Jenis Asuransi Jiwa Unit Link

Jenis asuransi jiwa unit link dibagi berdasarkan empat hal, yaitu penempatan investasi, pembayaran premi, dan tujuan investasi. Berikut penjelasannya.

1. Berdasarkan penempatan uang

Berikut adalah jenis asuransi jiwa unit link berdasarkan penempatan dana nasabah dalam instrumen investasi.

  • Cash Fund Unit Link (Unit Link Pasar Uang). Produk ini memiliki risiko investasi rendah, tapi menjanjikan keuntungan rendah juga. Soalnya, unit link pasar uang bakal menaruh semua alokasi investasi dari premi kita di instrumen pasar uang, misalnya deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau surat utang dengan tenor kurang dari satu tahun.
  • Fixed Income Unit Link (Unit Link Pendapatan Tetap). Produk ini menawarkan risiko sedang. Jadi, minimal 80 persen investasi ditaruh di instrumen obligasi atau surat utang dan sisanya pasar uang. Jadi, kita bisa mendapatkan keuntungan dengan bunga optimal, tapi tetap menghasilkan pendapatan stabil.
  • Managed Unit Link (Unit Link Pendapatan Campuran). Dana investasi pada managed unit link ditempatkan pada berbagai macam instrumen, yaitu saham, obligasi, pasar uang dengan perbandingan yang tidak tergolong pada kategori lain. Jenis ini cocok untuk yang mencari pendapatan tetap dengan hasil investasi jangka panjang.
  • Equity Unit Link (Unit Link Dana Saham).80 persen uang kita bakal ditaruh di instrumen saham. Nah, produk ini risikonya sangat tinggi karena bergantung pada pergerakan saham yang tidak stabil. Makanya, unit link dana saham cocok untuk orang yang berani mengambil risiko tinggi.

2. Berdasarkan pembayaran premi

Bila dibedakan dari tipe pembayaran premi, jenis asuransi jiwa unit link terdiri dari dua, yaitu:

  • Premi tunggal. Nasabah wajib membayar premi sekaligus di awal (saat mendaftar asuransi). Polis jenis ini cocok bagi kita yang sudah mapan secara keuangan, karena umumnya nominal premi cukup besar. Setelah itu, kita tidak perlu mengeluarkan premi lagi.
  • Premi berkala. Nasabah membayar premi secara berkala, yaitu bisa setiap bulan, tiga bulan, atau tahunan. Polis jenis ini cocok bagi kita yang ingin mulai berinvestasi unit link, namun memiliki dana yang terbatas.

3. Berdasarkan tujuan investasi

Jenis asuransi jiwa unit link jika dibedakan berdasarkan tujuan investasinya terdiri dari:

  • Pengelolaan kekayaan. Umumnya unit link memang digunakan untuk mengelola aset yang kita miliki. Selain mengantisipasi risiko kematian, unit link juga menjanjikan keuntungan dari kegiatan investasi. Sehingga, kita bisa meninggalkan warisan yang cukup untuk keluarga.
  • Pendidikan anak. Beberapa unit link menawarkan fitur investasi untuk pendidikan anak. Seperti yang kita tahu, pendidikan anak perlu dipersiapkan dari jauh hari. Mengingat inflasi biaya pendidikan terus meningkat tiap tahunnya, mengelola dana dengan investasi tentu jauh lebih efektif daripada tabungan. Dengan unit link kita juga bisa mengantisipasi risiko kematian, sehingga anak tetap bisa bersekolah sepeninggal orangtua.
  • Dana pensiun. Mempersiapkan dana pensiun sejak dini memang langkah bijak dalam mengelola keuangan. Pasalnya, biaya hidup semakin tinggi dari tahun ke tahun. Semakin cepat dana terkumpul maka semakin aman keuangan kita. Membeli dana pensiun berbentuk unit link menghasilkan manfaat ganda; yaitu pertumbuhan aset dan mitigasi risiko kematian. Jadi, apabila nasabah meninggal dunia,, maka pasangan akan memiliki dana cukup untuk hari tua.
  • Manfaat kesehatan. Selain memproteksi jiwa, sebenarnya ada juga unit link yang memberikan manfaat biaya perawatan kesehatan, misalnya untuk perawatan penyakit kritis.

Berapa Premi Asuransi Unit Link?

Asuransi & investasi: UP Rp1 miliar mulai Rp62 ribu/bulan
+62
Banyak yang beranggapan bahwa premi asuransi unit link mahal, padahal ada kok pilihan premi bersahabat dengan manfaat lengkap. Lihat pilihan polisnya dengan isi formulir di atas, atau lihat kisaran premi Auransi Unit Link selengkapnya
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan