Askrida: Perusahaan Asuransi dengan Proteksi yang Langka

Askrida

Askrida adalah perusahaan asuransi yang berfokus pada penyediaan asuransi umum. Askrida berada di bawah naungan PT Asuransi Bangun Askrida.

Berdiri sejak tahun 1989 menjadi salah satu faktor yang membuktikan bahwa Askrida sudah cukup teruji. Meski bergerak di bidang asuransi umum yang tidak begitu populer di masyarakat, namun Askrida berhasil mendapatkan berbagai penghargaan.

Yuk, simak sekilas mengenai perusahaan asuransi umum Askrida berikut dengan berbagai produk asuransi yang ditawarkannya.

Sekilas Perusahaan Asuransi Askrida

logo asuransi

Karena fokus pada asuransi umum, nasabah Askrida memang kebanyakan berasal dari perusahaan lain. Dengan kata lain, bisnis asuransi Askrida berfokus pada B2B alias business-to-business.

Fokus bisnis Askrida tersebut sesuai dengan moto mereka, yaitu “Mitra dalam Usaha Pelindung dalam Duka”. Sesuai moto tersebut, Askrida membuktikan bahwa mereka memang dapat diandalkan. Bukan cuma slogan, mereka pun telah meraih berbagai penghargaan nyata.

Adapun beberapa penghargaan tersebut, antara lain: 

  • Penghargaan Asuransi Terbaik Berdasarkan Kinerja Keuangan di tahun 2018 oleh Infobank.
  • Asuransi Umum Terbaik 2018 oleh Majalah Investor.
  • Penghargaan oleh Warta Ekonomi.

Nah, bagi nasabah yang memiliki usaha maupun perorangan bisa mempertimbangkan produk-produk asuransi umum dari Askrida.

Produk Asuransi yang Dimiliki Askrida

produk asuransi

Produk asuransi dari Askrida termasuk sangat beragam. Terdapat sekitar 10 pilihan asuransi yang disediakan dan disesuaikan dengan tiap case yang spesifik. Malah ada beberapa produk asuransi yang masih jarang ditemukan di perusahaan asuransi lain. Berikut detail masing-masing produk tersebut.

1. Asuransi Askrida harta benda

Produk asuransi harta benda dari Askrida ditujukan bagi nasabah perorangan. Adapun proteksi yang diberikan adalah Household Insurance dan asuransi kebakaran.

Household Insurance ditujukan untuk proteksi rumah, isi, serta penghuni rumah apabila terjadi kejadian tidak terduga karena berbagai sebab. Sementara itu, asuransi kebakaran lebih ditujukan pada proteksi terhadap kerugian akibat kebakaran, baik api, petir, dan ledakan.

2. Asuransi kendaraan bermotor

Masih untuk nasabah perorangan, Askrida punya asuransi kendaraan bermotor. Asuransi tersebut menanggung risiko kecelakaan lalu lintas yang meliputi tabrakan lalu lintas, perbuatan jahat oleh orang lain, pencurian, dan kebakaran akibat bencana alam.

Khusus untuk asuransi kendaraan bermotor dari Askrida, kita bisa menghitung simulasinya melalui laman situs Askrida di http://www.askrida.com/kalkulator-kendaraan-bermotor.html.

3. Asuransi konstruksi

Produk asuransi ini ditujukan bagi proyek-proyek konstruksi. Jadi, selama periode pembangunan apabila terjadi risiko seperti kerusakan pada mesin dan sebagainya, maka akan diganti oleh Askrida.

Adapun pilihan proteksi untuk proyek yang dihadirkan oleh Askrida berupa asuransi kontraktor, asuransi pemasangan mesin, dan asuransi apabila terjadi kerusakan mesin.

4. Asuransi kecelakaan

Produk asuransi kecelakaan Askrida cukup unik. Sebab, proteksi yang diberikan ditujukan sebagai perlindungan kerugian akibat perampokan atau kebongkaran rumah. Nah, produk asuransi ini memberikan proteksi tidak hanya bagi properti tetapi juga penghuni rumah. Termasuk juga kecelakaan karena nasabah terjangkit virus ataupun terhirup asap beracun.

Khusus untuk asuransi kecelakaan atau general accident, Askrida menyediakan produk asuransi kebongkaran dan asuransi kecelakaan diri. Kemudian, ada pula asuransi perjalanan yang ditujukan untuk proteksi kecelakaan.

5. Asuransi penjaminan

Asuransi penjaminan atau surety bond Askrida menawarkan proteksi terhadap kerugian yang bisa terjadi atas perjanjian di antara kontraktor dan pemilik proyek. Jadi, asuransi ini cocok bagi kita yang memiliki proyek tertentu maupun sebagai kontraktor. 

Adapun cakupan proteksi atau perlindungan yang diberikan mulai dari penawaran proyek, pelaksanaan, hingga pemeliharaan.

6. Kontra bank garansi

Asuransi berupa kontra bank garansi mungkin masih menjadi istilah asing bagi orang awam. Secara sederhana, kontra bank garansi ini adalah asuransi yang menjamin kerugian finansial yang dialami oleh pihak bank. Sebabnya adalah karena terjadi wanprestasi alias ingkar janji dari kontraktor. Dengan begitu, bakal ada ganti rugi kepada pihak bank dari asuransi.

7. Asuransi kredit

Jika kontra bank garansi memberikan ganti rugi pada wanprestasi oleh kontraktor, maka asuransi kredit merupakan proteksi kerugian akibat debitur. Saat ada kredit macet oleh debitur, sebenarnya bank akan menerima ganti rugi dari pihak asuransi.

8. Asuransi kapal

Asuransi kapal Askrida atau marine insurance terdiri atas dua proteksi, yaitu asuransi rangka kapal dan asuransi pengangkutan barang.

Asuransi rangka kapal memberikan perlindungan ganti rugi apabila terjadi kerusakan pada kapal itu sendiri. Sementara asuransi pengangkutan barang dikhususkan untuk barang-barang yang diangkut oleh kapal tersebut.

9. Asuransi uang

Bagi pemilik usaha, uang yang menjadi aset perusahaan bisa diasuransikan. Asuransi uang Askrida menawarkan perlindungan berupa asuransi pengiriman maupun penyimpanan uang. Asuransi ini khususnya sangat dibutuhkan saat kita bertransaksi bisnis. 

10. Asuransi golf

Ini dia produk asuransi yang cukup jarang di Indonesia. Penyelenggara turnamen golf bisa mendapatkan ganti rugi karena pencairan hadiah hole-in-one. Hole-in-one maksudnya saat pemain bisa menembakkan bola dari cup menuju lubang hanya dalam sekali tembakan. Oleh sebab itu, asuransi ini diberi nama Hole in One Insurance.

Unik, bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Askrida

polis asuransi

Askrida cukup unggul di beberapa jenis asuransi dibandingkan dengan perusahaan asuransi lain. Bahkan, dengan perusahaan asuransi sejenis, seperti Asuransi Harta.

Dibandingkan perusahaan Asuransi Harta, Askrida menawarkan produk asuransi yang jauh lebih beragam dan bahkan sangat spesifik.

Meski menawarkan produk asuransi bagi perorangan, sayangnya Askrida sepertinya tidak memberikan perlindungan maksimal. Karena jangkauan proteksi yang diberikan cukup terbatas, seperti misalnya hanya karena kecelakaan maupun karena tindakan kriminal.

Jadi, Askrida dapat dibilang lebih cocok bagi para pebisnis maupun perusahaan. Terlihat pula dari laman situs resmi Askrida, partner perusahaan asuransi ini kebanyakan adalah perusahaan yang mana sebagian besarnya berasal dari bank.

Nah, kalau yang kita cari adalah asuransi perorangan, coba lihat saja halaman situs Lifepal, ya. Karena tidak hanya menyediakan asuransi kecelakaan, kita bisa temukan banyak produk asuransi lain yang cocok bagi nasabah dari berbagai latar belakang dan kebutuhan.

Tags:
Helda Sihombing

Berpengalaman di industri FinTech dan jurnalis media finansial selama 5 tahun. Bercita-cita meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia lewat digital.