Asuransi TLO Terbaik Sesuai Anggaranmu

DISKON HINGGA 20% Temukan asuransi dari ratusan pilihan brand ternama, harga terjangkau!

+62

Pengertian Asuransi TLO

Apa itu asuransi TLO? Pengertian asuransi TLO atau total loss only adalah asuransi kendaraan yang khusus memberikan manfaat bagi kerusakan lebih dari 75 persen ataupun kehilangan kendaraan akibat berbagai risiko yang terjadi.

Risiko yang ditanggung asuransi TLO bukan sekadar akibat dari tindakan kriminal seperti pencurian, tetapi risiko lain seperti kerusakan akibat huru-hara, kebakaran, dan lain sebagainya. Bila dirasa kurang, Anda bisa menambah perluasan jaminan seperti risiko bencana alam dan banjir untuk mengamankan kendaraan kesayangan Anda.

Untuk bisa mendapatkan asuransi TLO, nasabah harus membayarkan premi yang ditentukan berdasarkan beberapa faktor seperti usia kendaraan, merek, dan penggunaannya. Rata-rata premi asuransi kendaraan TLO dibayarkan satu kali untuk mendapatkan perlindungan selama setahun.

Fungsi dan Manfaat Asuransi TLO

Mengapa asuransi dibutuhkan? Karena manfaat asuransi TLO akan sangat membantu menggantikan risiko finansial yang diakibatkan kecelakaan ataupun tindakan kriminal. Berikut fungsi dan manfaat asuransi TLO secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah:

  • Mengurangi risiko kerugian finansial karena kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen tergolong parah dan biaya perbaikannya hampir mencapai harga pembelian. Selain itu, jika terjadi risiko kehilangan kendaraan, Anda tidak perlu membeli yang baru dengan uang pribadi.
  • Tabungan tidak cukup untuk perbaikan ataupun membeli baru. Mobil ataupun motor saat ini bisa dibeli dengan cara kredit. Namun, jika terjadi risiko hilang ataupun kecelakaan yang berakibat kerusakan parah pada kendaraan, tentu akan terasa berat untuk membelinya lagi ataupun memperbaikinya. Apakah tabungan Anda ditujukan untuk risiko ini?
  • Premi asuransi TLO sebenarnya cukup terjangkau. Bahkan, tidak sebanding dengan jumlah yang harus dikeluarkan apabila menggunakan tabungan ataupun investasi sebagai pengganti biaya perbaikan kendaraan Anda.
  • Tidak merepotkan orang lain, baik keluarga maupun orang asing. Sebab, Anda telah memiliki jaminan dari perusahaan asuransi apabila secara mendadak risiko yang tidak diinginkan menimpa.
  • Membantu Anda mengatur keuangan atau cash-flow. Karena pengeluaran bulanan yang sudah diatur tidak akan berantakan akibat risiko tidak terduga seperti perbaikan kendaraan yang rusak parah bahkan hilang.

Pertanggungan Asuransi TLO

Pertanggungan asuransi TLO terdiri atas pelayanan yang diterima dan digunakan peserta asuransi. Dalam asuransi TLO terdapat dua pertanggungan atau manfaat utama yang diperoleh atau bisa diklaim nasabah.

Pertama adalah pertanggungan atas kehilangan kendaraan akibat tindakan kriminal seperti pencurian. Apabila terjadi tindak pencurian, maka nasabah bisa melakukan klaim kehilangan kepada perusahaan asuransi.

Kedua adalah pertanggungan atas kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen. Penyebab kerusakan ini bermacam-macam, misalnya kebakaran, tindakan kriminal, ataupun kecelakaan. Patokan kerusakan 75 persen dari perusahaan asuransi kendaraan ini diasumsikan bahwa kerusakan lebih dari 75 persen menyebabkan kendaraan tidak bisa digunakan lagi.

Selain dua pertanggungan utama tersebut, Anda bisa mendapatkan pertanggungan atau perlindungan lebih untuk kendaraan dengan cara menambah perluasan jaminan seperti dari risiko banjir dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi TLO

Memiliki asuransi TLO menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Simak kelebihan maupun kekurangan memiliki asuransi TLO untuk menjadi pertimbangan Anda.

