Jadi Agen BRILink, Siapkan Modal Awal dan Ikuti Cara Ini

BRI tidak hanya membangun kantor cabang baru untuk berekspansi ke seluruh Indonesia, tetapi juga berpartner dengan nasabah. Program tersebut dinamakan Agen BRILink.

Agen BRILink adalah program keagenan dari bank BRI yang memungkinkan nasabah untuk berpartisipasi dalam melayani transaksi perbankan bagi masyarakat. Jadi, masyarakat tidak harus datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan tertentu, seperti transfer, setor tunai, tarik tunai, dan pembayaran tagihan.

Biasanya, agen BRILink seperti ini sangat dibutuhkan di daerah pelosok, daerah yang jauh dari ATM BRI, atau masyarakat non-bankable (tidak memenuhi persyaratan atau sulit terjangkau bank). Nah menariknya bagi agen BRILink sendiri tentu ada kompensasi, yaitu berupa penghasilan per transaksi. 

Mari simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Agen BRILink?

Daftar Suku Bunga Deposito Bank BRI

Jika masih bingung dengan sistem kerja agen BRILink, berikut contoh cerita yang bisa menjadi gambaran.

Somat perlu mentransfer uang ke seseorang sejumlah Rp500 ribu, namun dia tidak punya rekening atau kartu ATM. Kebetulan, tetangganya yang bernama Tedjo adalah seorang agen BRILink. Maka dari itu, Somat bisa meminta bantuan Tedjo untuk melakukan transfer uang menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) miniATM BRI.

Agen BRILink dapat menetapkan biaya jasa, misalnya Rp5.000 per transaksi. Jadi, Somat harus memberikan dana kepada Tedjo sebesar Rp505.000. Keuntungan Tedjo sebagai agen BRILink adalah biaya jasa yang dalam hal ini sebesar Rp5.000.

Dari Rp5.000 tadi, apabila ada 20 transaksi saja maka Tedjo bisa memperoleh penghasilan hingga Rp100 ribu!

Produk Layanan dan Fasilitas

Bank BRI

Adapun pilihan produk layanan dan fasilitas yang disediakan oleh bank BRI kepada Agen BRILink untuk transaksi, antara lain:

1. Lakupandai

Layanan ini adalah bagian dari keagenan BRILink yang mana agen bisa menyediakan berbagai layanan transaksi perbankan, tetapi tidak melalui jaringan BRI.

Fasilitas yang diberikan oleh BRI untuk layanan Lakupandai, antara lain fitur Cash In dan Cash Out, Report, setoran uang, tarik tunai, isi ulang pulsa, dan belanja di merchant pilihan.

2. T-Bank

T-Bank adalah layanan keuangan berbasis digital yang menggunakan server milik BRI. Kita cukup menggunakan nomor ponsel yang kemudian didaftarkan sebagai nomor rekening. Fasilitas yang tersedia untuk produk BRILink ini adalah setoran tabungan, setoran pinjaman, maupun tarik tunai.

3. Mini ATM BRI

Fitur ini memungkinkan agen BRILink untuk melakukan transaksi nontunai menggunakan mesin EDC miniATM BRI. Fitur yang disediakan, antara lain registrasi mobile banking dan internet banking, transfer uang, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, dan setor tunai.

Syarat Pendaftaran Agen BRILink

Fitur Menarik Deposito Bank BRI

Pendaftaran agen BRILink dapat dilakukan oleh nasabah perorangan maupun badan usaha. Seperti halnya pembukaan rekening biasanya, kita perlu membawa identitas diri, mengisi formulir, dan mengikuti instruksi dari petugas bank BRI. Berikut panduan dan syarat pendaftaran program BRILink.

  • Siapkan dokumen identitas. Nasabah perorangan maupun badan usaha dapat menyiapkan identitas diri berupa KTP dan NPWP (untuk badan usaha harus pemilik).
  • Khusus bagi nasabah badan usaha perlu menyerahkan dokumen legalitas usaha, yaitu surat keterangan usaha dari RT/RW atau SIUP (surat izin usaha perdagangan), SITU (surat izin tempat usaha), TDP (tanda daftar perusahaan), akta pendirian, atau surat izin usaha lain yang sah.
  • Bawa rekening tabungan BRI maupun rekening koran dan salinannya. Apabila belum menjadi nasabah BRI, maka kita wajib buka rekening terlebih dahulu.
  • Datang ke unit kerja bank BRI terdekat dan minta serta isi formulir Formulir Pengajuan Agen BRILink Perjanjian Kerjasama BRILink. Selanjutnya, ikuti instruksi petugas bank BRI.

Setelah selesai, kita akan diberikan berbagai fasilitas yang mendukung pekerjaan sebagai agen BRILink.

Modal Awal dan Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Alasan Memilih Asuransi BRI Life

Sebagai informasi, ada modal tertentu yang harus disiapkan untuk bisa menjadi agen BRILink. Modal awal untuk mendapatkan mesin EDC miniATM BRI yang akan digunakan bertransaksi adalah Rp3 juta.

Selain itu, kita pun perlu menyiapkan saldo yang cukup untuk bertransaksi sehingga bisa memenuhi permintaan pelanggan. Anggaplah di awal kita perlu menyiapkan dana Rp3 juta. Jadi, total dana yang dibutuhkan di awal adalah Rp6 juta.

Nah, agar bisa balik modal atas pengeluaran membeli mesin EDC, maka kita perlu mencapai 600 transaksi. Angka tersebut diperoleh dari margin keuntungan Rp5.000. Rumusnya:

Modal awal mesin EDC Rp3.000.000 / Rp5.000 = 600 transaksi

Kalau dikejar dalam sebulan, maka kita harus mendapatkan 20 transaksi per hari. Bisalah, ya! Malah di salah satu portal berita terdapat kisah agen BRILink yang bisa mendapatkan omzet hingga Rp18 juta per bulan, lho.

Jadi, bukan hal mustahil untuk menjadikan keagenan BRILink sebagai sumber penghasilan, baik penghasilan utama maupun sebatas usaha sampingan saja.

Tertarik untuk mencoba menjadi agen BRILink?

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis
Tags: , ,
Helda Sihombing

Berpengalaman di industri FinTech dan jurnalis media finansial selama 5 tahun. Bercita-cita meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia lewat digital.