• ACA_43_1_D
Cashback 10%
Diskon 25%*

Asuransi TLO Terbaik, Bandingkan Polis Sekarang!

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Mobil TLO dan Harga Premi Terbaik 2021

Asuransi TLO atau Total Loss Only adalah produk asuransi yang memberi ganti rugi kepada nasabah apabila kendaraannya rusak total atau hilang. Jenis asuransi mobil ini cocok khususnya untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas, sebab preminya lebih murah ketimbang jenis asuransi mobil all risk.

Berikut ini pilihan asuransi TLO terbaik di Indonesia:

*Syarat dan ketentuan berlaku

Keuntungan Beli Asuransi Mobil TLO di Lifepal

Lifepal merupakan marketplace asuransi nomor 1 di Indonesia. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan beli asuransi mobil TLO di Lifepal. Mulai dari berbagai promo menarik, hingga fitur perbandingan polis yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan polis sesuai kebutuhan dengan premi terbaik. Berikut ini keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan beli asuransi mobil TLO melalui Lifepal:

Cara Daftar Asuransi Mobil TLO di Lifepal

Jika tertarik untuk beli asuransi mobil TLO melalui Lifepal, Anda hanya perlu mengisi formulir di atas, isi profil kendaraan, pilih polis yang diinginkan, dan tim kami akan segera menghubungi Anda. Untuk lebih jelasnya dapat mengikuti langkah-langkah di atas!

Apa Itu Asuransi TLO?

Pengertian asuransi TLO adalah produk asuransi mobil yang memberikan ganti rugi jika kendaraan rusak parah (tidak bisa digunakan) atau kerusakannya di atas 75 persen. Jadi risiko yang ditanggung asuransi mobil TLO seperti mesin mati total, hilang akibat pencurian, dan lain sejenisnya.

Jadi, cara kerja dan fungsinya berbeda dengan asuransi mobil all risk. 

Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk

Ada dua jenis pertanggungan dalam asuransi mobil, yaitu asuransi mobil all risk (comprehensive) dan asuransi mobil TLO. Berikut perbedaan asuransi TLO dan comprehensive atau all risk:

Asuransi Mobil TLOAsuransi Mobil All Risk
Menanggung risiko rusak total atau nilai perbaikan mobil/ motor mencapai 75% atau lebih dari harga kendaraan saat itu.

Contoh: pencurian, terperosok, kemasukan air hingga tidak bisa digunakan, dll

Menanggung segala jenis kerusakan kecil hingga total. Premi lebih mahal dibandingkan TLO.

Contoh: penyok, baret, pencurian, terperosok, dll.

Cocok untuk yang memiliki anggaran terbatasCocok untuk nasabah yang memiliki anggaran lebih. 

Salah satu keunggulannya adalah premi asuransi mobil TLO yang lebih murah. Sebab, risiko yang ditanggung juga lebih sempit ketimbang all risk. Jadi, produk ini adalah pilihan yang tepat jika ingin menghemat budget untuk asuransi kendaraan bermotor.

Asuransi mobil TLO disarankan untuk menjamin kendaraan bekas berusia di bawah 10 tahun. Misalnya, beberapa mobil yang diproduksi tahun 2016 di tahun 2020. Mobil tersebut sudah cukup tua namun masih layak diasuransikan dengan produk TLO.

Asuransi mobil TLO dan all risk dapat dikombinasikan. Misalnya, jika kita membeli mobil baru langsung diasuransikan dengan all risk sampai dengan tahun kedua dan ketiga. Setelah itu, di tahun keempat cakupan pertanggungan menjadi TLO.

Dengan cara ini, tentu beban finansial akan lebih ringan karena kita tidak perlu membayar premi all risk terlalu lama, tapi tetap mendapatkan perlindungan yang sesuai.

Jika sudah terlanjur membeli asuransi TLO, sebenarnya kita bisa meng-upgradenya ke perlindungan all risk. Cara untuk mendapatkannya adalah dengan menghubungi penyedia asuransi langsung saat periode asuransi TLO akan berakhir. Lalu, nasabah tinggal mengajukan keinginannya untuk melanjutkan polis ke pertanggungan All Risk. Biaya upgrade asuransi TLO ke all risk adalah sebesar 30 persen dari premi.

Asuransi Mobil TLO

Asuransi mobil TLO cocok bagi mobil bekas atau berusia cukup tua, karena biasanya mobil tersebut berpotensi lebih besar untuk rusak total. Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas. Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 20 tahun.