1. Kelebihan memiliki asuransi TLO

  • Premi asuransi TLO cukup murah dibandingkan dengan asuransi all risks. Namun, harga murah ini dikarenakan pertanggungan yang diberikan hanya berupa risiko kehilangan akibat pencurian atau kerusakan lebih dari 75 persen.
  • Benefit yang diberikan menguntungkan, ketimbang mengganti kerusakan 75 persen atau membeli kendaraan baru.
  • Menghemat uang karena nasabah akan mendapatkan penggantian ketika terjadi risiko kehilangan kendaraan  atau kerusakan kendaraan melebihi 75 persen.

2. Kekurangan memiliki asuransi TLO

  • Hanya menanggung kehilangan atau kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen.
  • Premi akan hangus jika tidak digunakan atau tidak ada klaim.
  • Tanpa perluasan pertanggungan atau premi tambahan, nasabah tidak akan mendapatkan perlindungan lengkap untuk kendaraannya.

Kriteria Asuransi TLO yang Menguntungkan Nasabah

Asuransi kendaraan yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Terdapat pilihan metode penggantian dan pembayaran yang diinginkan

Secara umum asuransi kendaraan memiliki metode penggantian cashless. Namun, Anda perlu mempertimbangkan ketersediaan metode reimbursement untuk asuransi kendaraan yang menyediakan produk perluasan seperti asuransi kecelakaan.

2. Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding. Yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan premi yang terjangkau.

3. Jaringan bengkel luas

Tanyakan apakah jaringan bengkel rekanan dari perusahaan asuransi kendaraan tersebut cukup luas atau tidak. Sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan perbaikan atas kerusakan di mana saja tanpa ditolak.

Ada berbagai macam penyedia asuransi di Indonesia. Berikut beberapa rekomendasi pilihan terbaik untuk asuransi TLO.

Asuransi Mobil Adira
4.0

Asuransi Mobil AXA
2.7

Asuransi Mobil Raksa

Asuransi Mobil Reliance

Asuransi Mobil Chubb

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Dalam asuransi TLO biasanya hanya terdapat metode penggantian cashless untuk klaimnya.

Metode penggantian cashless diartikan sebagai penggantian biaya asuransi di mana tertanggung tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu seperti dalam metode penggantian reimbursement.

Proses klaim asuransi kendaraan TLO tergantung pada perusahaan asuransi yang Anda pilih. Namun, tahapan klaim asuransi kendaraan TLO secara general  adalah sebagai berikut:

  • Melaporkan kejadian kepada perusahaan asuransi dan kepolisian setempat. Pelaporan kepada perusahaan asuransi memiliki ketentuan waktu maksimal, tergantung perusahaan. Namun, rata-rata perusahaan asuransi memberikan waktu maksimal pelaporan 3-7 hari kalender.
  • Siapkan dokumen kendaraan seperti STNK asli, BPKB, dan bukti pemblokiran STNK atas laporan kehilangan kendaraan.
  • Setelah semua dokumen lengkap, maka proses survei oleh perusahaan asuransi akan dilakukan. Proses ini guna memastikan tidak ada unsur penipuan yang dilakukan tertanggung.
  • Setelah survei dilakukan dan klaim disetujui, maka tertanggung akan menerima biaya penggantian atas kerugian yang dialami dalam waktu kurang-lebih 14 hari kerja.

Asuransi kendaraan baik itu TLO atau komprehensif (all risks) ditentukan berdasarkan banyak faktor. Berikut penjelasan singkat mengenai faktor-faktor yang memengaruhi harga premi asuransi kendaraan.

  1. Faktor kendaraan yaitu kondisi kendaraan yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Faktor kendaraan ini dipengaruhi oleh harga kendaraan, jenis kendaraan, tahun rilis kendaraan.
  2. Faktor pengemudi yaitu nasabah yang memiliki kendaraan tersebut. Dalam faktor pengemudi ini ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, status pernikahan, lokasi tempat tinggal, dan riwayat mengemudi.
  3. Faktor wilayah yaitu lokasi tempat tinggal dan di mana kendaraan tersebut diasuransikan. Wilayah ini dibagi menjadi tiga yaitu:
  • Wilayah I meliputi Sumatera.
  • Wilayah II meliputi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

Berikut ini persentase premi asuransi TLO untuk berbagai jenis kendaraan.

