Asuransi Unit Link

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Unit Link Terbaik Pilihan Lifepal

Saat membeli unit link, kita mempercayakan uang dalam jumlah besar di tangan penyedia asuransi. Oleh karena itu, penting untuk memilih asuransi unit link terbaik yang ada di pasaran.

Namun dari sekian banyak asuransi yang tersedia, tentu tidak mudah untuk membandingkannya satu per satu. Lifepal sebagai broker asuransi terkemuka hadir untuk membantu kita membandingkan asuransi dengan praktis. 

Berikut ini adalah daftar asuransi penyedia unit link terbaik pilihan Lifepal. 

1. Unit Link Allianz

Allianz menawarkan produk unit link dengan premi bulanan terjangkau; mulai dari Rp300 ribu rupiah untuk polis SmartLink New Flexi Account. Namun, tentu saja nominal sesungguhnya dihitung berdasarkan usia tertanggung. Nasabah juga punya keleluasaan untuk memilih salah satu dari lima jenis asuransi unit link, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing.

2. Unit Link BRI Life

BRI Life memiliki produk yang ditujukan untuk dewasa muda yang punya tanggungan anak dan orang tua dengan pengeluaran 70 persen dari pendapatan. Uang pertanggungan yang diberikan adalah minimal 25 kali dari premi dasar berkala tahunan. Uniknya, asuransi unit link ini menawarkan fasilitas medical check up gratis. 

3. Unit Link Manulife

Manulife menyediakan produk unit link dengan pembayaran premi berkala. Ada berbagai tujuan yang bisa kita pilih, yaitu proteksi dan investasi secara umum, proteksi dan investasi syariah, hingga proteksi dan investasi untuk dana pendidikan. 

Manulife cocok bagi yang mencari asuransi unit link dengan investasi maksimal, salah satunya dengan Manulife Prime Assurance. Sebanyak 80 persen premi langsung dialokasikan untuk investasi pada tahun pertama dan 100 persen pada tahun kedua sampai kesepuluh.

Meskipun menawarkan investasi maksimal, menawarkan manfaat perlindungan jiwa dengan uang pertanggungan cukup besar, yaitu sampai Rp10 miliar. Kita juga bisa membeli asuransi tambahan untuk penyakit kritis, santunan rumah sakit, dan pembebasan premi jika pemegang polis meninggal dunia.

 

Pengertian Unit Link (Asuransi Investasi)

Mendapatkan perlindungan jiwa sekaligus berinvestasi, siapa yang tidak mau? Dua hal tadi bakal kita dapatkan kalau memiliki produk unit link. 

Unit link adalah produk asuransi jiwa yang juga memberikan manfaat investasi. Ibarat memasukkan dua barang sekaligus ke keranjang, kita hanya perlu mengeluarkan uang satu kali saja buat mendapatkan asuransi dan investasi. Premi yang kita bayarkan tersebut bakal dibagi; sekian persen untuk membayar premi asuransi, sebagian lainnya untuk diinvestasikan.

Lalu? Sisanya diurus oleh penyedia unit link. Kita tidak perlu repot memikirkan harus pilih investasi yang mana.

Terlihat mudah ya. Tapi kemudian muncul pertanyaan:

Apakah unit link benar-benar menguntungkan?

Jawabannya tergantung. Unit link bisa menguntungkan kalau kita benar-benar paham dengan manfaat dan risiko produk sehingga bisa menyesuaikannya dengan rencana keuangan. Pasalnya, banyak nasabah unit link yang merasa kecewa di tengah jalan karena kurang memahami produk. Mereka merasa bukannya untung malah merugi.

Unit link memang memiliki risiko kerugian karena sebagian dari premi ditaruh di instrumen investasi. Kalau portofolio saham kita sedang merugi, saldo bakal menipis dan kita harus mengisinya kembali. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah.

Perhatikan cara kerja unit link ini

Cara kerja unit link cukup rumit, tetapi tidak mustahil jika dipelajari dengan seksama. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam asuransi ada biaya asuransi dan biaya akuisisi. Biaya asuransi harus terus disetor agar polis tetap aktif, sementara biaya akuisisi dikenakan pada awal masa pertanggungan saja (biasanya 5 tahun pertama).

Nah, premi yang kita setorkan pada 5 tahun pertama tersebut langsung terbagi dua; dibayarkan untuk biaya akuisisi dan diinvestasikan. Porsi premi yang diinvestasikan ini nantinya akan menghasilkan nilai polis. Nilai polis ibarat dompet hasil investasi yang digunakan untuk membayar biaya asuransi dan biaya lainnya.

