Manfaat Aplikasi Taspen untuk Proses Otentikasi Berkala

Taspen

PT Taspen (Persero) telah menyediakan layanan aplikasi taspen sebagai wadah untuk melakukan otentikasi online secara berkala.

Langkah ini dinilai sebagai wujud pengembangan layanan agar tidak ada lagi keterlambatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang segera pensiun dalam menerima hak-haknya.

Taspen Mobile

Perlu diperhatikan bahwa pada praktiknya, otentikasi ini diwajibkan dilakukan oleh peserta Taspen dengan tujuan membuktikan bahwa dirinya masih hidup dan masih berhak menerima manfaat pensiun.

Selain itu, metode digitalisasi ini diharapkan bisa menghindarkan terjadinya penyalahgunaan nama penerima manfaat pensiun yang sudah meninggal sehingga tidak ada lagi pencairan manfaat pensiun kepada pihak yang tidak berhak menerimanya.

Proses otentikasi ini akan dibedakan berdasarkan status sosial di dalam keluarga, yaitu:

  • Peserta yang hidup sendiri wajib melakukan otentikasi tiap bulan.
  • Jika peserta hanya memiliki suami atau isteri, maka otentikasi dilakukan tiap tiga bulan sekali.
  • Peserta yang masih memiliki keluarga penuh yang terdiri atas suami, isteri, dan anak perlu melakukan otentikasi tiap enam bulan sekali.

Teman Andalan Untuk Kebutuhan Asuransimu

  • Bandingkan lebih dari 100 polis
  • Konsultan terbaik di sisimu
  • Bantuan klaim gratis dan mudah
Rp
+62

Bersamaan dengan pemberlakukan otentikasi online ini, maka penggunaan surat kuasa untuk mengambil manfaat pensiun tidak berlaku lagi.

Penting untuk dipahami bahwa tanpa melalui proses otentikasi, manfaat pensiun peserta akan ditahan oleh PT Taspen (Persero). Lebih jauh lagi, jika peserta tidak melakukan otentikasi selama tiga bulan berturut-turut, maka peserta harus melakukan pengurusan dari awal dikarenakan uang pensiun tidak dapat dikeluarkan seluruhnya.

Sebelumnya, Peserta harus Melakukan Pendaftaran Ulang

Cara Cek Pembayaran Listrik Sudah Berhasil atau Belum

Untuk bisa melakukan otentikasi online melalui aplikasi Taspen, peserta harus melakukan pendaftaran ulang dengan dibantu oleh petugas di tempat-tempat tertentu yang ditunjuk secara khusus oleh PT Taspen (Persero).

Pendaftaran ulang ini wajib dilakukan oleh peserta sendiri sebagaimana data-data yang diambil nantinya akan melibatkan dirinya langsung (biometrik). Data-data biometrik ini diperoleh dengan melakukan:

  • Pengisian informasi pribadi.
  • Pemotretan wajah tampak depan.
  • Pemindaian sidik jari.
  • Perekaman suara.

Setelah menyelesaikan pendaftaran ulang, pasien akan mendapatkan smart card yang dapat difungsikan sebagai:

  • Kartu Identitas Pensiun (Karip).
  • Kartu pembayaran umum.
  • Penarikan dana pensiun melalui ATM.
  • Kartu keanggotan untuk mendapatkan diskon di toko-toko tertentu.

Selain itu, peserta sudah bisa melakukan proses otentikasi secara berkala untuk menyatakan bahwa dirinya masih hidup melalui pengesahan di aplikasi Taspen.

Cara Menggunakan Aplikasi Taspen untuk Otentikasi Berkala

Cara Menggunakan Aplikasi Taspen untuk Otentikasi Berkala

Aplikasi Taspen untuk melakukan otentikasi secara rutin bisa diunduh secara gratis di situs Taspen.co.id atau Google Play (Taspen Otentikasi). Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Taspen Otentikasi.
  2. Ketikkan nomor keanggotaan pribadi (Notas).
  3. Untuk otentikasi suara, ucapkan angka-angka yang tertera di layar aplikasi.
  4. Untuk otentikasi wajah, tempatkan wajah Anda di kotak pada aplikasi.
  5. Untuk otentikasi sidik jari, tempatkan satu jari Anda di kotak pada aplikasi.

Aplikasi akan memberikan pernyataan ‘Otentikasi Berhasil’ jika peserta bisa memberikan setidaknya dua data biometrik yang berhasil dikenali oleh sistem. Pernyataan tersebut berarti Anda telah memenuhi kewajiban melakukan otentikasi berkala untuk menyatakan diri masih hidup dan manfaat pensiun bisa tetap didapatkan hingga masa otentikasi berikutnya.

Jika aplikasi Taspen dirasa sulit untuk diikuti atau terdapat ketidakcocokan dengan ponsel Anda, maka disarankan untuk melakukan otentikasi berkala di bank atau kantor yang ditunjuk secara khusus oleh PT Taspen (Persero).