Cuma 70 Ribuan Bisa Punya Asuransi Kesehatan Perorangan

Murah

Sewajarnya, asuransi kesehatan harus sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Jika belum, berarti kini saatnya untuk meluangkan bujet untuk mendapatkan proteksinya.

Kendati pemerintah telah memiliki program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan swasta tetap penting untuk dimiliki karena keunggulan yang ditawarkannya.

Keuntungan Nasabah Asuransi Kesehatan 

Asuransi

Lalu apa yang ditawarkan dari asuransi kesehatan? Salah satu keunggulan dari asuransi kesehatan swasta adalah kepraktisannya. Peserta asuransi yang ingin segera mendapatkan pelayanan bisa menunjukkan kartu asuransi kepada petugas rumah sakit untuk bisa langsung mendapatkan penanganan medis.

Situasi yang berbeda dialami oleh peserta BPJS Kesehatan yang perlu memeriksakan diri terlebih dulu di fasilitas kesehatan tingkat pertama, yaitu klinik atau puskesmas, sebelum mendapatkan rujukan pelayanan di rumah sakit. Dalam beberapa kasus, peserta butuh waktu lama untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit karena antrean yang panjang.

Kendati demikian, asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Salah satu keunggulan BPJS Kesehatan adalah premi yang relatif murah dan nilai pertanggungan yang relatif tinggi. BPJS Kesehatan juga didukung penuh oleh pemerintah.

Pada saat ini, individu atau perorangan bisa menjadi peserta asuransi kesehatan swasta dan peserta BPJS Kesehatan. Individu itu bisa menggunakan asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan tergantung dari kebutuhan dan urgensinya. 

Di banyak perusahaan, karyawan menjadi peserta asuransi kesehatan dan BPJS Kesehatan karena didaftarkan oleh perusahaannya. Namun, tidak sedikit pula karyawan yang tidak didaftarkan menjadi nasabah perusahaan asuransi swasta karena keterbatasan biaya.

Diawali dengan Inisiatif untuk Melindungi Diri Sendiri

Lindung

Hanya karena dana perusahaan tidak mencukupi untuk membelikan kita proteksi asuransi, bukan berarti kita berdiam diri. 

Nyatanya, kita tetap bisa memiliki asuransi kesehatan dengan membeli asuransi kesehatan perorangan. Dengan kata lain, kita membeli asuransi kesehatan atas keputusan sendiri. Kita bisa menjadi peserta asuransi kesehatan perorangan karena sadar akan pentingnya melindungi diri dengan asuransi.

Pada saat ini, tidak sedikit perusahaan asuransi jiwa atau perusahaan asuransi umum yang menawarkan produk asuransi kesehatan perorangan. Informasi mengenai asuransi kesehatan perorangan itu kian mudah diakses oleh masyarakat. Melalui berbagai saluran penjualan, masyarakat juga kian mudah membeli asuransi kesehatan perorangan. 

Manfaat Menjadi Nasabah Asuransi Kesehatan Perorangan

Kesehatan perorangan

Tentu saja, asuransi kesehatan perorangan ini memiliki banyak manfaat. Salah satu contoh sederhana mengenai manfaat mengenai asuransi kesehatan perorangan adalah kesiapan diri dalam menghadapi risiko kesehatan yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Sebagai contoh, Ariel Panpeter adalah seorang karyawan berusia 25 tahun. Dia bekerja di perusahaan yang relatif kecil dan baru sehingga perusahaan tidak mendaftarkan dirinya sebagai nasabah asuransi kesehatan swasta. 

Dengan kondisi seperti itu, bukan berarti Ariel tidak bisa menyusun strategi untuk melindungi dirinya sendiri. Ariel bisa membeli asuransi kesehatan perorangan melalui perusahaan asuransi. Caranya bisa dengan mendatangi agen asuransi atau membelinya secara langsung secara online.

Manfaatnya, apabila Ariel suatu saat sakit, dia tidak perlu khawatir akan biaya pengobatan atau perawatan di rumah sakit karena perusahaan asuransi yang akan menjamin biaya perawatan kesehatannya. 

Pada praktiknya, asuransi kesehatan adalah produk yang mengalihkan risiko finansial nasabah kepada perusahaan asuransi, yaitu terkait biaya yang perlu dikeluarkan nasabah karena menjalani perawatan di rumah sakit. 

Untuk mendapatkan layanan itu, Ariel perlu membayar sejumlah iuran kepada perusahaan asuransi dalam kurun waktu tertentu, disebut dengan premi asuransi.

Misalnya, Ariel membayar premi Rp150.000 per bulan kepada perusahaan asuransi. Beberapa bulan kemudian, Ariel harus berobat ke rumah sakit dengan nilai pengobatan sekitar Rp1,5 juta. Karena Ariel telah menjadi peserta asuransi kesehatan perorangan, maka perusahaan asuransi yang akan menanggung biaya tersebut.

Dalam menjalani hari-harinya, Ariel akan merasa lebih tenang karena tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan apabila dirinya sakit. 

Perusahaan Asuransi Kesehatan Perorangan dan Kisaran Bujetnya

Apa saja produk asuransi kesehatan yang bisa kita pilih? Berikut ini sejumlah referensi perusahaan yang menawarkan produk asuransi kesehatan perorangan.

1. BCA Life – Hospital 100% Refundable

Hospital 100% Refundable adalah asuransi kesehatan yang dikelola oleh Asuransi BCA Life. Asuransi ini menawarkan pelayanan penggantian biaya harian kamar rawat inap, serta penggantian biaya harian kamar unit perawatan intensif di rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan.

Hospital 100% Refundable juga memberikan manfaat pengembalian premi sampai dengan 200 persen untuk manfaat meninggal dunia serta manfaat tambahan, yaitu pengembalian 100 persen premi yang telah dibayarkan dalam periode 10 tahun dan polis masih berlaku, baik ada klaim maupun tidak ada klaim rawat inap. 

Bujet untuk membeli produk Premi Hospital 100% Refundable ini dimulai sekitar Rp100 ribu per bulan. Tentu saja premi yang dibayarkan tergantung usia dan plan atau program yang dipilih oleh peserta perusahaan asuransi.

2. Simas Sehat Gold

Simas Sehat Gold adalah asuransi kesehatan perorangan yang dikelola oleh Asuransi Kesehatan Sinar Mas. Asuransi ini memiliki layanan cashless atau nontunai di rumah sakit yang bekerjasama dengan Asuransi Sinar Mas.

Premi dapat dicicil secara bulanan melalui kartu Kredit Visa/Mastercard. Produk ini memberikan jaminan rawat jalan dan rawat gigi darurat akibat kecelakaan. Produk ini juga menjamin rawat jalan sebelum dan sesudah perawatan inap di rumah sakit. Asuransi kesehatan Simas Sehat Gold menjamin risiko sampai usia 75 tahun.

Premi Simas Sehat Gold dimulai dari sekitar Rp77.000 per bulan untuk Plan 200 dan akan meningkat sesuai dengan plan yang dipilih. Premi untuk orang yang berusia lebih tua akan lebih mahal daripada untuk usia yang lebih muda.

3. Cigna Premium Health Protection

Cigna Premium Health Protection adalah asuransi kesehatan yang dikelola oleh Asuransi Kesehatan Cigna. Asuransi ini menawarkan layanan seperti pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penyakit sejak dini, rawat jalan mencakup konsultasi medis dan pemeriksaan diagnostik, rawat inap termasuk ICU dan pembedahan, serta pemulihan pasca rawat inap. 

Cigna Premium Health Protection juga dilengkapi dengan fasilitas nontunai (cashless) di lebih dari 800 rumah sakit rekanan di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Cigna Premium Health Protection menyediakan pilihan manfaat perlindungan kesehatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari nilai pertanggungan Rp100 juta-Rp500 juta per tahun dengan premi asuransi dimulai dari Rp300 ribuan per bulan.

Jadi Berapa yang Kita Persiapkan untuk Membeli Asuransi Kesehatan Perorangan?

Berapa yang kita persiapkan

Berdasarkan berbagai contoh produk itu, premi asuransi kesehatan perorangan cukup bervariasi, mulai dari di bawah Rp100 ribu sampai di atas Rp100 ribu per bulan, tergantung dari fasilitas, usia, dan perusahaan asuransi yang menawarkan produk tersebut.

Sejumlah perusahaan asuransi sekarang menerima pembayaran premi dalam bentuk cicilan, termasuk cicilan bulanan yang dibayar menggunakan kartu kredit. Namun, sebelum menyisihkan penghasilan, ada baiknya kita menentukan kebutuhan dan jumlah anggaran yang kita miliki.

Setelah menentukan kebutuhan dan jumlah anggaran, kita bisa mencari informasi mengenai produk asuransi kesehatan perorangan yang tepat untuk kita. Informasi itu bisa mengenai risiko yang ditanggung, jenis manfaat yang akan diterima, sampai fasilitas pencairan klaim dengan cashless atau reimburse

Informasi itu bisa kita peroleh di Lifepal yang menyediakan beragam informasi mengenai asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Yuk, konsultasikan rencana perlindungan kita di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis