Lifepal Logo

Bengkel Mobil Volkswagen Palembang

Cari bengkel mobil Volkswagen di Palembang dengan fitur pencarian bengkel ini. And ... Lihat Selengkapnya

Bengkel hero image

Dapatkan Bantuan Klaim Asuransi Mobil GRATIS! Klik disini!

Layanan bengkel mobil

Jenis perbaikan di bengkel mobil bisa bermacam-macam, mulai dari perbaikan body dan sasis, mesin, sistem elektrik, onderstel, hingga pengecatan dan pengelasan mobil.

Mendatangi bengkel mobil adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan perawatan rutin kendaraan kesayangan. Namun, banyak yang merasa bingung akan dibawa kemana mobil tersebut saat tiba waktunya servis rutin.

Setidaknya, ada dua jenis pilihan bengkel mobil yang bisa Anda pilih, yaitu bengkel resmi dan bengkel umum (nonresmi).

Bengkel resmi

Sebagaimana namanya, bengkel resmi merupakan milik dealer atau agen pemegang merek (APM) penjual mobil. Artinya, bengkel resmi hanya melayani kendaraan dengan merek yang mereka jual.

Bengkel resmi memiliki tenaga ahli kompeten karena telah diberikan pelatihan khusus sesuai bidangnya. Jenis-jenis montir di bengkel resmi biasanya meliputi montir perbaikan umum (general repair), mandor perbaikan umum (foreman general repair), dan penasihat layanan (service advisor).

Contoh bengkel mobil resmi misalnya:

  • Auto2000: bengkel resmi untuk mobil merek Toyota.
  • Bengkel Honda: bengkel resmi untuk mobil merek Honda.
  • Nissan-Datsun Indomobil: bengkel resmi untuk mobil merek Nissan dan Datsun.

Bengkel umum (nonresmi)

Bengkel umum disebut tidak resmi karena tidak memiliki afiliasi dengan APM atau dealer mobil tertentu. Berbeda dengan bengkel resmi, bengkel umum ini sanggup melayani berbagai jenis dan merek mobil.

Meski tidak resmi, bukan berarti bengkel umum tidak bagus. Malah banyak yang memilih bengkel umum karena biasanya mereka memiliki suku cadang yang beragam dan lokasinya yang mudah ditemukan.

Berikut ini contoh bengkel umum.

  • Bosch Car Auto Service.
  • CARfix.
  • Autofun Service.
  • Nawilis.
  • Boss Matic.

Kelebihan dan kekurangan bengkel resmi

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika melakukan servis di bengkel resmi, di antaranya:

  • Tenaga ahli bengkel mobil resmi dipastikan kompeten karena sebelum melakukan tugas, mereka sudah melakukan pelatihan sesuai keahliannya.
  • Orisinalitas suku cadang sudah dijamin dan sesuai dengan standar mobil. Di bengkel resmi, Anda tidak akan bisa menemukan suku cadang replika ataupun kelas satu kemiripan.
  • Peralatan bengkel yang sudah pasti lengkap, seperti hidrolik, scanner, dan lain sebagainya.

Namun, bengkel resmi juga punya kekurangan terutama masalah tarifnya. Bukan lagi rahasia jika tarif perbaikan dan perawatan mobil di bengkel resmi lebih mahal dibandingkan bengkel umum. Untuk itu, jika ingin melakukan perbaikan di bengkel resmi, pastikan Anda punya asuransi kendaraan

Kelebihan dan kekurangan bengkel umum

Meskipun pasti tidak memiliki ikatan kerjasama dengan merek kendaraan tertentu, bukan berarti bengkel umum itu tidak bagus, lho. Yuk kenali kelebihan bengkel umum sebagai berikut.

  • Bisa menangani semua merek kendaraan.
  • Suku cadang yang dimiliki pun juga beragam, mulai dari suku cadang yang original (OEM/original equipment manufacturer) sama seperti yang dijual di bengkel resmi, after market, suku cadang tiruan, dan lain-lain.
  • Harga jasa yang ditawarkan bengkel tidak resmi ini jauh lebih murah dibandingkan bengkel resmi
  • Lokasi yang mudah ditemukan bahkan hingga ke pelosok.

Namun, tidak ada jaminan teknisi di bengkel umum memang benar-benar ahli di bidangnya. Sebagian besar teknisi di bengkel nonresmi tidak diberikan sertifikat walaupun mereka benar-benar ahli, kecuali memang mereka pernah mengikuti pelatihan khusus sebelumnya.