Risiko dalam unit link

Perlu diingat, unit link mengandung risiko. Dalam unit link biaya asuransi dan biaya asuransi tambahan naik tiap tahun, tapi biasanya nominal kenaikan tidak tercantum dalam polis.

Premi tetap yang kita bayarkan rutin tentunya tidak akan bisa melunasi biaya yang sudah naik. Oleh karena itu nilai polis kita akan dipotong agar polis tetap aktif.

Kalau investasi untung dan cukup buat membayar biaya asuransi, kita bisa tenang. Tapi kalau investasi merugi dan ternyata nilai polis tidak cukup untuk membayar biaya-biaya asuransi, manfaat perlindungan jiwa dalam polis bakal berhenti, istilahnya polis lapse. Jika ini terjadi, kita harus melakukan top-up dana lagi agar tunggakan biaya asuransi bisa terbayarkan.

Sebagai catatan, jika tertanggung meninggal selama masa polis aktif, maka uang pertanggungan akan cair. Sementara itu kalau tertanggung masih hidup hingga akhir masa pertanggungan, nasabah bisa mencairkan nilai polis. 

Perbandingan Unit Link dengan Instrumen Keuangan Lain

Unit link memang bukan untuk semua orang karena risikonya yang lumayan besar. Sebenarnya, ada opsi lain yang bisa menggantikan peran unit link sebagai alat perencana keuangan kita. Berikut ini kami sajikan informasinya.

Unit link vs asuransi murni

Asuransi murni sering disebut dengan asuransi jiwa term life atau asuransi jiwa berjangka. Keunggulan unit link dibandingkan dengan asuransi murni adalah pada nilai tunai yang ditawarkan. Pada unit link, mendapatkan uang kembali jika tidak terjadi klaim selama masa asuransi. Kalau memilih asuransi murni, premi yang kita bayarkan akan hangus ketika masa pembayaran premi habis.

Keuntungan asuransi murni adalah beban biaya yang harus kita bayar lebih rendah. Selain itu, tidak ada risiko kerugian investasi dan premi kita benar-benar fokus dialokasikan untuk perlindungan jiwa. 

Banyak ahli keuangan yang menyarankan untuk membeli asuransi murni saja karena lebih menguntungkan. Namun, pilihan tetap ada di tangan kamu. Kalau masih bingung, kami menyediakan konsultasi gratis seputar asuransi lho! Silakan isi formulir di atas.

Endowment vs unit link

Selain unit link, ada juga jenis asuransi lain yang menyediakan manfaat lain, yaitu tabungan. Namanya asuransi dwiguna (endowment). Alih-alih mengandung risiko, asuransi dwiguna malah menjamin pengembalian dana pasti-seperti menabung-sambil memberikan perlindungan. 

Unit link vs reksadana

Dari perspektif investasi, unit link dan reksadana sama-sama menggunakan manajer investasi. Meskipun praktis, kita harus keluar uang untuk jasa mereka. Namun, pada reksa dana, kita bisa lebih leluasa memilih manajer investasi yang kita percayakan. Sementara pada unit link, biasanya pihak asuransi sudah bekerja sama dengan manajer investasi tertentu dan kita tinggal terima jadi saja.

Selain itu, nominal pembayaran unit link tidak bisa sesuka hati, tapi sudah disepakati di awal. Berbeda dengan reksadana yang memungkinkan kita menyetor kapanpun dengan nominal berapapun.

Jenis-jenis Produk Unit Link

Untuk mencapai rencana keuangan menggunakan unit link, tentu kita perlu mengetahui dulu seperti apa jenis-jenisnya? Secara singkat, berikut ini jenis dan perbedaan unit link berdasarkan penempatan dana investasinya.

Jenis Unit Link Risiko Instrumen utama Tujuan
Cash Fund  Rendah Pasar uang Aman
Fixed Income Sedang Obligasi Pendapatan tetap
Managed Sedang Campuran Pendapatan tetap + keuntungan jangka panjang
Equity Tinggi Saham Keuntungan jangka panjang

Agar memahami secara lebih jelas, simak penjelasan tentang jenis-jenis unit link berikut ini.

1. Cash Fund Unit Link (Unit Link Pasar Uang)

Produk ini memiliki risiko investasi rendah, tapi menjanjikan keuntungan rendah juga. Soalnya, unit link pasar uang bakal menaruh semua alokasi investasi dari premi kita di instrumen pasar uang, misalnya deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau surat utang dengan tenor kurang dari satu tahun.

2. Fixed Income Unit Link (Unit Link Pendapatan Tetap)

Produk ini menawarkan risiko sedang. Jadi, minimal 80 persen investasi ditaruh di instrumen obligasi atau surat utang dan sisanya pasar uang. Jadi, kita bisa mendapatkan keuntungan dengan bunga optimal, tapi tetap menghasilkan pendapatan stabil. 

3. Managed Unit Link (Unit Link Pendapatan Campuran)

Dana investasi pada managed unit link ditempatkan pada berbagai macam instrumen, yaitu saham, obligasi, pasar uang dengan perbandingan yang tidak tergolong pada kategori lain. Jenis ini cocok untuk yang mencari pendapatan tetap dengan hasil investasi jangka panjang.

4. Equity Unit Link (Unit Link Dana Saham)

Pada jenis ini, 80 persen uang kita bakal ditaruh di instrumen saham. Nah, produk ini risikonya sangat tinggi karena bergantung pada pergerakan saham yang tidak stabil. Makanya, unit link dana saham cocok untuk orang yang berani mengambil risiko tinggi.

Tips Membeli Asuransi Unit Link Terbaik

Penting untuk memilih asuransi unit link dengan tepat agar rencana keuangan kita berjalan lancar. Berikut ini Lifepal sajikan rangkaian informasi sebagai bahan pertimbangan.

Siap dengan risiko kerugian investasi

Unit link adalah produk gabungan asuransi dan investasi. Seperti layaknya produk investasi lain, unit link tentunya memiliki risiko kerugian. Sebelum membeli, sebaiknya kita yakin siap mendapatkan risiko tersebut ya!

Sesuaikan produk unit link dengan profil risiko

Sebagai investor, kita punya profil risiko. Maksudnya, tingkat toleransi terhadap risiko dan sejauh mana kita bisa menanggung kerugian. Semakin tinggi risiko, semakin besar juga potensi untungnya. Nah, dalam investasi biasanya ada tiga level profil risiko investor, yaitu:

  • Konservatif: Cenderung memilih risiko yang aman dan sudah diketahui timbal hasilnya meskipun rendah.
  • Moderat: Cenderung memilih risiko besar tapi dengan kehati-hatian dengan membatasi dana yang ditaruh di investasi berisiko.
  • Agresif: Cenderung berani memilih risiko besar dan menaruh dana besar.

Setelah menentukan profil, perhatikan juga jangka waktu asuransi yang kita ambil. Kalau ambil jangka waktu lama, boleh mengambil risiko tinggi karena pada dasarnya pergerakan saham jangka panjang akan selalu naik. Kalau hanya ambil masa asuransi sebentar, mending pilih risiko rendah saja.

Ingat, jangan asal mengejar untung yang tinggi, karena akan ada risiko kerugian tinggi pula. Sebaiknya sesuaikan timbal hasil dari unit link dengan profil risiko masing-masing. 

Cek rekam jejak dan kesehatan keuangan perusahaan asuransi

Belilah unit link dari perusahaan asuransi dengan rekam jejak baik serta keuangan perusahaan yang kokoh. Cara mengeceknya, coba ketik nama perusahan di Google, lalu cek di bagian “Berita”. Dari situ kita bisa tahu berita ter-update dari perusahaan.

Untuk mengecek kesehatan keuangannya, cari saja laporan keuangan tahunan perusahaan di Google. Kemudian, yang kita perlu sorot adalah kolom rasio likuiditas dan rasio solvabilitas. Rasio likuiditas adalah indikator yang menunjukkan kemampuan perusahaan membayar utang jangka pendeknya. Sementara itu, rasio solvabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan membayar utang jangka panjang. 

Pemerintah memberikan ketentuan bahwa rasio likuiditas dan solvabilitas yang baik adalah minimum 120 persen. Apabila perusahaan asuransi yang kita temukan memiliki rasio di bawah angka tersebut, maka kondisi kesehatannya sedang tidak baik-baik saja.

Kalau dirasa terlalu ribet, silakan klik tab Pilihan Terbaik, karena Lifepal sudah memberikan rekomendasi perusahaan penyedia unit link terbaik lho!

Pelajari ilustrasi produk unit link sejelas-jelasnya

Jangan ragu menanyakan agen atau broker kalau kurang jelas. Atau, kalau ragu, Lifepal menyediakan konsultasi gratis dengan pakar asuransi kami. Silakan isi formulir di atas ya!

Perhatikan berapa biaya-biaya yang harus dikeluarkan

Dalam mengelola produk unit link kita, ada dua pihak yang terlibat, yaitu perusahaan asuransi dan manajemen investasi. Nah, premi yang kita bayarkan bakal dipotong untuk biaya pengelolaan. Pastikan kita sudah menghitung biaya-biaya tersebut dengan saksama.

 

Pertanyaan tentang Unit Link