1. Biaya premi kendaraan roda empat non truk/bus

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

2. Biaya premi kendaraan bus/truk

  • Truk dan pick up: 0,49 persen hingga 1,26 persen tergantung wilayah.
  • Bus: 0,18 persen hingga 0,22 persen tergantung wilayah.

3. Biaya premi TLO kendaraan roda dua (motor)

Biaya premi motor berkisar 0,67 persen hingga 2,16 persen tergantung wilayah.

4. Biaya TLO untuk mobil bekas

Premi asuransi mobil TLO baik untuk mobil baru ataupun bekas cenderung lebih murah ketimbang asuransi komprehensif yang menanggung lebih banyak risiko. Rata-rata persentase premi asuransi kendaraan TLO adalah 0,18 hingga 2,16 persen.

Untuk asuransi TLO mobil bekas, persentase yang ditetapkan pun sama yaitu berdasarkan wilayah dan perkiraan harga kendaraan. Misalnya saja harga perkiraan mobil bekas merek A adalah Rp150 juta di wilayah Jakarta.

Persentase premi asuransi mobil TLO yang digunakan adalah batas atas yaitu 0,53 persen. Maka, harga premi asuransi mobil TLO adalah:

150.000.000 x 0,53% = Rp795 ribu per tahun.

Pembayaran premi asuransi kendaraan TLO dapat dilakukan melalui berbagai media. Namun, metode pembayaran juga tergantung pada perusahaan asuransi kendaraan yang dipilih. Berikut ini beberapa cara pembayaran asuransi kendaraan TLO.

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi kendaraan tergantung pada kesepakatan polis. Namun, rata-rata pembayaran premi dilakukan setiap setahun sekali, di mana Anda harus membeli lagi setelah 12 bulan untuk mendapatkan proteksi bagi kendaraan Anda.

Dasar hukum asuransi kendaraan mengacu pada undang-undang dan peraturan pemerintah berikut ini:

  • Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Bab 9.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 1999.

Berikut ini beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih asuransi kendaraan terbaik.

1. Pilih jenis asuransi kendaraan terbaik dan tepercaya

Asuransi kendaraan yang bagus berarti menyediakan perlindungan yang dibutuhkan Anda. Secara umum, asuransi kendaraan menyediakan dua jenis proteksi yaitu TLO dan all risk. Selain itu, pastikan pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak memberatkan.

2. Beli asuransi sesuai medan yang dilewati kendaraan

Jika kawasan yang Anda sering lalui cenderung rawan, ada baiknya membeli asuransi TLO. Sementara, jika jalur yang sering dilalui padat kendaraan, maka all risk menjadi pilihan utama.

3. Bandingkan produk antar perusahaan asuransi kendaraan

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi kendaraan yang satu dengan yang lain.

Sementara itu, bagi calon peserta asuransi yang mencari asuransi kendaraan murah, cobalah beberapa tips berikut:

1. Beli asuransi TLO murni

Jika Anda membeli asuransi komprehensif atau TLO saja, otomatis harga premi tahunan lebih murah ketimbang Anda membeli asuransi kombinasi. Sekadar informasi, persentase premi TLO jauh lebih murah ketimbang asuransi komprehensif.

2. Bandingkan terlebih dahulu

Agar mendapatkan asuransi kendaraan termurah, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu produk asuransi yang ada di pasaran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah gunakan situs agregator seperti Lifepal.

Sebelum membeli asuransi kendaraan TLO ada baiknya Anda mengetahui perbedaan antara asuransi TLO dan komprehensif (all risks). Dengan penjelasan asuransi kendaraan TLO sebelumnya, maka penjelasan berikut ini memahami pengertian mendalam mengenai asuransi komprehensif dan pertanggungannya.

Asuransi kendaraan komprehensif adalah asuransi yang memberikan pertanggungan atas kerusakan kendaraan yang diakibatkan kecelakaan, tergelincir, terbalik, terperosok, kebakaran, dan perbuatan jahat dari orang tidak bertanggung jawab.

Asuransi ini juga memberikan penggantian atas kehilangan kendaraan. Dengan begitu, asuransi komprehensif memiliki pertanggungan menyeluruh atau lebih luas atas berbagai risiko kendaraan dibandingkan asuransi TLO. Perbedaan lain yaitu harga premi di mana persentase TLO lebih murah ketimbang komprehensif.

Membeli asuransi kendaraan TLO ataupun komprehensif secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi kendaraan sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Proses pembelian produk asuransi kendaraan secara online lebih cepat. Anda hanya perlu memilih produk asuransinya lalu melakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi. Berbagai pilihan asuransi terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal. Sebagai teman andalan Anda, Lifepal memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim.

Salah satu rahasia mengapa asuransi kendaraan online menjadi lebih untung karena harganya bisa murah 40 persen daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi kendaraan adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi kendaraan.

Sementara itu, broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi kendaraan. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi kendaraan terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi kendaraan.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan yaitu pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kendaraan TLO:

  • Harga pertanggungan yaitu nilai beli kendaraan saat dibuatnya polis asuransi kendaraan. Harga ini tercantum dalam polis asuransi dan menjadi batas maksimum tanggung jawab pihak asuransi.
  • Harga pasar yaitu nilai jual kendaraan bermotor yang menjadi objek jaminan itu di pasaran yang dapat diperoleh nasabah (tertanggung).
  • Premi yaitu jumlah uang yang harus disetorkan untuk mendapatkan manfaat asuransi.
  • Total lost yaitu semua kerusakan atau kehilangan yang terjadi hingga 75 persen ditanggung perusahaan asuransi.
  • All risk yaitu perusahaan asuransi menanggung semua risiko yang dijamin dalam PSAKBI.
  • Deductible atau risiko sendiri adalah nilai yang menjadi beban dari pihak tertanggung dalam setiap kerugian atau kerusakan yang diperhitungkan dari jumlah ganti rugi.
  • Endorsement yaitu perjanjian asuransi yang diterbitkan pihak kedua dengan persetujuan pihak pertama untuk mengubah polis asuransi.

 

  • Polis asuransi yaitu perjanjian tertulis antara tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi yaitu permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
Informasi Umum

Pengertian Asuransi TLO

Apa itu asuransi TLO? Pengertian asuransi TLO atau total loss only adalah asuransi kendaraan yang khusus memberikan manfaat bagi kerusakan lebih dari 75 persen ataupun kehilangan kendaraan akibat berbagai risiko yang terjadi.

Risiko yang ditanggung asuransi TLO bukan sekadar akibat dari tindakan kriminal seperti pencurian, tetapi risiko lain seperti kerusakan akibat huru-hara, kebakaran, dan lain sebagainya. Bila dirasa kurang, Anda bisa menambah perluasan jaminan seperti risiko bencana alam dan banjir untuk mengamankan kendaraan kesayangan Anda.

Untuk bisa mendapatkan asuransi TLO, nasabah harus membayarkan premi yang ditentukan berdasarkan beberapa faktor seperti usia kendaraan, merek, dan penggunaannya. Rata-rata premi asuransi kendaraan TLO dibayarkan satu kali untuk mendapatkan perlindungan selama setahun.

Fungsi dan Manfaat Asuransi TLO

Mengapa asuransi dibutuhkan? Karena manfaat asuransi TLO akan sangat membantu menggantikan risiko finansial yang diakibatkan kecelakaan ataupun tindakan kriminal. Berikut fungsi dan manfaat asuransi TLO secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah:

  • Mengurangi risiko kerugian finansial karena kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen tergolong parah dan biaya perbaikannya hampir mencapai harga pembelian. Selain itu, jika terjadi risiko kehilangan kendaraan, Anda tidak perlu membeli yang baru dengan uang pribadi.
  • Tabungan tidak cukup untuk perbaikan ataupun membeli baru. Mobil ataupun motor saat ini bisa dibeli dengan cara kredit. Namun, jika terjadi risiko hilang ataupun kecelakaan yang berakibat kerusakan parah pada kendaraan, tentu akan terasa berat untuk membelinya lagi ataupun memperbaikinya. Apakah tabungan Anda ditujukan untuk risiko ini?
  • Premi asuransi TLO sebenarnya cukup terjangkau. Bahkan, tidak sebanding dengan jumlah yang harus dikeluarkan apabila menggunakan tabungan ataupun investasi sebagai pengganti biaya perbaikan kendaraan Anda.
  • Tidak merepotkan orang lain, baik keluarga maupun orang asing. Sebab, Anda telah memiliki jaminan dari perusahaan asuransi apabila secara mendadak risiko yang tidak diinginkan menimpa.
  • Membantu Anda mengatur keuangan atau cash-flow. Karena pengeluaran bulanan yang sudah diatur tidak akan berantakan akibat risiko tidak terduga seperti perbaikan kendaraan yang rusak parah bahkan hilang.

Pertanggungan Asuransi TLO

Pertanggungan asuransi TLO terdiri atas pelayanan yang diterima dan digunakan peserta asuransi. Dalam asuransi TLO terdapat dua pertanggungan atau manfaat utama yang diperoleh atau bisa diklaim nasabah.

Pertama adalah pertanggungan atas kehilangan kendaraan akibat tindakan kriminal seperti pencurian. Apabila terjadi tindak pencurian, maka nasabah bisa melakukan klaim kehilangan kepada perusahaan asuransi.

Kedua adalah pertanggungan atas kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen. Penyebab kerusakan ini bermacam-macam, misalnya kebakaran, tindakan kriminal, ataupun kecelakaan. Patokan kerusakan 75 persen dari perusahaan asuransi kendaraan ini diasumsikan bahwa kerusakan lebih dari 75 persen menyebabkan kendaraan tidak bisa digunakan lagi.

Selain dua pertanggungan utama tersebut, Anda bisa mendapatkan pertanggungan atau perlindungan lebih untuk kendaraan dengan cara menambah perluasan jaminan seperti dari risiko banjir dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi TLO

Memiliki asuransi TLO menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Simak kelebihan maupun kekurangan memiliki asuransi TLO untuk menjadi pertimbangan Anda.

1. Kelebihan memiliki asuransi TLO

  • Premi asuransi TLO cukup murah dibandingkan dengan asuransi all risks. Namun, harga murah ini dikarenakan pertanggungan yang diberikan hanya berupa risiko kehilangan akibat pencurian atau kerusakan lebih dari 75 persen.
  • Benefit yang diberikan menguntungkan, ketimbang mengganti kerusakan 75 persen atau membeli kendaraan baru.
  • Menghemat uang karena nasabah akan mendapatkan penggantian ketika terjadi risiko kehilangan kendaraan  atau kerusakan kendaraan melebihi 75 persen.

2. Kekurangan memiliki asuransi TLO

  • Hanya menanggung kehilangan atau kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen.
  • Premi akan hangus jika tidak digunakan atau tidak ada klaim.
  • Tanpa perluasan pertanggungan atau premi tambahan, nasabah tidak akan mendapatkan perlindungan lengkap untuk kendaraannya.

Kriteria Asuransi TLO yang Menguntungkan Nasabah

Asuransi kendaraan yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Terdapat pilihan metode penggantian dan pembayaran yang diinginkan

Secara umum asuransi kendaraan memiliki metode penggantian cashless. Namun, Anda perlu mempertimbangkan ketersediaan metode reimbursement untuk asuransi kendaraan yang menyediakan produk perluasan seperti asuransi kecelakaan.

2. Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding. Yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan premi yang terjangkau.

3. Jaringan bengkel luas

Tanyakan apakah jaringan bengkel rekanan dari perusahaan asuransi kendaraan tersebut cukup luas atau tidak. Sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan perbaikan atas kerusakan di mana saja tanpa ditolak.

Pilihan Terbaik

Ada berbagai macam penyedia asuransi di Indonesia. Berikut beberapa rekomendasi pilihan terbaik untuk asuransi TLO.

Asuransi Mobil Adira
4.0

Asuransi Mobil AXA
2.7

Asuransi Mobil Raksa

Asuransi Mobil Reliance

Asuransi Mobil Chubb

Tips & Pertanyaan

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Dalam asuransi TLO biasanya hanya terdapat metode penggantian cashless untuk klaimnya.