Meski begitu, tidak sedikit juga bengkel umum memberikan kualitas tidak jauh berbeda dengan bengkel resmi.

Mengapa harus rutin servis di bengkel mobil?

Lantaran harga mobil bukanlah angka yang sedikit, maka ada perbaikan yang harus dilakukan agar kondisi kendaraan tetap layak digunakan

Ada beberapa alasan yang membuat Anda harus rutin servis di bengkel mobil, antara lain:

  • Servis mobil akan dilakukan secara menyeluruh, maka kita bisa tahu komponen mobil mana saja yang perlu perbaikan. Pasalnya, komponen mobil memiliki penurunan kualitas seiring dengan jarak pemakaian
  • Saat servis mobil, bengkel akan melakukan pembersihan, perbaikan, atau penggantian komponen bila diperlukan. Dengan begitu, mobil bisa tetap melaju dengan baik dan memberi jaminan rasa aman dan nyaman kepada pengendara.
  • Servis mobil secara berkala memberi peluang bagi kita mengganti komponen yang rusak.
  • Penggantian dan perbaikan komponen secara berkala membuat performa mobil lebih baik sehingga masa pakai mobil pun jadi lebih panjang.
  • Mempertahankan nilai jual kendaraan.

Jenis perbaikan mobil

Lalu, kapan sebaiknya kendaraan Anda mulai diservis? Nah, untuk mengetahuinya Anda harus mengenal dulu jenis-jenis servis mobil berkala. Setelah itu, perbaikan mobil juga dilakukan sesuai permasalahan pada kendaraan. Berikut ini penjelasannya

Servis mobil berkala 5.000 km

Pada saat mobil mencapai jarak 5.000 km ada beberapa komponen yang harus diganti. Masa 5.000 km atau kurang lebih selama 3-4 bulan, mobil juga harus mendapatkan perawatan berkala.

Biasanya komponen yang dicek hampir sama seperti 1.000 km. Bedanya di 5.000 km ini oli pada mesin mobil akan dianjurkan untuk diganti.

Selain itu, bagian kampas rem, sistem steering, hingga cairan yang ada pada mobil juga akan mendapatkan pengecekan.

Pada saat mengganti oli mesin, biasanya dibarengi dengan penggantian filter oli. Biasakan mengganti filter oli agar sirkulasi tetap terjaga.

Servis mobil berkala 10.000 km

Pihak bengkel biasanya akan melakukan pembersihan, pengecekan pada komponen yang ada di mesin pada saat melakukan servis di 10.000 km pertama.

Ada beberapa komponen yang wajib dicek, seperti oli-oli pada mesin. Dimulai dari oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling.

Hal lain yang akan dilakukan adalah mengecek aki, sistem kemudi, tekanan angin, pembersihan filter udara, pengecekan idle mesin dan pengecekan baut pada roda.

Servis mobil berkala 15.000 km

Setelah mobil mencapai 10.000 km, maka servis berkala selanjutnya yang akan dikerjakan adalah di interval 15.000 km

Item-item yang dilakukan pengecekan sama seperti saat servis berkala 5000 km yaitu, penggantian oli mesin kendaraan dan pengecekan baut kolong, fluida dan minyak-minyak, air radiator, suspensi (sama seperti servis 1000 km)

Selain itu lakukan juga pada servis kelipatan 15000 km, 25000 km, 45000 km dan seterusnya

Servis mobil berkala 20.000 km

Pemilik mobil juga wajib melakukan servis berkala saat penggunaan mencapai usia 1 tahun. Umumnya, servis berkala ini sudah mencapai jarak tempuh 20.000 km.

Karena itu, servis biasanya cukup besar dan membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena komponen yang akan dicek dan dibersihkan juga semakin banyak.

Servis berkala 20.000 km dilakukan mulai dari pembersihan saringan udara, pengecekan rem pada semua roda, pengecekan dan penyetelan klep, pembersihan throttle body, kalibrasi idle, penggantian filter AC, penggantian busi hingga balancing dan spooring serta rotasi ban menyilang.

Biasanya masa ini adalah masa terakhir saat gratis biaya jasa yang diberikan oleh pabrikan otomotif. Setelah mobil lebih dari 1 tahun, para pemilik biasanya akan membayar biaya jasa pada saat melakukan servis.

Tune up

Tune up adalah bentuk perawatan mobil yang dijadwalkan secara rutin tiap satu tahun sekali untuk mempertahankan performa mobil.

Melakukan tune up ini bisa dilakukan di bengkel resmi maupun di bengkel umum.

Jenis servis tune up secara umum mencakup penggantian beberapa komponen pada mobil. Misalnya, filter udara harus diganti setidaknya satu tahun sekali. Tune up juga dapat diikuti dengan mengganti beberapa komponen penting pada mesin.

Seperti mengganti kabel busi, busi, filter bahan bakar, dan penyetelan sensor oksigen pada mobil

Ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan saat melakukan tune up pada mesin mobil. Seperti membersihkan injektor, membersihkan karburator, memakai cairan pembersih pada sistem bahan bakar, atau memasukkan cairan pembersih pada tangki bahan bakar.

Overheating

Pernah melihat kap mesin ngebul? Ya, itu ciri-ciri mobil yang mengalami overheating. Insiden ini terjadi karena kondisi temperatur mesin melebihi batas maksimalnya.

Idealnya, suhu mesin berada di antara 82 derajat celcius hingga 93 derajat celcius. Nah, suhu mobil di atas 100 derajat celcius dipastikan mengalami overheating.

Penyebabnya macam-macam. Bisa karena sistem pendinginan mesin tidak bekerja sempurna atau air radiator sudah habis.

Overhaul

Kalau mobil sudah diminta overhaul atau turun mesin, berarti kerusakannya sudah berat. Istilah itu juga berlaku jika montir mendiagnosis ada kerusakan di gearbox maupun garden.

Overhaul adalah pekerjaan yang membuat montir mesti membelah atau menurunkan mesin untuk mencari tahu kerusakan.

Namun yang perlu diperhatikan soal overhaul ini adalah tidak selalu semua komponen mesin mengalami kerusakan. Jadi Anda perlu menekankan kepada montir, bagian apa saja pada mesin yang harus diperbaiki.

Hal ini penting sebagaimana biaya turun mesin atau overhaul cenderung lebih mahal dan akan tergantung kepada komponen apa saja yang perlu diperbaiki.

Spooring

Spooring atau wheel alignment mengarah pada perbaikan langsung pada kaki-kaki mobil, dalam hal ini roda

Spooring adalah pekerjaan untuk menyelaraskan lagi sudut roda sesuai spesifikasi pabrikan. Lazimnya, pekerjaan ini sudah dilakukan secara komputerisasi. Pekerjaan spooring ini membantu agar perputaran tapak roda menjadi sempurna lagi sehingga ban tak cepat aus, BBM lebih irit, dan mendeteksi jika ada masalah di kaki-kaki mobil.

Balancing

Sama seperti spooring, istilah ini juga terkait dengan roda. Nah, balancing ini merupakan pekerjaan untuk menyamakan lagi bobot ban dan pelek.

Jika bobotnya tak seimbang, maka pada kecepatan tertentu bakal membuat kemudi bergetar sehingga mengemudi jauh dari rasa nyaman. Kalau setir sudah bergetar seperti itu, maka segeralah kunjungi bengkel mobil untuk melakukan balancing.

Rata-rata biaya servis di bengkel mobil

Biaya jasa servis yang akan dikenakan oleh setiap merek dan dealer tentunya akan sangat berbeda. Selain itu, model kendaraan juga akan berpengaruh terhadap biaya servis.

Berikut ini rata-rata biaya servis bengkel sesuai dengan jenis bengkelnya.

Biaya servis di bengkel resmi

Tarif perbaikan mobil di bengkel resmi ini bervariatif tergantung jenis kendaraan dan jenis perawatan

Di bengkel resmi berlaku harga sesuai pengkategorian jenis kendaraan dan kilometer yang dikeluarkannya.

Misalnya, jika mobil telah mencapai 10.000 kilometer, estimasi biaya servisnya adalah Rp400.000 hingga Rp600.000. Sementara itu, servis jika mobil telah mencapai 40.000 kilometer, estimasi biayanya mulai dari Rp1 juta sampai Rp1,2 juta.

Untuk servis mobil saat mencapai 80.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp2,6 juta sampai Rp3 juta.

Biaya servis di bengkel umum

Jika bengkel resmi sesuai kilometer, maka di bengkel umum, harga servis ditentukan oleh hasil diagnosa dari teknisi yang mengerjakan

Harganya pun bisa bervariasi dan biasanya lebih murah, dibandingkan bengkel resmi.

Misalnya untuk biaya tune-up dibanderol dengan harga sebesar Rp350.000. Namun bengkel di wilayah yang sama hanya Rp100.000. Tarif tersebut berlaku untuk kendaraan, khususnya mobil bermesin 1.500 cc atau 2.500 cc untuk merek kendaraan apa saja.

Tips biar servis mobil tidak mahal

Saat servis mobil terkadang bisa melebihi anggaran yang sudah direncanakan. Biasanya, ada saja komponen yang menurut kita baik-baik saja, ternyata bengkel menyarankan untuk menggantinya. Alhasil, ongkos perbaikan jadi lebih mahal.

Nah, biar kejadian ini tidak terjadi pada Anda, yuk ikuti tips biar servis tetap murah berikut ini.

  • Gunakan sparepart asli agar kualitas suku cadang lebih terjamin sehingga mobil Anda tidak perlu bolak balik ke bengkel yang menghabiskan biaya cukup besar.
  • Penggunaan bahan bakar minyak sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan kendaraan.
  • Pastikan untuk memeriksa kondisi ban setiap saat sebelum berangkat.
  • Pahami jadwal servis berkala mobil.
  • Siapkan budget setiap waktunya servis
  • Miliki asuransi mobil agar tak perlu khawatir soal biaya perbaikan

Memilih bengkel mobil terbaik

Perawatan mobil adalah salah satu faktor penting dari sebuah kendaraan karena cara ini mampu memperpanjang usia kendaraan tanpa menyebabkan masalah. Sayangnya, memilih bengkel mobil ternyata tidak mudah. Apalagi saat ini ada banyak bengkel mobil yang tak sesuai dengan standar.

Untuk itu, Anda wajib memahami cara memilih bengkel mobil agar tidak terjebak dengan bengkel abal-abal.

1. Pilih lokasi dekat dan mudah dijangkau

Memilih bengkel sesuai lokasi dapat memudahkan Anda saat kendaraan mengalami kerusakan. Bayangkan jika saat mobil Anda mogok, lalu bengkel mobil jauh dari jangkauan? Pasti akan sulit membawanya.

Untuk itu, pastikan saat memilih bengkel mobil terbaik yang akan jadi langgananmu, lokasinya mudah untuk Anda jangkau, ya!

2. Cek kualitas dan pengalaman teknisi

Selain soal jarak, kualitas teknisi sangatlah penting saat memilih bengkel mobil terbaik. Teknisi yang baik biasanya bersertifikat dan memiliki pengetahuan yang detail mengenai mobil sehingga Anda tidak akan ragu mempercayakan kendaraan kepada mereka.

Jadi, usahakan Anda memilih bengkel yang sudah memiliki reputasi yang baik. Anda bisa mengetahui ini dengan melihat testimoni soal bengkel di internet, bertanya pada kenalan, atau bergabung di komunitas otomotif

3. Ketersediaan sparepart untuk merk mobilmu

Saat memilih bengkel, memastikan ketersediaan suku cadang juga tidak kalah penting. Kalau mau aman sih, Anda bisa pilih bengkel resmi. Karena ketersediaan suku cadang mereka sudah dijamin lengkap dan original.

Tetapi, Anda juga bisa pilih bengkel umum yang besar dan punya cabang di mana-mana. Biasanya, bengkel jenis inii suku cadang mobil yang lengkap dan berbagai macam pilihannya. Sehingga Anda bisa memilih sendiri suku cadang tersebut sesuai dengan budget yang Anda miliki.

4. Memiliki pelayanan dan operasional yang baik

Setiap bengkel dengan teknisi terpercaya tentu mempunyai standar operasional yang jelas. Tidak hanya itu, Quality Control juga memegang peranan krusial terhadap sebuah bengkel mobil yang bagus.

Jika Anda memilih servis di bengkel yang dikerjakan dengan SOP dan QC yang berkualitas tinggi, maka mereka semakin akurat dalam mendiagnosa penyakit mobil yang Anda miliki.

5. Manfaatkan bengkel rekanan asuransi mobilmu

Kalau Anda punya polis asuransi mobil maka tak perlu khawatir saat memilih bengkel mobil. Cara termudah untuk menentukan bengkel terbaik, tentu dengan memilih rekanan asuransi. Sebab, biasanya perusahaan asuransi memilih bengkel yang dikenal memiliki reputasi yang baik untuk dijadikan rekanan.

Selain itu, saat memilih bengkel rekanan, maka proses perbaikan menjadi lebih mudah karena akan diurus dan ditangani oleh pihak asuransi.

Apa saja jenis bengkel mobil?

Ada dua jenis bengkel mobil yaitu:

  • Bengkel resmi: bengkel milik dealer atau agen pemegang merek (APM) penjual mobil.
  • Bengkel umum: disebut tidak resmi karena tidak memiliki afiliasi dengan APM atau dealer mobil tertentu.