Berapa Harga Asuransi TLO Mobil?

Premi asuransi TLO bergantung pada dua hal, yaitu kisaran harga kendaraan pada saat ini dan wilayah tempat kita tinggal. Dua faktor ini menjadi penentu ketentuan OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang “Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor” pada tahun 2017.

Kategori wilayah terdiri dari tiga kelompok, yaitu Wilayah I (Sumatera dan Kepulauan sekitarnya), Wilayah II (Jakarta, Banten, dan Jawa Barat), dan Wilayah III (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara). Sementara itu, faktor kendaraan bermotor terdiri dari delapan kategori yang dikelompokkan berdasarkan harga dan jenis kendaraan. Simak tabel rate asuransi TLO berikut.

Kat. Wilayah & Harga KendaraanWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
1. Maks. Rp125 juta0,47% – 0,56%0,65% – 0,78%0,51% – 0,56%
2. Rp125-200 juta0,63% – 0,69%0,44% – 0,53%0,44% – 0,48%
3. Rp200-400 juta0,41% – 0,46%0,38% – 0,42%0,29% – 0,35%
4. Rp400-800 juta0,25% – 0,30%0,25% – 0,30%0,23% – 0,27%
5. lebih dari Rp800 juta0,20% – 0,24%0,20% – 0,24%0,20% – 0,24%

Ketika sudah mengetahui wilayah tempat tinggal dan mengetahui kisaran harga kendaraan maka kita dapat menghitung harga asuransi TLO mobil dengan cara berikut.

Persentase premi x Harga Mobil

Hasil dari perhitungan di atas adalah kisaran premi yang harus kita bayarkan ke perusahaan asuransi.

Asuransi TLO Motor

Asuransi TLO motor adalah salah satu jenis asuransi TLO yang lebih populer dibandingkan asuransi all risk untuk jenis kendaraan motor. Sebab, dari segi premi, asuransi TLO motor terbilang cukup terjangkau hingga dua kali lipat lebih murah dibandingkan asuransi all risk.

Cara Klaim Asuransi TLO

Mengetahui cara klaim asuransi TLO sebelum membelinya sangat penting agar tidak kebingungan saat benar-benar dibutuhkan klaim. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan klaim.

  1. Laporkan ke pihak asuransi. Segera laporkan kehilangan pada pihak asuransi; semakin cepat semakin bagus.
  2. Siapkan dokumen. Siapkan dokumen yang diminta, seperti KTP, SIM, STNK, surat kehilangan, dan kunci kendaraan.
  3. Buat berita acara (BAP) di kantor polisi. Segara ke kantor polisi yang bertanggung jawab atas daerah tempat motor hilang untuk membuat berita acara. Ingat, pembuatan berita acara maksimal 24 jam dari waktu kejadian.
  4. Blokir STNK di Polda. Kita juga harus mengajukan pemblokiran STNK ke Kepolisian Daerah (Polda). Langkah ini penting dalam mengajukan klaim hilang.
  5. Urus surat keterangan Direktorat Reserse di Polda. Kita lalu perlu mengurus surat di Direktorat Reserse. Surat tersebut harus dilengkapi dengan nomor polis asuransi kita. Kita akan dimintai beberapa dokumen pelengkap, seperti salinan KTP, salinan BPKB, salinan faktur pembelian kendaraan, salinan laporan kehilangan, salinan polis asuransi, BAP, dan surat asli Lapju.
  6. Ajukan semua berkas ke pihak asuransi. Jika berkas yang dibutuhkan sudah lengkap segera ajukan ke pihak asuransi.

Berikut dokumen yang perlu dipersiapkan dalam mengajukan klaim asuransi TLO:

  • Laporan kronologi kejadian
  • Fotokopi polis, sertifikat, dan laporan atau endorsement.
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKP), faktur pembelian, blanko kuitansi, dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangani.
  • Buku kir khusus kendaraan yang wajib kir.
  • Surat keterangan kepolisian daerah
  • Surat pemblokiran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM) pengemudi pada saat kejadian.
  • Foto kerusakan, estimasi biaya perbaikan
  • Surat Laporan Kepolisian setempat
  • Surat Tuntutan Pihak Ketiga jika ada kerugian yang melibatkan pihak ketiga.
  • Dokumen relevan lain yang terkait dengan pengajuan klaim.

Pertanyaan & Tips Seputar Asuransi Mobil TLO

Berikut daftar pertanyaan terkait asuransi mobil TLO yang sering diajukan oleh nasabah:

Chat Bantuan