Metode penggantian cashless diartikan sebagai penggantian biaya asuransi di mana tertanggung tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu seperti dalam metode penggantian reimbursement.

Proses klaim asuransi kendaraan TLO tergantung pada perusahaan asuransi yang Anda pilih. Namun, tahapan klaim asuransi kendaraan TLO secara general  adalah sebagai berikut:

  • Melaporkan kejadian kepada perusahaan asuransi dan kepolisian setempat. Pelaporan kepada perusahaan asuransi memiliki ketentuan waktu maksimal, tergantung perusahaan. Namun, rata-rata perusahaan asuransi memberikan waktu maksimal pelaporan 3-7 hari kalender.
  • Siapkan dokumen kendaraan seperti STNK asli, BPKB, dan bukti pemblokiran STNK atas laporan kehilangan kendaraan.
  • Setelah semua dokumen lengkap, maka proses survei oleh perusahaan asuransi akan dilakukan. Proses ini guna memastikan tidak ada unsur penipuan yang dilakukan tertanggung.
  • Setelah survei dilakukan dan klaim disetujui, maka tertanggung akan menerima biaya penggantian atas kerugian yang dialami dalam waktu kurang-lebih 14 hari kerja.

Asuransi kendaraan baik itu TLO atau komprehensif (all risks) ditentukan berdasarkan banyak faktor. Berikut penjelasan singkat mengenai faktor-faktor yang memengaruhi harga premi asuransi kendaraan.

  1. Faktor kendaraan yaitu kondisi kendaraan yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Faktor kendaraan ini dipengaruhi oleh harga kendaraan, jenis kendaraan, tahun rilis kendaraan.
  2. Faktor pengemudi yaitu nasabah yang memiliki kendaraan tersebut. Dalam faktor pengemudi ini ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, status pernikahan, lokasi tempat tinggal, dan riwayat mengemudi.
  3. Faktor wilayah yaitu lokasi tempat tinggal dan di mana kendaraan tersebut diasuransikan. Wilayah ini dibagi menjadi tiga yaitu:
  • Wilayah I meliputi Sumatera.
  • Wilayah II meliputi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

Berikut ini persentase premi asuransi TLO untuk berbagai jenis kendaraan.

1. Biaya premi kendaraan roda empat non truk/bus

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

2. Biaya premi kendaraan bus/truk

  • Truk dan pick up: 0,49 persen hingga 1,26 persen tergantung wilayah.
  • Bus: 0,18 persen hingga 0,22 persen tergantung wilayah.

3. Biaya premi TLO kendaraan roda dua (motor)

Biaya premi motor berkisar 0,67 persen hingga 2,16 persen tergantung wilayah.

4. Biaya TLO untuk mobil bekas

Premi asuransi mobil TLO baik untuk mobil baru ataupun bekas cenderung lebih murah ketimbang asuransi komprehensif yang menanggung lebih banyak risiko. Rata-rata persentase premi asuransi kendaraan TLO adalah 0,18 hingga 2,16 persen.

Untuk asuransi TLO mobil bekas, persentase yang ditetapkan pun sama yaitu berdasarkan wilayah dan perkiraan harga kendaraan. Misalnya saja harga perkiraan mobil bekas merek A adalah Rp150 juta di wilayah Jakarta.

Persentase premi asuransi mobil TLO yang digunakan adalah batas atas yaitu 0,53 persen. Maka, harga premi asuransi mobil TLO adalah:

150.000.000 x 0,53% = Rp795 ribu per tahun.

Pembayaran premi asuransi kendaraan TLO dapat dilakukan melalui berbagai media. Namun, metode pembayaran juga tergantung pada perusahaan asuransi kendaraan yang dipilih. Berikut ini beberapa cara pembayaran asuransi kendaraan TLO.

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi kendaraan tergantung pada kesepakatan polis. Namun, rata-rata pembayaran premi dilakukan setiap setahun sekali, di mana Anda harus membeli lagi setelah 12 bulan untuk mendapatkan proteksi bagi kendaraan Anda.

Dasar hukum asuransi kendaraan mengacu pada undang-undang dan peraturan pemerintah berikut ini:

  • Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) Bab 9.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 1999.

Berikut ini beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih asuransi kendaraan terbaik.

