama. Berikut informasi bantuan Tim Lifepal.

PT Lifepal Technologies Indonesia

Jl. Benda No. 92 RT5/RW4, RT.2/RW.4,

Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Jakarta,

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560

Email: [email protected]

WhatsApp: 0823-3003-0027 

Phone: 021-3111-6121

3. Tersedia Fitur Perbandingan 

Di Lifepal, Anda tidak hanya sekadar membeli asuransi saja. Tapi juga bisa membandingkan beragam polis dan kontribusi (premi) dari Asuransi Takaful dengan berbagai perusahaan yang berbeda. Dengan adanya fitur ini, Anda pun bisa mendapatkan asuransi dengan manfaat terbaik dan premi termurah.

Beli Asuransi Takaful kini sangat mudah dan cepat melalui Lifepal! Berikut langkah-langkahnya:

Cara Klaim Asuransi Takaful Umum

Prosedur pengajuan klaim Takaful Umum sebenarnya sangat mudah sekali. Perbedaan hanya terletak pada jenis klaim yaitu klaim untuk kendaraan bermotor dan klaim untuk non kendaraan bermotor. Berikut adalah informasi lengkap untuk langkah-langkah mengajukan klaim Asuransi Takaful:

Layanan Nasabah dan Call Center Takaful Umum

Untuk mendapatkan layanan nasabah dapat mengunjungi langsung kantor pusat/ cabang, atau bisa juga melalui call center Takaful Umum. Berikut informasi lengkapnya: 

Alamat PT Asuransi Takaful Umum

Graha Kospin Jasa Lantai 3, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.1

Jakarta Selatan 12870, Indonesia Lihat Peta

Call Center: (021) 79190005

Phone : (021) 285 43111

Fax : (021) 285 43222

Email : [email protected]

www.takafulumum.co.id

www.takaful.co.id

Bengkel Rekanan Asuransi Takaful Umum

Asuransi Takaful Umum memiliki rekanan bengkel yang tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Berikut adalah daftar bengkel yang menjadi rekanan perusahaan.

Sekilas Tentang Asuransi Takaful Umum

PT Asuransi Takaful Umum merupakan salah satu perusahaan asuransi umum syariah pertama di Indonesia. Pembentukan perusahaan ini tidak terlepas dari peran PT Syarikat Takaful Indonesia (Takaful Indonesia) pada tanggal 24 Februari 1994. 

Perusahaan syariah ini menawarkan produk asuransi umum yang memberikan proteksi terhadap kendaraan bermotor, kecelakaan diri, harta benda, pengangkutan, aneka, rekayasa, dan salah satu produk unggulan Takaful Umum adalah asuransi haji dan umroh. 

Berita Terbaru Asuransi Takaful Umum

Pertanyaan Seputar Asuransi Takaful

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah maupun nasabah terkait Takaful Umum, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Apa Itu Takaful?

Takaful adalah salah satu unit usaha asuransi berbasis syariah dari PT Syarikat Takaful Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu pelopor perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia yang berdiri tahun 1994. 

PT Syarikat Takaful Indonesia memiliki dua unit usaha, pertama PT Asuransi Takaful Umum yang bergerak di bidang asuransi jiwa dan umum syariah, dan PT Asuransi Takaful Keluarga.

Siapa Pendiri Takaful?

Asuransi Takaful Indonesia sendiri bisa berdiri karena tak lepas dari peran Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Saat itu, mereka sebagai pemrakarsa bekerja sama dengan Bank Muamalat Indonesia, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, para pengusaha muslim di Indonesia, serta bantuan bantuan dari Syarikat Takaful Malaysia.

Takaful Indonesia berdiri pada tanggal 24 Februari 1994. Tidak lama berselang tepatnya di Mei 1994, Takaful Indonesia meluncurkan dua unit usaha mereka yaitu PT Asuransi Takaful Keluarga dan PT Asuransi Takaful Umum. 

Peresmian beroperasinya Takaful Umum sendiri dilakukan langsung oleh Menristek saat itu Prof. Dr. B.J. Habibie, yang juga merupakan pendiri ICMI.

Apakah Asuransi Takaful Halal?

Majelis Ulama Indonesia sendiri sudah memiliki aturan sendiri terkait pelaksanaan asuransi yang halal. Paling utama adalah harus mengedepankan prinsip-prinsip syariat Islam. Berikut ini indikator dari asuransi-asuransi halal menurut MUI: 

  • Mengedepankan prinsip tolong-menolong.
  • Berbagi risiko dan keuntungan.
  • Menyelesaikan permasalahan dengan jalan musyawarah. 
  • Menerapkan akad dalam proses pembelian produknya. 

Perusahaan asuransi umum berbasis syariah seperti Takaful yang mana proses pelaksanaan kegiatan asuransinya, dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip syariat Islam.

Asuransi Takaful Bangkrut?

Asuransi Takaful pernah mengalami kelesuan di tahun 2017 silam. Perusahaan membutuhkan suntikan modal segar untuk bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah maupun calon nasabah. Keputusan melepaskan saham mayoritas Takaful Umum pun dilakukan oleh Syarikat Takaful. Alhasil, kepemilikan mayoritas itu diambil oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) dengan persentase kepemilikan mencapai 95 persen.

Apa itu Takaful Keluarga?

Takaful Keluarga adalah salah satu unit usaha dari PT Syarikat Takaful Indonesia yang didirikan pada tahun 1994 silam. Takaful Keluarga sama dengan Takaful Umum, yaitu sama-sama menyediakan asuransi berbasis syariah. Meski sama, produk-produk asuransi yang mereka tawarkan berbeda.

Apa itu Takaful Umum Kospin?

Kepemilikan Takaful Umum Kospin sendiri mayoritas sudah dipegang oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa) pada tahun 2017 silam. Meski kepemilikannya beralih, perusahaan tetap menyediakan berbagai produk asuransi umum berbasis syariah yang bisa dijadikan pilihan oleh masyarakat luas.

Perbedaan Takaful Umum dan Takaful Keluarga

Takaful Umum dan Takaful Keluarga sama-sama merupakan unit usaha dari PT Syarikat Takaful Indonesia. Selain itu, keduanya juga menyediakan produk asuransi berbasis syariat Islam. 

Namun saat ini, mayoritas saham PT Asuransi Takaful Umum telah dimiliki oleh PT Koperasi Simpan Pinjam Jasa (Kospin Jasa). 

Selain perbedaan kepemilikan itu, produk asuransi keduanya juga memiliki perbedaan. Takaful Umum memiliki beragam produk asuransi yang lebih tepat untuk melindungi harta benda, seperti kendaraan, bangunan, barang, dan properti. Sementara Takaful Keluarga lebih kepada produk-produk asuransi yang melindungi keluarga seperti asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, kecelakaan diri, dan asuransi lain yang sifatnya personal.

Cara Pembayaran Premi Asuransi Takaful Umum

Pembayaran premi Asuransi Takaful bergantung pada jenis produk asuransi yang Anda pilih. Terdapat beberapa cara pembayaran kontribusi (premi) bagi nasabah. Premi asuransi Takaful dapat dibayarkan melalui: 

  • Autodebet rekening/kartu kredit
  • Setor tunai melalui Pos Indonesia
  • Pembayaran via virtual account melalui internet banking bank Muamalat.
  • Internet Banking Bank Syariah Mandiri

Untuk informasi dan prosedur pembayaran selengkapnya, sila cek tab Premi.

Cara Berhenti Asuransi Takaful Umum

Ikuti prosedur dan lengkapi dokumen polis asuransi lengkap jika akan berhenti Asuransi Takaful secara umum berikut ini:

  1. Hubungi call center melalui nomor (021) 285 43111.
  2. Unduh dan isi data formulir pembatalan asuransi/surrender.
  3. Mengembalikan buku polis asuransi.
  4. Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  5. Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak dan administrasi bila ada.
  6. Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  7. Cara berhenti asuransi juga bisa dilakukan langsung lewat agen asuransi. 

Siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Penutupan polis pada umumnya akan dikenakan biaya tertentu atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum jatuh tempo.

Agen dan Broker Takaful Umum

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Perusahaan memiliki sistem keagenan sendiri untuk memasarkan produk-produk asuransi mereka. Syarat umum untuk menjadi agen pun mudah, yaitu memiliki pendidikan lulusan SMA atau sederajat, dan berusia minimal 20 tahun. 

Prosedur menjadi agen:

  • Mengisi formulir keikutsertaan menjadi agen. 
  • Wawancara dengan pihak asuransi. 
  • Mendapatkan pelatihan intensif tentang agen asuransi. 
  • Kontrak keagenan. 
  • Mengambil lisensi agen. 

Keuntungan menjadi agen:

  • Mendapatkan relasi yang luas. 
  • Penghasilan yang tidak terbatas. 
  • Jam kerja yang fleksibel. 
  • TIdak memerlukan modal dan sewa tempat.
Bengkel Rekanan Asuransi Takaful Umum

Asuransi Takaful telah bekerjasama dengan sejumlah bengkel yang ada di Indonesia. Lihat daftar lengkapnya di tab Rekanan.

Perusahaan Lain yang Menyediakan Asuransi Syariah

Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi syariah seperti Asuransi Takaful, di antaranya: 

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id,

  • https://www.takafulumum.co.id/home
Chat Bantuan