Layanan apa saja yang diberikan bengkel mobil?

Layanan yang diberikan bengkel mobil sangat banyak. Sebut saja servis umum seperti servis rutin, pengecekan aki, pengecekan kondisi ban, servis mesin, serta pengecekan kaki-kaki mobil.

Kapan harus ke bengkel mobil untuk service?

Pemilik mobil dianjurkan melakukan servis berkala tiap 10.000 km atau enam bulan.

Apa yang dimaksud dengan bengkel mobil online?

Bengkel mobil online adalah layanan yang menawarkan jasa servis mobil panggilan atau jasa booking servis mobil di bengkel secara online. Lewat aplikasinya, Anda bisa menghubungi salah satu bengkel yang tersedia.

Berapa biaya servis mobil?

Estimasi biaya servis jika mobil telah mencapai 10.000 kilometer Rp400.000 hingga Rp600.000. Servis jika mobil telah mencapai 40.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp1 juta sampai Rp1,2 juta.

Servis mobil saat mencapai 80.000 kilometer estimasi biaya servisnya Rp2,6 juta sampai Rp3 juta.

Apa itu tune up?

Tune up: upaya untuk mengembalikan performa atau stamina mesin ke kondisi terbaiknya.

Apa perbedaan servis dan tune up mobil?

Keduanya memiliki perbedaan, antara lain apabila servis biasa maka kendaraan akan dilakukan pengecekan kondisinya.

Sementara jika melakukan tune up bertujuan untuk membuat kondisi komponen-komponen pada kendaraan dalam kondisi yang prima atau baru.

Berapa biaya tune up mobil?

Biasanya untuk sekali melakukan tune up di bengkel umum, kira-kira harus menyiapkan biaya Rp350.000 hingga Rp500.000. Kisaran tersebut belum termasuk biaya penggantian sparepart atau komponen yang memang dianggap sudah tidak layak pakai yang bisa menjadi penyebab mobil mogok.

Berapa biaya servis kaki-kaki mobil?

Biaya untuk mengganti kaki-kaki mobil ternyata tergantung dari mobil yang digunakan sebab setiap pabrikan dari Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat memiliki harga yang berbeda-beda. Sebagai gambaran, berikut ini biaya ganti kaki-kaki mobil.

  • Mobil Jepang: Rp1,2 juta – Rp1,3 jutaan.
  • Mobil Eropa: Rp1,5 juta – Rp1,6 jutaan.
  • Mobil Amerika Serikat: Rp3 juta – Rp4 jutaan.

Apa itu asuransi mobil?

Asuransi mobil adalah produk perlindungan finansial yang manfaatnya dapat menjamin nasabah dari tagihan perbaikan mobil yang terlalu mahal.

Apa saja jenis asuransi mobil?

Asuransi mobil terbagi dua, yaitu asuransi all risk untuk jaminan menyeluruh dan asuransi TLO untuk jaminan kerusakan berat atau kehilangan.

Apa itu montir?

Montir adalah tenaga ahli dalam bidang otomotif yang bertugas memperbaiki kerusakan pada permesinan mobil atau motor. Dia juga bertugas mempertahankan performa mesin kendaraan tetap berada pada titik optimal.

Apa yang dimaksud dengan overheating

Overheating: memanasnya mesin hingga mencapai suhu di atas kewajaran. Ditandai dengan keluarnya asap dari mesin.

Apa itu overhaul?

Overhaul: turun mesin adalah penanganan mesin mobil berskala besar sebagaimana tingkat kerusakannya sudah parah. Mobil terpaksa harus menginap di bengkel untuk ditangani secara menyeluruh.

Apa itu spooring?

Spooring atau wheel alignment adalah penanganan untuk menyelaraskan sudut-sudut roda sesuai spesifikasi pabrikan kembali.

Apa yang dimaksud dengan balancing?

Balancing adalah penanganan untuk menyamakan bobot ban dan pelek kembali. Tanda-tandanya adalah kemudi yang bergetar saat mobil dibelokkan atau ketika mobil mencapai kecepatan tertentu.

Lihat Selengkapnya

Bengkel

Mengambil data artikel...

Kalkulator Keuangan
Gunakan kalkulator kami untuk membantu menyelesaikan beragam kebutuhan perencanaan keuanganmu. Hitung dan simulasikan berbagai skenario sesuai kondisi pribadi dan keuanganmu

Mengambil data artikel...

Asuransi Terbaik 2021
Dapatkan DISKON 25% + CASHBACK 10%
Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
Asuransi KesehatanAsuransi MobilAsuransi Jiwa