1. Pilih jenis asuransi kendaraan terbaik dan tepercaya

Asuransi kendaraan yang bagus berarti menyediakan perlindungan yang dibutuhkan Anda. Secara umum, asuransi kendaraan menyediakan dua jenis proteksi yaitu TLO dan all risk. Selain itu, pastikan pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak memberatkan.

2. Beli asuransi sesuai medan yang dilewati kendaraan

Jika kawasan yang Anda sering lalui cenderung rawan, ada baiknya membeli asuransi TLO. Sementara, jika jalur yang sering dilalui padat kendaraan, maka all risk menjadi pilihan utama.

3. Bandingkan produk antar perusahaan asuransi kendaraan

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi kendaraan yang satu dengan yang lain.

Sementara itu, bagi calon peserta asuransi yang mencari asuransi kendaraan murah, cobalah beberapa tips berikut:

1. Beli asuransi TLO murni

Jika Anda membeli asuransi komprehensif atau TLO saja, otomatis harga premi tahunan lebih murah ketimbang Anda membeli asuransi kombinasi. Sekadar informasi, persentase premi TLO jauh lebih murah ketimbang asuransi komprehensif.

2. Bandingkan terlebih dahulu

Agar mendapatkan asuransi kendaraan termurah, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu produk asuransi yang ada di pasaran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah gunakan situs agregator seperti Lifepal.

Sebelum membeli asuransi kendaraan TLO ada baiknya Anda mengetahui perbedaan antara asuransi TLO dan komprehensif (all risks). Dengan penjelasan asuransi kendaraan TLO sebelumnya, maka penjelasan berikut ini memahami pengertian mendalam mengenai asuransi komprehensif dan pertanggungannya.

Asuransi kendaraan komprehensif adalah asuransi yang memberikan pertanggungan atas kerusakan kendaraan yang diakibatkan kecelakaan, tergelincir, terbalik, terperosok, kebakaran, dan perbuatan jahat dari orang tidak bertanggung jawab.

Asuransi ini juga memberikan penggantian atas kehilangan kendaraan. Dengan begitu, asuransi komprehensif memiliki pertanggungan menyeluruh atau lebih luas atas berbagai risiko kendaraan dibandingkan asuransi TLO. Perbedaan lain yaitu harga premi di mana persentase TLO lebih murah ketimbang komprehensif.

Membeli asuransi kendaraan TLO ataupun komprehensif secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi kendaraan sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Proses pembelian produk asuransi kendaraan secara online lebih cepat. Anda hanya perlu memilih produk asuransinya lalu melakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi. Berbagai pilihan asuransi terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal. Sebagai teman andalan Anda, Lifepal memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim.

Salah satu rahasia mengapa asuransi kendaraan online menjadi lebih untung karena harganya bisa murah 40 persen daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi kendaraan adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi kendaraan.

Sementara itu, broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi kendaraan. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi kendaraan terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi kendaraan.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan yaitu pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kendaraan TLO:

  • Harga pertanggungan yaitu nilai beli kendaraan saat dibuatnya polis asuransi kendaraan. Harga ini tercantum dalam polis asuransi dan menjadi batas maksimum tanggung jawab pihak asuransi.
  • Harga pasar yaitu nilai jual kendaraan bermotor yang menjadi objek jaminan itu di pasaran yang dapat diperoleh nasabah (tertanggung).
  • Premi yaitu jumlah uang yang harus disetorkan untuk mendapatkan manfaat asuransi.
  • Total lost yaitu semua kerusakan atau kehilangan yang terjadi hingga 75 persen ditanggung perusahaan asuransi.
  • All risk yaitu perusahaan asuransi menanggung semua risiko yang dijamin dalam PSAKBI.
  • Deductible atau risiko sendiri adalah nilai yang menjadi beban dari pihak tertanggung dalam setiap kerugian atau kerusakan yang diperhitungkan dari jumlah ganti rugi.
  • Endorsement yaitu perjanjian asuransi yang diterbitkan pihak kedua dengan persetujuan pihak pertama untuk mengubah polis asuransi.

 

  • Polis asuransi yaitu perjanjian tertulis antara tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi yaitu permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal