Biaya Pemeliharaan Polis Cuma 7 Tahun di Produk AIA Ini

Polis

Biaya pemeliharaan lazim ditemukan dalam berlangganan polis asuransi. Biaya pemeliharaan adalah komisi untuk agen atau perusahaan asuransi sebesar persentase tertentu.

Produk asuransi AIA Provisa Platinum Syariah hanya menagih biaya tersebut pada tujuh tahun pertama saja. Penasaran dengan produk ini? Pada artikel di bawah, Lifepal bakal kasih info soal seluk-beluk produk ini. Yuk, simak!

Mengenal Provisa Platinum Syariah

Provisa Platinum Syariah adalah salah satu produk AIA Indonesia yang bekerja sama dengan BCA. Ini merupakan produk unit link berbasis syariah yang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kita bisa menikmati manfaat asuransi sekaligus berinvestasi. Berikut ini adalah keuntungan dan manfaat produk ini.

1. Keunggulan Provisa Platinum Syariah

Apa saja sih keunggulan produk ini dibandingkan yang sejenis di pasaran?

  • Dana kita akan diinvestasikan kepada jenis investasi tepercaya dan sesuai dengan prinsip syariah
  • Kita mendapatkan pertumbuhan investasi yang optimal sebagaimana 50 persen Kontribusi Dasar Tahun Polis Pertama dan 100 persen Kontribusi Dasar Tahun Polis kedua bakal langsung diinvestasikan.
  • Selain itu, Provisa Platinum Syariah juga menawarkan Manfaat Loyalitas sebesar 50 persen dari Kontribusi Dasar Tahunan yang diberikan secara bertahap pada Tahun Kontribusi ke-10 dan ke-11. 
  • Pilihan Uang Pertanggungan (UP) sebesar 10 atau 15 kali dari Kontribusi Dasar Tahunan.
  • Kita berkesempatan untuk dapat pembagian Surplus Underwriting Dana Tabarru’ bila pada akhir tahun berjalan, pendapatan Dana Tabarru’ lebih besar dari pengeluaran Dana Tabarru’.

2. Manfaat Provisa Platinum Syariah

Setiap produk asuransi jiwa menawarkan pengajuan klaim yang berbeda-beda. Setelah kita mendaftar produk Provisa Platinum Syariah, berikut manfaat yang bisa kita dapatkan.

  • Manfaat Meninggal 

Apabila kita meninggal dalam masa asuransi, maka akan mendapatkan Manfaat Meninggal maksimal sebesar 100% Uang Pertanggungan (UP) sesuai dengan ketentuan dalam polis. 

  • Manfaat Tambahan Meninggal  

Apabila kita meninggal akibat kecelakaan dalam masa asuransi sampai dengan kita berumur 70 tahun, maka akan dibayarkan Manfaat Tambahan Meninggal Akibat Kecelakaan sebesar Manfaat Meninggal dengan maksimal sebesar Rp 150 juta (apabila umur kita  pada saat meninggal lebih kecil dari 18 tahun), atau maksimal sebesar Rp500 juta (apabila umur kita pada saat meninggal akibat kecelakaan antara 18 sampai dengan 70 tahun), sesuai dengan ketentuan dalam polis. 

  • Manfaat Tambahan Meninggal Akibat Kecelakaan dalam Sarana Transportasi Umum

Apabila kita meninggal akibat kecelakaan yang terjadi di wilayah Indonesia pada saat menggunakan sarana transportasi umum atau kita meninggal akibat kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan ibadah, maka akan dibayarkan Manfaat Tambahan Meninggal Akibat Kecelakaan dalam Sarana Transportasi Umum sebesar Manfaat Tambahan Meninggal akibat Kecelakaan, sesuai dengan ketentuan dalam polis. 

  • Manfaat Investasi 

Manfaat Investasi berupa nilai akun akan dibayarkan jika kita mencapai umur 80 (delapan puluh) tahun dan polis masih berlaku; kita meninggal pada saat polis masih berlaku;  polis menjadi batal dalam masa asuransi dengan perhitungan nilai unit pada hari kerja selanjutnya setelah pembatalan polis.

