Pengertian 3i Network Beserta Cara Kerja dan Produknya

car insurance 3i network

3i Network bukanlah penyedia layanan telekomunikasi seperti yang diduga, melainkan sistem jaringan pemasaran asuransi milik PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance) dalam merekrut agen.

Dalam hal ini, nasabah CAR Life Insurance dapat direkrut melalui jaringan 3i Network. Selanjutnya, mereka diberikan pelatihan sesuai standar berlisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sebelum bisa memasarkan produk dan merekrut nasabah lain. Secara sekilas polanya sama dengan bisnis multi level marketing atau MLM.

3i Network merupakan singkatan dari Insurance, Investment, Income, Network. Artinya melalui sistem keagenan 3i network, nasabah bisa mendapatkan asuransi, investasi, dan pendapatan melalui sistem keagenan yang tergabung dalam jaringan 3i network.

Cara Kerja 3i Network

sistem kerja tim 3i network

Banyak yang mengira bahwa 3i Network adalah produk multi level marketing, padahal cara kerjanya serupa dengan sistem keagenan perusahaan asuransi lainnya. 

Setiap anggota yang tergabung dalam keagenan 3i Network akan mendapatkan pelatihan dan lisensi dari AAJI sebagai syarat bisa menjual produk asuransi. Modal inilah yang menjadikan semua anggota 3i network diizinkan menjual produk asuransi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Nantinya, nasabah dapat membeli polis dengan premi senilai minimal Rp350 ribu per bulan. Jenis asuransi yang dibeli adalah asuransi unit link yang memberikan nilai investasi sekaligus proteksi. Sedangkan pendapatannya diperoleh dari rekrutmen nasabah baru dengan sistem komisi atau bonus referensi.

Proses rekrutmen sepenuhnya melalui jaringan keagenan CAR Life Insurance yang dinamakan dengan 3i Network. Jaringan ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan sistem keagenan perusahaan lainnya seperti yang dimiliki oleh Allianz dengan Allianz Star network.   

Produk 3i Network

produk-produk 3i network

Produk khusus yang hanya dipasarkan melalui jaringan keagenan 3i CAR Network adalah CARLink Pro. CAR Link Pro adalah asuransi unit link yang memberikan manfaat proteksi sekaligus investasi.

Berikut adalah beberapa paket produk yang dapat dipilih oleh calon nasabah.

Paket  Good Value Smart Value Best Value
Premi Bulanan Rp350 Ribu Rp700 Ribu Rp1 Juta
Pertanggungan Rp21 Juta Rp42 Juta Rp60 Juta
Masa Pertanggungan 5 Tahun (60 Bulan)
Usia Tertanggung 1 – 59 Tahun
Usia Pemegang Polis 17 – 75 Tahun
Peserta mengisi surat permohonan Asuransi Jiwa (SPAJ)

secara elektronik e-SPAJ dan menandatangani surat pernyataan.

Jenis investasi dalam produk CARLink Pro

Terdapat tiga produk investasi yang ditawarkan CARLink Pro, yaitu:

  1. Pasar Uang 
  2. Efek Pendapatan Tetap
  3. Efek Ekuitas

Proporsi investasi yang ditawarkan berkisar antara 10-90 persen sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Manfaat yang didapatkan nasabah

Pada akhir masa jatuh tempo pertanggungan, nasabah akan mendapatkan manfaat berupa nilai investasi sesuai dengan ketentuan apabila masih hidup dan dengan catatan bahwa polis masih berlaku. 

Jika, nasabah memutus kontrak sebelum masa jatuh tempo, maka nasabah hanya akan mendapatkan nilai investasi. Sedangkan jika meninggal dunia, keluarga atau orang yang ditunjuk untuk menerima manfaat asuransi jiwa akan mendapatkan uang pertanggungan ditambah dengan nilai investasi.

Sebagai contoh jika Anda mendaftarkan diri pada usia 30 tahun dengan premi memilih premi Rp350 ribu per bulan selama lima tahun, maka nilai investasi yang akan didapatkan sekitar Rp3,4 miliar apabila masih hidup sampai usia 75 tahun.

Namun demikian, nilai investasi merupakan perkiraan karena asuransi unit link memiliki risiko sehingga nilai yang investasi yang diterima bisa lebih besar atau lebih kecil dari perkiraan.  

Kelebihan dan Kekurangan 3i Network

kelebihan dan kekurangan 3i network

Beberapa agen 3i Network masih memasarkan produk ini dengan istilah tabungan. Padahal produk yang sebenarnya bukanlah tabungan, melainkan asuransi unit link.

Bagi yang sudah memahami apa itu asuransi unit link ada kecenderungan untuk menghindarinya karena uang pertanggungan yang akan didapatkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan asuransi jiwa murni.

Sangat wajar jika uang pertanggungan yang diterima jauh lebih kecil karena premi yang dibayarkan oleh nasabah akan dibagi ke dalam dalam dua manfaat, yaitu proteksi dan investasi, sehingga masing-masing manfaat tersebut tidak akan maksimal.

Sebagaimana yang diterapkan pada sistem agen asuransi pada umumnya, para agen yang tergabung dalam 3i Network dapat menjual produk asuransi yang sama dengan keuntungan mendapatkan komisi. Istilah yang disebut oleh para agen adalah gaji. Padahal gaji sangat berbeda sekali dengan komisi. 

Gaji adalah pendapatan atas kinerja seseorang di dalam perusahaan dengan nilai yang sudah disepakati. Berbeda dengan komisi yang akan didapatkan ketika berhasil melakukan penjualan. Artinya, Anda tidak akan mendapatkan komisi jika tidak berhasil menjual produk.

Untuk mempelajari sistem dan perencanaan marketing keagenan, para agen dapat memanfaatkan aplikasi 3i Mobiss yang didapatkan dari Google Play Store melalui ponsel berbasis Android.

Teman Andalan Untuk Kebutuhan Asuransimu

  • Bandingkan lebih dari 100 polis
  • Konsultan terbaik di sisimu
  • Bantuan klaim gratis dan mudah
Rp
+62