Biaya-biaya dalam Provisa Platinum Syariah AIA

Perempuan menghitung biaya

Asuransi AIA ini hanya memotong premi peserta pada 7 tahun pertama saja untuk biaya pemeliharaan polis. Berapa banyak pemotongannya? Sebesar 3,5 persen dari Nilai Dana Investasi Kontribusi Dasar per tahunnya. 

Selain itu, ada beberapa biaya lain yang perlu kita pahami sebelum mulai mendaftar, di antaranya.

  • Biaya akuisisi: sebanyak 50 persen dari Kontribusi Dasar tahunan pada tahun pertama dan 0 persen pada tahun kedua. 
  • Biaya top-up: 3 persen dari Kontribusi Top-up (penambahan investasi).
  • Biaya pengelolaan investasi: disesuaikan dengan jenis dana investasi yang dipilih. 
  • Iuran Tabarru’: nominalnya bergantung pada usia dari pihak yang diasuransikan.
  • Biaya administrasi: tahun polis pertama sampai ke-10 sebesar Rp 27.500 dan tahun ke-11 dan seterusnya Rp 15 ribu.
  • Biaya administrasi risiko: nominalnya bergantung pada usia dari pihak yang diasuransikan.
  • Biaya penebusan polis: hanya dikenakan jika polis batal sebelum 7 tahun pertama.
  • Biaya pengalihan dana investasi: dikenakan 0,5 persen dari dana yang dialihkan, atau minimal Rp 25 ribu.
  • Biaya cuti kontribusi otomatis: dikenakan sesuai ketentuan dalam polis.
  • Pengelolaan dana tabarru’ tidak dikenakan biaya.

Risiko Investasi di Provisa Platinum Syariah AIA

Semua instrumen investasi tentu mengandung risiko di dalamnya, tidak terkecuali unit link Provisa Platinum Syariah. Yuk, pelajari terlebih dahulu!

1. Risiko pasar atau risiko penurunan harga unit penyertaan

Risiko penurunan harga efek investasi akibat pergerakan harga pasar dapat mengurangi Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan. Makanya, penting bagi kita untuk ikut memantau harga pasar. 

2. Risiko likuiditas

Harga efek investasi pada saat penarikan tergantung kepada kondisi pasar. Risiko likuiditas muncul pada saat kondisi pasar sedang tidak kondusif. Kurangnya likuiditas (minat jual beli efek) di pasar bisa mengakibatkan merosotnya harga efek investasi sehingga dapat memengaruhi Nilai Aktiva Bersih portofolio. 

3. Risiko perubahan kondisi ekonomi dan politik

Kita semua paham bahwa perubahan kondisi ekonomi dan stabilitas politik di Indonesia dapat mempengaruhi kinerja investasi, baik investasi pada perusahaan yang tercatat pada bursa efek maupun perusahaan yang menerbitkan instrumen pasar uang dan surat berharga. 

Perubahan tingkat suku bunga, fluktuasi nilai tukar, perubahan makro ekonomi, serta perubahan perundang-undangan dan peraturan pemerintah di bidang keuangan, pasar modal, pasar uang, perbankan dan/atau perpajakan dapat mempengaruhi kinerja investasi. 

4. Risiko kredit

Pemegang polis bakal terekspos pada Risiko Kredit Pengelola (dalam hal ini perusahaan asuransi) sebagai penyeleksi risiko dari produk Asuransi. Risiko kredit berkaitan dengan kemampuan membayar kewajiban Pengelola terhadap nasabahnya. 

5. Risiko operasional

Risiko operasional adalah kerugian yang disebabkan karena tidak berjalannya proses internal, manusia dan sistem, serta oleh peristiwa atau adanya kejadian-kejadian yang berasal dari luar lingkungan. Hal ini tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, kerusuhan dan lain-lain (force majeure).

Demikian informasi tentang manfaat, biaya, dan risiko menjadi peserta Provisa Platinum Syariah. Bagaimana, sudah semakin yakin untuk mendaftar? Kalau masih penasaran dengan produk unit link lain, kunjungi situs Lifepal untuk mendapatkan produk yang paling cocok untuk rencana kita!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis